Wednesday, February 4, 2015

Vespa Jadul ala Lamborghini

Vespa Jadul ala Lamborghini Jakarta - Mimpi punya kendaraan mewah Lamborghini, masbro yang satu ini mengolah Vespa jadul menjadi mirip sebuah mobil Lamborghini Reventon. Setidaknya bagian pantatnya.


Keterangan Foto :
Si Lambo sudah memiliki setir, kaca spion, dan roda pastinya. Namun entah kecepatannya apa bisa tembus seperti Reventon. Bodi mobil eh motor dibuat mirip seperti bodi karbon pada Reventon. (Foto: Fahmi Maulana).

Polisi Dubai Kepincut Lexus Paling Kencang

Polisi Dubai Kepincut Lexus Paling KencangDubai - Anda tahu mobil Lexus paling kencang saat ini apa? Ya, jawabannya adalah Lexus RC F. Mobil yang memiliki performa tinggi ini ternyata berhasil memikat perhatian polisi Dubai.

Dilansir laman Autoevolution, Kamis (5/2/2015) memang sudah tidak asing lagi bagi polisi Dubai mengendarai mobil-mobil canggih dan super kencang. Karena, polisi Dubai sudah memiliki armada seperti merek Ferrari, Lamborghini dan lain sebagainya.

Tapi, setelah melihat Lexus RC F, kepolisian Dubai juga tergiur. Bahkan, sudah ada 2 unit di antaranya Lexus RC F dan Toyota Land Cruiser yang sudah menggunakan corak dan atribut kepolisian Dubai.

Jika nanti mobil terkencang Lexus itu resmi menjadi armada polisi Dubai, maka akan digunakan untuk mengejar penjahat. Tidak seperti mobil super seperti Ferrari dan Lamborghini serta merek lainnya yang hanya digunakan untuk berpatroli di tempat-tempat wisata.

Lexus RC F itu sendiri menawarkan performa dan kestablian yang ditujukan untuk memberikan kesenangan dalam berkendara. Para teknisi Lexus berhasil menciptakan sebuah Sports Coupe yang nyaman dikemudikan sehari-hari namun memiliki DNA race-ready.

Untuk menghasilkan performa maksimal, mesin pada Lexus RC F dilakukan tunning ulang agar sesuai dengan karakter Sports Coupe.

Menggunakan mesin V8 naturally aspirated berkapasitas 5.000 cc dan menghasilkan tenaga dahsyat hingga 470 hp ,serta torsi maksimal 530 Nm yang tersedia mulai putaran mesin 4.800 rpm. Dengan performa tersebut, RC F mampu menembus angka 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam waktu 4,4 detik.




(ady/ddn)

Ini Dia Mitsubishi Outlander Sport Paling Ganas

Ini Dia Mitsubishi Outlander Sport Paling Ganas Jakarta - Mitsubishi Motors North America, Inc (MMNA) telah memperkenalkan versi garang dari Outlander Sport model tahun 2015. Dikatakan paling garang karena tenaga yang dihasilkan oleh Outlander Sport itu lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya.


Keterangan Foto :
Dalam keterangan resminya, Kamis (5/2/2015) Mitsubishi telah menyematkan mesin 2.4-liter MIVEC, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 168 hp atau tenaganya meningkat 20 hp dibandingkan model sebelumnya yang menggunakan mesin 2.0-liter. Pool/dok mitsubishi.

Ini Alasan Indomobil Gandeng Furukawa

Ini Alasan Indomobil Gandeng FurukawaPurwakarta - Indomobil Group kini mulai berkerja sama dengan perusahaan aki asal Jepang, Furukawa Battery untuk memproduksi dan memasarkan aki di Indonesia. Diyakini, menjamurnya sepeda motor dan mobil menjadi salah satu alasan Indomobil Group memasarkan produk aki di Indonesia.

Menurut Presdir Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo, ada dua alasan mengapa pihaknya menggandeng Furukawa Battery. Pertama, sepeda motor dan mobil di Indonesia merupakan produk yang semakin berkembang pesat.

"Pertama Indonesia ini sudah banyak sepeda motor dan mobil. Ada 85 juta sepeda motor yang berarti setiap 2 tahun sekali ganti akinya. Lalu mobil sekarang Indonesia ada sekitar 8 juta mobil dan truk yang juga setiap 2 tahun harus ganti baterai dan ini akan terus berkembang," kata Jusak dalam sambutan di peresmian Furukawa Indomobil Battery Manufacturing di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (5/2/2015).

Selain itu, aki juga menjadi salah satu unsur penting di semua bidang. Terlebih di bidang otomotif.

"Baterai juga diperlukan untuk semua segi kehidupan. Mulai dari rumah tangga, aksesoris, sepeda motor, mobil, kereta api sampai satelit perlu baterai. Itulah kenapa kami serius menggarap industri baterai ini," tambah Jusak.

Hal kedua, kata Jusak, produk Furukawa Battery sudah didirikan sejak 1914. Karena sudah lama bergelut di bidang aki kendaraan, Furukawa dipercaya Indomobil Group untuk dipasarkan di Indonesia.

"Kedua, Furukawa baterai ini didirikan 1914. Tidak banyak perusahaan yang bisa lebih dari 100 tahun. Selama 100 tahun tentunya banyak improvement sehingga menghasilkan baterai yang maksimal dan terpercaya. Itu sebabnya kita joint venture dengan Furukawa," tuturnya.

Mulai hari ini, Kamis (5/2/2015), PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing resmi membuka pabrik aki di kawasan industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik yang dibangun selama 7 bulan ini mampu memproduksi lebih dari satu juta unit baterai per tahunnya.


(rgr/ddn)

Ngebut Cara Efektif Hindari Begal Motor?

Ngebut Cara Efektif Hindari Begal Motor?Jakarta - Sebagian pengendara motor mungkin setuju, salah satu langkah untuk menghindari begal atau perampokan motor dengan melajukan motor sekencang-kencangnya alias ngebut. Hmm, kira-kira benar tidak ya Otolovers?

Rupanya hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan hal ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya.

"Itu seperti yang saya katakan. Kita harus mempelajari imu defensif riding. Memilih rute, mengetahui kondisi badan, kondisi motor, tidak menarik perhatian dan lain-lain," ujar pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi detikOto.

"Tapi kalau berkendara berkecepatan tinggi, itu harus banyak yang diperhatikan lagi. Karena ini bisa membahayakan juga (bisa terjadi tabrakan-Red)," tambahnya.

