Monday, October 26, 2015

Nissan Perkenalkan Konsep Mobil Otonom Leaf Piloted Drive 1.0

Nissan Perkenalkan Konsep Mobil Otonom Leaf Piloted Drive 1.0Tokyo - Nissan telah memperkenalkan konsep baru yang disebut Leaf Piloted Drive 1.0. Mobil berteknologi otonom ini menyoroti kemajuan teknologi self-driving yang dibuat oleh teknisi Nissan.

Seperti dilansir Leftlanenews, Selasa (27/10/2015), Nissan Leaf Piloted Drive 1.0 merupakan tindakan lebih lanjut dari konsep semi otomom Leaf yang dipamerkan pada 2013 lalu. Kali ini, Nissan mengadopsi teknologi otonom penuh pada konsep ini.

Konsep Piloted Drive 1.0 terbaru ini memanfaatkan lima radar, 12 kamera, empat pemindai laser dan sejumlah sensor ultrasonik yang membantu mobil ini memindai gambar digital di sekelilingnya.

Semua perlengkapan itu memungkinkan konsep ini bisa mengubah jalur di tengah lalu lintas padat, masuk ke jalan bebas hambatan dan menyalip mobil lain tanpa tidnakan dari pengemudinya.

Jika dilihat dari bagian luar, Piloted Drive 1.0 tampak seperti Nissan Leaf standar. Sayang, Nissan masih belum mau membocorkan spesifikasi teknis. Namun, kemungkinan Piloted Drive 1.0 ini menggunakan motor listrik bertenaga 107 daya kuda yang ada pada Nissan Leaf.

Konsep ini sedang diuji di Advanced Technology Center yang dioperasikan Nissan di pinggiran kota Tokyo, Jepang. Diperkirakan, Nissan akan menguji konsep ini di jalanan umum setelah sudah setingan sudah cocok.

Nissan memprediksi akan meluncurkan teknologi semi otonom dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pabrikan asal Jepang itu mengharapkan bakal menjual mobil otonom sepenuhnya pada tahun 2020.


(rgr/lth)

Calon Presiden AS Donald Trump, Desak Ford Buat Pabrik baru

Calon Presiden AS Donald Trump, Desak Ford Buat Pabrik baruNew York - Calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump tak berhenti menuai sensasi. Berulang kali ia mencoba "mempermalukan" Ford yang berencana akan membangun pabrik di luar negeri Paman Sam itu.

Ford menggelontorkan investasi sebesar US$ 2.5 miliar untuk membangun pabrik di Meksiko demi memproduksi transmisi dan mesin. Alasan produsen mobil asal Amerika Serikat itu mendirikan pabrik disana, karena ongkos produksi dan biaya tenaga kerja yang murah.

Donald Trump yang mencalonkan diri sebagai presiden dari partai Republik tersebut terus mendesak pihak Ford, agar memindahkan pabrik dari Meksiko ke Amerika Serikat. Namun banyak pihak yang menilai tindakan dari bos The Trump Organization tersebut hanyalah pencitraan agar mendapat simpati dan pujian.

Trump pun langsung bereaksi lewat cuitan Twitter. "Saya dengan konsisten mendesak agar Ford membatalkan rencana mereka untuk mendirikan pabrik di Meksiko dan tetap di Amerika Serikat," cuit Donal Trump di Twitter lewat akun @realDonaldTrump.

"Apakah saya akan mendapat pujian karena meminta Ford untuk tetap bertahan di Amerika. Siapa yang peduli, pendukung saya tahu kebenarannya. Pikirkan apa yang bisa dilakukan sebagai presiden," lanjutnya seperti dilansir Fortune pada Selasa (27/10/2015).

Konglomerat yang juga populer lewat reality show The Apprentice itu yakin jika ia terus "mempermalukan" dengan mendesak Ford berulang kali, maka akan mengubah rencana mereka untuk mendirikan pabrik di Meksiko.

Namun usaha Trump nampaknya tak membuahkan hasil. Ford bakal tetap melanjutkan proyek untuk mendirikan pabrik yang berlokasi di Chihuahua dan Guanajuato, Meksiko.


