Thursday, November 26, 2015

Kenikmatan Honda NSX Bisa Dirasakan dari Suaranya

Kenikmatan Honda NSX Bisa Dirasakan dari Suaranya Utsunomiya - Honda memberikan kesempatan kepada awak media untuk menjajal all new NSX. Sesi test drive ini diadakan di fasilitas pengujian Honda di Tochigi, Jepang. Dalam sesi ini, kami bisa menguji performa dan kenyamanan mengendarai mobil ini.

Terkait Skandal Uji Emisi, Korea Minta VW Tarik 125.522 Mobil

Terkait Skandal Uji Emisi, Korea Minta VW Tarik 125.522 MobilSejong - Setelah kabar terkuaknya praktik manipulasi uji emisi kendaraan bermesin diesel yang dilakukan Volkswagen (VW) meruyak, pemerintah Korea Selatan melakukan serangkaian uji terhadap mobil-mobil diesel VW. Hasil, pemerintah negeri itu minta agar VW menarik 125.522 mobil disel di negeri itu.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (26/11/2015), Korea Selatan tak hanya melakukan uji emisi terhadap mobil diesel VW model terbaru saja, tetapi juga model lama. Hasilnya, ternyata praktik manipulasi tingkat emisi juga ditemukan di mobil diesel keluaran tahun lama.

Sebelumnya, pada September lalu, VW mengakui telah memanipulasi uji emisi dengan menambahkan perangkat lunak pada mesin diesel di lebih dari 11 juta kendaraan. Mobil-mobil itu telah beredar di seluruh dunia.

Beberapa negara sudah memastikan untuk menarik kendaraan VW yang terlibat masalah emisi. Sebelumnya diberitakan, salah satunya adalah VW Australia yang menarik semua mobil yang memiliki perangkat lunak yang menipu uji emisi. Dikatakan, hampir 100.000 unit mobil VW di Australia terkena dampak penarikan ini.


(arf/rgr)

Begini Cara Porsche Puaskan Pecinta Mobil Klasik Buatannya

Begini Cara Porsche Puaskan Pecinta Mobil Klasik BuatannyaAmsterdam - Porsche tak ingin melupakan sejarah perkembangan mobil sport di masa lalu. Untuk itu, membuka Pusat Mobil Klasik Porsche pertama di dunia yang didirikan di Belanda.

Seperti dilansir Worldcarfans, Jumat (27/11/2015), Porsche Classic Center Gelderland akan fokus secara eksklusif pada penjualan dan pelayanan model klasik. Namun tak hanya di Belanda, Porsche juga berencana membuka sejumlah Classic Center di beberapa negara seperti Australia, Belgia, Kanada dan Amerika Serikat.

Karena lebih dari 70 persen model Porsche masih berkeliaran saat ini, perusahaan asal Jerman itu juga akan memperluas jaringan Porsche Classic Partners sehingga mencakup sekitar 100 lokasi pada 2018.

Lokasi-lokasi itu akan menjadi diler Porsche dengan dukungan tambahan dan training untuk melayani mobil sport klasik. Jaringan itu akan memberikan perbaikan dan pemeliharaan hingga overhaul pada model klasik.

Melalui layanan itu, pelanggan juga akan ditawarkan dengan sekitar 52.000 suku cadang asli.

Untuk membedakan dari dealer tradisional, Porsche Clasic Partners memiliki daerah yang terpisah untuk mobil klasik. Bagian ini memiliki kendaraan klasik dan part yang dipamerkan serta staf berpengetahuan yang dapat membantu menjawab pertanyaan pelanggan.

Saat ini, Porsche sudah membuka 24 Porsche Classic Partners. Mayoritas berada di Jerman.


(rgr/arf)

Ketahui Penyebab Ban Jadi Benjol

Ketahui Penyebab Ban Jadi BenjolJakarta - Pemilik kendaraan terkadang merasakan getaran ketika berkendara, terutama para pemilik mobil yang merasakan kondisi ini. Salah satu penyebabnya, mungkin terjadi pada ban mobil Anda terdapat benjol-benjol.

