Monday, November 23, 2015

Menperin dan Direksi Rayakan Kehadiran Toyota Kijang Innova Baru

Menperin dan Direksi Rayakan Kehadiran Toyota Kijang Innova BaruKarawang - Untuk merayakan kehadiran generasi ke-6 Toyota Kijang, All New Kijang Innova, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menggelar line off ceremony. Perayaan All New Kijang Innova menjadi bagian komitmen Toyota untuk menghadirkan mobil sesuai kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Acara berlangsung di Plant Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015). Sejumlah jajaran direksi TMMIN dan Toyota Motor Corporation serta Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin hadir untuk merayakan kehadiran Innova terbaru.

Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami dalam sambutan mengatakan, "Toyota Indonesia mempersembahkan karya All New Kijang Innova dalam semangat 70 tahun Indonesia. Kami menyajikan mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia."

"Hampir 30 tahun Kijang hadir dan The Legend Reborn dalam bentuk Kijang generasi ke-6. Hari ini bukan cuma perayaan tapi juga usaha kami untuk mengembangkan industri otomotif Indonesia," lanjutnya.

Perwakilan Toyota Motor Corporation, Seiichi Sudo selaku Eksekutif Wakil Presiden TMC mengatakan, Toyota selalu memperbahrui tampilan dan teknologi pada kendaraan produksinya. Termasuk All New Kijang Innova.

"Hari ini kami merayakan bagian terbaru dan mengagumkan dari sejarah panjang Toyota di Indonesia. Kijang hadir sejak 1977 dan setelah itu kami terus memperbaharui tampilan dan teknologi sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia dan menjadi model yang paling populer di Indonesia," ujar Seiichi.



(rgr/ddn)

Hyundai Siapkan Sedan Genesis Pesaing BMW Seri 3

Hyundai Siapkan Sedan Genesis Pesaing BMW Seri 3California - Hyundai Motor Company telah menjadikan merek sedan mewahnya, Genesis, sebagai divisi tersendiri yang bakal memproduksi sejumlah mobil mewah dengan nama Genesis. Salah satu dari sedan yang bakal dibuat itu adalah, pesaing sedan BMW Seri 3.

Seperti dikutip Ward Auto, Selasa (24/11/2015), Chief Executive Officer Hyundai di Amerika, Dave Zuchowski mengkonfirmasi kabar tersebut. Bahkan dia menegaskan Genesis akan memproduksi sedan yang bakal bertarung dengan Audi A4, BMW Seri-3, serta Mercedes-Benz C-Class.

Namun, untuk sedan yang disebut sebagai pesaing BMW Seri3 bisa jadi akan dibuat turunannya yang berupa crossover. Model ini akan menggunakan basis platform milik sedan tersebut.

Hanya, kapan sedan pesaing BMW Seri 3 itu bakal diluncurkan. BMW memang memiliki rencana untuk meluncurkan sedan anyar di jajaran merek Genesis pada tahun depan.
Sedan yang dimaksud adalah Genesi G90 yang merupakan pengganti dari sedan Equus. Sedikitnya ada enam model yang disebut bakal diluncurkan Genesis termasuk varian coupe.

Genesis memang diharapkan menjadi salah satu lokomotif penjualan bagi Hyundai. Sesuai dengan posisinya sebagai model yang membidik segmen premium, mobil ini dipasarkan di diler tersendiri.


(arf/rgr)

Kapan Toyota Fortuner Terbaru Bakal Hadir di Indonesia?

Kapan Toyota Fortuner Terbaru Bakal Hadir di Indonesia?Karawang - Mobil pabrikan Toyota Indonesia salah satunya diproduksi di pabrik yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Terdapat 2 pabrik yang berada di area seluas 100 hektar itu. Di pabrik 1 Karawang inilah Kijang Innova terbaru diproduksi beserta Fortuner.

Namun saat detikOto berkesempatan untuk menyambangi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pada Senin (16/11/2015), tak terlihat ada aktivitas produksi Toyota Fortuner. Para pekerja serta robot sibuk mengerjakan proses produksi Innova terbaru.

Ada apa dengan produksi Fortuner?
Sempat terlintas kabar bahwa Toyota Indonesia bakal meluncurkan model terbaru dari Fortuner. Saat hal tersebut dikonfirmasi langsung ke jajaran eksekutif TMMIN, hanya simpul senyum yang menjadi jawaban.

