Wednesday, August 27, 2014

Suzuki: Penjualan Wagon R Meningkat Pasca Lebaran

Suzuki: Penjualan Wagon R Meningkat Pasca LebaranJakarta - Produsen mobil Suzuki mengaku pasca lebaran penjualan mobil murahnya, Karimun Wagon R meningkat dibanding penjualan sebelum lebaran. Peningkatannya diakuinya cukup tinggi.

4W Sales, Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy Tuilan membeberkan, pihaknya mendapatkan laporan dari diler masalah penjualan pasca lebaran yang meningkat. Hal itu dikarenakan banyak yang saat mudik menggunakan Karimun Wagon R.

"Banyak yang pulang kampung menggunakan Wagon R, menurut orang di luar Jakarta mobil ini sangat irit. Jadi setelah lebaran ini demand Wagon R meningkat drastis," ungkap Davy di Jakarta.

Menurut Davy, mobil irit itu sudah menjadi tujuan konsumen ketika membeli mobil, apalagi ditambah dengan kondisi saat ini yang sudah tidak boleh menjual BBM bersubsidi di Jakarta.

Sementara itu, Head of Dealer Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Gunardi Prakosa menambahkan, peningkatan penjualan Wagon R dari Juni ke Juli sebesar 31 persen sedangkan total dari Januari sampai Juli 2014 sebanyak 11.648 unit.

"Share terbesar adalah di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur," ungkap Gunardi kepada detikOto.


Sosok Suzuki Nex Model Terbaru Mulai Terkuak

Sosok Suzuki Nex Model Terbaru Mulai TerkuakJakarta - Di segmen skutik, Suzuki memiliki jagoannya, yakni Nex. Nampaknya, Suzuki akan meluncurkan model terbaru dari Nex, sebab sosok Nex model teranyar sudah mulai terkuak.

Nah, kehadiran Suzuki Nex model terbaru ini berhasil diketahui setelah Otolovers mengirimkan sosok Nex yang sedang terpampang di salah satu tempat.

Dari foto itu bisa disimpulkan, Suzuki Nex model terbaru ini tampil makin sporti dan stylish. Pemilihan warna dan stripingnya juga jauh lebih menarik dibanding model sebelumnya.

Pada bagian depan sisi kanan terpampang tulisan FI (Fuel Injection) dan bodi belakang tertulis Nex yang cukup besar.

Tidak banyak informasi yang bisa diketahui tentang Suzuki Nex model terbaru ini. Ketika detikOto mencoba menghubungi, tidak ada jawaban dari pihak Suzuki Motor.


'Truk Baru Fuso Hanya untuk Negara Berkembang'

Tochigi - Indonesia dan negara berkembang lain di dunia menjadi bidikan Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corp (MFTBC) untuk memasarkan produk terbarunya. Sebab mesin terbaru truk medium Fuso standar euro3.

Jadi Eropa dan Amerika Serikat bukan jalur pemasaran produk baru Fuso yang dilengkapi teknologi baru unitized injection pump.

"Saya ingin menjelaskan, produk baru Fuso ini hanya untuk negara berkembang dan tidak di negara yang menerapkan standar euro 4 atau 5," kata Head of Corporate Communication MFTBC Ran Koike kepada wartawan Indonesia termasuk detikOto di Kitsuregawa Proving Ground, Washijuku, Sakura-Shi, Tochigi, Jepang, Rabu (27/8/2014).

Menurut Koike, negara berkembang seperti Indonesia, India menjadi target penjualan Fuso. Sebelumnya MFTBC menganggap Indonesia sebagai pasar potensial untuk meningkatkan penjualan kendaraan niaga Fuso di dunia.

Koike berharap dengan meningkatkan kondisi ekonomi di negara berkembang bakal membawa positif bagi penjualan MFTBC.

"Fokus kita bagaimana memberikan kualitas terbaik pada konsumen. Kita selalu treat konsumen, mencari apa keinginan konsumen dan baru kita kembangkan. Dan truk medium Fuso iu hasilnya," papar Koike.

Sebelumnya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor truk dan bus Fuso membeberkan akan merilis 11 produk baru Fuso. 6 di antaranya sudah resmi mengaspal di Indonesia. Beberapa konsumen Fuso sudah menerima truk baru Fuso dengan status pinjaman.

Unit Head Marketing Unit MFTBC Marketing Division PT TKB, Daigo Fukumoto menjelaskan sudah ada 100 unit truk baru Fuso di Indonesia. Bagi konsumen yang tertarik bisa langsung melakukan pemesanan.

"Kita sudah sebar 100 unit truk baru Fuso. Kita pinjamkan. Kalau ada yang tertarik silakan pesan," imbuh Fukumoto tanpa menyebut harga baru truk Fuso. Kabarnya, 3 September nanti PT KTB baru akan membocorkan harga jual truk baru Fuso.


Ini Kawasaki Z2A Edisi Terbatas

Ini Kawasaki Z2A Edisi TerbatasTokyo - Bagi yang menyukai motor jadul dari pabrikan sepeda motor Kawasaki bisa berbangga hati. DeAgostini di Jepang mulai menjual 100 unit Kawasaki Z2 (750RS Z2A). Tapi tidak dalam wujud aslinya, melainkan dengan skala 1/6.

Tapi kabarnya motor jadul Kawasaki edisi terbatas ini akan diproduksi dan saat ini sedang dalam pengembangan. Kawasaki sedang menjalani prosed desain E3 dimana bisa diukur keakuratan data.

Ada beberapa komponen yang harus diteliti lebih dalam seperti pada knalpot, tangki, side guard, serta tingkat kesulitan lainnya yang ada pada mesin.

