Thursday, August 7, 2014

5 Hatchback Terpopuler Tahun Ini

5 Hatchback Terpopuler Tahun Ini London - Mobil hatchback kini menjadi pilihan karena bagian belakangnya lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu. Dengan mengusung desain kompak itu membuat pergerakan mobil ini bertambah lincah.

Jadi wajar banyak orang tertarik mobil model hatchback, terlebih di perkotaan yang terkenal padat kendaraan. Nah tidak semua mobil hatchback memberikan impresi berkendara yang baik. Di dunia hanya ada 5 hatchback terbaik menurut versi BBC Top Gear. Apa saja, ini dia rangkumannya.



Apa Penerus Tiger, Honda?

Apa Penerus Tiger, Honda?Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) sudah resmi menghentikan produksi dan penjualan Tiger di pasar roda 2 nasional. Setelah kabar itu beredar luas, banyak spekulasi mengenai penerus Honda Tiger, sampai rumornya penerus Tiger akan menggendong mesin berkapasitas 250cc.

Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan pihaknya masih belum bisa memutuskan penerus Tiger, apakah akan menggunakan motor yang dari Jepang atau AHM sendiri yang mengembangkannya.

"Kita belum sampai ke sana, kita harus mempelajari dulu karakter konsumen Honda Tiger itu seperti apa," ungkap Thomas saat dihubungi detikOto.

Thomas melanjutkan, meskipun nanti diputuskan untuk menggunakan model yang sudah ada di Jepang, AHM terlebih dulu akan melihat apakah produk itu cocok bagi konsumen Tiger atau tidak.

"Kita juga akan melihat dulu produk apa yang cocok," kata Thomas.

Menurut Thomas, sampai saat ini AHM masih baru akan melakukan studi penerus Tiger. Dalam melaukan studi itu, AHM butuh waktu yang tidak lama karena studi tersebut dilakukan banyak hal.

"Kita baru akan melakukan studi seperti studi mesin sampai ke desain. Studi itu tidak sebentar, kita butuh minimal 1 atau 2 tahun ke depan. Jadi dipastikan dalam 1 atau 2 tahun ke depan penerus Tiger belum bisa diluncurkan," pungkasnya.

Kira-kira apa motor penerus Tiger, Otolovers? Beberapa saat ke depan, detikOto akan merangkum beberapa motor yang kira-kira cocok sebagai penggantinya.




Mercy S-Class Convertible Mulai Rp 1,2 miliar?

Mercy S-Class Convertible Mulai Rp 1,2 miliar?Jakarta - Setelah kabar Mercy siap melahirkan model premium S-Class, kini wajah baru S-Class Convertible mulai tampak seliweran di jalanan. Bahkan diperkirakan mobil kelahiran Jerman ini akan dibanderol mulai Rp 1,2 miliaran.

Dalam pemberitaan leftlanenews Jumat (8/8/2014), Mercedes-Benz S-Class Convertible terlihat jelas tengah melakukan uji laik jalan, dan muncul pertama kalinya dipublik.

Meski tampilan coba dikamuflase, tetap saja tampilan S-Class Convertible ini terlihat jelas, meski tampilan terlihat mirip dengan S-Class Coupe.

Bicara soal mesin, dikemungkinan besar S-Class Convertible akan mengusung mesin V12 6.0 liter yang bakal dikawinkan dengan turbocharged 8 atau 12 silinder. Bahkan pilihan performa terbaik AMG sepertinya juga bakal dimiliki S-Class terbaru.

Lalu kapan bakal resmi meluncur ya? Kabar mengatakan S-Class Convertible akan hadir tahun depan dengan siap dibanderol mulai US$ 106.900.


Land Rover Gandeng Perusahaan Pesawat Antariksa

Land Rover Gandeng Perusahaan Pesawat AntariksaLondon - Perusahaan mobil Land Rover menjalin kerja sama dengan perusahaan pesawat terbang Virgin Galactic. Kedua perusahaan tersebut telah mengumumkan kemitraan pada April 2014.

Adapun kerja sama ini untuk pengembangan kendaraan baru Land Rover dan pesawat terbaru Virgin Galactic. Land Rover dan Virgin Galactic menjalin hubungan dengan latar belakang Virgin Galactic SpaceShipTwo dan penemuan Vision Concept kendaraan Land Rover.

Menurut kesepakatan, keduanya sepakat mengembangkan teknologi terdepan demi kemajuan produk-produk mereka. Diharapkan, baik Land Rover dan Virgin Galactic menggunakan kemitraan mereka untuk berbagi pengalaman yang mereka miliki seperti dalam keterangan resmi.

Seperti diketahui perusahaan pesawat terbang Virgin Galactic tengah menciptakan pesawat tercepat di dunia dengan kecepatan hingga 4.200 mil per jam. Pesawat tersebut terus menjalai program uji terbang dan rekayasa menjelang peluncuran program spaceflight komersial. Sementara Land Rover tengah mengembangkan Discovery Sport.

