Thursday, April 3, 2014

Atas Nama Demokrasi, Perempuan Ini Menolak Ditilang

Atas Nama Demokrasi, Perempuan Ini Menolak Ditilang Darwin - Natasha Zielke (19 tahun), seorang warga Darwin, Australia, kini harus merasakan "mahalnya harga demokrasi". Ia didenda sekitar Rp 12 juta dan dicabut SIM-nya gara-gara menolak ditilang dan melawan polisi lalu-lintas.

Dilansir dari ABC Australia, semuanya bermula saat mobil Zielke diberhentikan polisi dalam operasi rutin di sebuah jalan di daerah Rapid Creek, Darwin.

Ketika polisi memintanya melakukan tes alkohol, ia menolak. Dalam operasi polisi lalu-lintas seperti ini di Australia, pengemudi mobil akan diminta meniup alat pengukur berupa pipa kecil. Jika seseorang minum minuman beralkohol, alat ini akan menunjukkan kadar kandungan alkohol.

Zielke bahkan menolak masuk ke mobil polisi, dan memaki-maki dan menedang petugas yang berusaha membawanya ke kantor polisi.

Di Pengadilan Darwin yang memeriksa kasus ini terungkap, Zielke akhirnya bisa dibawa ke kantor polisi, dan petugas kemudian berusaha melakukan tes alkohol kembali.

Menurut saksi dari kepolisian, Zielke tetap menolak dan bahkan tetap melawan. Ini demokrasi. Saya tidak akan melakukan apa yang tidak ingin saya lakukan," ujarnya sembari berteriak-teriak.

Hakim yang memeriksa kasus ini, Michael Carey, menyatakan kepada Zielke, "Pengadilan akan menjalankan hak demokrasinya sendiri dan menjatuhkan denda kepada saudara 1.200 dollar".

Ia juga dicabut SIM-nya dan tidak boleh mengemudikan mobil selama 18 bulan. Begitulah "harga demokrasi" yang harus dibayar Zielke.


Eropa Syaratkan Mobil Listrik Harus Bersuara

Eropa Syaratkan Mobil Listrik Harus BersuaraJakarta - Mobil listrik dan hybrid digadang-gadang sebagai mobil masa depan. Tidak hanya menyajikan sebuah teknologi terbaru dan ramah lingkungan, mobil listrik juga identik dengan kenyamanan berkendara tanpa suara.

Berbeda dengan mesin bensin atau diesel yang bisa meraung setiap kali kaki menekan pedal gas, mobil listrik sebaliknya. Tidak ada suara yang keras yang keluar dari motor listriknya.

Hal ini sering dianggap tidak aman bagi pengguna jalan lain terutama pejalan kaki. Bayangkan jika Anda di belokan, Anda tidak dapat mendengar adanya mobil yang melintas. Bisa-bisa Anda tertabrak.

Karena itulah, parlemen Eropa mewajibkan untuk setiap kendaraan listrik harus berisik atau memiliki suara. Karena ini dinilai bakal lebih aman untuk dikendarai, terutama untuk pejalan kaki tunanetra. Seperti dilansir BBC, Jumat (4/4/2014).

Parlemen Eropa telah sepakat bahwa kendaraan listrik di masa depan harus dilengkapi dengan perangkat untuk membuat mereka lebih terdengar mirip dengan mobil yang mengadopsi mesin konvensional.

Berdasarkan aturan yang direvisi, model-model baru dari kendaraan listrik dan hybrid sudah mulai harus memiliki suara di 2019 dan tepat di 2021 seluruh mobil listrik dan hybrid baru harus sudah memiliki suara semuanya.

Selanjutnya parlemen di Eropa juga sepakat untuk lebih mengetatkan standar emisi suara untuk mobil, van, truk dan bus selama dekade berikutnya (untuk kendaraan bermesin konvensional bensin dan diesel-red).

Tidak berhenti sampai disitu, parlemen di Eropa juga telah menentukan undang-undang baru yang menentukan karet ban yang boleh digunakan di Eropa.


Hyundai Siapkan Mobil Mewah Anyar

Hyundai Siapkan Mobil Mewah AnyarSeoul - Meski termasuk negara yang memiliki merek mobil sendiri, orang kaya di sana relatif menyenangi mobil-mobil mewah buatan luar negeri seperti dari Jerman. Mengetahui fakta itu, Hyundai akan memperkenalkan mobil premium terbaru yang diberi kode nama 'AG'.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (4/4/2014), model premium terbaru ini rencananya mulai dijual pada akhir tahun 2014. Mobil disiapkan untuk kelas menengah ke atas berusia mapan yang enggan dengan mobil-mobil Hyundai yang desainnya untuk kawula muda.