Nah, untuk versi skala 1/6 ini pada bagian tangki, jok, ban dan mesin bisa dibongkar pasang. Jadi Anda bisa membuat tampilannya sesuai dengan selera.

Pilihan warnanya ada 2, pertama Yellow Tiger dan Blue Beetle. Keduanya sama-sama dibanderol dengan harga 107,892 yen atau setara dengan Rp 12,2 juta.


Honda: Produsen yang Jual LCGC Sekarang Merugi

Honda: Produsen yang Jual LCGC Sekarang MerugiDenpasar - Dengan harga jual sebelum pajak yang dipatok tetap pada Rp 95 juta, produsen mobil yang menjual mobil-mobil LCGC (Low Cost and Green Car) saat ini mengaku kesulitan mendapatkan untung. Mereka rugi bandar gara-gara kenaikan nilai kurs rupiah padfa dolar.

"Ya dengan situasi seperti ini, dolar yang tinggi sejak dolarnya naik," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di sela-sela test drive Honda Jazz di Nusa Dua, Bali.

Berapa harga off the road yang optimal saat ini? "Kita tidak bs sebutkan, masing-masing berbeda," ujarnya.

Jonfis menuturkan dalam aturan yang disiapkan pemerintah dalam LCGC, faktor yang memperbolehkan pabrikan menaikkan harga adalah inflasi semata.

"Jadi bukan karena dolar saya mau naikin 20 persen enggak bisa. Kalau melemah lagi apa saya propose ke pemerintah belum tahu," ujarnya.

Permintaan Brio Satya sendiri relatif tinggi meski merupakan LCGC termahal saat ini.

Honda Brio Satya terjual sebanyak 2.126 unit pada bulan Juli lalu, dengan total penjualan sebesar 13.619 unit sepanjang 2014.


Mobil Hyundai Ini Kurang Laris di Inggris

Mobil Hyundai Ini Kurang Laris di InggrisLondon - Hyundai telah melakukan penyegaran pada Genesis Coupe model terbaru. Tapi kabarnya, model ini tidak akan terlalu digemari oleh masyarakat di Inggris.

Sayangnya tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi alasan mengapa mobil 2 pintu asal Korea Selatan itu kurang digemari di Inggris.

Tapi dalam pemberitaan Autocar di Inggris, Hyundai menyatakan New Genesis Coupe tidak akan terlalu banyak didatangkan. Hal itu dikarenakan Hyundai Genesis Coupe dinilai tidak akan memiliki kesuksesan seperti New Genesis Sedan di Inggris.

"New Genesis 2 pintu kami perkirakan akan memiliki volume yang lebih kecil dibandingkan dengan model 4 pintu," kata juru bicara Hyundai Inggris.

Hyundai sedan kelas atas New Genesis ini, hanya akan memiliki pilihan satu mesin V6 bensin 3.8 liter dengan roda penggerak belakang di Inggris.

Dan dikatakan Hyundai New Genesis sedan ini akan dibanderol mencapai 50.000 Poundsterling, dan akan mulai dikirim tahun depan ketangan konsumen.


Ini Dia Generasi Teranyar Suzuki Vitara

Ini Dia Generasi Teranyar Suzuki VitaraParis - Kabar gembira bagi Anda semua terutama yang menyukai mobil Suzuki. Sebab, di ajang Paris Motor Show 2014 ini, Suzuki Motor Corporation akan mengadakan global premiere SUV kecil yang memiliki gaya baru.

Dalam keterangan resminya, Kamis (28/8/2014) SUV kecil itu adalah Vitara. Mobil ini akan mengembalikan kepopulerannya yang semasa dulu mobil ini pernah menjadi primadona dikalangan masyarakat luas.

Suzuki Vitara generasi terbaru ini mengambil dasar dari mobil konsep Suzuki yang bernama iV-4. Sebelumnya, mobil konsep itu pertama kali dipamerkan di Frankfurt Motor Show tahun 2013 lalu.

Dikabarkan akan mulai dijual tahun depan, Vitara terbaru ini akan hadir dengan opsional ALLGRIP dan hadir dengan mesin bensin serta mesin diesel yang menawarkan emisi CO2 yang rendah serta penghematan bahan bakar yang luar biasa di kelasnya.

Vitara terbaru ini, Suzuki mengklaimnya akan hadir dengan tampilan desain yang khas. Konsumen juga akan memiliki pilihan warna yang menarik.

Sayang, produsen mobil asal Jepang ini belum menginformasikan detail tentang Vitara terbarunya ini. Suzuki berjanji akan menginformasikannya lebih dalam pada 2 Oktober 2014 mendatang.


Harga Mobil Murah Datsun Juga Akan Ikut Naik?

Harga Mobil Murah Datsun Juga Akan Ikut Naik?Jakarta - Segmen Low Cost and Green Car (LCGC) memang sedang banyak disorot masyarakat luas. Kini yang tengah menjadi perbincangan hangat adalah para produsen mobil yang ikut program LCGC sedang meminta kepada pemerintah untuk menaikkan harga maksimal of-the road-nya (sebelum pajak).

Kabar ini pun tidak ditepis oleh Datsun. Sebagai salah satu produsen yang ikut serta dalam program LCGC, Datsun membenarkan jika sekarang ini sedang dirumuskan proposal untuk menaikan harga minimal untuk mobil LCGC.

"Sudah ada proposal untuk menaikan harga minimal. Itu karena harga bahan baku naik, inflasi. Tapi sebenarnya dampaknya itu dari harga bahan bakunya," beber Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja di Jakarta.

