Tuesday, September 22, 2015

Ini Tampang Konsep MV Agusta F3 AMG

Ini Tampang Konsep MV Agusta F3 AMGFrankfurt - Sekitar akhir tahun lalu, Mercedes-AMG telah membeli saham MV Agusta sebesar 25 persen. Kolaborasi Mercedes-AMG dan MV Agusta pun kini membuahkan hasil. Di Frankfurt Motor Show pekan lalu, Mercedes-Benz AMG menampilkan sebuah konsep F3 AMG.

Konsep F3 AMG ini adalah hasil pengembangan kedua perusahaan itu. Hadirnya konsep F3 AMG adalah sebagai bentuk perayaan kerja sama antara MV Agusta dan Mercedes-AMG.

"Bersama-sama kami membuat sebuah motor yang melambangkan performa dan passion: MV Agusta F3 800," kata Mercedes-Benz AMG dalam sebuah pernyataan.

Ide menampilkan motor ini adalah untuk memancing pengunjung di acara otomotif itu. Produsen mobil premium asal Jerman itu pun berhasil menarik perhatian pengunjung.

Konsep MV Agusta F3 AMG ini dibalut dengan warna solar beam khas AMG. Warna itu sama seperti warna pada mobil sport AMG GT.

Motor konsep ini hanya berubah pada sektor tampilannya. Untuk jantung pacunya masih sama seperti MV Agusta F3 yang mengusung mesin tiga-silider segaris. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 148 daya kuda pada 13.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 10.600 rpm.

F3 AMG ini juga menyoroti kerja sama antara MV Agusta dan Mercedes-AMG. Hal itu terlihat pada pelek berkelir hitam serta beberapa aksen hitam lainnya dan logo AMG di kedua sisi fairing.

Belum ada informasi apakah MV Agusta bakal memproduksi motor ini.



(rgr/ddn)

Menjajal Si Mungil Fiat 500

Menjajal Si Mungil Fiat 500 Jakarta - Sebutkan salah satu mobil mungil dengan tampang yang paling unik di dunia. Salah satunya adalah Fiat 500. Seperti apa performa mobil ini?

Saat ditawari untuk menjajal mobil Fiat 500, saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan, begitu teman sekantor meminta saya untuk segera mencobanya.

Lantas seperti apa, fakta seputar mobil yang saya temui? Berikut paparannya.

Tempuh 2.000 Kilometer dari Palangkaraya-Maratua, Terios Oke

Tempuh 2.000 Kilometer dari Palangkaraya-Maratua, Terios OkeMaratua - Ekspedisi petualangan Terios 7 Wonder yang digelar PT Astra Daihatsu Motor saat ini memasuki tahun keempat dengan menempuh jarak 2.000 kilometer dari Palangkaraya menuju Maratua Kalimantan Timur. Menjelajah berbagai kondisi alam, Sport Utility Vehicle (SUV) Daihatsu tak mengalami masalah, baik mesin maupun bagian lainnya di luar mesin.

"Kendaraan oke, meski melintasi medan yang cukup berat, mulai dari lintasan berpasir, berlumpur, bebatuan yang terjal, sampai lahan berair," tutur salah seorang peserta yang juga seorang blogger, Barry Kusuma, di Maratua, Kalimantan Timur, Rabu (23/9/2015).

Menurutnya, suhu mesin tetap stabil dan performanya tetap prima. Sementara, setiap harinya mobil digeber menempuh jarak 350 kilometer.

Pernyataan serupa diungkapkan Saphira Tanka Zoelfikar, peserta wanita di ekspedisi ini. Phira-panggilan akrab perempauan 36 tahun itu-mengaku hanya sebagai penumpang dalam perjalanan ekspedisi kali ini. Meski sebagai penumpang, dia merasakan kenyamanan mobil selama perjalanan.

"Dengan kondisi medan yang menantang dan terkadang memacu adrenalin, kenyamanan tetap oke. Guncangan tak terasa keras, dan kestabilannya tidak bikin was-was," akunya.

Meski mengaku tak paham persis dengan berbagai macam jenis suspensi mobil, Phira menyebut suspensi Terios bisa mendukung perjalanan jarak jauh. "Apalagi untuk perjalanan ekspedisi seperti sekarang ini. Kenyamanan memang sangat dibutuhkan," ucapnya.

Menanggapi beberapa pendapat itu, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, seperti motto yang diusungnya 'Daihatsu Terios Sahabat Petualang' SUV ini memang dirancang untuk kegiatan luar ruang yang menyenangkan. Artinya, meski tak seratus persen menjadi tunggangan di medan offroad ekstrem, namun karakater dan DNA sport dan mobil SUV sangat kental.

Menariknya, Daihatsu mengimbuhinya dengan sederet aspek penunjang kenyamanan termasuk sistem suspensi, power steering, kontrol kestabilan, serta kemampuan akselerasi. Ban pun disesuaikan untuk mendukung kemampuan kontrol traksi.

"Kenapa kita menggabungkan antara kemampuan di medan luar ruang dengan kenyamanan? Karena Terios ini memang dirancang menjadi mobil yang nyaman dan tangguh serta mumpuni di berbagai medan. Di perkotaan nyaman dan menyenangkan, di luar ruangan juga oke. Jadi cocok digunakan untuk keseharian maupun petualangan," papar Amelia.

Menurutnya, dalam perjalanan ekspedisi Terios 7 Wonder kali ini digunakan Terios varian transmisi manual dan otomatis. Keduanya tetap prima dan oke tanpa mengalami masalah meski melibas jarak 2.000 kilometer lebih dalam waktu 10 hari.

