Sunday, February 15, 2015

Begini Tampilan Mobil Tanpa Sopir Apple?

Begini Tampilan Mobil Tanpa Sopir Apple?Jakarta - Apple diketahui tengah membuat mobil tanpa sopir untuk menandingi raksasa internet Google dan pabrikan mobil konvensional. Proyek mobil ambisius itu diberi kode nama Titan. Ini kah bentuk mobilnya?

Seperti dilansir Time, Senin (16/2/2015), salah satu desainer top Apple yang kebagian tugas merancang mobil itu adalah Marc Newson. Newson baru bergabung dengan Apple pada tahun lalu.

Urusan mobil bukan hal yang baru buat Newson, Newson sebelumnya pernah menggarap mobil konsep untuk Ford yang dinamakan Ford 021C. Mobil itu dipamerkan Ford di Tokyo Motor Show 1999.

Ford 021C belum pernah diproduksi dan memang kelahirannya hanya untuk konsep saja. Nama 021C juga sebenarnya merupakan kode warna untuk Pantone Oranye, warna si mobil.

Di dalamnya kursi mobil bisa diputar dan menggunakan lampu LED. Jadi benarkah mobilnya bakal seperti ini?

Wall Street Journal dalam laporannya menyebutkan, mobil tanpa penumpang yang disiapkan Apple modelnya adalah Minivan, dan bukan sedan seperti Ford 021C, namun dengan desainer yang sama, 021C bisa memberikan kita arahan bagaimana wujud mobil Apple di masa depan.


(ddn/ddn)

5 Tips Penting Mencuci Mesin Mobil

5 Tips Penting Mencuci Mesin Mobil Jakarta - Membersihkan sisi dalam atau bagian mesin mobil tentunya sangat berbeda dengan cara mencuci bagian badan mobil. Untuk mencuci bagian mesin sangat diperlukan ketelitian khusus dan hati-hati agar komponen mesin yang penting tidak terkena air dan rusak.

Karena itu, untuk menjaga mesin mobil tetap bersih dan tidak rusak, berikut ini adalah beberapa tips untuk mencuci mesin mobil Anda.

Ada Apa dengan Livina, Nissan?

Ada Apa dengan Livina, Nissan?Jakarta - Dibandingkan pesaingnya yang lain, popularitas mobil MPV Nissan Grand Livina tengah anjlok. Padahal Nissan beberapa waktu lalu sudah merilis wajah terbarunya. Ada apa ini Nissan?

"Harus kita akui penjualan Livina saat ini tengah anjlok," ujar Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin beberapa waktu lalu,

Budi menuturkan kalau biasanya Livina bisa terjual hingga 2.500 unit per bulan. Kini tengah menurun hanya mencapai 1.200-1.300 unit.

"Dulu kami bisa menjual 2.500 unit kini kami hanya menjual 1.200-1.300 unit atau mengalami penurunan mencapai 40 persen," katanya.

"Tapi penurunan ini disebabkan akibat perang diskon yang ada di lapangan. Ini semua karena kami tidak mau memberikan diskon, berbeda dengan pabrikan lainnya. Karena diskon di mata kami ini seperti narkoba, dan kami melakukan ini untuk buat jangka panjang, membuat perusahaan tetap sehat," tambahnya.

Lalu langkah apa yang akan diambil Nissan untuk menggairahkan Livina di Indonesia, apakah dengan model baru?

"Memang market MPV naik, tapi itu tidak besar. Dan perang diskon ini yang membahayakan. Penyegaran Livina? Insya Allah, kita lihat saja nanti," ucap Budi.


(lth/ddn)

Ini Dia Safety Car MotoGP 2015

Ini Dia Safety Car MotoGP 2015Jakarta - Untuk 17 kalinya, mobil-mobil keluaran BMW tepatnya BMW M bakal menjadi safety car balapan para raja MotoGP. Mobil apa yang disiapkan BMW?

Mobil itu adalah sebuah BMW M4 Coupe yang akan diluncurkan BMW di Geneva Motor Show bulan Maret mendatang. Mobil ini akan menemani 2 motor BMW S1000RR yang akan beraksi sebagai safety bikes.

BMW M4 Coupe memiliki tenaga mencapai 431 daya kuda dan torsi sebesar 550 Nm. Angka-angka ini cukup untuk menandingi keperkasaan motor-motor balap di MotoGP.

Itu saja keunggulan M4 Coupe? Belum semua, menurut Presiden Divisi M BMW, Frank van Meel, mobil M4 Coupe yang akan digunakan sebagai safety car itu merupakan salah satu mobil yang menggunakan teknologi water injection. Teknologi ini diklaim BMW bisa meningkatkan performa dan mengurangi konsumsi BBM.

Hasilnya mobil memiliki konsumsi BBM 8,8-8,3 liter per 100 km, atau 12 km per liter dengan emisi CO2 mencapai 204-194 gram per kilometer. Untuk ukuran mobil sport angka konsumsi BBM ini sangat irit.