Lalu jika nanti harga off-the road-nya jadi naik, Datsun juga akan menaikan harga mobil murahnya?

Menurut Indri, Datsun masih melakukan studi apakan akan ikut menaikan harga atau tidak. Tapi semuanya tidak bisa diputuskan sebelum ada kabar bahwa harga off-the road jadi dinaikan.

"Kita juga tunggu keputusan harga off-the road jadi dinaikan atau tidak. Untuk sekarang ini mobil Datsun juga sudah ada kenaikan harga, tapi itu disebabkan adanya kenaikan BBN di Jakarta. Sebenarnya kenaikan itu sebagai penyesuaian harga BBN saja dan hanya berlaku di Jakarta, di wilayah lain tidak," pungkasnya.


2 Truk Fuso Siap Masuk Indonesia

2 Truk Fuso Siap Masuk Indonesia Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor truk dan bus Fuso siap memasarkan 2 truk baru di pasar kendaraan niaga Indonesia.


Keterangan Foto :
Vice President Product Engineering MFTBC, Hidekazu Kanno (kiri) bersama Head of Communications Daimler Trucks Asia Florian Laudan (kanan) menghadiri acara test drive 2 truk Fuso di Kitsuregawa Proving Ground, Washijuku, Sakura-Shi, Tochigi, Jepang.

2 Mobil Baru Honda di IIMS

2 Mobil Baru Honda di IIMSDenpasar - Honda memamerkan produk-produk terbaiknya di Indonesia International Motor Show. Setidaknya ada 2 produk baru yang akan menjadi andalan di IIMS.

Kedua mobil itu adalah Civic dan HR-V. Honda akan melakukan facelift pada Civic, sementara HR-V merupakan premiere product di Indonesia.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy masih belum mau membocorkan seperti apa perubahan pada sedan Civic.

"Nanti lihat saja di IIMS, ada perubahan.
Setiap tahun kan ada facelift karena persaingan terlalu cepat, seperti halnya iPhone, baru iPhone 5 oh ada 5S," ujarnya pada wartawan di sela-sela test drive Honda Jazz di Nusa Dua, Bali.

Penyegaran produk atau refreshment menurutnya penting untuk konsumen.

Sementara untuk HR-V, Honda belum bisa menjualnya, Honda baru mulai membuka inden di IIMS dan pengiriman mobil akan dilakukan pada awal tahun depan.


Honda Belum Bisa Kirim Semua Jazz ke Diler

Honda Belum Bisa Kirim Semua Jazz ke DilerDenpasar - Sejak diluncurkan pada bulan Juni lalu, Honda sudah memegang 3.000 unit lebih angka pemesanan Honda Jazz. Namun tidak semua sudah terkirim ke tangan konsumen dan dilernya. Penyebabnya tiada lain soal infrastruktur.

"Kita baru delivery 2.500 unit," ujar Direktur Pemasaran dan LayananPurna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di sela-sela test drive All New Honda Jazz di Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8/2014).

Salah satu hambatan infrastruktur itu tidak lain amblesnya jembatan Comal karena banjir bandang pada Februari lalu.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) saat ini sedang mengebut perbaikan dan ditargetkan perbaikan jembatan ini kelar akhir Desember 2014.

Truk saat ini memang sudah bisa melewati jembatan namun kapasitasnya dibstasi sampai 20 ton. Jadi truk pengangkut mobil tidak bisa leluasa melewatinya.

Jonfis menuturkan untuk melewati jembatan saja bisa dibutuhkan beberapa hari, jadi pengangkutan mobil ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur tersendat.


Lorenzo Menuju Inggris dengan Perasaan Gembira dan Pede

Lorenzo Menuju Inggris dengan Perasaan Gembira dan PedeSilverstone - Jorge Lorenzo tengah berada dalam kondisi sangat baik jelang MotoGP Inggris di akhir pekan ini. Perbaikan performa motornya serta serangkaian hasil positif yang diraih membuat dia pede bisa dapat hasil oke di Silverstone.

Dibanding setelah beberapa balapan di awal musim, Lorenzo layak gembira dengan kondisinya saat ini. Yamaha tunggangannya mulai bisa bersaing dengan Honda tunggangan Marc Marquez. Selain itu Lorenzo juga berhasil finis di atas podium pada tiga balapan terakhir.

"Setelah tiga podium beruntun saya merasa bagus. Di Brno kami menemukan beberapa solusi oke yang pastinya akan memberi kami 1/10 detik lebih cepat di balapan. Saya merasa cukup bagus dan kami akan terus bersaing di kejuaraan ini," sahut Lorenzo di situs resmi MotoGP.

Baru mengumpulkan 137 poin, Lorenzo sementara ini duduk di posisi empat klasemen pebalap. Dia tercecer 126 angka dari Marquez yang masih kokoh di posisi teratas.

"Kami harus mengucap selamat pada tim atas kerja mereka di beberapa balapan terakhir dan terutama di race terakhir di Brno. Kami gembira dan percaya diri menyambut balapan berikutnya."

"Silverstone berbeda dengan Brno. Itu lintasan yang panjang dengan banyak variasi tikungan cepat dan pengereman yang kuat dan tahun lalu kami menang di sana. Semuanya terlihat bagus tapi kami harus berhati-hati dan bekerja keras sepanjang akhir pekan untuk kemudian juga menunggu kondisi cuaca, yang selalu sulit ditebak," tuntas Lorenzo.


