Thursday, February 26, 2015

Chevy Spin Setop Produksi, Menperin Siap Ajak Diskusi GM Indonesia

Chevy Spin Setop Produksi, Menperin Siap Ajak Diskusi GM IndonesiaBekasi - Pabrikan asal Amerika Serikat (General Motors) akan menutup pabrik Chevrolet Spin yang sudah beroperasi sejak Mei 2013. Pabrik akan menghentikan operasinya pada bulan Juni mendatang.

Namun, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Perindustrian belum mendapatkan laporan resmi dari GM Indonesia terkait penutupan pabrik ini. Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengaku, pihaknya baru mendapat kabar ini dari media.

"Kami belum dapat laporan resmi. Baru tahu dari media-media," ungkap Saleh kepada para wartawan usai pelepasan ekspor Suzuki Address di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Untuk itu, Menperin akan segera mengundang GM Indonesia untuk mendapatkan informasi yang lebih detail terkait penutupan pabrik ini.

"Tentu kami akan mengundang dari GM yang ada di sini (GM Indonesia) untuk melakukan diskusi," kata Saleh.




(rgr/ddn)

Soal Kenaikan Upah, Toyota Sulit Kabulkan Permintaan Karyawan

Soal Kenaikan Upah, Toyota Sulit Kabulkan Permintaan KaryawanTokyo - Toyota Motor Corporation menegaskan, sulit untuk memenuhi permintaan dari serikat pekerja untuk menaikkan gaji karyawan sebesar US$ 13.300 atau sekitar Rp 1,4 juta per bulan.

Pabrikan ini juga mengaku sulit untuk mengabulkan bonus setara dengan 6,8 bulan gaji seperti yang diminta karyawan.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (27/2/2015), salah seorang staf di Departemen SDM, Toyota, menyatakan perusahaan sulit mengabulkan permintaan tersebut.

Kenaikan upah sebesar 13.300 yen itu terdiri dari 6.000 yen atau sekitar Rp 648.000 untuk kenaikan gaji pokok, dan 7.300 yen atau sekitar Rp 788.400 untuk tunjangan jabatan.

Sebelumnya seperti dilansir laman Bloomberg serikat pekerja Toyota meminta perusahaan untuk menaikkan gaji pokok mereka sebesar kurang dari 2 persen.

Menurut Ketua Serikat Pekerja, Mitsuyuki Tsuruoka, kenaikan upah pokok sebesar 1,7 persen itu untuk menyesuaikan dengan kenaikan harga-harga menyusul pernyataan dari Bank Sentral Jepang.


(arf/ddn)

Menperin: Mungkin MPV Mereka Kalah Bersaing

Menperin: Mungkin MPV Mereka Kalah BersaingBekasi - Pabrik General Motors (GM) merupakan fasilitas yang memproduksi Multi Purpose Vehicle (MPV) milik GM, Chevrolet Spin. Namun, pabrik tersebut dikabarkan akan segera ditutup dengan alasan untuk menekan biaya material yang tinggi.

Selain alasan tersebut, GM juga terpaksa menutup pabrik itu karena berkurangnya potensi dalam pemanfaatan keberadaan pemasok dalam negeri. Sebab, skala produksi MPV itu terbatas.

Namun, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin menyatakan, kemungkinan besar MPV Chevrolet Spin kalah bersaing dengan MPV dar merek lain.

"Mungkin karena mereka kalah bersaing. Ya kan itu di MPV-nya," kata Saleh kepada para wartawan usai prosesi pelepasan ekspor Suzuki Address di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Tapi, itu hanyalah prediksi dari Saleh. Untuk memastikannya, Saleh akan mengundang GM Indonesia untuk melakukan diskusi terkait penyebab rencana penutupan pabrik ini.

"Itu (alasannya) yang akan kami cek lagi," ujarnya.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Pada tahun 2014 lalu, penjualan Spin memang tidak semoncer mobil Low MPV lainnya.

Spin total terjual 7.475 unit sepanjang 2014, kalah jauh dengan mobil MPV buatan Jepang seperti Avanza yang terjual 162.070 unit, Honda Mobilio 79.288.

Data penjualan mobil Low MPV:

  • Avanza 162.070 unit
  • Honda Mobilio 79.288 unit
  • Suzuki Ertiga 47.015
  • Daihatsu Xenia 46.710 unit
  • Suzuki APV 10.667 unit
  • Daihatsu Luxio 4.304 unit
  • Chevrolet Spin 7.475 unt
  • Nissan Evalia 2.945 unit

(rgr/ddn)

Mau Diambil Garansindo, Esemka Deg-degan

Mau Diambil Garansindo, Esemka Deg-deganJakarta - PT Garansindo Inter Global selaku Agen Pemegang Merek (APM) Chrysler, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, dan Jeep di Indonesia berniat mengembangkan dan berinvestasi dengan Esemka. Garansindo siap menaruh investasi sebesar Rp 100 miliar untuk mengembangkan Esemka.

Direktur Marketing dan Komunikasi Publik PT Solo Manufactur Kreasi, Sabar Budhi, menturkan pihaknya baru mengatahui ketertarikan Garansindo yang tertarik untuk berinvestasi itu tadi pagi dan setelah membaca berita ia mengaku sangat terkejut.

"Saya tadi pagi baca di detikOto. Saya deg-degan bacanya dan ternyata saya suka dengan kabar ini," tutur Sabar ketika dihubungi detikOto, Jumat (27/2/2015).

Menurut Sabar, berita ini juga langsung beredar di kalangan komunitas SMK (alumni, guru). Mereka langsung membicarakan rencana Garansindo tersebut dan menganggap ini adalah suatu hal yang positif.

"Beberapa komunitas SMK langsung bilang ke saya dan menanyakan bagaimana jadinya. Saya bilang, kita harus cermati dan bertemu langsung dengan pihak Garansindo untuk membahas kerjasama ini," bebernya.





(ady/ddn)

Chevrolet Produksi Spin Jadi 36 Unit/Hari?

Chevrolet Produksi Spin Jadi 36 Unit/Hari?Bekasi - Pabrik General Motors (GM) yang berada di Pondok Ungu, Bekasi akan ditutup pada akhir Juni 2015. Pabrik yang fokus memproduksi Multi Purpose Vehicle (MPV) Chevrolet Spin ini sampai sekarang masih tetap melakukan aktivitasnya.

Menurut pengakuan salah seorang buruh pabrik dan vendor bemper saat ditemui detikOto di sekitaran pabrik mengatakan, terhitung hari Senin (2/3/2015) kapasitas produksi Chevrolet Spin akan dikurangi.

Foto: GM Resmikan Pabrik Spin Bekasi

"Biasanya sehari bisa memproduksi Spin sebanyak 50 unit per hari, tapi kemarin pas diumumkan mau ditutup kapasitas produksinya akan dikurangi jadi 36 unit per hari," kata salah seorang buruh pabrik yang enggan menyebutkan namanya," Jumat (27/2/2015).

Pengakuan salah seorang vendor bemper, rencana awalnya perjanjian kontrak pengiriman bemper akan berlangsung hingga September 2015 mendatang, tapi setelah diumumkan akan ditutup akhir Juni 2015 belum diketahui bagaimana akhirnya.

"Perjanjian awalnya sih sampai September, tapi gak tahu kalau memang mau ditutup akhir Juni 2015, mungkin cuma sampai Juni," katanya lagi.




(ady/ddn)

Apa Beda Suzuki Address di Indonesia, Jepang, Eropa?

Apa Beda Suzuki Address di Indonesia, Jepang, Eropa?Bekasi - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku produsen motor Suzuki dan PT Suzuki Indomobil Sales Divisi Roda Dua sebagai pemasarnya resmi melepas skutik Suzuki Address ke pasar Asia, Eropa dan Oceania. Ditargetkan, sebanyak 30.000 unit Suzuki Address sepanjang 2015.

