Monday, March 10, 2014

3 Calon Mobil Terbaik Dunia

3 Calon Mobil Terbaik Dunia Jenewa - Setelah diseleksi ketat, akhirnya terpilih 3 calon mobil terbaik dunia. Mobil-mobil ini dipilih di sela-sela pameran Geneva Motor Show di Swiss.

Pemenangnya akan ditentukan di pameran New York International Auto Show pada 17 April mendatang.

Mobil yang masuk kategori mobil terbaik dunia haruslah mobil yang setidaknya dijual di 2 benua yang berbeda.

Finalis mobil terbaik tahun ini jatuh pada audi A3, BMW Seri 4 dan Mazda Axela atau yang dikenal dengan Mazda3. Berikut profil ketiganya:

Seperti Apa Profil MPV Irit Bensin Fiat Panda?

Seperti Apa Profil MPV Irit Bensin Fiat Panda? Jakarta - Satu lagi mobil MPV 5 penumpang akan masuk ke Indonesia. Ya mobil itu adalah Fiat Panda. Mobil yang disiapkan sebagai mobil Low Carbon Emission (LCE) ini memiliki profil yang menarik. Yuk kita intip performa mobil ini.




Daihatsu Jual 18.988 Unit Mobil di Februari

Daihatsu Jual 18.988 Unit Mobil di FebruariJakarta - Jika dibandingkan bulan Januari 2014 yang situasinya banyak dipengaruhi oleh bencana alam seperti banjir, penjualan Daihatsu jauh lebih baik di bulan Februari 2014. Buktinya secara wholesale Februari, Daihatsu berhasil menjual 18.988 unit.

Pencapaian wholesale di Februari itu berhasil meningkat 18 persen dibandingkan Januari yang hanya menjual 16.084 unit mobil. Jika dibadingkan Februari 2013 lalu berarti meningkat 39 persen dari 13.675 unit.

Penjualan di Februari 2014 itu disumbangkan oleh 3 kontributor utama. Pertama dipegang oleh Gran Max Pick Up sebanyak 5.207 unit atau naik 27 persen, jika ditambah degan Gran Max Minibus menjadi 1.064 unit atau 5 persen, maka total Gran Max menjadi 6.271 unit atau 32 persen.

Posisi kedua disumbangkan oleh Xenia sebanyak 5.137 unit (27 persen) dan pendatang baru Ayla berhasil tejual sebanyak 4.590 unit (24 persen). Selanjutnya disumbangkan oleh SUV Terios sebanyak 1.947 unit atau 10 persen, kemudian Sirion 760 unit atau 4 persen dan Luxio sebanyak 283 unit atau 1,5 persen.

Sementara itu komposisi retailsales pada bulan Februari 2014 tidak jauh beda dengan komposisi wholesales, dengan kontribusi terbesar diduduki oleh Daihatsu Gran Max, dengan komposisi Gran Max Pick Up 3.884 unit atau sebesar 25 persen, dan Gran Max Mini Bus 1.157 unit atau 7.5 persen.

Sehingga total Gran Max terjual 5.041 unit, atau sebesar 32.5 persen. All New Xenia di posisi kedua menyumbang 4.018 unit, atau sebesar 26 persen. Astra Daihatsu Ayla menyumbang 4.006 unit atau sebesar 26 persen.



Untuk Terios, menyumbang 1.797 unit atau sebesar 12 persen, disusul dengan Luxio sebesar 325 unit atau sebesar 2 persen dan Daihatsu Sirion menyumbang 274 unit atau sebesar 2 persen.

Data penjualan Daihatsu Januari dan Februari:


Fiat Panda Segera Sapa Indonesia

Fiat Panda Segera Sapa Indonesia Jakarta -

Satu lagi mobil MPV 5 penumpang akan masuk ke Indonesia. Ya mobil itu adalah Fiat Panda. Mobil yang disiapkan sebagai mobil Low Carbon Emission (LCE) ini memiliki profil yang menarik. Yuk kita intip performa mobil ini.



Keterangan Foto :
Melihat sekilas bagian luarnya, mobil ini mungkin terlihat aneh buat mata orang Indonesia. Lihat saja profil bagian belakangnya yang terkesan kaku dengan jendela kecil di sampingnya. (Istimewa/Fiat).

Nissan: Juke Harus Tetap Nyeleneh

Nissan: Juke Harus Tetap NyelenehWashington -
Ketika pertama kali diperlihatkan, banyak yang meragukan Nissan Juke karena desainnya yang dianggap aneh. Namun, waktu berjalan dan Nissan Juke malah menjelma menjadi salah satu crossover paling populer di dunia.
Hal itu dibuktikan dari sisi penjualan. Sejak diperkenalkan pada 2010 lalu, Nissan mengklaim telah menjual 420.000 Juke di seluruh dunia. Bentuknya yang tidak biasa itu malah menjadi salah satu keunggulannya.

Namun, desainer Nissan, Shiro Nakamura malah mengindikasikan akan merombak total desain generasi selanjutnya dari Juke. Dia mengatakan kalau bentuk Juke yang berbeda adalah kekuatan.

Argumen Nakamura ini sebenarnya bisa dimengerti. Sebab sudah banyak produsen mobil yang mulai mengikuti langkah Nissan untuk membuat crossover berdesain nyeleneh. Di rombaknya bentuk Juke bisa dipandang sebagai upaya Nissan untuk mempertahankan pasar dari Juke itu sendiri.

Nakamura, seperti dilansir Auto News, mengatakan kalau para desainer sudah mulai bekerja di London menafsirkan tampilan generasi berikutnya dari Juke yang akan mereka lahirkan beberapa tahun lagi.

"Anda menyukainya atau Anda membencinya," kata bos Nissan Andy Palmer di Autonews, Selasa (11/3/2014).

"Anda memiliki mobil utama Anda --Versa, Sentra dan Altima memang berguna, tapi Anda perlu beberapa model lain yang benar-benar menunjukkan identitas perusahaan--, jelasnya.

