Friday, April 17, 2015

Teknologi Baru Mazda Dapat Mengurangi Suara Berisik di Mesin Diesel CX-3

Teknologi Baru Mazda Dapat Mengurangi Suara Berisik di Mesin Diesel CX-3Hiroshima - Di Jepang, Mazda CX-3 sudah diluncurkan sejak Februari lalu. Untuk pasar domestik Jepang, CX-3 ada yang menggunakan mesin diesel 1.5-liter Skyactiv. Kali ini, Mazda meluncurkan teknologi baru yang dapat mengurangi suara berisik pada mesin diesel CX-3.

Engine Performance Development Department Mazda Tsunehiro Mori menerangkan, teknologi terbarunya itu mampu mengurangi suara berisik yang berasal dari mesin. Teknologi ini mampu membuat suara mesin terasa halus.

"Mesinnya akan menghasilkan suara yang sedikit berisik jika frekuensi getaran 3.5kHz (kilohertz). Oleh karena itu, kita menciptakan getaran yang akan mencegah suara tersebut," ungkap Mori.

Menurut Mori, suara yang berisik itu dihasilkan dari piston dan kruk as ketika mengembang. Tapi, dengan teknologi ini tidak akan ada lagi suara berisik pada cx-3 diesel.

Suara bising itu tidak akan dirasakan lagi apalagi jika mobil berjalan dengan kecepatan 20-40 km/jam. Mori menambahkan, nantinya suara mesin akan terdengar lebih halus.


(ady/ady)

Tips Menjaga dan Merawat Power Steering

Tips Menjaga dan Merawat Power Steering Jakarta - Seiring teknologi yang berkembang pesat pada setiap kendaraan bermotor, khususnya mobil, power steering menjadi fitur yang wajib ada pada setiap mobil baru.

Pastinya hal tersebut menambah kenyamanan dalam berkendara. Jika dahulu seorang pengemudi harus sedikit menggunakan tenaganya untuk membelokkan mobil apalagi saat putaran balik, kini dengan adanya power steering pengemudi lebih mudah untuk membelokkan mobilnya.

Seperti komponen lainnya, power steering pun membutuhkan perawatan untuk menjaga kondisinya agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Banyak pengemudi yang belum memahami dalam merawat power steering.

Misalnya, dengan mengemudikan yang benar bisa memperpanjang umur. Jika dalam penggunaannya tidak sesuai dengan standardisasi yang berlaku akan menyebabkan kerusakan dan pastinya bisa memperpendek umur, gejala kerusakan yang tidak segera ditangani pun harus ditebus dengan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Berikut cara merawat dan menjaga power steering yang bisa Anda lakukan:

Ini Aturan-aturan Ketat di Pabrik Daihatsu

Ini Aturan-aturan Ketat di Pabrik DaihatsuDenpasar - Daihatsu sudah memproduksi jutaan mobil di Indonesia. Pabrikan Jepang itu menyerap tenaga kerja, mulai dari lulusan SMK sampai Universitas ternama. Di pabrik, ada beberapa aturan ketat yang harus ditaati pekerjanya.

"Di pabrik itu, dalam 1,3 menit sudah jadi mobil, jadi kalau (pekerja) lalai akan berhenti produksi," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di sela-sela test drive Daihatsu Terios di Denpasar, Bali, Sabtu (18/4/2015).

Jadi Daihatsu menerapkan disiplin yang ketat untuk karyawan untuk menjaga kelangsungan proses produksi. Terutama untuk lulusan SMK karena banyak yang tidak mengerti arti kedisiplinan saat bekerja.

"SMK yang pakai kurikulum Daihatsu, lulusannya siap pakai dan bisa kerja di Daihatsu. Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan ada program link and match jadi lulusan bisa dipakai Daihatsu. Di sana diajari bukan hanya kemampuan teknikal tapi juga soft skill, karena bnyk yang tidak mengerti. Dalam 1,3 menit sudah jd mobil kalau lalai akan berhenti produksi. Jadi agar mereka mengerti disiplin. Tidak boleh menelepon saat bekerja," ujarnya.

Di sisi lain, meski mengajari anak-anak SMK dengan bahan-bahan pengajaran dari Daihatsu, Daihatsu tidak 'ngambek' jika lulusan SMK itu bekerja di pabrik lain.

"Tidak apa-apa bekerja untuk kompetitor karena ini sumbangsih kami untuk negara. Salah satu pilar Corporate Social Responsibility Daihatsu adalah pilar pintar bersama Daihatsu. Bukan semata-mata untuk bisnis tetapi juga untuk kemajuan Indonesia, kemiskinan bisa diberantas dengan pendidikan dan fokus bantu SMK bidang otomotif, bersama-sama SMK kami memperbaiki kurikulum," ujarnya.


(ddn/ady)

Dengan atau Tanpa Esemka, Garansindo Tetap Buat Kendaraan Nasional

Dengan atau Tanpa Esemka, Garansindo Tetap Buat Kendaraan NasionalJakarta - Kerja sama antara PT Garansindo Inter Global dan Esemka belum menemukan titik terang. Garansindo menuturkan, kalau mereka gagal menggaet Esemka, mereka tetap akan memproduksi kendaraan nasional.