Mitsubishi Masih Godok Truk Fuso Versi Transmisi Matik untuk Indonesia

Mitsubishi Masih Godok Truk Fuso Versi Transmisi Matik untuk IndonesiaTochigi - Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corp (MFTBC) belum melihat kebutuhan konsumen Indonesia untuk truk transmisi otomatis. Semua truk Mitsubishi Fuso masih dijual dengan transmisi otomatis.

Hal tersebut diungkapkan Vice President Product Engineering MFTBC, Hidekazu Kanno kepada wartawan Indonesia termasuk detikOto di Kitsuregawa Proving Ground, Washijuku, Sakura-Shi, Tochigi, Jepang.

"Selama ini kami melihat belum ada permintaan truk Fuso transmisi otomatis. Semua truk Fuso yang kami jual ke Indonesia masih transmisi manual," kata Kanno.

Sementara itu Head of Corporate Communication MFTBC Ran Koike menjelaskan kepada detikOto jika Mitsubishi masih menggodok truk Fuso tranmisi otomatis untuk pasar kendaraan niaga Indonesia.

Menurutnya transmisi otomatis belum tentu Mitsubishi berani pakai pada setiap truk Fuso jika tidak ada permintaan para pebisnis asal Indonesia. Sementara kebutuhan para driver juga masih cenderung pada truk transmisi otomatis dari hasil survei yang dilakukan MFTBC selama ini.

Memang Koike sendiri mengakui truk dengan transmisi otomatis sangat efektif, karena pengendara bisa fukos ke jalan tanpa sibuk memindahkan tuas transmisi. Namun kembali lagi, konsumen di Indonesia masih butuh truk transmisi otomatis.

"Kami sudah survei kepada konsumen, hasilnya para konsumen di sana tertarik dengan truk Fuso transmisi otomatis," ucap Koike.

Dijelaskan Koike, jika memang ada permintaan, MFTBC siap merealisasikan. Pasalnya MFTBC sudah punya truk ringan dan berat bertransmisi otomatis di Jepang.

"Jika ada permintaan bisa kami pasarkan di sana (Indonesia) Kami sudah punya truk bertransmisi otomatis," tutup Koike.


Muncul Lagi Komunitas Pengguna Yamaha R25

Muncul Lagi Komunitas Pengguna Yamaha R25Jakarta - Meski umur motornya masih seumur jagung, Yamaha R25 ternyata sudah menarik minat banyak orang. Bahkan, komunitas pengguna R25 pun bermunculan. Yang terbaru adalah Ravens United (RU25).

Hal itu cukup unik. Sebab dalam catatan detikOto, dalam bulan Agustus ini saja lahir dua komunitas pengguna R25. Selain RU25, pada hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus lalu muncul YROI atau Yamaha R25 Owners Indonesia.

Komunitas ini hadir tidak lama setelah proses inden online dan menjadi ajang diskusi para indener R25 secara online. Kini setelah Yamaha mulai mengirimkan unit-unit R25 kepada para indener ini, YROI pun lahir.

YROI ini telah menyebar di beberapa wilayah seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Bali, Solo, Magelang, Yogyakarta, Pekanbaru dan Surabaya. Salah satu wilayah yang cukup aktif dengan kegiatan safety riding dan basic maintenance training adalah YROI Bandung Chapter.

Nah, kini muncul lagi komunitas pengguna R25 bernama RU25. Yamaha mengatakan kalau komunitas yang diakui Yamaha secara resmi tersebut berdiri pada Senin 25 Agustus 2014 di Jakarta. Ravens United (RU25) berada di bawah naungan Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Untuk diketahui, YRFI ada di 17 Provinsi dengan 16 klub motor Yamaha di dalamnya dan jumlah anggotanya sekitar 7 ribuan orang.

RU25 sebagai anggota teranyar memilih tanggal 25 berdiri karena angka 25 kolerasinya kuat dengan R25. Dan Agustus bulan sakral Indonesia karena R25 adalah produk Indonesia yang berpotensi menggebrak dunia, sama dengan spirit di bulan Agustus tahun 1945 silam.
Halaman 1 2 »

Amandio Menang di Jepang

Amandio Menang di JepangJakarta - Prestasi pebalap Indonesia makin moncer. Di bulan kemerdekaan kali ini, seorang pemuda Indonesia berhasil menorehkan prestasi di Jepang. Namanya: Emmanuel adwitya Amandio.

Pebalap yang kerap dipanggil Amandio tersebut berhasil meraih nominasi Final kejuaraan Drifting, TOP 30 D1GP Professional Driver, QTT seri ke-4 & 5 D1GP 2014 di Ebisu, Jepang.

Drifting yang telah ditekuni oleh Amandio selama 8 tahun, akhirnya mewujudkan hasil. Tekad,usaha dan perjuangan Amandio didunia drifting berjalan sesuai harapan. Amandio berhasil maju ke babak final rangkaian seri D1GP Japan.

Pada event kali ini Amandio menunjukan performa mengemudi yang sangat tinggi. Dimana ia harus dapat bersaing dengan lawan - lawannya yang memiliki ketangkasan tinggi dari berbagai Negara seperti Australia, Thailand, Malaysia dan lainnya.

“Dengan melihat lawan-lawan dari berbagai negara yang memiliki kemampuan dan skill yang tinggi, saya benar-benar berusaha semaksimal mungkin dengan mempersiapkan strategi,” ujarnya.

Tak ayal, Amandio akhirnya dinobatkan sebagai satu-satunya drifter asing yang dapat memasuki seri final.

Keberangkatannya kali ini tak lepas dari bantuan beberapa pihak sponsor seperti oleh Achilles Radial, SIS Work,Team Tetsujin, Moodsgallery, Garuda Indonesia, Koyorad, Endless brake, HKS, Dmax, London School Of Public Relation, Sunoco Oil, Banana Auto, Acuvance, Enkei Wheel, Exclusive Garage guna mendukung putra bangsa dalam mengharumkan nama Indonesia.

