Wednesday, November 11, 2015

BMW Siapkan Gelontorkan Generasi Ketiga Crossover X3

BMW Siapkan Gelontorkan Generasi Ketiga Crossover X3Munich - BMW tengah mempersiapkan generasi ketiga dari crossover kompak BMW X3 yang akan diluncurkan 2016 mendatang. Serangkaian uji coba pun terus digeber untuk memastikan kesiapan mobil sebelum digelontorkan ke pasar.

Laman Autoevolution, Kamis (12/11/2015) melaporkan, BMW saat ini membentuk kembali identitas bagi crossover itu. Langkah itu terlihat dari penggunaan platform baru, yakni platform CLAR yang digunakan oleh crossover itu.

Platform anyar itu merupakan pengembangan dari platform lama, CFRP. Sementara gaya arsitektur mobil itu menggunakan arsitektur model yang berpenggerak dua dan empat roda. Soalnya, generasi anyar BMW X3 ini juga bakal ditawarkan dengan varian berpenggerak dua dan empat roda.

Namun, untuk tipe XDrive diperkirakan masih mengusung gaya dan penggerak empat roda seperti yang digunakan oleh generasi pertama. Meski begitu sejumlah ubahan tetap terjadi di tipe ini.

Ubahan di bagian interior mulai terlihat pada fitur teknologi informasi, hiburan, dan sederet fitur lain yang juga memiliki kemiripan dengan perangkat di BMW Seri 7 generasi anyar. Tambahan fitur itu tak hanya untuk meningkatkan kesan mewah saja, tetapi juga kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna mobil.

Sedangkan untuk mesin, BMW bakal menambahkan varian anyar yakni mesin 1.500 cc tiga silinder. Mesin baru itu baik bensin maupun diesel.

Adapun untuk tipe paling tinggi, disebut-sebut bakal memiliki kinerja setara dengan model M40iM. Performa seperti ini juga dbisa ditemukan pada BMW X4 yang baru-baru ini diperkenalkan.

Tapi yang paling menarik dari serangkaian tipe yang bakal disajikan BMW di jajaran X3 terbaru, adalah versi plug-in hybrid. Model yang masih menggunakan nama kode G01 itu menggunakan sumber tenaga dari mesin bensin dengan motor listrik.

Sementara itu, dalam proses pengujian , generasi anyar X3 tersebut ditutup rapat kamuflase. Walhasil, lekukan dan ubaha-ubahan yang ada di bagian depan maupun belakang tak terlihat dengan jelas.




(arf/arf)

Ini Nama Motor Pertama Hasil Kolaborasi BMW-TVS

Ini Nama Motor Pertama Hasil Kolaborasi BMW-TVS Jakarta - BMW dan TVS sudah lama diperbincangkan sedang berkolaborasi mengembangkan motor baru. Kini, BMW menjawab semua rumor mengenai motor 300cc yang hasil kolaborasi bersama TVS dengan memperkenalkan G310R.

Laman Bikewale, Kamis (12/11/2015), melaporkan, G310R adalah motor pertama dari BMW yang menggunakan mesin berkapasitas kecil, 300cc. G310R telah dirancang dan dikembangkan oleh BMW di Jerman. Namun, motor ini akan menjadi motor pertama BMW yang akan diproduksi di pabrik TVS di Tamil Nadu, India.

Dari segi desain, motor naked ini terlihat memadukan desain BMW R1200R dan S1000R. BMW mengatakan, meski G310R adalah motor baru, motor tersebut diharapkan memiliki beberapa hubungan dengan model yang sudah ada. Fasia depan ternspirasi dari R1200R sementara bagian sampingnya mirip S1000R.

BMW G310R ditenagai oleh mesin silinder tunggal terbaru berpendingin cairan dengan kapasitas 313 cc dengan double overhead camshafts dan sistem injeksi bahan bakar. Diklaim, mesin itu mampu memproduksi tenaga hingga 34 bhp pada 9.500 rpm dengan torsi 28 Nm pada 7.500 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi enam percepatan.

Motor ini telah dilengkapi dengan ABS dua channel sebagai standara dan garpu depan upside-down. Soal pengereman, BMW telah menyematkan piringan tunggal berukuran 300 mm dengan kaliper radial empat piston di depan dan piringan 240 mm kaliper dua piston di belakang.

Bobotnya hanya 158 kg yang diklaim terbaik di kelasnya. Motor ini mendapatkan ban depan berukuran 110/70 R17 dan ban belakang 150/60 R17.

Diperkirakan, TVS juga akan menjual motor ini dengan badge sendiri mulai tahun depan.