Jangan bosan-bosan melihat mobil BMW di balapan MotoGP ya? Soalnya baru-baru ini, BMW dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports memperpanjang kontrak sampai 2020.

"Ini berarti kami bisa merayakan ulang tahun 20 tahun kiprah BMW M di MotoGP pada 2019. Kami bangga dengan kerja sama ini, yang sudah berlangsung selama beberapa dekade," ujar van Meel.


(ddn/ddn)

Honda Sumbang Mobil BBG untuk Riset BPPT

Honda Sumbang Mobil BBG untuk Riset BPPTSerpong - PT Honda Prospect Motor mendonasikan satu unit Honda City yang berbahan bakar ganda antara Compressed Natural Gas (CNG) dan bensin kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Mobil tersebut diperuntukkan sebagai unit riset edukasi dan pengembangan teknologi energi bahan bakar alternatif khususnya gas.

"Melalui program Honda for Indonesia, Honda aktif untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik di Indonesia," tutur Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (16/2/2015).

Kontribusi itu, kata Jonfis, salah satunya dilakukan dengan turut serta melakukan perbaikan lingkungan hingga transfer teknologi.

"Dengan terus berinovasi melalui mobil CNG, Hybrid dan listrik, Honda juga telah siap mendukung program untuk alternatif bahan bakar yang lebih ramah lingkungan," ucapnya.

Honda City yang didonasikan itu mengusung mesin 1.500 cc i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua sumber tenaga.

Pertama mesin bertenaga bensin, dan kedua bersumber tenaga CNG. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari bensin 120 PS, sedangkan dari CNG sebesar 102 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 12,9 kgm pada 4.800 rpm.

"Pengemudi dapat memilih mode berkendara dengan mesin bensin maupun CNG dengan hanya menekan tombol switch pada bagian kanan setir," ujar Jonfis.

Dengan penambahan tangki gas, maka bobot sedan ini bertambah, karena tangki tersebut berkapasitas 42 liter. Tambahan lainnya adalah High Pressure Piping, ECU tambahan, CNG Injector, Pressure serta tambahan lid untuk bahan bakar yang terletak di atas lid untuk bahan bakar bensin.

Honda City CNG yang didatangkan dari Thailand itu telah memenuhi standar Euro 4. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis lima tingkat percepatan. Fitur keselamatan dan keamanan tak berbeda dengan versi reguler yang saat ini tengah dipasarkan di Thailand.



(arf/ddn)

Jade, MPV Irit BBM Honda

Jade, MPV Irit BBM Honda Jakarta - Mulai pertengahan Februari ini, Honda menjual sebuah MPV hybrid yang mereka namakan Jade. Mobil berkapasitas 6 penumpang ini diklaim Honda memiliki konsumsi BBM 25 km per liter.


Keterangan Foto :
Nama Jade dipilih Honda untuk mewakili hasrat dari tim pengembangan mobil yang berusaha menciptakan mobil cantik. Mobil cantik yang memiliki keanggunan seperti sebuah permata dan memenuhi kebutuhan manusia di zaman modern. Istimewa/Response.

Pada Suhu Minus 35 Derajat, Bagaimana Kinerja Pelumas Fastron?

Pada Suhu Minus 35 Derajat, Bagaimana Kinerja Pelumas Fastron?Levi - Oli Fastron tidak hanya dijual di Indonesia, PT Pertamina Lubricants pun sudah mengekspor ke beberapa negara termasuk ke negara yang memiliki suhu udara yang ekstrem. Pertamina Lubricants mengklaim olinya ini tetap bisa digunakan di suhu udara minus 35 derajat.

Passenger Car Manager Retail Marekting PT Pertamina Lubricants Eko Ricky Susanto menuturkan kepada reporter detikOto Aditya Maulana yang ikut dalam acara Fastron Winter Driving Experience 2015 di Levi, Finlandia.

Menurut Eko, oli Fastron meskipun diproduksi di dalam negeri (Indonesia), tapi sudah mengikuti spesifikasi internasional. Salah satunya, oli Fastron itu selain cocok digunakan di Indonesia dengan kondisi panas atau tropis, juga cocok digunakan di negara dengan memiliki 4 musim termasuk musim dingin.

"Kita punya Fastron Gold 5W-30 dan Tekno 10W-40 dan 15W-50. Oli itu masih oke digunakan di negara-negara musim dingin karena dilihat dari kekentalannya, karena semakin kecil angka di belakang W (menandakan Winter) itu maka semakin bisa melumasi pada suhu dingin," beber Eko.

Ia mencontohkan, oli Fastron 5W itu bisa digunakan pada mobil dengan kondisi udara atau suhu udara di luar sampai minus 35 derajat. Sewaktu start up awal oli masih bisa mengalir untuk melumasi mesin, dan ketika suhu minus 35 derajat, oli itu tetap berfungsi normal melumasi mesin.