Hanya 30 drifter yang berhak melanjutkan ke Tokyo Drift yang berlangsung di Odaiba 18-19 oktober 2014. Pada event ini, Amandio-pun meraih gelar sebagai salah satu Drifter terbaik di D1GP.


Tata Motors Siap Menggebrak

Tata Motors Siap MenggebrakJakarta - Produsen mobil asal India, Tata Motors siap kembali menggebrak pasar mobil Indonesia. Di bulan September nanti, Tata siap memamerkan berbagai produk terbaru mereka, termasuk sebuah mobil konsep.

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia yang merupakan anak perusahaan Tata Motors Ltd, perusahaan global otomotif terbesar di India mengumumkan keikutsertaannya di Indonesian International Motor Show 2014 (IIMS) ke 22 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bagi TMDI, keikusertaan di IIMS 2014 ini adalah kali ketiga sebagai bentuk komitmen mereka pada pasar Indonesia. Mulai dari pelayanan Sales, Service dan Spareparts sudah mereka siapkan.

Dari sisi produk, dari hatchback berukuran kecil, SUV, MPV, mobil niaga kecil hingga mobil niaga besar juga sudha mereka persiapkan.

Dari kendaraan niaga yang membidik UKM (Usaha Kecil Menengah), hingga melayani kebutuhan perusahaan internasional yang bergerak di bidang pertambangan.

Dari kendaraan niaga yang bias dikonversi menjadi solusi transportasi perkotaan kecil hingga kendaraan niaga yang dibutuhkan bagi perusahaan transportasi bus.

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) nanti TMDI akan tampil di Hall C1 dengan luas 1100 m2 dan area outdoor OD 8 dengan luas 1110 m2.
Halaman 1 2 »

Hati-hati! Semprot Cairan 'Setan' Jadi Modus Baru Maling Motor

Hati-hati! Semprot Cairan Jakarta - Para pencuri motor seperti tidak pernah kekurangan akal dalam menjalankan aksinya. Kali ini, mereka meninggalkan 'sistem konvensional' kunci T dan beralih ke cairan kimia.

Seperti dilansir dari situs Humas Polres Bantul, Yogyakarta, Rabu (27/8/2014), para pelaku kini menggunakan cairan kimia atau dikenal sebagai 'cairan setan'.

Cairan ini disimpan dalam wadah seperti botol suntikan. Nantinya cairan kimia itu diteteskan pada rumah kunci motor yang diincar.

Dalam waktu singkat, besi pengaman yang ada di dalamnya akan lumer. Setelah itu, dengan mudah pelaku bisa menggondol motor korban.

Diduga kuat cairan itu berisi bahan kimia yang bersifat sangat asam sehingga dapat membuat korosi besi pengaman di rumah kunci motor. Usai disemprotkan, besi akan lumer sambil mengeluarkan sedikit asap.

Polisi mengimbau agar pemilik motor bisa menambah gembok atau alat pengaman lain pada kendaraannya. Modus baru ini bisa dilakukan dengan cepat tanpa menimbulkan kecurigaan.

Mudah Didapat dan Dibuat Orang Awam
Halaman 1 2 »

Ikuti Langkah VW, KIA Bangun Pabrik di Meksiko

Ikuti Langkah VW, KIA Bangun Pabrik di MeksikoJakarta - Setelah pabrikan Jerman VW membangun pabrik di Meksiko dan langsung memproduksi Golf generasi ke-7. Kini pabrikan Korea Kia juga menyatakan bakal ikut membangun pabrik di Meksiko, dan menjadikan salah satu basis produksi mereka di benua Amerika.

Autonews memberitakan, Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto mengatakan salah satu pabrikan asal Korea KIA, bakal mendirikan pabrik terbaru mereka di wilayah Monterrey Meksiko Utara. Dan rencananya pabrik KIA ini akan mulai beroperasi pada 2016.

Begitu juga dengan pemberitaan Bloomberg, dikatakan untuk bisa mendirikan pabrik dan menjadi base produksi, Kia akan menginvestasikan setidaknya US$ 1,5 miliar. Pabrik ini pun akan memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 300.000 kendaraan setiap tahunnya.

Dan dipastikan pabrik terbaru KIA ini akan lebih besar dibandingkan dengan pabrik rakitan KIA di Georgia dan Alabama. Sehingga pecinta KIA di Amerika pun tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan kendaraan.

Terakhir, rencananya pabrik KIA di Meksiko ini bakal memproduksi Sedan Optima, Crossover Sorento. Berbeda dengan pabrikan lain seperti Mazda Motor Corp, Nissan Motor Corp dan Honda Motor Co yang lebih memilih untuk memproduksi mobil-mobil kecil di Meksiko.


Mercy AMG GT Tampil Lebih Gahar

Mercy AMG GT Tampil Lebih GaharJakarta - Pabrikan mobil Mercedes-Benz akhirnya memutuskan untuk momboyong mobil sport teranyarnya, AMG GT pada Oktober 2014. Nantinya mobil sport itu juga akan dipamerkan di ajang bergengsi Paris Motor Show.

Dilansir laman Autocar, Rabu (27/8/2014) bicara soal tampilan, Otolovers pasti sangat setuju Mercedes-Benz AMG GT memiliki tampang gahar dan terlihat macho.

Gambar terbaru Mercedes-Benz AMG GT terbaru muncul setelah salah satu paparazi berhasil mengabadikannya saat diuji coba di Nürburgring Jerman.

