Friday, November 21, 2014

Mobil Parkir Sembarangan di Bandara Suvarnabhumi, Siap-siap Diderek dan Kena Denda!

Mobil Parkir Sembarangan di Bandara Suvarnabhumi, Siap-siap Diderek dan Kena Denda!Bangkok - Kendaraan pribadi maupun taksi tak bisa parkir seenaknya saat menaikkan atau menurunkan penumpang di Bandara Suvanabhumi, Thailand. Jika melanggar, kendaraan Anda akan diderek dan kena denda.

detikOto bekunjung ke Thailand, Jumat (21/11/2014) atas undangan PT. Mitra Lestari Motorindo untuk meliput event selebrasi Tim YSS di ajang Thailand Supertruck Series 2014 di Chang International Circuit, Provinsi Buriram, Thailand.

Suasana begitu ramai dipenuhi para pelancong saat detikcom menginjakkan kaki di Bandara Suvanabhumi, Bangkok. Sore hari itu kendaraan cukup padat di terminal kedatangan internasional.

Beberapa mobil van atau mini bus tampak parkir di depan terminal kedatangan. Mereka tampak buru-buru, namun cekatan memasukkan puluhan koper sebuah rombongan ke dalam kendaraan itu.

Tak berapa lama, tampak mobil patroli datang. Dari dalam mobil patroli itu, petugas menggunakan pengeras suara memperingatkan para pengendara agar gerak cepat dalam menaikkan atau menurunkan penumpang, serta termasuk barang.

"Petugas patroli itu melakukan itu agar lalu lintas di bandara ini tidak tesendat," ucap salah satu penduduk lokal bernama Kittiponglertskul saat berbincang dengan detikOto.

Pemandangan di Bandara Suvanabhumi itu hampir serupa dengan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Di Bandara Soekarno-Hatta juga ada petugas yang rajin patroli, dan ada larangan kendaaan agar tidak memarkir kendaraan selain menaikkan serta menurunkan penumpang, serta barang. Jika bandel, petugas tak segan-segan menggembok roda.

Namun, aturan di Bandara Soekano-Hatta sering tak diindahkan. Ada saja pengendara yang parkir seenaknya, berlama-lama. Seringkali kondisi itu jadi sumber kemacetan, sehingga petugas patroli sibuk menghardik melalui pengeras suara. Pemandangan itu detikOto lihat di Terminal 2, Jumat (21/11/2014) pagi.

Mengatasi pakir liar kendaraan dan kemacetan, di bandara Suvanabhumi ternyata dipasangi papan peringatan di beberapa titik. Di situ tertulis aturan, jika ada kendaraan pakir sembarangan rodanya akan digembok, lalu diderek petugas. Pengendara harus membayar denda sebesar 1.000 baht agar bisa mengambil kembali kendaraannya. Jumlah itu jika dirupiahkan sekitar Rp 370 ribu.

"Aturan itu cukup efektif untuk membuat pengendara patuh. Di bandara ini kendaraan bisa berhenti sebentar saja untuk menaikkan penumpang dan memasukkan barang. Jika tidak akan kena denda yang besar itu," imbuh Kittiponglertskul.

Lantas, jika di Bandara Suvarnabhumi efektif, apa sebaiknya aturan denda bagi pengendara yang parkir sembarangan juga diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta, dan bandara-bandara lainnya di Indonesia ya?


(bar/ddn)

Mobil Sport Hybrid BMW i8 Seharga Rp 2,3 Miliar Laris Manis

Mobil Sport Hybrid BMW i8 Seharga Rp 2,3 Miliar Laris ManisLos Angeles - Mobil sport hybrid BMW i8 laris manis dan konsumen harus menunggu 18 bulan untuk mendapatkannya. Kini BMW AG berniat melipatkan produksi coupe berbanderol 120 ribu euro atau sekitar 2,3 miliar itu.