Mobil-mobil impor lebih mudah masuk ke Korea karena pemerintah sana memberikan pengurangan bea impor. Merek seperti VW, BMW, dan Mercy mencatat pertumbuhan dua digit di tahun 2013, namun Hyundai justru turun 4 persen.

Meski kelas sedan kembali hidup dengan lahirnya Hyundai Sonata dan Genesis di kelas menengah, Hyundai merasa harus menyajikan kendaraan premium terbaru agar bisa bersaing di pasar domestik.

Kabarnya 'AG' akan dibangun pada platform Hyundai Grandeur, yang kini dijual di Amerika sebagai Hyundai Azera. Hyunda 'AG' akan dibanderol 40 juta won, atau setara dengan harga jual Mercedes-Benz C Class, Audi A4, dan BMW Seri 3.

"AG akan memiliki desain yang lebih konservatif dibanding model terbaru Genesis," ujar sumber di Hyundai.




Juan Pablo Montoya Kendarai Mobil Tesla

Juan Pablo Montoya Kendarai Mobil TeslaJakarta - Juan Pablo Montoya kerap menghabiskan bensin ketika berada di lintasan balap menggunakan mobil mesin besar. Tapi untuk di kehidupannya sehari-hari, pria kelahiran 20 September 1975 ini ternyata gemar mengendarai mobil listrik.

Di luar arena balap, pria asal Kolombia ini tidak menunjukkan keseriusannya sebagai pebalap. Bagaimana tidak, cuma mobil listrik Tesla yang notabenenya tidak seperforma mobil-mobil balap.

Aktivitas Montoya mengendarai mobil listrik Tesla terekam pada laman facebook pribadinya. Terlihat Montoya mengendarai Tesla di kegelapan malam.

Foto tersebut membuktikan kalau dia sekarang menggunakan mobil listrik Tesla dan menggantikan mobil ramah lingkungan Cevrolet Volt sebagai kendaraan sehari-harinya pada 2011 silam.

Sayang tidak dijelaskan model Tesla yang dikemudikan Montoya. Namun setidaknya foto ini menjelaskan mobil listrik tidak akan menghilangkan pamornya sebagai pebalap.

Tapi sebaliknya orang akan berpikir kalau dia adalah seorang ayah yang sangat mementingkan kondisi lingkungan.


Bos Toyota Ingin Ciptakan Lagi Mobil-mobil Seperti Kijang

Bos Toyota Ingin Ciptakan Lagi Mobil-mobil Seperti KijangJakarta - Pasar mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia saat ini tergolong berat, hampir semua pabrikan besar bersaing di segmen ini. Toyota pun memahami sebegitu besarnya pasar MPV di Indonesia yang membuat penjualan Toyota melambung.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui melihat pasar otomotif Indonesia akan terus berkembang ke depannya.

"Saya memahami penuh pertumbuhan pesat yang ditorehkan Toyota di pasar otomotif Indonesia. Terbukti dengan kukuhnya posisi Top 5 sebagai kontributor terbesar penjualan Toyota global dalam beberapa tahun terakhir," kata Fukui.

"Sehingga, saya ingin mencurahkan segala upaya untuk menciptakan kendaraan-kendaraan seperti Kijang, yang akan dicintai oleh masyarakat Indonesia dan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia," tambahnya.

Apa ini berarti Toyota akan menciptakan model terbaru sebagai jembatan antara Avanza dan Kijang Innova? Hmm patut dicermati di masa-masa kepemimpinan Fukui.

Yang pasti Fukui mulai efektif bekerja di TAM per 1 April 2014. Dia dibantu Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin yang akrab disapa Abong.

Keduanya sudah bertekad menjaga dominasi Toyota di pasar otomotif Tanah Air setidaknya meraih pangsa pasar 35,8 persen dari target 40 persen.




Cerita Johnny Darmawan Soal Mobnas

Cerita Johnny Darmawan Soal Mobnas Jakarta - Dalam 4 tahun terakhir ketiadaan mobil nasional membuat banyak orang 'teriak'. Tapi yang patut dicermati, kehadiran mobil nasional Indonesia memang diprotes para raksasa internasional. Paling tidak itu yang tergambar di era 1996-1998.

Johnny Darmawan, bos Toyota yang baru pensiun itu menceritakan soal mobil nasional di dalam buku 'Kiprah Toyota Melayani Indonesia 2002-2014' terbitan Kompas Gramedia yang disunting oleh Rizka S Aji. Bagaimana ceritanya?

KIA Punya MPV Lagi, Sedona?

KIA Punya MPV Lagi, Sedona?New York - Mata pecinta otomotif kini beralih ke New York, beberapa hari lagi salah satu pameran utama di Amerika ini akan dibuka. Pabrikan Korea memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan MPV (Multi Purpose Vehicle) terbaru.