Memang, dari spesifikasi mesin, kualitas material dan performa tidak berbeda dengan Suzuki Address untuk pasar Indonesia. Address ini masih memiliki mesin fuel injection berkapasitas 110 cc.

Meski begitu, ada perbedaan yang cukup signifikan. Menurut 2W & 4W Export Section Head, Kenji Mori, ada lima hal yang membedakan.

"Perbedaannya dengan tipe yang Indonesia ada lima perbedaan. Pertama warna bodi, perbedaan kedua lampu sen belakang, handle pegangan belakang/behel, knalpot dan emisi yang berbeda, selanjutnya adalah menggunakan ban tubeless," katanya di sesi konferensi pers acara pelepasan ekspor Suzuki Address di pabrik Suzuki, Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Skutik yang diekspor ini memiliki dimensi panjang 1.845 mm, lebar 665 mm dan tinggi 1.095 mm. Sementara wheelbase-nya mencapai 1.260 dengan ground clearance 120 mm dan tinggi kursu 755 mm.

Motor ini menggunakan mesin SOHC 4 langkah satu silinder berpendingin udara. Sistem pembakarannya sudah menerapkan sistem Fuel Injection.

Untuk transmisinya, skutik ini menggunakan CVT. Sementara suspensi depan telescopic, coil spring, oil damped dan suspensi belakang berupa swingarm type, coil spring, oil damped.

Address yang diekspor ini menggunakan ban depan berukuran 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Kapasitas tangkinya sama yaitu 5,2 liter.

Address yang dijajakan ke pasar global ini ditawarkan dengan tiga pilihan warna. Ketiganya adalah Metallic Ice Silver, Titan Black dan Brilliant White.


(rgr/ddn)

Suzuki Indonesia Mulai Ekspor Skutik Address ke 24 Negara

Suzuki Indonesia Mulai Ekspor Skutik Address ke 24 NegaraBekasi - Niat Suzuki untuk mengekspor skutik Address mulai direalisasikan. Bertempat di pabriknya di Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015) Suzuki melepas skutik Suzuki Address ke Eropa, Jepang dan Oceania.

"Ekspor kali ini memberikan arti bahwa Suzuki Indonesia bisa diterima oleh masyarakat konsumen di sana yang mempunyai banyak aturan produk seperti kualitas, keamanan dan emisi gas buang," kata Presdir PT Suzuki Indomobik Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales, Shuji Oishi dalam sambutannya di acara pelepasan ekspor Suzuki Address di pabrik Suzuki, Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Dipercaya, tingginya standar mutu dan kualitas produk yang dibutuhkan di pasar Eropa dan Jepang mampu dipenuhi oleh fasilitas manufaktur sepeda motor Suzuki di Indonesia. Kini, PT SIM selaku produsen dan PT SIS divisi roda dua selaku pemasar mulai menyebar Address ke 24 negara di Asia, Eropa dan Oceania.

Adapun ke-24 negara tersebut adalah Jepang, Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Inggris, Italia, Jerman, Belanda, Turki, Swiss, Swedia, Norwegia, Prancis, Spanyol, Irlandia, Denmark, Belgia, Yunani, Finlandia, Polandia, Australia dan Selaindia Baru.

Suzuki mengklaim, Address ini menjadi skutik irit terbaru menjadi skutik produksi Indonesia pertama dan satu-satunya yang memenuhi standar dunia untuk diekspor dalam bentuk Completely Knocked Down atau ekspor terurai (CKD) maupun Completely Built Up atau ekspor dalam bentuk utuh (CBU). Suzuki akan mengirim 30.000 unit dalam bentuk CKD dan CBU sepanjang 2015 ke 24 negara itu.

Angka ekspor itu sekaligus menyumbang 20 persen dari proyeksi jumlah total ekspor sepeda motor tahun ini. Sepanjang 2015, Suzuki berniat untuk mengekspor 150.000 unit.

Tidak hanya fokus mengekspor motornya, Suzuki juga tetap mendukung layanan purna jualnua. PT SIM turut mengekspor komponen suku cadang untuk Suzuki Address sesuai negara tujuan pengiriman ekspor.




(rgr/ddn)

Aktivitas Sekitar Pabrik GM di Bekasi Masih Normal

Aktivitas Sekitar Pabrik GM di Bekasi Masih NormalBekasi - Kabar kurang menyenangkan datang dari pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), General Motors (GM). Setelah hampir 2 tahun beroperasi, pada akhir Juni 2015 mendatang, pabrik GM yang berada di Pondok Ungu, Bekasi akan ditutup.

Alasan yang disampaikan GM soal penutupan pabrik ada beberapa faktor, antara lain akibat biaya material yang tinggi, dan semakin berkurangnya potensi dalam pemanfaatan keberadaan pemasok dalam negeri dikarenakan skala produksi yang terbatas.

Pantauan detikOto di lokasi dari pukul 08.59 WIB hingga 09.31 WIB, aktivitas di sekitaran pabrik GM di Pondok Ungu, Bekasi terlihat masih normal. Para satpam dan karyawan masih ada yang keluar masuk pabrik. Bahkan, 2 orang satpam di depan pintu masuk masih berjaga dan memberikan pemeriksaan kepada mobil yang datang.

"Aktivitasnya masih normal. Memang sudah diumumkan kalau mau ditutup, tapi sekarang aktivitas kerja masih berjalan normal," ungkap salah satu satpam yang enggan disebutkan identitasnya kepada detikOto, Jumat (27/2/2015).

Mobil-mobil Chevrolet milik karyawan pun masih terlihat berlalu lalang di sekitaran pabrik. Sebelum jam 09.00 WIB, banyak mobil Chevrolet seperti Aveo, dan Spin yang masuk ke dalam pabrik.

Tetapi ada juga sejumlah buruh pabrik yang belum masuk ke dalam pabrik, mereka masih nongkrong di warung-warung yang berada di dekat pabrik.

"Mentalnya udah malas, lagian masih jam 9, masuknya bentar lagi aja," tutur salah seorang buruh pabrik yang juga tidak mau disebutkan namanya saat ditemui detikOto di tempat yang sama.



(ady/ddn)

Peserta Lomba Irit BBM, Banyak yang Gagal di Uji Seat Belt

Peserta Lomba Irit BBM, Banyak yang Gagal di Uji Seat BeltManila - Lomba irit BBM tingkat pelajar/mahasiswa, Shell Eco-maraton kembali digelar di Manila, Filipina. Ada dua kategori yang dilombakan yakni urban dan prototipe. Khusus dalam kategori urban concept banyak peserta yang gagal di tes keselamatan.

"Kebanyakan mereka gagal di uji sabuk pengaman,” ujar Technical Advisor Shell Eco-marathon tingkat Asia Colin Chin kepada wartawan di Manila Hotel, Filipina. Kamis (26/2/2015).

Colin mengatakan dalam kompetisi tahun ini ada peningkatan standar keselamatan khususnya di Urban Concept. Sehinggga tak hanya sekedar kendaraan yang irit BBM akan tetapi dapat diaplikasikan secara nyata.

"Bukan sekedar formalitas terlebih kendaraan yang digunakan untuk berlomba, pada akhirnya selain lebih realistis kendaraan mereka juga dapat digunakan di jalan umum sehari-harinya," ujarnya.

Seperti event Shell Eco-marathon 2014 di Belanda. Salah satu pemenang dalam kategori urban concept tidak hanya mendapat hadiah uang dan trofi, kendaraan mereka mendapatkan sertifikat laik jalan layaknya mobil lainnya.