Dirinya menuturkan karena saat pengendara motor berkendara dengan cepat, keseimbangan motor menjadi hal yang harus diperhatikan.

"Keseimbangan harus diperhatikan jika memang seperti itu (menghindari begal motor dengan meng-ngebut). Ini berisiko terhadap kecelakaan, jadi pengendara harus bisa mengatur kecepatan mereka," katanya.

Namun dirinya mengingatkan, jika merasa ada yang mengikuti Anda di saat berkendara disarankan untuk menghampiri jalur yang ramai, atau berhenti di tempat yang ramai, jangan memaksa diri untuk berkendara.





(lth/ddn)

Konsumen Mazda2 Umurnya Rata-rata 30-40 Tahun

Konsumen Mazda2 Umurnya Rata-rata 30-40 TahunJakarta - Sejak dipasarkan di triwulan IV-2014 hingga saat ini mobil hatchback keluaran Mazda, Mazda2 telah terjual dan terpesan 2.000 unit. Rata-rata pembelinya, masyarakat berusia 30 - 40 tahun.

"Porsi konsumen usia seperti itu, yang terbanyak atau mayoritas," tutur Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana, di Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Namun, Astrid menegaskan, pihaknya tidak pernah memberikan batasan segmen pasar yang dibidik berdasar usia. Namun, fakta di pasarlah yang membuktikan bahwa peminat terbesar All New Mazda 2 itu berusia pada rentang tersebut.

"Itu fakta. Tapi kami tidak pernah membatasi berdasar usia, karena akan terlalu sempit," paparnya.

Selain itu, meski hatchback bermesin 1.500 cc tersebut memiliki gaya desain urban dan dinamis, dan banyak yang menilai sebagai kendaraan orang muda, namun tak sedikit pula konsumen berusia di atas 40 tahun yang membelinya.

"Karena dalam memilih mobil itu juga tidak terlepas dari selera, atau passion. Jadi kita tidak bisa membatasi," paparnya.

Dan yang pasti, lanjut Astrid, dalam merdesain dan memproduksi mobil, Mazda memiliki filosofi Jinba-Ittai, artinya antara mobil dan penggunanya adalah satu kesatuan. Artinya, mobil bukanlah sekadar sarana transportasi bagi seseorang untuk mebawanya dari satu ke tempat lainnya.

"Tetapi mobil juga harus menjadi bagian dari gaya hidup atau bahkan dari para penggunanya," ucapnya.

Oleh karena itu, baik teknologi maupun fitur pendukung kenyamanan dan keamanan yang ada di mobil Mazda, termasuk Mazda 2, dirancang untuk mewujudkan filosofi tersebut.

Oleh karena itu, Astrid menilai wajar jika konsumen dari berbagai latar belakang usia yang berminat untuk membeli All New Mazda 2. Mereka tak hanya bermukim di kota-kota besar, tetapi juga kota-kota lainnya.

(arf/ddn)

Marak Aksi Begal, Pengendara di Kota Harus Belajar dari Pengendara di Desa

Marak Aksi Begal, Pengendara di Kota Harus Belajar dari Pengendara di DesaJakarta - Aksi begal motor meresahkan masyarakat di perkotaan, terutama mereka yang berkendara malam-malam atau dini hari. Menyikapi hal ini, pengendara di kota harusnya bisa lebih belajar pada pengendara di daerah pedesaan. Maksudnya?

"Kasus pembegalan mungkin bukan hal asing lagi buat pengendara di daerah. Namun ini menjadi satu hal baru yang meresahkan pengendara di perkotaan," kata pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi detikOto.

"Namun yang berbeda ialah pengendara daerah sudah mengetahui situasi ini dan lebih mengantisipasinya. Sedangkan pengendara di perkotaan itu lebih cuek, karena memang jarang sekali terjadi," tambahnya.

Sehingga menurut Jusri, pengendara di pedesaan lebih sensitif di saat berkendara dibandingkan pengendara perkotaan.

"Makanya pengendara perkotaan harus lebih sensitif saat berkendara. Dan mempersiapkan defensif berkendara," katanya.

Penasaran bagaimana defensif berkendara agara aman dari pembegalan? Tetap pantau detikOto ya Otolovers.


(lth/ddn)

Furukawa Resmikan Pabrik Aki di Purwakarta

Furukawa Resmikan Pabrik Aki di PurwakartaPurwakarta - Fasilitas produksi aki Furukawa Battery resmi dibuka di kawasan industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas ini dibangun di area seluas 66.000 meter persegi.

Tak tanggung-tanggung, pabrik ini menghabiskan investasi senilai Rp 600 miliar. Dengan dibangunnya pabrik baru ini, Furukawa akan memperkerjakan lebih dari 400 karyawan yang merupakan sumber daya manusia Indonesia.

Presdir Furukawa Indomobil Battery Manufacturing (FIBM) Shunji Ishizaki mengatakan, dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat dinamis di Indonesia, pihaknya melihat pasar domestik yang potensial. Untuk itu, FIBM sip mendukung kebutuhan produk aki untuk masyarakat Indonesia.

"Kami melihat pasar domestik yang sangat potensial khususnya dalam mendukung kebutuhan masyarakat akan tersedianya produk aki yang berkualitas sebagai komponen penunjang utama sebuah kendaraan bermotor. Permintaan terhadap produk-produk otomotif di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia. Oleh karena itu, fokus terhadap pasar lokal merupaka suatu keharusan," kata Ishizaki di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (5/2/2015).

Pabrik ini digadang-gadang menjadi pusat produksi kedua yang dibangun oleh Furukawa Battery di kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya, Furukawa sudah membuka pabrik pertama di wilayah Asia Tenggara di Thailand.

Pabrik ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang telah mengadopsi proses manufaktur terkini. Dikatakan, pabrik ini juga menerapkan teknologi yang ramah lingkungan dengan mengaplikasikan teknologi dust correction, water treatment, serta material recycling.


(rgr/ddn)

Ini Dia Mitsubishi Outlander Sport Paling Ganas

Ini Dia Mitsubishi Outlander Sport Paling GanasCalifornia - Mitsubishi Motors North America, Inc (MMNA) telah memperkenalkan versi garang dari Outlander Sport model tahun 2015. Dikatakan paling garang karena tenaga yang dihasilkan oleh Outlander Sport itu lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya.

Dalam keterangan resminya, Kamis (5/2/2015) Mitsubishi telah menyematkan mesin 2.4-liter MIVEC, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 168 hp atau tenaganya meningkat 20 hp dibandingkan model sebelumnya yang menggunakan mesin 2.0-liter.