Direktur Program Land Rover Murray Dietsch mengatakan "Ada filosofi antara Land Rover dan mitra kami Virgin Galactic. Kita mulai dengan sebuah ide dan membangun dari sana, menghabiskan tahun ke tahun menyempurnakan desain dan menyelesaikan pengujian virtual sebelum prototipe pertama dengan melihat landasan," kata Dietsch.

Sementara CEO Virgin Galactic George Whitesides berharap bisa memiliki desain yang aerodinamis pada pesawat terbarunya dengan menjalin kerja sama dengan Land Rover.



Chevrolet Volt Anyar Siap Mejeng di Amerika

Chevrolet Volt Anyar Siap Mejeng di AmerikaDetroit - Salah satu mobil masa depan Amerika Serikat, Chevrolet Volt akan memasuki babak selanjutnya. General Motors bersiap untuk memperlihatkan versi baru dari Volt di Januari 2015 nanti. Versi murah pun dipersiapkan.

Menurut rencana, seperti dilansir Reuters, model anyar dari Volt ini akan diperkenalkan di North American International Auto Show di Detroit pada awal tahun nanti. Pejabat perusahaan AS itu memang tidak merinci kemampuan mobil baru ini, tapi ada beberapa kejutan yang akan dipersiapkan.

Sebab, sumber di pemasok suku cadang mobil ini sudah membocorkan kalau raksasa otomotif di negeri Paman Sam ini akan menjual Volt dalam dua versi termasuk model berharga murah dengan baterai berkapasitas lebih kecil dan jarak jelajah yang lebih pendek.

Sebagai bayangan, saat ini GM menjual Volt dengan banderol US$ 35.000 atau sekitar Rp 411,7 jutaan dengan baterai yang bisa membuatnya menjelajah sampai 64,3 km. Tapi dengan mesin bensin yang bertugas sebagai generator listrik, total jarak jelajah mobil ini menjadi 380 km.

Di Amerika Serikat, sepanjang tahun ini telah terjual 10.635 unit atau turun hampir 9 persen dibandingkan tahun lalu.

Nantinya, Volt versi terbaru tetap akan terus dibangun di pabrik perakitan Detroit Hamtramck. Karena pada bulan April, GM telah mengatakan akan menghabiskan hampir $ 400 juta untuk meng-upgrade perkakas dan peralatan di pabrik untuk Volt generasi berikutnya dan dua produk masa depan.


Tahukah Anda Kalau Lampu Lalu Lintas Kini Berumur 100 Tahun?

Tahukah Anda Kalau Lampu Lalu Lintas Kini Berumur 100 Tahun?Cleveland - Saat ini hampir di setiap persimpangan kita dapat menemukan adanya traffic light atau lampu lalu lintas. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Tahukah Anda kalau traffic light pekan ini kini telah memasuki umur ke-100 tahun.

Traffic light mungkin sudah akrab bagi kita semua. Warna lampu hijau menandakan berhenti, kuning hati-hati dan bersiap-siap. Sedangkan hijau tanda untuk jalan.

Dapatkah dibayangkan dunia tanpa lampu lalu lintas. Tentu akan banyak kesemrawutan di jalan, terutama di persimpangan-persimpangan jalan di seluruh dunia. Hal yang sering kita lihat di jalanan Jakarta ketika hujan dan lampu mati.

Dikutip dari USA Today, ada pun lampu lalu lintas pertama yang berdiri dipercaya sejarawan ada di sudut jalan Euclid dan 105 di Cleveland, Amerika Serikat sekitar 1 abad yang lalu.

Awal mula ide membuat lampu lalu lintas ini tidak lain adalah karena mulai berkembangnya industri otomotif yang membuat pengaturan jalan menurut seorang penemu Ohio bernama James Hoge tentu diperlukan. Akhirnya, dipasangkanlah lampu lalu lintas.

Awalnya traffic light hanya memiliki lampu merah saja dan pertama kali dibuat oleh American Traffic Signal Company. Dahulu kala, lampu merah menandakan kendaraan harus berhenti. Lalu ada seorang operator yang akan mematikan lampu merah tersebut. Artinya, kendaraan boleh jalan.

Sementara itu menurut MSN Autos, seorang petugas polisi Detroit William L. Potts saat ini dipercaya sebagai orang yang mencetuskan perpaduan lampu merah-kunign dan hijau.

Traffic light dengan perpaduan tiga lampu ini diletakkan di persimpangan jalan Woodward dan Michigan dengan sistem otomatis pada 1921.

Tapi siapa sangka kalau di Amerika pada 1960-an saja masih banyak kota termasuk kota metropolis seperti New York yang masih menggunakan traffic light dengan perpaduan lampu merah dan hijau saja.