"Kami perlu mencari cara untuk meningkatkan produksi (BMW) i8, sebab daftar tunggu di beberapa pasar sudah terlalu lama," papar Direktur Pemasaran BMW AG, Ian Robertson seperti dikutip laman Automotive News Europe, Sabtu (22/11/2014).

Namun, Robertson tak bersedia menyebut jumlah produksi maupun potensi kenaikan produksi mobil yang dibuat di pabrik BMW di Leipzig, Jerman, tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa coupe hybrid itu dibuat dalam jumlah yang sedikit, sehingga penjualan per tahunnya hanya seribuan.

Konsep BMW i8 sempat dipamerkan oleh BMW Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show 2014 yang berlangsung akhir September lalu. Di Eropa mulai dibuka pemesanannya pada Juni dan di Amerika pada Agustus lalu.


(arf/ddn)

Transmisi Otomatis Versus Transmisi Manual, Pilih Mana?

Transmisi Otomatis Versus Transmisi Manual, Pilih Mana? Jakarta - Seiring perkembangan zaman, teknologi pada mobil juga semakin berkembang. Salah satu bentuk teknologi yang berkembang adalah transmisi mobil. Kalau dulu kita hanya mengenal satu jenis transmisi, yakni transmisi manual, saat ini ada pilihan terbaru yang lebih canggih, yakni transmisi otomatis.

Lalu, harus pilih mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau manual? Sebelum memutuskan untuk membeli mobil yang mana, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan mobil bertransmisi otomatis dan bertransmisi manual berikut ini.

KIA Kenalkan Adiknya Sorento

KIA Kenalkan Adiknya SorentoGuangzhou - Pabrikan Korea KIA tidak mau ketinggalan untuk bisa menggoda konsumen dipasar terbesar dunia Tiongkok (China). Dan pada ajang Guangzhou Motor Show KIA langsung memperkenalkan mobil konsep mereka yang disapa KX3 Concept.

Sekilas tampilan crossover bongsor yang satu ini seperti saudara kandungnya Sorento yang telah diperkenalkan KIA. Namun tampilan lebih mewah jelas tersaji didalam KIA KX3 konsep.

Dalam pemberitaan inautonews, Jumat (21/11/2014), future compact crossover KIA ini akan menjadi model yang ekslusif di Tiongkok. Karena langsung diproduksi di Tiongkok bersama salah satu pabrikan asal Tiongkok, menjadi Dongfeng Yueda Kia (DYK).

Tampilan mewah jelas terlihat dibagian desain yang disajikan. Seperti pada tampilan lampu LED, rood rails, serta beberapa bagian krome pada bagian tubuh, dan tidak lupa ciri khas KIA yakni tampilan grill Tiger Nose juga disediakan.

Memiliki panjang mencapai 4.260 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.630 mm, mobil konsep KIA ini menyajikan mesin bensin 1.6 liter 4 silinder turbocharged yang langsung dikawinkan dengan 7 percepatan. Bagaimana Otolovers, cantik bukan?


(lth/ddn)

Toyota Indonesia Uji Mobil CNG dan Bio Fuel

Toyota Indonesia Uji Mobil CNG dan Bio FuelJakarta - Setelah kenaikan harga BBM subsidi, sudah saatnya mobil yang memiliki bahan bakar alternatif digalakkan pemerintah. Apakah produsen mobil siap memproduksi mobil yang ramah lingkungan?

Usut-punya usut, rupanya Toyota Indonesia terus melakukan uji jalan untuk mobil ramah lingkungan mereka di Indonesia.

"Kita terus melakukan pengujian mobil CNG (berbahan gas) dan Bio Fuel di Indonesia. Tapi ini masih pengujian sendiri kita," Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, Jakarta.

Lalu kapan akan mulai memperkenalkannya di Indonesia Pak?

"Itu tergantung peraturan pemerintah, dan infrastruktur atau faktor pendukung seperti stasiun pengisian dan lainnya. Kalau pemerintah sudah mengeluarkan peraturan dan faktor pendukungnya, tentu nanti akan menyesuaikannya," tambahnya.