Colin mengatakan dalam aspek teknis banyak pengetatan peraturan dalam Shell Eco-marathon 2014 ini. Mulai dari mesin hingga sistem pengereman sampai dengan perubahan struktur jalana

"Tahun ini banyak perbedaan dibanding tahun lalu seperti garis finish lebih cepat kemudian tingkungan lebih curam kemudian jalannya menggunakan beton bukan aspal dan lain-lain sehingga selain dari aspek keilmuan tahun ini pengemudi mobil juga dituntut lebih handal," tutupnya.


(edo/ddn)

Baru Diberitahu Kamis, Buruh Kaget Pabrik Mobil GM Ditutup

Baru Diberitahu Kamis, Buruh Kaget Pabrik Mobil GM DitutupBekasi - General Motors (GM) sudah mengumumkan secara resmi melalui siaran pers akan menutup pabriknya yang berada di Pondok Ungu, Bekasi pada akhir Juni 2015 mendatang. Banyak karyawan dan buruh pabrik yang kaget karena informasinya mendadak.

Salah seorang buruh pabrik yang enggan memberikan identitasnya mengatakan, seluruh buruh dan karyawan baru diberitahu pabrik akan ditutup itu Kamis (26/2/2015) kemarin pukul 13.00 WIB.

"Kaget juga pas kemarin diumumkan kalau pabrik mau ditutup akhir Juni nanti," ungkapnya kepada detikOto di lokasi, Jumat (27/2/2015).

Menurutnya, banyak buruh dan karyawan yang kaget dan sedih karena mereka memikirkan bagaimana nasibnya kedepannya.

"Saya juga bingung gimana nanti, soalnya kerja cuma sampai akhir Juni. Lemes dengar kabar itu," katanya.

Presiden, GM Southeast Asia Operations Tim Zimmerman dalam pernyataannya menyebutkan bisa memahami kekecewaan karyawan mengenai keputusan mereka menghentikan produksi mobil. Zimmerman menurutkan perusahaannya tidak akan tinggal diam membantu karyawan.

"Kami dapat memahami bahwa keputusan ini akan mengecewakan seluruh karyawan yang telah menunjukkan dedikasi yang tinggi selama ini di Indonesia. Kami akan bekerja dengan seluruh pemangku kepentingan setempat yang ada termasuk Pemerintah Indonesia untuk membantu seluruh karyawan kami,” ujarnya.


(ady/ddn)

Cukup dengan Rp 44.500, Anda Bisa Menggeber Mobil Mungil Toyota

Cukup dengan Rp 44.500, Anda Bisa Menggeber Mobil Mungil ToyotaJakarta - Kendaraan personal beroda tiga buatan Toyota, yakni i-Road disiapkan menjadi sarana angkutan di kota berlalu-lintas sibuk. Kendaraan itu kini bisa disewa dengan tarif yang lumayan.

Seperti dilansir situs resmi Toyota, Jumat (27/2/2015), Toyota berencana menjadikan i-Road sebagai car sharing service alias mobil yang bisa digunakan oleh publik secara bersama-sama, dengan sistem sewa. Mobil listrik ultra kompak itu, di Tokyo, akan tersedia melalui Park24, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan car sharing.

Selama ini Park24 telah menyediakan layanan tersebut dengan menggunakan mobil konvensional. Adapun tarif sewa untuk i-Road adalah 412 yen atau sekitar Rp 44.500 per 15 menit.

Masyarakat bisa menggunakan mobil itu baik siang ataupun malam. Dengan program tersebut Toyota juga ingin mendapatkan masukan dari masyarakat terhadap mobil itu, sebelum memproduksinya secara massal.

Toyota i-Road ini diklaim sebagai gabungan antara manfaat mengendarai sepeda motor dengan kenyamanan dari mobil. Dengan lebar yang hampir satu meter, kabin mobil ini hanya pas untuk dua orang.

Sepasang motor listrik berkapasitas 2kW mampu membawa i-Road melaju hingga kecepatan 59,2 km/jam. Daya jelajah bila baterai motor liastrik terisi penuh sejauh 48 kilometer.


(arf/ddn)

Kendaraan Irit BBM Mahasiswa Indonesia Dipuji-puji

Kendaraan Irit BBM Mahasiswa Indonesia Dipuji-pujiJakarta - Lomba adu irit-iritan bahan bakar Shell Eco-marathon semakin diganderungi mahasiswa Indonesia. Beragam inovasi hingga modifikasi kendaraan dari ratusan pelajar di ASEAN ditunjukkan kepada panitia.

Shell Eco-marathon 2015 sudah memasuki tahun keenam. Dan dari tahun ke tahun tim Indonesia selalu menyabet piala kemenangan. Technical Advisor Shell Eco Maratho tinggkat Asia memberikan pujian atas hasil karya mereka.

"saya rasa kendaraan milik anak-anak Indonesia memiliki kualitas lebih baik dan lebih profesional dibanding negara lain," ujar Cholin Chin kepada wartawan di Manila Hotel, Filipina, Kamis (26/2/2015).

Cholin mengatakan hasil karya mahasiswa Indonesia dalam katagori urban konsept terbilang matang. Mulai dari badan mobil hingga upaya efisiensi bahan bakar.

"Terlebih lagi tak sedikit mahasiswa Indonesia yang mendaftarkan timnya untuk kompetisi hingga kami harus buat aturan masing-masing universitas dua tim," tuturnya.

Pada akhirnya Shell Eco-marathon akan memunculkan talenta anak-anak muda yang sadar akan kondusi lingkungan. Sehingga seiring tahun berganti sejumlah aturan lama selalu direvisi.

"Tahun ini kita fokus agar kendaraannya benar-benar aman, sehingga tidak hanya efisien dalam konsumsi bahan bakar akan tetapi kendaraan ini bisa diproduksi lebih nyata," tutupnya.




(edo/ddn)

Pak Jokowi, Garansindo Mau Ambil Alih Esemka

Pak Jokowi, Garansindo Mau Ambil Alih EsemkaJakarta - Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat dengan sejumlah menteri untuk membahas pengembangan industri otomotif nasional. Salah satu hasil rapat itu adalah, Esemka membutuhkan modal awal Rp 100 miliar untuk mengembangkan produknya.

Mengetahui hasil rapat itu, CEO PT Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah menyatakan pihaknya siap untuk berinvestasi dan mengembangkan Esemka menjadi mobil hasil rakitan lokal atau karya anak bangsa Indonesia.

"Garansindo sebagai perusahaan lokal memiliki mimpi visi dan misi Indonesia punya mobil produksi lokal. Kita siap berinvestasi, kita tidak perlu perlakuan khusus. Artinya, kalau sampai Garansindo berinvestasi dan Esemka jadi bagus, kita tidak perlu dapat perlakuan khusus," tegas pria yang akrab disapa Memet dalam wawancara dengan beberapa media.

Menurut Memet, pernyataan Jokowi dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil yang mengatakan Esemka itu kalau diproduksi lokal (komponen lokal) bisa digunakan di instansi-instansi lokal saja sudah cukup. Esemka tidak perlu dapat perlakuan pajak khusus, karena ada aturan WTO (Badan Perdagangan Dunia).

Sebelumnya tahun 1990-an, proyek mobil nasional Timor gagal setelah pabrikan Jepang, Amerika dan Jerman menuntut perlakuan khusus yang diterima Timor.

"Esemka jangan sampai kena WTO lagi karena kita sudah 2 kali kena WTO, maka dari itu dukungan pemerintah itu perlu, tidak perlu aneh-aneh, yang kita butuhkan itu nasionalismenya para BUMN dan pemerintahan, kalau ada barang yang sama, kualitas yang sama kenapa harus merek lain," bebernya.

Maka dari itu, Garansindo sebagai perusahan lokal sangat setuju. Menurut Memet, benar apa yang dikatakan Jokowi dan Sofyan Djalil, kalau Esemka tidak akan bisa bersaing dengan produk dunia karena tidak akan kuat, jadi cukup menyasar ke market share tertentu.