7 Alasan untuk Menjual Mobil Anda

7 Alasan untuk Menjual Mobil Anda Jakarta - Salah satu cita-cita, yang juga menjadi penanda kesuksesan, ketika sudah bekerja adalah membeli mobil sendiri. Tentu saja membeli mobil sendiri ini dengan uang sendiri, bukan dari uang orangtua.

Ketika Anda sudah berhasil membeli mobil dengan jerih payah sendiri, rasanya sangat menggembirakan.

Namun, seiring kebebasan yang didapat, muncul pula tanggung jawab. Awalnya Anda merasa senang dengan mobil yang baru dibeli, tapi lama-kelamaan muncul beban biaya, seperti asuransi, harga bahan bakar yang naik, dan biaya parkir yang semakin mahal.

Jika Anda berniat untuk menjual mobil Anda, lihatlah tujuh alasan berikut ini. Saat ini, tidak memiliki mobil adalah kebebasan yang sebenarnya.

Mercy Siapkan Pesaing Mobil Listrik BMW i3

Mercy Siapkan Pesaing Mobil Listrik BMW i3Stuttgart - Seperti tidak mau kalah dengan tren saat ini, Mercedes-Benz dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah mobil listrik. Mobil ini akan menjadi lawan bagi rival abadinya, BMW yang telah memiliki i3.

Kabar tersebut berhembus ketika media Jerman, Auto Motor und Sport mengatakan kalau perusahaan Jerman itu tengah merancang sebuah mobil listrik anyar untuk melawan BMW i3. Mercy lebih memilih untuk membuat mobil listrik dibanding membuat mobil dengan mesin konvensional.

Saat ini, konsep mobil tersebut masih terus dipelajari sebelum komitmen akhir dibuat.

Di sisi lain, kepala desain Daimler Gorden Wagner mengatakan kalau mereka juga tengah mematangkan kelahiran mobil sport terbaru mereka, AMG GT. Mobil juga ini akan memiliki versi entry level.

Beberapa laporan menyebutkan kalau AMG GT nanti akan memanfaatkan mesin twin-turbocharged berkapasitas 4.0 liter. Mesin V8 itu dipercaya mampu menghasilkan 502 tenaga kuda dan torsi 479 lb-ft.

Bobot mobil pun akan dibuat seringan mungkin. Dipercaya, berat mobil ini akan kurang dari 1.600 kg saja.

Diperkirakan, AMG GT akan diperlihatkan pada 9 Oktober nanti di ajang Paris Motor Show dan akan dijual mulai Maret 2015. Sementara mobil listrik Mercy akan diperlihatkan pada 2015 mendatang.


Mazda: CX3 Tidak Lama Lagi

Mazda: CX3 Tidak Lama LagiJakarta - Mazda bakal meramaikan pasar SUV kompak dalam waktu dekat dengan mengandalkan adik dari SUV CX-5 yang digadang-gadang bernama CX-3.

SUV kompak CX-3 diakui sebagai pendongkrak penjualan Mazda global yang dijadwalkan meluncur pada 2015 atau paling telat 1 tahun kemudian.

Bos Mazda Australia Martin Benders menjelaskan Mazda CX-3 memiliki ketertarikan tersendiri di internal Mazda.

"Itu kesempatan di segmen SUV kompak. Kami telah membuat keputusan segmen itu akan kami ramaikan," tuturnya dilansir Motor Report, Jumat (8/8/2014).

"Dan itu tidak lama lagi," sahut Benders.

Mazda CX-3 bakal bersaing dengan Ford EcoSport, Holden Trax, Nissan Juke dan Skoda Yeti.

Mobil andalan Mazda itu kabarnya akan mengandalkan mesin 1.5 liter bensin dan disebut-sebut tersedia mesin turbocharged diesel untuk Mazda CX-3.

Mengutip worldcarfans, rumor lainnya jika Mazda CX-3 sudah tersemat mesin 1.5 liter SKYACTIV-G (bensin) dan 1.5-liter SKYACTIV-D (diesel).


Bugatti Teranyar Dijual Terbatas

Bugatti Teranyar Dijual TerbatasLondon - Pabrikan mobil Bugatti tengah menyiapkan hypercar teranyar dengan kemampuan luar biasa dan semakin tak tertandingi. Calon mobil terkencang di dunia itu dikabarkan mulai dipasarkan pada tahun 2016.

Dalam keterangan resmi, penerus Bugatti itu akan kaya fitur dan sangar di bagian dapurpacunya, sehingga diakui bakal sangat liar di jalanan karena tidak sulit mencapai kecepatan tertinggi.

Untuk membuktikannya, mobil terbaru Bugatti akan menggunakan mesin quad-turbocharged 8.0 liter W16 yang juga tersemat pada Bugatti Veyron. Mesin ini mampu melontarkan tenaga sebesar 1.500 BHP.

Mesin ukuran besar itu akan bersanding dengan motor listrik. Belum ada informasi berapa besaran tenaga jika kedua mesin bekerja secara bersamaan.

Mesin itu akan dibantu dengan transmisi 7 percepatan otomatis yang membantu pergerakkan keempat rodanya.