KIA belum memberikan nama untuk MPV terbarunya ini, namun beberapa laporan yang muncul menyebutkan, bahwa ini adalah wujud terbaru dari Sedona, kakaknya Carens. Belum jelas juga mesin apa yang akan dipakai MPV ini, apakah sama dengan Sedona yang menggunakan mesin 3.5 liter? Belum pasti.

Namun dari gambar yang dirilis KIA terlihat kalau mobil lebih terlihat seperti midsize MPV ketimbang Minivan.

"Dengan kapasitas 8 penumpang, mobil ini akan menandingi pesaingnya di segmen MPV dan menawarkan fungsionalitas untuk menampung 8 orang penumpang dan bawaannya dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan buat mereka yang mencari petualangan," ujar KIA.


Kisah di Balik Tersingkirnya Volvo Sebagai Mobil Menteri

Kisah di Balik Tersingkirnya Volvo Sebagai Mobil MenteriJakarta - Sejak zaman Soeharto, Volvo menjadi pilihan mobil dinas para pejabat. Namun, situasi itu berubah di tahun 2004 ketika Volvo disingkirkan untuk diganti dengan mobil Toyota.

Cerita bermula pada tahun 2004 saat pergantian kepemimpinan di Indonesia. Untuk pertama kalinya mobil dinas para menteri menggunakan produk Toyota setelah puluhan tahun identik dengan Volvo.

Di buku 'Kiprah Toyota Melayani Indonesia 2002-2014' terbitan Kompas Gramedia tertulis kalau selepas pembentukan kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) ngobrol soal mobil dinas untuk para menteri. Soalnya ada menteri yang masih pakai mobil reot yang disediakan kantornya.

Dalam buku Solusi JK (2009), JK menyarankan SBY agar pengurusan mobil para menteri diserahkan pada JK. JK merasa jika masih menggunakan merek Volvo harganya terlampau mahal.

Dia kemudian menghubungi Presdir PT Toyota-Astra Motor saat itu Johnny Darmawan dan memintanya untuk menemuinya. JK bertanya, sedan Toyota apa yang populer dan kualitas andal saat itu. Kelas menengah, tidak terlalu mewah.

Jawaban Johnny saat itu jelas: Camry. Mobil ini nyaman dan tidak terlampau mahal untuk ukuran kelas menengah. Harganya saat itu sekitar Rp 425 juta per unit.

Menilik ke belakang, JK memang punya sejarah panjang dengan Toyota. Perusahaan keluarga JK, NV Hadji Kalla Trading Co (kini PT Hadji Kalla) sudah mengimpor mobil Toyota sejak 1968 setelah mengirim surat kepada Kedutaan Besar Jepang untuk bertanya prosedur impor mobil dari Jepang dan mendapat jawaban kalau Toyota dapat diimpor memalalui Toyota Tsusho yang membuka cabang di bilangan Imam Bonjol, Jakarta.
Halaman 1 2 »

Bos Baru Toyota Akui Belum Terlalu Paham Indonesia

Bos Baru Toyota Akui Belum Terlalu Paham IndonesiaJakarta - Hiroyuki Fukui sudah resmi diangkat menjadi bos PT Toyota-Astra Motor menggantikan Johnny Darmawan. Karena baru satu tahun di Indonesia, Fukui mengaku pengetahuannya soal pasar Indonesia masih terbatas, walaupun dirinya selama ini sudah menjabat sebagai Presiden Komisaris Toyota Astra Motor.

"Sehingga, saya tidak bisa menjanjikan bahwa saya dapat sesegera mungkin mengisi kekosongan yang ditinggalkan Pak Johnny. Namun saya akan memulai pekerjaan ini dalam waktu sesegera mungkin dan berupaya untuk beradaptasi dan memperdalam pengetahuan saya mengenai negara ini dan operasional perusahaan ini dalam waktu yang sesingkat mungkin," ujar Fukui saat serah terima jabatan di Hotel Indonesia-Kempinski, Jakarta, Kamis (3/4/2014) malam.

Fukui mengaku dirinya paham mengenai beratnya tugas yang diembannya sekarang. Apalagi Toyota Indonesia saat ini menjadi Top 5 kontributor terbesar penjualan Toyota global dalam beberapa tahun terakhir.

"Sehingga, saya ingin mencurahkan segala upaya untuk menciptakan kendaraan-kendaraan seperti Kijang, yang akan dicintai oleh masyarakat Indonesia dan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia," ujar Fukui.




