Thursday, June 2, 2016

Tren Beli Mobil Jelang Lebaran Sudah Ditinggalkan Orang Indonesia

Tren Beli Mobil Jelang Lebaran Sudah Ditinggalkan Orang IndonesiaBogor - Biasanya di Hari Raya Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli mobil baru. Namun, kini tren tersebut sudah ditinggalkan.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan saat ini tren orang Indonesia membeli mobil tak melulu harus bertepatan dengan Lebaran.

Banyaknya pilihan dari pabrikan mobil, membuat konsumen dapat membeli mobil sesuai kebutuhan tanpa harus menunggu momen tertentu.

"Tren lebaran beli mobil itu sudah enggak ada, yang ada rental. Membeli mobil sekarang itu sudah enggak menunggu Lebaran. Kulturnya enggak ada. Sekarang membeli mobil enggak usah menunggu. Tingg al beli, piiihan juga banyak. Kalau dulu kan enggak punya pilihan banyak, mesti inden," ujar Jonfis, Jumat (3/6/2016).

Lalu, dengan banyaknya program promosi menggiurkan di jelang lebaran, Jonfis melanjutkan bahwa hal itu tidak terlalu memengaruhi penjualan hingga melonjak tinggi. "Tiap tahun enggak ada loncatan tinggi-tinggi (pembelian mobil di Lebaran). Normal saja. Paling tinggi 10 persen," katanya.
(nkn/ddn)

Toyota Siap Akusisi Perusahaan Robot Google?

 Toyota Siap Akusisi Perusahaan Robot Google?California - Toyota mulai mencari partner untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan. Kabarnya Toyota akan mengakuisisi perusahaan robot milik Google Alphabet Inc, yakni Boston Dynamics.

Seperti dilansir Tech Insider, Jumat (3/6/2016), Boston Dynamics adalah perusahaan berbasis Massachusetts yang didirikan tahun 1992. Perusahaan ini merupakan anak usaha Google yang mengembangkan robotik. Perusahaan itu diambil alih Google pada Desember 2013.

Tech Insider juga menyebutkan pihak lain yang tengah melakukan negosiasi adalah Toyota Research Institute (TRI). Perusahaan yang baru didirikan Toyota di Januari 2016 di Amerika. Perusahaan ini tengah asyik mengembangkan teknologi kecerd asan buatan yang akan dipakai di produk-produk masa depan.

Jika akuisisi ini berhasil, maka akan mempermudah Toyota dalam penelitian dan pengembangan teknologi kecerdasan buatan yang sudah menjadi tugas dari TRI.
(lth/ddn)

Mobil Desa, Pikap dari Semarang

Mobil Desa, Pikap dari Semarang Semarang - Mobil pikap ini dibuat oleh dosen jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kendaraan itu cukup tangguh dan bisa menanjak di anak tangga.

Keterangan Foto :
Mobil yang diberi nama "Mobil Desa" itu terlihat gagah dengan body besar dan warna putihnya. Dengan mesin 1.000 cc, mobil bertipe pick up itu diklaim dapat menghasilkan tenaga yang lebih kuat dari pick up lain di kelasnya. Ketangguhannya pun dijajal di halaman auditorium Unnes. Foto: Angling Adhitya Purbaya

Honda: Anak SMK Sudah Canggih-canggih

Honda: Anak SMK Sudah Canggih-canggihJakarta - PT Astra Honda Motor mengakui lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah canggih. Honda pun tak ragu untuk merekrut lulusan SMK untuk bekerja di AHM dan jaringan diler resminya seperti AHASS.

Untuk memacu keterampilan para siswa SMK sesuai dengan perkembangan industri motor, setiap tahunnya Honda menggelar uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi SMK yang kini memasuki tahun ke-7.

"Ini bukan lagi untuk sekedar kami terlihat untuk mensupport, tapi kami sudah berada di dalam dunia pendidikan, program ini bukan hanya masalah bantuan kelengkapan peralatan tapi juga kurikulum SMK jurusan sepeda motor. Jadi kami membantu mengembangkan kurikulum dan silabus sesuai arahan Dirjen Pem binaan dan Pengembangan SMK, mereka punya standar kompetensi silabusnya, isi silabusnya mengenai Honda itu kita yang kita isi," ujar Senior Manager Technical Training AHM Handy Hariko di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (2/6/2016).

Dengan demikian, para siswa memiliki keahlian kompetensi di bidangnya. Selain teori, Honda juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan praktik kerja industri di seluruh jaringan resmi AHASS atau main dealer.

Dalam uji kompetensi itu instruktur Honda tetap terlibat sehingga lulusan SMK bisa langsung bekerja atau berwirausaha sendiri membuka bengkel resmi yang dibina Honda.

"Dan ini sudah sekian tahun, kita sudah melihat hasilnya dari program Link and match seperti ini, tidak hanya lulus sekolah saja tapi sudah ada yang bekerja di jaringan kita. Kontribusi kepada dunia bisnis kami bisa mendapatkan mekanik yang handal, beda dengan sebelumnya, bisa juga kerja di manufaktur, main dealer, bai k sebagai mekanik, service advisor," ujarnya.