"Kita pernah ujicoba di tahun 2010 atau 2011 Fastron Goes to Europe dari Indonesia menuju ke Roma mengikuti jalur sutranya Marcopolo dengan menggunakan Toyota Fortuner. Dalam pengujian itu dihadapkan beberapa musim seperti panas, dingin sampai minus 35 derajat. Total kurang lebih 24.000 km, hanya 2 kali ganti oli. Hasilnya setelah diuji coba dan dites di laboratorium dan lain-lain masih oke secara kualitas," katanya.

Eko menambahkan, Pelumas Fastron ini juga tidak kalah dengan produk-produk global sekalipun, karena memang secara spesifikasi, oli Fastron sudah memenuhi standar internasional atau yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.



(ady/ddn)

Daihatsu Terios Bulan Maret Ganti Tampang

Daihatsu Terios Bulan Maret Ganti TampangJakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) siap memenuhi janjinya untuk mengubah tampang Terios bulan depan. Wah apa saja perubahannya?

"Maret besok kami akan undang kembali ya. Kami akan memperkenalkan Terios terbaru," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Lalu apa saja yang berubah Bu Amelia? "Sabar dong, nanti saja. Sedikit-sedikitlah, besok kita akan undang kembali," tambah Amelia.

Sebelumnya pada IIMS 2014 lalu di booth Daihatsu, ada 1 unit Terios berwarna putih yang juga ikut dipamerkan. Daihatsu menyebutkan Terios Spirit yang hadir lebih 'ganteng' dibanding model yang ada saat ini di pasaran.

Waktu itu Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menuturkan, Terios Spirit itu disiapkan untuk melihat respons dari masyarakat karena tahun 2015 akan mulai dijual di pasar otomotif nasional.

"Terios Spirit kita mulai jual tahun depan," bisik wanita yang akrab disapa Amel kepada detikOto di booth Daihatsu Hall D JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara waktu itu.

Amel menambahkan, tampilannya akan sama persis dengan yang sekarang dipamerkan di IIMS. Hanya saja ada perubahan sedikit-sedikit di bagian interior dan eksteriornya.

"Ya paling ada perubahan sedikit-sedikit dari yang sekarang dipamerkan. Tapi secara keseluruhan akan sama. Harganya maaf kami belum bisa kasih tahu," elak Amel sambil tersenyum.


(lth/ddn)

Pengiriman Perdana Motor Tanpa Bensin

Pengiriman Perdana Motor Tanpa Bensin Jakarta - PT Garansindo Technologies, sebagai distributor Zero Motorcyles di Indonesia melakukan pengiriman perdana motor Zero Motorcycles SR dan FX kepada konsumen. Pengiriman motor listrik ini untuk memenuhi permintaan khusus seorang konsumen yang sudah ngebet memiliki Zero Motorcycles SR dan FX.


Keterangan Foto :
PT Garansindo Technologies mengirim Zero Motorcycles SR dan FX kepada konsumen. Istimewa/Garansindo.

Oli Fastron Sudah Dipakai di 6 Negara

Oli Fastron Sudah Dipakai di 6 NegaraHelsinki - PT Pertamina Lubricants ternyata sudah mulai melakukan ekspor oli dengan merek Fastron ke setidaknya 6 negara. Negara tujuan ekspor itu di antaranya Jepang, Australia, Thailand, Malaysia, Afrika Selatan dan Italia.

Passenger Car Manager Retail Marekting PT Pertamina Lubricants Eko Ricky Susanto menuturkan, untuk oli khusus mobil dan motor, Pertamina Lubricants hanya mengkespor ke 6 negara tersebut. Alasannya, di 6 negara tersebut kompetitornya cukup kuat sehingga Pertamina ingin mendobrak pasar tersebut.

"Persaingan di negara-negara tersebut cukup ketat. Dengan kualitas yang kita miliki maka kita menyasar ke 6 negara tersebut untuk oli motor dan mobil," tutur Eko kepada reporter detikOto, Aditya Maulana, di Helsinki, Finlandia.

Selain oli untuk mobil dan motor, Pertamina Lubricants juga mengekspor oli untuk industri lainnya seperti powerplant untuk kapal dan lain sebagainya. Dengan demikian, negara tujan ekspor yang dituju Pertamina Lubricants menjadi 22 negara.

"Kita ekspor mulai tahun 2009 akhir dan sekarang sudah mencapai 22 negara. Tapi yang paling banyak itu ada di Australia, Thailand, Malaysia, Jepang, Singapura, Yaman dan negara-negara Uni Emirat," bebernya.

Menurutnya, pasar oli di Thailand untuk Fastron jumlahnya hampir sama dengan di Indonesia yang setahunnya mencapai 700-800 juta per liter.





