Monday, February 3, 2014

Sedan Listrik Terbaru dari Eropa

Sedan Listrik Terbaru dari EropaJakarta - Tenaga listrik bagi banyak orang kini dianggap sebagai alternatif ketika menipisnya kenyataan kalau cadangan minyak bumi sudah di depan mata. Para produsen mobil pun berlomba-lomba untuk membuat mobil listirk mereka. Ini salah satu mobil listrik yang akan menggabungkan konsep mobil sport dan limusin.

Mobil ini adalah mobil buatan nanoFlowcell AG yang akan diberi label QUANT e-Sportlimousine ketika mereka perlihatkan resmi di Geneva Motor Show pada awal Maret mendatang.

Sang pembuat, nanoFlowcell AG, adalah sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan yang berbasis di Lichtenstein. Sebalum tampang mobil ini diperlihatkan secara resmi pada bulan depan, pabrikan ini pun mengguda publik dunia dengan memperlihatkan dua teasernya.

Sesuai dengan namanya, mobil ini cenderung akan memiliki tubuh panjang, 5,25 meter atau setara dengan Mercedes-Benz S-Class tapi dengan tampang dan aura yang lebih sporty.

Mobil yang akan mampu menampung 4 penumpang ini pun diklaim akan menawarkan kombinasi unik dari teknologi inovatif, desain futuristik dan sistem penyimpanan energi yang sama sekali baru yakni teknologi nanoFLOWCELL.

Toyota: Kami Yakin Konsumen Filipina Puas dengan Wigo

Toyota: Kami Yakin Konsumen Filipina Puas dengan WigoJakarta - Daihatsu dan Toyota sudah melakukan ekspor mobil Low Cost and Green Car (LCGC) Agya ke Filipina. Toyota menyakini masyarakat Filipina akan puas dengan kehadiran mobil tersebut di sana.

Managing Officer TMC, Hiroyuki Fukui mengatakan Toyota Group telah mempercayakan Indonesia sebagai basis manufaktur dan suplai untuk ekspor kendaraan CBU dan mesin ke lebih dari 80 negara.

"Toyota dan Daihatsu telah mengekspor lebih dari 138.000 kendaraan CBU dari Indonesia, lebih dari 80 persen dari total ekspor CBU. Kami yakin bahwa konsumen Filipina akan puas dengan mobil kompak dan terjangkau ramah lingkungan ini. Dengan menjadi yang pertama untuk mengekspor LCGC, kami sangat senang untuk berkontribusi pada industri otomotif Indonesia melalui kemajuan ekspor kendaraan," kata Hiroyuki Fukui dalam keterangan resmi, Selasa (4/2/2014).

Sebanyak Agya 500 unit per bulan akan diekspor ke Filipina dengan 3 tipe yakni manual yang terdiri dari 2 tipe dan 1 tipe lagi yang matik.

Pemilihan model Agya tentunya telah mempertimbangkan kebutuhan konsumen di Filipina dan mempelajari kendaraan terbaik yang cocok dengan pasar Filipina. Toyota Group yakin model berbasis Agya akan menerima respon yang baik dari konsumen Filipina.

Toyota dan Daihatsu akan terus bekerja terhadap pengembangan industri otomotif Indonesia, dengan kontribusi kepada kemajuan masyarakat dan masyarakat.


Tidak Akan Ada Lagi Kejar-kejaran Antara Polisi dan Penjahat

Tidak Akan Ada Lagi Kejar-kejaran Antara Polisi dan PenjahatJakarta - Di masa depan mobil akan makin canggih dan akan seperti di film fiksi ilmiah. Karena itu pula mobil akan sangat tergantung pengendaliannya pada komputer. Nah, di masa depan, bila mobil tidak mau berhenti ketika di tilang, polisi bisa secara komputerisasi untuk membuat mobil berhenti dan menepi.

Langkah mengagetkan itu menurut Auto Express muncul saat ada dokumen yang bocor dimana pada tahun 2020 mobi-mobil di Uni Eropa bisa dikendalikan oleh polisi dari jarak jauh.

Dengan begitu, di masa depan tidak akan ada lagi kejar-kejaran antara penjahat dan polisi seperti di film.

Dikabarkan, teknologi ini bisa siap pada awal tahun 2020 dan akan memungkinkan mobil penjahat yang tidak mau berhenti dihentikan hanya dengan menekan tombol dari seorang petugas yang bekerja di markas pusat.

