Saturday, December 12, 2015

Saingi Google, Baidu Mulai Uji Mobil Otonom

Saingi Google, Baidu Mulai Uji Mobil OtonomBeijing - Akhir-akhir ini, Google sedang serius meneliti dan mengembangkan mobil otonom. Perusahaan teknologi asal China pesain Google pun berniat mengembangkan teknologi mobil otonom.

Pernyataan resmi Baidu yang dilansir Gizmag, Minggu (13/12/2015), setelah mengikuti Google dalam pengembangan kacamata pintar, Baidu kini juga tertarik dengan mobil otonom. Perusahaan asal China itu telah berhasil menguji mobil otonom pada kondisi jalan yang beragam. Mereka mengklaim bahwa pengujian ini adalah pertama kalinya di China.

"Kendaraan otonom sepenuhnya dalam kondisi jalan campuran adalah tantangan universal, dengan kompleksitas lebih tinggi oleh kondisi jalan Beijing dan perilaku pengemudi tak terduga," kata Wakil Presiden Senior Baidu dan General Manager Unit Bisnis Kendaraan Otonom Baidu, Wang Jing.

Baidu menggunakan BMW Seri 3 yang telah dimodifikasi untuk pengujian. Mobil itu menggunakan teknologi mengemudi otonom "AutoBrain". Hal itu termasuk pemetaan HAD (highly automated driving) untuk merekam data jalan 3 dimensi dalam beberapa sentimeter akurasi posisi kendaraan.

Baidu mengatakan, teknologi ini diharapkan bisa memetakan sebagian besar jalan China dalam waktu lima sampai sepuluh tahun.

Selain itu, kendaraan Baidu memiliki teknologi positioning, pendeteksi pengambil keputusan serta kontrol yang cerdas. Pengenalan obyek dan lingkungan memungkinkan mobil untuk mendeteksi, mengenali dan mengikuti kendaraan lain, mengenal jalur jalan serta mengukur jarak dan kecepatan.

Sejauh ini, pengujian telah dilakukan pada jalanan sejauh 30 km, mulai dari markas Baidu di Beijing melalui jalan raya G7, Fifth Ring Road, Olympic Park hingga kembali lagi ke Baidu.

Tes ini untuk pengujian kemampuan kendaraan untuk menjalankan serangkaian tindakan dan respons terhadap lingkungan sekitar. Pengujian ini termasuk belok ke kanan-kiri, U-turn, pengereman ketika terdeteksi ada kendaraan di depan, perpindahan jalur, menyalip kendaraan lain serta bergaung dengan lalu lintas di China. Mobil ini bahkan mencapai kecepatan hingga 100 km/jam saat tes.
(rgr/ddn)

Triumph Umumkan Harga Varian Baru Bonneville

Triumph Umumkan Harga Varian Baru BonnevilleLondon - Pabrikan motor asal Inggris, Triumph Motorcycles Limited segera menggelontorkan beberapa varian anyar dari keluarga Bonneville. Kini, pabrikan itu telah mengonfirmasi banderol dari varian tersebut.

Seperti dilaporkan Visordown, Minggu (13/12/2015), Bonneville Street Twin yang merupakan model untuk segmen pemula dibanderol 7.300 poundsterling atau sekitar Rp 155 juta. Varian ini diklaim memiliki tenaga sebesar 55 hp dan torsi maksimum 59 lb-ft.

Varian Bonneville lainnya, yakni T120 dan T120 Black masing-masing dibanderol 9.600 poundsterling atau sekitar Rp 203,33 juta. 

Sedangkan harga varian Thruxton terbaru yang juga merupakan bagian dari keluarga Bonneville akan diumumkan pada awal 2016 mendatang.




(arf/ddn)

Ini Pemilik Pertama Yamaha V-Ixion

Ini Pemilik Pertama Yamaha V-IxionJakarta - Yamaha menggelar gathering klub V-Ixion se-Jabodetabek di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (12/12/2015) kemarin. Menariknya, motor buatan pertama Yamaha V-Ixion ikut serta dalam acara ini.

Dialah Dian Hairul Rizal, pemilik Yamaha V-Ixion buatan 2007. Biker dari klub Japstyle Indonesia wilayah Tangerang Selatan ini mengaku nyaman dengan V-Ixion jadul miliknya.

Dia pun memodifikasi motornya agar lebih nyaman dikendarai. "Motor V-Ixion saya buatan 2007. Saya modif bagian setangnya, lebih enak jadinya utamanya saat macet," ujar Dian Hairul di Jakarta.

Bagaimana soal perawatannya? Dian mengatakan hanya sering mengganti ban. "Perawatan cukup ganti ban saja," kata Dian.

Yamaha V-Ixion pertama kali diluncurkan pada 2007 lalu. Motor ini diproduksi dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar.

V-Ixion merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar.


(nkn/ddn)

Yamaha Kumpulkan Rider V-Ixion

 Yamaha Kumpulkan Rider V-IxionJakarta - Yamaha untuk pertama kalinya menggelar gathering komunitas atau klub V-Ixion se-Jabodetabek. Tak hanya jadi ajang kumpul para rider V-Ixion, acara juga dibalut dengan kegiatan sosial di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya, Tebet.

Acara yang berlangsung pada Sabtu (12/12/2015), diikuti 200 biker dari 57 klub V-Ixion di bawah naungan Yamaha Rider Federation Indonesia (YRFI) Jabodetabek. Kegiatan ini adalah yang pertama kali digelar oleh Yamaha dan pihak klub.

Para rider juga melakukan rolling city yang dimulai dari Kantor Menpora Senayan hingga finis di Tebet. Diakui oleh Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, untuk mengumpulkan anggota klub V-Ixion, butuh pendekatan hingga satu bulan.