Hal itu dicetuskan CEO PT Garansindo Inter Global Muhammad Al Abdullah pada detikOto, Sabtu (18/4/2015).

"Dengan atau tanpa Esemka, Garansindo tetap bikin," ujarnya dengan nada pasti.

Garansindo sebelumnya mengeluhkan mereka susah untuk melakukan pertemuan dengan Esemka, padahal mereka sudah menyanggupi pengucuran dana Rp 100 miliar untuk Esemka yang tidak disanggupi pemerintah.

Keinginan membuat mobil atau motor nasional sangat kuat di manajemen Garansindo, apalagi dengan fakta penjualan otomotif baik motor dan mobil terus naik. Penjualan mobil mencapai 1 juta unit per tahun sedangkan motor mencapai 7-8 juta unit per tahun. Untuk urusan motor pun Indonesia menjadi pasar terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok, India.

"Alangkah aibnya kalau kita tidak punya motor nasional. Tiongkok punya berbagai merek, India punya TVS, Bajaj, Mahindra. Kita pasar nomor 3 dunia tapi enggak ada motor nasional, what a waste, ada apa ini. Jadi tetap harus bikin kendaraan dalam negeri," ujarnya menggebu-gebu.

Garansindo sudah menyiapkan berbagai opsi agar mereka bisa memproduksi kendaraan di Indonesia.

Untuk roda empat, mereka tertarik dengan Esemka, untuk roda dua, mereka melakukan transfer teknologi dengan produsen motor listrik Amerika, Zero Motorcycles untuk melahirkan motor listrik dengan harga terjangkau sekitar Rp 30-40 jutaan.


(ddn/ady)

Presiden Rusia Dikabarkan Bakal Konvoi Bareng Geng Motor ke Berlin

Presiden Rusia Dikabarkan Bakal Konvoi Bareng Geng Motor ke Berlin Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin selalu membuat kontroversi. Kali ini, Putin dikabarkan akan ikut touring dengan geng motor ternama asal Rusia, Night Wolves MC dari Rusia menuju ke Berlin, Jerman. Touring itu dilakukan untuk Peringatan kemenangan Perang Dunia II.

Dilansir laman Autoevolution, Sabtu (18/4/2015) meski kabar Putin ingin ikut touring masih abu-abu, tapi yang jelas geng motor Night Wolves tetap akan melakukan touring keliling Eropa.

Misi lainnya adalah touring itu juga dilakukan untuk memperingati kemenangan Rusia atas Nazi pada Perang Dunia II. Rencananya, geng motor itu akan melewati beberapa negara seperti Polandia, Republik Ceko, Slovakia, Jerman dan beberapa negara lainnya.

Perjalanan itu diperkirakan akan memakan waktu 2 minggu dan menempuh jarak sejauh 6.000 km. Tapi, menurut Polandia, Ceko dan Jerman, aksi itu sarat dengan kontroversi. Negara-negara tersebut akan membuat aksi agar geng motor itu tidak berhasil melewati negaranya.

Bahkan Jerman mengatakan semua itu tergantung dari pihak imigrasi. Yang jelas menurut pemberitaan oleh Guardian, Polandia tidak akan mengeluarkan izin kepada geng motor itu.


(ady/ady)

Gajah Tunggal Punya Target Penjualan Lebih Tinggi Tahun Ini

Gajah Tunggal Punya Target Penjualan Lebih Tinggi Tahun IniTangerang - Meski kondisi pasar otomotif tahun 2015 ini diprediksi stagnan, PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial tetap berani mematok taget tinggi. Dikatakan, target penjualan tahun ini meningkat 35 persen dari tahun sebelumnya.

"Target penjualan kami 35 persen lebih tinggi dari tahun lalu," ujar GM Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo di sela acara peluncuran ban GT Radial Savero SUV di Summarecon Digital Center (SDC), Tangerang.

Menurutnya, tahun lalu Gajah Tunggal berhasil menjual 290 ribu ban. Artinya, tahun 2015 pihaknya menargetkan angka penjualan 350 ribu sampai 360 ribu ban.

"Tahun ini berarti targetnya 350-360 ribuan," katanya.

Sementara itu, Ari juga mengatakan bahwa penjualan di kuartal pertama 2015 tidak naik dan tidak turun. Hal itu dihitung dari penjualan ban secara retail. Tapi, jika dilihat penjualan per toko, kata Ari, penjualan menurun sedikit, hampir 4 persen.

"Kuartal pertama secara retail bisa dibilang enggak naik enggak turun. Tapi kalau dilihat penjualan per toko itu turun. Itu karena penambahan outlet penjualan retail tetap. Tahun lalu ada 82 outlet. Sampai kuartal 1 tahun ini ada 103 outlet. Per toko turun hampir 4 persenan," jelasnya.

