Wednesday, October 14, 2015

9 Kelebihan Para Pengendara Wanita

9 Kelebihan Para Pengendara Wanita Jakarta - Siapa sangka, akhirnya kami membahas mengenai wanita yang ahli dalam menyetir mobil, mungkin bukan ahli dalam artian yang lebih luas lagi seperti ahli jika Anda berprofesi menjadi pebalap.

Tetapi seorang wanita mempunyai beberapa kelebihan dalam hal mengemudi, baik itu dalam persiapan atau pun saat berkendara.

Mungkin, selama ini banyak yang mengira bahwa kesadaran wanita ketika berkendara masih dirasa kurang.

Terkadang emosi yang berlebihan juga kerap muncul, itu bisa saja terjadi karena hormon yang tidak terkendali yang muncul saat datang bulan serta perasaan yang lebih dominan dari logika dapat menimbulkan persepsi bahwa para wanita tidak bisa menyetir dengan sebagaimana mestinya, justru lebih mengandalkan hati.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya banyak hal yang bisa membuat wanita justru terlihat lebih oke daripada pria untuk urusan menyetir mobil. Mari kita simak, apa sih yang menjadi kelebihan wanita ketika mengendarai mobil?

Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang Meluncur Tahun Depan?

Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang Meluncur Tahun Depan?Jakarta - Suzuki telah menampilkan sebuah konsep Karimun Wagon R berkapasitas 7 penumpang beberapa waktu lalu. Mobil itu dikabarkan bakal meluncur tahun depan.

Seperti dilansir Indianautosblog mengutip artikel dari GaadiWaadi, Kamis (15/10/2015), Maruti Suzuki India akan meluncurkan Wagon R tujuh penumpang pada September 2016 mendatang. Mobil itu memiliki kode nama 'YJC'.

Dilaporkan, Maruti Suzuki telah meminta vendor untuk memasok suku cadang mobil itu. Artinya, setelah mendapat pemasok, Suzuki akan langsung menguji coba mobil itu.

Maruti Suzuki menargetkan penjualan Wagon R 7 kursi sebanyak 80.000 unit per tahun. Wagon R 7 kursi itu akan dilengkapi dengan mesin diesel dan mesin bensin di India.

Varian mesin bensin kemungkinan menggunakan mesin K-Series 1.0 liter tiga silinder atau mesin K-Series 1.2 liter. Sementara mesin diesel kemungkinan akan sama dengan Celerio yakni mesin 0.8-liter twin-cylinder DDiS 125.

Karimun Wagon R 7 penumpang akan sedikit lebih panjang. Mobil ini nantinya akan menantang Datsun GO+ Panca di kelas LCGC 7 penumpang.

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Suzuki telah memamerkan Karimun Wagon R dengan kapasitas duduk 7 penumpang yang masih berstatus konsep. Namun sampai saat ini masih belum ada penjelasan resmi dari Suzuki kapan akan memproduksi massal mobil tersebut.





(rgr/ddn)

Dodge Viper Pensiun (Lagi)?

Dodge Viper Pensiun (Lagi)?Detroit - Fiat Chrysler Automobiles dilaporkan akan menghentikan produksi mobil sport Dodge Viper dalam 2 tahun ke depan. Penjualan mobil yang melemah menjadi penyebabnya.

Dilansir dari Left Lane News, kabar itu muncul dari Allpar, yang menyebutkan penghentian produksi merupakan bagian dari kesepatakan FCA dan kalangan serikat pekerja atau UAW.

Rumor penghentian produksi Viper ini sudah muncul tahun lalu, setelah Dodge Viper mengalami kelesuan penjualan. Dodge memang sudah berencana melakukan update pada Viper dengan memasukkan opsi mesin supercharger, 8,4 liter V10 yang sanggup menghasilkan tenaga sampai 800 daya kuda.

Foto: Si Ular Amerika

Namun karena penurunan penjualan Dodge bahkan harus memotorng harga si ular sampai US$ 15.000 pada seluruh model tahun 2015. Memang ada kenaikan angka penjualan tetapi dalam jangka panjang tidak cukup. Merek Viper mengalami penurunan sampai 55 persen di bulan September, dengan pengiriman turun 8 persen dalam 9 bulan pertama.

Viper kalah populer dengan mobil Dodge lain seperti Hellcat yang lebih bertenaga, mobil Dodge Charger juga menjadi mobil laris. Produksi mobil itu melebihi 4.000 unit, 3 kali lipat dari angka target penjualan Viper selama setahun.