Kondisi tersebut tentu mengganggu kenyamanan berkendara, dan bisa saja menjadi sesuatu yang berisiko buruk.

Penyebab ban benjol-benjol bermacam-macam, seperti pengisian angin dengan tekanan berlebihan. Bisa juga karena ban deformasi bentuk karena kurang tekanan dan mengalami beban berlebihan.

Penyebab lainnya adalah karena terkena batu tajam atau karena Toe In/Toe Out, sehingga ban perlu penyetelan (spooring).

Bisa juga karena ban mobil terkena paku atau sekrup, tetapi tidak dapat menembus ban, sehingga mencuat melebihi permukaan telapak ban, ketika ban berputar menimbulkan suara bising atau getaran.

Untuk mengetahui kondisi ban benjol tersebut, Anda bisa berkendara di jalan lurus dengan aspal yang halus. Hal ini biasanya akan muncul getaran berulang, jika semakin cepat melaju, maka getaran akan semakin sering.

Jika penyebab dari ban yang tiba-tiba bergetar atau berisik, bisa saja karena ban mobil menginjak tanah liat, sehingga menempel di ban, namun biasanya pada saat kering akan terlepas dengan sendirinya.

Cara mengetahui ban benjol

Langkah pertama adalah mendongkrak mobil sampai ban terangkat sekitar 0,5 cm. Kemudian ganjal ban pada persilangan ban yang akan diperiksa, lalu lepas rem tangan agar ban bisa berputar (roda belakang).

Putar roda, perhatikan apakah pada ketinggian 0,5 cm dari tanah ini ada bagian yang tersangkut di tanah yang menandakan bagian tersebut adalah bagian yang benjol.

Selanjutnya, jika memang ada ban yang lebih baik bisa diganti ban yang benjol tersebut, cek juga tekanan anginnya.

Sebaiknya isi tekanan angin dengan tekanan standar yang bisa Anda pelajari dari buku manual agar mobil tenang atau tidak bergetar ketika berjalan.


(ddn/ddn)

Hadapi Mercy CLA, BMW Siapkan Seri 2 Gran Coupe

Hadapi Mercy CLA, BMW Siapkan Seri 2 Gran CoupeMunich - Tidak ingin kalah sanging dari Mercedes-Benz CLA, BMW berencana akan melahirkan seri 2 Gran Coupe terbaru.

Dilansir Leftlanenews, Kamis (26/11/2015), memang belum bisa dipastikan BMW Seri 2 Gran Coupe akan benar-benar diperkenalkan atau tidak. Namun isu ini kian santer terdengar, mengingat Mercy CLA masih melenggang sendirian.

Diprediksi, model ini hanya akan memiliki 2 pintu saja. Namun akan tetap menawarkan bagasi yang luas berkat platform yang digunakannya.

Tidak sampai di situ, jika benar seri 2 ini diperkenalkan, model ini disinyalir bakal mengusung penggerak roda belakang. Sama seperti yang akan diselipkan pada model seri 3 dan 5.

Bicara soal mesin, BMW disinyalir akan mengusung mesin 3.0 liter straight-six. Karena mesin ini disinyalir bakal bisa menyaingi Mercedes-AMG CLA45.

Diperkirakan, model ini akan diperkenalkan pada 2019.


(lth/rgr)

Rayakan Gelar Juara F1, Mercy Hadirkan A45 Edisi Khusus

Rayakan Gelar Juara F1, Mercy Hadirkan A45 Edisi KhususStuttgart - Mercedes-Benz memastikan kejayaannya di ajang balap Formula 1. Pebalap Mercy, Lewis Hamilton menyabet gelar juara F1 2015 dan Mercy juga menjadi juara konstruktor. Untuk merayakannya, pabrikan asal Jerman itu menghadirkan Mercy A45 edisi khusus.

Seperti dilansir Worldcarfans, Kamis (26/11/2015), model ini mendapatkan aksen hijau dan hitam ang sama seperti mobil F1. Mercy A45 edisi khusus juga memiliki splitter depan yang lebih besar, dan spoiler belakang.