"Juke perlu menjelaskan apa Nissan secara singkat, yang merupakan sedikit nyeleneh, sedikit berbeda. Tentu tidak dalam posisi bersaing dengan (merek) Jepang dan Asia lainnya," lugasnya lagi.

Dia lalu mengatakan bahwa penting untuk mempertahankan rasa asli Juke yang berdesain berbeda dari mobil kebanyakan. Sebab itulah daya tarik sebenarnya mobil ini dan menjadi pengganggu merek-merek lain. Karena 85 persen pembeli Juke adalah mereka yang sebelumnya menggunakan mobil dari merek lain.

Galeri Foto: Nissan Juke Model Baru


Ini 5 Mobil Super yang Paling Diincar Masyarakat

Ini 5 Mobil Super yang Paling Diincar Masyarakat Jenewa - Pameran otomotif paling bergengsi di Eropa, Geneva Motor Show 2014 menjadi ajang yang sangat penting bagi produsen mobil. Banyak pabrikan yang memamerkan mobil konsep hingga meluncurkan mobil terbarunya untuk masyarakat luas.

Tapi, diantara semua mobil yang dipamerkan dan diluncurkan, ada 5 unit mobil yang paling dicari masyarakat atau pengunjung.

Nah, apa saja 5 unit mobil yang paling diincar oleh masyarakat? Yuk kita simak bersama ulasannya di bawah ini!

Masuk Indonesia, Fiat Panda Dibanderol Rp 200 Jutaan

Masuk Indonesia, Fiat Panda Dibanderol Rp 200 JutaanJakarta - Mobil 5 penumpang yang irit BBM, Fiat Panda, akan dirilis bulan depan. Mobil ini diperkirakan akan dijual sekitar Rp 200 jutaan.

"Harga Rp 200 juta taxi off the road (sebum pajak) di Jakarta ya," ujar sumber detikOto di PT Garansindo Inter Global (APM merek Chrysler, Jeep, Dodge dan Fiat di Indonesia).

Dia menekankan harga itu belum termasuk insentif yang disiapkan pemerintah untuk mobil-mobil dengan kategori Low Carbon Emission (LCE).

Seperti kita ketahui setelah kebijakan mobil ramah lingkungan dan terjangkau (LCGC) pemerintah tengah menyiapkan kebijakan LCE. Pemerintah bakal memberikan potongan pajak untuk mobil-mobil yang memiliki kadar emisi dan konsumsi BBM yang rendah.

Kabarnya untuk mobil dengan konsumsi BBM 20-25 km per liter akan diberikan potongan pajak sebesar 25 persen. Mobil dengan konsumsi BBM 25-30 km per liter diberi potongan pajak lebih besar lagi yakni 50 persen.

Dengan lahirnya mobil LCE, Garansindo seperti ingin membuktikan kalau meski merek-merek di bawah naungan mereka tersandung Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), namun mereka masih bisa eksis.

"Pokoknya bakal lebih banyak lagi mobil Jeep, Chrysler, Fiat di Indonesia," ujarnya lagi.


Tiger Mau Diapakan, Honda?

Tiger Mau Diapakan, Honda?Jakarta - Janji Honda untuk menerapkan sistem injeksi pada semua produk yang dijual di Indonesia telah terucap. Lalu bagaimana dengan Tiger yang sudah lawas?

Honda sudah berulang kali berjanji kalau hanya masalah waktu saja seluruh produk yang ada di Indonesia akan menerapkan sistem injeksi di pengabutannya. Hal itu akan dilakukan secara bertahap.

Spekulasi lalu berhembus Honda Tiger yang akan menjadi model selanjutnya. Terlebih dalam data penjualan motor di Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), belum ada Tiger yang disalurkan Honda di tahun 2014 ini.

Penjualan Tiger dalam bulan sebelumnya pun mengalami penurunan dari 941 unit di November menjadi 813 unit di Desember. Padahal dalam rentang 12 bulan di 2013 ada 12.572 Tiger yang terjual di Indonesia.

Distribusi yang nihil di Januari dan Februari cukup menegaskan terlebih di Februari lalu saja Honda menguasai pasar dengan penjualan sebesar 424.226 motor. Sangat besar bila melihat total penjualan motor di Februari 2014 yang berada di angka 681.267 unit.

Rumor berkembang saat ini Honda hanya tinggal menghabiskan stok Tiger yang ada di dealer sebelum mereka memutuskan memproduksi Tiger terbaru yang sudah berinjeksi.

Terlebih belakangan ini Honda kedapatan tengah mempatenkan desain versi naked dari CBR300R atau CBR250R. Meski belum diketahui detail kapan Honda akan meluncurkannya secara resmi, tapi motor ini akan diluncurkan di negara-negara berkembang.


Baru 2 Bulan, Sudah 1.261.555 Unit Motor Terjual di Indonesia

Baru 2 Bulan, Sudah 1.261.555 Unit Motor Terjual di IndonesiaJakarta - Para produsen motor di Indonesia tengah senang. Di bulan Februari lalu penjualan motor di Indonesia naik signifikan dari 580.288 motor di bulan Januari meningkat menjadi 681.267 motor di Februari. Dengan begitu, sudah 1.261.555 motor terjual dalam dua bulan saja.

Dengan hasil di bulan Februari, maka peningkatan yang tercatat berada di angka 17,4 persen bila dibanding dengan penjualan Januari. Namun, jumlah penjualan total selama Januari-Februari yang berada di angka 1.261.555 unit ternyata malah turun dari periode yang sama tahun lalu yang berada di angka, 1.303.340 unit.

Di Februari lalu, dalam data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), hampir semua merek mengalami peningkatan. Tragisnya, hanya Suzuki sendiri yang penjualannya malah menurun.