"Laporan dari teman-teman peserta maupun captain ekspedisi ini, dan sudah kami cek memang tidak ada persoalan yang serius. Mesin oke, begitu pun dengan bagian-bagian lain non-engine," imbuhnya.


(arf/rgr)

Mobil Macho Idaman Pria

Mobil Macho Idaman Pria Jakarta - Agar terlihat lebih macho, kaum pria banyak yang lebih memilih mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Mungkin kebanyakan kaum adam hobi dengan mobil yang mampu menaklukkan medan off road namun tetap nyaman digunakan di jalan biasa.

Selain mobil sport, kategori SUV yang mengarah ke off road juga menjadi idaman pria. Sport utility vehicle (SUV) disukai karena mempunyai tampilan yang gagah, yang mencerminkan seorang pria dan bahkan beberapa di antaranya intimidatif.

SUV memang dikenal dengan kemampuannya menjelajah medan off road. Meski begitu, aspek kenyamanan dan performa di jalan aspal pun tak kalah hebat dengan mobil-mobil sport.

Untuk urusan penumpang, SUV ini bisa mengangkut hingga 7 orang penumpang. Alhasil, SUV pun diidolai kalangan pria macho dan diplih sebagai kendaraan utamanya.

Berikut ini adalah si gagah yang menjadi incaran setiap pria.

Motor di India Harus Punya ABS dan CBS pada 2018

Motor di India Harus Punya ABS dan CBS pada 2018New Delhi - Keselamatan berkendara kini menjadi sorotan pemerintah di India. Di negara tempat Taj Mahal tersebut, pemerintah ingin membuat jalan lebih aman dengan regulasi baru. Salah satunya adalah keharusan sepeda motor memiliki anti-lock braking system (ABS) dan combined braking system (CBS).

Seperti diberitakan Bikewale, Rabu (23/9/2015), Kementerian Transportasi India telah mengeluarkan rancangan baru mengenai penyematan ABS dan CBS. Kedua fitur itu harus terdapat pada kendaraan roda dua di India.

Rencananya, semua motor dengan kubikasi di atas 125cc harus dilengkapi ABS. Sementara tenggat waktu untuk semua model terbaru jatuh pada April 2015 dan model yang kini sudah dijual harus memiliki ABS dan CBS paling lambat April 2018.

Untuk diketahui, fitur ABS mampu meningkatkan pengereman pada kendaraan roda dua. Teknologi ini membuat roda tidak mengunci ketika pengereman keras atau saat panik sehingga menjamin keselamatan pengendaranya.

Sementara itu, CBS merupakan sebuah fitur yang mengombinasikan proporsi rem depan dan belakang pada skuter dan sepeda motor. Ketika pengendaranya hanya mengoperasikan salah satu tuas rem, maka rem depan dan belakang tetap beroperasi sesuai porsinya.

Wajar jika pemerintah India mengeluarkan regulasi ini. Sebab, kendaraan roda dua lebih rentan terhadap kecelakaan. Setidaknya 32.524 orang meninggal akibat kecelakaan roda dua di India pada tahun lalu.


(rgr/ddn)

Ini Bedanya Orang India dan Indonesia Memandang MINI

Ini Bedanya Orang India dan Indonesia Memandang MINISenggigi - Kecantikan dan ketangguhan MINI jelas sudah diakui di seluruh dunia. Namun siapa yang menyangka rupanya ada pandangan yang berbeda antara orang Indonesia dan India saat melihat MINI.

Hal ini langsung disampaikan salah satu pejabat terbaru MINI Indonesia, Anna Hemmer, yang kini sebagai Representative of MINI Indonesia.

"Banyak orang India kurang mengerti mengenai konsep MINI. Ini sangat berbeda dengan orang Indonesia yang sangat mengerti MINI," kata Anna di Senggigi, Lombok.

Pendapat Anna ini jelas relevan. Karena sebelum menjabat di Indonesia, Anna bertanggung jawab atas performa MINI India.

"Banyak dari mereka (orang India) hanya mau mengeluarkan uang banyak untuk mobil yang besar (ukuran besar) seperti SUV. Di Indonesia sangat berbeda," katanya.

"Selain itu di Indonesia komunitasnya sangat kuat, di India tidak ada seperti itu. Dan di sana mereka membeli mobil hanya untuk bergaya," tambahnya.


(lth/rgr)

Kapan Akan Rakit Mobil di Indonesia, MINI?

Kapan Akan Rakit Mobil di Indonesia, MINI?Senggigi - Siapa sih yang tidak kenal MINI? Apalagi kalau bicara si mungil Cooper, sudah pasti banyak pecinta otomotif yang dibuat ngiler oleh dirinya.

Tapi melihat saudaranya, BMW cukup sukses dengan Seri 3-nya berkat merakit di Indonesia. Kalau MINI juga akan merakit di Indonesia, harga MINI tentu bisa ditekan dan menjadi lebih terjangkau. Kapan MINI akan mengikuti jejak BMW?

"CKD (Completely Knocked Down/merakit) di Indonesia? I Love to do that," ujar Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok.

"Kebanyakan mobil kami berasal dari pabrik kami yang berada di Oxford (Inggris) dan Belanda untuk 3-pintu dan 5-pintu. Kedua pabrik itu tidak bisa mengirimkan part per part, sehingga pabrik itu tidak bisa dibuat untuk CKD (mengirimkan part ke negara lain-Red)," tambah Anna.