(rgr/ady)

Siap-siap, Bulan Juni Honda Mau Luncurkan 6 Moge

Siap-siap, Bulan Juni Honda Mau Luncurkan 6 MogeJakarta - Setelah mengenalkan enam motor gede baru secara terbatas kepada kalangan komunitas moge, Honda akan meluncurkannya secara bersamaan di Bali, Juni mendatang. Keenam moge itu adalah, Honda CBR1000SP, NM4 Vultus, CBR650F full fairing, CB650F naked, CB500X, dan CB500F.

"Tapi soal harga belum bisa kami informasikan. Karena harga akan ditentukan last minute," tutur salah satu sumber detikOto di Honda yang mengetahui rencana tersebut saat ditemui di sebuah kafe di Kemang, Jakarta, Jumat (17/4/2015) malam.

Pada malam itu Honda baru mempekenalkan 4 moge dari 6 moge yang akan diluncurkan Juni itu. Moge-moge itu diperkenlakn kepada kalangan komunitas pemilik dan penggemar moge secara terbatas. Mereka adalah, Honda CBR1000RR, NM4Vultus, CBR650F Full Fairing dan Honda CB650F naked.

"Yang dua lainnya baru diperkenalkan besok, di Jakarta Selatan," ucap sumber itu. Menurutnya, acara ini sekaligus menjadi ajang penjajakan pasar. "Ini menyusul pengenalan secara diam-diam yang dilakukan minggu lalu di Senayan City," kata dia.

Respon masyarakat, lanjut sumber itu, cukup baik. Hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan dan masukan yang diterima Honda seputar moge-moge yang akan diluncurkan itu. Hal itu diakui salah seoarang anggota komunitas moge, Davin. Dia menyebuta, langkah Honda ini cukup menarik.

"Karena model moge yang ditawarkan menggunakan besaran mesin yang beda dari brang lain, ada 500 cc, 650 cc, 750cc. Ini yang bikin penasaran," ujarnya saat ditemui di ajang perkenalan moge Honda di Kemang, Jakarta Selatan.


(arf/ady)

Honda Kembali Kenalkan 4 Moge Kepada Komunitas

Honda Kembali Kenalkan 4 Moge Kepada KomunitasJakarta - Setelah kepergok mengenalkan dua motor gede CBR1000RR dan NM4 Vultus ke kalangan komunitas moge di Senayan City, Jakarta, beberapa waktu lalu. Kini Honda kembali memperkenalkan 4 model moge mereka sekaligus langsung di depan komunitas motor besar yang ada di Indonesia.

Keempatnya adalah, Honda CBR1000RR, NM4Vultus, CBR650F Full Fairing dan Honda CB650F naked. Kegitan ini berlnsgung di sebuah kafe di Kemang Jakarta Selatan.

Anggota komunitas yang hadir terdiri dari komunitas Ducati, Triumph, Kawasaki, Suzuki GSX, dan beberapa lainnya.

"Kabarnya Honda akan meluncurkan enam model moge tahun ini, selain empat itu, katanya dua lainnya bermesin dengan kubikasi 450cc," ujar salah seorang anggota komunitas yang hadir kepada derikOto, di Kemang, Jumat (17/4/2015) malam ini.

Sementara, anggota komunitas lainnya, mengaku mendapat bocoran bahwa pengenalan ini merupakan tes pasar yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor.

"Kabarnya sih dalam waktu dekat ini, tapi yang mana duluan kita tunggu saja," ucapnya.

Seperti namanya, Honda CBR1000RR bermesin 1000cc, Honda NM4 Vultus mengusung mesin 750cc dan dua lainnya yakni CBR650F Full Fairing dan CB650F naked, masing-masing 650 cc.

"Kita belum bisa memberi keterangan apapun terkait peluncuran, apalagi harganya saat ini," ucap seorang konsultan moge dari Honda, saat ditanyai detikOto.



(arf/lth)

Modifikasi Range Rover dengan Sentuhan Brabus

Modifikasi Range Rover dengan Sentuhan Brabus Jakarta - Rupanya Range Rover asyik untuk dimodifikasi. Terbukti salah satu bengkel modifikasi Tartech berhasil mengubah Range Rover menjadi sebuah pikap paling mewah di dunia.


Keterangan Foto :
Modifikasi ini akan diperkenalkan di Shanghai Motor Show 2015.  Pool/ Dok. Autoexpress.

Terlalu Berisik Yamaha R1 Ini Berat untuk Dijual di Jepang?

Terlalu Berisik Yamaha R1 Ini Berat untuk Dijual di Jepang?Jakarta - Sama seperti Ducati yang sebelumnya mengalami kesulitan berkembang, karena terlalu banyak aturan sepeda motor di Jepang. Dipercaya Yamaha R1 model yang satu ini bakal mengalami hal yang sama.

Ducati sebelumnya sempat jatuh bangun untuk bisa memperkenalkan Ducati Panigale di Jepang. Karena suara yang berisik yang dihasilkan dari knalpot originalnya. Kini R1 pun harus berbenturan dengan peraturan tersebut, seperti dilansir visordown, Rabu (15/4/2015).

Model R1 dengan mengusung knalpot Akrapovic ini memang sebelumnya dipasarkan untuk Eropa dan Amerika. Dan kini model Yamaha R1 dan seri M, yang menggunakan knalpot Akrapovic ini akan dipasarkan di Jepang.