Honda masih memimpin pasar setelah mampu melepas 424.226 motor atau hampir dua kali lipat bila dibanding dengan penjualan Yamaha di periode yang sama yang terhitung berada di angka 215.332 unit.

Di posisi tiga ada Suzuki yang penjualannya hanya 27.900 unit atau turun dari penjualan mereka di Januari yang berada di angka 30.012 unit.

Sedangkan Kawasaki dan TVS penjualannya meningkat menjadi masing-masing- 12.384 unit dan 1.425 unit.

Penjualan motor Februari:

No. Merek Penjualan

1. Honda 424.226
2. Yamaha 215.332
3. Suzuki 27.900
4. Kawasaki 12.384
5. TVS 1.425

Total Februari: 681.267
Total 2014: 1.261.555

Fiat Panda, Mobil LCE Pertama di Indonesia

Fiat Panda, Mobil LCE Pertama di IndonesiaJakarta - Agen Pemegang Merek (APM) Chrysler, Jeep, Dodge dan Fiat, PT Garansindo Inter Global akan merilis mobil 5 penumpang Fiat Panda di Indonesia. Mobil ini ternyata disiapkan untuk mengincar insentif yang disiapkan pemerintah pada mobil-mobil beremisi rendah (Low Carbon Emission/LCE).

"Fiat Panda akan menjadi first product (produk pertama) LCE di Indonesia," ujar sumber detikOto di Garansindo yang tidak ingin disebutkan namanya karena isu yang sangat sensitif.

Seperti kita ketahui setelah kebijakan mobil ramah lingkungan dan terjangkau (LCGC) pemerintah tengah menyiapkan kebijakan LCE. Pemerintah bakal memberikan potongan pajak untuk mobil-mobil yang memiliki kadar emisi dan konsumsi BBM yang rendah.

Untuk mobil dengan konsumsi BBM 20-25 km per liter akan diberikan potongan pajak sebesar 25 persen. Mobil dengan konsumsi BBM 25-30 km per liter diberi potongan pajak lebih besar lagi yakni 50 persen.

"Juklak LCE-nya sudah hampir final," ujarnya.

Jika LCGC kebanyakan diambil produsen Jepang, maka kemungkinan untuk LCE, produsen Eropa lah yang mengambil keuntungan.


Wah, Mobil MPV Irit Bensin Ini Siap Masuk Indonesia

Wah, Mobil MPV Irit Bensin Ini Siap Masuk IndonesiaJakarta - Kenaikan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) memang memusingkan importir umum mobil-mobil CBU. Namun bukan berarti mereka sekarang diam saja, untuk menggairahkan pasar mereka terus menelurkan produk baru.

Contohnya Agen Pemegang Merek (APM) Chrysler, Jeep, Dodge dan Fiat, PT Garansindo Inter Global. Kabar yang beredar mereka akan merilis mobil berkapasitas 5 penumpang yang irit BBM yakni Fiat Panda.

"Bakal lebih banyak lagi mobil Jeep, Chrysler, Fiat. Kita ingin volume (penjualan) gede-gedein," ujar sumber detikOto di Garansindo yang tidak ingin disebutkan namanya karena isu yang sangat sensitif.

"Mudah-mudahan di kuartal kedua bulan April atau Mei, Fiat Panda akan meluncur. Pokoknya kita akan struggle tahun ini. Fiat/Chrysler akan acak-acak pasar mobil Indonesia," ujarnya lagi.

Garansindo kabarnya akan memasang mesin kecil berkapasitas 0.9 liter (875 cc) di Fiat Panda.

Dengan mesin Twin Air super kecil tadi mobil memiliki konsumsi BBM paling irit 27 km per liter (di jalan bebas hambatan).

Fiat menyebut mesin Twin Air sebagai mobil bermesin bensin yang paling ramah lingkungan.


Kupas Audi TT Teranyar

Kupas Audi TT Teranyar Jenewa - Audi TT terbaru mengawali debut di Geneva Motor Show 2014. Banyak perubahan pada mobil sport kelas menengah ini terutama pada desain eksterior yang lebih ciamik ketimbang pendahulunya.

Desain eksteriornya lebih menarik dengan grille lebar dan desain buritan yang tetap mengusung tema klasik meskipun dimensinya masih sama.

Desain interiornya pun dibuat lebih semarak dengan berbagai perubahan. Diklaim Audi, meski banyak perubahan luar dan dalam namun kendaraan ini tetap menawarkan 'fun to drive'. Penasaran? yuk simak ulasan lengkap Audi TT teranyar.


Mesin SKYACTIV Mazda Digunakan Toyota Yaris?

Mesin SKYACTIV Mazda Digunakan Toyota Yaris?Jakarta - Pabrikan mobil Toyota tengah mengembangkan hatchback baru bekerja sama dengan salah satu pabrikan mobil asal Jepang Mazda.

Menurut kabar sebelumnya kerja sama antara dua pabrikan tersebut akan saling sumbang teknologi mesin. Toyota akan menggunakan mesin Skyactiv Mazda untuk hatchback-nya.

Berita kerja sama sedikit demi sedikit mulai terkuak dan menyebutkan mesin Skyactiv Mazda akan digunakan Toyota pada model hatchback Yaris di masa depan dilansir caranddriver, Senin (10/3/2014). Program Mazda dan Toyota ini demi mengurangi emisi gas buang hingga 2020.

Sebelumnya CEO Operasi Mazda Meksiko, Keishi Egawa yang menyebutkan kerjasama tersebut. Keishi Egawa menjelaskan kalau hatchback Toyota pertama akan keluar antara 1 April 2015 sampai 31 Maret 2016.

Dari total produksi 230.000 unit di pabrik Mazda di Meksiko, Mazda akan mengalokasikan sebanyak 50.000 unit untuk hatchback Toyota.

Namun hingga kini, baik pihak Mazda maupun Toyota belum mengkonfirmasikan apa model hatchback Toyota yang memanfaatkan mesin Skyactiv Mazda.