"Saya setuju dengan pernyataan itu, artinya kalau kita bersaing raksasa-raksasa dunia tidak akan mungkin, tapi kalau untuk market share tertentu saya setuju banget. Intinya saya mau berinvestasi untuk Esemka, saya mau membesarkan Esemka," tuntas Memet dengan bersemangat.


(ady/ddn)

Mobil untuk Pedesaan Terwujud di Tahun 2016

Mobil untuk Pedesaan Terwujud di Tahun 2016Jakarta - Menristek dan Dikti M Nasir menargetkan program produksi mobil pedesaan terealisasi pada tahun 2016.

Pihaknya sudah mengantongi prototipe mobil yang bakal bermanfaat untuk meningkatkan sektor ekonomi di pedesaan, yang programnya sudah dicanangkan sejak 2011.

"Di Ristek yang telah dilakukan kaitan mobnas ada dua skema utama, satu riset high technology yaitu kaitannya mobil listrik, yang kedua mobil multiguna pedesaan. Ini yang sudah dikembangkan oleh Ristek," kata Nasir di sela-sela Rakernas Kemenristek Dikti di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (26/2/2015).

Mobil pedesaan ditargetkan untuk menopang kebutuhan para masyarakat pedesaan. "Karena kebutuhan pedesaan untuk angkutan barang dari rumah ke sawah, dari sawah ke toko. Sehingga mobil tidak perlu fitur mobil mewah, yang penting orang pedesaan, murah operasionalnya, murah harganya," papar Nasir.

Riset mobil sudah dilakukan juga bekerjasama dengan perguruan tinggi. "Sudah kita bicarakan dengan para pengusaha dalam bidang itu, nanti kami akan kerjasama untuk mengembangkan," sambungya.

Mobil yang akan diproduksi berjenis pick up. Mobil akan menggunakan mesin berkapasitas di bawah 1.000 cc. Spare part mobil menurut Nasir akan menggunakan produk lokal. "70-80% lah. Nanti (ditentukan) mana yang akan buat mesin, kaca, mana yang akan bikin karoseri," sebutnya.

Pada tahap awal, mobil akan menggunakan bahan bakar bensin namun pada kelanjutannya akan memakai gas. Harga mobil desa ditaksir sekitar Rp 75-80 juta. "Karena (produk) lokal dan tidak kena tax," kata Nasir.

Ia menargetkan produksi pertama sebanyak 300 unit mobil/bulan. Jumlah produksi akan meningkat bila produk pertama dianggap berhasil.

Konsep mobil pedesaan muncul pada Februari 2011 lalu pada saat Presiden SBY. Waktu itu dikembangkan program pro rakyat dalam upaya menanggulangi kemiskinan yang meliputi 6 hal yaitu rumah super murah, angkutan umum murah, program air bersih, program listrik murah dan hemat, program peningkatan hidup nelayan dan masyarakat pinggir kota.

Targetnya pada waktu itu, program angkutan umum murah baru bisa dilakukan 2012, namun belum terealisasi sampai saat ini. Waktu itu sempat muncul beberapa merek mobil buatan lokal antara lain Tawon dan GEA.

(fdn/ddn)

Jeep Grand Cherokee Versi Murah

Jeep Grand Cherokee Versi Murah Jakarta - PT Garansindo Inter Global meluncurkan Jeep Grand Cherokee Limited dengan mesin 3.0-liter. Mobil itu dijual mulai Rp 1.170.000.000 (off-the road) untuk tipe Limited dan Rp 1.230.000.000 untuk tipe Overland. Sehingga bisa dikatakan, model ini menjadi Jeep Grand Cherokee termurah yang pernah diperkenalkan di Indonesia.


Keterangan Foto :
Jeep Grand Cherokee bermesin 3.0-liter diluncurkan di Pasific Place, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

APPKTM Klaim Motor Trail Terbarunya Berkiblat Pada Jepang

APPKTM Klaim Motor Trail Terbarunya Berkiblat Pada JepangCiteureup - Hari ini, Kamis (26/2/2015) PT Asean Motor International resmi memperkenalkan motor trail terbarunya, APPKTM Power Trek GTX 150. Motor ini menjadi motor trail generasi ketiga yang sudah dikeluarkan oleh APPKTM di Indonesia.

Sebelumnya, APPKTM resmi meluncurkan motor trail generasi pertama pada tahun 2005. Sementara generasi kedua keluar tahun 2007. Selanjutnya, kali ini di tahun 2015 APPKTM kembali memboyong motor trail generasi ketiganya.

General Manager Marketing PT Asean Motor International, Redy Sun menyatakan, perbedaan Power Trek GTX 150 cukup signifikan dengan generasi sebelumnya. Perbedaannya dari segi jelas terlihat dari desain modelnya.

"Perbedaannya dengan generasi pertama yaitu model ini lebih mengarah ke Jepang," kata Redy di acara peluncuran APPKTM Power Trek GTX 150 di Sirkuit Taleus Netik, Citeureup, Bogor, Kamis (26/2/2015).

Redy mengklaim, motor ini memiliki kualitas bahan yang lebih baik. Sebab, beberapa perbaikan sudah diterapkan pada motor trail generasi ketiga ini.

"Kualitas bahan lebih bagus. Ini sudah pakai lampu LED, knalpot megapone dan modelnya lebih ramping. Kalau model sebelumnya lebih gemuk," ungkapnya.


(rgr/ady)

Pabriknya Tutup, GM Janji Tetap Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Konsumen

Pabriknya Tutup, GM Janji Tetap Berikan Pelayanan Terbaik Kepada KonsumenJakarta - Seolah tidak kuat bersaing disegmen Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia, akhirnya General Motors (GM) menghentikan produksi pabrik mereka di Pondok Ungu, Bekasi. Sehingga, Chevrolet Spin pun diberhentikan produksinya.

Meski demikian, pabrikan asal Amerika ini berjanji akan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen Chevrolet Spin atau produk GM lainnya di Indonesia.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (26/2/2015), General Motors Indonesia akan bekerjasama dengan seluruh diler untuk menyelaraskan jaringan dengan strategi baru, yang menjadikan GM hanya berperan sebagai sebuah perusahaan distribusi (National Sales Company) di Indonesia.

Semuanya dilakukan untuk memastikan seluruh pelanggan GM mendapat layanan sesuai dengan harapan mereka. Dan dikatakan seluruh pemasok dalam negeri juga telah mendapat pemberitahuan mengenai perubahan status ini.

GM juga memastikan untuk seluruh konsumen GM akan mendapatkan ketentuan garansi dan ketersediaan suku cadang tetap sama dan tidak ada perubahan. Sehingga setiap konsumen tidak perlu merasa khawatir.

GM Indonesia juga mengingat, untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi dealer terdekat atau hubungi Pusat Layanan Pelanggan Chevrolet Indonesia di 021-88955105 atau telepon bebas pulsa hotline di 0-800-24389.


(lth/ady)

Tutup Pabrik, Bos GM Indonesia Ikut Mengundurkan Diri

Tutup Pabrik, Bos GM Indonesia Ikut Mengundurkan DiriJakarta - Setelah menyatakan menutup pabrik di Pondok Ungu Bekasi akhir Juni 2015. Diwaktu bersamaan, orang nomor satu General Motors Indonesia, yakni Michael Dunne juga mengumumkan bahwa dirinya ikut mengundurkan diri.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (26/2/2015), GM mengumumkan bahwa Presiden Direktur GM Indonesia, Michael Dunne telah memutuskan untuk mengundurkan diri akhir Februari 2015.

Dikatakan Michael Dunne akan memulai kegiatan bisnis pribadi yang merupakan keahliannya.

"Michael telah membawa berbagai penyegaran dan pendekatan yang inovatif, terhadap gaya kepemimpinan dan pengalaman pelanggan," kata Presiden, GM Southeast Asia Operations, Tim Zimmerman.