(ddn/ddn)

Honda Siap Produksi Motor Bulldog

Honda Siap Produksi Motor BulldogTokyo - Di Osaka Motorcycle Show Maret 2015, Honda menampilkan sebuah konsep motor dengan nama yang unik, Honda Bulldog. Kabarnya, motor itu sudah siap diproduksi.

Seperti diberitakan Visordown, Rabu (14/10/2015), salah satu sumber di diler Honda mengatakan konsep Bulldog akan menjadi model produksi massal.

"Mereka benar-benar membuatnya. Itu harus dilakukan dengan baik untuk kita," kata sumber di diler itu.

Foto: Honda Bulldog

Motor itu tampak mirip dengan skuter Honda Zoomer. Bulldog menggunakan sasis dan mesin parallel twin CB400F.

Di Osaka Motorcycle Show pada Maret lalu, Honda menyebut motor Bulldog dengan title ‘Lovable Touring Partner’. Title itu disebut mirip dengan anjing yang katanya merupakan sahabat manusia.

Konsep desainnya dibuat sebagai motor touring yang tangguh di segala medan jalanan.

Motor itu dilengkapi dua rak kompartemen penyimpanan di sisi tangki. Pelek berukuran 15 inci membuat ketinggian jok lebih rendah.

Jantung pacunya, Honda Bulldog ini dibekali mesin berkapasitas 400 cc, 2 silinder inline, 4-stroke DOHC dan berpendingin cairan. Dengan mesin tersebut, Honda mengklaimnya motor ini tangguh di jalanan perkotaan dan pedesaan.





(rgr/ddn)

Aston Martin Berambisi Punya Mobil Listrik Bertanaga 1.000 HP

Aston Martin Berambisi Punya Mobil Listrik Bertanaga 1.000 HPLondon - Aston Martin merencanakan pengembangan mobil listrik. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Inggris itu memiliki ambisi bahwa mobil listriknya memiliki tenaga 800 hingga 1.000 daya kuda.

Seperti dilansir Autoguide dari Bloomberg, Kamis (15/10/2015), Aston Martin sudah mengerjakan mobil listrik dari model Rapide. Mobil listrik itu akan tersedia sebelum akhir 2017.

Selanjutnya, crossover bertenaga listrik, Aston Martin DBX juga akan diluncurkan setelahnya.

"Kita bicara tentang sebuah Aston Martin bertenaga listrik dengan antara 800 sampai 1.000 daya kuda," kata CEO Aston Martin, Andy Palmer.

Dia menambahkan, Aston akan fokus mengembangkan mobil mewah bertenaga listrik. Artinya, pabrikan asal Inggris itu tidak menampilkan mobil sport.

Palmer menyebut, elektrifikasi tak bisa dihindarai dalam dunia otomotif. Namun, performa kendaraan masih menjadi prioritas utama Aston Martin.

"Kami adalah perusahaan mesin V12. Apakah aku akan mengembangkan mesin yang lebih kecil? Apakah aku melihat Aston Martin dengan mesin tiga silinder? Tidak mungkin. Tenaga listrik akan memberikan Anda kekuatan. Itu akan memberikan torsi yang diinginkan," sebut Palmer.


(rgr/lth)

Singapura Tengah Siapkan Transportasi Publik Otonom

Singapura Tengah Siapkan Transportasi Publik OtonomSingapura - Nampaknya Indonesia bakal tertinggal lagi dari negara tetangga Singapura dalam hal transportasi publik. Pihak pemerintah Singapura kini tengah menggodok rencana untuk menciptakan transportasi publik tanpa sopir misalnya bus otonom.

Untuk mewujudkan transportasi publik otonom, Singapura menggandeng beberapa peneliti dari Singapore-MIT Alliance for Research and Technology (SMART), National University of Singapore, dan Kantor Teknologi dan Penelitian.

Selain terkait perkembangan teknologi di bidang otomotif, Singapura dengan populasi 5.3 juta penduduk tidak banyak yang berprofesi sebagai sopir bus atau truk. Hal itu tentu berkaitan nantinya dengan transportasi publik utamanya bus jika profesi sebagai sopir tidak banyak diminati.

"Kami melihat jumlah pengendara truk dan bus yang merupakan tantangan besar bagi kami (pemerintah Singapura). Apalagi populasi penduduk di negara kami yang kecil. Tidak banyak penduduk yang ingin jadi sopir bus atau truk," ungkap Pan King Keong, Sekretaris di Kementerian Transportasi Singapura, dilansir CNBC News pada Rabu (14/10/2015).