Program pertukaran teknologi Mazda dan Toyota mulai terlihat ketika Mazda3 hybrid menggunakan teknologi hybrid Prius. detikOto sempat merasakan hasil kolaborasi kedua perusahaan satu negara ini di Yokohama, Jepang akhir tahun lalu.

TVS Siapkan Apache 250cc

TVS Siapkan Apache 250ccJakarta - Niat produsen motor India, TVS, untuk bermain di segmen motor 250 cc nampaknya sudah kuat. Tahun depan, motor sport bermesin seper-empat liter akan diperlihatkan oleh si kuda merah.

Kepala R&D TVS Motor Vinay Harne mengatakan kalau perusahaan mereka telah memiliki sejumlah rencana perluasan segmen di masa depan dan dia perkirakan akan ada motor 250 cc TVS di tahun depan. Motor sport 250 cc yang dimaksud Vinay ini sangat mungkin merupakan hasil dari kolaborasi TVS dengan BMW.

Seperti diketahui, dua pabrikan motor beda benua, TVS dan BMW Motorrad ini memang sudah bergandengan tangan sejak tahun lalu untuk menciptakan sebuah motor.

Sebab saat ini TVS hanya memiliki motor bermesin di bawah 200 cc, sementara BMW Motorrad memiliki motor bermesin di atas 600 cc. Keduanya pun bersinergi untuk mereduksi kesenjangan kapasitas mesin yang ada dikeduanya. Bila keduanya mengembangkan motor sendiri-sendiri maka biaya riset dipastikan akan membengkak.

Karena itulah, kerja sama antar pabrikan diperlukan untuk meminimalisasi pengeluaran. Pada kerja sama itu, TVS nantinya akan mengucurkan 20 juta euro.

Kabar yang telah lama beredar menyebutkan kalau dari perkawinan ini TVS berencana untuk memproduksi motor bermesin 250 cc, sementara BMW akan membuatnya diatas 250 cc tapi di bawah 500 cc.

Rumor kemudian makin menguat setelah TVS memperlihatkan produk konsep terbarunya di ajang Auto Expo 2014 beberapa waktu lalu dengan label TVS Draken, sebuah Streetfighter bermesin 250 cc meski saat itu TVS mengklaim kalau desain Draken merupakan asli tanpa campur tangan BMW Motorrad.

Untuk jantung pacunya TVS Dranken mampu dibekali mesin berkapasitas 250 cc dengan 38,5 hp pada 12.000 rpm dengan torsi maksimum 23 Nm pada 9.500 rpm.


Bella Suka Diboncengin Cowok Berotot

Bella Suka Diboncengin Cowok Berotot Jakarta - Bella Pemex, dara muda ini merasa senang di atas motor. Apalagi kalau dibonceng pria berotot. Terik matahari bukan penghalang bagi Bella.


Keterangan Foto :
Bagi Bella, naik motor itu enggak ada masalah selama memakai alat pengaman yang lengkap.

Makin Banyak Orang Kaya Indonesia Beli Lexus

Makin Banyak Orang Kaya Indonesia Beli LexusJakarta - Lexus Indonesia mencatat hasil penjualan bulanan tertinggi selama eksistensinya di pasar mobil premium di Tanah Air. Pada Februari 2014, Lexus berhasil menjual sebanyak 101 unit.

Selama Februari 2014, Lexus RX Series menyumbang penjualan terbesar dengan total 55 unit. Lexus RX270, menjadi backbone dengan berkontribusi sekitar 89 persen dari total penjualan RX Series.

"Kami bersyukur atas rekor penjualan bulanan tertinggi yang dicatatkan Lexus pada Februari lalu. Pencapaian tersebut semakin menunjukkan bahwa Lexus direspon dengan sangat baik oleh para Lexus Enthusiasts. Kami mengucapkan terima kasih kepada Lexus Enthusiast atas kepercayaan dan kesetiaannya terhadap Lexus," ujar Principal Lexus Indonesia, Johnny Darmawan dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Sedangkan Lexus ES yang baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun lalu mendulang kesuksesan dimana menjadi tulang punggung sedan Lexus, dengan berkontribusi sebesar 21,8%. Sementara itu, Lexus LX Series menyumbang sebesar 18,8 persen dari total penjualan Lexus selama bulan lalu.

Di Indonesia, Lexus menjelma sebagai kendaraan premium yang 'fun to drive' dengan nuansa kendaraan berperforma. Ini yang akan menjadi identitas Lexus ke depannya di Tanah Air.


Kematian Pejalan Kaki di Jalan Raya Menurun

Kematian Pejalan Kaki di Jalan Raya Menurun California - Belum lama ini Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) melaporkan, angka kematian pejalan kaki di Amerika Serikat (AS) menurun.

Penurunan itu terjadi pada semester pertama tahun 2014 ini. Demikian dilansir laman Forbes, Senin (10/3/2014).

Dalam 6 bulan terakhir tahun 2013 jumlah korban jiwa merosot 8,7 persen. Data itu didapat dari 50 kantor keamanan jalan tol di Columbia.

Hal itu cukup baik dibandingkan 3 tahun sebelumnya, angka kematian pejalan kaki sedang meningkat tajam.

"Jalan raya memang dirancang untuk mengakomodasi perjalanan kendaraan bermotor, tapi pejalan kaki banyak yang dirugikan," kata juru bicara NHTSA, Allan Williams.

Dari tahun 2009 hingga 2012, kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor memang turun 3 persen, tapi untuk pejalan kaki justru meningkat dan memprihatinkan karena naik 15 persen.

"2008-2009 resesi ekonomi mungkin telah mempengaruhi sehingga banyak orang yang berjalan kaki untuk menurunkan biaya atau menghemat. Mereka lebih memilih untuk berjalan kaki, selain sehat juga dapat menghemat," tuntasnya.