Dijual dengan harga US$ 21.295 atau setara dengan Rp 269 jutaan, Outlder Sport paling sangar ini memiliki tampilan yang juga berbeda. Dimana bempernya dicat warna hitam, hal ini dilakukan untuk membedakan antara model yang biasa dengan model paling kencang.

Untuk Outlander Sport yang sudah dilengkapi dengan MSRP dan tambahan kursi listrik pada bagian pengemudi yang juga dibungkus bahan kulit, pedal alumunium dan lampu LED dijual dengan harga US$ 23.595 atau setara dengan Rp 298 jutaan.

Adapun untuk paket premium, Outlander Sport dilengkapi dengan sound system 9 speake, dual subwoofer, PremiDIA-WIDE® surround, dan Dolby®. Sementara untuk paket GT Touring ditambahkan fitur penambahan jok kulit dan fitur navigasi dengan 7 inci dan lain sebagainya.




(ady/ddn)

Furukawa Produksi Aki Basah untuk Indomobil

Furukawa Produksi Aki Basah untuk IndomobilPurwakarta - Mulai hari ini, Kamis (5/2/2015), Furukawa Indomobil Battery Manufacturing (FIBM) resmi membuka fasilitas produksi aki Furukawa. Pabrik baru ini berdiri di kawasan industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Jenis aki yang diproduksi di pabrik ini adalah tipe lead-acid battery (aki basah). Aki tersebut akan dipasarkan di Indonesia bulan April 2015 mendatang.

Aki yang diproduksi di Purwakarta, Jawa Barat ini diperuntukan bagi kendaraan roda dua dan roda empat di Indonesia. Furukuwa Battery memilih strategi bisnis yang fokus dalam memenuhi permintaan Indonesia dibandingkan dengan strategi ekspor.

Seluruh produk yang dikeluarkan FIBM telah dilengkapi dengan teknologi Anti-explode Vent Plug. Dengan teknologi itu, aki Furukawa akan menjamin keselamatan penggunanya.

Untuk memproduksi dan memasarkan aki, Furukawa Battery menggandeng Indomobil Group. Presdir FIBM Shunji Ishizaki menyatakan, kerja sama Furukawa Battery dengan Indomobil Group memungkinkan pihaknya untuk memasarkan produk akinya di Indonesia.

"Produk-produk Furukawa Battery juga akan digunakan pada kendaraan yang dirakit dan didistribusikan oleh grup Indomobil," tutur Ishizaki di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (5/2/2015).

Menurut Ishizaki, produk Furukawa Battery ini akan dijual di lebih dari 8.000 gerai distribusi. Jaringan distribusi tersebut tergabung dalam jaringan penjualan Indomobil Group.


(rgr/ddn)

6 Langkah Defensive Riding Hindari Begal Motor

6 Langkah Defensive Riding Hindari Begal Motor Jakarta - Pembegalan motor yang bisa merebut nyawa pengendara motor, harus segera dihentikan. Penting untuk mengetahui bagaimana caranya agar setiap pengendara terhindar dari kejahatan tersebut.

Nah kali ini pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, coba berbagi kepada Otolovers. Bagaimana melakukan defensif riding, yang bisa membuat pengendara tetap aman saat berkendara.

"Ini pentingnya sebuah defensif riding, terkadang pengendara terlalu cuek. Padahal ini bisa menjadi penyelamat pengendara disaat berkendara," kata Jusri.

Nah penasaran bagaimana langkah tepat untuk bisa menghindari pembegalan sepeda motor. Simak yang berikut ini ya Otolovers.

5 Tips Mengemudi dengan Aman Bagi Ibu Hamil

5 Tips Mengemudi dengan Aman Bagi Ibu Hamil Jakarta - Bayi Anda sebenarnya sudah terlindungi dengan aman di dalam kandungan. Namun, ibu hamil yang mengemudikan kendaraan tetap memberikan risiko bagi bayi di dalam kandungan, terutama jika terjadi tabrakan.

Karena itu, untuk menjamin keselamatan calon buah hati ketika mengemudi, ikutilah lima tips mengemudi dengan aman bagi ibu hamil berikut ini. Ingatlah, bahwa Anda adalah perlindungan utama bagi bayi di dalam perut.

Berkendara Aman di Musim Hujan ala Pebalap

Berkendara Aman di Musim Hujan ala PebalapJakarta - Tidak sama seperti berkendara dalam kondisi jalan kering, berkendara di saat hujan membutuhkan teknik khusus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama berkendara dalam kondisi jalan basah.

Duta Safety Driving yang juga pebalap nasional, Rifat Sungkar menuturkan, kecepatan yang ditempuh saat musim hujan harus dikurangi. Menurutnya, saat jalanan basah kecepatan mobil harus setengahnya dari kebiasaan berkendara pada jalan kering.

Kecepatan kita setengahnya dari jalan kering. Tapi kenyataannya kalau buru-butu orang enggak pakai teori itu," kata Rifat di Jakarta.

Untuk itu, persiapan manajemen waktu harus dilakukan pengemudi agar tidak terburu-buru. Soalnya, di musim hujan faktor yang mempengaruhi kemacetan jalan lebih mungkin terjadi.

"Manajemen waktu itu sangat penting apalagi hujan. Di musim ujan faktor X lebih tinggi," ujar Rifat.

Faktor kedua yang sering disepelekan adalah perawatan kendaraan. Menurut Rifat, kendaraan lama atau baru sama-sama memiliki risiko kecelakaan di musim hujan.

Untuk itu, disarankan agar selalu mengecek kendaraan. Mulai dari fungsi ban hingga rem harus selalu diperiksa secara rutin.
Halaman 1 2 »

(rgr/ddn)

16 Bulan Berkiprah di Indonesia, Tata Jual 1.000 Mobil

16 Bulan Berkiprah di Indonesia, Tata Jual 1.000 MobilJakarta - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) pertama menginjakkan kakinya di pasar otomotif nasional pada September 2013 lalu. Sepanjang TMDI di Indonesia penjualan yang diraihnya terbilang bagus. Sepanjang 16 bulan, TMDI berhasil menjual 1.000 unit mobil.

Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta menyatakan, dengan angka penjualan mencapai 1.000 unit tersebut, Tata Motors berhasil menduduki posisi ke-17 dari 41 merek kendaraan di Tanah Air. Tata Motors sangat agresif dan serius di Indonesia, sehingga produk-produk Tata Motors terbukti diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

"Dengan pencapaian angka penjualan 1000 unit, produk-produk Tata Motors diharapkan terus menunjukkan tren penjualan positif. Untuk ke depannya, kami akan menjaga tren ini dengan melakukan penyegaran dan inovasi baru terhadap produk kami selanjutnya," ungkap Biswadev.