(rgr/arf)

Mobil Sport Kia Cadenza Versi Terbaru Mulai Dijual 2016

Mobil Sport Kia Cadenza Versi Terbaru Mulai Dijual 2016Seoul - Kia Motor Corporation telah merilis gambar teaser pertama dari generasi terbaru mobil sport buatannya, Kia Cadenza. Kabarnya, sedan sport itu mulai dijual pada 2016 mendatang.

Laman Workdcarfans, Kamis (12/11/2015) melaporkan, sejumlah ubahan dilakukan Kia untuk memoles mobil sport tersebut. Mulai dari tampilan grill yang kini berbentuk hidung harimau, lampu utama yang berbentuk lebih pipih dengan sudut yang lebih tajam, bumper lebih menonjol, serta lampu kabut model sport.

Ubahan untuk menguatkan kesan mobil sport juga dilakukan di bagian belakang. Knalpot ganda, spoiler model baru, serta lampu belakang yang lebih ramping adalah buktinya.

Sementara bagian interior, disebut kental dengan kesan mewah dan modern. Penggunaan bahan berkualitas tinggi, fitur hiburan dan penunjang kenyamanan terkini, menguatkan kesan modern.

Setidaknya, hal itu terlihat pada lembaran kulit pelapis jok, trim aksen kayu, serta lapisan kulit di konsol tengah dan pintu. Bahkan pengemudi juga akan menemukan tuas pintu yang dilapisi krom, serta peranti hiburan keluaran terbaru.

Ruang kabin juga diklaim lebih lapang ketimbang generasi sebelumnya. Hal itu tentu memberi kenyaman bagi penumpang.

Hanya, Kia masih enggan membeberkan spesifikasi mobil ini. Namun yang pasti, mobil ini mengusung mesin V6 berkapasitas 3.300 cc bertenaga 293 bhp dan torsi 345 Nm.

Sementara kabar lain menyebut, Kia juga bakal menawarkan versi entry level dari mobil itu. Varian ini dibekali mesin 2.000 cc empat silinder turbocharger enpat silinder.


(arf/lth)

Tahun Depan, MINI Mulai Jual Clubman 4WD Hybrid

Tahun Depan, MINI Mulai Jual Clubman 4WD Hybrid Jakarta - Pabrikan aasal Inggris, MINI, mengkonfirmasi kabar tentang kehadiran varian hybrid baru pada 2016 mendatang. Kabarnya, model yang bakal menggunakan sumber tenaga paduan antara mesin konvensional dan motor listrik itu adalah, MINI Clubman All Wheel Drive (ALL4).

Sumber di MINI yang dikutip Leftlanews, Kamis (12/11/2015) mengatakan, All Wheel Drive Clubman hybrid itu mulai diproduksi Maret 2016. Setelah itu, mobil ini langsung dijajakan ke pasar sejumlah negara.

Sumber yang tak mau disebut jatidirinya itu menambahkan, varian John Cooper Works Clubman akan menjadi tipe standar dari keluarga Clubman hybrid tersebut. Hanya, sumber itu tak bersedia merinci jadwal penjualan tersebut berikut harga mobil tersebut.

Namun, sejatinya, rencana besar MINI ini sudah tercium sejak dua tahun lalu. Sehingga sangat mungkin, jika MINI benar-benar akan memperkenalkannya tahun depan. Bahkan, informasi lain menyebut, bisa saja MINI hybrid anyar itu diperkenalkan di Los Angeles Auto Show akhir bulan ini, atau di Geneva Motor Show, Maret 2016.


(lth/arf)

Tahun 2020, BMW Bertekad Bisa Jual 200 Ribu Motor

Tahun 2020, BMW Bertekad Bisa Jual 200 Ribu MotorMunich - BMW tak hanya serius menggarap segmen kendaraan roda empat. Pabrikan asal Jerman itu juga ingin merebut hati pecinta roda dua.

Diberitakan Reuters, Kamis (12/11/2015), BMW berencana untuk meningkatkan penjualan sepeda motor tahunan. Pada tahun 2020 nanti, target BMW adalah bisa menjual 200.000 unit sepeda motor per tahun.

Untuk bisa mencapai target itu, BMW berfokus pada pasar di Asia dan Amerika Serikat. Beberapa strategi pertumbuhan BMW adalah dengan menambah 400 lokasi diler dan jaringan pada tahun 2020.

Sepanjang tahun 2015 ini, BMW telah menjual 120.000 sepeda motor dan 123.000 unit motor sepanjang 2014. Pada 2014 lalu, BMW mendapatkan penghasilan 1,7 miliar euro dari menjual sepeda motor.