Isuzu Resmikan Outlet di Bekasi

Isuzu Resmikan Outlet di BekasiJakarta - Produsen yang terkenal dengan truk dan Panther, Isuzu, membuka outlet baru, cabang Harapan Indah , Jl Boulevard Commercial Park I No 9F, Medan Satria Bekasi, Jawa Barat.

Astra Isuzu melihat area Bekasi memiliki potensi yang cukup baik pada segmen kendaraan komersial baik dari segmen truk kelas ringan dan truk kelas menengah.

Dalam siaran pers Astra Isuzu, outlet Harapan Indah adalah outlet ke-45 dari Astra Isuzu, dari total 103 outlet yang dimiliki Isuzu Indonesia sekarang.

Astra Harapan Indah dibangun pada luas tanah 5.000 m2 dengan luas bangunan 2.000 m2 Outlet Astra â€Â" Isuzu Harapan Indah siap memberikan pelayanan yang lengkap baik dari penjualan, perawatan kendaraan serta penyediaan suku cadang.

"Outlet ini merupakan outlet Astra Isuzu yang terbesar dan terlengkap di area Bekasi, memiliki fasilitas Sales, Service dan Spare Part," Isuzu dalam pernyataan resminya.

Outlet ini tidak hanya menangani penjualan tetapi juga untuk perawatan kendaraan dan ketersediaan suku cadang.

Untuk perawatan kendaraan Isuzu Anda, Astra Isuzu Harapan Indah memiliki 13 stall yang terdiri dari 1 stall untuk kategory medium truck (Isuzu GIGA) dan 12 stall untuk light truck dan kendaraan lainnya. Astra Isuzu Harapan Indah siap dengan 52 orang karyawan yang terdiri dari 13 sales, 14 orang mekanik, dan 3 orang field advisor yang siap melayani customer 24 jam.
Halaman 1 2 »

10 Mobil Avanza Jelajahi Indonesia

10 Mobil Avanza Jelajahi Indonesia Jakarta -

Setelah menjelajah nusantara selama satu bulan, Tim Avanzanation Journey akhirnya tiba kembali di Jakarta, Minggu (09/03/2014). 10 mobil Toyota Avanza ini menempuh jarak 35.000 km dan melintasi lebih dari 45 kota di Indonesia.



Keterangan Foto :
10 Mobil Toyota Avanza yang terdiri dari 3 tim ini disambut kedatangannya di diler Auto2000 Toyota Tebet Supomo, Minggu (9/3/2014). Sementara itu kurang lebih 10.000 pengguna Toyota Avanza turut meramaikan perjalanan Avanzanation yang berlangsung kurang lebih selama 1 bulan. (Dadan Kuswaraharja/detikcom)
 

BMW Ingin Jual 2 Juta Mobil Mewah Tahun Ini

BMW Ingin Jual 2 Juta Mobil Mewah Tahun IniJenewa - BMW Group, produsen mobil mewah terbesar di dunia, menargetkan untuk menjual lebih dari 2 juta unit mobil pada tahun ini. Dalam mencapai targetnya ini, produsen mobil asal Eropa ini menaruh harapannya pada pasar Amerika Serikat (AS) dan China.

CEO Norbert Reithofer seperti dilansir autonews, mengatakan pengiriman merek-merek mobil mewah seperti Rolls-Royce dan MINI telah tumbuh sebesar 7 persen dan bagi BMW secara keseluruhan meningkat sebesar 9 persen.

Menurut Reithofer, pihaknya akan memperluas 2 pabrik yang saat ini berada di China dan di Amerika Utara agar bisa memenuhi permintaan konsumen dan lonjakan penjualan.

Target yang ingin dicapai di tahun ini tidak sembarang ditetapkan, BMW berkaca pada penjualan tahun lalu yang berhasil meningkat 6 persen atau mencapai 1,96 juta unit.

Angka itu masih tinggi dari pesaingnnya, penjualan Mercedes-Benz tahun lalu naik 11 persen atau mencapai 1,46 juta unit sedangkan Audi naik 8 persen menjadi 1,58 juta unit.


Dilarang Belok Kanan, Mister...

Dilarang Belok Kanan, Mister... Jakarta - Sebuah mobil Toyota Rush atau Daihatsu Terios milik sebuah kantor Kedutaan Besar terlihat di perempatan Kuningan, Jakarta. Namun si sopir, memaksa untuk belok kanan padahal di perempatan itu dilarang belok kanan. Enggak lihat rambu atau sengaja melanggar?


Keterangan Foto :
Pengendara lain hanya bisa melihat-lihat kelakuan si mister yang merupakan pria berkulit hitam ini.

Apple CarPlay Disindir Penggiat Safety Driving

Apple CarPlay Disindir Penggiat Safety DrivingJenewa - Raksasa teknologi Apple baru saja memperkenalkan sistem infotaiment di mobil bernama CarPlay. Namun, kelahiran teknologi ini dianggap akan memicu beberapa masalah di masa depan.

Pada dasarnya, teknologi modern itu bernama Apple CarPlay. CarPlay adalah fitur pintar yang memungkinkan iPhone milik pengendara terintegrasi di dalam sistem infotainment. Pengendara bisa menggunakan iPhone saat berkendara dengan aman seperti mengakses fitur-fitur yang ada dalam layar audio yang tersedia.

Setelah peluncurannya di Geneva Motor Show beberapa hari lalu, CarPlay rencananya akan ditawarkan di Ferrari FF serta Volvo XC90 dan semua model Mercedes-Benz di masa depan.

"Kami sangat, sangat concern terhadap hal itu. Industri otomotif dan industri elektronik benar-benar dalam perlombaan senjata untuk melihat bagaimana kita bisa memungkinkan pengemudi untuk melakukan hal-hal lain selain mengemudi," kata Direktur Senior Dewan Keselamatan Nasional Amerika David Teater di Car Advice, Senin (10/3/2014)..

