Saturday, February 9, 2013

'Dahlan dan Jokowi Jangan Lupakan Mobil Nasional'

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk tidak melupakan soal proyek mobil nasional yang pernah mereka usung.

Seorang pengusaha muda yaitu Yuswohady mengingatkan Dahlan dan Jokowi untuk terus mendorong terciptanya mobil nasional agar Indonesia tidak terus-terusan 'digempur' mobil asing.

Seperti diketahui, Jokowi dulu pernah mendorong produksi mobil lokal Esemka asal Solo, sementara Dahlan Iskan mendorong penggunaan mobil listrik lokal.

"Mereka (Jokowi dan Dahlan Iskan) lupa dengan nasib mobil nasional yang mereka bawa sebagai brand mereka," kata Yuswohady di depan ratusan peserta seminar 'Pesta Wirausaha' yang diselenggarakan oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/2/2013).

Yuswohady saat ini aktif sebagai seeorang pengusaha dan penulis buku Consumer 3000: Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia. Ia menambahkan, seharusnya mobil Esemka yang dibawa Jokowi dan mobil listrik ala Dahlan Iskan terus dikembangkan untuk menumbuhkan industrialisasi mobil nasional.

"Kita saat ini digempur oleh serbuan mobil asing. Kejadian kecelakaan pada mobil listrik dan Jokowi jadi gubernur sehingga perkembangan kedua mobil ini tidak ada kejelasan," imbuhnya.

Selain itu, diaa kembali menegaskan, saat ini Indonesia adalah pangsa pasar terbesar di dunia. Dengan perkembangan kelas menengah yang tumbuh tiap tahunnya membuat Indonesia dijadikan bidikan asing untuk memasarkan produk mereka. Oleh karena itu, Ia berpesan agar perputaran ekonomi nasional lebih baik dikembangkan dan dilakukan oleh pengusaha lokal bila dibandingkan serbuan barang impor.

"Kita harus berani bercoba dengan sesuatu yang kecil dan menjadi besar. Seorang pengusaha tidak boleh melihat dari sisi profitnya saja. Mari kita kembangkan potensi pasar Indonesia yang besar ini dengan menumbuhkan pengusaha lokal yang kompetitif dan kualitatif," tegasnya.

Pesta Wirausaha yang diselenggarakan oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) bertempat di JIExpo Expo Kemayoran Jakarta. Acara ini dihelat sejak 8-10 Februari 2013. Banyak pembicara dari kalangan entrepreneur hadir dan memberikan jurus jitu berwirausaha yang mengutungkan.

0 comments:

Post a Comment