(ady/ddn)

FDOCI, Pecinta Diecast Mobil Ferrari

FDOCI, Pecinta Diecast Mobil FerrariJakarta - Mobil Ferrari mungkin adalah salah satu jenis mobil yang paling diidamkan. Tidak hanya mobil utuhnya, mobil diecast merek ini selalu diincar pecintanya.

Adalah Ferrari Diecast Owner's Club Indonesia (FDOCI) merupakan tempat berkumpulnya para pecinta diecast dan pernak-pernik yang berkaitan dengan Brand Ferrari.

Untuk berkomunikasi sesama member, media yang digunakan adalah Fanpage di Media Social Facebook. FDOCI sendiri berdiri pada tanggal 8 Februari, dan tahun ini genap berusia 3 tahun.

Dalam usianya yang berjalan 3 tahun ini anggota Fanpage FDOCI mencapai 2.000-an member yang tersebar diseluruh Indonesia dan luar negeri.

Awal di bentuknya Fanpage FDOCI ini bertujuan untuk mengumpulkan para pecinta diecast khususnya mobil Ferrari untuk dapat saling sharing, jual-beli, Showoff, Lelang dan yang paling terpenting pertemanan dan persaudaraan. Kedepannya FDOCI ingin menjadi sebuah perkumpulan yang Solid dan akrab.

“Yang punya kartu member ada 400 orang, sementara yang belum lebih dari 1.500. Kalau teman-teman coba membuka Ferrari Diecast Indonesia pada mesin pencarian pasti FDOCI urutan atas ” ujar Ketua Umum FDOCI Pusat Faisal R. Daulay saat peringatan ultah 8 Februari 2015 lalu di de'FriZZ Resto&Cafe â€Â" Tebet.

Peringatan 3 tahun komunitas Ferrari Diecast Owners Club Indonesia (FDOCI) dihadiri oleh puluhan member yang berasal dari Wilayah Jabodetabek, bahkan ada salah satu member yang datang langsung dari Kalimantan.


(ddn/ddn)

5 Tips Berbagi Jalanan dengan Truk Dan Kontainer

5 Tips Berbagi Jalanan dengan Truk Dan Kontainer Jakarta - Sering sekali kita lihat berita telah terjadi tabrakan antara truk atau bus dengan motor atau mobil biasa, dan hampir seluruh penumpang mobil atau pengemudi motor mengalami luka yang cukup parah, bahkan meninggal dunia seluruhnya.

Hal itu memang tidak mengherankan, sebab ukuran truk dan kontainer sangat besar, karena itu memiliki tenaga yang besar pula.

Memang agak sulit menentukan mana yang salah dalam sebuah kecelakaan antara truk atau kontainer dengan mobil atau motor.

Namun, agar tidak lagi terjadi kecelakaan antara Anda sebagai pengemudi mobil biasa dengan truk atau kontainer, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk berbagi jalanan dengan truk dan kontainer.

Mengingat truk dan kontainer agak sulit dikemudikan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bereaksi, Anda harus sedikit “mengalah” demi keselamatan bersama.

Inilah lima tips berkendara di jalanan yang penuh dengan truk dan kontainer.

Jade, MPV Irit BBM Honda, 25 Km/Liter

Jade, MPV Irit BBM Honda, 25 Km/Liter Tokyo - Mulai pertengahan Februari ini, Honda menjual sebuah MPV hybrid yang mereka namakan Jade. Mobil berkapasitas 6 penumpang ini diklaim Honda memiliki konsumsi BBM 25 km per liter.

Dalam sebuah presentasi di Tokyo, 12 Februari lalu, Senior Managing Officer Honda Motor Co Sho Minekawa menekankan Jade bakal menjadi salah satu kendaraan yang membawa Honda kembali ke jalur ‘hijau’.

“Kami ingin kembali ke jalur yang benar dengan peluncuran mobil-mobil terbaru kami,” ujarnya.

Honda memang sedang mengalami penurunan penjualan di Jepang karena proses recall yang massif. Recall itu terjadi karena masalah airbag buatan Takata.

“Berdasarkan hasil terbaru di awal tahun, pelanggan kami mulai kembali. Mobil-mobil seperti Fit (Jazz) dan Vezel (HR-V) juga sudah kembali sukses,” ujarnya.

Honda tahun ini menargetkan menjual sekitar 5,2 juta-5,3 juta kendaraan. Angka itu memang lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 5,56 juta kendaraan.

Jadi seperti apa sebenarnya rupa mobil Jade yang membuat Honda optimistis tahun ini? Yuk kita simak



Kumpul Perdana Pengguna CB150R StreetFire

Kumpul Perdana Pengguna CB150R StreetFire Jakarta - 1.000 pecinta Honda berkumpul menggelar untuk pertama kalinya dalam acara 'Jambore Nasional Honda CB150R StreetFire' di Yogyakarta. Meskipun gelaran perdana, para pecinta Honda CB150 StreetFire hadir secara kompak dan penuh semangat mengikuti rangkaian kegiatan ini.