Sudah ada beberapa proposal dari perusahaan ternama yang berminat untuk mengerjakan proyek tersebut. Tercatat ada delapan perusahaan beberapa diantaranya yaitu Uber Technologies, BMW, dan Toyota Group.

Lalu, kapan Indonesia menyusul Singapura ya?


(lth/ddn)

3 Modifikasi Motor yang Bisa Merugikan Pengendara Lain

3 Modifikasi Motor yang Bisa Merugikan Pengendara Lain Jakarta - Mengubah tampilan standar pabrikan menjadi sesuatu yang diinginkan oleh pemilik sepeda motor memang biasa dilakukan. Dari hal kecil sampai yang besar dapat mereka ubah sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial mereka masing-masing.

Tetap tahukah Anda, ada beberapa ubahan yang justru membuat pengendara lain menjadi tidak nyaman saat berkendara di jalan raya ketika berhadapan dengan pengendara yang memodifikasi motornya tidak sesuai yang seharusnya.

Walaupun, modifikasi tersebut dianggap keren oleh sang pemilik, tetapi belum tentu bagi pengendara lainnya karena justru bisa mengganggu kenyamanannya dan menjadi kesal karena modifikasi yang tidak sesuai tersebut.

Ubahan-ubahan ini pasti sering Anda temui di jalan raya. Dan siapa tahu, Anda juga menjadi salah satu yang menerapkan modifikasi tersebut pada motor kesayangan Anda.

Berikut ubahan yang bisa dikategorikan merugikan bagi pengendara lain:

Kini Mobil Tesla Model S Terbaru Sudah Dilengkapi Teknologi Autopilot

Kini Mobil Tesla Model S Terbaru Sudah Dilengkapi Teknologi AutopilotJakarta - Tesla Motor Inc mengatakan pihaknya telah melengkapi varian sedan Tesla Model S versi terbaru dengan teknologi autopilot yakni melaju dan parkir otomatis tanpa keterlibatan sopir. Meski begitu pabrikan tetap mengingatkan agar sopir tetap sigap untuk mengendalikan mobil setiap saat.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (15/10/2015), Chief Executive Officer Tesla, Elon Musk, mengatakan fitur tersebut dirancang untuk mobil yang dibuat setelah September 2014. Artinya, Tesla Model yang mendapatkannya adalah versi terbaru.

Tesla memasang fitur tersebut melalui program upgrade over the air. Untuk tahap pertama baru Tesla Model S yang berada di Amerika yang bakal mendapatkannya. Setelah itu baru di Eropa dan Asia.

"Pada tahap ini, kami sangat berhati-hati. Oleh karena itu, kami mengingatkan kepada pengemudi untuk tetap menjaga tangan mereka di lingkar kemudi untuk kondisi-kondisi tertentu,” papar Musk kepada wartawan di kantor pusat Teslam Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Sementara, para wartawan yang melakukan tes drive mobil tersebut juga mendapati peringatan agar tangan mereka tetap siaga di lingkar kemudi saat menyetir di kondisi tertentu. Peringatan tersebut menyala pada indikator yang tertera di dashboard.

Kondisi tertentu yang mewajibkan pengemudi tetap mengambil alih kemudi antara lain pada saat melintasi di jalanan sulit. Pada saat itu peringatan audio akan menyala.
Jika pengemudi tak hirau dengan peringatan tersebut maka laju mobil akan melambat dan akhirnya berhenti. Mobil tidak akan berjalan lagi, jika pengemudi tak segera mengambil alih kemudi.

“Kami tegaskan bahwa ini ini bukan kasus abdicating tanggung jawab," kata Musk. "(Teknologi autopilot itu) akan datang di beberapa titik di masa depan,…tapi ini masih pada tahap awal,"

Tesla, yang bulan ini telah meluncurkan SUV Model X. Mobil ini telah menjadi pelopor mobil mewah bertenaga listrik dengan sokongan baterai. Keunggulan perangkat lunak yang digunakannya, menjadi mobil ini menjadi pemimpin dalam hal fitur swakemudi.

Elon Musk memperkirakan dalam waktu tiga tahun, mobil besutan pabrikannya bakal sudah menggunakan teknologi autopilot tersebut secara penuh. Selain karena persiapan teknologi yang lebih matang, pihak berwenang juga perlu meneliti sejauh mana tingkat kesiapan teknologi itu untuk benar-benar bisa melaju tanpa sopir di jalanan.