Menurut sebuah laporan sedan super dengan bobot ringan berkat casis monokok berbahan karbon fiber itu hanya akan diproduksi sebanyak 450 unit saja di dunia. Angka terbatas untuk para penggemar Bugatti yang jumlahnya mencapai ratusan ribu orang di dunia.

Berapa harganya? Belum ada bocoran resmi dari pihak pabrikan.


Motor Sport Ini Ditilang di Sudirman karena Tak Pasang Nopol

Motor Sport Ini Ditilang di Sudirman karena Tak Pasang NopolJakarta - Kerap kali kita temukan motor sport bebas mengaspal di jalanan ibu kota tanpa dipasang pelat nomor. Entah karena alasan apa, mungkin saja biar tampak lebih keren.

Tapi malam ini, Kamis (7/8/2014) Polres Metro Jaksel bertindak tegas. Para pemotor yang berseliweran tanpa pelat nomor distop.

Para pengendaranya ditilang karena tak memasang pelat nomor itu. Razia dilakukan di jalur protokol di kawasan Sudirman.

Seperti disampaikan Humas Polres Metro Jaksel lewat akun twitternya. Pihak kepolisian melakukan penindakan pada pengendara yang tak memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Dalam akun twitter itu juga dipampangkan sebuah foto di mana pengendara motor sport yang membonceng seorang penumpang distop. Petugas melakukan penilangan.

Anda pernah melihat motor sport berkeliaran di jalanan di Jakarta tanpa ditempeli pelat nomor?




KIA Sokong Piala Dunia Wanita

KIA Sokong Piala Dunia WanitaJakarta - Gemuruh Piala Dunia sudah usai. Namun, itu baru piala dunia pria. Nah kini, Piala Dunia Wanita siap digelar. KIA siap mendukungnya.

KIA Motor sebagai official partner dari FIFA dan Komite Penyelenggara secara resmi menyerahkan 70 kendaraan dengan berbagai tipe untuk mendukung kebutuhan transportasi selama event Women’s World Cup Canada berlangsung.

Kendaraan akan di alokasikan di Edmonton, Toronto, Montreal dan Moncton untuk mendukung kemudahan transportasi para pejabat dan delegasi dari seluruh dunia.

Sebagai Partner Otomotif resmi dari FIFA, kendaraan berkelas dunia ini akan dimanfaatkan sebelum pembukaan pertandingan pada 5 Agustus di Edmonton dan Toronto sampai pertandingan final di Stadium Olympic, Montreal pada tanggal 24 Agustus.

Maria Soklis, Vice President dan Chief Operating Officer dari Kia Kanada Inc., menyerahkan armada kendaraan tersebut kepada Emma Piket, Marketing Venue Manager FIFA di kantor pusat KIA Canada di Missisauga, Ontario.

“Kami sangat senang atas kesempatan yang diberikan untuk menyediakan kendaraan kelas dunia dan kendaraan pemenang untuk mendukung FIFA U-20 Women’s World Cup di Canada dengan kendaraan yang aman dan handal,” ujar Maria Soklis.

“Sudah sewajarnya Kia mendukung turnamen ini karena sepak bola merupakan olahraga dengan pertumbuhan tercepat di Canada, dan dukungan Kia ini akan berjalan selama turnamen tahun 2014 berlangsung dan juga turnamen yang akan diselenggarakan pada tahun berikutnya (2015) di Canada.”
Halaman 1 2 »

Yamaha R25 Rambah Vietnam

Yamaha R25 Rambah VietnamJakarta - Motor seper-empat liter milik Yamaha, YZF-R25 sudah mulai merambah pasar di luar Indonesia. Motor yang diproduksi di Indonesia ini sudah terlihat di Vietnam.

Seperti diketahui, R25 yang menjadi lawan dari Honda CBR250R dan Kawasaki Ninja 250 ini diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Permintaan motor ini di Indonesia cukup besar sehingga membuat Yamaha kewalahan.

Rencana ekspor yang harusnya dilakukan di pertengahan tahun harus di undur sampai akhir tahun untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia terlebih dahulu.

Meski begitu, hal ini tidak menghilangkan minat negara lain untuk mendapatkannya. Vietnam bahkan sengaja memboyong motor ini untuk mereka pamerkan terlebih dahulu sebelum akhirnya nanti mereka luncurkan ketika sudah mendapat alokasi unit dari Indonesia.

Ekspor R25 memang bakal menjadi salah satu fokus utama Yamaha Indonesia. Sebab Indonesia adalah basis produksi R25 untuk seluruh dunia. "R25 akan kita ekspor. Rencana ke 14 negara, hanya kami belum bisa sampaikan negara mana saja itu," ujar President and CEO Yamaha Motor Company Japan, Hiroyuki Yanagi ketika datang ke Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski belum bisa menjelaskan ke negara mana saja lawan dari Honda CBR250R dan Kawasaki Ninja 250 itu akan diekspor, Yamaha membeberkan kalau R25 akan diproduksi 2.000 unit tiap bulannya.