(lth/ddn)

Ini Spesifikasi Baleno Hatchback di India

Ini Spesifikasi Baleno Hatchback di India New Delhi - Maruti Suzuki India resmi meluncurkan Suzuki Baleno berbentuk hatchback. Baleno ini merupakan hasil produksi massal dari konsep iK-2 yang sudah dipamerkan di beberapa gelaran otomotif di dunia.

Seperti diwartakan Indianautosblog, Selasa (27/10/2015), Baleno ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni mesin bensin dan mesin diesel. Mesin bensin berkaasitas 1.200cc sementara mesin diesel 1.300cc.

Di India, Baleno hatchback dijual dengan harga mulai dari Rp 104 jutaan. Dengan harga tersebut, hatchback ini bisa bersaing dengan Honda Jazz dan hatchback lainnya.

Berikut detikOto sajikan spesifikasi dan fitur Baleno seperti diberitakan Indianautosblog.

Asap Putih pada Knalpot Mobil, Berbahayakah?

Asap Putih pada Knalpot Mobil, Berbahayakah?Jakarta - Asap yang keluar dari knalpot mobil berwarna putih, Anda mungkin pernah melihatnya di dalam perjalanan. Atau bahkan Anda mengalaminya? Berbahayakah?

Dilansir dari salah satu website resmi pabrikan mobil yang ada di Indonesia, asap putih yang keluar dari knalpot ternyata pertanda jika mobil tersebut mengalami masalah pada mobil. Jika dibiarkan, hal ini dapat menjalar pada kerusakan-kerusakan lain pada mobil. Maka dari itu, tentu kewaspadaan wajib ditingkatkan jika mobil Anda berasap putih.

Ketika mobil Anda mengeluarkan asap putih namun tidak terlalu banyak, Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini terjadi akibat hasil penumpukan kondensasi yang biasanya normal terjadi di sistem pembuangan. Lalu, apakah ada asap putih yang harus Anda diwaspadai?

Anda harus waspada jika banyak asap putih yang keluar dari knalpot, hal ini biasanya dikarenakan pembakaran pada mesin pendingin. Hal ini dapat memunculkan masalah baru seperti kerusakan pada head cylinder dan keretakan pada cylinder block.

Biasanya bagian pendingin yang bocor adalah penyebab utama knalpot mengeluarkan asap putih. Oleh sebab itu, Anda harus rutin mengecek sistem pendingin. Dengan rajin mengecek, Anda dapat meminimalisir risiko overheating dan kerusakan-kerusakan yang lebih besar pada mesin.

Penyebab lainnya keluar asap putih bisa pula disebabkan dari PCV Valve yang mengalami kerusakan atau patah. PCV Calve yang mengalami kerusakan dapat membuat oli tersedot dari ruang mesin. Oli ini kemudian terbakar di ruang pembakaran.

Selain itu, asap putih bisa juga terjadi karena seal klep yang bocor. Anda dapat mengenali kerusakan ini jika asap putih dari knalpot muncul ketika mesin kendaraan belum panas dan pada saat mobil sedang melaju. Pastikan Anda mengecek seal klep dan memeriksa takaran oli untuk mengetahui ada atau tidaknya oli yang terbuang berlebihan.

Pada dasarnya asap putih atau asap hitam ini merupakan gejala awal kerusakan mesin. Untuk mencegah permasalahan ini dan mencegah kerusakan lebih lanjut, pastikan Anda selalu merawat mesin secara berkala, serta gunakan suku cadang asli demi menghindari kerusakan mesin.


(rgr/ddn)

Diselimuti Asap, Teruci Chapter Palembang Tetap Rayakan Hari Jadi

Diselimuti Asap, Teruci Chapter Palembang Tetap Rayakan Hari JadiPalembang - Komunitas Daihatsu Terios dan Toyota Rusch Club Indonesia (TeRuCI) kota Palembang, Sumatera Selatan. Tetap antusias merayakan hari jadi mereka yang menginjak usia 3 tahun, ditengah kabut asap yang menyelimuti kota yang khas dengan empek-empek tersebut.