Proyek ini merupakan salah satu dari beberapa prioritas utama yang dikerjakan oleh European Network of Law Enforcement Technology Services (ENLETS) yang merupakan unit kerjasama rahasia antar polisi di seluruh Uni Eropa.

"Mobil yang di jalankan bisa berbahaya bagi warga. Pelanggar Pidana akan mengambil risiko untuk melarikan diri setelah kejahatan. Dalam kebanyakan kasus, polisi tidak dapat mengejar kriminal karena kurangnya sarana efisien untuk menghentikan kendaraan dengan aman," tulis laporan itu.

Teknologi ini sebenarnya sangatlah masuk akal. Terlebih saat ini saja tiap mobil terbaru di Eropa sudah dipasangi berbagai teknologi terkini yang menyambungkannya dengan satelit. Porsi untuk komputer dan konektifitas di mobil pun diproyeksi akan makin besar dari saat ini.

Di akhir dekade, mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan manusia juga telah banyak diprediksi akan mulai dipasarkan.


Mobil dengan Mobil Bisa Bicara, Semakin Nyata

Mobil dengan Mobil Bisa Bicara, Semakin NyataJakarta - Akhirnya keputusan peraturan untuk bisa melahirkan teknologi baru yang bisa membuat mobil satu dengan mobil lainnya berbicara (Vehichle to Vehicle-(V2V)) semakin nyata.

Keputusan yang dikeluarkan The Departement of Transportation (DOT) dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika, mewajibkan kendaraan harus memiliki teknologi tersebut dimasa depan.

Ide dasar dari teknologi terbaru ini mewajibkan setiap kendaraan memberikan data kepada mobil lainnya. Seperti seberapa cepat mobil tersebut tengah melaju, memberitahukan posisi kendaraan hingga ratusan meter kepada mobil lain yang ada disekitarnya. Seperti dilansir autoblog, Selasa (4/2/2013).

Memang peraturan teknologi mobil masa depan yang akan diterapkan ini, tidak menyatakan mobil akan berkendara sendiri. Namun setiap kendaraan bisa dipastikan mengetahui keberadaan kendaraan lain yang ada, meski di sudut jalan dan akan mengingatkan Anda atas kehadiran mereka.

"Peringatan awal yang akan ditunjukan V2V bisa membantu pengendara untuk mengurangi potensi kecelakaan hingga 70-80 persen," ujar US Transportation Secretary Anthony Foxx.

Harapan besar jelas disampaikan NHTSA akan kebijakan yang mengatur adanya sebuah teknologi baru untuk setiap kendaraan masa depan ini.

"Saya percaya bahwa teknologi V2V ini akan mewakili kemajuan transportasi jalan raya, dan ini sangat tepat untuk pengembangan sistem dijalan raya," HTSA Acting Administrator David Friedman.

Sayang belum dipastikan kapan waktu yang tepat untuk bisa menerapkan teknologi terbaru kali ini. Namun kemungkinan peraturan terbaru ini baru akan terlaksana setelah mendapat persetujuan setiap produsen otomotif.


Tangan Nenek Diamputasi Setelah Terjepit Kap Mesin

Tangan Nenek Diamputasi Setelah Terjepit Kap MesinOregon - Kabar menyedihkan datang dari Oregon, Amerika Serikat. Seorang nenek harus di amputasi tangannya karena terjepit kap mesin mobil pikap. Dia tidak bisa berbuat banyak karena tidak ada yang mendengar terikannya.

Nenek tersebut adalah Joan Zuber (70). Sang nenek mengatakan tengah memperbaiki mesin kendaraannya. Tiba-tiba kap mesin terjatuh dan menimpa tangannya. Kejadian ini sangat mengerikan karena dia tidak bisa melepas diri dan terjebak sampai esok pagi.

Stasiun TV setempat melaporkan bahwa penduduk kota Clackamas itu terjebak dalam semalaman dalam cuaca dingin tanpa makanan atau air selama 18 jam di cuaca bersalju.

Dia baru ditemukan keesokan harinya ketika tetangga yang tengah berkuda mendengar dia menangis minta tolong.

Setelah ditemukan, sang nenek dilarikan ke rumah sakit. Dokter setempat mengatakan harus dilakukan pembedahan. Sayang Zuber harus kehilangan tangannya. Tidak disebutkan bagian mana yang diamputasi oleh dokter setempat.