Head of Human Resource Division PT Astra Honda Motor Lucas Prana Sunarja menambahkan porsi lulusan SMK di perusahaannya cukup besar.

"Sampai saat data jelasnya belum terukur, tetapi dari 5.000-6.000 orang kita rekrut setiap tahun, saya lihat 1.000 itu dari SMK," ujarnya.
(ddn/lth)

Produksi Motor Klasik Kawasaki Ini Harus Berakhir

Produksi Motor Klasik Kawasaki Ini Harus BerakhirLondon - Kawasaki mengumumkan akhir produksi dari Kawasaki W800. Pabrikan asal Jepang itu menandainya dengan meluncurkan W900 Final edition (edisi terakhir) di Eropa.

Seperti diberitakan laman Motorcycle, Kamis (2/6/2016), motor itu harus berakhir produksinya karena standar emisi Euro4 yang baru diterapkan.

"Tidak mudah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sahabat lama, terutama yang ikonik seperti W800 ini. Memberikan penghormatan kepada seri W dengan edisi terakhir ini merupakan akhir yang benar-benar pas untuk lineup seri ini," kata Direktur Perencanaan Perusahaan Kawasaki Motor Eropa, Morihiro Ikoma.

Kawasaki W800 Final Edition ini akan tersedia dalam jumlah terbatas untuk konsumen Eropa. Motor ini hadir dengan warna Candy Brown dan Candy Sunset Orange.

Motor ini menggunakan mesin silinder kembar berpendingin udara dengan kubikasi 773 cc. Mesin itu hadir dengan konfigurasi crankshaft 360 derajat dan bevel gear-driven camshaft.

Mesin dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan. Tenaga dari mesin itu bisa mencapai 47 daya kuda dengan torsi 60 Nm.

Motor ini dilengkapi dengan knalpot peashooter, pelek jari-jari, jok berpola dan fender baja berlapis krom. Secara keseluruhan, motor ini masih menampilkan gaya retro.

Garpu depan menggunakan telescopic 39mm. Sementara suspensi belakang terdapat dua peredam kejut dengan five-way preload adjustment suspend. Untuk urusan pengereman, rem depan memanfaatkan rem twin piston kaliper dengan piringan 300 mm dan di belakang dengan piringan 160 mm.

W800 mengakhiri lineup seri W dari Kawasaki. Meski begitu, Kawasaki diperkirakan bakal tetap menawa rkan motor-motor retro lainnya. Pabrikan asal Jepang itu telah mengajukan nama paten Z900RS yang dipercaya menjadi nama motor retro terbarunya.
(rgr/lth)

Goodbye Kawasaki W800

Goodbye Kawasaki W800 London - Kawasaki mengumumkan akhir produksi dari Kawasaki W800.

Keterangan Foto :
Pabrikan asal Jepang itu menandainya dengan meluncurkan W900 Final edition (edisi terakhir) di Eropa.

Mau Mudik? Siapkan 2 Hal Ini

Mau Mudik? Siapkan 2 Hal IniJakarta - Ritual mudik sudah pasti tidak asing untuk sebagian Otolovers. Meski demikian, persiapan matang menjadi hal penting sebelum melakukan perjalanan.

Nah, kali ini Suzuki coba berbagi persiapan apa yang harus dilakukan, agar perjalanan mudik Otolovers makin nyaman, aman, dan pastinya selamat sampai kampung halaman.

Seperti yang disampaikan Riecky Patrayuda selaku Assistant to Service Departement Head, yang menyampaikan beberapa tips untuk persiapan perjalanan mudik.

Riecky menyampaikan ada dua hal penting yang harus diperhatikan dengan baik, yang pertama yaitu fisik dan emosi.

"Yang pertama itu fisik harus dijaga, ketika dalam keadaan berkendara biasa akan sangat berbeda 180 derajat dengan ketika kita mudik. Dan yang kedua adalah emosi, kalau orang lagi bulan puasa itu biasanya lebih emosian gampang marah," ujar Riecky.

Sedangkan untuk masalah kendaraan Riecky juga menjelaskan bahwa yang paling penting adalah melakukan perawatan yang rutin, pengecekan awal dan pengecakan akhir.

"Kalau untuk mobil sebenarnya tidak perlu banyak yang di persiapkan kalau dilakukan perawatan secara rutin. Kami menjamin tidak banyak yang harus di persiapakan, pengecekan awal sebelum keberangkatan dan lakukan pengecekan ulang setelah selesai mudik agar ketika mau dipakai lagi kendaraan tetap dalam kondisi siap dan baik-baik saja," tambah Riecky
(lth/ddn)

2 Pendiri Google Merasa Kecewa Saat Mencicipi Tesla

2 Pendiri Google Merasa Kecewa Saat Mencicipi TeslaCalifornia - Bukannya terkesima atau takjub saat melakukan test drive pada mobil listrik Tesla, dua pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin malah dibuat kecewa. Apa sebabnya?