"(Toyota) Fortuner sedang diatur bagaimana lebih lanjutnya. Supaya lebih surprise," ujar Made Dana Tangkas, Direktur Corporate & External Affair TMMIN.

Apakah Toyota Fortuner model terbaru bakal kembali jadi surprise mengikuti jejak Innova? Kita tunggu saja.


(rgr/ddn)

Ini Harley-Davidson Khusus, Bergaya ala Angkatan Laut Amerika

Ini Harley-Davidson Khusus, Bergaya ala Angkatan Laut AmerikaMilwaukee - Lockheed Martin, seorang perancang kapal perang untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, telah berhasil menyelesaikan kapal buatannya, USS Milwaukee. Untuk melengkapi kehadiran kapal perang itu, Martin meminta Harley-Davidson membuat motor chopper khusus.

Seperti dilaporkan Autoblog, Selasa (24/11/2015), Kepala Desainer Harley-Davidson, Ray Drea, yang mendapatkan order itu langsung membuat motor bergaya chopper kustom. Motor itu menggunakan basis Softail Slim S.

Sedangkan gaya desainnya terinspirasi gaya desain sebuah helikopter milik Angkatan Bersenjata Amerika semasa Perang Dunia II. Dibalur kelir abu-abu khas Angkatan Laut, mulai dari tangki hingga spatbor, karakter motor tentara begitu kentara.

Untuk menyelaraskan tampilan, pelek yang dibalur cat hitam di lengkapi jari-jari dengan warna silver. Kesan motor Angkatan Laut Amerika begitu kuat dengan simbol Angkatan Laut USN (US Navy) diembos pada sisi kanan dan kiri tangki motor.

Menariknya, sesuai peluncuran kapal perang dilakukan motor dilelang untuk umum. Hasil lelang motor itu disumbangkan kepada asosiasi keluarga militer nasional.


(arf/lth)

Toyota: Segmen Innova Tak Berubah

Toyota: Segmen Innova Tak BerubahJakarta - All New Toyota Kijang Innova kini hadir makin mewah. Namun, Toyota menegaskan, segmen Kijang Innova tak berubah.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo menyebut, Innova tetap mengisi segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) medium. Namun, pihaknya menambahkan unsur kemewahan pada mobil ini dengan menghadirkan tipe baru, tipe Q yang menjadi varian tertinggi.

"Innova tentunya lebih ke segmen yang menengah. MPV medium artinya unsur emosional juga ada, stylish yang cukup kental dan ada kemewahan di situ," kata Samulo.

Ada beberapa tipe konsumen yang dibidik Toyota dengan kelahiran All New Kijang Innova. Beberapa di antaranya adalah segmen yang loyal terhadap brand Toyota dan segmen yang menginginkan model yang lebih stylish.

"Pertama pasti ada segmen yang loyalis, kemudian segmen stylish, lalu segmen yang penuh kemewahan, luxury tetapi tidak melupakan unsur keluarga di sini, tetap ada kebersamaan," jelas Samulo.

Dia menegaskan, segmen Innova tak berubah dengan adanya Kijang Innova generasi terbaru.

"Sebenarnya enggak berubah segmennya, justru segmennya secara kemampuan harganya di level itu. Ada penambahan yang Q yang kelihatannya mahal itu juga dari permintaan konsumen dan itu memang ada yang menginginkan Kijang Innova yang memiliki kemewahan," ujar Samulo.

Berikut rincian tipe dan harga All New Kijang Innova (Harga Auto2000 Jakarta):

All New Kijang Innova 2.0 G M/T: Rp 282.000.000
All New Kijang Innova 2.0 G A/T: Rp 302.200.000
All New Kijang Innova 2.0 G M/T Lux: Rp 286.400.000
All New Kijang Innova 2.0 G A/T Lux: Rp 306.600.000
All New Kijang Innova 2.0 V M/T: Rp 325,600.000
All New Kijang Innova 2.0 V A/T: Rp 345.200.000
All New Kijang Innova 2.0 V M/T Lux: Rp 331.300.000
All New Kijang Innova 2.0 V A/T Lux: Rp 350.900.000
All New Kijang Innova 2.0 Q M/T: Rp 364.700.000
All New Kijang Innova 2.0 Q A/T: Rp 384.800.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel G M/T: Rp 310.100.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel G A/T: Rp 331.600.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel G M/T Lux: 314.500.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel G A/T Lux: 336.000.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel V M/T: Rp 357.500.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel V A/T: Rp 337.300.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel V M/T Lux: Rp 363.200.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel V A/T Lux: Rp 383.000.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel Q M/T: Rp 402.400.000
All New Kijang Innova 2.4 Diesel Q A/T: Rp 423.800.000