Namun menurut putrinya, sang nenek terlihat tegar meski harus kehilangan tangannya.

"Dia mengatakan bahwa itu kejadian itu bukan yang buruk sehingga tidak mengejutkan saya. Dia berbuat baik dan semangatnya benar-benar ada," kata putri Zuber.



Nissan Juke Model Anyar Kejepret Kamera

Nissan Juke Model Anyar Kejepret KameraJakarta - Kendaraan crossover andalan Nissan, Juke belum lama ini berhasil tertangkap kamera saat tengah diuji di jalanan. Dari gambar yang tersebar di dunia maya itu bisa dipastikan kalau itu adalah versi facelift dari Juke.

Meski diselimuti kamuflase tapi bisa dipastikan kalau Juke versi terbaru ini akan mengalami perubahan pada bagian depan, ujung belakang dan beberapa perubahan kecil didalam kabin dan mungkin sedikit pada sektor jantung pacu.

Dari fasia depannya terlihat kalau bempernya mendapatkan desain ulang, grill depan yang baru yang akan membuatnya menyerupai generasi terbaru Nissan Qashqai.

Lampu depan sedikit dimodifikasi, lampu belakang juga berbeda, bemper belakang, spion dan roda.

Untuk jantung pacunya akan tersedia mesin 1.2 liter turbocharged yang juga tersedia pada Qashqai model terbaru.

Untuk diketahui, Nissan juke ini telah diproduksi sejak tahun 2010 lalu. Mobil ini dirakit di Jepang, Indonesia dan Inggris.


Datsun Go Mulai Diproduksi

Datsun Go Mulai DiproduksiChennai - Produsen mobil Datsun sudah mulai memproduksi hatchback murah mereka, Datsun Go di India. Di negeri Bollywood tersebut, Datsun Go akan mulai beraksi di jalanan pada bulan depan.

Low-cost hatchback milik Datsun itu sudah diproduksi di pabrik milik Renault-Nissan di Oragadam, Chennai, India. Datsun menurut rencana memamerkan versi produksi mobil ini di Delhi Auto Show yang akan digelar Maret mendatang.

Menurut Autocar India, booking akan segera mulai diterima oleh Datsun, sementara pengiriman akan dilakukan sesaat setelahnya.

Di India, mobil ini akan menjadi salah satu produk disamping MPV bernama Datsun Go+ dan hatchback lain yang nama dan tampangnya belum diketahui.

Datsun Go sendiri memiliki prinsip kuat karena, menurut Nissan, ini sesuai dengan kata "GO" yang dalam bahasa Jepang berarti "strong" dan "durable" (memiliki ketahanan tinggi). Sama halnya dengan mobil "DAT-Go" otentik, Datsun GO memberi kemudahan bagi pengendara untuk "GO" (berpergian) ke berbagai tempat-dengan kenyamanan dan ketenangan pikiran.

Untuk jantungnya, Datsun Go akan dipersenjatai mesin berkapasitas 1.2 liter dengan transmisi 5 speed.

Sedangkan untuk ukurannya, Datsun Go memiliki panjang 3.785 meter, tinggi 1.485 meter dan lebar 1.635 meter. Datsun Go juga menawarkan wheelbase sepanjang 2.450 meter. Menariknya rem tangan mobil ini berada di dasbor dan tidak seperti pesaingnya.


Tes Jalan atau ECE-R40 yang Lebih Akurat?

Tes Jalan atau ECE-R40 yang Lebih Akurat?Bandung - Di Indonesia, pabrikan motor memiliki cara tes konsumsi bahan bakar minyak. Pertama dengan uji jalan langsung di jalan dan kedua dengan mesin ECE-R40 di dalam ruangan tertutup.

Tapi dari kedua cara ini ternyata menghasilkan konsumsi BBM yang berbeda. Namun mana yang lebih akurat?

Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto menjelaskan dengan mesin ECE-R40 pengujian lebih terkondisikan.

Namun, menurutnya ECE-R40 memiliki kelemahan karena cara ini tidak dilakukan di jalanan dalam kondisi yang ril.

"Sebenarnya mengukur konsumsi bahan bakar bisa dilakukan dengan banyak cara. Yang biasa dilakukan ATPM saat uji tipe sebelum kendaraan dipasarkan adalah ECE-R40. Tester hanya membuka tutup gas mengikuti kondisi jalan yang sudah disesuaikan," kata Yus di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar.