"Seluruh armada Tesla akan bertindak seperti jaringan. Ketika salah satu mobil belajar sesuatu, maka yang lainnya juga akan mempelajarinya," kata dia.

 "Sebagai contoh ... di saat banyak yang memungkinkan penggunaan (teknologi) autopilot, maka informasi tentang cara mengemudi itu diupload ke jaringan. Setiap pengemudi secara efektif akan mendapatkan pelatihan bagaimana autopilot harus bekerja,”



(arf/arf)

Mercy Siapkan Mercedes-Maybach E-Class?

Mercy Siapkan Mercedes-Maybach E-Class?Jakarta - Belum lama ini, Mercedes-Benz melahirkan kembali merek mobil ultramewah, Maybach dengan model Mercedes-Maybach S-Class. Kini, Mercy dikabarkan tengah menyiapkan Mercedes-Maybach E-Class.

Seperti dilansir Worldcarfans, mobil Mercedes-Benz E-Class terbaru tertangkap kamera sedang diuji. Dengan wheelbase yang lebih panjang, tak menutup kemungkinan mobil itu bakal menjadi Mercedes-Maybach E-Class.

Mobil E-Class generasi W212 ditawarkan dalam bentuk eksklusif di China. Namun, Mercedes-Benz mengubahnya dengan all new W213 yang akan dijual di pasar lain dengan wheelbase panjang.

Kemungkinan, merek mobil di bawah payung Daimler AG itu akan menjualnya dalam versi lain yang masuk ke divisi Mercedes-Maybach. Dengan begitu, diperkirakan mobil ini akan memiliki kabin yang lebih mewah dengan dua kursi belakang eksklusif seperti yang terlihat dalam model yang lebih besar, Maybach S-Class.

Prototipe yang diduga akan menjadi Mercedes-Maybach E-Class tak hanya menawarkan wheelbase yang lebih panjang. Ada beberapa tampilan baru pada model E-Class terbaru itu. Mobil ini memiliki jendela kecil ketiga di belakang pilar C.

Dikabarkan, E-Class W213 akan hadir pada tahun depan. Artinya, Mercedes-Maybach E-Class belum bisa diperkenalkan sebelum 2017.


(rgr/arf)

Buntut Skandal Emisi VW, Sejumlah Merek Mobil Juga Akan Diperiksa

Buntut Skandal Emisi VW, Sejumlah Merek Mobil Juga Akan DiperiksaLondon - Skandal uji emisi mesin diesel yang disebut telah dilakukan Volkswagen (VW) membawa dampak ke mana-mana. Kini sejumlah pabrikan, antara lain Mercedes-Benz, Honda, Mazda dan Mitsubishi dikabarkan juga akan diteliti kadar emisi gas buang mobil buatannya.

Seperti dilaporkan Guardian dan Autoblog, Rabu (14/10/2015), di Inggris, hasil uji emisi yang dilakukan oleh perusahaan Emissions Analytics menyatakan beberapa produsen mobil papan atas banyak yang tak memenuhi standar emisi. Bahkan setelah dilakukan pengujian, ternyata gas buang Nitrogen Oksida (NOx) tak memenuhi standar.

Sejumlah media menyebut beberapa pabrikan itu antara lain Mercedes-Benz, Honda, Mazda dan Mitsubishi. Bahkan, hasil yang sama juga terjadi pada mobil Renault, Nissan, Hyundai, Fiat, Volvo, Jeep, Citroën, VW, dan Audi.

Mobi-mobil tersebut rata-rata memancarkan polutan empat kali lipat dari ambang batas yang telah ditetapkan.

Namun, berbeda dengan apa yang dilakukan oleh VW dengan memasang peranti lunak untuk mengakali hasil uji emisi, sejumlah pabrikan itu tak melakukannya. Walhasil, mereka tak melanggar suatu aturan.

Mobil mereka telah menjalani uji emisi dan sudah mendapat standar emisi dari New European Driving Cycle (NEDC). Bahkan, mereka mengakui tak bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan tersebut.

Kendati begitu, di antara pabrikan itu, antara lain Mercedes Benz dan Honda menyatakan mendukung penuh aturan ketat emisi gas buang.


(arf/rgr)

Toyota Bakal Hapus Mobil dengan Emisi CO2

Toyota Bakal Hapus Mobil dengan Emisi CO2Tokyo - Melihat kondisi dunia yang sudah penuh dengan polusi udara, mobil ramah lingkungan bakal makin diminati oleh konsumen. Utamanya mobil dengan menggunakan bahan bakar seperti hidrogen maupun bertenaga listrik.