Konsumen bisa memesan mobil ini dengan pilihan warna polar silver metallic, designo mountain grey magno, atau mountain grey metallic. Model ini dilengkapi dengan pelek titanium cross-spoke 19 inci.

Sebagai standar, Mercedes-AMG A45 PETRONAS 2015 World Champion Edition dilengkapi dengan paket eksklusif AMG, AMG DYNAMIC Plus Package, jok electrically adjustable AMG Performance berlapis kulit dan Night Package. Setir, dashboard, armrest dan ventilasi AC dilapisi DINAMICA microfiber dengan jahitan petrol green.

Sementara di balik kapnya tidak berubah. Artinyam mobil ini masih menggunakan mesin bensin 2.0 liter 4 silinder yang mampu menyemburkan tenaga 381 PS dan torsi 475 Nm. Tenaga itu disalurkan ke sistem penggerak semua roda 4MATIC melalui transmisi dual clutch tujuh percepatan.

Mercedes-AMG A45 PETRONAS 2015 World Champion Edition akan ditampilkan di F1 Gran Prix Abu Dhabi di Yas Marina. Model ini akan dijual mulai Mei 2016 dengan harga mulai 65.402 euro.


(rgr/arf)

Audi Bantu Pengungsi Jerman untuk Bersekolah dan Gampang Cari Kerja

Audi Bantu Pengungsi Jerman untuk Bersekolah dan Gampang Cari KerjaIngolstadt - Audi membantu pengungsi untuk mendapatkan kualifikasi sekolah Jerman dan lolos ke pelatihan kejuruan. Sekitar 20 migran berusia 18 sampai 25 tahun berkesempatan mendapatkan pelajaran selama 24 minggu yang dimulai Januari 2016 mendatang.

Pabrikan asal Jerman ini memberikan dukungan keuangan untuk kegiatan belajar-mengajar dari dana bantuan langsung untuk pengungsi. Sejak September, karyawan Audi telah memulai proyek pendukung.

"Audi membantu untuk mengintegrasikan pengungsi ke dalam pasar tenaga kerja dan ke dalam masyarakat. Kami melihat ini sebagai investasi di masa depan untuk perusahaan kami," kata Ketua Dewan Manajemen Audi AG, Rupert Stadler dalam siaran persnya, Kamis (26/11/2015).

Peserta berusia 18-25 tahun mungkin akan diizinkan untuk tinggal di Jerman, tapi lokasi sekolah yang sesuai bagi mereka masih kurang. Hal itu menyulitkan para migran untuk mendapatkan kualifikasi yang dibutuhkan melalui sistem sekolah reguler.

Itulah sebabnya Audi memainkan peran utama dalam pembiayaan kegiatan belajar-mengajar selama 24 minggu untuk para pengungsi muda. Proses belajar-mengajar ini akan diadakan selama lima hari dalam seminggu dan delapan jam per hari.

Audi juga bekerja sama dengan kota Ingolstadt yang memiliki tanggung jawab keseluruhan dari proyek ini. Siswa yang mengikuti kegiatan ini dipilih oleh Adult Education College dan Department for Social Welfare.

"Proyek ini menunjukkan bahwa bersama dengan (pemerintah) kota, Audi mengasumsikan tanggung jawab bagi mereka yang menjadi perhatian masyarakat di sini. Mendapatkan keterampilan bahasa dan pendidikan adalah dua elemen utama dari keberhasilan integrasi," kata Walikota Ingolstadt Christian Losel.

Audi mendukung program ini dengan mengumpulkan dana yang dimulai pada September lalu. Saat itu, Audi menyetujui jumlah total 1 juta euro untuk pembuatan lokasi sekolah.

Karyawan juga boleh terlibat dalam kegiatan ini. Di wilayah sekitar Ingolstadt misalnya, karyawan Audi mendukung berbagai kursus bahasa.

Pegawai Audi pun menyediakan bantuan di sekitar kantor Audi di Gyor, Hungaria. Palang Merah lokal di sana telah menerima kendaraan ambulans yang dilengkapi dengan kamp pengungsi yang dibuat cocok untum musim dingin dengan bantuan sumbangan Audi.