Untuk di Indonesia itu sendiri, Yamaha R25 cukup diterima oleh masyarakat. YZF-R25 juga dijuluki Baby M1 karena desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya, bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED, Balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar.

R25 menggunakan mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup.

Mesin ini memiliki ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.


Ini Bocoran Spesifikasi Motor Sport Baru Suzuki

Ini Bocoran Spesifikasi Motor Sport Baru SuzukiNew Delhi - Sudah menjadi rahasia umum jika pabrikan motor Suzuki telah bekerja mengembangkan sepeda motor sport terbarunya. Ya, motor itu bernama Suzuki Gixxer yang pemberitaanya sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Tapi saat pemberitaan itu, Suzuki belum merilis data spesifikasi motor sport terbarunya itu. Kini menjelang peluncuran resminya yang akan dilakukan di India, spekulasi mengenai spesifikasinya mulai bermunculan di dunia maya.

Salah satunya Indianautosblog yang memberitakan bocoran spesifikasi dari Suzuki Gixxer. Motor sport Suzuki ini dikabarkan akan menggendong mesin berkapasitas 154,9 cc SOHC degan pendingin udara.

Mesin tersebut kabarnya mampu melontarkan tenaga hingga 14,1 PS (13,9 bhp) dan torsi maksimum 14 Nm. Mesin itu juga dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Tak hanya spesifikasi mesin, bocoran dimensi yang juga masih bersifat spekulasi pun muncul. Suzuki Gixxer ini memiliki dimensi panjang 2.050 mm, lebar 785 mm dan tinggi 1.030 dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 1.330.

Pilihan warnanya juga dibocorkan akan tersedia 5 pilihan diantaranya Metallic Oort Grey, Candy Antares Red, Glass Sparkle Black, Metallic Triton Blue dan Mirage White.

Selain itu, untuk suspensi bagian depan akan menggunakan teleskopik dan belakang menggunakan monoshock. Untu ukuran ban depan menggunakan 100/80-17 dan belakang 140/60-17.




Tunggangan Arbeloa Lebih Keren dari Ronaldo

Tunggangan Arbeloa Lebih Keren dari RonaldoJakarta - Latihan terkadang merupakan ajang pamer bagi para pesepakbola. Antar pemain seperti ada kompetisi untuk adu keren terkait mobil yang mereka tunggangi ke tempat latihan. Dan untuk Real Madrid, bukan Cristiano Ronaldo atau Gareth Bale melainkan Alvaro Arbeloa.

Seperti diketahui gaji pemain Real Madrid sangatlah tinggi. Tiap minggunya mereka bisa mendapat bayaran hingga miliaran rupiah. Tidak heran bila pada akhirnya mobil-mobil yang mereka punya adalah mobil-mobil keren nan mahal.

Latihan pun sudah bagai pameran mobil berkelas. Untuk latihan dilakukan pada Rabu lalu, Arbeloa-lah yang menjadi pemain terkeren. Arbeloa menjadi pusat perhatian mengalahkan Ronaldo yang datang dengan Ferrari miliknya.

Bahkan, perpaduan antara mobil unik dan pemain sepakbola terkenal ini sukses membuat fans yang ada di pusat pelatihan Real Madrid mengerubunginya, lebih dari pemain bintang lain.

Bukan apa-apa, karena Arbeloa datang dengan mobil yang unik, Morgan 3 Wheeler. Ini adalah mobil beroda tiga, dua roda di depan dan satu di belakang. "Ini adalah bagaimana Alvaro Arbeloa datang latihan hari ini. This is awesome," tulis Real Madrid di akun Twitter mereka.

Bicara mengenai Morgan 3 Wheeler, kendaraan unik ini adalah mobil asal Inggris yang memang sengaja diciptakan bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika berkendara.

Hembusan angin dan deru suara mesin menjadi sensasi tersendiri yang disukai oleh beberapa kalangan. Itu kenapa Morgan tidak memiliki atap dan tidak ada kap mesin.

Nah, jantung kendaraan ini adalah mesin V-Twin berkapasitas 1.976 cc yang dikawinkan dengan transmisi 5-speed. Berbekal mesin ini, si pengendara bisa merasaka torsi hingga 140 Nm di putaran mesin 3.250 rpm. Tenaganya memang hanya 82 bhp saja, tapi dengan bobot kendaraan yang hanya 525 kg, perbandingan power to weight menjadi cukup massif: 435 kW/kg.

Karena itu tidak mengherankan bila Morgan 3 Wheeler yang memiliki dimensi 3.225x1.720x1.000 mm (PxLxT) ini mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu hanya 6 detik saja. Sementara topspeednya bisa mencapai 185 km/jam.