Sebanyak 60 anggota hadir beserta keluarga dengan membawa 35 kendaraan anggota, memadati Amanzi Water Park, Citra Grand City, Palembang untuk merayakan hari jadi komunitas TeRuCI yang berdiri sejak 29 September 2012. Dalam perjalanannya hingga tahun ketiga, tercatat sudah 85 orang bergabung dalam komunitas ini.

Kegiatan yang biasanya berlangsung setiap 29 September tersebut tahun ini harus molor pelaksanaannya hingga 18 Oktober 2015. Panitia mengungkapkan alasan molornya jadwal perayaan hari jadi tahun ini karena kesibukkan masing-masing anggota.

Berbagai acara telah disusun oleh panitia perayaan hari jadi TeRuCI Chapter Palembang (TCP) mulai dari menikmati water party, pemotongan kue ulang tahun dan tumpeng, serta pembagian doorprize dari pihak sponsor.

Kegiatan yang mengusung tema Auto Water Fun Party Family Gathering ditutup dengan arisan oleh para anggota yang menambah kemeriahan perayaan hari jadi klub mobil Daihatsu dan Toyota tersebut.


(lth/ddn)

Toyota Ambil Alih Mahkota Raja Dunia dari VW

Toyota Ambil Alih Mahkota Raja Dunia dari VWTokyo - Titel raja mobil terbesar yang selama ini digenggam VW pelan-pelan terlepas dari genggaman. Krisis emisi di Amerika dan beberapa negara membuat VW tidak berhasil mempertahankan posisi puncak.

Mengutip data-data dari Toyota Motor Corp, total penjualan mobil Toyota di seluruh dunia pada akhir bulan September mencapai 7,49 juta. Angka itu sudah termasuk penjualan dari divisi komersial seperti Hino dan anak perusahaan Daihatsu.

Sementara VW dalam siaran persnya beberapa waktu lalu menyebutk kalau mereka sdah menjual 7,43 juta unit selama bulan September. Memang perbedaan keduanya masih tipis. Skandal emisi menempatkan VW dalam krisis terbesar dalam 78 tahun terakhir.

Dari catatan detikOto, Toyota sudah mengasapi VW sejak bulan Juli lalu, namun semenjak krisis emisi merebak, VW belum sepenuhnya pulih.

Namun meski mengalahkan VW, penjualan Toyota selama bulan September masih mengalami penurunan sampai 1,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Produksi Daihatsu pun mengalami penurunan di Indonesia.


(ddn/lth)

Mobil James Bond Ini Hanya Dijual 1 Unit Saja di Dunia

Mobil James Bond Ini Hanya Dijual 1 Unit Saja di DuniaLondon - Ingin memiliki Aston Martin DB10 anyar yang digunakan James Bond di film Spectre? Kini bukan lagi hanya impian. Tapi hanya satu orang yang beruntung di dunia ini yang dapat memiliki mobil sport mewah tersebut.

Aston Martin DB10 secara khusus dibuat memang hanya untuk keperluan syuting film terbaru James Bond, Spectre. Sebanyak 10 unit mobil diproduksi Aston Martin untuk film yang akan tayang perdana di Amerika Serikat pada 6 November mendatang. Produsen mobil asal Inggris tersebut memang tidak menjual kepada publik Aston Martin DB10 yang digunakan oleh aktor Daniel Craig pada film agen rahasia Inggris itu.

Namun jika pada seri-seri sebelumnya mobil James Bond tidak pernah dimunculkan kepada khalayak publik, beda halnya dengan seri Spectre kali ini. Produsen mobil yang telah bekerja sama dalam film James Bond selama 50 tahun itu akan melelang satu unit DB10.

"Ini pertama kalinya kami membuat mobil yang dipesan langsung untuk Bond," ujar David Adams, juru bicara Aston Martin seperti dilansir CNN pada Selasa (27/10/2015).