(rgr/ddn)

Ini Kelebihan Suspensi Sachs Milik ZF di Indonesia

Ini Kelebihan Suspensi Sachs Milik ZF di IndonesiaJakarta - ZF Friedrichshafen AG menawarkan suspensi terbaru Sachs untuk mobil-mobil di Indonesia. Tapi kira-kira apa saja kelebihan yang ditawarkan suspensi ini ya?

"Beda suspensi yang kami tawarkan disini ialah untuk pengendara yang ingin merasakan kenyamanan lebih dari suspensi pabrikan. Jadi bisa dikatakan untuk konsumen yang ingin naik level dari pabrikan," ujar General Manager ZF Asia Pasific Pte. Ltd. Indonesia Representative Office, Cakra Wiyata, di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Sebagai catatan di Indonesia, suspensi Sachs tersedia untuk berbagai kendaraan populer di Indonesia. Seperti untuk model MPV, Toyota Avanza, Toyota Innova, Nissan Grand Livina, Honda Freed, Suzuki APV.

Model Hatchback seperti Honda Jazz, Suzuki Swift, Toyota Yaris, Daihatsu Sirion, serta Nissan March juga bisa diganti suspensinya dengan suspensi Sachs.

Tidak lupa untuk kelas SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Honda CR-V, Nissan X-Trail. Untuk kelas Sedan, suspensi Sachs juga menyediakan untuk mobil sedan yakni, Honda City, Honda Civic, Honda Accord, Toyota Altis, Toyota Camry, Nissan Teana. Dan untuk model double cabin, seperti Toyota Hilux, Isuzu D-Max, Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Ford Ranger, dan Mazda BT-50 juga ikut disediakan.

"Passenger car di Indonesia masih akan terus tumbuh. Diperkirakan pertumbuhan akan double di tahun 2020 mendatang. Oleh sebab itu kami akan melahirkan dan mencari produk yang lebih baik," ujarnya.


(lth/ddn)

EMMA Asia Final 2015, Indonesia Target Juara Umum

EMMA Asia Final 2015, Indonesia Target Juara UmumTangerang Selatan - Kompetisi audio mobil bertaraf internasional, EMMA Asia Final 2015 Stage Indonesia digelar selama dua hari, 25-26 November 2015. Peserta Indonesia bakal berjuang untuk merebut gelar juara EMMA Asia yang bakal berlangsung di Thailand pada Minggu (26/11/2015).

Untuk wilayah Asia, EMMA Asia Final 2015 berlangsung di 5 negara yaitu Cina, Jepang, Filipina, Indonesia, dan Thailand. Para peserta bakal bertanding untuk meraih gelar juara modifikasi audio mobil.

Sebanyak 11 juri bakal menilai peserta dari beberapa kategori yang dilombakan. Sugeng Adhi Taslim, selaku ketua EMMA Indonesia Community (EIC) yang menggelar kompetisi mengatakan bahwa para juri berasal dari Eropa dan Asia.

Juri berasal dari Swedia, Jerman, Norwegia, Yunani, Filipina, Singapura, dan Thailand. Dengan juri-juri profesional, diharapkan dapat memilih peserta terbaik yang akan diumumkan di Thailand.

"EIC tahun ini dipercaya untuk penyelenggaraan EMMA Final Stage Indonesia. Untuk juri dari 2 benua yaitu Asia dan Eropa dengan pembagian dua juri yaitu juri suara dan instalasi," ujar Sugeng Adhi, Kamis (26/11/2015).

"Tekad kita Indonesia jadi juara EMMA Asia 2015, final hari minggu di Bangkok. Target kita jadi juara umum," sambungnya.

Kelas yang dipertandingkan dalam EMMA Asia Final Stage Indonesia tahun ini antara lain SQ (Sound Quality- kualitas suara), SQL (Sound Quality Level- kualitas dan kekencangan suara), SPL (Sound Pressure Level-kekencangan suara).