Toyota sebagai pelaku industri otomotif pun berharap pemerintah dalam Kabinet Kerja saat ini bisa lebih meluncurkan kebijakan yang lebih kondusif bagi pengembangan mobil ramah lingkungan.

"Pelaku industri siap mendukung progam meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan pemakaian energy alternatif seperti gas dan etanol," kata Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) I Made Dana Tangkas.

Menurut Made Dana, berbagai produsen otomotif dunia sejak beberapa tahun terakhir ini berpacu mengembangkan berbagai teknologi untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak.

Selain melalui pengembangan teknologi hybrid, produsen mobil juga mengembangkan teknologi bahan bakar alternatif seperti gas dan etanol, serta hidrogen.

Toyota baru-baru ini merilis mobil hidrogen yang dijadwalkan masuk ke pasar Amerika tahun depan. Mobil itu sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show.

(lth/ddn)

BMW Khusus di Jepang Resmi Diperkenalkan

BMW Khusus di Jepang Resmi DiperkenalkanTokyo, - Setelah di produksi di Jepang dan memang khusus dipasarkan di Jepang, akhirnya BMW memperkenalkan executive edition mereka 740i. Hmm, bagaimana tampilan lengkapnya ya?

Dalam pemberitaan Inautonews, Jumat (21/11/2014), BMW 740i executive edition akhirnya resmi diperkenalkan di Jepang.

Meski memiliki platform yang sama seperti 740i model standar, perbedaan terlihat jelas pada tampilan pelek 19 inci Style 235, pemilihan kulit Dakota dalam kabin, dan nuansa kaya yang menyelimuti disetiap sudut interiornya.

Selanjutnya BMW juga akan menyelipkan fitur-fitur terbaru, seperti lubang angin disetiap kursi yang memberikan kenyamanan, four-zone sistem kontrolparking assist, dan kamera dari segala sisi untuk bisa memudahkan pengendara saat memarkirkan kendaraan mereka.

BMW mengatakan mobil khusus pasar Jepang ini pun hanya akan diproduksi sebanyak 110 unit dan akan dibanderol mulai 11.300.000 yen. Atau bakal setara dengan 76.600 euro.


(lth/arf)

Yamaha: Teknisi Kami Sudah Paham Jeroan Blue Core

Yamaha: Teknisi Kami Sudah Paham Jeroan Blue CoreJakarta - Motor berteknologi Blue Core Yamaha baru akan masuk ke Indonesia. Karenanya, kemungkinan besar masyarakat masih ragu apakah perawatan teknologi Blue Core akan mudah didapat.

Namun Yamaha memastikan, meski belum dipasarkan, motor jenis skuter matik (skutik) milik Yamaha berteknologi Blue Core yang akan diluncurkan beberapa waktu lagi itu sudah disiapkan layanan after salesnya.

Untuk mendukung keberlangsungan skutik Blue Core Yamaha, Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur mengatakan telah mengedukasi para teknisinya. Dengan begitu, teknisi yang menangani servis rutin skutik Blue Core ini sudah memahami 'jeroan' mesin Blue Core.

"Teknisi kita sudah diedukasi sejak jauh-jauh hari," kata Masykur.

Selain itu, ketersediaan sparepart juga sudah dipenuhi pihak Yamaha. Konsumen yang membutuhkan suku cadang skutik Blue Core itu pun tidak akan sulit untuk mencarinya.

"Ketersediaan spare part enggak ada masalah. Sebelum launching kita sudah fast moving. Suku cadang tidak masalah," ujar Masykur.

Melihat pasar terbesar di Indonesia yang didominasi oleh Pulau Jawa, spare part untuk motor Blue Core Yamaha akan didistribusikan ke Pulau Jawa terlebih dahulu. Tahap selanjutnya, Yamaha akan mendistribusikan ke seluruh Indonesia.