"Kami mengucapkan terima kasih atas seluruh sumbangsihnya selama ini dan semoga sukses di masa mendatang," tambah Zimmerman

Posisi kosong orang nomor satu GM di Indonesia, yang kini menjadi perusahaan distribusi (NSC). Akan ditempati oleh Chief Financial Officer GM Pranav Bhatt, sebagai pelaksana tugas presiden sampai pimpinan baru diumumkan.


(lth/ady)

Tim Mahasiswa Indonesia Siap Berlaga di Ajang SEM 2015

Tim Mahasiswa Indonesia Siap Berlaga di Ajang SEM 2015Manila - Sebanyak 23 tim mahasiswa asal Indonesia kembali betarung di ajang Shell Eco-Marathon 9 SEM) Asia. Di kejuaraan SEM 2015 yang berlangsung di Manila, Filipina itu, tim Indonesia bertekad menyapu bersih piala yang disediakan penyelenggara.

"Para peserta ditantang untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar di lingkungan perkotaan yang sebenarnya, dan pemenang akan ditentukan berdasarkan jarak tempuh terjauh dengan hanya menggunakan seliter bahan bakar (atau ekuivalen)," tutur Sosial Investment Manager PT Shell Indonesia, Anita Setyorini di Manila Hotel, Filipina, Kamis (26/2/2015).

Tim nahasiswa Indonesia yang berlaga di SEM ke 6 itu berasal dari 18 perguruan tinggi Indonesia dari beragam kota dan berju,lah 23 tim. Dari jumlah itu, 9 tim diantaranya merupakan pendatangan baru.

"Tahun ini, lebih dari 130 tim mahasiswa dari universitas, perguruan tinggi dan institut teknologi dari 17 negara akan bertanding,’ ucap Anita.

Sementara bagi 9 tim baru itu, kejuaraan kali ini merupakan pertama kalinya mereka ikuti. Kesembilan tim itu terdiri dari ITS Team 3, TITEN UNEJ, IMEI, Mobil Irit Tarumanegara, Japati K21 U-Line, Antawirya, Bengawan Team 1, UNJ Batavia Diesel dan Genetro Suryo.

Dikatakan Anita kompetisi tahun lalu Tim Sadewa Otto kembali mempertahankan rekornya. Sebelumnya tim itu berhasil meraih juara dalam kategori Urban Concept.

"Tim mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kategori kendaraan Prototype atau Urban Concept. Kategori Prototype diikuti oleh tim mahasiswa yang menghadirkan mobil masa depan atau kendaraan efisien yang difokuskan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui unsur-unsur desain inovatif,’ papar Anita.

Sementara dalam‎ kategori Urban Concept akan berfokus pada kendaraan hemat bahan bakar yang lebih layak dikendarai di jalan umum. Kendaraan itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengemudi dalam kehidupan sehari-hari dan sangat mirip dengan tampilan mobil-mobil yang saat ini berseliweran di jalan.



(edo/arf)

Pabrik General Motors di Bekasi Tutup

Pabrik General Motors di Bekasi TutupJakarta - Kabar mengejutkan datang dari pabrikan Amerika, General Motors (GM) yang memutuskan akan menghentikan pabriknya yang berada Pondok Ungu, Bekasi pada akhir Juni 2015 mendatang.

Hal ini dilakukan GM sebagai bagian dari fokus yang berkelanjutan, dalam rangka memperkokoh kinerja operasi secara global.

Sehingga General Motors hari ini mengumumkan transisi korporat untuk menjadi sebuah perusahaan distribusi (National Sales Company) di Indonesia. Dan berencana untuk menghentikan kegiatan produksi kendaraan di pabrik Bekasi pada akhir Juni 2015.

"GM Indonesia sedang mengalami transformasi yang lebih berorientasi pada pasar," kata Wakil Presiden Eksekutif GM dan Presiden GM International, Stefan Jacoby, dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (26/2/2015).

Namun GM Indonesia memastikan akan tetap berada di Indonesia, dengan produk-produk unggulan seperti Chevrolet Orlando, Captiva dan Trailblazer yang dapat diperoleh melalui jaringan dealer resmi Chevrolet.

"Transformasi ini akan semakin memperkuat struktur bisnis dan jaringan pemasaran, dengan fokus pada pengembangan merek Chevrolet, serta menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi yang kompetitif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia," tambahnya.

Aduh, bagaimana nasib pekerja di Indonesia?



(lth/ady)

Ini Alasan General Motors Tutup Pabrik di Indonesia

Ini Alasan General Motors Tutup Pabrik di IndonesiaJakarta - Akhir Juni 2015 General Motors (GM) memastikan akan menutup pabriknya yang berada di Pondok Ungu, Bekasi. Tapi kira-kira apa penyebabnya ya Otolovers?

General Motors mengatakan ada beberapa faktor yang membuat GM nekat menutup pabrik mereka di Indonesia. Padahal pabrik GM yang berada di Pondok Ungu, Bekasi, ini dikhususkan untuk melahirkan Chevrolet Spin yang menjadi andalan mereka di Indonesia.

Beberapa faktor tersebut dikatakan akibat biaya material yang tinggi, dan semakin berkurangnya potensi dalam pemanfaatan keberadaan pemasok dalam negeri dikarenakan skala produksi yang terbatas.

Meski demikian GM kembali berjanji masih akan terus memasarkan produk-produk terbaik mereka di Indonesia.

"GM dan merek Chevrolet memiliki masa depan yang cerah di Indonesia," kata Presiden GM Southeast Asia Operations, Tim Zimmerman, dalam rilis yang diterima detikOto.

"Dengan warisan sejarah sebagai produsen mobil pertama di Indonesia, kami akan tetap memasarkan berbagai kendaraan Chevrolet kepada konsumen di tanah air yang berada di segmen-segmen pasar utama," tambah Tim.


(lth/ady)

Ini Spesifikasi Lengkap Motor Trail APPKTM Power Trek GTX 150

Ini Spesifikasi Lengkap Motor Trail APPKTM Power Trek GTX 150Citeureup - Indonesia kembali diramaikan dengan motor trail terbaru. Kali ini, pabrikan asal Tiongkok, APPKTM mulai memboyong motor trail, APPKTM. Power Trek GTX 150.

Motor trail dari Tiongkok ini dibawa ke Indonesia untuk menjawab permintaan masyarakat Indonesia. Memang, sampai sejauh ini peminat motor trail di Indonesia semakin menjamur. Apalagi untuk daerah-daerah pegunungan yang membutuhkan motor-motor off-road.

Dilirik dari penggeraknya, motor ini mengusung mesin 4 langkah DOHC berpendingin udara. Mesin berkapasitas 149 cc tersebut mampu memproduksi tenaga hingga 11,9 daya kuda pada 8.500 RPM dengan torsi 9,8 Nm pada 7.500 RPM.

Untuk sistem pengapian menggunakan sistem CDI/AC. Sistem tersebut akan memudahkan penunggangnya saat dalam keadaan darurat karena motor bisa dihidupkan tanpa aki.

Untuk kenyamanan pengendara Power Trek GTX 150 menggunakan suspensi depan Teleskopik (upside down) dan suspensi belakang Shock Absorber. Ban depan menggunakan ban standar Trail dengan ukuran 2.75-18 dan belakang 3.00-17.

Dari segi keamanannya, motor ini telah dilengkapi sistem pengereman Disc Brake depan dan belakang. dilengkapi juga dengan tangki bensin yang bisa menampung hingga 7.8L paling besar dikelasnya.

APPKTM mengklaim, rangka Trek GTX 150 menggunakan besi pipa yang kuat tapi ringan. Motor ini memiliki dimensi panjang 2.200 mm, lebar 810 mm dan tinggi 1.130 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.410 mm dengan jarak terendah ke tanag 250 mm. Berat kosong motor ini sekitar 140 kg.