Sehingga sangat dipercaya Yamaha akan berbenturan dengan peraturan ambang bising di Jepang.

Namun sebagai catatan model ini memang tidak dijual melalui prinsipal Yamaha di Jepang. Motor ini didatangkan melalui mportir umum di Jepang. Sehingga bisa dipastikan model ini tidak akan ada di website resmi Yamaha di Jepang.


(lth/ddn)

Tahun Depan, GT Radial Punya Proving Ground Sendiri

Tahun Depan, GT Radial Punya Proving Ground SendiriTangerang, - PT Gajah Tunggal Tbk akan segera membuka trek pengujian ban sendiri. Jika pembangunan berjalan mulus, tahun 2016 Proving Ground GT Radial diperkirakan bakal dibuka.

GM Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo menjelaskan, Proving Ground itu akan dibangun di Karawang, Jawa Barat. Ia mengatakan, diperkirakan bulan Agustus 2016 Proving Ground tersebut akan dibuka.

"Bila tanahnya enggak bermasalah Agustus tahun depan (2016) dibuka. Di karawang kan tanahnya suka ambles," ujar Arijanto kepada para wartawan di sela acara peluncuran ban GT Radial Savero SUV di Summarecon Digital Center (SDC), Tangerang, Jumat (17/4/2015).

Trek lurus Proving Ground ini didesain dengan panjang sekitar 800 meter. Luasnya, kata Ari, sekitar 65 hektar.

Menurut Ari, rencananya ada 8 titik pengujian di Proving Ground ini. Kondisi jalan Indonesia dan negara tujuan ekspor GT Radial sudah diterapkan di sana.

"Proving ground rencananya ada 8 titik pengujian. Itu disesuaikan dengan kondisi bukan hanya di Indonesia, tapi juga kondisi Asia, Eropa. Karena kan kita ekspornya udah sampe Eropa, Amerika. Jadi standarnya sudah standar Eropa," terangnya.

Mulai dari trek basah hingga kering akan tersedia di proving ground GT Radial. Menariknya adalah pengujian ban GT Radial akan menyediakan trek offroad.

"Ada pengujian hydroplaning, pengujuian di trek basah, kering. Dan yang unik adalah ada offroad track di sana," katanya.

Sampai saat ini, PT Gajah Tunggal Tbk belum memiliki fasilitas pengujian ban sendiri. Tak heran, untuk menguji ban GT Radial Savero SUV, Gajah Tunggal memanfaatkan pelataran Summarecon Digital Center (SDC) di Tangerang.


(rgr/lth)

Keren, Pikap Range Rover Dapat Sentuhan Brabus

Keren, Pikap Range Rover Dapat Sentuhan BrabusJakarta - Kata siapa Range Rover tidak asyik untuk dimodifikasi? Memang berbagai fitur terbaik yang disediakan, membuat mobil Inggris ini rasanya tidak perlu dimodifikasi.

Nah kali ini dalam perhelatan Shanghai Motor Show 2015, rumah modifikasi Tartech coba memperkenalkan Range Rover pikap yang langsung mendapat sentuhan Brabus. Dilansir Autoexpress, Jumat (17/4/2015).

Hasilnya Startech menjamin, ini merupakan pikap paling eksklusif yang pernah diperlihatkan di dunia.

Tampilan berbeda sangat terlihat disetiap sudutnya, tidak hanya pelek lebar 23 inci. Bodi kit dan bumper mewah juga terlihat disetiap sudutnya.

Tidak sampai disitu, tampilan berbeda dari Range Rover Brabus ini memiliki 100 new Components Bodywork yang langsung dibuat dari alumunium dan karbon fiber.

Ngomong soal mesin pendorong, Range Rover modifikasi Startech dengan Brabus ini. Mengusung mesin V8 5.0 liter Supercharged standar, mesin yang mampu berlari setara 518 tenaga kuda. Serta hanya butuh 0-100 km/jam hanya dalam 5,3 detik dan bisa mencapai topspeed 155 mph.

Terakhir meski mobil ini diproduksi di Inggris, dikatakan part modifikasi ini tidak akan dijual di Inggris. Melainkan akan dijual di Timur tengah dan Tiongkok. Sayangnya tidak diketahui secara pasti berapa harga jual yang bakal diterapkan.



(lth/ddn)

Ini Keunggulan Ban GT Radial Savero SUV

Ini Keunggulan Ban GT Radial Savero SUVTangerang - Ban khusus mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dari Gajah Tunggal resmi diluncurkan. Ban dengan nama GT Radial Savero SUV ini diklaim paling unggul di kelasnya.

GM Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo mengatakan, salah satu fokus keunggulan dari ban ini adalah rolling resistance yang mampu memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

"Pertama yg difokuskan, savero suv rolling resistance yang rendah. Itu bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mobil," kata Arijanto kepada para wartawan di Summarecon Digital Center (SDC), Jumat (17/4/2015).

Ban ini memiliki fitur seperti tersedianya empat alur utama, sipes yang disusun secara geometris, rib melingkar dengan kombinasi sipes dan blok bagu kekar tapi lentur.