(rgr/ddn)

Menperin Kunjungi Pabrik AHM

Menperin Kunjungi Pabrik AHM Jakarta -

Karawang--Menteri Perindustrian Kabinet Kerja Republik Indonesia Saleh Husin melakukan kunjungan industri ke pabrik motor terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) yang berlokasi di Karawang. Selain melihat fasilitas produksi Menteri Perindustrian sempat berdiskusi dengan karyawan baru pabrik ini.



Keterangan Foto :
President Director AHM, Toshiyuki Inuma bersama dengan Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman menjelaskan maket pabrik baru AHM kepada Menteri Perindustrian, Saleh Husin.

Ceng cengan Para Finalis Bikin Cair Suasana Touring

Ceng cengan Para Finalis Bikin Cair Suasana TouringInderapura - 10 Finalis Road Warriors 2014 berasal dari beberapa kota di Indonesia. Mereka awalnya tidak ada yang saling kenal, tapi semakin hari suasana pertemanan mereka semakin kental.

Suasana touring mulai cair sudah terlihat di etape pertama dari Jakarta menuju Bandar Lampung. Mereka mulai saling guyon satu dengan yang lainnya. Hal itulah yang membuat cair suasana touring Road Warrios 2014 menuju Padang, Sumatera Barat.

Di antara semua finalis, ada 1 orang yang sering menjadi bahan untuk jadi obyek penderita. Yup ia adalah Arrasyid Sarengat (31), dari Bekasi, pengendara Yamaha Soul GT. Ia sering dibully oleh Prastyo Wibowo (22), dari Jakarta Timur, pengendara Soul GT.

"Kalau dia temen komunitas saya. Ya kalau saya sama dia memang sering maen ceng-cengan," ujar pria yang akrab disapa Tyo.

Terkadang aksi mereka membuat para finalis beserta crew Road Warriors 2014 tertawa terbahak-bahak. Ada saja ulah mereka berdua yang bisa bikin ngakak.

Saling bully juga terjadi antar finalis lainnya. Seperti pada saat naik kapal Fery, ada beberapa peserta yang belum pernah naik kapan Fery pun menjadi bahan ceng cengan lucu.

"Erry, awas loe muntah di kapal. Gimana rasanya naik kapal?" canda Mohamad Aryo Dasantyo (39) dari Depok, pengendara Soul GT.
Halaman 1 2 »

(ady/ddn)

Toyota Prius V Kini Lebih Keren

Toyota Prius V Kini Lebih KerenLos Angeles - Toyota Motor Corporation melakukan penyegaran tampilan mobil hybrid andalannya, Prius V. Sederet ubahan dilakukan di bagian eksterior dan interior, dan hasilnya tampilan lebih keren.

Seperti dilansir laman Leftlanews, Jumat (21/11/2014), Toyota memboyong Prius V versi penyegaran itu ke perhelatan Los Angeles Motor Show 2014, yang saat ini tengah berlangsung.

“Ada tiga warna baru yang ditawarkan yakni Attitude Black Metallic, Absolutely Red, dan Toasted Walnut Pearl,” tulis laman itu mengutip pernyataan Toyota.

Tanda perubahan terlihat mulai dari tampilan bumper depan dan gril, yang membuat mobil ramah lingkungan ini begitu ‘kece’ dibanding generasi sebelumnya. Begitu pun di bagian interior.

Sistem Entune audio dibenhi dengan menambahkan daya listrik yang lebih besar, sehingga fungsinya lebih maksimal. Ubahan itu semakin lengkap dengan hadirnya layar sentuh TFT Screen 4,2 inci.

Untuk menambah kenyamanan, Toyota menyempurnakan posisi jok. Walhasil, posisi duduk baik pengemudi maupun penumpang semakin nyaman.

Toyota tak mengganti teknologi hybrid yang ada, yakni Hybrid Synergy Drive System, tetapi lebih menyempurnakan. Jurus ini cukup cespleng. Terbukti, tenaga yang dihasilkan lebih besar.
Halaman 1 2 »

(lth/arf)

BMW i3, Mobil Paling Ramah Lingkungan Tahun Ini

BMW i3, Mobil Paling Ramah Lingkungan Tahun IniLos Angeles - Mobil listrik BMW i3 dinobatkan sebagai mobil paling ramah lingkungan atau Green Car of the Year di Los Angeles Auto Show 2014. Dengan gelar itu, maka mobil besutan BMW AG itu menggusur Honda Accord dan Chevrolet Volt yang tahun lalu berada di urutan teratas daftar mobil paling ‘hijau’.