Namun bagi yang beruntung mendapatkan mobil eksklusif ini nantinya tidak dapat dikendarai di jalan karena tidak memiliki sertifikasi jalan kemudi. Mobil ini hanya dapat dikoleksi maupun menjadi ajang pamer pada kerabat.


(lth/ddn)

Suzuki Baleno Hatchback Menyebar ke 100 Negara, Indonesia?

Suzuki Baleno Hatchback Menyebar ke 100 Negara, Indonesia?New Delhi - Maruti Suzuki India resmi meluncurkan Suzuki Baleno versi hatchback. Kabarnya, mobil itu akan diekspor ke 100 negara dari India.

Seperti dilaporkan Indianautosblog, Selasa (27/10/2015), pada peluncurannya, Maruti Suzuki telah mengonfirmasi bahwa Baleno akan diproduksi di India secara eksklusif. Dari India, Baleno akan menyebar ke 100 negara.

Salah satu negara yang disebut adalah Jepang. Selain Jepang, Suzuki akan menjualnya di Eropa.

"Baleno adalah model global yang nyata untuk memuaskan pelanggan kami tidak hanya di India, tapi juga di pasar global. Saya senang bahwa model ini akan diekspor ke Jepang dari India, membuka lembaran baru dalam sejarah panjang Maruti Suzuki," kata Direktur dan CEO Maruti Suzuki, Kenichi Ayukawa.

Untuk pasar Eropa, Suzuki Baleno akan menggunakan mesin Boosterjet 1.0 liter dan Dualjet 1.2 liter dengan sistem SHVS mild hybrid. Penjualan Baleno di Eropa akan dimulai pada musim semi 2016.

Sebelumnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memamerkan konsep IK-2 yang merupakan versi konsep dari Baleno hatchback. Akankah SIS menjual Baleno hatchback ini di Indonesia setelah peluncurannya di India?


(rgr/lth)

Indonesia, 'Lumbung Padi' Keempat Terbesar Toyota di Dunia

Indonesia, Nagoya - Dengan pangsa pasar melebihi 30 persen, produsen mobil Toyota, menguasai pasar mobil Indonesia. Toyota Indonesia pun berada di urutan keempat penjualan Toyota global setelah Toyota Amerika, Jepang dan China.

Hal tersebut disampaikan Presdir PT Toyota-Astra Motor yang juga Managing Officer Toyota Motor Corporation Hiroyuki Fukui saat menyambut kedatangan wartawan dari Indonesia di Nagoya, Jepang, Senin (26/10/2015) malam.

“Kami akan tumbuh dan berkomitmen dengan investasi di Indonesia,” ujarnya.

Fukui menambahkan, hampir 90 persen mobil merek Toyota yang beredar di jalanan Indonesia merupakan mobil yang diproduksi di Indonesia. Indonesia pun merupakan salah satu pabrik Toyota terbesar selain Thailand dan India. “Jadi Indonesia sangat penting,” ujarnya.

Bukan hanya untuk pasar domestik, Toyota juga sudah mengirim mobil buatan Indonesia ke luar negeri sebanyak 160.000 unit. Angka ini berarti 80 persen dari seluruh angka ekspor mobil Indonesia.

“Kita mengekspor kendaraan ke berbagai negara seperti Timur Tengah, Amerika Latin,” ujarnya.


(ddn/rgr)

Kurangi Masa Inden, Hyundai Tambah Produksi Creta dan Elite i20

Kurangi Masa Inden, Hyundai Tambah Produksi Creta dan Elite i20Chennai - Hyundai India berniat untuk meningkatkan produksi dua model terlarisnya yaitu Hyundai Creta dan Elite i20. Penambahan jumlah produksi kedua model itu dimulai pada Desember tahun ini.

Seperti dilansir Indianautosblog dari Hindu BusinessLine, Selasa (27/10/2015), pernyataan itu disampaikan oleh Managing Director and Chief Executive Officer Hyundai Motor India, Bo Shin Seo.

Menurutnya, saat ini Hyundai memproduksi mobil itu di fasilitas manufaktur di Chennai, India. Creta dan Elite i20 masing-masing diproduksi sebanyak 7.000 unit per bulan.