Tata Motors di Indonesia memasarkan Tata Aria, Tata Vista dan Tata Safari Storme di segmen mobil penumpang. Pada segmen kendaraan niaga, TMDI memasarkan Tata Xenon RX, Tata Super Ace dan Tata Ace EX2.

"Tata Super Ace kami yang bermesin diesel 1.400 cc dengan kapasitas beban 1 hingga 1,5 ton telah mendapat respons yang baik dari pasar. Kami juga sudah menjawab kebutuhan masyarakat pedesaan Indonesia dengan meluncurkan Tata Ace EX2, kendaraan pikap mini diesel 700 cc pertama di Indonesia pada bulan September 2014. Tata Ace EX2 adalah kendaraan yang memiliki biaya operasional dan kepemilikan yang rendah. Yang direkomendasikan untuk komunitas UKM. Belajar dari pengalaman di India, Tata Ace EX2 juga cocok untuk meningkatkan tumbuhnya entrepreneur baru di Indonesia," bebernya.

Biswadev menambahkan, dengan tercapainya angka penjualan ini, TMDI berniat akan terus melakukan ekspansi bisnis, antara lain dengan mengembangkan jaringan dilernya di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, TMDI tidak hanya fokus di Pulau Jawa Bali saja, namun jaringan dealer resmi Tata Motors dalam waktu dekat akan merambah Pulau Sumatra yakni Pekanbaru, Medan dan Lampung. Pada 2015, 20 diler 3S (Sales, Service, Spareparts) Tata Motors siap melayani konsumen.


(ady/ddn)

Buktikan Bukan Sekadar Alat Transportasi, Mazda Uji Mazda2 24 Jam Nonstop

Buktikan Bukan Sekadar Alat Transportasi, Mazda Uji Mazda2 24 Jam NonstopJakarta - PT Mazda Motor Indonesia menggelar uji ketahanan dan kenyaman All New Mazda 2 selama 24 jam keliling Jakarta. Pengujian ini sekaligus untuk membuktikan bahwa hatchback bermesin 1.500 cc, itu bukan sekadar alat transportasi belaka.

"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kampanye Be Alive untuk mengingatkan akan keasyikan berkendara khas Mazda," tutur Senior Marketing Manager Mazda Indonesia, Astrid Ariani Widjana, di Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Maklum, dalam pengujian ini penguji yang terdiri dari para jurnalis dan pengguna Mazda mengendarai generasi paling gres Mazda2 itu di kondisi jalanan Jakarta yang sebenarnya. Mereka mengemudi di jalanan saat macet di sore dan pagi hari, siang hari, malam, hingga dini hari.

Dengan mengetes di berbagai kondisi jalan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan kenyamanan dan keamanan mobil hatchback tersebut.

Selain itu, kemampuan akselerasi, manuver, hingga berbagai fitur kenyamanan dan keamanan juga bisa dibuktikan, Begitupun dengan peran dan fungsi fitur Eco Drive yakni start/stop.

"Apalagi, mesin mobil tidak dimatikan hingga 24 jam, artinya nonstop," papar Astrid.

Sementara, Presiden Direktur Mazda Indonesia, Keizo Okue, menyebut pengujian ini merupakan pembuktian dari nilai yang diusung oleh Mazda dalam menciptakan mobil. Filosofi itu adalah, Hashiru Yonokobi.
Halaman 1 2 »

(arf/ddn)

Lambo Jangkrik, Mobil Lambo dari Vespa Jadul

Lambo Jangkrik, Mobil Lambo dari Vespa JadulJakarta - Mimpi punya kendaraan mewah Lamborghini, masbro yang satu ini mengolah Vespa jadul menjadi mirip sebuah mobil Lamborghini Reventon. Setidaknya bagian pantatnya.

“Lambo yang belum beres di make up ini lumayan kenceng larinya sampe mobil yang kami tumpangi kejar-kejaran cuma mau ambil gambar dari deket,” ujar Fahmi Maulana, pengirim Street Shot ini.

Fahmi pun menyebut mobil Vespa ini sebagai Lambo Jangkrik. Si Lambo sudah memiliki setir, kaca spion, dan roda pastinya. Namun entah kecepatannya apa bisa tembus seperti Reventon. Bodi mobil eh motor dibuat mirip seperti bodi karbon pada Reventon.

Roadster Reventon diperkenalkan Lamborghini sebagai mobil konsep pada Frankfurt Motor Show tahun 2009 lalu.



Mobil sport itu mengusung mesin berkapasitas 6.500 cc 12 silinder yang dapat melontarkan tenaga 493 kw atau 670 Ps. Mobil dapat menempuh jarak 0-100 km dalam 3,4 detik.

Dan lebih dasyatnya lagi mobil Lamborghini Reventon Roadster bisa ngebut mencapai kecepatan 330 km per jam.

“Cukup kreatip juga bro, jangan lupa diselesaikan ya bro. Salut,” ujar Fahmi.


(ddn/ddn)

Mobil dengan Mesin Motor, Pria Komuter Sejati, Motor Murah Honda

Mobil dengan Mesin Motor, Pria Komuter Sejati, Motor Murah Honda Jakarta - Jangan anggap remeh kekuatan mesin motor. Meski memiliki kapasitas yang lebih kecil, mesin motor juga bisa digunakan di kendaraan roda empat. Mobil modern pun ada yang memasang mesin motor.

Setidaknya ada 10 mobil yang menggunakan mesin motor. Selain artikel soal mobil bermesin motor, pria Detroit yang tiap hari berjalan jauh 33 km bolak balik dari rumah yang akhirnya bisa membeli mobil juga menjadi artikel populer selama Rabu (4/2/2015) kemarin.

Berikut artikel populer detikOto:

Baru Beberapa Jam Dibeli, Mobil Berbahan Bakar Gas Ini Hangus Terbakar

Baru Beberapa Jam Dibeli, Mobil Berbahan Bakar Gas Ini Hangus TerbakarNew Delhi - Entah sebelumnya sang pemilik bermimpi apa, yang jelas seseorang asal India ini cukup apes. Bagaimana tidak, baru beberapa jam ia membeli mobil, Maruti Alto 800 CNG (bahan bakar gas) miliknya langsung terbakar.

