Thursday, April 16, 2015

EcoSAVE Nama Zat Aditif di Pertalite

EcoSAVE Nama Zat Aditif di PertaliteJakarta - PT Pertamina (Persero) secara bertahap akan mengganti keberadaan bensin Premium di SPBU, dengan bensin jenis baru. Pada produk bensin baru itu, terdapat zat khusus yang tidak ada pada Premium. Apa itu?

"Dalam bensin jenis baru tersebut ada tambahan aditif yang tidak ada pada bensin premium, yakni EcoSAVE," ungkap Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, kepada detikFinance, Jumat (17/4/2015).

Bambang mengatakan, EcoSAVE tersebut merupakan salah satu keunggulan dari bensin jenis baru yang kabarnya bernama Pertalite tersebut. Fungsinya, agar membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar, dan jarak tempuh lebih jauh dibandingkan dengan Premium.

"EcoSAVE ini adalah zat kimia dengan konsentrasi tertentu sebagai tambahan agar pembakaran lebih bersih, lebih ramah lingkungan, lebih halus, dan lebih hemat, sehingga dapat melaju lebih jauh," jelas Bambang.

Ia menambahkan, zat aditif EcoSAVE ini sebenarnya bukan barang baru, zat ini sudah dicampurkan untuk setiap produk Pertamax RON 92 dan Pertamax Plus RON 95, sampai Pertamina Racing.

"Ada di Pertamax, tapi kan RON-nya beda-beda," tutupnya.



(rrd/lth)

Di Inggris, Sedan Jaguar XE Dibanderol Rp 516 Jutaan

Di Inggris, Sedan Jaguar XE Dibanderol Rp 516 JutaanLondon - Jaguar telah memulai produksi massal dari salah satu mobil sedan termurahnya, Jaguar XE. Kini, harga Jaguar XE telah diumumkan, tetapi baru dalam versi lokalnya di Inggris.

Seperti dilansir Inautonews, Jumat (16/4/2015), Jaguar telah mulai meproduksi XE di pabrik Solihull baru-baru ini. XE merupakan mobil pertama Jaguar yang diproduksi di Solihull.

Harga termurah dari Jaguar XE di pasar lokalnya, Inggris, mulai dari 26.995 pundsterling atau sekitar Rp 516 jutaan. Dengan harga sebesar itu, Jaguar XE siap menghadang Mercedes-Benz C-Class, BMW 3-Series dan Audi A4.

Dikabarkan, Jaguar XE akan memiliki banyak inovasi teknis. Sedan anyar Jaguar ini memiliki material, bodi dan sasis terbaru.

Sekilas, tampilan XE sangat mirip dengan XF, Tapi ingat, Jaguar XE lebih kecil dan memiliki resep yang sempurna untukl menjadi best-seller di segmennya. Artinya, sedan ini memiliki sistem rear-wheel drive, gaya bodi empat pintu dan lencana Jaguar di bodinya.

Jaguar XE ditawarkan beberapa pilihan mesin. Pertama, ada mesin Ingenium 2.0 liter empat silinder yang mampu memproduksi tenaga hingga 163 HP dengan torsi 380 Nm. Mesin yang sama juga ditawarkan dengan pilihan tenaga yang lebih besar hingga 180 HP dengan torsi 430 Nm.

Selanjutnya, ada mesin turbocharged petrol burner 2.0 liter empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 200 HP dengan torsi 280 Nm. Sedan Jaguar XE juga ditawarkan dengan versi yang lebih kuat dengan tenaga 240 HP dan torsi 340 Nm. Versi range-topping ditawarkan dengan mesin V6 3.0 liter dengan tenaga 340 HP dan torsi 450 Nm.

Rumor mengatakan, Jaguar XE SVR versi paling tinggi juga akan segera lahir. Model ini akan menyaingi BMW M3, Mercedes-Benz C63 AMG dan Audi RS 4.


(rgr/ady)

VW Scirocco GTS Paling Sangar

VW Scirocco GTS Paling Sangar Jakarta - Kabar baik bagi Anda pecinta mobil merek Volkswagen (VW). Di gelaran Shanghai Auto Show 2015 ini, VW resmi meluncurkan Scirocco facelift yang memiliki sejumlah perubahan terutama dari segi tenaga yang makin dahsyat.


Keterangan Foto :
Scirocco facelift ini tenaganya telah ditambah 10 PS (kW) sehingga dengan mesin bensin 2.0-liter turbocharged kini tenaganya menjadi 220 PS (162 kW). Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan opsional 6 percepatan DSG. Istimewa/VW.

Daihatsu: Sirion Sudah Kembali Normal

Daihatsu: Sirion Sudah Kembali NormalDenpasar - Seperti halnya 'kakaknya' yakni Terios yang mulai mencetak angka penjualan cukup tinggi, Daihatsu juga menyebutkan angka penjualan mobil perkotaan Sirion sudah mulai naik.