Kendati demikian, masih menurut Yus mesin ECE-40R tetap memiliki keunggulan. Sebab mesin ini mampu mengukur emisi gas buang yang selanjutnya mengetahui perhitungan konsumsi bahan bakar dengan melihat unsur carbon atau carbon balance. Dengan begitu motor mendapatkan sertifikasi lolos uji emisi.

Dia menjelaskan mesin ECE-40R memiliki akurasi yang cukup tepat. Namun hasil yang diperoleh bukan merupakan hasil konsumsi bahan bakar yang sebenarnya di jalanan.
Halaman 1 2 »

Bensin yang Lama Mengendap Akan Merusak Mesin

Bensin yang Lama Mengendap Akan Merusak MesinJakarta - Jangan biarkan mesin kendaraan rusak akibat bahan bakar minyak yang terlalu lama mengendap. Caranya ganti bahan bakar minyak jika sudah tidak digunakan selama 6 bulan. Kotoran atau lumpur yang mengendap akan merusak mesin kendaraan.

Hal demikian dikatakan Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto.

"Memang beberapa pemilik kendaraan meninggalkan kendaraan cukup lama. Di dalam bahan bakar itu ada yang namanya olvin. Apa itu olvin? Kalau ke dapur tengoklah pantat panci atau penggorengan. Walau pakai elpiji, api biru tengok pantat pancinya ada kerak. Orang menyebutkan itu sebagai gum atau getah para," kata Yus di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar.

Menurut toleransi waktu paling lama 6 bulan. Jika BBM lama mengendap selama 6 bulan sebaiknya buang dan ganti dengan yang fresh untuk menjaga kondisi mesin.

"Bahan bakar tidak dipakai dan terpapar matahari biasanya di batasi selama 6 bulan," ucapnya.

Dia menjelaskan untuk mengetahui gum yang kerap menjadi masalah cukup gampang. Sediakan 2 botol dengan jenis BBM yang sama. 1 disimpan di tempat gelap, dan 1 lagi terpapar matahari.

"Gum itu antara olevin dan olvin itu bisa beraksi lalu akan membentuk gum tadi. Gum ada 2, yang bisa larut dan yang tidak bisa larut. Yang bisa larut namanya was gum, yang tidak bisa larut namanya unwas gum. Kalau tidak larut akan terlihat kotoran," ucapnya.
Halaman 1 2 »

Honda Jual 9.635 Unit Mobil di Januari

Honda Jual 9.635 Unit Mobil di JanuariJakarta - Produsen mobil Honda tengah gembira. Sebab di Januari ada 9.635 mobil yang terjual. Brio menjadi tulang punggung, sementara mobil anyar mereka, Mobilio sudah ribuan yang terdistribusi.

Tak hanya untuk Honda Mobilio, total penjualan Honda di awal tahun 2014 ini juga menunjukkan angka yang sangat baik. Di bulan pertama tahun 2014, Honda yang berhasil mencapai penjualan sebesar 9.635 unit banyak dibantu oleh Honda Brio yang terjual sebanyak 4.161 unit, meningkat dibanding penjualan di bulan Desember 2013 yang tercatat 2.911 unit.

Setelah Honda Brio, Honda Jazz juga memberi kontribusi signifikan untuk penjualan Honda di bulan Januari 2014. Honda Jazz mencatat penjualan 1.893 unit, meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat 548 unit.

Di bawah Honda Jazz, Honda CR-V terjual sebanyak 1.141 unit, meningkat dibanding bulan Desember 2013 sebanyak yang tercatat sebanyak 456 unit.

Di sisi lain ada Honda Freed yang terjual sebanyak 798 unit di Januari 2014, meningkat dibandingkan penjualan di bulan Desember 2013 yang tercatat sebanyak 464 unit. Sedangkan Upper MPV Honda, Honda Odyssey terjual sebanyak 34 unit di Januari 2014.

Dari segmen sedan, Honda meraih penjualan dari Honda Civic sebesar 72 unit dan Honda Accord yang mencatat angka penjualan sebanyak 28 unit di bulan Januari 2014.