Empat alur utama menjadikan ban super cepat menepis air pada saat jalan basah serta mencegah efek hydroplaning.

Sipes yang disusun secara geometris memberikan kombinasi blok dengan sipes untuk meredam kebisingan ban di samping, meningkatkan performa dan daya traksi yang kuat di jalan basah.

Rib yang melingkar dengan kombinasi sipes membuar ban responsif saat pengereman di jalan basah maupun kering. Selain itu, ban ini juga menjadi lebih stabil dalam bermanuver dan pengendalian.

Sementara blok bahu kekar namun lentur memberikan efek stabil dalam bermanuver dan menikung. Keunggulan dari blok bahu nan kekar lainnya termasuk juga daya traksi yang lebih kuat, pengereman yang lebih baik dan pengendalian yang lebih presisi.


(rgr/lth)

Nissan X-Trail Hybrid Mulai Dijual di Amerika

Nissan X-Trail Hybrid Mulai Dijual di AmerikaCalifornia - Setelah diperkenalkan di Jepang, Nissan X-trail hybrid kabarnya akan ikut diperkenalkan Amerika. Apa yang berbeda dengan versi di Jepang ya?

Dilansir leftlanenews, Jumat (17/4/2015), Nissan X-Trail hybrid yang bakal disapa Rogue hybrid tidak akan berbeda dengan versi yang diperkenalkan Minggu lalu di Jepang.

Dengan mengusung mesin 2.0 liter direct-injection yang mampu menyemburkan 145 tenaga kuda dan torsi 153 lb-ft.

Kabar ini langsung disampaikan chief engineer Nissan, Nobusuke Toukura yang mengatakan tengah mempelajari untuk memperkenalkan X-Trail hybrid diluar Jepang salah satunya di Amerika

Sayang belum diketahui pasti berapa harga banderol yang bakal diberikan Nissan Rogue hybrid ini.


(lth/ady)

70 Persen Ban GT Radial Savero SUV Bakal Diekspor

70 Persen Ban GT Radial Savero SUV Bakal DieksporTangerang - PT Gajah Tunggal Tbk resmi menjual ban khusus mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Pabrikan ban asli Indonesia ini akan mengekspor 70 persen dari ban GT Radial Savero SUV ini.

GM Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo mengatakan, pihaknya menargetkan akan menjual 150 ribu per tahun. Jadi, 70 persen target itu, sekitar 105 ribu akan diekspor ke beberapa negara.

"Targetnya kita jual 150 ribu ban ekspor dan lokal. Mungkin 30 lokal, 70 persen ekspor," kata Arijanto kepada para wartawan di Summarecon Digital Center (SDC), Jumat (17/4/2015).

Ia melanjutkan, negara tujuan ekspor ban ini adalah Malaysia, Filipina, Thailand, Australi dan Srilanka. Gajah Tunggal juga akan menjajaki pasar Eropa dan Amerika. untuk pasar tujuan ekspor ban ini.

Arijanto pun menjelaskan mengapa pihaknya lebih banyak mengekspor ban ketimbang menjualnya di dalam negeri. Menurutnya, pasar ban pengganti di Indonesia sangat terbatas dengan banyaknya merek ban di Tanah Air.

"Kita punya kapasitas produksi besar sekitar hampir 16 juta ban setahun. Sementara pasar ban replacement (ban pengganti) di Indonesia kira-kira 12 juta ban. Di sini kan banyak brand. Pasar Indonesia sendiri sangat terbatas. Memang dari awal berdiri GT Radial lebih fokus ke ekspor," beber Arijanto.


(rgr/ady)

Nih Tampang Audi A6 e-Tron Khusus Tiongkok

Nih Tampang Audi A6 e-Tron Khusus TiongkokJakarta - Audi memastikan bakal memperkenalkan mobil ramah lingkungan pekan depan. Kali ini giliran A6 yang diubah menjadi e-tron.

Dilansir leftlanenews, Jumat (17/4/2015), mobil hijau Audi terbaru ini akan diperkenalkan di pergelaran akbar Shanghai Motor Show, dan memang diperuntukan khusus orang Tiongkok.

Dengan mengusung sistem hybrid yang mengusung mesin 2.0 liter Turbocharged TFSI, bersama motor single listrik yang menggerakan 8 percepatan. Mobil ini dikatakan bakal diproduksi di Tiongkok.

Audi A6 e-tron ini diklaim bakal mampu menyemburkan 245 tenaga kuda dan memiliki torsi hingga 369 lb-ft. Serta bisa mencapai topspeed 131 mph, dan bisa berlari 0-100 km/jam dalam 8,4 detik.

Ngomong soal emisi gas buang, mobil Jerman ini bisa berlari 107 mpg. Wow, angka yang fantastis bukan, angka ini diberikan sesuai dengan peraturan yang diterapkan di Tiongkok. Tenaga baterai 14.1 kWh milik Audi A6 e-Tron juga ikut diklaim mampuberlari hingga 31 mil.

Tampilan mewah juga bakal diberikan dengan pelek 18 inci dengan lampu depan belakang yang sudah LED.