Mobil mengalami facelift sebelum Terios, yakni tepat pada pertengahan Februari.

"Sirion mulai naik ke level normal 8 persen, ini membuat Sirion well accepted, per bulan lalu 275 unit," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra kepada wartawan di Menjangan Resort, Jalan Raya Gilimanuk, Singaraja, Buleleng, Bali, Kamis (16/4/2015) malam.

"Satu-satunya yang persentasinya lonjak tinggi ya Sirion," imbuh Amelia.

Daihatsu mengakui ada keterlambatan pengiriman mobil dikarenakan masalah pendaftaran uji tipe (Form A) mobil di pemerintah. Hal ini dialami oleh semua pabrikan mobil di tanah air, beberapa waktu lalu Mitsubishi pernah mengungkapkan hal yang sama pada mobil Delica-nya.

"Form A itu butuh 21 hari, begitu form A oke butuh 21 hari jadi agak sedikit terlambat," ujar Executive Coordinator Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor Rokky Irvayandi.


(ddn/ady)

EcoSAVE Nama Zat Adiktif di Pertalite

EcoSAVE Nama Zat Adiktif di PertaliteJakarta - PT Pertamina (Persero) secara bertahap akan mengganti keberadaan bensin Premium di SPBU, dengan bensin jenis baru. Pada produk bensin baru itu, terdapat zat khusus yang tidak ada pada Premium. Apa itu?

"Dalam bensin jenis baru tersebut ada tambahan aditif yang tidak ada pada bensin premium, yakni EcoSAVE," ungkap Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, kepada detikFinance, Jumat (17/4/2015).

Bambang mengatakan, EcoSAVE tersebut merupakan salah satu keunggulan dari bensin jenis baru yang kabarnya bernama Pertalite tersebut. Fungsinya, agar membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar, dan jarak tempuh lebih jauh dibandingkan dengan Premium.

"EcoSAVE ini adalah zat kimia dengan konsentrasi tertentu sebagai tambahan agar pembakaran lebih bersih, lebih ramah lingkungan, lebih halus, dan lebih hemat, sehingga dapat melaju lebih jauh," jelas Bambang.

Ia menambahkan, zat aditif EcoSAVE ini sebenarnya bukan barang baru, zat ini sudah dicampurkan untuk setiap produk Pertamax RON 92 dan Pertamax Plus RON 95, sampai Pertamina Racing.

"Ada di Pertamax, tapi kan RON-nya beda-beda," tutupnya.


(rrd/lth)

Suzuki Janji, Celerio Akan Tetap Hadir di Indonesia

Suzuki Janji, Celerio Akan Tetap Hadir di IndonesiaJakarta - Suzuki menunda untuk meluncurkan produk barunya di awal tahun ini. Ya, produk yang ditunda itu adalah Celerio. Tapi jangan khawatir, Suzuki sudah menegaskan kalau Celerio akan tetap hadir di pasar otomotif Indonesia.

Kabar menggemberikan ini tersirat dari pernyataan 4W Deputy Managing Director PT SIS, Davy J Tuilan.

"Celerio? Tetap jalan dan tunggu undangan dari kita," kata singkat Davy.

Sayangnya, Davy masih menutup rapat-rapat informasi kapan lahirnya Celerio. "Kita belum bisa kasih informasi dulu kapan akan hadir di Indonesia. Tunggu saja ya." tambah Davy.

Sebelumnya Davy pernah menuturkan diler Suzuki menginginkan harga Celerio di bawah harga Splash di atas Karimun. Dan jika Celerio diproduksi di Indonesia, harganya pun akan lebih murah.

Meski harganya diperkirakan akan lebih murah dibanding Splash, Suzuki Celerio tidak akan membuat penjualan Splash tergerus. Davy memastikan, pihaknya akan tetap memproduksi dan menjual Splash meski nantinya ada Celerio.


(lth/ady)

VW Scirocco GTS Terbaru Punya Tenaga Dahsyat

VW Scirocco GTS Terbaru Punya Tenaga DahsyatShanghai - Kabar baik bagi Anda pecinta mobil merek Volkswagen (VW). Di gelaran Shanghai Auto Show 2015 ini, VW resmi meluncurkan Scirocco facelift yang memiliki sejumlah perubahan terutama dari segi tenaga yang makin dahsyat.

Dalam keterangan resminya, Jumat (17/4/2015) Scirocco facelift ini tenaganya telah ditambah 10 PS (kW) sehingga dengan mesin bensin 2.0-liter turbocharged kini tenaganya menjadi 220 PS (162 kW).

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan opsional 6 percepatan DSG.

Selain mendapatkan tenaga yang lebih dahsyat, Scirocco juga dilengkapi dengan pelek 18 inci dan oprionalnya 19 inci. Pelek tersebut cocok untuk menunjang tampilan Scirocco yang semakin sporty.