(rgr/lth)

Produksi Toyota Innova Pakai 80 Robot Baru

Produksi Toyota Innova Pakai 80 Robot BaruKarawang - Kehadiran Toyota Kijang Innova di Indonesia pada November tahun ini menjadi istimewa. Tak hanya dari segi tampilan dan mesin terbaru, dari proses produksi yang dikerjakan di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat pun menggunakan teknologi terbaru. Salah satunya dengan menambah 80 robot.

Dalam kunjungan ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, detikOto berkesempatan langsung melihat proses produksi Toyota Kijang Innova terbaru yang terletak di Plant 1. Terlihat beberapa proses produksi pengerjaan mobil menggunakan robot salah satunya pada proses welding.

Direktur Produksi TMMIN Karawang, Nandi Julyanto menjelaskan, dalam proses pengerjaan Innova terbaru memang menambahkan 80 robot. Penambahan tersebut bukan berarti mengurangi jumlah tenaga kerja manusia di pabrik namun untuk akurasi dalam produksi.

Adanya 80 robot terbaru untuk produksi Innova menggantikan 20 pegawai di proses produksi. PihaK TMMIN melakukan pemindahan tugas terhadap 20 pegawai tersebut ke dalam internal TMMIN misalnya dalam pengerjaan service part.

"Kita menambah 80 robot bukan untuk mengurangi karyawan tapi untuk akurasi. Bertambahnya 80 robot mengurangi 20 orang pegawai. Tapi bukan berarti pengurangan karyawan. Mereka kita rearrange ke dalam internal misalnya untuk frame atau service part ke pabrik Karawang dan Sunter," ujar Nandi.

"Seperti dalam proses welding karena asap dan panas jadi kita gunakan banyak robot," lanjutnya.

Dengan adanya 80 robot baru di Plant 1, dalam waktu 1.6 menit bisa menghasilkan satu unit Innova. Plant 1 TMMIN Karawang sendiri siap untuk memproduksi 130 ribu unit Innova untuk memenuhi permintaan konsumen.


(rgr/ddn)

Ketahui Tentang Rem ABS

Ketahui Tentang Rem ABSJakarta - Berbagai teknologi diterapkan perusahaan otomotif untuk menjadikan produknya lebih modern. Terutama pada bagian pengereman yang menjadi pusat perhatian untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang lainnya.

Bahkan, sekarang sudah terlampau sering kita dengar ada satu teknologi yang disematkan di mobil untuk mengurangi risiko kecelakaan yaitu dengan penggunaan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System).

Namun, meskipun telah disematkan ABS, belum tentu mobil yang sudah mengadopsi perangkat tersebut lantas menjadi aman. Lalu kenapa mobil yang sudah dipersenjatai dengan ABS tersebut masih saja kerap mengalami kecelakaan?

Seorang pereli nasional menjawab pertanyaan tersebut, hal ini terjadi karena pengendara mobil yang telah menggunakan pengereman ABS tidak paham dengan cara kerja dari sistem tersebut. Pedal akan bunyi kalau rem diinjak keras, ketika momen rem mendadak. Kalau tidak tahu itu akan bunyi, Anda sebagai pengemudi jutsru akan mengangkat kaki Anda dari pedal remnya. Sebenarnya, memang begitu cara kerja rem ABS tersebut.

Jika terdengar bunyi yang cukup keras, hal itu bukan terjadi lantaran adanya masalah dari sistem, melainkan karena mekanisme ABS yang sedang bekerja secara hidrolik disebabkan gesekan.

Pengereman ABS merupakan sistem rem yang tidak langsung mengunci. Dalam artian, saat melakukan pengereman mendadak roda tidak akan langsung mengunci dan masih bisa dikendalikan. Kasus ini bisa saja terjadi ketika mengerem mendadak, mobil menghindari tabrakan beruntun, karena kemudi masih bisa dikendalikan ke arah yang lebih aman.