(lth/ady)

Tantangan Castrol untuk Para Bikers

Tantangan Castrol untuk Para BikersJakarta - Komunitas bikers di Indonesia berkembang seiring meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sebanyak 7.825.449 unit sepeda motor terjual di tanah air sepanjang tahun 2014.

Banyaknya jumlah tersebut mendorong penggunanya untuk aktif dalam komunitas agar bisa saling berbagi informasi seputar sepeda motor.

Castrol sebagai produsen pelumas kendaraan bermotor yang tidak asing lagi di pasar Indonesia, kali ini kembali meluncurkan Castrol Power1 Legendary Bikers yang ditujukan untuk mempromosikan komunitas bikers dalam negeri. Castrol Power1 Legendary Bikers 2015 diluncurkan pada April 2015.

"Castrol Power1 Legendary Bikers adalah kompetisi yang ditujukan untuk komunitas bikers di Indonesia. Melalui acara ini, Castrol Power1 ingin mencari bikers berprestasi. Misalnya dalam pengalaman touring, aktifitas pengembangan komunitas, aktifitas balap, modifikasi, atau apapun yang menempatkan mereka pada posisi yang layak untuk menjadi Castrol Power1 Legendary Biker," beber Country Marketing Manager Castrol Indonesia, Deananda Sudijono dalam siaran pers, Jumat (17/4/2015).

Untuk mendukung jalannya kompetisi di tahun 2015, Castrol Power1 juga meluncurkan aplikasi mobile “Power Biking”. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang mendukung kegiatan bikers secara umum seperti touring, chat, tips, pemilihan oli dan membuat komunitas online melalui fitur club. Di dalam fitur ‘club’ tersebut pemakai dapat berinteraksi dengan anggota klub lainnya melaui fitur ‘chat’.

Dicky Saelan selaku Cluster Marketing Head Castrol untuk Vietnam, Indonesia dan Thailand turut mendukung diadakannya kembali acara Castrol Power1 Legendary Bikers dan sangat optimis bahwa aplikasi Castrol Power Biking dapat mendukung bikers Indonesia dalam perjalanan turing, “Indonesia menyimpan banyak keindahan alam namun memiliki rute yang sulit dijangkau. Melalui Castrol Power Biking Mobile Apps, bikers Indonesia dapat saling berbagi informasi dan pengalaman perjalanan touring dengan bikers lainnya. Aplikasi ‘Power Biking’ telah sukses diluncurkan lebih dulu di India, kami percaya aplikasi ini akan sangat membantu para bikers Indonesia yang mencintai touring,” ungkap Dicky.

Aplikasi Power Biking tersedia untuk handphone berbasis Android, Windows dan iOS sehingga lebih memudahkan bikers untuk mengikuti kompetisi Castrol Power1 Legendary Bikers 2015


(ady/ddn)

Daihatsu Ingin Seperti Penyu

Daihatsu Ingin Seperti Penyu Denpasar - Pabrikan Jepang, Daihatsu, tidak hanya fokus berjualan mobil di Indonesia, mereka juga fokus dalam pengembangan konservasi hewan penyu di berbagai daerah.

Saat menjajal Terios di Pulau Bali, PT Astra Daihatsu Motor mengajak para wartawan untuk melihat-lihat suasana konservasi di Pantai Perancak, Bali.

Daerah pantai di sini mengalami abrasi yang cukup hebat sehingga dikhawatirkan akan membuat penyu susah untuk kembali ke pantai dan menetas.

Karena itulah Daihatsu bekerja sama dengan Kelompok Pelestari
Penyu (KPP) Kurma Asih membangun tempat konservasi penyu di Pantai Perancak.

"Tidak ada niat untuk jualan, ini murni untuk pelestarian penyu, sayang kalau penyu punah nanti mirip dinosaurus, kita gak bisa lihat lagi," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di pantai Perancak, Bali, Jumat (17/4/2015).

Daihatsu saat ini memiliki empat lokasi konservasi penyu binaan yakni di Pantai Perancak, Batu Hiu (Pangandaran Jabae), Pangumbahan (Ujung Genteng) dan P ulau Pramuka (Kepulauan Seribu).

"Penyu itu memiliki ingatan yang kuat, setelah menetas dan ke laut, setelah keliling di lautan, dia akan kembali ke tempat penetasan setelah 25 tahun untuk bertelur, nah bagaimana penyu mau balik kalau tempatnya rusak," ujarnya
Halaman 1 2 »

(ddn/ady)

Mercy Pinjamkan 42 Unit E 400 AMG untuk Kendaraan Pemimpin Negara di KAA 2015

Mercy Pinjamkan 42 Unit E 400 AMG untuk Kendaraan Pemimpin Negara di KAA 2015Jakarta - Mercedes-Benz Indonesia meminjamkan 42 unit kendaraan Mercedes-Benz E 400 AMG yang akan digunakan untuk kendaraan para pemimpin negara di KAA ini. Ke-42 kendaraan ini merupakan kendaraan terbaru yang diproduksi di pabrik Mercy di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Mercedes-Benz Indonesia bangga dapat mewakili Indonesia dengan kendaraan-kendaraan berteknologi tinggi dari segi keamanan dan kenyamanan, pun diproduksi dan dirakit oleh tangan-tangan orang Indonesia yang kualitasnya tak diragukan lagi, setara dengan perakit kendaraan Mercedes-Benz di skala internasional.