Beberapa perubahan juga tampak terlihat, sebut saja perubahan sistem aerodinamis yang dimiliki saat ini. Dengan tampilan yang lebih rendah, bersama desain bumper depan yang lebih sporty dan spoiler yang ikut diubah.

Bahkan karya kepala design Mercedes Gorden Wagener yang tersaji pada AMG GT, diklaim menjadi 'The Most beautiful car we've ever designed' yang pernah dilahirkan Mercedes-Benz. Sehingga wajar jika harga yang ditawarkan kali ini melebihi dari Mercedes-Benz SLS.

Selanjutnya, jika benar Mercedes-Benz AMG GT ini bakal mensaingi Porsche 911 Turbo. Tidak menutup kemungkinan label GT ini akan menggendong mesin V8 terbaru Twin-Turbocharged.

Mesin ini bakal mampu menyemburkan tenaga hingga 503 tenaga kuda dan memiliki torsi 479 lb-ft. Dan Mercedes akan langsung mengkawinkannya dengan 7 percepatan dual-cluch automatic.



Apa Kata Si Guide Cantik Soal Honda Jazz?

Apa Kata Si Guide Cantik Soal Honda Jazz?Jakarta - Agar tidak nyasar saat berkeliling di Pulau Bali, Honda memperkerjakan puluhan guide cantik dalam test drive Honda Jazz.

Jangan berpikiran macam-macam dulu Otolovers, meski mereka cantik-cantik ala model dengan jeans biru dan kaos putih ketat, mereka tetap profesional jadi guide. Dengan sigap mereka memberi tahu spot yang asyik di Bali. Terutama yang enak untuk difoto.

Terus apa komentar mereka soal All New Honda Jazz?

"Modelnya bagus mas," ujar Lita, salah seorang guide di mobil yang dikendarai detikOto.

"Yang sekarang modelnya lebih cantik dan besar ya," timpal Cool Guide lainnya.

Honda Jazz memang terlihat lebih besar dimensinya dibanding model lama. Setelah diluncurkan bulan Juni lalu, Jazz terjual sebanyak 2.758 unit pada bulan Juli dan langsung kembali menguasai segmen hatchback dengan total penjualan sebesar 9.763 unit sepanjang tahun 2014.


Wah, Guide Cantik Temani Sesi Test Drive Honda Jazz

Wah, Guide Cantik Temani Sesi Test Drive Honda JazzJakarta - Setelah diluncurkan bulan Juni lalu, Honda memberikan kesempatan bagi kalangan media untuk menjajal mobil Honda Jazz di Denpasar, Bali. Ada yang menarik saat sesi test drive berlangsung.

Karena wartawan yang meliput event ini dibiarkan berkendara di jalanan Bali tanpa pengamanan atau pengawalan dari mobil polisi, maka biar tidak nyasar, Honda memperkerjakan para guide cantik. Wah..

"Mereka tinggal di sini, jadi tahu seluk beluk Bali," ujar Asisstant Public Manager PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8/2014).

Celana jeans biru dan kaos putih ketat yang dikenakanan para guide cantik atau Cool Guide ini otomatis mereka jadi obyek foto para wartawan. Selain dengan Honda Jazz tentunya.

Untungnya saja mereka fasih dengan jalanan Bali, jadi wartawan pun tidak nyasar. "Saya sudah 5 tahun di Bali mas," ujar Lita salah seorang Cool Guide yang aslinya orang Surabaya.


Siapa Pesaing Berat Fuso FJ 2523R?

Siapa Pesaing Berat Fuso FJ 2523R?Tochigi - Awal bulan depan, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor truk dan bus Fuso akan merilis Fuso FJ 2523R. Truk ini masuk lebih dulu ke Indonesia dari truk ukuran lebih kecil yakni Fuso FI 1217.

Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corp (MFTBC) sudah menyiapkan strategi untuk bisa menyaingi kompetitor. Nah, di Indonesia Fuso FJ 2523R memiliki 2 pesaing hebat yakni Hino FL235JW dan Isuzu FVM 34W. Ketiganya bermain di segmen sama dengan kapasitas daya tampung antara 25-26 ton.

Vice President Product Engineering MFTBC, Hidekazu Kanno mengklaim produk barunya lebih baik dari kompetitor. Hal itu bisa dilihat dari kapasitas mesin. Meski kapasitas mesin Fuso FJ 2523R lebih kecil dari 2 pesaing beratnya itu, namun tenaga mesin Fuso FJ 2523R mampu menyaingi. Belum lagi teknologi unitized injection pump yang mampu menghemat bahan bakar.

"Truk Fuso kita lebih baik dari kompetitor. Mesin kami baru dengan tenaga lebih beras. Dan teknologi injeksinya juga lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih irit bahan bakar," ucap Kanno kepada wartawan Indonesia termasuk detikOto di sela-sela test drive di Kitsuregawa Proving Ground di Washijuku, Sakura-Shi, Tochigi, Jepang, Rabu (27/8/2014).

Sayang, dia enggan membeberkan berapa konsumsi bahan bakar in Fuso FJ 2523R dengan alasan rahasia perusahaan. "Maaf saya tidak sebutkan berapa konsumsinya. Ini sangat rahasia. Kami sudah menguji coba dan pada truk baru kami dan hasilnya terbukti lebih hemat bahan bakar dengan teknologi unitized injection pump.

Dalam data Fuso FJ 2523R disokong mesin kapasitas 6.373 cc bertenaga 230 Ps pada 2.200 rpm dan torsi 83 kgm pada 1.200 - 1.600 rpm.