"Sebelumnya mereka tidak mau untuk mengadakan kumpul bareng. Ada beberapa sebab. Akhirnya setelah kita lakukan pendekatan selama 1.5  bulan, mereka mau. Acara juga bukan hanya sekadar kumpul bareng tapi juga berbagi kepada sesama," ujar Mohammad Masykur, Sabtu (12/12/2015).

Yamaha V-Ixion sendiri adalah line-up motor sport yang laris manis penjualannya tahun ini. Tercatat dari periode Januari hingga November 2015, Yamaha V-Ixion jadi tipe sport yang banyak terjual di pasar domestik dengan 267.005 unit.


(nkn/ddn)

Setir Mobil Anda Berat? Ini 3 Penyebabnya

Setir Mobil Anda Berat? Ini 3 Penyebabnya Jakarta - Sebagian pemilik kendaraan roda empat mungkin Anda pernah mengalami setir kemudi yang terasa berat. Tentunya, kemudi yang berat akan membuat Anda menjadi tidak nyaman dalam berkendara, terutama jika mobil tengah berbelok atua bermanuver.

Anda sebagai pemilik kendaraan tentu akan berpikir, mengapa setir mobil yang dikemudikan terasa berat. Berikut tiga alasan yang menjadikan setir mobil terasa berat :

10 Mobil Favorit Indonesia

10 Mobil Favorit Indonesia Jakarta - Penjualan mobil sepanjang tahun 2015 ini sudah hampir menyentuh angka 1 juta unit. Dari jumlah sebesar itu mobil mana yang paling favorit bagi masyarakat Indonesia?

Profil Motor: Honda CB150R StreetFire Special Edition

Profil Motor: Honda CB150R StreetFire Special Edition Jakarta - PT Astra Honda Motor malam tadi mulai memasarkan All New Honda Honda CB150R StreetFire Special Edition dengan harga Rp 26,4 juta.

All New Honda CB150R StreetFire Special Edition ini diluncurkan dalam 2 pilihan warna, yaitu Raptor Black dan Speedy White.

Kedua pilihan warna baru ini melengkapi 3 pilihan warna tipe standar yang sebelumnya telah ada, yakni Quantum Red, Macho Black dan Rapid White yang dipasarkan dengan harga on the road (OTR Jakarta) Rp 25,4 juta.

Seperti apa profil motor ini? Yuk mari kita simak.

Jauh-jauh Datang ke Paris, yang Ditanya Malah Soal Ban

Jauh-jauh Datang ke Paris, yang Ditanya Malah Soal BanJakarta - Penjelajah Mario Iroth sukses melakukan touring Bandung - Paris. Yang menarik saat sampai ke Paris, dia tidak ditanya soal kondisi dirinya, ia malah ditanya soal ban motornya. Lho?

Rupanya ia mendapatkan pertanyaan itu dari seorang pejabat Michelin di kantor pusat Michelin di Clermont-Ferrand, Prancis.

"Saat bertemu marketing global director Michelin, yang dilihat dan ditanya pertama kali  malah motor dan ban, bukan tanya tentang saya," ujar Mario Iroth berkelakar.

Dalam perjalanan sejauh 24.860 km itu, motor yang digunakan Mario memang memakai ban Michelin, tepatnya ban Michelin Pilot Road 4.

Tak lupa saat tiba di Paris, ia juga berkunjung ke museum ban dan kantor pusat asal Perancis itu. Setibanya Mario sampai di kantor pusat Michelin, ia diterima langsung oleh marketing global director Michellin.

"Mario diterima di kantor pusat Michelin yang ada di Clermont. Ia disambut oleh marketing global director disana. Tak hanya itu, ia juga mengunjungi museum Michelin yang menunjukkan sejarah Michelin dari tahun 1800-an sampai sekarang," ujar Bayu Surya, Direktur Penjualan 2Wheels Product Line PT Michelin Indonesia.

Mario juga berbagi cerita saat ia berkesempatan untuk mengunjungi museum bersejarah Michelin di Clermont. Dalam jumpa pers di Jakarta, beberapa foto ia tunjukkan saat ia berada di museum Michelin.

"Saya senang bisa mengunjungi museum Michelin. Disana bisa melihat sejarah dari Michelin," ungkap Mario.


(nkn/ddn)

Nissan Juke Generasi Anyar Bakal Ada Versi Hybrid

Nissan Juke Generasi Anyar Bakal Ada Versi Hybridyokohama -

=Nissan Motor Company dikabarkan akan memproduksi generasi baru Nissan Juke dengan beberapa varian berdasar sumber tenaga. Selain ditawarkan dalam versi bermesin konvensional, juga akan ditawarkan varian hybrid, dan bersumber tenaga listrik.

Laporan Motoring dan Worldcarfans, Sabtu (12/12/2015) menyebut, varian hybrid itu menggunakan mesin bensin konvensional dan sebuah motor listrik yang berasal dari Nissan LEAF. Paduan keduanya menghasilkan tenaga hingga 107 hp dan torsi 254 Nm.

Sementara itu, varian yang bersumber tenaga dari arus listrik menggunakan motor listrik murni yang dinamai Pure Drive e-Power system. Sedangkan yang menggunakan sumber tenaga mesin konvensional mengusung mesin bensin 1.600 cc empat silinder yang diimbuhi turbo.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 217 hp. Adapun torsi yang dihasilkannya mencapai 260 Nm.

Juke baru itu kemungkinan diperkenalkan tahun depan dan menggunakan arsitektur CMF-B. Konsep arsitektur ini disebut-sebut juga digunakan oleh Nissan Micra dan Renault Clio generasi anyar.

Hanya, hingga kini Nissan masih belum berkomentar apapun tentang kabar tersebut.