Untuk penerangan, lampu depan, belakang dan sein menggunakan lampu LED yang akan lebih terang, irit energi dan awet. Motor ini juga didukung dengan tampilan headlamp yang sporty berkarakter “Challenge” dan diklaim akan membuat pengendara semakin menyatu dengan Power Trek GTX 150.

APPKTM menyediakan 3 warna pada Power Trek GTX 150 yaitu kuning, hijau dan oranye. Di wilayah Jabotabek, motor ini dijual dengan harga Rp 15.750.000, sedangkan luar Jabotabek disesuaikan dengan ongkos distribusinya.


(rgr/lth)

Aduh, 500 Pekerja GM Bakal Nganggur

Aduh, 500 Pekerja GM Bakal NganggurJakarta - Ditutupnya pabrik General Motors (GM) di Pondok Ungu Bekasi, jelas bakal berdampak parah untuk pekerja di dalamnya. Dikatakan 500 karyawan GM di Indonesia bakal dipulangkan.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (26/2/2015) dikatakan, langkah yang ditempuh perusahaan ini akan berdampak terhadap sekitar 500 karyawan di fasilitas produksi di Bekasi, yang terletak 16 km sebelah timur dari Jakarta.

"Kami memiliki karyawan yang sangat handal. Terbukti Chevrolet Spin telah mendapat pengakuan sebagai mobil berkualitas dari para pelanggan, kalangan industri dan General Motors," kata Presiden, GM Southeast Asia Operations, Tim Zimmerman.

"Kami dapat memahami bahwa keputusan ini akan mengecewakan seluruh karyawan yang telah menunjukkan dedikasi yang tinggi selama ini di Indonesia. Kami akan bekerja dengan seluruh pemangku kepentingan setempat yang ada termasuk Pemerintah Indonesia untuk membantu seluruh karyawan kami," tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Pabrik yang seluruh sahamnya dimiliki oleh GM Indonesia, dibuka pada tahun 1995. Kemudian fasilitas ini diaktifkan kembali pada Mei 2013, setelah berhenti produksi pada tahun 2005.

Pabrik Bekasi saat ini memproduksi Chevrolet Spin untuk kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor di Asia Tenggara. Dan kini akan kembali berhenti produksi pada Juni 2015 besok.


(lth/ady)

Jeep Grand Cherokee dengan Fitur Lengkap Juga Siap Dijual

Jeep Grand Cherokee dengan Fitur Lengkap Juga Siap DijualJakarta - Selain menjual Jeep Grand Cherokee Limited dan Overland bermesin 3.0-liter V6 Pentastar, PT Garansindo Inter Global juga akan menjual Grand Cherokee dengan fitur yang lebih lkomplit.

Managing Director PT Garansindo Inter Global, Dhani Yahya mengatakan, pihaknya nanti akan menjual Jeep Grand Cherokee versi opsional. Ada beberapa peningkatan fitur yang akan dilakukan.

"Peningkatan optionnya terutama di audio system atau fokus pada fitur hiburan," terang Dhani di sela-sela acara peluncuran Jeep Grand Cherokee di Pasific Place, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Dhani melanjutkan, untuk Jeep Grand Cherokee full option itu akan dijual dengan harga Rp 1.270.000.000 off the road untuk model Overland dan yang model Limited dijual Rp 1.170.000.000 off the road.

"Perbedaan harganya sekitar Rp 40 juta dengan model yang biasa. Dengan beda Rp 40 juta sudah sangat cukup untuk beberapa peningkatan terutama di audio system," timpal Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global Rieva Muchsin di tempat yang sama.


(ady/lth)

Mengenal Lebih Dekat Jeep Grand Cherokee Versi Murah

Mengenal Lebih Dekat Jeep Grand Cherokee Versi Murah Jakarta - Jeep Grand Cherokee model Limited dan Overland hadir dengan mesin 3.0-liter. Dengan mesin yang lebih kecil, Jeep Grand Cherokee mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang maksimal kepada konsumennya.

Kini Jeep Grand Cherokee dijual mulai Rp 1.170.000.000 (off-the road) untuk tipe Limited dan Rp 1.230.000.000 untuk tipe Overland. Sehingga bisa dikatakan, model ini menjadi Jeep Grand Cherokee termurah yang pernah diperkenalkan di Indonesia nih.

Untuk itu, yuk kita simak ulasannya lengkap Jeep Grand Cherokee Limited dan Overland di bawah ini.

Wow! Mio M3 Bisa Tarik Truk

Wow! Mio M3 Bisa Tarik TrukJakarta - Coba meyakinkan pecinta Mio M3, Yamaha membuktikan ketangguhan motor matik terbarunya itu dengan menarik truk hingga 300 meter. Wow, tangguh juga nih.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (26/2/2015), Ketangguhan Mio M3 dibuktikan Yamaha, dengan kuat menarik truk sepanjang 300 meter sampai 500 meter.

Kekuatannya diperlihatkan di depan publik dalam rangkaian event Yamaha Family Day dengan aktivitas 'Uji Kekuatan Mio M3 Attack Kampung'.

Yamaha Mio M3 menarik truk itu pertama kali dilakukan pada Minggu 22 Februari lalu, di halaman parkir Puskesmas Kebagusan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Hasilnya Yamaha Mio M3 mampu menarik satu truk dalam keadaan mesin mati sejauh 300 meter.

"Dalam event 'Uji Kekuatan Mio M3 Attack Kampung' ini, kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat dan membuktikan kekuatan 125 cc produk matik baru Yamaha ini. Mereka melihat sendiri Mio M3 mampu menarik truk. Bukan hal yang biasa dilakukan, tapi jadi mengagumkan,” ujar Chief Yamaha DDS Jakarta, Frengky Rusli.

Yamaha juga memanjakan masyarakat setempat dengan menikmati acara lainnya. Seperti senam sehat, kompetisi futsal, lomba mewarnai anak. Tidak lupa Yamaha juga memberikan edukasi teknologi Blue Core kepada konsumennya, agar lebih mengerti akan keunggulan teknologi Blue Core.

Tidak berhenti sampai di situ, dikatakan Mio M3 akan menarik truk lagi di bulan Maret mendatang di Pluit Jakarta Utara, Cakung Jakarta Timur, Pancoran Jakarta Selatan.

Terakhir, selain uji kekuatan, Yamaha DDS Jakarta juga telah melakukan uji irit Mio M3 di SMK-SMK binaan Yamaha dan juga uji tahan banjir dengan merendam motor yang dilakukan di 6 dealer. Dan secara nasional di 10 kampus di 10 kota, Yamaha mengadakan Mio M3 Challenge mesin nyala nonstop 30 hari.


(lth/arf)

Mobil Bekas Paling Mahal Apa yang Pernah Dijual Mobil88?

Mobil Bekas Paling Mahal Apa yang Pernah Dijual Mobil88?Jakarta - Mobil bekas yang dipajang mobil88 rata-rata hanya berumur kurang dari sebulan, tepatnya 20 hari. 20 hari dipajang, mobil sudah diboyong konsumen. Terus kira-kira mobil paling mahal apa yang pernah dipamerkan, Ferrari, Lamborghini?

"Belum pernah kalau Lambo atau Ferrari, pernah ada yang nanya, tapi nyasar," ujar GM mobil88 Fischer Lumbantoruan di Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Mobil paling mahal yang pernah dijual mobil88 adalah Lexus 460 seharga Rp 700 juta. Mobil mahal lainnya adalah BMW Seri 7, Seri 5, X5 atau Toyota Alphard.

Yang paling murah? "Daihatsu, Rp 50 juta," ujarnya.

Untuk target penjualan mobil88 menargetkan bisa menjual sekitar 30.000-31.000 unit mobil bekas tahun ini. Tahun 2014 ada 25.000 mobil, sedangkan 2013 20.000 unit.