Keterangan Foto :
Para pecinta Honda CB150 StreetFire mengibarkan bendera merah putih. Pool/Astra Honda Motor.

Mengintip Spesifikasi Mobil Listrik Tesla

Mengintip Spesifikasi Mobil Listrik TeslaJakarta - Mobil listrik mewah Tesla Model S sudah ada di Jakarta. Distributornya, Prestige Image Motorcars mengklaim, Tesla Model S 85 kWh Performance memiliki keluaran tenaga yang bisa diandalkan. Bahkan, mobil ini mampu bersaing dengan mobil super asal Italia sekalipun.

"Kecepatan bisa diadu dengan mobil supercar italia lainnya. Cuma beda 0,1 detik. Ini adalah fastest sedan in the world. 0-100 km/jam hanya 3,2 detik," kata Presdir Prestige Image Motorcars Rudy Salim saat ditemui di markas Prestige Image Motorcars di Pluit, Jakarta.

Tahap pertama, Prestige baru memboyong satu unit Tesla Model S 85 kWh Performance. Nantinya, sekitar April 2015 Prestige kembali mendatangkan Tesla Model S 60 kWh dan 85 kWh.

Untuk Tesla Model S dengan baterai 60 kWh mampu menjangkau jarak tempuh hingga 334 km. Sementara 85 kWh mencapai 426 km serta 85 kWh Performance bisa sampai 407 km.

Untuk pengecasan baterai, listrik yang dibutuhkan adalah sebesar 10.000 watt. Masa pengisian dari kondisi baterai konsong sekitar 8-10 jam. Jadi diperkirakan, biaya yang dibutuhkan untuk sekali pengisian baterai mencapai Rp 270.000.

"Tapi dengan ngecas 8 jam mobil ini bisa 400 kilometer. Mungkin biayanya sekitar Rp 270.000 untuk mengisi mobil ini sampai penuh dan bisa mencapai 400 km," klaim Rudy.

Tesla Model S 60 kWh mampu menyemburkan tenaga hingga 380 daya kuda. Sedan itu bisa mengakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,9 detik dan mampu menempuh kecepatan tertingginya sampai 193 km/jam.
Halaman 1 2 »

(rgr/ddn)

Toyota, Honda dan Nissan Bangun Stasiun Pengisian Hidrogen

Toyota, Honda dan Nissan Bangun Stasiun Pengisian HidrogenTokyo - Tiga pabrikan besar asal Jepang, Toyota Corporation, Nissan Motor Co dan Honda Motor Co berkolaborasi mempercepat pembangunan infrastruktur stasiun hidrogen untuk kendaraan sel bahan bakar (Fuel Cell Vehicle/FCV).

Agar mobil hidrogen menjadi populer, tidak cukup dengan menawarkan produk yang menarik, tetapi infrastruktur pendukung seperti stasiun hidrogen juga harus dikembangkan.

Kini, tiga perusahaan raksasa itu sedang bekerja untuk membangun fasilitas tersebut. Tapi mereka menghadapi kesulitan dalam memasang dan mengoperasikan stasiun itu karena FCV tidak banyak beredar di jalanan.

Setelah rumusan Strategic Road Map untuk Kendaraan Sel Bahan Bakar pada Juni 2014 lalu, pemerintah Jepang telah menyoroti pentingnya mengembangkan infrastruktur stasiun hidrogen secepat mungkin untuk memopulerkan kendaraan sel bahan bakar.

Untuk itu, pemerintah setempat tidak hanya mendukung instalasi stasiun hidrogen dengan cara subsidi. Pemerintah Negeri Sakura itu juga telah memutuskan untuk memperkenalkan berbagai kebijakan tambahan yang ditujukan agar peminat FCV meluas.

Tiga pabrikan besar asal jepang itu juga berharap untuk memopulerkan FCV dan memastikan bahwa kendaraan itu mudah diisi bahan bakarnya. Karenanya, mereka telah menyadari kebutuhan untuk mempromosikan pembangunan infrastruktur stasiun hidrogen bersama pemerintah dan perusahaan infrastruktur.


(rgr/ddn)

Pertamina Lubricants Siap Jajaki Asia Tenggara

Pertamina Lubricants Siap Jajaki Asia TenggaraHelshinki - Setelah melakukan ekspor ke beberapa negara, PT Pertamina Lubricants pada tahun ini berencana akan memperluas jaringannya. Kali ini negara yang akan dituju adalah negara-negara di Asia Tenggara.

Passenger Car Manager Retail Marekting PT Pertamina Lubricants Eko Ricky Susanto menjelaskan Pertamina Lubricanta sedang melakukan joint venture dengan perusahaan asal Tiongkok. Nantinya negara ekspor akan diperluas.

"Kita akan jajaki pasar di negara-negara Indochina seperti Vietnam, Kamboja dan Myanmar," tutur Eko kepada reporter detikOto Aditya Maulana di Helsinki, Finlandia dalam acara Pertamina Fastron Winter Driving Experience.