Meski demikian, dirinya mengakui ada juga model MINI yang dirakit di luar pabrik utama mereka.

"Hanya untuk Countryman itu kan berasal dari pabrik kami yang berada di Austria. Ini pabrik yang berbeda (bisa mengirimkan parts per parts-Red). Seperti Countryman di Thailand dan Malaysia itu di-CKD. Dan semua model itu impor CBU," katanya.

"Saya pikir kita akan mendiskusikan saat kami mendapat suksesor Countryman. Tapi untuk bisa men-CKD, itu juga dilihat dari volume (penjualan) untuk mendukung itu. Jadi untuk penerus Countryman saya berharapnya bisa di-CKD, tapi untuk sekarang kami tidak bisa memberikan konfirmasi," tutupnya.


(lth/rgr)

Suzuki Ertiga Terbaru Diluncurkan di Surabaya

Suzuki Ertiga Terbaru Diluncurkan di SurabayaJakarta - Surabaya - Setelah diperkenalkan di Tangerang pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kini memperkenalkan Low MPV andalannya, New Ertiga ke konsumen di Surabaya dan sekitarnya. Sebab, Suzuki menganggap bahwa Jawa Timur menyumbang penjualan terbesar setelah Jakarta.

"Hari ini kesempatan me-launching New Ertiga yang Makin Mengerti dan menjadi mobili pilihan keluarga," kata Makmur, Director Marketing PT SIS yang didampingi Wahyu Sudrajat-Manager Region Jawa Timur PT Sejahtera Buana Trada, Michael Mardanus-President Director PT United Motor Centre, Richer-Territory Sales Manager PT SIS dan Prabowo Leingangsaputra-Director PT United Motors Centre di sela acara launching New Ertiga di Ciputra Word Surabaya, Selasa (22/9/2015) kemarin.

Makmur menerangkan, ada 30 perubahan di Suzuki New Ertiga yang terdiri dari 10 perubahan utama dan 20 perubahan tambahan yang seluruhnya mengacu pada AMIN (Aman, Mewah, Irit dan Nyaman). Katanya, semua perubahan tersebut berdasarkan hasil riset dan masukan dari konsumen, dealer, klub, penggemar otomotif hingga media massa.

"Setelah dianalisa, Ertiga sudah menjadi trendsetter di segmenya LMPV sebagai mobil keluarga dengan semua fitur-fiturnya. Tahun ini, kami berusaha untuk lebih improve dengan adanya tampilan baru yang akan memberikan tampilannya semakin segar dan elegan, irit, elegan, nyaman," terangnya.

Arti dari Aman di New Ertiga yakni, dilengkapi new parking sensor, untuk meningkatkan faktor keamanan dan memudahkan parkir mundur. Dual airbags, untuk memberikan perlindungan dari benturan depan. Side impact beam, memberikan perlindungan dari benturan samping. Serta immobilizer dan security alarm, kunci anti maling untuk mencegah pencurian.

Mewah di interior dan eskterior. New interior color, warna baru pada setir, jok kursi, door trim dan gear shift memberikan kesan mewah dan elegan, serta tidak mudah kotor. New steering wheel color yang tampilannya lebih stylish. New audio head design yang tampilannya mewah. New gear shift color yang tampilannya stylish. Audio steering switch control, memudahkan pengeoperasian audio pada setir. Cup holder di berbagai tempat. Serta panel yang lengkap pada door trim, sehingga tampilannya elegan dan fungsional.

Mewah di eksterior terdapat new chrome front grille menjadikan tampilan lebih stylish. New chrome bezel foglamp, yang tampilannya lebih meawah. New front bumper, menjadikan tampilan lebih aerodinamis. New alloy wheel nampak lebih sporty dan new electric foldable outside mirror with turn signal, lebih stylish dan memudahkan saat parkir dan melalui jalanan sempit.

Sedangkan tampilan mewah eksterior di bagian belakang body, dilengkapi dengan new chrome backdoor garnish, yang menampilkan lebih elegan dan mewah. Serta new rear bumper yang tampilannya stylish.

Mengenai Irit, New Ertiga menggunakan mesin K148 yang ringan dan bertenaga, variable valve timing (VVT), multi poin injection (MPI), pedal gas berteknologi drive by wire serta inovasi pada mesin baru yang membuat Suzuki ne Ertiga makin irit bahan bakar, namun bertenaga.

Sedangkan Nyaman, New Ertiga ruang lega untuk 7 penumpang. Di baris kedua, juga dilengkapi socket charger. Sedangkan di bangku baris ketiga, dapat dilipas 50:50, membuat bagasi lebih luas dan memberi ruang untuk penumpang baris ke 3.

"Konsumen dapat merasakan kenyamanan kabin yang senyap dan semakin nyaman dengan adanya Socket Charger pada baris ke 2, dan kursi baris ketiga dapat displit 50:50. Seluruh fitur ini semakin mengkokohkan New Ertiga sebagai kendaraan yang AMIN (aman, mewah, irit dan nyaman)," terangnya.

Terkait kondisi perekonomian yang sedang lesu, Suzuki Indomobil Sales tidak akan berhenti berinovasi. Dengan produk planing yang sudah direncanakan dalam kurun waktu antara 3 tahun, Suzuki akhirnya meluncurkan produk New Ertiga.

"Trend 5 tahun sekali naik turun. Tahun ini sedikit anomali. Tapi tidak karena ekonomi lesu, kita berhenti berinovasi," tuturnya.