(lth/ddn)

Mercy Indonesia Lakukan Pengecekan Terkait Recall CLS dan E-Class

Mercy Indonesia Lakukan Pengecekan Terkait Recall CLS dan E-ClassJakarta - Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat mengumumkan telah melakukan recall atau penarikan kembali mobil Mercedes-Benz model CLS-Class dan E-Class. Penarikan itu diakibatkan adanya masalah pada sil karet pada bagian mesin yang berpotensi terjadinya kebakaran.

Lalu, apakah hal ini terjadi juga pada mobil Mercy CLS-Class dan E-Class yang dijual di Indonesia?

Deputy Director Corporate Communication & External Affairs (CCEA) PT Mercedes-Benz Indonesia Elvera N. Makki menuturkan, bagi Mercedes-Benz, keselamatan dan kenyamanan customers itu sangat penting dan merupakan fokus utama perusahaan. Peace of mind atau ketenangan bagi customers merupakan komitmen yang senantiasa selalu dijaga.

"Sehubungan dengan recall E-Class dan CLS-Class, saat ini kami sedang dalam proses pengecekan sehingga belum dapat memberikan konfirmasi," tegas Vera melalui surat elektronik kepada detikOto, Kamis (26/2/2015).

Vera melanjutkan, yang dapat ditekankan adalah customers Mercedes-Benz tidak perlu khawatir akan hal ini. Sesuai prosedur dari kantor pusat, tim after sales Mercedes-Benz telah siap dengan pengambilan langkah yang komprehensif untuk memperbaiki kendaraan yang nantinya teridentifikasi membutuhkan penggantian suku cadang.

"Customers yang kendaraannya teridentifikasi membutuhkan perbaikan, akan dihubungi segera oleh pihak diler resmi kami untuk penjadwalan proses perbaikan di bengkel resmi kami tanpa harus mengeluarkan biaya. Pemilik kendaraan Mercedes-Benz tersebut pun nantinya tak perlu khawatir karena proses ini akan berlangsung singkat, pengerjaannya tak lebih dari 10 menit," bebernya.

Tak hanya itu, Vera juga menambahkan, Mercy sebagai perusahaan otomotif premium yang mengedepankan inovasi terdepan dan teknologi canggih dalam fitur keselamatan dan kenyamanan, maka dapat dipastikan bahwa kualitas layanan purna jual Mercy selalu diimplementasikan dengan standar tertinggi dan kenyamanan bertaraf premium.



(ady/lth)

Indonesia Negara Pertama Adopsi Cherokee 3.0 L Setir Kanan

Indonesia Negara Pertama Adopsi Cherokee 3.0 L Setir KananJakarta - Jeep Grand Cherokee bermesin 3.0-liter dihadirkan khusus oleh PT Garansindo Inter Global untuk pasar otomotif nasional. Dengan begitu, Indonesia menjadi negara pertama yang menggunakan Jeep Grand Cherokee bermesin 3.0-liter.

Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global Rieva Muchsin menuturkan, Jeep Grand Cherokee yang menggunakan mesin 3.0-liter di dunia hanya pasar Tiongkok dan Indonesia. Tapi untuk negara yang menggunakan setir kanan, Indonesia adalah negara pertama.

"Di Tiongkok kan menggunakan setir kiri, jadi Indonesia negara pertama setir kanan yang menggunakan Jeep Grand Cherokee setir kanan," kata Rieva Muchsin di Pasific Place, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Lanjut Rieva, dalam membuat mobil setir kiri dan kanan itu perbedaan atau rasanya itu cukup signifikan. Hadirnya mesin 3.0-liter di Indonesia juga merupakan permintaan khusus Garansindo untuk masyarakat Indonesia.

"Kita minta kepada prinsipal dan prinsipal melihat Indonesia punya potensi yang cukup besar sehingga mereka mendevelop mesin 3.0-liter untuk pasar Indonesia," tambah Managing Director PT Garansindo Inter Global, Dani Yahya di tempat yang sama.


(ady/lth)

Motor Trail APPKTM 150 cc Dibanderol Rp 15 Jutaan

Motor Trail APPKTM 150 cc Dibanderol Rp 15 JutaanCiteureup - Pabrikan asal Tiongkok, APPKTM resmi memperkenalkan motor trail terbaru bermesin 150 cc. Motor trail yang dijual di Indonesia melalui PT Asean Motor International ini dilahirkan untuk menjawab permintaan motor trail yang semakin menjamur di Tanah Air.

Menurut GM Marketing PT Asean Motor International, Redy Sun, motor APPKTM Power Trek GTX 150 yang baru diluncurkan ini dibanderol mulai Rp 15 jutaan untuk konsumen di Pulau Jawa. Sementara di luar Jawa nantinya akan disesuaikan dengan ongkos distribusinya.

"Harga On The Road Jabotabek Rp 15.750.000. Untuk daerah nanti disesuaikan dengan OTR daerah," kata Redy di sela acara peluncuran APPKTM Power Trek GTX 150 di Sirkuit Taleus Netik, Citeureup, Bogor, Kamis (26/2/2015).

Redy melanjutkan, harga tersebut sudah siap digunakan oleh konsumennya. Artinya, semua surat-surat sudah diurus oleh PT Asean Motor International. Warna motor yang tersedia saat ini terdiri dari Merah, Kuning dan Orange.

"Rp 15.750.000 itu udah siap pakai," katanya.

PT Asean Motor International pun berani memberikan garansi mesin tiga tahun. Namun, syaratnya adalah mesin tersebut belum pernah dibongkar.


(rgr/lth)

Mobil 88 Jamin Mobil Seken yang Dijual Bukan Bekas Banjir

Mobil 88 Jamin Mobil Seken yang Dijual Bukan Bekas Banjir Jakarta - Seusai banjir seperti yang terjadi beberapa pekan lalu, tak sedikit mobil yang terendam dilego ke pasar mobil bekas sehingga membuat calon pembeli was-was. Namun, Mobil 88 selaku perusahaan jual beli mobil seken menjamin mobil seperti itu tak dijual pihaknya.

"Jakarta hampir sebagian besar terkena banjir, kami memberikan komitmen bahwa kami tidak menjual mobil bekas banjir. Garansi 100 persen,” tutur General Manager Mobil88 Fischer Lumbantoruan di Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Bila ternyata klaim tersebut tidak bisa dibuktikan, lanjut Fischer, maka pihaknya akan mengganti 100 persen dari nilai atau harga mobil yang dipatok.

Memang, penjualan mobil yang bekas terendam banjir bisa dijual di tempat lain. Tapi bagi Mobil 88, kepercayaan dari pembeli menjadi pertaruhan reputasi perusahaan.. "Kami tidak pernah main-main dengan komitmen," ujar Fischer.

Untuk meramaikan pasar mobil bekas, 7-8 Maret mendatang, Mobil88 akan menggelar sales event di empat kota besar yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.

"Grand pricenya ada Rp 20 juta, untuk kredit ada hadiah menarik dan diskon di atas yang kami biasa berikan di cabang," kata dia.

Fischer kembali menjamin mobil-mobil yang dijual dalam sales event mendatang bebas banjir, dan bukan bekas tabrakan.



(ddn/arf)

Jeep Grand Cherokee 3.6-Liter Tak Dijual Lagi di Indonesia

Jeep Grand Cherokee 3.6-Liter Tak Dijual Lagi di IndonesiaJakarta - Sebelum meluncurkan Jeep Grand Cherokee mesin 3.0-liter, PT Garansindo Inter Global memiliki Grand Cherokee mesin 3.6-liter. Namun, setelah model bermesin 3.0-liter, itu hadir, Grand Cherokee bermesin 3.6-liter tidak akan dijual lagi.