Warga AS Siap Sambut Mobil Autopilot

Warga AS Siap Sambut Mobil AutopilotWashington - Dunia otomotif saat ini tengah menanti era mobil berteknologi autopilot. Masyarakat Amerika Serikat menurut studi terbaru dikatakan sudah menanti mobil berteknologi autopilot ini.

Era mobil berteknologi autopilot ini menjadi bahan pembicaraan di kalangan pecinta otomotif di dunia. Dan Amerika Serikat menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh situs Insurance.com menemukan bahwa 86 persen dari pemegang SIM di sana siap untuk menggunakan mobil autopilot bila memang sudah ada.

Apalagi bila premi asuransi bisa rendah atau paling tidak sama dengan premi asuransi mobil saat ini. Di sisi lain, 75 persen pengendara di Amerika Serikat mempertimbangkan prospek pembelian mobil otonom.

"Orang-orang menyadari bahwa mereka sudah mengendarai mobil yang dikendalikan sebagian oleh komputer," kata Redaktur Pelaksana Insurance.com Des Toups.

"Sekarang mereka melihat fitur seperti 'menghindari tabrakan' pada model-model baru dan mendengar tentang mobil Google ada di jalan-jalan di beberapa tahun. Sebuah mobil otonom bukan fiksi ilmiah lagi," tambahnya.

Tapi dalam penelitian ini sekitar 60 persen dari 2.000 pengendara yang memiliki SIM tetap skeptis bahwa komputer akan mampu dalam waktu dekat untuk menyamai kemampuan mengambil keputusan pengendara manusia.

Lebih dari itu, sekitar 75 persen mengatakan kalau mereka akan ragu-ragu untuk membawa mobil autopilot untuk membawa anak-anak mereka ke sekolah, terutama ketika ketidakhadiran mereka.


Caparo T1 Evolution, Mobil Formula 1 di Jalanan

Caparo T1 Evolution, Mobil Formula 1 di JalananLondon - Menikmati balapan mobil Formula 1 di sirkuit pasti menyenangkan. Namun jangan salah, Anda juga bisa memilikinya lho.

Contohnya lihat saja mobil sport dari Inggris ini. Menelisik bentuk tubuhnya saja, mobil yang dinamakan Caparo T1 ini pasti terinspirasi dari mobil-mobil jet darat.

Nah setelah sekian lama mengembangkan model T1 original yang memiliki kekuatan sampai 575 daya kuda, Caparo kini menyiapkan T1 yang lebih garang lagi yakni T1 Evolution.

Tenaganya meningkat drastis mencapai 700 daya kuda, setara dengan mesin-mesin buatan McLaren atau Lamborghini.

"Jika Anda memutuskan Caparo T1 Evolution adalah untuk Anda, maka Anda akan menjadi bagian dari komunitas yang kecil dan sangat eksklusif," rayu Caparo di situs resminya sambil memperlihatkan foto teaser dari T1 Evolution.

Peningkatan tenaga tadi diperoleh Caparo dengan melakukan konfigurasi ulang pada mesin.

Untuk menangani tenaga yang lebih besar, Caparo juga melakukan perubahan pada suspensi, sasis dan aspek aerodinamika kendaraan.

Sementara untuk aspek keamanan, ada ABS dan stability control untuk menjaga semua hal tetap dalam kontrol pengemudi.


Tesla Akhirnya Boleh Pakai Nama Sendiri di Tiongkok

Tesla Akhirnya Boleh Pakai Nama Sendiri di TiongkokBeijing - Setelah bersengketa, produsen mobil listrik Tesla akhirnya bisa mendapatkan merek mereka di Tiongkok. Tesla, seperti halnya Apple, kini bisa mengembangkan mereknya di Tiongkok yang merupakan pasar mobil terbesar di dunia.

Tesla mengatakan kalau mereka telah menyelesaikan merek dagang mereka di Tiongkok untuk menghilangkan potensi Tesla untuk berkembang di sana.

Sebelumnya, Tesla sembat digugat di Tiongkok karena merek Tesla sudah lebih dahulu dipatenkan oleh perusahaan lokal.

Sebelumnya Tesla memang tidak bisa menggunakan nama merek mereka di Tiongkok karena merek Tesla telah dimiliki oleh salah satu perusahaan China, Baosheng Zhan. Merek Tesla telah didaftarkan oleh Baosheng Zhan pada 2009 lalu untuk nama sebuah mobil penumpang. Dia sendiri sebelumnya enggan menyerahkan merek itu pada Tesla.

Tesla lalu menawarkan mobil sedan listriknya masih dengan memakai nama Tesla. Tesla juga baru membuka showroom mereka di Beijing dan mulai menerima pesanan dari masyarakat dalam situs berbahasa Tiongkok.

Akibat hal itu, Zhan pun menggugat Tesla dan meminta Tesla menutup showroom-nya, pusat layanan hingga fasilitas charged di sana.