Produsen Tiongkok Ini, Tertarik Beli Saham Mobil Mewah

Produsen Tiongkok Ini, Tertarik Beli Saham Mobil MewahBeijing, - Perekonomian yang kuat di Tiongkok (China) ikut membesarkan industri otomotif di negara panda tersebut. Dan kali ini Beijing Automotive Group Co, yang merupakan mitra Daimler AG di Tiongkok (China) berencana untuk bisa membeli saham produsen otomotif kelas menengah ke atas yang berasal dari Eropa atau Amerika.

"Tahun lalu kami berusaha untuk membeli merek Eropa, tapi sekarang pencarian diperluas ke merek Amerika Serikat," kata bos Beijing Auto's International, Dong Haiyang seperti dilansir Reuters, Jumat (4/4/2014), .

Pembelian merek kelas mewah yang bakal dilakukan Beijing Automotive Group bukan tanpa alasan. Mereka ingin produk Tiongkok (China) lebih dikenal lagi di pasar dunia.

"Kami telah memiliki kandidatnya," tambahnya.

Saat ini Beijing Automotive Group Co memiliki merek internasional yang dikenal dengan sebutan BAIC. Namun saat ini produk buatan Tiongkok ini belum mendapatkan kepercayaan penuh dari pecinta otomotif dunia.

Kalau rencana ini berhasil dijalankan, Beijing Automotive Group akan mengikuti jejak Zhejiang Geely Holding Group Ltd yang melakukan pembelian saham merek kelas atas Volvo. Begitu juga dengan Dongfeng Motor Group yang kini telah mengusai 14 persen saham pabrikan mobil Perancis, PSA Peugeot Citroen.



Mazda: Mobil Ini Bikin Pengendaranya Senyum Terus

Mazda: Mobil Ini Bikin Pengendaranya Senyum TerusNew York - Tahun ini, mobil sport mungil Mazda, MX-5 akan berulang tahun yang ke-25. Menandai perayaan perak itu Mazda akan memamerkan edisi khusus roadster legendaris ini.

Rencananya di New York Auto Show, mobil ini akan bisa dilihat oleh kalangan publik. Mazda MX-5 pertama kali debut di dunia pada tahun 1989, tepatnya Februari 1989 lalu di Chicago Auto Show.

Setelah itu, mobil 2 penumpang ini cukup populer di dunia, Mazda pun merilis mobil ini di Indonesia,

MX-5 yang kini sudah mengalami perubahan sampai 3 generasi sudah terjual sebanyak 920.000 unit di seluruh dunia.

Mobil mencetak rekor sebagai mobil sport 2 penumpang paling banyak terjual dan tercatat di Guinness Book of Records.

Nah, untuk edisi ultah, Mazda menyiapkan dalam jumlah yang tidak main-main. Total ada 15 versi dari roadster itu yang akan dipamerkan di New York Motor Show. Mobil yang dipamerkan termasuk mobil konsep, mobil komersial.

"Roadster ini adalah mobil flagship Mazda, 25 tahun sejak debut perdana, mobil ini terus membuat pengendaranya tersenyum," ujar CEO Mazda Amerika Utara Jim O'Sullivan.


Gara-gara Sekrup, BMW Tarik Ratusan Ribu Mobil

Gara-gara Sekrup, BMW Tarik Ratusan Ribu MobilJakarta - Akibat ada potensi masalah pada sekrup di mesin, BMW harus menarik ratusan ribu mobil mereka. Sebagian mobil BMW yang ditarik itu diproduksi di China.

Ada sekitar 232.000 mobil yang diimpor dan diproduksi di dalam negeri China yang harus ditarik (recall) untuk memeriksa sekrup yang berpotensi rusak. Hal itu terjadi pada mesin bensin 6 silinder dimana kerusakan skrup itu dikhawatirkan dapat merembet ke berbagai komponen lain.

Regulator China, General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine mengatakan kalau recall mobil BMW ini diperlukan oleh konsumen dan diperkirakan akan bisa mulai diperiksa pada bulan Juni.

Kendaraan yang kena recall termasuk sekitar 93.000 unit 3-series dan 5-series yang diproduksi di China bersama-sama dengan partner joint venture BMW, Brilliance China Automotive Holdings.

"Kami sedang mengkaji situasi pasar lain," kata jurubicara BMW di Reuters.

Selain dua model tadi, BMW 1-series, 6-series serta varian X1, X3, X5, X6 dan Z4 juga adalah sedang diselidiki untuk kesalahan. Dia lalu menjelaskan kalau mesin yang rentan terhadap masalah tadi berasal dari batch yang diproduksi antara Juni 2009 hingga Juni 2013.