Sementara itu manajer AAA Foundation for Traffic Safety Bruce Hamilton juga berkomentar yang sama. CarPlay menurutnya dibuat hanya untuk memungkinkan orang untuk lebih dekat pada gadget mereka tanpa memikirkan keselamatan sebagai faktor utama.

"Idenya adalah agar mereka dekat dengan ponsel mereka, dan karena itu mari kita memberikan mereka cara untuk melakukan itu, yang tidak menempatkan keselamatan di urutan pertama, yang menempatkan kenyamanan dan keinginan untuk berada di sentuhan pertama," sindir Hamilton.

Padahal Apple mengatakan kalau sistem ini nantinya akan terlihat di Honda dan Hyundai pada akhir tahun 2014. Di sisi lain, BMW, Chevrolet, Citroen, Ford, Jaguar, KIA, Land Rover, Mitsubishi, Nissan, Opel, Peugeot, Subaru, Suzuki dan Toyota juga sudah berkomitmen untuk menawarkan teknologi tersebut di masa depan.


Mobil Kecil Bertenaga Dahsyat

Mobil Kecil Bertenaga Dahsyat Jenewa - Fiat akhirnya menampilkan mobil terbaru Abarth 695 Biposto di Geneva Motor Show 2014. Mobil ini menjadi mobil spesial Fiat karena menjadi mobil tercepat dari keluarga Fiat 500.

Menggunakan basis Fiat 500, mobil ini dibenamkan mesin 1.400 cc turbo T-Jet lontaran tenaga 190 Hp naik dari sebelumnya 160 Hp. Mesinnya sudah dioprek hingga mengeluarkan tenaga luar biasa yang sanggup menyaingi mobil mesin kapasitas 2.000 cc.

Fiat mengklaim Abarth 695 Biposto adalah contoh mobil balap legal pertama yang pernah dibuatnya. Pengembangan model terbaru mobil ini selalu fokus pada kecepatan. Bagaimana Fiat membuat mobil ini, yuk simak penelusuran detikOto.

Obsesi Gila Bankir Makassar

Obsesi Gila Bankir Makassar Jakarta -

Andi Onny Tenri Gappa, bankir di salah satu bank swasta di Makassar melakukan solo touring berkeliling Amerika Serikat akhir tahun lalu. Ia melakukanya dengan motor BMW R50/2 klasik tahun perakitan 1964 dari New Hamspire hingga ke Los Angeles.



Keterangan Foto :
Awalnya, Onny yang menjabat Kepala Cabang Bank Panin Makassar ini, hanya berniat membeli motor bekas BMW R50/2 hasil rekondisi yang dijual di showroom Max BMW di New Hamspire, AS. Namun tiba-tiba saja muncul idenya untuk menjajal motor BMW klasik-nya yang ia beli dengan harga USD 18.000. Istimewa/Pribadi.

Datsun GO Dijual Rp 55 Jutaan Saja

Datsun GO Dijual Rp 55 Jutaan SajaNew Delhi - Produsen Datsun sudah bersiap menjual mobil murah mereka bukan hanya di Indonesia, tapi juga di India. Di negeri Bollywood itu Datsun Go dikabarkan akan dilepas dengan harga mulai dari Rp 55 jutaan saja.

Media lokal Zig Wheels melaporkan kalau Datsun Go akan segera dipasarkan di India dengan tiga varian. Menurut sumber mereka di diler Datsun, varian terendah Datsun Go akan dijual di sekitar angka 3 lakh rupee atau sekitar Rp 55,8 jutaan.

Ini merupakan harga juga yang diperkirakan akan menarik perhatian para konsumen mobil murah di sana. Sementara untuk varian diatasnya akan dilepas dengan harga sekitar 3,5 lakh rupee atau sekitar Rp 65 jutaan.

Dan varian tertinggi nantinya akan dilepas di angka 3,8 lakh rupee atau sekitar Rp 70,7 jutaan.

Datsun Go sendiri diklaim memiliki prinsip kuat karena, menurut Nissan, ini sesuai dengan kata "GO" yang dalam bahasa Jepang berarti "strong" dan "durable" (memiliki ketahanan tinggi).

Sama halnya dengan mobil "DAT-Go" otentik, Datsun GO memberi kemudahan bagi pengendara untuk "GO" (berpergian) ke berbagai tempat-dengan kenyamanan dan ketenangan pikiran.

Untuk jantungnya, Datsun Go akan dipersenjatai mesin berkapasitas 1.2 liter dengan transmisi 5 speed.

Sedangkan untuk ukurannya, Datsun Go memiliki panjang 3.785 meter, tinggi 1.485 meter dan lebar 1.635 meter. Datsun Go juga menawarkan wheelbase sepanjang 2.450 meter. Menariknya rem tangan mobil ini berada di dasbor dan tidak seperti pesaingnya.

Galeri Foto: Datsun GO Hatchback


Si 'Dewa Angin' Ludes Terjual

Si Milan - Bagi Anda yang memiliki niat untuk membeli supercar Pagani Huayra terpaksa harus mengurungkannya. Sebab, mobil yang disebut dengan Dewa Angin sudah ludes terjual.

Dilansir laman CarBuzz, Senin (10/3/2014) kini Pagani sudah menutup buku pesanan untuk Pagani Huayra. 100 unit Pagani Huayra yang diproduksi kini sudah bersama pemiliknya di seluruh dunia.

Pada tahun 2011 lalu atau pertama kali diluncurkan, Pagani Huayra ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yakni 1 juta euro atau setara 12,3 miliar. Tapi harga tersebut tidak menyurutkan niat penggemarnya untuk membeli.

Nah, tapi Anda penggemarnya bisa sedikit bernafas lega, sebab Pagani dikabarkan tengah menyiapkan versi Roadster dari Huayra. Jadi Anda bisa membelinya ketika sudah resmi diluncurkan.