Bukan hanya hanya itu, Pertamina Lubricants juga belum lama ini telah mengakuisisi pabrik oli baru di Bangkok, Thailand. Pabrik tersebut akan memasarkan oli Fastron dan merek lainnya ke beberapa negara di Indochina.

Eko menambahkan, alasan mengembangkan jaringan ke beberapa negara di Asia Tenggara itu dikarenakan pasar di negara-negara tersebut cukup besar.

"Untuk negara yang akan kita jajaki itu nantinya akan mendapatkan oli dari Thailand atau dari pabrik yang baru kita akuisisi. Jadi nanti tidak perlu diekspor langsung dari Indonesia," tuntasnya.


(ady/ddn)

Sirion Bisa Melibas Banjir Sampai Setinggi Apa, Daihatsu?

Sirion Bisa Melibas Banjir Sampai Setinggi Apa, Daihatsu?Jakarta - Daihatsu Sirion memang dilahirkan untuk bisa dikendarai dalam kota seperti Jakarta. Tapi seperti yang kita ketahui, Jakarta identik dengan banjir saat hujan melanda. Lalu apakah New Sirion siap menghadapinya?

"New Sirion bisa menghadapi genangan air, tapi karena ini merupakan city car New Sirion bisa melintasi air hingga 30 cm. Sejauh digunakan dengan benar," kata Executive Officer R&D ADM, Pradipto Sugono, saat peluncuran New Sirion di Senayan, Jakarta akhir pekan lalu

Dirinya pun menjelaskan apa yang dimaksud dengan sejauh digunakan dengan benar.

"Iya asal digunakan dengan benar, karena kan ini city car. Seperti tidak perlu terlalu kencang, tidak terlalu lambat, terlebih berhenti. Karena Accu-nya relatif tinggi," ujarnya.

"Oleh sebab itu ketingan air atau genangan air mencapai 30 cm, bisa dilalui," tambahnya.




(lth/ddn)

Knalpot Ini Diklaim Termahal Sejagat

Knalpot Ini Diklaim Termahal SejagatLondon - Sebuah knalpot yang terbuat dari bahan titanium besutan pabrikan pembuat aksesoris mobil asal Inggris diklaim bakal menjadi knalpot paling mahal sejagat. Pabrik pembuatnya, Quick Silver Exhaust System menyebut knalpot itu diperuntukkan bagi Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse.

Meski belum diumumkan secara resmi berapa banderolnya, namun pernyataan seorang sumber di perusahaan itu yang dilansir Car Throttle, Minggu (15/2/2015), menyebut knalpot itu bakal dihargai sekitar 26.760 poundsterling atau sekitar Rp 524 juta.

Dia menyebut, keberadaan knalpot itu tak hanya membuat mesin Bugatti Veyron Super Sport bersuara halus, tetapi tenaga di mesin juga keluar dengan maksimal. “Sehingga, mengubah mesin Veyron menjadi sesuaty yang layak mendapat anugerah Grammy," sebutnya.

Sementara Carbuzz menyebut knalpot kustom pertama yang dibangun untuk Vitesse itu memiliki suara yang mampu meredam suara ledakan mesin dari Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse.

Maklum, dengan mesin 8.000 cc W16 Quad-Turbo tentu memiliki suara yang menggelgar dahsyat bila tak mampu diimbangi oleh saluran pembuangan udara yang mumpuni. Walhasil, dengan knalpot tersebut, mobil bertenaga 1.200 hp itu bersuara sangat luar biasa.




Halaman 1 2 3 4 »

(arf/arf)

Finalis Fastron Winter Driving Experience Tiba di Finlandia

 Finalis Fastron Winter Driving Experience Tiba di FinlandiaHelsinki - Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 18 jam, keenam orang finalis Fastron Winter Driving Experience 2015 yang diselenggarakan oleh Pertamina Lubricants tiba di Helsinki, Finlandia.

Keenam finalis asal Indonesia itu yakni Bramantyo Tejasaputra, Himawan Pratama Putra, Thomas Septa Adi Wijayanto, Rokhmat Putra Darmawan, Ester Christiani Sitompul dan Ahmad Fraidee Pamungkas. Mereka tiba di Helsinki, Finlandia pukul 13.30 waktu setempat.

Setiba di Helsinki, mereka melakukan city tour untuk beberapa jam, mereka melanjutkan perjalanannya ke kota Levi, Finlandia. Kota itulah, tujuan utama mereka yang akan mengendarai supercar Porsche di atas salju, Finlandia.

"Senang banget bisa sampai disini dan Pertamina bisa mewujudkan mimpi kita. Pesawatnya oke makanannya oke dan saya sudah tidak sabar buat nyetir Porsche nanti," papar Himawan kepada reporter detikOto di Helsinki, Finlandia dalam acara Pertamina Fastron Winter Driving Experience.