Dianjurkan, bagi pemilik kendaraan yang menggunakan sistem ABS menjajal terlebih dahulu bagaimana teknologi tersebut bekerja. Dengan melakukannya di tempat yang luas dan kosong, lalu melaju dengan kecepatan sedang, setelah itu injak pedal rem dalam-dalam. Jika ada suara, di saat itulah ABS bekerja.


(rgr/ddn)

Ini Alasan Toyota Tetap Pakai Nama Kijang di Innova

Ini Alasan Toyota Tetap Pakai Nama Kijang di InnovaJakarta - Toyota masih mengusung nama Kijang pada Innova terbarunya. Maklum, mobil bernama Kijang telah menapak generasi keenam dan nama Kijang sudah melegenda atau melekat di benak masyarakat Indonesia.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo mengatakan, sejak kelahiran pertama kali Toyota Kijang pada tahun 1977 sampai saat ini telah terjual 1,6 juta unit. Dengan jumlah sebanyak itu, Toyota Kijang kini dianggap sebagai mobil legenda.

"Sebagai gambaran, tahun 1977 itu (Kijang) lahir sampai sekarang sudah terjual sekitar 1,6 juta unit. Bisa dibayangkan sekian banyak yang menjadikan mobil ini menjadi mobil legendaris. Ini penting. Bukan hanya untuk Toyota, tapi penting bagi masyarakat Indonesia, juga penting bagi perkembangan otomotif Indonesia," kata Samulo.

"Karena Kijang ini sebagai pelopor, mulainya industri otomotif dimulai dari Kijang. Nah ini bukan kebetulan jika bisa berkembang dengan baik dengan terjaga, sehingga bisa kita lanjutkan. Ini demi kebanggaan masyarakat Indonesia juga," lanjut Samulo.

Menurutnya, nama Kijang merupakan nama legendaris di Indonesia. Nama hewan lincah itu tetap dipertahankan pada Innova terbaru karena sudah menjadi ciri khas Indonesia.

"Kijang itu kan nama di Indonesia. Sedangkan pada 2004 dulu Kijang murni diproduksi di Indonesia, kemudian Kijang dibikin produk global. Setelah masuk global, nama globalnya Innova," ujarnya.

Sementara itu, model untuk pasar di luar Indonesia hanya menggunakan nama Innova tanpa embel-embel Kijang.

"Karena nama itu (Kijang) hanya dipahami di Indonesia. Sedangkan pada 2004 Kijang yang tadinya diproduksi di Indonesia ternyata diminati negara lain. Jadilah mobil Kijang dibikin untuk global, dan masuk kelompok IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). Setelah masuk produk global nama globalnya Innova. Tapi di Indonesia tetap Kijang Innova," kata Samulo.


(rgr/arf)

Tak Penuhi Standar, Helm BMW Ditarik

Tak Penuhi Standar, Helm BMW DitarikLondon - Divisi produksi helm Bayerische Motoren Werke (BMW) mengumumkan penarikan helm BMW Sport dengan identitas 059241/P. Alasannya bukan karena ada masalah terkiat keselamatan di helm, namun helm tersebut tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh komisi Eropa.

Seperti dilaporkan Visordown, Selasa (24/11/2015), ketatnya standar kualitas produk di Eropa memang tak bisa ditawar-tawar. Sedangkan untuk produk helm, diharuskan memenuhi persyratan standar UNECE Eropa 22.05.

Menurut Departemen Transportasi Inggris, jika helm itu telah memenuhi peraturan UNECE 22.05, yang juga berarti telah memenuhi standar British Standard BS 6658: 1985. Soalnya, semua produk yang dipasarkan di Eropa harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh anggota European Economic Area, terutama dalam hal keamanan dan keselamatan.

BMW menegaskan tidak ada helm model atau tipe lain yang harus ditarik. Pabrikan itu mengatakan, pemilik helm bisa menukar helmnya di gerai resmi penjualan helm tersebut.

Namun, berapa jumlah helm yang bakal ditarik, pabrikan tidak merincinya.


(arf/rgr)

Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Mercedes-Benz Diluncurkan 2017

Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Mercedes-Benz Diluncurkan 2017Stuttgart - Mercedes-Benz dikabarkan, kini tengah mengembangkan Sport Utility Vehicle (SUV) GL-Class yang berbahan bakar hidrogen. Mobil ini disebut-sebut bakal diluncurkan 2017 dan sudah siap melaju di pasaran setahun kemudian.