Untuk diketahui, Huayra ini dibekali sebonggol mesin AMG Mercedes V12 6.0 liter bi-turbo yang tersimpan di tubuhnya, Pagani Huayra sanggup menyemburkan tenaga hingga 700 bhp dengan torsi hingga 900 Nm.

Bila masih kurang, Pagani juga menyiapkan versi sport dari Huayra yang memiliki tenaga sedikit lebih besar yakni 730 bhp dengan torsi sangat melimpah, 1.100 Nm.

Dari mesin tersebut, Pagani percaya Huayra mampu melaju hingga 370 km perjam dan berakselerasi dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 3,3 detik saja. Kemampuan berakselerasi cepat itu banyak dibantu oleh desain tubuh yang aerodinamis.

Bahan karbon fiber yang ringan namun kuat pun juga turut membantu Pagani Huayra berlari kencang. Pagani mengklaim, Huayra dibuat hampir seperti sayap pesawat dimana bentuk tubuhnya dirancang untuk memotong angin dan memanfaatkannya menjadi tenaga dorong.

Di bagian interior, kabin Huayra dibuat lebih lapang dengan tambahan layar sentuh sat-nav dan Bluetooth.


Toyota Kirim 118.000 Unit Mobil Buatan Indonesia ke Luar Negeri

Toyota Kirim 118.000 Unit Mobil Buatan Indonesia ke Luar NegeriJakarta - Toyota tidak hanya memproduksi mobil-mobil untuk dijual di Indonesia, ada beberapa model yang diekspor ke luar negeri seperti Fortuner dan Innova. Total selama 2013 lalu ada 118.000 unit mobil Toyota yang dikirim ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono dalam media gathering di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Pastinya dari tahun ke tahun jumlah mobil yang dikirim ke luar negeri terus meningkat.

Dalam kurun waktu 1987-2003 total volume ekspor Toyota Indonesia tercatat sekitar 9.400 unit, di tahun 2004, angka ekspor ini melejit menjadi 7.900 unit per tahun. Hal ini tidak lain berkat dimulainya proyek lokalisasi mobil Innova.

Ekspor Toyota makin berkembang setelah Fortuner mulai diproduksi di Indonesia pada 2006.

Toyota senidiri kini memiliki kapasitas produksi terpasang sekitar 250.000 kendaraan, dan jika pasar membutuhkan kapasitas itu akan bertambah besar dengan penerapan lembur atau overtime.

TMMIN berjanji untuk terus meningkatkan angka kandungan lokal dari mobil-mobil Toyota di Indonesia. Mobil yang memiliki kandungan lokal tertinggi adalah Kijang yang mencapai 80 persen, disusul Yaris yang akan mulai diproduksi pada bulan April sebanyak 60 persen, Fortuner 55 persen, sedangkan Vios dan Limo juga 60 persen.

Direktur Teknikal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Yui Hastoro menuturkan, angka persentase yang dimaksud dalam kandungan lokal kendaraan merupakan nilai rupiahnya dan bukan dalam bentuk jumlah komponen dalam satu kendaraan.

"Selama ini yang belum diproduksi di sini adalah transmisi dan komponen berteknologi tinggi seperti ECU dan lainnya. Kalau komponen-komponen ini di Indonesia volumenya tinggi dan kompetitif, bisa saja dilokalisasi," ujarnya.



Cucu Terakhir dari Pendiri Ford Meninggal Dunia

Cucu Terakhir dari Pendiri Ford Meninggal DuniaDetroit - Kabar duka datang dari keluarga Henry Ford, yang merupakan pendiri pabrikan mobil Ford Motor Co. Cucu terakhirnya, William Clay Ford Sr menghembuskan nafas terakhirnya pada akhir pekan lalu di kediamannya yang terletak di kawasan sub-urban Kota Detroit, Grosse Pointe Shore.

Dilansir laman Reuters, Senin (10/3/2014) William Clay Ford Sr meninggal diusianya yang ke-88 tahun. Ia mengalami sakit yang cukup berat yakni, pneumonia.

William Clay Ford Sr merupakan ayah dari William Clay Ford Jr yang kini menduduki posisi Executive Chairman Ford Motor Co, sementara William Clay Sr sendiri semasa hidupnya dipercaya sebagai direktur penasihat kehormatan.

Untuk diketahui, William Clay Ford Sr merupakan pria kelahiran Detroit 14 Maret 1925. Ia merupakan bungsu dari 4 anak Elean Clay and Edsel Ford dan merupakan anak tunggal Henry Ford.

"Ayah saya adalah seorang pemimpin bisnis yang besar dan cukup mendedikasikan hidupnya untuk perusahaan dan masyarakat," ujar Willian Clay Ford Jr yang merupakan sang anak.

Sementara itu menurut mantan petinggi Ford dan Jaguar, Nick Scheele, beliau memiliki selera yang luar biasa pada mobil.

"Dia memiliki selera yang luar biasa, terlihat pada karyanya Continental Mark II. Dia juga memiliki penglihatan yang luar biasa untuk selera styling mobil," katanya.


Toyota Siap Produksi 2.000 Unit Yaris per Bulan

Toyota Siap Produksi 2.000 Unit Yaris per BulanJakarta - Toyota akan mulai memproduksi Yaris model terbaru di bulan April ini. Yaris bermesin 1.500 cc ini akan diproduksi di pabrik Toyota Karawang II di kawasan Industri Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat.

"Seluruh persiapan sudah sangat matang, kami akan segera memproduksi Yaris," ujar Wakil Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono dalam media gathering di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Dengan diproduksinya Yaris di Indonesia maka 90 persen mobil Toyota yang dijual di Indonesia sudah merupakan mobil yang diproduksi di Indonesia.

Sebelum Yaris, Toyota sudah memproduksi mobil seperti NAV-1, Etios Valco, All New Vios dan Limo. Jauh sebelum itu, Toyota sudah memproduksi Innova dan Fortuner. Sementara yang diimpor tinggal mobil-mobil seperti Alphard, Corolla, Camry dan Hilux.