"Justru dengan adanya produk baru, kita bisa membangkitkan gairah pertumbuhan ekonomi. Dan masyarakat Indonesia suka model baru. Kalau dulu biasanya 5 tahun sekali ada model baru, sekarang contohnya di handphone, perubahannya sangat cepat. jadi orang Indonesia suka stylish," tandasnya.


(rgr/ddn)

Daihatsu Enggan Bikin Lagi Sedan, Cukup LCGC Saja

Daihatsu Enggan Bikin Lagi Sedan, Cukup LCGC SajaMaratua - Meski sempat berkiprah di segmen pasar sedan, dengan Daihatsu Charade, namun PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) tak berkeinginan lagi masuk ke segmen itu. Selain ceruk pasar yang kecil, agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia itu cukup puas dengan menggelontorkan varian city car low cost green car Daihatsu Ayla.

"Segmen sedan itu berapa persen sih dari total market kita? Ya kita tentunya akan fokus segmen pasar yang menjadi keinginan atau kebutuhan masyarakat," tutur Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra, di Maratua, Kalimantan Timur, Rabu (23/9/2015).

Terlebih, Daihatsu mempercayai PT ADM sebagi pabrikan. Artinya, bukan sekadar distributor produknya tetapi juga membuat produk tersebut. Sementara, lanjut Amelia, untuk memproduksi sebuah produk harus memenuhi skala keekonomian yakni minimal 2.000 unit terjual setiap bulan.

"Nah, kita lihat total pasar sedan di kita. Kira-kira bisa mencapai skala ekonomi minimal itu tidak?," ucapnya.

Bahkan, jika proyek pengerjaan sedan dilakukan secara kolaborasi dengan merek lain seperti halnya Daihatsu Xenia dengan Toyota Avanza. Menurut Amelia, persoalannya bukanlah merek, tetapi memang pasarnya yang terus menyusut terkait selera konsumen.

Saat ini tren pasar mengarah kepada MPV, SUV, serta citycar. Ketiganya telah digarap Daihatsu dengan menghadirkan Daihatsu Xenia, Terios serta Ayla.

"Jadi ketiganya cukup mewakili. Trennya juga terus naik. Ayla penjualannya cukup besar," kata dia.

Begitu pun dengan Xenia yang sejak diluncurkan pada 2004 hingga kini terus membukukan porsi terbesar. Sementara Daihatsu Terios juga menjadi low SUV yang digemari masyarakat. Dengan serangkaian fakta tersebut, maka PT ADM masih belum berniat membuat sedan.

"Apalagi nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar. Kita harus benar-benar tepat dan cermat memilih kebijakan," imbuh Amelia.


(arf/rgr)

Dolar Meroket, MINI Tak Mau Gegabah

Dolar Meroket, MINI Tak Mau GegabahSenggigi - Otolovers mungkin ikutan 'gerah' melihat dolar yang kian tinggi menggilas rupiah. Hal ini dirasakan juga pabrikan otomotif di Indonesia lho.

Meski demikian MINI tidak mau terburu-buru mengambil langkah. Bahkan MINI lebih baik mengambil sikap untuk bersabar, sebelum take over alias banting setir menjalankan rencana besar mereka di Indonesia.

"Dolar yang terus meninggi tidak berarti kami akan memberikan diskon berlebih atau mengurangi harga (sebagai stategi MINI-Red). Kami akan memilih untuk menunggu, dan kami mencoba untuk bertahan, dan kami akan memberikan yang terbaik untuk konsumen," kata Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Meski banyak cobaan, rupanya MINI Indonesia masih berbangga hati. Karena penjualan MINI di Indonesia menduduki posisi 3 besar di ASEAN.

"Penjualan Indonesia termasuk bagus, posisi di ASEAN itu 3 besar lah. Tahun lalu Thailand di posisi pertama dengan pencapaian 700 unit, kedua Malaysia sebanyak 600 unit, baru Indonesia sebanyak 500 unit. Penjualan Indonesia masih lebih baik dibandingkan Singapura dan India," katanya.


(lth/rgr)

Kembangkan Baterai Mobil Listrik, Daimler Kerja Sama dengan BMW dan Audi?

Kembangkan Baterai Mobil Listrik, Daimler Kerja Sama dengan BMW dan Audi?Munich - Daimler sebagai perusahaan induk dari Mercedes-Benz memang bersaing ketat dengan dua pabrikan asal Jerman lainnya yaitu BMW dan Audi. Namun ternyata, ketiga perusahaan mobil asal Jerman itu akan menjalin kerja sama. Benarkah?

Seperti dilansir Leftlanenews, Selasa (22/9/2015), Daimler dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan dua pesaingnya itu. Pembicaraan ini mengarah kepada produksi baterai untuk kendaraan listrik generasi terbaru.

Sebelumnya, Audi, BMW dan Daimler sudah bermitra untuk membeli Nokia Here. Ketiganya telah menggelontorkan dana miliaran dolar untuk mengamankan pemetaan data presisi tinggi untuk digunakan dalam kendaraan otonom masa depan.

Kini, ketiganya dikabarkan sedang mempertimbangkan kerja sama lebih lanjut. Jalinan kemitraan itu dilakukan untuk membantu membangun posisi kompetitif yang lebih kuat.

Teknologi baterai telah disebutkan oleh Kepala Daimler, Dieter Zetsche sebagai salah satu kemungkinan hasil kerja sama. "Ada kerja sama antara pabrikan Jerman. Nokia Here menyebabkan pendekatan dan mungkin mengarah ke area lain," katanya.