Hari pertama kompetisi diikuti 42 unit mobil yang telah dimodifikasi sistem audionya. Semua hasil kompetisi akan dibawa ke Thailand untuk diumumkan pada 29 November 2015 yang merupakan rangkaian terakhir EMMA Asia Final 2015.

Sedangkan untuk kompetisi yang berlangsung pada hari ini, diikuti 54 mobil dalam ajang Pure Sound. Kelas Pure Sound akan dinilai oleh 4 juri Eropa dan 4 juri Asia dan ditujukan untuk kompetisi lokal antar peserta Indonesia.

Kompetisi modifikasi audio mobil ini diharapkan tak hanya sekadar ajang perlombaan. Kehadiran kompetisi EMMA di wilayah Asia, sekaligus memperkenalkan kualitas modifikasi audio mobil di Asia tak kalah dibanding Eropa.

Perwakilan Asia dari EMMA, Somkiat Pookayaporn berharap kompetisi dapat membantu pabrikan audio mobil di Asia.

"EMMA Asia sudah ada sejak 2010 karena saya mau orang Eropa melihat kami orang Asia. Orang Eropa bisa lihat kualitas audio kami. EMMA Asia bisa membantu pabrikan audio mobil untuk ekspor ke seluruh dunia," ujar Somkiat.

Perhelatan bakal berakhir di Thailand pada Minggu (29/11/2015) sekaligus pengumuman jawara EMMA Asia tahun ini.


(ddn/ddn)

Lagi, Toyota Tarik 1,6 Juta Mobil Terkait Airbag Takata

Lagi, Toyota Tarik 1,6 Juta Mobil Terkait Airbag TakataTokyo - Toyota Motor Corporation kembali akan melakukan penarikan sukarela (recall) sebanyak 1,6 juta mobil buatannya terkait dengan airbag Takata bermasalah yang digunakan mobil-mobil tersebut. 

Kendaraan yang ditarik itu terdiri dari 22 model yang dibuat pada 2004 dan 2008.

Seperti dilaporkan Auto Guide, Kamis (26/11/2015), mobil yang akan ditarik itu berada di Jepang, Italia, Inggris, dan Spanyol. Sedangkan diantara model yang ditarik terdapat Corolla dan Toyota Yaris.

Beberapa waktu lalu, Toyota telah menyatakan menarik 15 juta mobil terkait airbag Takata yang cacat produksi itu. Inflator airbag tersebut berpotensi mengembang secara tiba-tiba dan berlebihan, sehingga meledak.

Akibat ledakan keras, komponen di peranti itu pecah dan serpihannya berhamburan keluar. Serpihan itulah yang telah melukai sejumlah pengguna mobil dan delapan diantaranya tewas.

Sebelumnya, Toyota telah dikenai denda senilai US$ 70 juta atau sekitar Rp 959 miliar karena masalah ini. Nilai tersebut disebut bisa dinaikkan menjadi US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,74 triliun, jika Toyota tak mematuhi perjanjian lima tahunan soal ketentuan pelaporan mobil yang ditengarai bermasalah.

Lantaran penarikan besar-besaran yang harus dilakukannya karena airbag Takata bermasalah, Toyota, Ford, Honda dan Nissan menghentikan kontrak pasokan dengan Takata Corporation. Mereka ogah menggunakan lagi airbag dari pabrikan itu.


(arf/ddn)

ZF Masih Produksi Transmisi Mobil Jadul Eropa

ZF Masih Produksi Transmisi Mobil Jadul EropaJakarta - Di Indonesia banyak sekali pecinta mobil jadul Eropa, mobil ini biasanya dipilih bagi mereka yang menginginkan mobil bekas dengan harga murah namun memiliki fitur yang banyak.

Namun kalau biasanya pengguna mobil jadul Eropa kerap kesulitan mencari transmisi jika ada permasalahan. Kini hal itu bukan permasalahan utama lagi.

Karena salah satu produsen sparepart asal Jerman ZF Friedrichshafen AG, menjanjikan transmisi mobil Eropa jadul masih akan diproduksi.