Dilansir laman Rushlane dari Indian Express, Kamis (5/2/2015) mobil berbahan bakar gas itu tiba-tiba terbakar saat dikumudikan di jalan raya. Beruntung, ketika apinya masih kecil, pengemudinya langsung keluar dan mencoba untuk memadamkan api.

Karena api terus membesar, sang pemilik pun meminta mobil pemadam. Tapi sayang, ketika mobil pemadam datang, api sudah melahap habis mobil itu. Walhasil, mobil itu hangus terbakar dan yang tersisa hanya rangkanya saja.

Apesnya lagi, pihak diler belum memberikan jaminan untuk penggantian mobil. Dari laporan yang dikumpulkan oleh pihak kepolisian, mobil itu jelas tidak sengaja dibakar. Tapi sumber api masih belum diketahui, dugaan sementara terjadi kebocoran pada tabung gasnya itu.

Ketika para pewarta lokal mencoba menghubungi diler, manager dari diler tersebut masih menghindar dan tidak menggubris pertanyaan yang dilontarkan para wartawan setempat.




(ady/ddn)

Di Amerika, Honda HR-V Bakal Jadi Crossover Acura

Di Amerika, Honda HR-V Bakal Jadi Crossover AcuraDetroit - Di Amerika Honda HR-V sudah diperkenalkan pada Los Angeles Motor Show bulan Oktober lalu. Divisi mobil mewah Honda, Acura, kabarnya tengah melirik HR-V agar bisa menjadi crossover andalan mereka.

Hal itu dibocorkan Wakil Presiden Honda Amerika John Mendel dalam wawancara dengan Wards Auto.

“Crossover dengan basis Honda HR-V tengah kami pertimbangan dan cukup potensial,” ujarnya.

Dia enggan mengungkapkan lebih jauh mengenai rencana itu, namun crossover Acura itu akan ditempatkan di bawah Acura RDX, dan akan bersaing dengan Audi Q1, BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA.

Di Amerika, Honda HR-V menggunakan mesin 1.800 cc yang menghasilkan tenaga sampai 138 daya kuda. Mobil memiliki beragam pilihan transmisi dan sistem all wheel drive.


(ddn/ddn)

Lebih Dekat dengan Mobil Mungil Daihatsu Move

Lebih Dekat dengan Mobil Mungil Daihatsu Move Tokyo - Kei car atau mobil kecil di Jepang pangsa pasarnya mengalami peningkatan yang signifikan. Masing-masing produsen otomotif mulai memperkenalkan model terbaru dari kei car jagoannya.

Salah satunya adalah Daihatsu yang belum lama ini merilis model terbaru dari Move. Beruntungnya, kami mendapatkan kesempatan untuk menguji langsung Daihatsu Move ini di jalanan Jepang.

Seperti apa ketangguhan mobil kecil milik Daihatsu itu? Yuk simak bersama ulasannya di bawah ini!

Di Jalan Jangan Mudah Terpancing Emosi ketika Pengendara Lain Salah

Di Jalan Jangan Mudah Terpancing Emosi ketika Pengendara Lain SalahJakarta - Kelakuan pengguna jalan yang yang sering melanggar peraturan lalu lintas memang sering membuat jengkel. Emosi yang tidak tertahan pun kerap menjadi faktor penentu keselamatan berkendara.

Agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, kontrol emosi menjadi salah satu faktor penentu. Sebab, dengan mengontrol emosi keselamatan berkendara bisa terjamin.

“Memang kalau sebagai manusia kita menuruti sifat, semua orang pasti terpancing emosi. Tapi kalau kita belajar mengemudi dengan aman, kita harus berusaha menyelamatkan diri kita," kata instruktur mengemudi profesional yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Nugroho Respati di Jakarta.

Untuk itu, Yoyok menyarankan agar pengendara tidak terpancing emosi ketika orang lain berbuat salah.

Memang hal itu sulit diterapkan. Tapi jika tidak dimulai dari diri sendiri, keselamatan berkendara tidak akan terlaksana sampai kapan pun.

"Kalau kita menjumpai orang yg memancing emosi justru jangan terpancing. Biarkan orang lain meningkatkan resiko mereka. Memang sulit menunggu orang lain memulai tapi harus mulai dari diri kita untuk keselamatan kita sendiri," ujar Yoyok.

Sementara itu, Duta Safety Driving yang juga pebalap nasional, Rifat Sungkar menuturkan, orang-orang yang sudah beredar di jalan dan sudah memiliki SIM pastinya sudah dianggap dewasa. Logikanya, orang yang sudah dewasa sudah harus melakukan hal yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah sikap di jalanan.

"Orang yang udah punya title dewasa, pastinya orang harus berbuat lebih baik," ujarnya.




(rgr/ddn)

Ini Bocoran Tampang Toyota HiLux Generasi Terbaru

Ini Bocoran Tampang Toyota HiLux Generasi TerbaruSydney - Bagi Anda penggemar mobil pikap, khususnya Toyota HiLux, kabar gembira mulai berhembus dari ranah maya. Toyota Motor disebut-sebut segera meluncurkan generasi terbaru dari pikap tersebut, yakni All new Toyota HiLux pada tahun ini.

Seperti dilansir Autoblog Greece dan Drive, dari gambar-gambar yang beredar di media maya itu terlihat sekilas tampilan HiLux anyar itu mirip dengan saudaranya yang dijajakan di pasar Amerika, yakni Toyota Tacoma.

Pada bagian depan terlihat, generasi terbaru Hilux ini menggunakan grille yang lebih menonjol dan tegak dibanding bagian yang sama pada generasi sebelumnya, lampu utama lebih tajam dan intake udara besar.

Sementara untuk bagian belakang, lampu bentuk lampu lmengalami revisi desain, kendati ubahan itu terlihat sangat kecil. Ubahan juga terlihat pada bagian gagang pintu belakang yang berukuran lebih besar dan dilapis krom.

Namun, karena jumlah gambar yang tersaji masih minim, belum bisa dipastikan apakah gambar tersebut Toyota HiLux kabin tunggal atau ganda. Namun yang pasti, dari samping, depan, dan belakang terlihat lebih segar dibanding pikap sekelasnya.

Sedangkan ubahan di mesin hingga kini masih belum ada informasi yang pasti. Kendati begitu, kabar yang beredar menyebut, Toyota bakal menyempurnakan mesin diesel 3.000 cc sehingga bertenga lebih namun tetap efisien bahan bakar. Begitu pun dengan varian bermesin bensin.

Hingga kini, Toyota Motor belum memberikan komentar apapun terkait kemunculan sejumlah gambar tersebut.