Sayangnya, Zetsche tidak memberikan rincian lebih lanjut. Namun, Mercy baru-baru ini dikabarkan sedang menyiapkan mobil listrik untuk menantang Tesla.

Jika kabar mengenai jalinan kerja sama antara tiga perusahaan otomotif raksasa asal Jerman ini benar, baterai hasil kemitraan ini tidak akan muncul sampai ketiga perusahaan itu benar-benar siap memproduksi mobil listrik dalam jumlah banyak. Mungkin hasil kerja sama ini baru lahir akhir dekade ini.


(rgr/ddn)

Nissan-Datsun Siap Pamerkan 6 Mobil di Pameran Otomotif Jogja

Nissan-Datsun Siap Pamerkan 6 Mobil di Pameran Otomotif JogjaYogyakarta - Pameran Otomotif Jogjakarta (POJOG) 2015 siap digelar besok, Rabu (23/9/2015) di Jogja Expo Center‎ (JEC). Sejumlah merek kendaraan akan meramaikan acara yang berlangsung besok hingga 27 September 2015, Nissan dan Datsun di antaranya.

Dalam pameran otomotif terbesar dan terlengkap di Yogyakarta tersebut, Nissan akan memamerkan 3 unit andalannya yaitu X-Trail 2.5 CVT, Grand Livina Autech dan March 1.2 Mid.

General Manager Marketing Strategy PT Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin menjelaskan kondisi pasar otomotif nasional tahun ini memang lesu akibat melemahnya mata uang Rupiah.

"Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) di awal tahun mengestimasi ‎di angka 1,2 juta. Tapi sudah direvisi dan angkanya di bawah 1 juta," ujar Budi di Yogyakarta, Selasa (22/9/2015).

Namun, kata Budi, pasar otomotif di Jawa Tengah dan Yogyakarta cukup prospektif. Salah satu indikatornya adalah penjualan Nissan yang mencapai 2.040 unit selama Januari-Agustus 2015 di kedua Provinsi tersebut.

Produk Nissan yang paling laku di Jateng dan DIY ‎tercatat Grand Livina sebanyak 1.043 unit dan March dengan penjualan 613 unit.

"Memang terkoreksi (di DIY dan Jateng) tapi tidak sebesar pasar nasional," imbuhnya.

Pada POJOG 2015 besok, Nissan menargetkan penjualan 30 unit mobil. Budi mengakui target tersebut bukan hal mudah untuk dicapai, namun pihaknya telah siap menghadapinya.

"Kontribusi terbesar tetap di Grand Livina, 50 persen mungkin dari sana. Sisanya March dan X-Trail," ‎kata Budi.

Di kesempatan yang sama, Head of Communication PT NMI, Hana Maharani ‎menyampaikan kesiapannya menghadapi POJOG 2015 yang rencananya akan dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X itu.

"Datsun menampilkan Datsun Go Panca T-Active Special Edition, Datsun Go+ Panca T-Style dan Datsun Panca yang sudah dimodifikasi dengan tema sporty," ujar Hana.

Datsun Panca T-Style baru saja diperkenalkan pada Agustus lalu, dilengkapi dengan aero kit yang modern‎, front skirt, rear skirt, side skirt, silver painted center cluster, silver finisher steering pad, silver finisher power window, electric mirror, dan driver's airbag.

"Varian ‎Datsun GO Panca dan Datsun GO+ Panca dipasarkan mulai dari Rp 98 juta hingga Rp 120 juta (on the road Yogyakarta)," imbuhnya.

Sejak diluncurkan pada Mei 2014-Agustus 2015, penjualan Datsun di Jateng dan DIY mencapai 4.590 unit. Khusus untuk acara POJOG 2015, Datsun menargetkan penjualan 50 unit mobil.

‎"30 unit Datsun GO+ Panca dan sisanya Datsun GO Panca," kata Hana.

‎Selama periode POJOG 2015, Nissan menawarkan berbagai diskon dan program lucky dip voucher dengan total nilai sekitar Rp 50 juta. Selain itu akan disiapkan pula satu unit X-Trail untuk test drive bagi pengunjung yang tertarik.

Sementara Datsun menyediakan permainan dan hadiah menarik untuk para pembeli unit Datsun GO+ Panca di POJOG 2015.

"Pembeli produk tersebut dengan booking fee minimum Rp 2 juta berkesempatan untuk mengikuti 'Datsun Shoot Up Three Points Challenge' dengan berbagai hadiah," tutupnya.


(sip/rgr)

Tidak Sediakan Ban Serep, Ini Jawaban MINI

Tidak Sediakan Ban Serep, Ini Jawaban MINISenggigi - Ada satu peraturan pemerintah untuk setiap pabrikan, bisa menyelipkan ban cadangan di setiap variannya. Meski demikian, ada beberapa pabrikan Eropa di Indonesia yang tidak menyediakannya.

Salah satunya MINI pabrikan asal Inggris, yang belum menyediakan ban cadangan di setiap varian mereka. Meski demikian, rupanya MINI punya alasan kuat mengapa belum menyediakannya.

"Karena ini juga untuk keamanan saat berkendara," tutur Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok.

Karena tanpa ban cadangan, lanjut Anna, bisa membuat MINI bisa melintas lebih lincah.

"Kami mendatangkan tanpa memiliki persiapan ban cadangan. Kami pikirkan mengenai safety (keamanan saat berkendara-Red). Mobil akan lebih enak saat dikendarai, saat melakukan manuver maupun berakselerasi," katanya.