Toyota dengan cermat melihat perkembangan dunia dan berusaha untuk mewujudkan lingkungan yang tetap terjaga bersih dengan memproduksi mobil ramah lingkungan. Salah satu rencana Toyota yakni bakal menjual lebih dari 30 ribu unit mobil berbahan bakar hidrogen pada 2020.

Rencana tersebut merupakan langkah bagi Toyota untuk mewujudkan misi besar. Dikutip dari Reuters, Rabu (14/10/2015), pada 2050 nanti Toyota bakal menghapus emisi gas buang yang mengeluarkan karbon dioksida (CO2) pada kendaraan yang diproduksi.

Sebenarnya Toyota telah memulai langkah untuk memproduksi mobil hybrid lewat model Prius. Keluaran terbaru Prius yang akan dipasarkan pada 2016 nanti diklaim lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Toyota Prius terbaru juga dilengkapi dengan paketan keselamatan yang diberi nama Intelligent Transportation System (ITS). Selain itu, model Prius 2016 juga akan menggunakan sistem driver-assistance dengan menggunakan sensor, kamera, dan radar yang dapat memberi informasi kepada pengemudi.

Sebagai mobil hybrid andalan Toyota, model Prius ditargetkan bakal mencapai angka penjualan 1,5 juta pada 2020 mendatang.


(rgr/ddn)

Ford Gelontorkan Rp 24 Triliun Buat Mobil Pintar di China

Ford Gelontorkan Rp 24 Triliun Buat Mobil Pintar di ChinaBeijing - Untuk mengatasi kelesuan penjualan di China, Ford dengan berani menggelontorkan dana fantastis Rp 24 triliun untuk mengembangkan mobil pintar. Proses penelitian dan pengembangan untuk mobil pintar tersebut akan berlangsung selama lima tahun.

China sebagai pasar terbesar di dunia tengah mengalami kelesuan penjualan mobil pada belakangan ini. Penjualan Ford sendiri mulai Januari hingga Agustus 2015 mengalami penurunan sebesar 12 persen. Pada periode sama tahun lalu, Ford mencatat penjualan 537.977 unit sedangkan tahun ini menurun dengan 531.702 unit.

Demi mendongkrak penjualan, Ford bakal membuat mobil yang terhubung dengan internet, mobil otonom, serta model lain yang dapat memenuhi konsumen di China.

Tak main-main investasi yang dikeluarkan oleh produsen mobil asal Amerika Serikat itu. Rp 24 triliun berani dikeluarkan Ford untuk proses penelitian dan pengembangan.

Mark Fields selaku Ford Chief Executive berpendapat, pertumbuhan pasar di Cina sangat besar. Perubahan minat konsumen yang tidak ingin memiliki mobil namun tetap bepergian menjadi tantangan bagi Ford.

Selain itu, Ford juga berencana akan membuat sistem konektivitas pada mobil yang diberi nama Sync 3. Sistem baru tersebut memberi kemudahan bagi pengemudi untuk mengontol panggilan telepon, hiburan, serta cuaca dan navigasi.

"Kami melihat China sebagai pasar yang sangat besar. Hal ini menjadi peluang bagi kami. Bukan hanya menjual mobil dan truk namun juga menyediakan pelayanan bagi masyarakat yang tidak ingin mobil tapi ingin tetap bepergian," ujar Mark Fields, dikutip The Wall Street Journal, Rabu (14/10/2015).


(rgr/ddn)

Torehan Positif Mobil Buatan Mahasiswa Yogya di Tingkat Internasional

Torehan Positif Mobil Buatan Mahasiswa Yogya di Tingkat Internasional Yogyakarta - Sekelompok mahasiswa di Yogyakarta mampu membuat mobil yang telah berkiprah di dunia internasional. Mereka adalah para mahasiswa yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Sebelumnya, para mahasiswa dengan mobil formula karyanya ini meraih Best of the Best di Korea Selatan. Dan bulan September kemarin, mereka mengikuti ajang bergengsi kompetisi mobil formula Student Formula Japan (SFJ) di Ogasayama, Sport Park, ECOPA, Shizuoka, Jepang. Sebagai pendatang baru di event tersebut, tim GURT mampu meraih pencapaian yang cukup bagus.