Brand Ambassador Pertamina Fastron Rifat Sungkar menambahkan, kalau seseorang ingin bermimpi itu jangan tanggung-tanggung. Seperti para finalis ini yang berhasil menggapai mimpinya hingga ke Finlandia.

"Di sini dingin banget jadi siap-siap untuk para finalis untuk bisa mengemudikan Supercar di atas salju Finlandia di esok hari," ucap Rifat.



(ady/arf)

Triumph Explorer XC Edisi Spesial Dibuat Hanya 50 Unit

Triumph Explorer XC Edisi Spesial Dibuat Hanya 50 UnitLondon - Produsen motor gede asal Inggris, Triumph Motorcycles, akan meluncurkan edisi spesial dari varian Tiger Explorer XC. Motor yang hanya dibuat 50 unit rencananya diluncurkan April mendatang.

Pernyataan resmi Triumph yang dilansir Visordown, Minggu (15/2/2015) menyebut selain menyegarkan wajah, pabrikan juga menambahkan sentuhan modifikasi. Tameng udara alias windshied misalnya, kini dibuat lebih tinggi.

Tambahan lainnya adalah pelindung lampu, pelindung radiator dan mesin CNC. Motor bergenre adventure itu juga telah dilengkapi dudukan sekaligus peralatan navigasi satelit, tank pad, panniers, roll bag serta ban dual-purpose Continental seri TKC 80.

Begitu pun dengan cruise control, switchable ABS dan kontrol traksi menjadi fitur standar mooge tersebut. Sementara mesin 800 cc tiga silinder yang diusungnya bertenaga 137 hp.

Tampilan baru juga terlihat pada setang, lampu kabut, pijakan kaki. Ubahan tersebut juga dibanrengi dua pilihan warna yakni hitam dan oranye.

Di Inggris, moge edisi terbatas itu dibanderol 13.999 poundsterling atau sekitar Rp271,4 juta



(arf/arf)

Aston Martin DB5 Setengah Abad Ini Laku Rp 25 Miliar Lebih

Aston Martin DB5 Setengah Abad Ini Laku Rp 25 Miliar LebihParis - Sebuah Aston Martin DB5 Convertible buatan tahun 1965 laku US$ 2,14 juta atau sekitar Rp 25 miliar lebih dalam sebuah lelang yang digelar rumah lelang Bonhams, di Grand Palais, Prancis. Mobil ini merupakan salah satu dari 35 Aston Martin DB5 Convertible setir kiri yang pernah dibuat.

Seperti dilaporkan Autoblog, Minggu (15/2/2015), harga tersebut sekaligus menjadi pemecah rekor harga penjualan dalam lelang Aston Martin DB5. “Baik coupe maupun convertible dalam sejarah lelang mobil,” tulis laman tersebut.

Sementara itu Classic River yang mengutip sejumlah ahli mobil klasik menyebut, harga jual tersebut memang termasuk angka yang sangat tinggi. Namun hal itu bisa dimaklumi karena faktor kelangkaan mobil tersebut.

Aston Martin juga memiliki aura dan wibawa tersendiri karena digunakan di film James Bond. Terlebih pada 1964, film tentang agen rahasia Inggris itu, DB5 menjadi tunggangan di film Goldfinger yang dibintangi oleh Sean Connery.


(arf/arf)

Ester Christian, Wanita Perkasa Berlaga di Padang Salju Finlandia

Ester Christian, Wanita Perkasa Berlaga di Padang Salju FinlandiaAmsterdam - Ajang Fastron Winter Driving Experience 2015 yang digelar Pertamina Lubricant di Filandia telah menghasilkan enam orang finalis. Salah satu diantara mereka ada satu wanirta perkasa, dialah Ester Christian Sitompul.

Sebutan perkasa bukanlah istilah yang mengada-ada. Buktinya, perempuan kelahiran 20 tahun lalu itu telah berhasil menyisihkan ribuan peserta lainnya saat babak penyisihan. Padahal, sebagian besar dari peserta itu adalah kaum Adam yang telah berpengalaman menyetir atau lebih tepatnya akrab dengan berbagai manuver berkendara.

Bagi Ester dunia otomotif atau bahkan kebut-kebutan bukanlah sesuatu yang awam. Sedari kecil, mahasiswi jurusan Teknik Geologi sebuah universitas ternama di Grogol, Jakarta Barat itu, sudah menyenangi acara balap mobil.

"Aku tertarik ikutan acara ini gara-gara suka dama dunia balap dan hadianya juga sangat menarik yakni mengendarai Porsche di salju Finlandia, beber Ester kepada reporter detikOto Aditya Maulana di Levi, Finlandia.

Memang, Ester belum pernah melakukan slalom. Apalagi di padang salju seperti yang akan dilakukannya di Finlandia. Namun, saat dilakukan tes akhir diantara para semi finalis di Bromo, dia berhasil tampil dengan baik. Bahkan, masuk kategori tiga finalis tercepat yang melaklukan slalom.