Namun yang juga menjadi perhatian MINI ialah kini ada sebuah teknologi ban yang bisa membuat mobil tetap aman. Meski ban sudah kehilangan angin.

"Kini ada teknologi ban yang tetap bisa membuat ban tetap berjalan saat angin di dalam ban berkurang (Run Flat Tire-Red). Ban ini masih bisa berjalan sampai 100 km meski ban kekurangan angin," tambahnya.

Akan tetapi, dirinya juga tidak mengatakan MINI Indonesia ke depannya tidak akan menyediakan tempat untuk ban cadangan. Meski saat ini masih menawarkan unit kendaraan tanpa ban cadangan.


(lth/rgr)

Mercy Pertimbangkan SUV Ultramewah Pesaing Bentley Bentayga

Mercy Pertimbangkan SUV Ultramewah Pesaing Bentley BentaygaFrankfurt - Bentley kini memiliki Sport Utility Vehicle (SUV) ultrmewah bertenaga dahsyat yakni Bentley Bentayga. Merecedes-Benz pun sedang mempertimbangkan pesaing SUV itu.

Seperti diberitakan Automotive News, Selasa (22/9/2015), Direktur Pengembangan SUV Mercedes, Andreas Zygan mengatakan, permintaan SUV dan crossover ultramewah tampaknya terus berkembang. Dia melihat hadirnya Bentley Bentayga.

"Kami terus melihat segala sesuatu yang terjadi dengan segmen itu," kata Zygan. Sayangnya, dia menolak mengatakan berapa lama pihaknya mengambil keputusan melahirkan pesaing Bentley Bentayga.

Sementara itu, bos penjualan Mercy di Amerika Serikat, Steve Cannon menyebut, SUV ultramewah sangat menarik. Setidaknya beberapa pabrikan mobil sudah melirik ke arah sana.

"Ada hasrat tak berujung untuk SUV, dan SUV mewah adalah buktinya. Lihatlah apa yang terjadi dengan Bentley di dunia bahkan Lamborghini berpikir tentang hal itu (kelahiran SUV mewah)," kata Cannon.

Cannon mencatat bahwa Mercy telah menjual banyak SUV pada model GL-Class pilihan teratas. Penjualan SUV G-Class juga terbilang baik meski banderolnya lumayan yaitu US$ 125.000 (sekitar Rp 1,8 miliar).

Kebangkitan merek Maybach sebagai subbrand mobil mewah memberikan ruang bagi Mercy untuk bertumbuh dengan SUV atau crossover ultramewah. Hal itu diakui oleh Cannon.

Cannon mengisyaratkan, jika pihaknya benar-benar serius dengan SUV ultramewah, kemungkinan SUV itu akan masuk ke subbrand Maybach.


(rgr/ddn)

Pesaing Baru Bermunculan, Penjualan Daihatsu Terios Diklaim Masih Oke

Pesaing Baru Bermunculan, Penjualan Daihatsu Terios Diklaim Masih OkeMaratua - Di tengah lesunya pasar mobil, persaingan juga semakin ketat seiring hadirnya model baru yang digelontorkan pabrikan khususnya di segmen SUV dan Crossover. Meski begitu, PT Astra Daihatsu Motor mengaku tak khawatir, karena penjualan SUV Daihatsu Terios masih menunjukan tren positif.

"Penjualan Terios masih oke-oke saja. Terlebih dengan hadirnya Terios terbaru yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Penjualan Terios rata-rata sebulan 1.000-1.100 unit, setelah versi baru hadir penjualan menjadi 1.200-1.300 unit," tutur Executive Coordinator Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rokky Irvayandi, di Maratua, Kalimantan Timur, Selasa (22/9/2015).

Menurutnya, memang dibanding tahun lalu, penjualan tersebut lebih kecil. Namun, jika dilihat secara komprehensif dengan melihat kondisi pasar yang melemh, maka pencapain itu terbilang lumayan.

"Karena penurunan pasar saat ini mencapai 19-20 persen dan itu dialami oleh semua brand. Jadi kalau melihat perbandingan itu, kita bersyukur denyut penjualan masih terjadi," kata Rokky.

Dia berpendapat, jika saat ini ada SUV atau crossover baru yang digelontorkan oleh pabrikan lain, PT ADM tak serta merta merasa risau. Selain segmentasi berbeda--antara lain ditunjukkan oleh harga--citra merek Daihatsu di segmen low MPV juga sudah terbukti. Sehingga, saat ada loyalis merek Daihatsu, khususnya Terios.

Pernyataan Rokky diperkuat, Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra. Menurutnya, meski lebih kecil dibanding tahun lalu, namun penjualan Daihatsu Terios masih berada di trek yang diharapkan.

"Kami tidak berbicara brand lain. Tapi, dengan semakin banyak model sejenis yang ada di pasar, kami justru memaknainya positif. Karena, ada pesaing menjadikan kami terpacu untuk melakukan improvement di produk. Sehingga, selain konsumen mendapat banyak alternatif, kami juga bisa terpacu untuk memberi yang terbaik. Pada akhirnya, konsumen yang menentukan," kata dia.

Soal harga yang dikabarkan bakal disesuaikan seiring dengan semakin perkasanya dolar terhadap rupiah, Amelia mengatakan hal itu telah dilakukan pihaknya. Namun secara bertahap dan tidak memberatkan calon pembeli. Bahkan, awal Oktober nanti penyesuaian harga akan dilakukan lagi. Hanya, dia tak bersedia menyebut angka atau pun prosentase kenaikan harga tersebut.