Sementara Hino FL235JW diperkuat mesin kapasitas 7.684 cc dengan tenaga 235 Ps pada 2.500 rpm dan torsi 72 kgm pada 1.500 rpm. Truk ini masih menggunakan conventional common rail. Isuzu FVM 34W diperkuat mesin kapasitas 7.790 cc dan tenaganya mencapai 240 Ps pada 2.400 rpm dan torsi 72 kgm pada 1.450 - 2.400 rpm dan masih commonrail.


AHM Sumbang Sepeda Motor ke Unibraw

AHM Sumbang Sepeda Motor ke UnibrawJakarta - PT Honda Astra Motor (AHM) kembali menunjukkan komitmen mereka dalam bidang pendidikan, dengan memberikan donasi unit sepeda motor ke sekolah, lembaga pendidikan, dan perguruan tinggi. Kali ini AHM memberikan donasi sepeda motor ke Universitas Brawijaya (Unibraw).

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan donasi unit sepeda motor ke perguruan tinggi merupakan salah satu bentuk upaya perusahaan dalam mendukung pengembangan kompetensi teknik mahasiswa di perguruan tinggi.

“Donasi ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk mendukung pengembangan kompetensi generasi muda Indonesia melalui dunia pendidikan. Kami berharap ke depan generasi muda ini dapat memberi kebanggaan kepada bangsa ini melalui keahliannya di bidang otomotif," ucap Ahmad Muhibbuddin, dalam rilis yang diterima detikOto, Rabu (27/8/2014).

Donasi sepeda motor diberikan AHM kepada Unibraw merupakan rangkaian seminar The 7th Electrical Power, Electronics, Communications, Controls, and Informatics (EECCIS).

Acara yang berlangsung di Malang, Rabu (27/8) ini dihadiri oleh civitas akademika dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Unibraw sendiri merupakan perguruan tinggi keempat yang menerima donasi motor dari AHM. Donasi ini digunakan untuk mendukung pengembangan kompetensi teknis otomotif di setiap perguruan tinggi.

Sebelumnya, AHM juga telah melakukan kegiatan serupa di Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Selain ke perguruan tinggi, AHM pun turut membantu sarana praktek institusi pendidikan lainnya seperti Sekolah Menengah Kejuruan maupun Balai Latihan Kerja.

Selama delapan bulan pertama tahun ini, AHM telah mendonasikan 84 unit sepeda motor ke berbagai institusi pendidikan seluruh Indonesia. Donasi sepeda motor tahun ini melengkapi donasi-donasi sepeda motor lainnya yang telah didistribusikan ke berbagai institusi dalam 5 tahun terakhir dengan total donasi mencapai lebih dari 277 unit sepeda motor.


Desain Baru Motor Roda 3 Yamaha

Desain Baru Motor Roda 3 Yamaha Jakarta - Anda pasti masih ingat dengan motor roda 3 terbaru dari Yamaha yang mengadopsi teknologi Leaning Multi Wheel (LMW). Ya, motor itu adalah Yamaha Tricity yang belum lama diluncurkan di pasar domestik Jepang.


Keterangan Foto :
Desain yang dipatenkan di Japan Patent Office itu untuk kebutuhan varian baru Tricity. Istimewa/dok Motorcycle.

7 Tips Menderek Kendaraan dengan Aman

7 Tips Menderek Kendaraan dengan Aman Jakarta - Menderek kendaraan adalah hal yang tidak dapat dihindarkan, terutama bagi Anda yang berbisnis derek kendaraan. Namun, ternyata menderek kendaraan tidak semudah yang dibayangkan, terutama apabila Anda menderek yang non-kendaraan, seperti mesin genset atau bak terbuka tambahan untuk mengangkut barang.

Semakin berat beban yang dibawa, semakin sulit dikendalikan pula kendaraan derek tersebut. Selain itu, keberadaan Anda di jalanan juga turut membahayakan pengemudi lain.

Karena itu, berikut ini kami berikan tujuh tips dari berbagai sumber mengenai keamanan ketika akan menderek kendaraan atau barang.

Penjualannya Menurun, Mazda Berhenti Jualan Mazda5

Penjualannya Menurun, Mazda Berhenti Jualan Mazda5Tokyo - Kabar mengejutkan kembali muncul. Kali ini datang dari produsen mobil Mazda. Rumornya adalah Mazda5 bakal tutup usia alias tidak akan diproduksi lagi.

Dikutip automotivenews dan leftlanenews, Rabu (27/8/2014), Mazda merencanakan bakal mengakhiri pertualangan minivan Mazda5 di tahun 2015 mendatang.

Berakhirnya Mazda5 ini disinyalir akibat terus menurunnya permintaan minivan seperti Mazda5, dan terus meningkatnya permintaan kendaraan model crossover.

Penurunan penjualan global Mazda5 kerap dirasakan Mazda, penjualan Mazda terbaik hadir pada 2008 silam dengan mampu menjual hingga 22.021 unit, dan terus meturun hingga 13.884 pada tahun lalu.

Dan dikabarkan kini Mazda akan lebih memfokuskan pada model crossover, seperti entry-level dari CX-3 subkompak CUV yang diharapkan bakal hadir 2016. Selain itu Mazda CX-9 juga akan hadir pada 2017, dengan membawa mesin 2.5 liter 4 silinder turbocharged.

Sebagai catatan, diketahui bersama Mazda5 yang ada saat ini merupakan model ketiga dari generasi kedua. Dengan memiliki tampilan yang mengutamakan keluasan kabin namun tetap mengutamakan kegesitan, jelas memberikan perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan Crossover yang lebih kecil.