Mulai Desember nanti, kedua model itu akan ditambah jumlah produksinya untuk mengurangi masa inden. Masing-masing model akan diproduksi sebanyak 9.000-10.000 unit per bulan.

Ketika Creta diluncurkan pada Juli 2015 lalu, Hyundai India telah membuat sekitar 5.000 unit SUV kompak setiap bulan. Karena permintaan melonjak, produksi Creta ditingkatkan menjadi sekitar 7.500 saat ini.

Sejak diluncurkan Hyundai sudah menerima lebih dari 54.000 unit Hyundai Creta.

Selain untuk pasar domestik, Hyundai India juga akan mengekspor Creta ke pasar lain seperti Nepal dan Vietnam. Kabarnya, ekspor juga akan diekspansi ke Timur Tengah dan Aljazair mulai 2016.


(rgr/ddn)

Berapa Harga Baleno Hatchback Jika Dijual di Indonesia?

Berapa Harga Baleno Hatchback Jika Dijual di Indonesia?Jakarta - Maruti Suzuki di India resmi memperkenalkan Baleno hatchback yang dibanderol mulai Rp 104 juta. Kira-kira berapa harga yang ditawarkan di Indonesia?

"Harga yang ditawarkan Suzuki Baleno hatchback di India mulai Rp 104 juta, memang menarik," kata Deputy 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J. Tuilan kepada detikOto melalui sambungan telepon.

Sayangnya, dirinya belum bisa membocorkan berapa harga yang akan ditawarkan di Indonesia.

"Harga di sana memang tidak bisa menjadi perbandingan langsung, dengan harga yang akan di tawarkan di Indonesia. Karena sistem perpajakannya berbeda," katanya.

"Nanti kalau sudah ada titik terang, kami pasti akan mengundang rekan-rekan media sekalian. Tahun ini kami juga belum selesai, kami akan memperkenalkan Ciaz," tambahnya.

Berikut daftar harga jual Suzuki Baleno hatchback di India.

Maruti Baleno Bensin:

> Maruti Baleno Sigma - INR 499.000 (Rp 104,8 juta)
> Maruti Baleno Delta - INR 571.000 (Rp 120 juta)
> Maruti Baleno Zeta - INR 631.000 (Rp 132 juta)
> Maruti Baleno Alpha - INR 701.000 (Rp 147,3 juta)
> Maruti Baleno Delta CVT - INR 676.000 (Rp (Rp 142 juta)

Maruti Baleno Diesel:

> Maruti Baleno Sigma - INR 616.000 (Rp 129,4 juta)
> Maruti Baleno Delta - INR 681.000 (Rp 143,1 juta)
> Maruti Baleno Zeta - INR 741.000 (Rp 155,7 juta)
> Maruti Baleno Alpha - INR 811.000 (Rp 170,4 juta).


(lth/rgr)

Ini Rahasia China Bisa Bangun Jalan Layang dengan Cepat

Ini Rahasia China Bisa Bangun Jalan Layang dengan CepatBeijing - Kalau di Indonesia membangun jalang layang bisa membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Berbeda dengan di China, di sana untuk bisa membangun sebuah jalan layang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Hal ini bukan isapan jempol semata, semuanya bisa dibuktikan. Prosesnya bisa dilihat dalam video yang dilansir Youtube, Senin (26/10/2015).

Video berdurasi 4 menit 52 detik itu menjadi bukti betapa China siap sekali melakukan pembangunan besar-besaran. Bayangkan saja China mampu membuat jalur dari beton (seperti jalan layang-Red) beberapa ratus meter dalam kurun waktu kurang dari sehari saja.

Pada awal pembangunan, China terlebih dahulu menyediakan pondasi-pondasi sebagai pegangannya. Saat pondasi telah siap, dengan menggunakan mesin yang mampu mengangkat hingga 580 ton jalanan beton tersebut hanya tinggal dipasang layaknya mainan bongkar pasang.

Penasaran bagaimana China membangun infrastruktur mereka? Simak video berikut ini.