"Mercedes-Benz telah sekian puluh tahun dipercaya sebagai kendaraan kenegaraan baik di dunia maupun di Indonesia karena fitur keamanannya dan ketangguhannya, dan kami ingin meneruskan tradisi tersebut. Merupakan kebanggaan terutama bagi karyawan kami di pabrik untuk dapat menghasilkan kendaraan yang digunakan untuk kepentingan negara," tutur Deputy Director Corporate Communication & External Affairs (CCEA) PT Mercedes-Benz Indonesia Elvera N. Makki kepada detikOto, Jumat (17/4/2015).

Vera melanjutkan, kendaraan yang dipinjamkan dalam kondisi baru tanpa biaya sewa namun asuransi kendaraan dan biaya operasional ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara.

"Setelah kegiatan ini, kami akan melakukan evaluasi terhadap setiap unit kendaraan tersebut dan dipasarkan sesuai kondisi paska event. Kami tidak dapat menyebutkan harganya sekarang karena semua tergantung dari kondisi saat kami menerima kendaraan itu kembali," ujarnya.

Lanjut Vera, pihaknya yakin kendaraan-kendaraan tersebut tetap memikat di pasar, terutama bagi customers yang memang mengincar kendaraan yang sebelumnya dipakai untuk tujuan kenegaraan.

"Selama ini mungkin mereka sering melihat di berbagai media bahwa kendaraan Mercedes-Benz banyak digunakan untuk tujuan kenegaraan. Dan ini terjadi dengan alasan yang jelas, yaitu fitur keselamatan yang mumpuni dan ketangguhannya," bebernya.


(ady/ddn)

GT Radial Luncurkan Ban untuk Mobil SUV

GT Radial Luncurkan Ban untuk Mobil SUVTangerang - PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban terintegrasi dan terbesar di Asia Tenggara kembali menciptakan inovasi terbaru. GT Radial resmi meluncurkan ban untuk mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan nama GT Radial Savero SUV.

GM Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo menjelaskan, peluncuran ban SUV ini dilakukan karena melihat perkembangan penjualan SUV yang berkembang pesat di Indonesia. Dari 2010 hingga 2014, segmen SUV meningkat 61 persen dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Kita lihat bahwa SUV kan terus bkembang. Sekarang juga ada CUV (Compact Utility Vehicle) dan itu segmen yang berkembang paling luar biasa. Data Gaikindo, 4 tahun dari 2010 sampai 2014, SUV ini meningkat 61 persen dibanding MPV yang berkembang hanya sekitar 38 persenan," ucap Arijanto kepada para wartawan di Summarecon Digital Center (SDC), Jumat (17/4/2015).

Dikatakan, dengan mengadopsi teknologi kompon dan desain terkini, performa GT Radial Savero SUV lebih andal melakukan manuver di kondisi jalan basah. Ban yang memiliki empat alur utama pada pola tapak bannya dapat menepis air dengan sangat cepat serta mencegah efek hydroplaning saat melewati jalan basah.

Desain sipes disusun secara geometris membentuk kombinasi blok yang dapat meredam kebisingan ban yang mengacu ke standar Eropa (EU labelling). Kombinasi sipes yang melingkari rib membuat pengereman sangat responsif di jalan basah dan kering.

Tapak ban telah dirancang dengan mesin khusus yang menghasilkan Rolling Resistance terendah sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Blok pada bahu ban dirancang dengan kuat dan lentur yang dapat menghasilkan daya traksi lebih kuat dan optimal sehingga pengendalian lebih presisi.


(rgr/ady)

Begini Cara Kerja Fitur Anti Kejepit Kaca Jendela Terios

Begini Cara Kerja Fitur Anti Kejepit Kaca Jendela TeriosDenpasar - Daihatsu menambahkan setidaknya 3 fitur keamanan baru pada mobil SUV (Sport Utility Vehicle) medium Terios. 3 fitur keamanan baru itu adalah side impact beam, immobilizer dan window jam protection.

Dari ketiga fitur itu, yang paling menarik buat detikOto adalah window jam protection, fitur yang membuat tangan jadi tidak kejepit saat menutup kaca jendela. Jadi bagaimana? Betulkah tidak bikin kejepit?

Daihatsu memasang sensor di pintu agar kaca otomatis terhenti ketika ada yang menghalangi.

Saat pintu ditutup, ternyata memang si kaca langsung berhenti ketika ada tangan yang menghalangi. Namun posisinya ketika kaca sudah hampir tutup, atau sekitar 10 cm, baru kaca berhenti menutup.

Jadi ketika tangan kita berada di tengah-tengah jendela mobil, kaca tetap naik, sampai kira-kira 10 cm tadi kalau ada obyek yang menghalangi jendela seperti tangan atau botol minuman yang detikOto coba pakai, maka kaca akan otomatis berhenti.