Johnny Darmawan Sanggup Jual 2,7 Juta Mobil Toyota dalam 12 Tahun

Johnny Darmawan Sanggup Jual 2,7 Juta Mobil Toyota dalam 12 TahunJakarta - Kesuksesan seorang pemimpin Johnny Darmawan sebagai Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) patut diacungi jempol. Berkarir sebagai pimpinan Toyota Indonesia sejak 2002-2014, pria berkumis ini sudah menjual 2,7 unit Toyota (ekspor dan domestik).

Dipimpin oleh kakek 1 cucu yang juga jebolan Universitas Trisakti, PT TAM mampu menaikkan penjualan secara terus menerus setiap tahunnya. Berbagai model baru terlaris di bawah arahan Johnnya di antaranya MPV Avanza, Innova dan Rush.

"Penjualan 82 ribu pada 2002, dan 435 ribu pada tahun lalu. Total 2,7 yang terjual selama 12 tahun," kata Executive Vice Presiden Toyota Motor Corporation (TMC), Yasumori Ihara di acara 'Handover Ceremony' di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (3/4/2014) malam.

Semasa karirnya, Johnny dianggap sebagai karyawan tersukses Toyota. Kemampuan berbisnisnya dianggap suatu 'investasi' besar yang harus terus dijaga dan dikembangkan. Passion-nya di industri otomotif pun terus berkembang seiring perkembangan dunia otomotif.

Karena itu Johnny sangat dibanggakan keluarga besar Toyota Indonesia dan prinsipal Toyota. "Dan hanya Anda yang memiliki kualifikasi, kecakapan dan passion," imbuhnya.

Dan kini sosok Johnny harus pergi meninggalkan Toyota setelah bekerja selama 35 tahun di Toyota dan 12 dihabiskan sebagai Presdir TAM. Dia mengakhiri kesibukannya sebagai karyawan Toyota dan fokus menikmati hasil-hasil perjuangannya bersama keluarga tercinta.

Yasumori pun berharap, sepeninggal Johnny, TAM terus bangkit dan merajai pasar otomotif Indonesia, bahkan global. Di sisi lain, Toyota bisa menjadi produk terbaik untuk konsumen di Indonesia.

"Kami percaya Toyota bisa menjadi partner terbaik untuk Indonesia. Untuk tahun ini Indonesi diharapkan mampu meraih posisi 4 pada Toyota global. Saya berterima kasih kepada Anda (Johnny) yang telah berkariir di Toyota. Anda adalah salah satu legenda," tutup Ihara yang menganggumi Johnny.

Johnny menanggapi pernyataan Yasumori. Dia mengatakan prestasinya selama ini didukung tim yang selalu membantunya untuk menggolkan ide-ide yang dianggap penting untuk kemajuan TAM.

"32 tahun ada pengalaman yang menakjubkan bagi saya. Saya harus akui bahwa prestasi-pretasi itu bukan hasil sendiri tapi tim. Saya khususnya bangga terhadap tim saya dan izinkan saya untuk menghaturkan terima kasih kepada mereka," kata mantan Presdir PT TAM di hadapan para tamu undangan.

Sedan Murah Datsun Sudah di Depan Mata

Sedan Murah Datsun Sudah di Depan MataMoscow - Setelah ditunggu-tunggu, Datsun akhirnya siap memperlihatkan sedan murah mereka. Besok mobil ini akan diperlihatkan oleh merek yang dulu melegenda ini.

Menurut rencana sedan murah Datsun ini akan diperlihatkan di Rusia esok hari (4/4/2014) setelah sebelumnya Datsun memperlihatkan hatchback dan MPV di India dan Indonesia.

Di laman resmi Datsun Rusia waktu peluncuran sudah dihitung mundur. Ketika disambangi detikOto pada 19:39 WIB, waktu tinggal 21 jam 55 menit lagi menuju peluncurannya.

Di India, Datsun mempersembahkan sebuah model hatchback yang diberi nama Datsun Go, sementara di Indonesia sebuah MPV anyar bernama Go+. Kedua model ini menurut kabar akan diluncurkan secara resmi pada tahun ini.

Ini sesuai dengan janji Datsun untuk mempersiapkan model mobil terlaris di negara tempat mobil itu diproduksi. Konsumen di India suka pada mobil kecil, sementara di Indonesia suka pada model MPV.

Nah, ada lagi negara lain yang akan memproduksi mobil Datsun yakni Rusia. Dan seperti diperkirakan, mobil Datsun untuk Rusia adalah sedan, model yang memang digemari masyarakat di belahan utara bumi itu.

Untuk menggoda, Datsun pun memperlihatkan teaser dari mobil ini . Dari garis yang diperlihatkan, tampak sedan itu cukup menjanjikan.

Menurut rencana, mobil ini diperkirakan akan bisa dijual di paruh kedua 2014 ini. Untuk harganya, diperkirakan sedan Datsun ini akan dilepas di angka 468.000 rubles atau sekitar Rp 146,3 jutaan.