"Yang pasti, kami selalu memikirkan dari sisi konsumen. Bagaimana agar mereka tak merasa berat," ucapnya.

Langkah penyesuaian harga itu perlu dilakukan mengingat laju kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah yang semakin kencang, hingga menembus angka Rp 14 ribu atau bahkan lebih per dolar. Padahal, asumsi nilai tukar yang ditetapkan oleh PT ADM adalah Rp 11.000 hingga Rp 12.000 per dolar.


(arf/rgr)

Terbukti Melanggar Emisi, Saham VW Anjlok

Terbukti Melanggar Emisi, Saham VW AnjlokWashington - Buntut dari kasus pemalsuan data emisi gas buang, saham Volkswagen (VW) pun anjlok sebesar 20 persen. Tak hanya berdampak bagi Volkswagen, kasus tersebut juga diperkirakan merambat ke industri mobil asal Jerman lainnya.

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA) tidak main-main atas pelanggaran emisi yang dilakukan oleh VW. EPA menyatakan bahwa produsen mobil asal Jerman yang memiliki angka penjualan tertinggi tersebut, menggunakan perangkat lunak untuk mengelabui regulator yang menghitung jumlah emisi yang dibuang.

Diberitakan Reuters, Selasa (22/9/2015) pihak Volkswagen terbukti melanggar dan didenda sebesar US$ 18 miliar.

Pemerintah Jerman ikut khawatir akan skandal VW yang dapat menghancurkan industri mobil lainnya. Pihak Pemerintah Jerman juga mendesak VW agar menyelesaikan kasus tersebut dan melakukan investigasi terhadap pemalsuan data emisi gas buang di Eropa.

Menteri Perekonomian Jerman, Sigmar Gabriel mengatakan, "Anda akan mengerti mengapa kami khawatir kasus ini akan berdampak pada industri mobil Jerman lainnya. Utamanya Volkswagen yang sangat menderita akan dampak ini."

Chief Executive Volkswagen, Martin Winterkom telah meminta maaf atas pelanggaran yang telah dilakukan. Pihak Volkswagen pun didenda sebesar Rp 18 miliar atas pelanggaran tersebut.


(rgr/ddn)

Buruan, MINI Edisi Terbatas Tersisa 3 Unit

Buruan, MINI Edisi Terbatas Tersisa 3 UnitSenggigi - Otolovers tentu masih ingat dong dengan MINI Cooper edisi terbatas yang diperkenalkan MINI Indonesia, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Yup, mobil itu hanya ada 10 unit di Indonesia.

Kini mobil ini dikatakan tinggal tersisa 3 unit saja. Hal ini langsung disampaikan Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok.

"Model terbaru Yours Edition, kini hanya menyisakan 3 unit saja. 7 unit sudah terjual di GIIAS 2015 kemarin," kata Anna.

"Sedangkan, untuk model MINI John Cooper Works penjualannya juga bagus kok," tambahnya.

Sebagai pengingat model MINI Yours Edition yang hanya ada 10 unit memiliki berbagai keunikan yang bisa menambah nilai jual mobil mungil ini.

Seperti pada cat eksterior dan interiornya khusus. Warna eksterior mobil ini dibalut unik dengan warna 'Lapisluxury Blue'.

Tak hanya itu, interior mobil ini juga hadir dengan jok kulit yang eksklusif, roda kemudi sport berlapis kulit dan fitur desain interior lainnya yang membuat kendaraan ini pantas menjadi incaran para kolektor.

MINI Yours Edition hadir dengan spesifikasi MINI Cooper S dengan mesin bertenaga 192 daya kuda. Mobil ini dibanderol Rp 719 juta off the road.


(lth/rgr)

Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders Capai Garis Finish di Maratua Kalimantan Timur

Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders Capai Garis Finish di Maratua Kalimantan TimurMaratua - Tim ekspedisi Terios 7 Wonder Borneo Wild Adventure akhirnya menyelesaikan perjalanan menjelajahi Pulau Kalimantan. Namun, seri keempat ini dipastikan bukanlah yang terakhir kalinya, karena PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih ingin mengeksplorasi kekayaan dan budaya Indonesia sekaligus membuktikan ketangguhan Daihatsu Terios.

"Kami ingin terus mengeksplorasi kekayaan budaya dan alam kita. Karena kita ini bangsa dengan kekayaan budaya dan keindahan alam yang sangat besar. Nah, menemani penjelajahan itulah, Daihatsu Terios adalah kendaraan yang tepat karena memang dirancang sebagai kendaraan sahabat petualang," papar Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra di Maratua, Kalimantan Timur, Selasa (22/9/2015).

Hanya memang, kata Amelia, lokasi yang bakal dijelajahi ekspedisi selanjutnya belum diputuskan. "Tapi, yang pasti Terios 7 Wonder ini merupakan acara tahunan kami. Dan tahun ini merupakan tahun yang keempat atau ekspedisi yang keempat kalinya," kata dia.

Perjalanan ekspedisi seri keempat ini menempuh perjalanan dari Palangkaraya menuju Maratua, Sangalaki, serta Pulau Kakaban di Kalimantan Timur. Selain mengunjungi obyek wisata eksotis, para peserta yang terdiri dari jurnalis, blogger, dan tim Daihatsu juga mengunjungi tempat pelestarian orang utan, buaya, kerbau danau, penangkaran dan pelestarian penyu, serta lokasi wisata lainnya.