Untuk mobil seperti Avanza, Rush dan Agya diproduksi oleh saudara Toyota di Indonesia yakni Daihatsu.

"Lokalisasi Yaris merupakan salah satu realisasi investasi Toyota Group di Indonesia yang diumumkan Presiden Toyota Akio Toyoda bulan November 2012 lalu," ujarnya.


Toyota Ingin Jadi Eksportir Sedan Pertama di Indonesia

Toyota Ingin Jadi Eksportir Sedan Pertama di IndonesiaJakarta - Setelah memproduksi mobil-mobil seperti MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle) dan hatchback, Toyota sudah tak sabar lagi untuk memproduksi jenis mobil yang populer di dunia, sedan.

"Diharapkan dalam waktu dekat Toyota dapat segera merealisasikan perannya sebagai eksportir sedan pertama di Indonesia," ujar Wakil Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono dalam media gathering di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Toyota sudah dalam 10 tahun terakhir memproduksi MPV dan SUV di Indonesia. Era baru Toyota dalam memproduksi mobil di Indonesia dimulai tahun 2013 ini dengan diproduksinya Etios Valco, Limo dan Vios.

Dia menambahkan pemerintah sebenarnya yang meminta Toyota untuk melakukan lokalisasi sedan dan mulai mengekspornya ke luar negeri.

"Kalau lokalisasi produk tercapai, ekspor produk tinggal menunggu waktu," ujarnya.

Selama ini mobil-mobil sedan seperti Corolla dan Camry diimpor dari luar Indonesia, Toyota baru memulai memproduksi Vios dan Limo di Karawang.

Wakil Presiden Direktur TMMIN Johnny Darmawan menuturkan Toyota di masa lalu sebenarnya pernah memproduksi sedan yakni Corolla DX, namun seiring makin populernya mobil MPV, maka Toyota pun mulai memproduksi MPV di Indonesia.


Honda: Keiritan Verza Bisa Sampai 84,5 Km/Liter

Honda: Keiritan Verza Bisa Sampai 84,5 Km/LiterJakarta - Salah satu motor andalan Honda, Verza 150 kembali membuktikan keiritannya. Motor bermesin 150 cc ini berhasil mencetak tingkat efisiensi sampai 84,5 km/liter.

Rekor ini dicetak pada rute Bekasi - Purwokerto dengan kondisi jalan macet dan rusak saat Touring Ekspedisi Nusantara Satu Hati untuk Negeri. Kondisi jalan tersebut tidak menghalangi 12 rider turing ini untuk menjajal ketangguhan dan keiritan Honda Verza 150.

Karakter jalan yang berkelok, rusak, menanjak, hingga terjal pun dilibas tanpa halangan berarti. Kelok sembilan di Padang, Sumatera Barat, kondisi jalan rusak pascahujan di beberapa wilayah di Sumatera dan Jawa yang belum sempat diperbaiki, hingga terjalnya pegunungan Bromo, Jawa Timur sepanjang 6.000 km diselesaikan dalam 16 hari.

Dengan penuh semangat, 12 rider dari berbagai komunitas Honda di Indonesia menguji ketangguhan mesin dan beragam fitur unggulan pada 3 tipe motor sport Honda, New Megapro FI, Honda CB150 StreetFire dan Honda Verza 150.

Bahkan Honda Verza 150 mampu menghasilkan konsumsi BBM rata-rata selama perjalanan ini sebesar 56,6 km/liter, melampaui hasil pengukuran konsumsi BBM yang dilakukan perusahaan dengan metode ECE R40 yaitu 48 km/liter.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM) Agustinus Indraputra mengatakan hasil yang dicatat dalam kegiatan Ekspedisi Nusantara Honda ini mencerminkan bahwa teknologi injeksi Honda mampu memberikan penghematan konsumsi BBM yang signifikan dalam berkendara sehari-hari dengan berbagai kondisi jalan.

“Teknologi PGM-FI Honda sudah lama dikenal hemat bahan bakar oleh masyarakat. Bahkan dalam kondisi cuaca dingin yang ekstrim di Gunung Bromo pun, teknologi injeksi Honda terus menyuplai bahan bakar yang irit tanpa kendala apapun," katanya dalam keterangan resmi.
Halaman 1 2 »

Jeep Termurah, Nissan Juke dan Yaris Model Baru

Jeep Termurah, Nissan Juke dan Yaris Model Baru Jakarta - Geneva Motor Show yang tengah berlangsung di Jenewa Swiss, menyita perhatian pecinta otomotif dunia. Banyak mobil-mobil baru yang diluncurkan di sana.

Seperti antara lain Jeep Renegade yang merupakan entry level dari Jeep. Selain Jeep Renegade, artikel seputar Nissan Juke juga menjadi artikel populer selama pekan lalu.

Berikut daftar lengkap artikel populer otomotif:

Toyota: Kami Tak Mau Banting Harga

Toyota: Kami Tak Mau Banting HargaJakarta - Tidak seperti pabrikan mobil yang heboh dengan diskon yang besar di awal tahun, Toyota tidak ingin menerapkan kebijakan yang serupa untuk mobil-mobilnya.

"Kita tetap fight dengan market, tapi kita tidak mau banting-bantingan harga sampai gila-gilaan kan Toyota juga harus mantain image," ujar Presdir PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta.

Foto: Ini Dia All New Toyota Yaris

Selama bulan Januari, lanjut Johnny, Toyota tidak agresif menawarkan diskon terutama di segmen seperti Low MPV yang dihuni Avanza. "Kalah ama yang lain, coba Anda lihat," ujarnya.

Kebijakan tidak memberi diskon yang besar ini juga untuk menjaga perasaan konsumen yang membeli mobil sebelumnya. "Bayangkan beli mobil 4 bulan lalu, kok sekarang harganya dibanting-banting gini," ujarnya.

Foto: Toyota Supra Lahir Kembali