Ini Mobil Antipeluru Buatan India

Ini Mobil Antipeluru Buatan IndiaJakarta - Bagi pejabat dan pengusaha keamanan adalah salah satu faktor penting. Kendaraan antipeluru pun dibutuhkan. Bila biasanya hanya merek Eropa dan Amerika Serikat yang melahirkan mobil antipeluru, India tidak mau kalah. Inilah mobil antipeluru asal India.

Mobil ini adalah Mahindra Scorpio buatan produsn mobil India, Mahindra. Uniknya, pemesanan mobil ini sudah dibuka secara online.

Bila tidak percaya dengan kemampuan mobil ini, Mahindra dan Snapdeal yang menjual mobil ini sudah bekerja sama dengan Defence Land Systems yang terbiasa membuat kendaraan lapis baja. Pembeli juga bisa meminta mobilnya di tes tembak untuk membuktikan kekuatan 'kulit' mobil ini.

Lapisan antipeluru mobil ini mampu menahan tembakan peluru 9 mm untuk mengamankan penghuni kabin.

Sementara di jantunnya, tersembunyi dua pilihan mesin yakni mesin diesel 2.5 liter dengan turbo yang bisa memproduksi tenaga sekitar 75 bhp dan 220 Nm. Ada pula mesin diesel 2.2 liter yang meski berkapasitas lebih kecil tapi memiliki kekuatan lebih besar, 120 bhp dengan torsi 290 Nm.


Intip Interior Land Rover Discovery Terbaru

Intip Interior Land Rover Discovery TerbaruNew York - Di Indonesia, SUV premium Land Rover Discovery baru saja meluncur. Namun kini sudah ada lagi Discovery versi terbaru.

New York International Motor Show 2014 bakal menjadi ajang bagi Land Rover untuk memamerkan konsep terbaru SUV yang dinamakan Discovery Vision Concept.

Nah untuk menambah penasaran pecintanya, Land Rover langsung menampilkan desain interior terbaru dari Discovery Vision Concept. Interiornya dihiasi dengan aura berwarna gelap yang elegan

"Discovery merupakan model yang memperkuat Land Rover, dimana model ini dikagumi di seluruh dunia dan dicintai oleh konsumen setianya. Dan kami telah menciptakan konsep terbaru Discovery, dan akan melakukan debut yang lebih baru, menarik, arah desain yang relevan yang menghubungkan pada tingkat emosional dengan pelanggan hari ini dan besok," kata Design Director and Chief Creative Officer for Land Rover, Gerry McGovern.

Dikatakan Land Rover Discovery Vision Concept ini mobil akan menampilkan sebagai mobil masa depan SUV yang dibangun di atas prinsip-prinsip utama Land Rover seperti desain yang penuh dengan emosi, kemampuan tak tertandingi dan fleksibilitas, serta berteknologi tinggi.


Johnny Darmawan: Saya Mau Leha-leha Dulu

Johnny Darmawan: Saya Mau Leha-leha DuluJakarta - Johnny Darmawan sudah pensiun dari Toyota setelah memimpin PT Toyota-Astra Motor (TAM) sejak 2002 silam. Apa yang akan dilakukan Johnny setelah pensiun?

"Saya mau berleha-leha dulu karena sudah 32 tahun bekerja. Momong cucu. Cucu saya sudah berumur 2 tahun," kata Johnny di sela-sela media gathering di hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Johnny menuturkan setelah memutuskan pensiun dirinya ditawari menjadi penulis di salah satu media Indonesia ternama.

Namun dia belum menyetujuinya. Sebab meski sukses jadi pebisnis belum tentu bisa menulis. Kendati demikian, tidak dipungkiri pekerjaan sebagai penulis bakal dia terima. Soalnya baru-baru ini Johnny mengeluarkan buku berjudul 'Kiprah Toyota Melayani Indonesia 2002-2014' setebal 254 halaman.

"Ada beberapa dari teman wartawan menwarkan saya kolom buat nulis, tapi saya saat ini belum memutuskan. Istirahat dulu. Karena jago berbisnis, belum tentu jago bertutur lisan," ucapnya.

Johnny sepertinya benar-benar ingin fokus istirahat dan berkumpul dengan keluarga tercinta di rumah sembari menikmati masa pensiunnya. Sebab selain tawaran sebagai penulis, dia sempat menerima tawaran bekerja di Toyota Jepang beberapa tahun lalu. Tapi lagi-lagi dia menolak kesempatan itu.