"Walaupun mobilnya sudah tidak diproduksi, kami masih memproduksi transmisi untuk mobil jadul. Karena biasanya kan kita masih produksi beberapa tahun ke belakang," ucap General Manager ZF Asia Pasific Pte. Ltd. Indonesia Representative Office, Cakra Wiyata, di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

"Bahkan kami masih memproduksi transmisi mobil jadul untuk VW Kodok (Beetle), Volvo, Fiat," tambahnya.

Namun, dirinya akui. Meski dirinya masih bisa memproduksi transmisi untuk mobil jadul kelahiran Eropa. Permintaannya terbilang sedikit.

"Produknya ada, tapi harganya itu terbilang mahal. Karena seperti diketahui bersama, meski untuk mobil lama. Kan produksinya saat ini, menggunakan material saat ini, dan harganya yang ditawarkan ya harga saat ini," tambahnya.


(lth/ddn)

Motor Paling Cantik

Motor Paling Cantik Jakarta - Ducati XDiavel terpilih sebagai motor tercantik tahun ini di pameran EICMA, l'Esposizione Mondiale del Motociclismo, Milan, Italia. Motor ini memang dari sisi tampilan membuat banyak pengunjung yang terpana.

Keterangan Foto :
Ini dia tampang motor teranyar Ducati, XDiavel. Pool/Ducati/detikFoto.

Transformasi Kijang Innova

Transformasi Kijang Innova Jakarta - Hadirnya All New Kijang Innova menjadi tanda bahwa si legendaris Toyota Kijang masih dicintai. Mau tahu transformasi Toyota Kijang selama 38 tahun ini? Yuk kita simak ulasannya.


Keterangan Foto :
Toyota Kijang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 9 Juni 1977 yang hadir dalam bentuk pikap. Mobil yang dijuluki Toyota Kijang Buaya ini dijual dengan harga Rp 1.300.000. Poo/Niken Purnamasari/detikFoto.

Bologna, Negeri Motor dan Mobil Italia

Bologna, Negeri Motor dan Mobil ItaliaBologna - Selain dikenal sebagai negeri sepakbola, Italia juga dikenal sebagai kiblatnya dunia otomotif. Siapa yang tidak dikenal Ferrari, Lamborghini, Maserati atau Ducati?

Ya merek-merek itu berada di kota, Bologna dan sekitarnya. Bologna sendiri adalah sebuah kota yang dipenuhi dengan desain arsitektur klasik. Jalanan di kota utamanya relatif sempit, tanpa aspal tetapi dari batu-batuan kotak berukuran besar.

Tetapi kalau anda seorang pejalan kaki pasti akan menikmati berjalan-jalan di Bologna. Bangunannya saling terkoneksi dan memiliki arcades (atap) sehingga kalau kehujanan kita tidak akan terlalu basah. Jadi tak salah jika Bologna disebut juga city of arcades.



Salah satu arcades di kota Bologna.

“Bologna itu tanahnya motor dan mobil,” tutur Ilaria, seorang warga Italia. Ilaria menemani detikOto dan beberapa media lainnya mengikuti tur di fasilitas pabrik dan museum Ducati di kota yang terkenal dengan spaghetti-nya itu.

Dia menyebutkan di Bologna dan sekitarnya ada Ducati, Maserati, Lamborghini, Ferrari (di Maranello, tidak jauh dari Bologna) dan sejumlah perusahaan kecil di sekitar Bologna dan Modena yang namanya saja sulit diingat detikOto.

Contoh lain dari perusahaan otomotif itu adalah De Tomaso yang memiliki mobil sedan Pantera.

Kenapa semua merek besar itu bisa ada di satu wilayah sekaligus? Pasquale Mesto dari Archivisio Storico Motociclisto Stalentino punya jawabannya.

“Di Bologna ada sebuah sekolah mekanik, semua pendiri-pendiri perusahaan besar itu belajar di sana,” ujar pria berumur 57 tahun ini.

Sekolah mekanik yang dimaksudnya adalah Istituto Aldini Valeriani. Sebuah institut yang didirikan oleh Lugi Valeriani dan Giovanni Aldini pada 1844.




(ddn/ddn)