Tesla juga diminta untuk menghentikan aktivitas penjualan dan pemasaran di negeri tersebut serta membayar kompensasi hingga 23,9 juta yuan.
Halaman 1 2 »

Tanggapan Raja Diesel Soal Pembatasan Solar Subsidi

Tanggapan Raja Diesel Soal Pembatasan Solar SubsidiJakarta - Perbincangan yang sedang hangat di masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta adalah pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Selain premium subsidi, solar subsidi juga dibatasi dibeberapa tempat.

Lalu apa tanggapan dari Isuzu, sebagai produsen mobil yang dikenal dengan julukan Raja Diesel?

GM Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Edy Jusuf Oekasah mengatakan, pihaknya tetap mengikuti peraturan yag telah ditetapkan pemerintah, apalagi masalah solar yang sedang dibatasi di beberapa wilayah.

"Kita ikut saja, yang terpenting adalah ketika solar subsidi itu dicabut dan harus berganti ke yang non-subsidi, kita sebagai pabrikan sudah sangat siap," jelas pria yang akrab disapa Oje saat dihubungi detikOto, Kamis (7/8/2014).

Dijelaskannya, dari segi teknologi dan juga kendaraan, Isuzu sudah sangat siap menyambut era yang lebih baik karena dari teknologi, Isuzu sudah didukung dengan infrastruktur yang modern.

Selain itu, menurut Oje jika ditanya apakah ada dampaknya terhadap penjualan jawabannya pasti ada tapi hanya sebentar. Hal itu sama seperti beberapa waktu lalu ketika BBM naik dan beberapa kebutuhan lainnya ikut naik.

"Masyarakat mungkin hanya shock 1 atau 2 bulan saja, kedepannya normal lagi. Apalagi pembatasan solar subsidi sekarang ini tidak akan lama dan hanya berlaku di jam-jam tertentu saja, jadi saya rasa tidak akan selama itu shock-nya," katanya.


Soal 2 Motor Baru, Yamaha: Pasti Bikin Heboh!

Soal 2 Motor Baru, Yamaha: Pasti Bikin Heboh!Jakarta - Produsen motor Yamaha diam-diam tengah mempersiapkan dua model baru. Ketika disinggung mengenai hal itu, Yamaha mengelak dan mengatakan kalau itu adalah rahasia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yamaha diketahui tengah diam-diam tengah mempersiapkan motor baru untuk pasar Indonesia. Bukan hanya 1, tapi 2 model sekaligus.

Hal itu terlihat dari aplikasi motor baru yang dimasukkan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ke kementerian perindustrian. Ada dua model yang mereka daftarkan yakni motor berkode Yamaha DG20 dan Yamaha RN29.

Tapi ketika hal tersebut disinggung ke GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, Eko Prabowo, dia tidak membantah, tidak pula mengiyakan. "Rahasia," cetusnya kepada detikOto.

Belum diketahui kode-kode tadi sebenarnya untuk motor apa. Tapi banyak rumor berhembus di internet kalau Yamaha DG20 merupakan kode dari motor 250 cc milik Yamaha kalau tidak YZ250 atau WR250. Sementara Yamaha RN29 diprediksi adalah motor besar Yamaha MT-09 yang merupakan motor bermesin 847 cc.

"Belum bisa diomongin," elaknya lagi.

Meski begitu, tidak diketahui apakah rumor-rumor itu terbukti dan kapan kedua model itu akan dimasukkan ke Indonesia. Namun setidaknya kedua motor itu tidak akan dirilis tahun ini di Indonesia.
Halaman 1 2 »

Daimler Suplai Komponen Mobil Mewah ke Aston Martin

 Daimler Suplai Komponen Mobil Mewah ke Aston MartinMunich - Dua pabrikan mobil mewah beda negara, Daimler dan Aston Martin makin erat saja sepertinya. Daimler mengumumkan kalau mereka akan menyuplai komponen listrik atau elektronik untuk mobil-mobil Aston Martin.

Sebagai kompensasinya, seperti dilansir dari Reuters, Daimler akan mendapatkan saham yang lebih banyak di Aston Martin. Daimler mendapat tambahan satu persen saham non-voting. Sehingga total saham yang dimiliki Daimler di Aston Martin mencapai 5 persen.

Hasil negosiasi yang diteken kedua belah pihak pada 31 Juli merupakan bagian dari perjanjian teknis antara Daimler dan Aston Martin sejak 2013 lalu.

Pada bulan Juli 2013, Daimler lewat Mercedes-AMG sepakat untuk membangun dan menyuplai mesin-mesin mobil sport V8 untuk Aston Martin.

Dengan adanya kerja sama ini makin menguatkan kesan kalau Aston Martin akan menggunakan teknologi yang dimiliki Daimler untuk membangun mobil SUV dan mobil mewah.

SUV kemungkinan akan mengambil basis dari GL Class sedangkan mobil sport mewah kemungkinan akan menggunakan platform dari Mercy SLK dan Mercy SL.


Berapa Konsumsi Motor Skutik Saat Dibawa Mudik?