Seperti dilaporkan Autocar, Selasa (24/11/2015), Kepala Penelitian dan Pengembangan Mercedes-Benz, Thomas Weber, mengatakan, mobil ini memiliki keunggulan bisa menempuh jarak hingga 597 kilometer dalam sekali isi bahan bakar hidrogen. Menariknya proses pengisian bahan bakar itu cukup singkat, yakni tiga menit.

Model yang nantinya bakal dinamai GLC F-Cell itu akan diluncurkan di ajang Frankfurt Motor Show 2017. Sedangkan proses penjualannya dimulai setahun kemudian.

Mobil itu akan bersaing dengan mobil berbahan hidrogen besutan pabrikan lain seperti Toyota Mirai, Honda FCV Clarity dan Hyundai Tucson Fuel Cell.
Sejatinya, Mercedes telah melakukan pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen dengan menggunakan beberapa model, antara lain B-Class selain GL-Class. Namun yang akan dibawa ke pasaran adalah model GL-Class.

Alasan pemilihan GL-Class, menurut Weber, karena penggunaan sel bahan bakar hidrogen juga membutuhkan ongkos tak murah. Oleh karena itu, teknologi itu hanya cocok untuk model yang ditujukan bagi segmen yang lebih atas.

"Teknologi ini sudah mulai matang sejak beberapa tahun terakhir, terutama dengan peningkatan kemasan dan efisiensi yang dihasilkannya. Meski demikian, (teknologi ini) tetap dalam masa pertumbuhan dan masih cukup mahal bagi kendaraan standar," ujarnya.


(arf/rgr)

Untuk Timur Tengah Innova Terbaru Dibekali Mesin yang Lebih Besar

Untuk Timur Tengah Innova Terbaru Dibekali Mesin yang Lebih BesarJakarta - Toyota Kijang Innova tak hanya dijual di Indonesia. Toyota juga akan menjajakan multi purpose vehicle (MPV) itu ke 11 negara lainnya.

Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, Innova yang dijual di Indonesia dan yang diekspor tidak terlalu berbeda. Hanya, Innova khusus pasar Timur Tengah akan mendapatkan mesin yang lebih besar.

"Sama. Tapi mungkin engine untuk Middle East 2.7L bensin. Domestik kan 2.0 bensin," kata Warih.

Alasan penggunaan mesin yang lebih besar, kata Warih, adalah untuk mendukung performa pendingin ruangan di negara-negara Timur Tengah. Sebab, udara yang panas di sana menuntut pendingin yang maksimal.

"Lebih banyak dampak ke cooling performance AC. Mereka kan panas, jadi butuh power besar untuk AC," sebut Warih.

Perbedaan lainnya hanya soal konfigurasi posisi setir sesuai negara tujuan. Ada yang menggunakan setir kanan, ada juga yang setir kiri.

"Perbedaan lainnya paling left and right hand drive," ujar Warih.


(rgr/arf)

Buntut Skandal Emisi, VW Putuskan Kontrak Sponsorship Klub Sepakbola?

Buntut Skandal Emisi, VW Putuskan Kontrak Sponsorship Klub Sepakbola?Wolfsburg - Buntut dari terkuaknya skandal uji emisi Volkswagen (VW) harus membayar sejumlah denda dan berbagai biaya untuk penarikan maupun perbaikan mobil. Pabrikan pun melakukan serangkaian penghematan, termasuk kemungkinan menghentikan kontrak sponsor dengan sejumlah klub sepakbola di Jerman.

Mengutip laporan mingguan Jerman Bild amd Sonntag, Reuters, Selasa (24/11/2015) melaporkan, selama ini VW mensponsori klub Hannover 96, Werder Bremen, Schalke 04, divisi dua Munich 1960 serta klub Grizzlys Wolfsburg. Tak kurang dari 1,5 juta euro atau sekitar Rp 21,87 miliar digelontorkan oleh VW ke masing-masing klub dalam setiap musim pertandingan.

Bahkan bagi klub yang berhasil menjadi juara, pabrikan yang berbasis di Wolfsburg, Jerman, itu memberi ganjaran senilai 5 juta euro atau sekitar Rp 72,91 miliar. Walhasil, saban tahunnya VW harus menyisihkan dana 11 juta euro atau sekitar Rp 160,41 miliar untuk biaya sponsor bagi klub sepakbola.

