Sunday, October 2, 2016

Jerez, Ibukota Dunia untuk Motor

Jerez, Ibukota Dunia untuk MotorJerez - Negara Spanyol sering disebut-sebut orang sebagai negara penguasa olahraga. Mulai dari sepakbola sampai motor, pasti ada jagoan asal Spanyol.

Untuk motor, Spanyol menahbiskan Jerez sebagai 'World Capital of Motorcycling'. Memangnya ada apa sih di Jerez?

Dari sisi geografis, Jerez merupakan kota di selatan Spanyol yang terletak di provinsi Cadiz, bagian dari komunitas otonom Andalusia.



Di kota ini, ada Circuito de Jerez atau Sirkuit Jerez. Bagi pecinta MotoGP, sirkuit ini sangat populer. Sirkuit Jerez merupakan salah satu dari 4 sirkuit utama di Spanyol, selain Catalunya (Barcelona), Valencia, dan Aragon. Selain itu di Spanyol ada juga sirkuit khusus untuk orang-orang VIP, Sirkuit Askari, dimana biasanya pemilik mobil super seperti Ferrari, ngebut dengan mobilnya. Setidaknya total ada 12 sirkuit di Spanyol.

Kembali ke Sirkuit Jerez, Sirkuit Jerez dibangun pada tahun 1986 dan sudah menjadi ikon bagi pecinta balap motor. Para juara dunia seperti Marc Marquez dan Dani Pedrosa sudah pernah mencicipi rasanya menjadi juara di sirkuit ini.



"Kalau lagi ada balapan MotoGP, sekitar 30.000 orang bisa di jalanan. Macetnya bisa gila, untuk 10 km saja bisa berjam-jam," ujar David Martinez Pato, warga Spanyol yang juga penggila balapan kepada detikOto.



Jerez seperti halnya sirkuit lain di dunia, terletak di pinggiran kota, dari kota Madrid kalau naik dengan pesawat membutuhkan waktu sekitar 1 jam.



Selain balapan motor, Jerez juga terkenal dengan anggurnya yang nikmat. Di sini ada perusahaan Gonzales Byass yang memproduksi anggur Tio Pepe. Sementara di jalanan kota Jerez de la Frontera, Anda bisa melihat pohon-pohon jeruk yang ditanam dan berbuah di jalanan ibukota. Wah tinggal langsung petik kalau sudah kuning.

"Pohon jeruk adalah ciri khas kota Jerez," ujar Carmen, warga lainnya.


(ddn/rgr)

0 comments:

Post a Comment