Berapa Konsumsi Motor Skutik Saat Dibawa Mudik?Jakarta - Otolovers, dua tim detikOto beberapa waktu lalu melakukan perjalanan mudik menggunakan motor skutik melalui jalur Pantura. Selain menguji performa mesin dan suspensinya, detikOto juga mengulas konsumsi bahan bakar minyak skutik itu.

Dari hasil uji coba sejauh 234,3 km dari Jakarta ke Cirebon, skutik yang dikendarai detikOto, Yamaha X-Ride ternyata membutuhkan 5,9 liter bahan bakar minyak. Artinya konsumsi BBM Yamaha X-Ride adalah 1 liter untuk menjangkau jarak 39,7 km.

Dalam uji coba ini kami menggunakan metode full to full. detikOto mulai mengisi penuh tangki BBM dari Kalimalang, Jakarta Timur dan skutik diarahkan ke Cirebon, Jawa Barat sampai bahan bakar minyak di tangki habis.

Sebelum keberangkatan odometer 3.258,4. Dan odometer setelah bensin habis 3.494,7. Skutik Yamaha-X-Ride menempuh perjalanan sejauh 234,3 km.

Nah, tidak ada perlakuan secara khusus. detikOto berkendara seperti pemudik lainnya dengan kecepatan bervariatif. Bahkan skutik Yamaha X-Ride sempat menyentuh kecepatan 100 km/jam.

Dalam perjalanan pulang kampung, skutik offroad andalan Yamaha itu melintasi jalan mulus, rusak, bergelombang dan berlumpur. Tak jarang skutik dibawa 'stop and go' ketika terjebak di kemacetan di ruas jalan Pantura, sehingga membutuhkan lebih banyak bensin. Jika kondisi jalan lancar selongsong gas diputar sampai mentok.

Dari hasil uji coba, skutik menawarkan nilai fungsional terbaik. Untuk pulang kampung kendaraan ini sangat ok karena postur tubuhnya cukup tinggi dan cocok untuk medan semi offroad.




Ditemani Pebalap Subhan Aksa, Hyundai Luncurkan 3 Mobil di Makassar

Ditemani Pebalap Subhan Aksa, Hyundai Luncurkan 3 Mobil di MakassarMakassar - PT Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan 3 varian teranyarnya di kota Anging Mammiri, Makassar, yakni Hyundai H-1, Tucson dan Grand i10, di Trans Studio Makassar.

Peluncuran ini dihadiri Presdir PT Hyundai Indonesia Mukiat Sutikno dan CEO Bosowa Automotive Subhan Aksa, selaku sales distributor Hyundai di Makassar.

Menurut Mukiat dalam jumpa pers, Kamis (7/8/2014) menyebutkan ketiga varian baru Hyundai ini lebih dulu diperkenalkan di Jakarta pada April dan Juni lalu, lalu diperkenalkan di Makassar sebagai barometer pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Indonesia.

"Kami menawarkan pada konsumen Hyundai kenyamanan dan keamanan berkendara, layaknya mobil Eropa, ketiga varian baru ini didesain Thomas Buerkle, bekas desainer BMW, kami tidak mau jor-joran diskon seperti produk lain, ada harga ada kualitas," pungkas Mukiat.

Mukiat menambahkan Hyundai Grand i10 sebenarnya merupakan mobil dengan konsep baru penerus Hyundai i10 yang sudah lebih dulu dipasarkan.

Hyundai Grand i10 sebenarnya pertengahan tipe i10 dan tipe i20, atau Hyundai i15. Namun karena momennya bersamaan dengan Piala Dunia di Brasil lalu, Hyundai sebagai sponsorship resmi tetap mempertahankan angka 10, sebagai angka keramat yang kerap dipakai sang playmaker. Tema Playmaker diharapkan bisa menjadi pilihan konsumen muda, usia 25 sampai 35 tahun, yang tinggal di perkotaaan.

Sementara itu, menurut Subhan sebagai distributor Hyundai berharap ketiga varian baru Hyundai ini diterima baik oleh pasar otomotif Makassar. Pihaknya menargetkan ketiga model baru ini terjual sebanyak 60 unit per bulannya.

Subhan yang juga pereli internasional ini mengagumi desain mobil Grand i10. Desainnya yang modern sangat pas untuk didandani sesuai keinginan pemiliknya.

"Di kelas rally WRC, kakaknya Grand i10, yaitu Grand i20, sudah 2 kali naik podium, DNA mobil ini pasti turun ke adiknya, desainnya pas untuk racing atau dimodifikasi bagi yang minat," pungkas Ubang.

Sementara itu, untuk pasar otomotif Makassar, Hyundai menjual tiga model barunya dengan banderol, Hyundai Grand i10 dari kisaran Rp 165 juta sampai Rp 207 juta, Tucson Rp 395 juta hingga Rp 427 juta dan Hyundai H1 dengan harga Rp 544 juta.