"Saya yakin kami akan melihat rekor tahunan untuk bisnis sepeda motor pada 2015," kata anggota dewan BMW, Peter Schwarzenbauer.


(rgr/lth)

Baby Toyota 86 Adopsi Mesin 1.2 Liter Turbo?

Baby Toyota 86 Adopsi Mesin 1.2 Liter Turbo?Tokyo - Setelah diperlihatkan di Tokyo Motor Show 2015, dan disinyalir bakal menggendong mesin 1.500 cc. Kabar terbaru mengatakan Toyota lebih berniat, melahirkan mobil konsep ini dengan mesin 1.200 cc turbo.

Seperti dikutip leftlanenews, Kamis (12/11/2015), dikatakan model S-FR akan segera masuk jalur produksi, dengan menggendong mesin turbocharged 1.2 liter empat silinder, sama seperti Corolla di Eropa dan Jepang.

Hasilnya mesin ini dikatakan akan memiliki 113 tenaga kuda di 5.200 rpm, dan torsi mencapai 136 lb-ft di 1.500 rpm dengan ber-oktan tinggi.

Pada Tokyo Motor Show 2015 lalu, dikatakan jika melihat ukuran dan bodi mobilnya, terlihat jelas kalau mobil disiapkan sebagai adik dari Toyota 86 atau Baby 86. Namun Toyota menyebutkan tampilan S-FR mengingatkan pada Toyota Sport 800 yang memiliki fanbase kuat.

Mobil terlihat sporty namun memiliki gaya-gaya yang mungil. Misalnya lampu bulat yang mengingatkan kita pada lampu mobil-mobil MINI, grille berukuran besar dengan pelek alloy yang tak kalah keren.

Toyota memang sengaja memperkenalkan S-FR ini sebagai kendaraan yang akan mengembalikan fun to drive dengan karakter mesin depan, penggerak belakang (FR), body ringan untuk performa dan efisiensi bahan bakar, serta penggunaan transmisi manual 6-percepatan.


(lth/ddn)

Honda BR-V Beredar di Jalanan Paling Lambat Januari

Honda BR-V Beredar di Jalanan Paling Lambat JanuariTangerang Selatan - Bagi Anda yang telah memesan crossover Honda BR-V, bersiap-siaplah pada Januari - Februari tahun depan, kenapa?

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy membeberkan kalau Honda BR-V bakal sampai ke tangan konsumen pada Februari 2016. Jadi saat itu mobil bisa diajak keliling bareng keluarga.

Dia menuturkan mobil berkapasitas 1.500 cc tersebut telah dipesan sebanyak 3.500 unit di Indonesia.

"Honda BR-V pemesanannya sudah 3.500 unit sampai sekarang. Kami harapkan Januari atau paling lambat Februari sudah dikirim karena produksi sudah dilakukan bulan Januari," ujar Jonfis.

Galeri Foto: Honda BR-V

Honda BR-V telah diperkenalkan di Indonesia sejak akhir Agustus lalu. Diharapkan mobil dengan kapasitas 7 penumpang itu bisa memenuhi kebutuhan konsumen pada segmen harga yang tidak terlalu tinggi.

"Masuknya Honda Mobilio kemudian Honda BR-V di harga Rp 200 sampai Rp 265 juta dengan 7 seater bisa memenuhi kebutuhan konsumen di segmen itu. Harga terlalu tinggi kita tidak tahu bisa jalan atau tidak," pungkas Jonfis.


(ddn/ddn)

Ini Dia Motor Sport Bertenaga Listrik dari BMW

Ini Dia Motor Sport Bertenaga Listrik dari BMWMunich - BMW telah memperkenalkan motor listrik terbarunya dengan tampilan motor sport. Motor bertenaga listrik ini menggunakan sasis dari BMW S1000RR.

Dilansir dari situs resmi BMW, motor listrik ini mengusung nama eRR. Motor ini dibuat dengan menyatukan performa BMW S1000RR dan akselerasi awal yang baik seperti skuter listrik BMW C evolution.

"BMW S1000RR menetapkan standar pada akselerasi, top speed dan handling sebuah motor sport. Namun, jika percepatan pada meter pertama, hingga 50-60 km/jam, itu adalah poinnya, RR bertenaga 199 daya kuda ini harus mengakui kalah dengan produk lain, BMW C evolution dengan penggerak listrik," kata Kepala BMW Motorrad, Stephan Schaller.