Saat melakukan mencicipi mobil Tesla Larry dan Sergey merasa tidak senang. Bagaimana tidak, mobil Tesla yang dikendarai dirinya hanya mampu menempuh kecepatan 16 kilometer per jam.

Hasil mengecewakan ini pun membuat bos Tesla Elon Musk ikut angkat bicara.

Dalam penjelasannya, Elon mengatakan terdapat beberapa masalah pada sistem di mobil yang menyebabkan mobil listrik otomatis ini tidak dapat melesat dengan cepat sesuai harapan dua bos Google itu.

"Saya ingat beberapa hari lal u saat memberikan Larry Page dan Sergey Brin uji coba, mereka adalah orang yang saya kenal sejak lama. Nampaknya ada kerusakan pada sistem dan mobil hanya mampu melaju 16 kilometer per jam. Saat itu saya ingin mengatakan bahwa saya berjanji kepada kalian mobil ini bisa lebih cepat," kata Elon Musk yang dikutip dari Business Insider, Rabu (1/6/2016).

Wajar rasanya jika dua orang ternama ini merasa kecewa. Karena hingga saat ini Google telah berinvestasi untuk pengembangan mobil Tesla. Meski demikian, Google mengatakan tidak menarik investasi mereka meskipun mendapat hasil uji coba yang jauh dari harapan.

"Mereka melakukan investasi kecil untuk perusahaan (Tesla) meskipun demonstrasi yang tadi adalah paling buruk di dunia," tutur Elon.
(nkn/lth)

KIA Jadi Kendaraan Resmi UEFA EURO 2016

KIA Jadi Kendaraan Resmi UEFA EURO 2016Paris - Ingin ikut meramaikan ajang EUFA UERO 2016, KIA memastikan dirinya menjadi kendaraan operasional lebaran sepak bola Eropa UEFA EURO 2016.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (2/6/2016), pabrikan otomotif Korea Selatan Kia Motors Corporation, menjadi partner otomotif resmi turnamen UEFA EURO 2016.

Kerjasama KIA dengan UEFA (Union of European Football Association) kali ini ditandai dengan serah terima kendaraan dilakukan hari ini di stadion Saint-Denis di Perancis, menjelang akan dimulainya turnamen UEFA Euro 2016 ™ pada tanggal 10 Juni. Lebih dari 80 delegasi dari Hyundai-Kia Motors dan UEFA mengambil bagian dalam upacara penyerahan kendaraan di Saint-Denis ini.

Sebagai sponsor resmi turnamen empat tahunan ini, Kia Motors telah menyediakan 447 kendaraan sebagai transportasi tim sepak bola, wasit, panitia, para delegasi dan tamu VIP selama UEFA Euro 2016™. Diantaranya kendaraan crossover Sportage, sedan Optima, SUV Sorento, MPV Compact Carens, crossover Soul Urban dan kendaraan eksklusif Eropa untuk keluarga Cee'd.

Selain armada transportasi resmi, Kia juga telah meluncurkan 'Kia Roadside Assistance Team', yang memberi dukungan 24/7 selama UEFA Euro 2016™. Yaitu Kia akan menyediakan berbagai layanan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang dari semua kendaraannya.

"Berkat kerjasama dengan Kia Motors sejak 2008, Kejuaraan UEFA Eropa terus bertumbuh dan menjadi salah satu acara olahraga terbesar di dunia. Kami benar-benar berterima kasih atas dukungan dari mereka," ujar Marketing Director UEFA Events SA, Guy-Laurent Epstein.

"Sama seperti kami, Kia Motors selalu berusaha melakukan yang terbaik. Ini terbukti dengan adanya kendaraan yang mereka sediakan sangat baik, dan mereka juga memastikan operasional serta mobilitas berjalan dengan lancar. Dengan mempertahankan dukungan mereka terhadap Kejuaraan UEFA Eropa, kami berharap dapat membantu meningkatkan penjualan Kia dan meningkatkan brand value mereka," tambahnya.

Yong-Won (Bryan) Cho, Vice President of the Overseas Marketing Group Kia Motors Corporation berpendapat, Kejuaraan Eropa UEFA adalah salah satu turnamen sepak bola terbesar di dunia dan diikuti oleh juta-an penggemar.
"Semua orang di Kia sangat antusias untuk terlibat dalam acara olahraga populer yang membantu membawa orang-orang di seluruh dunia lebih dekat dengan merek Kia dan memahami nilai-nilai kami sebagai pabrikan mobil berkualitas bagi yang berjiwa muda," katanya.

Untuk memperkuat UEFA Euro 2016™, Kia akan mengumumkan serangkaian acara dan akitivitas untuk melibatkan masyarakat dengan tim dan negar a favorit mereka sepanjang turnamen. Informasi lebih lanjut mengenai Kia Motors dan rencana untuk UEFA Euro 2016™, kunjungi www.kia.com.
(lth/ddn)