Tak lupa di sela perjalanan, PT ADM juga menyerahkan bantuan berupa 1.000 buku dan perlengkapan belajar seperti meja dan kursi kepada empat sekolah dasar di Kecamatan Maratua.

"Jadi momen petualangan ini tidak semata-mata kami jadikan ajang promosi meningkatkan citra merek saja, tetapi juga untuk mewujudkan komitmen kami dalam bidang sosial terutama pendidikan," ujar Amelia.

Sementara itu, Executive Coordinator Domestic Marketing Division PT ADM, Rokky Irvayandi mengatakan, pihaknya memiliki empat pilar dalam mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan. Keempatnya adalah, Pintar Bersama Daihatsu, Sehat Bersama Daihatsu, Sejahtera Bersama Daihatsu.

"Keempatnya merupakan sebuah rangkaian dalam mewujudkan kemajuan bangsa kita. Kalau orang pintar harus didukung kesehatan, jika keduanya terwujud maka akan mampu berkarya sehingga sejahtera. Namun sejahtera saja tak cukup, maka perlu didukung lingkungan yang sehat," paparnya.

Bila keempatnya terwujud, maka perekonomian juga akan akan bergerak dan tumbuh. "Hasilnya, aktivitas bisnis di segala bidang pun terjadi. Permintaan barang dan jasa juga naik termasuk mobil. Maka pasar pun berkembang. Itulah komitmen dan cita-cita kami, maju bersama Daihatsu," ucap Rokky.


(arf/rgr)

Tahun Ini MINI Optimis Penjualan Naik 5 Persen

Tahun Ini MINI Optimis Penjualan Naik 5 PersenSenggigi - Tahun ini memang menjadi tahun yang berat untuk pabrikan otomotif. Apalagi bagi agen pemegang merek yang masih mendatangkan model terbarunya secara utuh (Completely Built Up/CBU).

Seperti salah satu mobil asal Inggris yang berada dibawah payung BMW yakni MINI.

"Karena perekonomian kita (Indonesia) sedang turun, jadi penjualan kita mungkin masih akan sama seperti tahun lalu," ucap Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok.

Dirinya memang tidak mengatakan secara pasti sudah berapa banyak penjualan MINI hingga September 2015 ini. Namun, MINI berharap penjualan mereka bisa naik hingga 10 persen.

"Kami berharap penjualan kita naik 10 persen, tapi sepertinya akan naik 5 persen saja," kata Anna.

Sebagai catatan berdasarkan data Gaikindo, hingga Agustus 2015. MINI sudah berhasil melego 285 unit kendaraan. Rinciannya yaitu MINI Cooper sebanyak 101 unit, Cooper S 108 unit, Cooper S Cabrio 6 unit, Cooper S Coupe 1 unit, John Cooper Works 11 unit, Cooper Countryman 52 unit, dan Cooper Clubman sebanyak 6 unit.


(lth/rgr)

Baru Diluncurkan, Bentley Bentayga Produksi Tahun Pertama Habis

Baru Diluncurkan, Bentley Bentayga Produksi Tahun Pertama HabisJakarta - Model Sport Utility Vehicle (SUV) pertama dari Bentley yakni Bentayga langsung diserbu konsumen. Bahkan, stok produksi tahun pertama Bentley Bentayga langsung ludes terjual.

Seperti dilansir Inautonews, Selasa (22/9/2015), Bentley mengonfirmasi bahwa seluruh unit produksi tahun pertama telah habis terjual. Produsen mobil mewah itu telah menerima lebih dari 3.500 pre-order.

Seperti diberitakan detikOto sebelumnya, Ratu Elizabeth II menjadi salah satu pemilik SUV tercepat ini. Unit produksi pertama akan dikirim ke Ratu Elizabeth II.

Bentley Bentayga kini menjadi SUV termahal, termewah dan juga terganas. Di negeri asalnya di Inggris, mobil itu dibanderol 160.200 poundsterling atau sekitar Rp 3,6 miliar. Sedangkan untuk pasar di luar Inggris, mobil mewah ini dijual dengan harga Rp 5,15 miliar.


(rgr/ddn)

MINI Indonesia Kenalkan Clubman Teranyar Maret 2016

MINI Indonesia Kenalkan Clubman Teranyar Maret 2016Senggigi - Setelah diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2015, bisa dipastikan MINI Indonesia akan memperkenalkan Clubman teranyar pada Maret 2015 mendatang.

"Clubman New Generation akan kami lahirkan pada Maret 2016 di Indonesia, saat ini kan baru diperkenalkan di Frankfurt," ujar Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok.

Tentu ini menjadi informasi yang menyenangkan buat pecinta mobil Inggris ini di Indonesia. Sebab, meski tidak meninggalkan ciri khas MINI, bisa dipastikan MINI Clubman terbaru ini tampil berbeda dengan ukuran yang lebih panjang dan lebar.

MINI Clubman terbaru ini pun kini memilik dimensi yang panjang 11 inci dan 3 inci lebih lebar. Dan bagasi kini lebih besar bisa mencapai 17,5 cubic feet.

Untuk tenaga penggerak, MINI menawarkan mesin TwinTurbo 3 silinder yang memiliki tenaga hingga 134 tenaga kuda sebagai pilihan standarnya.

Nah, buat model Clubman mesin 4 silinder juga disediakan, dengan pilihan transmisi 8 percepatan Steptronic, serta pilihan transmisi otomatis lainnya yang terselip dibalik setir juga bakal disediakan.


(lth/rgr)