Sayang, fitur unik ini hanya tersedia di pintu pengemudi, Daihatsu memang menyiapkan fitur ini untuk melindungi/mengurangi risiko pengemudi agar tidak terjepit kaca pintu mobil.


(ddn/ady)

Ban GT Radial SUV Dibanderol Mulai Rp 830 Ribu

Ban GT Radial SUV Dibanderol Mulai Rp 830 RibuTangerang - PT Gajah Tunggal Tbk resmi meluncurkan ban untuk mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Ban yang mengusung nama GT Radial Savero SUV ini ditawarkan dengan ukuran Rim 15, 16, 17, 18 dan 20.

Memang, GT Radial Savero SUV tidak ditawarkan dengan Rim 19. Sebab dikatakan, SUV yang menggunakan Rim 19 sangat jarang di Indonesia.

"Rim 19 jarang. Ada cuma Mazda CX-5. Dan yang konsumen pun jarang yang meminta Rim 19," ucap Managet Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notohardjo di Summarecon Digital Center (SDC), Jumat (17/4/2015).

Arijanto mengatakan, Savero SUV paling murah dibanderol Rp 830.000. Sedangkan ban termahalnya dengan ukuran yang lebih besar dibanderol Rp 1.890.000.

"Range harganya ban Rim 15 205/70 itu Rp 830.000. Paling mahal ban Rim 20 285/50 Rp 1.890.000. Itu price list, belum termasuk diskon," katanya.

Menurutnya, ban ini cocok untuk SUV small dan SUV medium. Jadi, pengguna Small SUV seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, Honda H-RV, Nissan Juke dan Ford Ecosport bisa menggunakan ban ini dengan disesuaikan ukurannya. Medium SUV seperti Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, Mitsubishi Pajero, Chevrolet Captiva, dan Honda CR-V juga bisa dipasang ban ini.


(rgr/lth)

Penghapusan Premium Diperkirakan Bikin Konsumen Kaget Sesaat

Penghapusan Premium Diperkirakan Bikin Konsumen Kaget SesaatJakarta - Rencana pemerintah untuk menghapus premium dan diganti dengan BBM baru beroktan lebih tinggi mulai Mei mendatang dinilai kalangan agen pemegang merek (APM) mobil bakal berdampak terhadap penjualan. Namun, hal itu tidak akan berlangsung lama karena konsumen hanya akan mengalami shock sesaat.

“Saya sendiri, dan mungkin teman-teman APM lain anggota Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) masih mempelajari ini. Tetapi kalau pengalaman-pengalaman sebelumnya, kenaikan harga BBM, itu hanya berdampak sesaat,” papar Head Group of Mitsubishi Motors Sales PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Imam Choiru Cahya, saat dihubungi detikOto, Jumat (17/4/2015).

Menurut Imam, ada beberapa alasan mengapa masyarakat calon pembeli mobil cepat melakukan adaptasi terhadap kondisi kenaikan harga BBM. Pertama, karena selama ini mereka sudah beberapa kali mengalami kondisi tersebut. Kedua, rencana pembelian mobil umumnya telah direncanakan dan diniatkan sejak lama, sehingga tidak akan serta-merta diurungkan saja, hanya karena harga BBM lebih mahal.

“Jadi kalau pun ada shock sesaat itu karena, masyarakat kaget dengan situasi baru, sebab harga BBM telah berubah. Setelah itu yang tidak mau harus dijalani, apalagi mereka sudah lama merencanakan. Itu kalau dari pengalaman yang kami alami sebelumnya,” papar Imam.

Proses adaptasi hingga normal kembali, kata Iman, biasanya antara dua hingga tiga bulan. Pada saat itu, konsumen mobil sudah bisa kembali menata anggaran kebutuhan rumah tangga, terutama biaya operasional transportasi dan kebutuhan lainnya.

“Tapi kalau seberapa besar dampaknya(penghapusan premium dan diganti BBM baru) terhadap penjualan, kami belum bisa menghitungnya. Karena kami baru mempelajari," imbuh Imam.


(arf/ady)

Daihatsu Hilangkan Lembur di Pabrik

Daihatsu Hilangkan Lembur di PabrikDenpasar - Gara-gara daya beli yang melemah, pasar mobil mengalami penurunan sampai 15 persen. Bagaimana dengan produksi mobil, apa ikut melambat?

Daihatsu mengklaim produksi mereka masih normal, tapi Daihatsu sudah menghilangkan lembur bagi karyawan di pabriknya.

"Produksi masih 2 shift, gak ada lembur, produksi msh berjalan dan kita berharap kondisi Indonesia tidak lebih buruk dari sekarang," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra kepada wartawan di Menjangan Resort, Jalan Raya Gilimanuk, Singaraja, Buleleng, Bali, Kamis (16/4/2015) malam.

Dia menyebutkan biasanya pabrik Daihatsu memproduksi mobil melebihi kapasitasnya.

Kapasitas terpasang produksi mobil per tahun mencapai 460.000, namun tahun lalu produksi mencapai 515.000 unit.

"Kelebihannya digenjot dengan lembur," ujarnya.


(ddn/ady)