(arf/ddn)

Mazda Sudah Jual 2.000 Unit Mazda2

Mazda Sudah Jual 2.000 Unit Mazda2Jakarta - Generasi terbaru hatchback besutan Mazda Motor, All New Nazda 2, diperkenalkan di Inonesia di ajang Indonesia International Motor Show 2014 September tahun lalu. Sejak itu hingga Januari 2015 mobil ini telah terjual 2.000 unit.

"Sejak pre-order September 2014 hingga akhir Januari lalu, pemesanan yang masuk ke kami sudah mencapai 2.000 unit lebih," tutur Senior Marketing Manager Mazda Motor Indonesia, Astrid Rijani Wijana, di Jakarta, Rabu (4/2/2015) malam.

Dari jumlah pesanan sebanyak itu, kata Astrid, yang sudah dikirim ke pembeli telah mencapai 800 unit.

Konsumen Mazda2 terbanyak masih dari Jabodetabek. Namun juga tak sedikit dari kota-kota besar lain di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar, Medan, dan lainnya.

Pengiriman akan terus berlangsung lancar, karena produksi yang dilakukan oleh Mazda juga berlangsung secara normal dan masih sesuai dengan kapasitas produksi yang ada.

"Jadi untuk suplai sampai beberapa waktu mendatang tidak masalah," kata Astrid.

Menurutnya, semua pembeli dan calon pembeli mobil berkapasitas lima orang ini mengaku tertarik dengan kendaraan tersebut karena teknologi dan fitur penunjang keamanan dan kenyamanan.
Halaman 1 2 »

(arf/ddn)

Honda Siapkan Motor Murah Lagi

Honda Siapkan Motor Murah Lagi Manesar - Pasar sepeda motor di India kian tumbuh pesat. Terutama disegmen entry level. Meski sudah memiliki motor dengan harga murah, produsen sepeda motor Honda dikabarkan akan kembali membuat motor murah untuk pasar India.

Dilansir laman Ruslane dari Zauba, Rabu (4/2/2015) juru bicara Honda kembali angkat bicara tentang motor harga murah yang ditujukan untuk pasar domestik.

Rencananya, motor murah Honda itu akan dikembangkan di Research & Development Center di Manesar.

Kemungkinan besar, motor Honda berharga murah itu akan memakan waktu 2 tahun kedepan. Sayangnya, tidak ada rincian lengkap mengenai motor murah Honda itu.

Tapi berbagai spekulasi bermunculan, motor Honda berharga murah model terbaru itu akan memiliki tenaga 5,5 kW (7,47 PS) dan diharapkan akan memberikan efisiensi bahan bakar yang maksimal di kelasnya.


(ady/lth)

Mudahkan Pelanggan, Volvo Siapkan Pemasok Bahan Bakar Berjalan

Mudahkan Pelanggan, Volvo Siapkan Pemasok Bahan Bakar BerjalanJakarta - Terkadang sulitnya mencari stasiun pengisian bahan bakar memang cukup menjengkelkan. Dan menjawab permasalahan tersebut, Volvo dikabarkan tengah mengerjakan sistem pengiriman bahan bakar untuk konsumen secara mobile.

Sehingga setiap konsumen Volvo pun tidak perlu repot-repot menyambangi SPBU. Seperti dilansir Leftlanenews, Rabu (4/2/2015).

Mobil yang bisa mengisi bahan bakar sendiri bisa memantau tingkat bahan bakar. Secara otomatis, mobil itu meminta untuk mengisi bahan bakar dari pemasok bahan bakar secara mobile ketika tangki menipis.

Jadi, ketika tangki bahan bakar menipis, mobil Volvo akan mengirim pesan melalui ponsel pintar kepada pemasok bahan bakar mobile unuk datang dan mengisi bahan bakar. Dengan begitu, pemilik mobil ini tidak perlu lagi khawatir kesulitan mencari SPBU.

Pemasok bahan bakar akan memiliki kode keamanan yang unik untuk menyediakan akses ke tutup bahan bakar. Hal ini juga bisa mengurangi keterlibaan pemilik dalam proses pengisian bahan bakar.

Sayangnya, Volvo belum mau mengkonfirmasi laporan ini. Namun, pabrikan asal Swedia itu mengaku, fitur tersebut merupakan aplikasi yang unik dari teknologi yang sudah ada.

"Penggunaan ponsel pintar membuka potensi baru dalam apa yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan mobil dengan pelanggan," kata Kepala Teknologi Volvo Klas Bendrik, dalam pernyataannya.


(rgr/lth)

Awal Tahun, Honda Sudah Lego 16.855 Unit Mobil

Awal Tahun, Honda Sudah Lego 16.855 Unit MobilJakarta - Gembrakan Honda diawal tahun 2015 bisa membuat geger industri otomotif Indonesia nih. Terbukti di Januari 2015, Honda berhasil melego 16.855 unit mobil. Hmm, angka yang cukup fantastis bukan?

Dalam rilis yang diterima detikOto, Rabu (4/2/2015), "Penjualan di awal tahun 2015 ini menjadi awal yang sangat baik, permintaan pasar menunjukkan tren positif sementara produk-produk Honda juga terus diminati oleh konsumen," kata Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

"Terlebih penting lagi, penerimaan konsumen terhadap produk yang baru kami luncurkan seperti Honda HR-V dan New Honda CR-V juga sangat baik," tambah Jonfis.

Tercatat, Honda Mobilio tetap menjadi produk terlaris Honda di Januari 2015 mencapai 5.456 unit. Jumlah tersebut meningkat dibanding penjualan Desember 2014 sebanyak 1.134 unit.

Selanjutnya, Honda Jazz menjadi penyumbang terbesar kedua penjualan Honda dengan mencapai total penjualan sebesar 3.393 unit. Penjualan Honda Jazz meningkat dibanding Desember 2014 sebanyak 1.106 unit.

Tidak lupa produk terbaru Honda yaitu Honda HR-V langsung menyumbangkan penjualan sebesar 2.153 unit di bulan Januari, sesuai dengan pengiriman yang dilakukan Honda pada konsumen pertama HR-V pada 24 Januari 2015 kemarin.

Dan terhitung sejak pertama kali diperkenalkan di ajang International Indonesia Motor Show 2014 pada bulan September 2014, Honda HR-V juga berhasil menembus angka pemesanan 7.500 unit hingga akhir Januari 2015.
Halaman 1 2 »

(lth/ddn)

Balap Motor Listrik Resmi Digelar Tahun Ini

Balap Motor Listrik Resmi Digelar Tahun IniNew Jersey - eMotoRacing akhirnya bakal resmi digelar tahun ini. Dengan mendapat sponsor penuh dari Woodcraft Technologies, kabarnya ajang balap motor listrik pertama di dunia bakal digelar pada Juli 2015 besok.