"BMW i3 merupakan tonggak dari respek dan ilutrasi visi dari produsen mobil terhadap dunia otomotif di masa depan," kata editor Green Car Journal Ron Cogan dalam sebuah pernyataan yang dilansir laman CNN, Jumat (21/11/2014).

Sebenarnya dalam hajatan yang digelar oleh Majalah Green Car Journal itu, ada empat finalis. Keempatnya adalah, Audi A3 TDI, Chevrolet Impala Bi-Fuel yang berbahan bakar bensin dan gas alam, Honda Fit (Honda Jazz), serta VW Golf.

Untuk masuk dalam daftar nominasi penghargaan itu, mobil model baru atau mobil yang mendapatkan ubahan yang cukup signifikan. Ada pun BMW i3 merupakan bagian dari keluarga BMW i. Mobil listrik plug in itu di Amerika dibanderol mulai US$ 41.000 atau sekitar Rp 495 juta.

BMW i3 hadir dalam dua versi yaitu model all-electric dan versi yang menambahkan mesin bensin. Versi all-electric itulah yang menyabet penghargaan 2015 Green Car of the Year.

Versi listrik dianggap sebagai kendaraan paling efisien. Model itu mampu mendapatkan angka 124 mil per galon. Angka itu menghitung seberapa jauh kendaraan dapat melakukan perjalanan pada jumlah energi yang setara dengan satu galon bensin.

BMW i3 ini sebagian besar bodinya terbuat dari serat karbon ringan yang diperkuat oleh plastik dan alumunium. Karenanya, bobot yang dihasilkan tidak terlalu berat sehingga daya yang dipakai tidak terlalu besar.

Tanpa mesin bensin range-extender 2 silinder, i3 mampu menjelajah 130 kilometer pada kondisi baterai penuh. Dengan mengombinasikan kedua daya itu, i3 bisa menjelajah jarak 241 kilometer.

BMW i3 merupakan bagian dari keluarga "i" mobil plug-in listrik. Harganya, dipatok mulai sekitar US$ 41.000 atau Rp 498 jutaan.



(rgr/ddn)

Urang Bandung! Yuk, Ikuti Coaching Clinic And Fun Rally Avanza

Urang Bandung! Yuk, Ikuti Coaching Clinic And Fun Rally AvanzaBandung - Otolovers ada yang tinggal di Bandung dan mempunyai Avanza? Ada event seru nih. detikOto dan PT Toyota-Astra Motor kembali menggelar Fun Rally and Coaching Clinic Avanza. Bedanya kali ini ada tema modifikasinya.

Coaching clinic seputar safety driving dan modifikasi mobil ini akan digelar pada Sabtu 13 Desember 2014 bertempat di Saka Bistro dan Bar Jalan Karang Sari No 2, Bandung.

Namun sebelum coaching clinic digelar, pengguna Avanza akan diajak untuk mengikuti fun rally ke beberapa tempat di Bandung. Pastinya akan seru!

Bagi yang ingin ikut reli, slotnya sangat terbatas, hanya sekitar 10 unit Avanza yang akan mengikuti reli.

Syaratnya mobil Avanza peserta reli harus yang sudah dimodifikasi. Modifikasinya tidak perlu ekstrem-ekstrem, yang penting masih bisa diajak berkendara sehari-hari. Seperti sudah mengganti pelek, menambahkan stiker keren di bodi mobil, mengganti audio dan sebagainya.

Pastinya ada hadiahnya. Panitia pun menyediakan hadiah belasan juta rupiah untuk peserta Coaching Clinic and Fun Rally ini.

Ayo daftar langsung di situs ini:


(ddn/ddn)