Dan sejak diperkenalkan pertama kalinya pada ajang International Indonesia Motor Show 2013 pada bulan September 2013, Low MPV terbaru Honda, Honda Mobilio, berhasil menembus angka pemesanan 10.000 unit sampai dengan akhir Januari 2014.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.508 unit Honda Mobilio telah dikirimkan kepada konsumen pada bulan Januari 2014 lalu.

Pengiriman Honda Mobilio kepada konsumen sendiri telah dimulai pada tanggal 25 Januari 2014, ditandai dengan acara serah terima kepada 160 pembeli pertama yang terpilih di Jakarta.

“Kami bersyukur atas antusiasme konsumen terhadap Honda Mobilio sehingga dapat mencapai angka pemesanan yang sangat tinggi. Kami akan terus memaksimalkan produksi di pabrik baru kami untuk dapat memenuhi permintaan Honda Mobilio, sehingga konsumen akan mendapatkan mobil mereka dengan lebih cepat,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resminya.

Mobil Balap Toyota V8 Hybrid Siap Dikenalkan

Mobil Balap Toyota V8 Hybrid Siap DikenalkanJakarta - Toyota dikabarkan akan melahirkan mobil hybrid tercepat untuk bisa berpartisipasi dalam ajang FIA World Endurance Championship (WEC) dan dan Le Mans 24 jam. Sebagai pembuktian kekuatan mobil hybrid di motorsport, akhirnya Toyota merestuinya.

Seperti dilansir autoblog, Selasa (4/1/2014), Toyota Racing akhirnya memasukkan 2 mobil hybrid terbaik mereka pada ajang WEC dan Le Mans 24 jam.

Dan kembali Alex Wurz, Nicolas Lapierre, Kazuki Nakajima, Anthony Davidson, Se;bastien Buemi dan Stephane Sarrazin untuk tahun ketiga berturut-turut, yang dipercaya untuk langsung menungganginya.

Toyota TS040 Hybrid prototipe kali ini dirancang sesuai dengan peraturan baru yang ditetapkan ajang WEC dan Le Mans, dengan teknologi yang sangat relevan untuk dijalanan.

Rencananya mobil hybrid super kali ini akan ditampilkan kepublik pertama untuk pertama kali pada sesi tes trek resmi WEC pada tanggal 28-29 Maret besok.

Bersamaan dengan diperkenalkannya juga mobil balap hybrid prototipe milik Audi dan Porsche untuk pertama kalinya.

Selanjutnya dikabarkan kekuatan hibrida all-wheel-drive (AWD) yang bersekutu dengan mesin bensin V8 kali ini dikembangkan toyota , baik yang telah dikembangkan oleh Motor Sports Unit Development Division di Higashifuji technical centre milik Toyota. Dimana ditempat ini juga mobil hybrid kendaraan penumpang dikembangkan.

Tidak berhenti sampai disitu, sasis TS040 hybrid juga sengaja dirancang, dikembangkan, diproduksi, dibangun dan dioperasikan oleh TOYOTA Motorsport GmbH (TMG) di Cologne.

Dimana sasis terbaru kali ini diklaim merupakan evolusi besar terhadap generasi sebelumnya TS030 hybrid. Dimana sasis ini dinilai lebih aerodinamis dan lebih ringan.


Bob Dylan Andalkan Chrsyler 200

Bob Dylan Andalkan Chrsyler 200New York - Ingat Bob Dylan? Musisi dan pecipta lagu asal Amerika ini memang begitu nyetrik dimasanya hingga saat ini. Nah kali ini Bob Dylan mencoba mengingatkan bahwa mobil terbaik Amerika ialah Chrysler.

Tentu Bob Dylan tidaklah salah, mengingat mobil impian merupakan hanya sebuah selera. Bukan begitu Otolovers?

Namun pendapat Bob Dylan kali ini terbungkus dalam sebuah iklan pariwara Super Bowl Chrysler 200. Dimana dirinya menyatakan bahwa mobil terbaik Amerika merupakan Chrysler.

Bahkan dirinya menyatakan boleh jadi negara Jerman bisa melahirkan minuman beer terbaik, Swish pandai melahirkan sebuah jam tangan terbaik, dan negara Asia melahirkan telepon selular terbaik.

Tapi Amerika bisa melahirkan mobil terbaik bersama Chrsyler. Nah untuk melihat aksi Bob Dylan memuji Chrysler yuk kita simak video yang dilansir youtube, Selasa (4/1/2014).