Motor ini dikembangkan bersama dengan Universitas Teknik Munich. Sayang, spesifikasi lebih detail belum diumumkan BMW.

BMW menyebut eRR sebagai sebuah kendaraan eksperimental. Motor ini dibalut dengan warna hitam-putih dengan aksen hijau. Motor ini juga memiliki grafik yang terinspirasi dari kendaraan listrik dan terdapat jok dengan jahitan hijau yang kontras.

Motor ini melengkapi line up kendaraan listrik BMW, sebelumnya untuk roda 4, BMW memiliki keluarga i lewat i3 dan i8.




(rgr/ddn)

Ssst! Ini Hatchback Tata Motors Terbaru

Ssst! Ini Hatchback Tata Motors TerbaruNew Delhi -

Layaknya produsen lainnya, Tata Motors juga tidak ingin ketinggalan untuk menggoda pecinta otomotif. Kali ini Tata pun langsung memperlihatkan sketsa hatchback terbaru mereka yang disapa Kite.

Dilansir indianautoblog, Rabu (11/11/2015), dikabarkan model hatchback terbaru Tata ini akan diperkenalkan pada Desember 2015 mendatang.

Bahkan sebelumnya sketsa Kite sudah mulai menggoda dalam video yang dibintangi brand ambassador Tata Motors, Lionel Messi.

Dikatakan hatchback ini akan mengusung platform milik Tata Indica, dan akan diikuti oleh model sedan yang disinyalir bakal diperkenalkan 2016 besok. Namun yang menjadi cacatan model sedan ini sebelumnya memang diperkenalkan untuk armada umum, dan kini akan dijual untuk umum.

Menurut laporan, hatchback Tata Kite dan sedan kompak ini memiliki kode 'Kite 4' dan 'Kite 5'. Serta dikatakan akan mengusung mesin 3 silinder bensin dan diesel.

Diharapkan mesin diesel akan menawarkan jenis mesin terbaru berkapasitas 1.2 liter, yang kerap dibaca 'Revotron', meskipun tidak memiliki pilihan turbocharger.

Sedangkan untuk pilihan mesin diesel dikatakan akan menawarkan mesin 1.05 liter 3 silinder. Hmm, bakal ikut diperkenalkan di Indonesia tidak ya?


(lth/ddn)

Jurus Honda Tingkatkan Penjualan Mobil di Indonesia

Jurus Honda Tingkatkan Penjualan Mobil di IndonesiaTangerang Selatan - Demi meningkatkan penjualan mobil di Indonesia, beberapa jurus strategi dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM). Salah satu jurus tersebut dengan menambah jumlah diler.

Saat ini Honda telah memiliki 110 diler resmi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Diler tersebut melayani penjualan dan servis suku cadang.

Untuk meningkatkan penjualan, Honda berencana bakal menambah 40 diler di Indonesia tahun depan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Marketing dan Aftersales Service PT. Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di Tangerang Selatan.

"Saat ini sudah ada 110 diler 3S besar dan 47 diler 3S kecil. Kalau digabungkan dengan yang akan dibuka bisa mencapai 160 diler. Rencananya akan ada 200 diler sampai 2016 optimis bisa kita capai," ujar Jonfis.

Penambahan diler dikatakan Jonfis akan dipenetrasikan di luar wilayah kota besar. Tujuannya untuk membuka jaringan yang lebih luas terutama pada segmen penjualan mobil Low Cost Green Car (LCGC).


(rgr/ddn)

Motor Mahal Masuk Mal

Motor Mahal Masuk Mal Jakarta - Dua brand moge (motor gede) di bawah naungan PT Piaggio Indonesia, Moto Guzzi dan Aprilia memperlihatkan beberapa modelnya di sebuah mal di kawasan Jakarta Selatan.


Keterangan Foto :
Moge Moto Guzzi yang dipamerkan antara lain California Touring SE, Audace, dan V7 II Stone dan V7 II Racer.

Sstss, Ini Hatchback Tata Motors Terbaru

Sstss, Ini Hatchback Tata Motors TerbaruNew Delhi - Layaknya produsen lainnya, Tata Motors juga tidak ingin ketinggalan untuk menggoda pecinta otomotif. Kali ini Tata pun langsung memperlihatkan sketsa hatchback terbaru mereka yang disapa Kite.

Dilansir indianautoblog, Rabu (11/11/2015), dikabarkan model hatchback terbaru Tata ini akan benar-benar diperkenalkan pada Desember 2015 besok.

Bahkan sebelumnya sketsa Kite sudah mulai menggoda dalam video yang dibintangi brand ambassador Tata Motors, Lionel Messi.