"Saya lebih senang di sini, Indonesia. Soalnya kala dekat mereka, kayaknya kamu harus punya privasi. Kita menyadari. Aku lebih enak hidup, walaupun di sini kan kerjanya kan senyum, tapi kalau sudah kerja di TMC senyum juga tidak bisa. Paling tiap hari nulis. Kalau di sini bisa becanda. Walaupun pak Abong (Suparno Djasmin-Wakil Presiden TAM) bilang pulang malam tetap saja banyak senyum dan ketawa. Nanti kalau aku bantuin mereka kamu tidak melihat aku senyum lagi," ungkap Johnny.

"Jadi aku menikmati yang sekarang, nanti kita pikirkan ke depan, pasti adalah. Saya kan tidak akan diam-diam saja. Saya akan tetap berkarya, selama saya masih punya bernapas, selama saya masih hidup bisa jalan, masih sehat, kita harus berkarya," tutur Johnny.


Pemotong Rumput Tercepat di Dunia

Pemotong Rumput Tercepat di Dunia Jakarta - Pemotong rumput sering dianggap benda lambat. Namun Honda merombak anggapan itu dengan Honda Mean Mower. Mesin pemotong rumput Honda ini baru saja mendaulat diri sebagai mesin pemotong rumput tercepat di dunia.


Keterangan Foto :
Pemotong rumput buatan Honda ini bernama Honda Mean Mower.  Istimewa/dok Honda.

Renault Siap Bangun Pabrik di ASEAN

Renault Siap Bangun Pabrik di ASEANParis - Pasar mobil ASEAN yang semakin seksi sukses mengundang perhatian para produsen mobil dunia. Renault pun dikabarkan akan membangun pabrik di Asia Tenggara. Di manakah itu?

Reuters melaporkan kalau seorang sumber di perusahaan Prancis itu mengatakan kalau mereka akan mengumumkan pembangunan pabrik baru di Asia Tenggara pada tahun ini.

Namun, CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn mengatakan kalau pihaknya memang mengerjakan banyak proyek. Tapi dia tidak bisa mengatakan apa saja itu. "Kami hanya mengumumkan keputusan, kita tidak mengumumkan proyek," katanya.

Ini adalah upaya baru raksasa-raksasa dunia untuk masuk ke pasar ASEAN setelah hanya dikuasai oleh merek Jepang saja.

Raksasa Amerika Serikat seperti Ford dan Chevrolet sudah membangun pabrik di ASEAN guna mendekatkan diri pada konsumen mereka. Terakhir, Volkswagen yang dikabarkan hendak membangun pabrik di ASEAN untuk membuat mobil dengan harga terjangkau.

Hal itu tidak mengherankan. Sebab penjualan mobil di 6 negara utama di Asean seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam memang diperkirakan akan meningkat 35 persen ke angka 3,16 juta mobil di 2020. Angka ini, menurut IHS Automotive, meningkat dibanding penjualan 2,34 juta unit tahun lalu.

Khusus untuk Indonesia, IHS Automotive melaporkan kalau persentase pertumbuhan penjualan di Indonesia ini akan menyalip China dalam 5 tahun ke depan.

Pertumbuhan mobil di Indonesia dalam 5 tahun itu persentasenya diperkirakan akan mencapai 48 persen. Lebih tinggi dari 41 persen yang dicatatkan China meski untuk angka penjualan unit mobilnya China masih sulit terkejar.

Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi beberapa kalau dirinya percaya penjualan mobil Indonesia yang saat ini berada di angka 1,2 juta unit akan melonjak menjadi 2 juta unit sebelum tahun 2020.

"Ada potensi besar di pasar ASEAN untuk Eropa, terutama di kendaraan murah," kata Kepala Center of Automotive Management Stefan Bratzel.

"Sudah saatnya bagi mereka untuk berdiri bersama Jepang," lugasnya.


Sosok Johnny Darmawan di Mata Kolega

Sosok Johnny Darmawan di Mata KolegaJakarta - Sosok Johnny Darmawan di lingkungan Toyota memberikan kesan mendalam. Salah satunya bagi Suparno Djasmin yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor.

"Saya kira Pak Johnny mau jadi apa saja pasti bisa. Saya kira namanya 'PKK', Pak Johnny Ke sana Ke mari," celoteh Suparno Djasmin dalam media briefing di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Menurutnya meski sebagai orang nomor satu di TAM, namun Johnny dianggap sebagai pria yang tidak hanya bisa mengurusi industri otomotif. Johnny dikatakan Abong bisa menjelma sebagai sosok hangat yang multitalenta.

"Pak Johnny jadi apa saja pasti bisa. Jadi speaker pasi bisa, nulis buku sudah nulis. Saya kira kalau Pak Johnny mendirikan PR (public relation) pasti banyak (yang minat)," ujar Abong.