Menurut Managing Director PT Garansindo Inter Global, Dani Yahya penghentian penjualan model bermesin 3.6 liter itu dikarenakan model bermesin diatas 3.0 liter terkena tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Walhasil harganya juga semakin terkerek.

Oleh karena itu, kata Dhani, Garansindo lebih fokus menjual model yang bermesin 3.0-liter. "Jeep Grand Cherokee 3.6-liter tidak akan dipasarin lagi setelah habis stoknya. Sekarang unitnya tinggal sedikit model tahun 2014 saja," ujar Dani di sela-sela acara peluncuran Jeep Grand Cherokee di Pasific Place, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Dia optimistis, kedepannya pasar yang akan besar itu adalah Jeep Grand Cherokee bermesin 3.0-liter V6 Pentastar.

"Pertimbangan harganya cukup jauh antara mesin 3.6-liter dan 3.0-liter. Yang 3.6-liter dijual Rp 1,59 miliar off the road dan yang mesin 3.0-liter Rp 1,1 miliar sampai Rp 1,2 miliar," jelasnya.


(ady/arf)

Shell Dorong Pembangunan Tata Kota di Asean Berbasis Hemat Energi

Shell Dorong Pembangunan Tata Kota di Asean Berbasis Hemat EnergiManila, - Sebagai perusahan minyak terbesar di dunia, Shell menyoroti isu global warming. Oleh karena itu dalam kesempatan Shell Eco Marathon 2015 di Filipina, Shell mengundang pakar-pakar di Asia untuk mencari solusi terbaik.

Diskusi bertajuk 'Resilience In An Urbanising Word' membahas efek perubahan cuaca yang terjadi di Asean belakangan , Mulia Asif Ahmad, Saya Kitase konsultan lingkungan international, Glynn Ellis Strategic Energy Advisor, Shell Coporate Strategy and Planing, Felino Palafox Arsitekture dan Peranca Perkotaan.

“Urbanisasi akan menjadi salah satu kekuatan paling signifikan yang imbasnya akan terasa di masa depan, yang menghadirkan peluang sekaligus risiko,” ucap Glynn Ellis di dalam paparan acara Powering Progress Together Forum kedua di Manila, Filipina, Kamis (26/2/2015).

Acara yang dihadiri 300 Delegasi regional tingkat Asean membahas tingkat pertumbuhan. Beberapa kota-kota di asia telah dihuni oleh satu miliar penduduk dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

"Hal ini sangat mengancam sumber-sumber daya utama seperti energi, air, dan pangan. Urbanisasi memperkuat posisi Asia sebagai kekuatan Ekonomi tetapi diperlukan perencanaan cermat agar pertumbuhan ini berkesinambungan sehingga tercipta kota-kota yang lebih kuat tak hanya efisien dari segi sumber daya tetapi juga mampu mengedepankan kualitas," jelas Glynn.

Glynn menjelaskan pada tahun 2010 konsumsi minyak dunia setiap tahun 8 juta/ tahun. Angka itu akan terus bertambah setiap tahunnya.

"Pada tahun 2040 akan itu diprediksi meningkat jadi 16 juta / tahun, atau sekitar 80%. Kedepan ini menjadi tantangan bersama bagaimana mengurangi 23% pemakaian konsumsi bahan fosil sehingga dapat menghemat 20 triliun," lanjut Glynn.
Halaman 1 2 »

(edo/lth)

Mobil88 Buka 4 Cabang Baru

Mobil88 Buka 4 Cabang BaruJakarta - Penjual mobil bekas Mobil88 akan membuka 4 cabang baru di kawasan Jakarta dan sekitar. 4 cabang itu ada di Cibubur, Depok, Daan Mogot dan Serpong.

"Saat ini kami memiliki 18 cabang yang tersebar di 9 kota besar di Indonesia," ujar GM Mobil88 Fischer Lumbantoruan di Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Mobil88 merupakan unit bisnis PT Serasi Autoraya anak usaha PT Astra International Tbk.

Mobil88 juga mengoperasionalkan 2 diler mobil bekas yakni Daihatsu Used Car dan Toyota Used Car.

Kedua merek mobil ini dan keluaran Astra lainnya mencakup 60 persen dari jenis mobil yang dijual mobil88. Sisanya mobil seperti keluaran Korea.

"Mobil-mobil yang dijual di sini maksimal berumur 6-7 tahun. Yang paling banyak didisplay mobil berumur 2-3 tahun, 40 persen lah," ujarnya.


(ddn/lth)

Aston Martin Paling Dahsyat Dibanderol Rp 55,4 M

Aston Martin Paling Dahsyat Dibanderol Rp 55,4 MLondon - Aston Martin telah merilis rincian spesifikasi dan gambar mobil super anyar besutannya, yakni Aston Martin Vulcan. Mobil yang akan diluncurkan di gelaran Geneva Motor Show 2015 itu, siap dibanderol 2,79 juta poundsterling atau sekitar Rp 35,7 miliar.

Seperti dilansir Automotivenews Europe, Kamis (26/2/2015), Vulcan dibekali mesin bensin natural aspirated 7.000 cc V12 yang bertenaga hingga 800 tenaga kuda. Tenaga disalurkan ke roda peranti transmisi Xtrac enam tingkat percepatan sequential.

Mobil dengan berpenggerak roda depan itu hanya bisa dikendarai di trek balap. Dan kabarnya Aston Martin dikabarkan hanya akan memproduksi sebanyak 24 unit saja.

Selanjutnya karena karakternya yang khas sebagai mobil berperforma tinggi dan hanya cocok di trek balap itu, Aston Martin akan memberikan pelatihan khusus kepada para pembelinya.

"Saya yakin Vulcan dengan program kepemilikannya yang unik bakal menjadi standar baru bagi kelas mobil super ultra mewah," papar chief Executive Officer, Andy Palmer.


(arf/lth)

23 Tim Shell Eco-marathon Indonesia Tiba di Manila

23 Tim Shell Eco-marathon Indonesia Tiba di ManilaManila - Hajatan Shell Eco-marathon (SEM) kembali digelar di Manila Filipina, dan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-30. Edisi keenam SEM Asia itu juga diikuti oleh 23 tim dari Indonesia, dan Rabu (25/2/2015) kemarin mereka telah tiba di Luneta Park, Manila, Filipina.

Indonesia menerjunkan 23 tim yang berasal dari 18 perguruan tinggi yang tersebar di 10 kota di Indonesia. Mereka akan mengadu tingkat keiritan konsumsi bahan bakar mobil buatan mereka di sirkuit jalan raya di jantung kota Manila, Filipina.

Tahun ini, Indonesia menerjunkan sembilan tim baru yang untuk pertama kalinya bergabung dalam kompetisi ini, yaitu ITS Team 3, TITEN UNEJ, IMEI, Mobil Irit Tarumanegara, Japati K21 U-Line, Antawirya, Bengawan Team 1, UNJ Batavia Diesel dan Genetro Suryo.

Para peserta ditantang untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal di lingkungan perkotaan yang sebenarnya. Pemenang akan ditentukan berdasarkan jarak tempuh terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar atau ekuivalen.

PembukaanShell Eco-marathon Asia 2015 digelar Jumat (27/2/2015) di Luneta Park dan penutupan serta pemberian penghargaan akan digelar pada 1 Maret di Tent City, Manila Hotel. Kejuaraan ini menyediakan 24 penghargaan On-Track dengan hadiah uang tunai US$2.000 atau sekitar Rp 24,6 juta untuk pemenang dan US$1.000 atau sekitar Rp 12,3 juta untuk Runner Up di kategori Prototype dan UrbanConcept.

Para peserta juga akan berlomba memperebutkan enam penghargaan Off-Track. Penghargaan diberikan untuk pemenang kategori Komunikasi, Desain Kendaraan, Inovasi Teknis, Keamanan, Kegigihan dan Semangat, serta Shell Helix Tribology.


(arf/lth)