XC90, SUV Termewah Volvo

XC90, SUV Termewah Volvo Jakarta - Spekulasi kehadiran Sport Utility Vehicle (SUV) Volvo akhirnya terjawab. Sebab, produsen mobil asal Swedia ini mulai memperkenalkan kehadiran SUV paling mewahnya, XC90 model terbaru kepada masyarakat dunia.


Keterangan Foto :
Harga jual untuk SUV paling mewah Volvo ini adalah 45.000 pound atau setara dengan Rp 871,7 juta. Istimewa/Dok Volvo.
 

Yamaha Sudah Daftarkan Desain Lain untuk Tricity

Yamaha Sudah Daftarkan Desain Lain untuk TricityTokyo - Anda pasti masih ingat dengan motor roda 3 terbaru dari Yamaha yang mengadopsi teknologi Leaning Multi Wheel (LMW). Ya, motor itu adalah Yamaha Tricity yang belum lama diluncurkan di pasar domestik Jepang.

Meski tergolong baru, tapi Yamaha belum lama ini sudah kembali mematenkan desain Tricity. Desain yang dipatenkan di Japan Patent Office itu untuk kebutuhan varian baru Tricity.

Dilansir Motorcycle yang mengutip Japan Patent Office, Rabu (27/8/2014) dari desain yang didaftarkan untuk dipatenkan itu bisa dilihat varian baru Tricity memiliki fairing yang lebih besar.

Desain terbarunya ini tetap diambil dari Tricity varian sebelumnya, Dalam rendering yang diajukan dalam paten tampaknya itu versi digital yang dapat berubah-ubah.

Perbedaan desainnya terlihat jelas pada bagian wajahnya yang dibuat lebih luas dengan lampu kembar seperti yang digunakan di Yamaha T Max. Sekujur bodinya dibuat sedikit memanjang ke bawah dan lebih menawarkan perlindungan yang maksimal.

Selain wajahnya, satu-satunya perubahan yang terlihat adalah tempat penempatan kaki yang dibuat sedikit besar.


Indonesia di Mata Mitsubishi Fuso

Indonesia di Mata Mitsubishi FusoTochigi - Pasar kendaraan niaga Indonesia semakin seksi bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor truk dan bus Fuso. Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corp (MFTBC) pun menganggap Indonesia sebagai pasar potensial untuk meningkatkan penjualan kendaraan niaga Fuso di dunia.

Demikian disampaikan Head of Corporate Communication MFTBC Ran Koike di sela-sela kunjungan wartawan Indonesia termasuk detikOto ke Kitsuregawa Proving Ground di Washijuku, Sakura-Shi, Tochigi, Jepang, Rabu (27/8/2014).

"Jadi Indonesia pasar kendaraan niaga yang sangat penting. Kami banyak berharap dengan Indonesia. Volume penjualan truk ringan dan truk medium kami Fuso selalu naik di Indonesia," kata Koike.

Dijelaskan Koike, pasar otomotif Indonesia bagi MFTBC selalu menarik untuk diikuti. Tidak hanya kendaraan penumpang, penjualan kendaraan niaga selalu meningkat setiap tahunnya. Jadi wajar jika produsen termasuk MFTBC mengincar pasar otomotif Indonesia.

Koike menambahkan, rencana peluncuran 11 varian produk baru salah satu bentuk keseriusan MFTBC menembus pasar kendaraan niaga di Indonesia. Dan dalam waktu dekat yang akan meluncur adalah Fuso FJ 2523R dan Fuso FI 1217.

"Ada beberapa varian baru, di antaranya Fuso FJ 2523R dan Fuso FI 1217. Kendaraan niaga ini untuk merangsang minat beli konsumen dengan segala pembaruan salah satunya teknologi unitized injection pump," pungkasnya.

Masih dalam kesempatan sama, Vice President Product Engineering MFTBC, Hidekazu Kanno memaparkan jika ke-11 produk baru Fuso sudah didesain dan dikembangkan sesuai permintaan konsumen. Setiap tahunnya MFTBC mengadakan survei kepada konsumen di India dan Indonesia untuk mencari apa yang diinginkan konsumen.
Halaman 1 2 »

Datsun Berkuasa di Luar Jakarta

Datsun Berkuasa di Luar JakartaJakarta - Meski sebagai pemain baru di segmen Low Cost and Green Car (LCGC), nama Datsun cukup diterima oleh masyarakat Indonesia. Dengan mobil murah pertamanya, GO+ Panca, Datsun sudah mulai menjalar ke berbagai kota di Indonesia.

Menurut Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, penjualan Datsun di Jakarta tidak sebesar di luar kota. Ada beberapa wilayah yang berhasil menunjukan penjualan yang sangat tinggi.

"Seperti di Sumatera, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk di Sumatera karena kita baru buka diler di Palembang sedangkan di Medan sudah cukup baik dari pertama kita hadir," beber Indri di Jakarta.

Dijelaskannya, Datsun tidak akan berhenti sampai disitu. Untuk wilayah di Indonesia yang belum terjamah akan segera didirikan diler resmi Datsun.

"Total diler sampai akhir tahun ini (tahun fiskal) 104 diler dan akhir September nanti 96 diler," lugasnya.

Sebelumnya, Indri pernah mengatakan penjualan Datsun GO+ Panca dari pertama diluncurkan sudah mencapai lebih dari 9.000 unit dan setengahnya sudah dikirimkan ke konsumennya.

Dengan hasil itu, Datsun berhasil meraih pangsa pasar 14 persen di segmen LCGC dan menempati posisi ke-4 di segmen LCGC.