Ketua tim GURT, Bondan Prakoso mengatakan tim GURT yang baru pertama kalinya mengikuti kompetisi ini mendapat peringkat ke-5 untuk efisiensi dari total 93 peserta. Tim mobil ini juga berhasil menduduki runner-up dalam kategori best rookie. Best rookie adalah kategori yang diberikan kepada pendatang baru di ajang Student Formula Japan. Best rookie dalam ajang SFJ 2015 ini diperoleh tim dari Austria TUG (Graz University), tim mobil formula yang menjadi juara umum di kompetisi SAE di Michigan tahun ini.

Garuda UNY mendapatkan peringkat 28 overall dari 93 tim dengan 7 tim sebagai rookie atau pendatang baru. Selain itu, menduduki peringkat 4 dari keseluruhan overseas tim yang berasal dari 11 tim dari 9 negara. Dalam kompetisi tahun ini, Garuda UNY mendapatkan peringkat ke-28 dari jumlah total 93 tim yang berasal dari berbagai negara.

"Kendala terbesar persiapan administratif, karena kita baru pertama kali. Di sana stadiumnya sangat luas, 5 kali lapangan bola. Kalau secara mobil kita sudah siap. Terus saat itu juga sedang badai sehingga pertandingan sempat ditunda 3 jam. Saat itu banyak mobil tergelincir dan terbalik, mobil kita alhamdulilah selamat," kata Bondan Prakoso di kampus Universitas Negeri Yogyakarta.

Ia menceritakan perjuangan dramatis untuk mencapai peringkat 5 efisiensi. Karena mobil sempat mati menjelang 25 meter garis finish. Mesin mati karena perubahan suhu yang sangat drastis. Dari dingin 19 derajat tiba-tiba berubah panas mencapai 30 derajat. Kondisi ini mempegaruhi performa mesin.

Pembuatan mobil formula ini menghabiskan biaya sekitar Rp 700-an juta. Biaya pembuatan ini juga dibantu oleh sponsor. Banyak bahan-bahan untuk pembuatan mobil yang tidak ada di dalam negeri. Sehingga harus dibantu sponsor dari luar negeri untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut.

Tahun depan, tim mobil GURT UNY akan kembali mengikuti ajang tersebut. Karena pencapaian yang cukup bagus sebagai pendatang baru, tahun depan tim ini naik kelas masuk ke grup A dari sebelumnya di grup C.


(rgr/ddn)

Toyota: Prius Bakal Lebih Irit, 1 Liter Bahan Bakar Bisa Tempuh 40 Km

Toyota: Prius Bakal Lebih Irit, 1 Liter Bahan Bakar Bisa Tempuh 40 KmTokyo - Toyota berjanji terus menghadirkan inovasi barunya berupa mobil yang ramah lingkungan. Kini, pabrikan asal Jepang itu mengatakan bakal memberikan mobil hybrid Toyota Prius yang lebih irit bahan bakar.

Seperti diberitakan Reuters, Rabu (14/10/2015), Toyota Motor Corporation mengatakan, mobil hybrid Prius generasi keempat akan lebih irit. Toyota mengklaim, Prius hybrid terbaru mampu menjangkau jarak 40 km hanya dengan satu liter bahan bakar.

Angka itu meningkat lebih dari seperlima dibanding Prius yang saat ini masih beredar di pasaran. Prius yang saat ini dijual Toyota memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 32,6 km/liter.

Memang, Toyota mengatakan, hasil konsumsi bahan bakar tersebut bervariasi, tergantung dengan spesifikasi mobilnya. Namun setidaknya angka tersebut sudah terbilang besar untuk kendaraan hybrid.

Toyota mengonfirmasi bakal menjual Prius generasi terbaru mulai akhir tahun ini. Penjualan akan dimulai di Jepang terlebih dahulu.

Dikatakan, Toyota merupakan pelopor teknologi mesin bensin-hybrid yang hemat bahan bakar. Pabrikan asal Jepang itu telah memperkenalkan Prius generasi pertama pada 1997.


(rgr/ddn)

Ferrari F12tdf Diproduksi Hanya 799 Unit

Ferrari F12tdf Diproduksi Hanya 799 Unit Jakarta - Ferrari baru saja mengungkapkan mobil barunya yaitu Ferrari F12tdf yang dibuat sangat terbatas. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 799 unit.
 


Keterangan Foto :
Mobil tersebut diproduksi untuk mengenang Tour de France, sebuah endurance road race legendaris yang didominasi Ferrari pada 1950 dan 1960-an dengan mobil Ferrari 250 GT Berlinetta. Istimewa/dok Ferrari.