Dikatakan hatchback ini akan mengusung platform milik Tata Indica, dan akan diikuti oleh model sedan yang disinyalir bakal diperkenalkan 2016 besok. Namun yang menjadi cacatan model sedan ini sebelumnya memang diperkenalkan untuk armada umum, dan kini akan dijual untuk umum.

Menurut laporan, hatchback Tata Kite dan sedan kompak ini memiliki kode 'Kite 4' dan 'Kite 5'. Serta dikatakan akan mengusung mesin 3 silinder bensin dan diesel.

Diharapkan mesin diesel akan menawarkan jenis mesin terbaru berkapasitas 1.2 liter, yang kerap dibaca 'Revotron', meskipun tidak memiliki pilihan turbocharger.

Sedangkan untuk pilihan mesin diesel dikatakan akan menawarkan mesin 1.05 liter 3 silinder. Hmm, bakal ikut diperkenalkan di Indonesia tidak ya?


(lth/ddn)

Museum Mercedes-Benz Kini Jualan Mobil Klasik

Museum Mercedes-Benz Kini Jualan Mobil KlasikStuttgart - Setiap pabrikan biasanya punya museum sendiri yang memperlihatkan sejarah pabrikan tersebut. Biasanya mobil-mobil yang ada di museum tidak diperjualbelikan. Namun ada yang beda dari Museum Mercedes-Benz. Karena dikatakan kini museum Mercedes-Benz jualan mobil klasik.

Leftlanenews, Rabu (11/11/2015), dikatakan pengunjung museum Mercedes-Benz bisa melakukan pembelian mobil klasik Mercy. Bahkan produsen Jerman ini sudah membuat divisi khusus untuk bisa menjual mobil klasik mereka.

Dikatakan penjualan sudah dimulai bulan ini, dan bisa dipastikan seluruh model Mercedes-Benz yang pernah menjadi bintang di masanya akan dijual.

Seperti pada model Type 630 Kompressor 1929 atau Mercedes-Benz E320 Convertible 1995, serta model klasik lainnya akan dijual di museum Mercedes-Benz.

Tidak sampai disitu, konsumen juga bisa membeli mobil klasik Mercy ini dalam 3 kategori. Yakni Premium Edition, Collectors Edition dan Drivers Edition.

Untuk model Mercy klasik Premium Edition, konsumen dijamin akan mendapatkan mobil Mercy klasik dalam keadaan original dengan jarak tempuh yang masih kecil. Sedangkan untuk Collectors Edition, konsumen bisa mendapatkan produk dengan tampilan menawan.

Terakhir, untuk kategori Drivers Edition, bisa dikastikan komponen mesin atau perintilan lainnya dijamin oke. Meski tidak menutup kemungkinan si pemilik harus tetap melakukan restorasi. Hmm, seru bukan?






(lth/ddn)

Resonator, Motor Buat Mereka yang Belum Ngeh Enaknya Naik Motor

Resonator, Motor Buat Mereka yang Belum Ngeh Enaknya Naik MotorTokyo - Anak muda saat ini ada yang dalam tanda kutip menolak mengendarai motor. Banyak alasannya, males kena panas, kehujanan, atau malas punggungnya pegel.

Mengetahui hal itu, Yamaha mencoba membuat sebuah motor yang menggabungkan gaya hidup dengan sebuah motor sport tulen untuk kawula muda.

“Motor ini disiapkan bagi kawula muda yang belum bisa mengeksplor nikmatnya berkendara,” tulis Yamaha yang memperlihatkan motor ini di Tokyo Motor Show lalu.

Dinamakan Resonator 125, motor memiliki bodi yang ringan, ramping dengan sasis yang compact plus instrumen panel dengan perangkat yang inovatif.

Motor konsep ini menggabungkan teknologi masa depan dengan desain yang bikin orang jadi ingin nostalgia. Ya wajar saja karena modelnya model jadul.

“Tangki bensinnya ada panel kayu, dan seat cowlnya memiliki material yang sama dengan material pada gitar,” tulis Yamaha yang juga merupakan produsen alat musik itu.

Untuk menambah kesan retro, fuel tank cap, knalpot dan ujung knalpot dibuat dengan sentuhan emas.

“Hasilnya adalah sebuah motor yang menginspirasi kawula muda,” tulis Yamaha.

Resonator 125

  • Tipe mesin: pendingin udara, 4 langkah 
  • 1 silinder
  • Kapasitas mesin: 125 cm3
  • Sistem bahan bakar injeksi
Yamaha di Tokyo Motor Show