Sementara itu, klub sepakbola di divisi utama, VfL Wolfsburg telah menunda rencananya untuk melakukan pelatihan new multi-million-euro youth training center. Langkah itu dilakukan setelah terkuaknya skandal emisi VW.

Sedangkan VW diperkirakan kehilangan pendapatan hingga US$35 miliar atau sekitar Rp 479,5 triliun akibat skandal uji emisi itu. Pendapatan sebesar itu digunakan untuk membayar denda, biaya penarikan dan perbaikan mobil yang diperkirakan tersangkut dengan skandal tersebut.


(arf/rgr)

Uji Tabrak Innova Terbaru Raih 5 Bintang

Uji Tabrak Innova Terbaru Raih 5 BintangKarawang - New Kijang Innova menjadi kado akhir tahun dari Toyota Indonesia. Mobil yang hadir dengan konsep crossover ini memiliki performa yang lebih agresif dari generasi sebelumnnya. Untuk memuaskan konsumen, sejumlah uji coba telah dilakukan agar produksi Innova yang dikeluarkan sesuai dengan standar dan benar-benar berkualitas. Salah satunya lewat uji tabrak atau crash test untuk melihat sejauh mana fungsi pada fitur safety Innova bekerja maksimal.

Direktur Teknikal dan Proyek Engineering Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Yui Hastoro memastikan, pihaknya telah melakukan uji tabrak pada Innova model terbaru. Uji coba dilakukan di Jepang, tepatnya di Tokyo Motor Corporation. Hasil dari uji tabrak dikatakan Yui mendapat 5 bintang.

"Uji tabrak sudah dilakukan di TMC (Tokyo Motor Corporation) di Jepang. Hasilnya 5 star. Safety Equipment-nya dari NCAP (New Car Assesment Program)," ujar Yui saat ditemui di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

Kijang Innova model terbaru telah diluncurkan secara resmi pada 23 November kemarin. Ada tiga model baru yakni tipe Q (Quantum), V (Victory), dan G (Grande). Terdapat beberapa perubahan pada Innova baru salah satunya pada fitur keamanan dan keselamatan.

Fitur keamanan dan keselamatan yang dibekali pada Innova terbaru antara lain airbag (terdapat 7 buah pada tipe Q), ABS (Anti-lock Braking System), hill assist control, vehicle stability control, pengamanan kursi anak dengan ISOFIX, peringatan memakai sabuk pengaman, dan immobilizer (untuk mencegah pencurian pada Innova tipe V dan Q).


(rgr/ddn)

4.000 Unit Innova Ditargetkan Terjual dalam Sebulan

4.000 Unit Innova Ditargetkan Terjual dalam SebulanJakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Kijang Innova. Mobil itu ditargetkan bisa terjual sebanyak 4.000 unit dalam sebulan.

"Target Innova 4.000 sebulan. Dari model lama, naik sekitar 5 persen," kata Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo di acara peluncuran All New Kijang Innova di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Namun, target tersebut bisa berubah. Jika antusiasme tinggi, target itu bisa naik lagi.

"Target ini bukan harga mati. Kalau antusias luar biasa bisa melebihi. Kalau melebihi saya rasa kapasitas TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) cukup," kata Samulo.

Galeri Foto: Toyota Kijang Innova Meluncur

Presdir PT Toyota-Astra Motor Hiroyuki Fukui mengakui, industri otomotif tanah air mendapat tantangan karena pasar yang melambat, termasuk Toyota.

"Namun, dalam situasi yang menantang ini, kami perlahan dapat melewati masa sulit ini antara lain berkat dukungan serta masukan yang kami terima dari konsumen kami," ujarnya.

Soal Kijang Innova yang mereka sebut sebagai Legend Reborn, Toyota bermaksud untuk mengembalikan kesenangan berkendara yang dirasakan masyarakat Indonesia melalui generasi Kijang terdahulu.

Baca juga: Sensasi Menumpang di Kabin Innova

"Dan kami cukup optimis bahwa All New Innova akan melanjutkan kisah sukses yang dahulu pernah membentuk industri otomotif tanah air. Kami pun telah meluncurkan tagline terbaru “Let’s Go Beyond”, yang sangat sesuai dengan All New Innova dengan Beyond Technology, Beyond Product dan Beyond Service," uja Fukui.