"Aku berbekal arahan dari Rifat Sungkar saja sewaktu disana. Sampai akhirnya aku bisa dan 3 tercepat," ucapnya merendah.

Kendati sebagai satu-satunya finalis wanita, tapi Ester mengaku tetap optimis bisa kembali tampil yang terbaik diantara finalis lainnya yang semuanya laki-laki.

"Aku harus bisa tampil lebih baik dari finalis cowok lainnya pas nanti nyetir Porsche di salju Finlandia," ujarnya mantap.


(ady/arf)

Karena Kunci Kontak dan Airbag Puluhan Juta Mobil Ditarik di Amerika

Karena Kunci Kontak dan Airbag Puluhan Juta Mobil Ditarik di AmerikaWashington - Pabrikan dari beberapa negara harus menarik jutaan mobilnya di Amerika Serikat sepanjang 2014 lalu, dan total mobil yang ditarik untuk diperbaiki itu mencapai 63,9 juta. Sebagian besar mobil yang ditarik itu disebabkan dua masalah yakni kunci kontak dan airbag yang bermasalah.

Seperti dilansir Los Angeles Times, Minggu (15/2/2015), Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat menyatakan, jumlah mobil yang ditarik sepanjang tahun lalu itu hampir tiga kali lipat dari jumlah penarikan sepanjang 2013. Bahkan dua kali lipat jika dibanding rekor tertinggi sebelumnya, yakni pada 2004.

“Kasus yang terkiat dengan keselamatan berkendara ini dipicu oleh dua masalah besar,” sebut lembaga itu.

Masalah pertama adalah, kerusakan pada kunci kontak yang menyebabkan mobil berhenti secara tiba-tiba. Kasus ini menyebabkan kecelakaan dengan 52 kematian.

Sedangkan penyebab kedua adalah, airbag buatan Takata Corporation yang tak berfungsi dengan baik. Peranti yang digunakan oleh sejumlah mobil dari berbagai produsen itu mengembang tidak semestinya, dan bahkan mekedak dan serpihan logam yang dihasilkannya mengenai pengemudi dan penumpang.

Salah satu produsen yang menggunakan airbag ini adalah Honda Motor Company. Akibat masalah tersebut sedikitnya telah terjadi kecelakaan dan menimbulkan enam korban twwas di Amerika Serikat dan seorang lainnya di luar negara itu.

Selain kedua pabrikan tersebut, produsen mobil yang juga menggunakan airbag Takata adalah Nissan, Subaru, Ford, Chrysler, BMW, Mitsubishi serta Mazda. Semuanya juga melakukan penarikan mobil yang diindikasikan bermasalah dan memperbaikinya.



(arf/arf)

1.000 Bikers Honda CB150R Streetfire Berjambore di Yogyakarta

1.000 Bikers Honda CB150R Streetfire Berjambore di YogyakartaYogyakarta - Lebih dari 1.000 orang biker Honda CB150R Streetfire mengikuti Jambore Nasional Honda CB150R Streetfire di Yogyakarta, akhir pekan lalu. Acara yang digelar di Jogja Expo Center itu merupakan hajatan perdana yang diprakarsai oleh Asosiasi StreetFire Indonesia (ASFI) bersama Jogja Strett Fire Club (Josefic).

Siaran pers PT Astra Honda Motor yang diterima detikOto, Minggu (15/2/2015) menyebut, acara tersebut mendapatkan dukungan penuh dari PT Astra Honda Motor dan PT Astra International Tbk â€Â" Honda Sales Operation (Astra Motor) Yogyakarta. “Populasi pecinta Honda CB150R StreetFire yang semakin banyak memberikan motivasi tinggi bagi perusahaan untuk memberikan dukungan penuh terhadap berbagai aktifitas yang melibatkan para pecinta motor sport terlaris Honda ini,” tutur General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Istiyani Susriyati.

Meski gelaran perdana, para pecinta Honda CB150R StreetFire hadir secara kompak dan penuh semangat mengikuti rangkaian kegiatan ini. Acara pagi hari dibuka dengan memutari kota Yogyakarta untuk mengenal beragam ikon budaya dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Jambore khusus pecinta Honda CB150R StreetFire juga menjadi semarak dengan ragam aktifitas silahturahmi, permainan antar bikers dari seluruh Indonesia seperti Slow Drag, Narrow Plank Competition, Adu Panco, dll, serta hiburan pertunjukkan seni tradisional Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, para bikers juga dibekali beragam ilmu terkait teknologi terbaru dan canggih yang dimiliki Honda seperti teknologi injeksi Honda PGM-FI.

Rangkaian acara Jambore Nasional Honda CB150R StreetFire perdana ini ditutup dengan aktifitas kepedulian sosial para bikers menyantuni anak-anak yatim piatu panti asuhan Mata Hati, Gunung Kidul, Yogyakarta.




Halaman 1 2 »

(arf/arf)