Abong menjelaskan Johnny sebagai sosok ayah sekaligus kakek 1 cucu yang dekat dengan semua karyawan Toyota. Begitu pun pemikiran dan ide briliannya tidak tergantikan selama bekerja di Toyota.

Jadi wajar meski Johnny pensiun, namun dia terus dianggap sebagai sahabat Toyota. Bahkan kesempatan bekerja di Toyota terbuka jika Johnny mengamininya. Abong pun berharap pria dengan ciri khas kumis tipisnya itu tidak menutup hati dan terus menjalin silaturahmi dengan karyawan-karyawan Toyota.

"Tentu pak Johnny kan jadi sahabatnya Toyota. Saya kira banyak lah ide dan pemikirannya. Kalau beliau masih mau (bantu Toyota). Tapi kalau saya traktir makan bubur, pasti beliau mau. Dia sosok hebat," tutup Abong.


Diterpa Badai Recall, Penjualan GM Tetap Moncer

Diterpa Badai Recall, Penjualan GM Tetap MoncerWashington - Pabrikan AS, General Motors (GM) menghadapi cobaan berat di tanah kelahirannya. Produsen mobil itu kini disorot tajam karena dinilai lamban melakukan penarikan yang menyebabkan 13 orang meninggal.

Namun seperti dilansir CNN, recall yang massif itu tidak terlalu berdampak pada penjualan GM. Setidaknya di bulan Maret.

Penjualan GM di Amerika justru meningkat 4 persen hingga 256.047 unit dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Dan di Februari mengalami peningkatan hingga 15 persen.

Namun GM mengakui dirinya juga mengalami penurunan pada bisnis mobil rental untuk berbagai perusahaan dan pemerintahan hingga 5 persen.

Seperti diketahui bersama General Motors telah mendapatkan banyak perhatian setelah berita negatif pada kerusakan switch di sejumlah mobil.

Penarikan dilakukan pada Chevrolet Cobalt dan HHR, dimana model ini tidak lagi diproduksi atau dipajang dalam ruang pamer diler. Dua merek mobil lainnya yang juga terkena recall yakni Pontiac dan Saturn juga sudah tidak diproduksi.

GM di sisi lain memang mengakui kalau konsumen mereka resah karena recall ini. Dari penelusuran Reuters, di lebih dari 20 diler GM melaporkan konsumen yang ingin melakukan pemeriksaan kendaraan.

"Masyarakat agak bingung mengenai apa yang harus mereka lakukan. Banyak mobil seperti ini di luar sana," ujar Al Belford, dari diler Chevrolet di Las Vegas. Total per hari ada 50 orang yang menghubungi diler dalam sepekan terakhir.



Naik Fino Keliling Jakarta Cukup Rp 50.000

Naik Fino Keliling Jakarta Cukup Rp 50.000Jakarta - Buat pecinta Yamaha Fino, pasti tidak asing lagi dengan keiritan Yamaha Fino. Nah kali ini ketangguhan kembali dibuktikan 3 pemuda pecinta Fino, dengan melakukan perjalanan 'A Day With Mio Fino, Jelajahi Jakarta hanya dengan Rp 50.000.

Perjalanan yang dibuktikan 3 pemuda pecinta ini menceritakan tentang bagaimana menyenangkannya berkendara dengan Yamaha Fino.

Perjalanan yang menyenangkan keliling ibukota menyambangi tempat nongkrong, bernilai sejarah ataupun koleksi barang antik, juga dilakoni ke-3 pemuda ini.

Titik-titik jalur yang dipilih adalah lokasi yang familiar buat warga Jakarta. mulai dari Taman Surapati Menteng, lalu ke Jalan Surabaya Menteng tempat berburu barang antik, Tauto Pekalongan Tebet Timur.

Perjalanan pun dilanjutkan dengan menuju Pasar Bunga di Rawa Belong Kebon Jeruk, Museum Prasasti Tanah Abang yang di dekatnya ada makam Soe Hok Gie aktivis mahasiswa era tahun 1960-an. Terakhir anak-anak muda menuntaskan perjalanan dengan nongkrong di Jalan Sabang Menteng.

”Fino lifestyle video ini menggambarkan Fino sebagai motor trendy, teknologi injeksinya membuatnya semakin irit. Walaupun hanya dengan uang 50 ribu rupiah bisa jalan seru-seruan kemana-mana," ucap GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, Eko Prabowo, dalam siaran press yang diterima detikOto.

"Ibaratnya dengan 50 ribu rupiah, nominal yang tidak terlalu besar tapi bisa mendapatkan lifestyle yang ekonomis,” tambahnya.

Nah mau tahu bagaimana serunya 3 pemuda pecinta Fino ini keliling kota Jakarta, yuk kita simak video berdurasi 4 menit 42 detik berikut ini.