Dalam motorcycle dikatakan, ajang balapan motor listrik ini akan berlaku untuk seluruh produksi atau prototipe motor listrik di Amerika.

Rencananya ajang balapan motor listrik ini akan digelar sebanyak 10 kali race (series). Dan pertama kali digelar pada 10-12 Juli 2015 di New Jersey Motorsports Park.

Tidak sampai disitu, Woodcraft Technologies juga akan menggelar 1 series untuk para pelajar universitas di Amerika dan Kanada. Dimana pemenangnya nantinya akan mendapatkan beasiswa sebesar US$ 1.000 dari Woodcraft Technologies.

Dan untuk informasi lebih lengkap mengenai eMotoRacing Series 2015, para pebalap bisa langsung menyambangi eMotoRacing.com ya.


(lth/ddn)

16 Bulan, Tata Motors Jual 1.000 Mobil di Indonesia

16 Bulan, Tata Motors Jual 1.000 Mobil di IndonesiaJakarta - Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) pertama menginjakan kakinya di pasar otomotif nasional pada September 2013 lalu. Sepanjang TMDI di Indonesia penjualan yang diraihnya terbilang bagus. Sepanjang 16 bulan, TMDI berhasil menjual 1.000 unit mobil.

Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI menyatakan, dengan angka penjualan mencapai 1.000 unit tersebut, Tata Motors berhasil menduduki posisi ke-17 dari 41 merek kendaraan di Tanah Air. Tata Motors sangat agresif dan serius di Indonesia, sehingga produk-produk Tata Motors terbukti diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

"Dengan pencapaian angka penjualan 1000 unit, produk-produk Tata Motors diharapkan terus menunjukkan tren penjualan positif. Untuk ke depannya, kami akan menjaga tren ini dengan melakukan penyegaran dan inovasi baru terhadap produk kami selanjutnya," ungkap Biswadev dalam keterangan resmi yang diterima detikOto, Rabu (4/2/2015).

Tata Motors di Indonesia memasarkan Tata Aria, Tata Vista dan Tata Safari Storme di segmen mobil penumpang. Pada segmen kendaraan niaga, TMDI memasarkan Tata Xenon RX, Tata Super Ace dan Tata Ace EX2.

"Tata Super Ace kami yang bermesin diesel 1.400 cc dengan kapasitas beban 1 hingga 1,5 ton telah mendapat respon yang baik dari pasar. Kami juga sudah menjawab kebutuhan masyarakat pedesaan Indonesia dengan meluncurkan Tata Ace EX2, kendaraan pikap mini diesel 700 cc pertama di Indonesia pada bulan September 2014. Tata Ace EX2 adalah kendaraan yang memiliki biaya operasional dan kepemilikan yang rendah. Yang direkomendasikan untuk komunitas UKM. Belajar dari pengalaman di India, Tata Ace EX2 juga cocok untuk meningkatkan tumbuhnya entrepreneur baru di Indonesia," bebernya.

Biswadev menambahkan, dengan tercapainya angka penjualan ini, TMDI berniat akan terus melakukan ekspansi bisnis, antara lain dengan mengembangkan jaringan dilernya di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, TMDI tidak hanya fokus di Pulau Jawa Bali saja, namun jaringan dealer resmi Tata Motors dalam waktu dekat akan merambah Pulau Sumatra yakni Pekanbaru, Medan dan Lampung. Pada 2015, 20 diler 3S (Sales, Service, Spareparts) Tata Motors siap melayani konsumen.


(ady/lth)

Begini Wujud dari Hyundai Tucson Model Terbaru

Begini Wujud dari Hyundai Tucson Model TerbaruSeoul - Produsen mobil Hyundai membocorkan desain All New Tucson untuk pertama kalinya di dunia maya. Masih berbentuk desain kasar, produsen otomotif asal Korea Selatan ini akan memamerkannya wujud aslinya diajang Geneva Motor Show yang digelar 3 Maret mendatang.

Dalam keterangan resminya, Rabu (4/2/2015) Chief Design Officer Hyundai Motor Group Peter Schreyer mengatakan, Tucson model terbaru akan hadir dengan desain yan berani, atletis dan banyak lekukan garis-garis tajam serta grill yang hexagonal.

"SUV kompak kami akan menjadi sebuah langkah besar bagi Hyundai dikancah global," ungkap Schreyer.

Kini penampilan SUV Tucson ini terlihat lebih sporty. Pada bagian depan, grill hexagonal yang menjadi ciri Khas Hyundai saat ini dipadukan dengan lampu depan sehingga menciptakan kesan yang kuat.

Disegmen SUV, Hyundai sudah banyak dipercaya oleh masyarakat dunia. Buktinya, di Eropa sejak diperkenalkannya Santa Fe untuk pertama kalinya di awal tahun 2000-an, Hyundai sudah dikenal kemampuannya di segmen mobil SUV.

Tidak banyak informasi yang diungkapkan Hyundai. Semuanya akan diumumkan Hyundai pada 3 Maret 2015 mendatang saat acara press conference di Geneva Motor Show 2015.


(ady/ddn)

Tua di Jalan, Orang Jakarta Bisa Habiskan 2 Bulan di Jalanan Setahun

Tua di Jalan, Orang Jakarta Bisa Habiskan 2 Bulan di Jalanan SetahunJakarta - 'Tua di jalan', kalimat itu mungkin yang pantas menggambarkan orang-orang Jakarta. Dengan bertambahnya kendaraan bermotor yang tidak dibarengi dengan pertumbuhan jalan, lalu lintas di Jakarta makin padat dari tahun ke tahun.

Jika satu orang menghabiskan waktu lama di jalanan, risiko kecelakaan akan semakin bertambah. Sebab, di jalan raya angka kecelakaan semakin tinggi dan semua pengguna jalan pasti memiliki risiko itu.

"Kita di jalan raya itu mengalami potensi suatu kecelakaan. Karena itu kan rutinitas sehari-hari itu, di jalan raya itu kan banyak kecelakaan jadi kita di jalan itu kita punya risiko kecelakaan yang tinggi," kata instruktur mengemudi profesional yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Nugroho Respati di acara Diskusi Media "Meningkatkan Keselamatan dan Efisiensi Berkendara" di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Menurut pria yang akrab disapa Yoyok itu, masyarakat Jakarta yang melakukan mobilitas sehari-hari banyak menghabiskan waktu di jalanan. Jika ditotalkan, satu orang di Jakarta bisa menghabiskan waktu 2 bulan di jalanan dalam satu tahun.

Dengan waktu yang dihabiskan di jalanan yang cukup lama, risiko kecelakaan terhadap seseorang pasti ada. Sebab, kata Yoyok, risiko kecelakaan itu tetap ada dan tidak bisa dihilangkan.

"Risiko kecelakaan tetap ada. Kita enggak bisa ngilangin, cuma bisa minimalisir," tuturnya.


(rgr/ddn)

Dari Kacamata Safety Driving, Tindakan Ichiro Salah

Dari Kacamata Safety Driving, Tindakan Ichiro SalahJakarta - Masyarakat Jakarta akhir-akhir ini mulai digemparkan oleh mobil Suzuki Vitara yang dikenal dengan Ichiro. Dengan berani, tak takut mobilnya rusak, pemilik mobil itu melakukan penertiban kepada pelanggar lalu lintas.

Namun, cara pemilik Suzuki Vitara yang sudah dimodifikasi menjadi mobil offroad dalam menertibkan pelanggar lalu lintas itu menuai kontroversi. Ichiro tak segan menabrak kendaraan pelanggar lalu lintas yang kebetulan lewat di hadapan Ichiro.

Tindakan itu pun dianggap salah jika dipandang dari teori safety driving. Sebab, safety driving mengajarkan bagaimana pengguna jalan bisa selamat sampai tujuan.

"Tapi dari safety driving itu sudah salah. Dia itu membahayakan dirinya sendiri. Bisa jadi dia enggak selamat sampai ke tujuan. Berbahaya, dia meningkatkan risikonya sendiri," kata kata instruktur mengemudi profesional yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Nugroho Respati di acara Diskusi Media "Meningkatkan Keselamatan dan Efisiensi Berkendara" di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Namun, pria yang akrab disapa Yoyok ini menganggap wajar hal itu. Sebab menurutnya, hal yang dilakukan Ichiro itu merupakan salah satu fenomena yang bisa saja terjadi di jalanan.

"Kita enggak bisa bilang itu salah. Itu memang fenomena yang bisa terjadi. Tapi dari sisi safety driving itu salah. Intinya itu kita bisa ke tempat tujuan dengan selamat," tutur Yoyok.

Soalnya, Yoyok menggambarkan, kalau di jalan raya itu seperti masuk ke rimba. Meski aturan sudah terpampang jelas, masih banyak orang yang melanggarnya.
Halaman 1 2 3 »

(rgr/ddn)

'Kalau Nyetir Tenang, Pasti Gak Bakal Seradak-seruduk'

Jakarta - Terburu-buru saat tengah nyetir di jalan kerap kali menjadi pemancing kecelakaan. Dengan berkendara yang terlalu agresif itu juga, bahan bakar yang diminum kendaraan akan semakin banyak.

Untuk itu, Duta Safety Driving yang juga seorang pebalap nasional, Rifat Sungkar menyarankan, ketika ingin berpergian ke suatu tempat manajemen waktu sangat diperlukan. Dengan cara itu, angka kecelakaan dan konsumsi bbm bisa ditekan.

"Manajemen waktu itu penting. Karena di Indonesia kondisi yang tidak diduga itu pasti ada. Makanya kita harus melakukan pekiraan waktu. Contohnya tadi ada tabrakan di Pasar Rebo dan macetnya sampai BSD, itu kan faktor X yang membuat jalan lebih lama. Nah hal itu yang membuat orang terburu," kata Rifat di acara Diskusi Media "Meningkatkan Keselamatan dan Efisiensi Berkendara" di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Menurut Rifat, konsep tiba tepat waktu di tempat tujuan itu penting. Namun yang lebih penting adalah berangkat lebih awal.

"Jadi datang sebelum waktunya. Kalau gitu orang enggak akan buru-buru," lanjut Rifat.

Bahkan, jika suatu perusahaan sudah menerapkan kebijakan tepat waktu itu, pastinya keselamatan bakal terjamin. Kendaraan pun akan lebih awet karena berkendara dengan hati-hati.

"Impact-nya berkendara kalau mereka rpmnya rendah pemiliknya pasti senang karena kendaraan lebih awet. kita bisa mendapatkan eco driving, safety driving," kata Rifat.

"Kalau tenang pasti bawa mobilnya enggak seradak-seruduk. Kalau kita cuma punya waktu sedikit untuk jalan ke tempat tujuan, enggal bakal itu kita kasih jalan ke orang lain," lanjutnya.


(rgr/ddn)

Ini Dia 10 Mobil yang Usung Mesin Motor

Ini Dia 10 Mobil yang Usung Mesin Motor Jakarta - Percaya tidak percaya, terkadang mesin terbaik itu datang dari sepeda motor. Hmm, benar seperti itu tidak ya?

Terbukti berbagai mobil terbaik hadir dengan mengusung mesin sepeda motor, seperti dilansir motorcycle. Nah penasaran mobil apa saja yang mengusung mesin sepeda motor? Yuk kita simak yang berikut ini.

Mobil Tanpa Sopir Milik Google Jadi Taksi Panggilan?

Mobil Tanpa Sopir Milik Google Jadi Taksi Panggilan?California - Raksasa internet terbesar di dunia, Google terus mengepakkan sayap bisnisnya. Setelah diketahui tengah mengembangkan mobil otonom atau mobil tanpa sopir, kini Google dikabarkan akan membuat layanan mobil panggilan yang mirip dengan Uber.

Dilansir laman Worldcarfans Rabu (4/2/2015) dalam mengembangkan layanan tersebut, Google dikabarkan akan menggunakan teknologi mobil tanpa sopir yang sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Google Chief Legal Officer and Uber Board Member David Drummond menginformasikan nantinya jika layanan tersebut sukses dikembangkan maka akan bersaing dengan layanan Uber.

Sementara itu, dalam waktu yang hampir bersamaan, Uber juga mengumumkan kerjasama dengan Universitas Carnegie Mellon untuk membuat teknologi mobil tanpa sopir.

Sayangnya, Google menolak untuk mengomentari kabar ini. Tapi berapa waktu lalu seorang ekselutif dari Google pernah mengatakan mobil tanpa sopir yang sedang dikembangkannya itu bisa digunakan secara umum, dimana Anda memanggil mobil akan dikirim kemana Anda ingin pergi.