Pada interiornya, batang kemudinya mendapatkan jahitan warna merah dan hitam serta logo GTS. Berbagai fitur hiburan dan perangkat lainnya juga terlah diubah sehingga terlihat lebih ciamik.


(ady/lth)

Honda Sudah Jual HR-V Sebanyak 12.547 Unit

Honda Sudah Jual HR-V Sebanyak 12.547 UnitJakarta - Honda HR-V langsung diterima oleh masyarakat Indonesia. Buktinya sejak pertama kali diluncurkan Januari lalu, kini penjualannya sudah tembus 12.547 unit. Kontribusi terbesar adalah tipe 1.5-liter sebanyak 10.213 unit dan berhasil menjadi market leader di segmen LSUV.

Pada bulan Maret 2015 lalu, Honda HR-V mencatat penjualan sebesar 4.815 unit, meningkat dibanding penjualan sebelumnya yang tercatat sebanyak 3.885 unit. Sementara Honda HR-V 1.8 liter mencatat penjualan sebesar 800 unit, dengan total penjualan 2.329 unit di sepanjang tahun ini dan pangsa pasar sebesar 13% di segmen SUV.

"Honda HR-V kembali menyumbangkan penjualan tertinggi untuk Honda pada bulan Maret lalu dan terus menunjukkan angka penjualan yang baik di awal tahun ini. Kami percaya tren positif ini akan terus berlanjut mengingat angka pemesanan Honda HR-V yang saat ini telah mencapai lebih dari 20.000 unit," beber Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy dalam siaran pers, Jumat (17/4/2015).

Pencapaian Honda HR-V juga diikuti oleh beberapa produk Honda yang pada bulan Maret lalu mengalami peningkatan penjualan dan juga menjadi market leader di kelasnya masing-masing.

Honda Brio Satya mencatat penjualan sebesar 2.797 unit, meningkat dari penjualan di bulan sebelumnya yaitu 1.262 unit. Hingga saat ini Honda Brio Satya telah meraih total penjualan sebesar 7.133 unit di sepanjang tahun 2015 dengan pangsa pasar sebesar 14% di kelas LCGC.

Sementara New Honda Brio mencatat peningkatan penjualan dari 512 unit menjadi 1.174 unit di bulan Maret lalu. Dengan total penjualan 2.796 unit di sepanjang tahun 2015, New Honda Brio juga memimpin penjualan di segmen City Car dengan pangsa pasar 25%.

Honda Jazz mencatat penjualan sebesar 761 unit di bulan Maret lalu, dengan total penjualan sebesar 5.818 unit sepanjang tahun 2015 sekaligus memimpin penjualan di segmen Hatchback dengan pangsa pasar 45%. Honda CR-V mencatat penjualan sebesar 852 unit, dengan total penjualan sebesar 3.294 unit sepanjang tahun 2015 dan pangsa pasar 19% di segmen SUV.
Halaman 1 2 »

(ady/ady)

Seluruh Mobil Volvo di Masa Depan Bakal Usung Mesin Hybrid

Seluruh Mobil Volvo di Masa Depan Bakal Usung Mesin HybridJakarta - Volvo juga memastikan akan ikut meramaikan persaingan mobil hijau di industri otomotif dunia. Volvo pun memastikan seluruh modelnya di masa depan bakal menggendong mesin hybrid.

Dilansir leftlanenews, Jumat (17/4/2015), rencana besar Volvo ini bukan tanpa alasan. Volvo menilai permintaan hybrid kedepannya bakal lebih banyak. Volvo juga memastikan rencananya ini bakal terealisasi dalam 3 tahun kedepan.

"Kami memprediksi 3-5 persen penjualan kami bakal diambil XC90 T8 hybrid (model terbaru Volvo). Tapi hingga saat ini permintaan (XC90) lebih dari 20 persen. Dan kami tidak percaya itu," kata Managing Director Nick Connor.

Dikatakan kini Volvo pun tengah mempersiapkan 2 model hybrid terbaru. Termasuk S60L Twin Engine yang diperkenalkan di Shanghai, sedan ini bakal dibekali mesin 2.0 liter 4 silinder yang langsung dikawinkan dengan motor listrik yang bisa menggerakkan roda belakang.

Model ini bakal mampu menyemburkan 306 tenaga kuda dan memiliki torsi 405 lb-ft. Dengan tenaga listrik, sedan ini mampu berlari hingga 32 mil, dan bakal lebih baik dibandingkan dengan XC90.

Volvo juga diketahui tengah mempersiapkan model lainnya lagi untuk diubah menjadi mobil hybrid. Semuanya dipersiapkan sebelum dirinya benar-benar bermain di pasar mobil listrik.


(lth/ady)

Premium Diganti dengan BBM Lebih Mahal, Penjualan Motor Makin Melorot

Premium Diganti dengan BBM Lebih Mahal, Penjualan Motor Makin MelorotJakarta - Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) akan menghapus premium dan diganti dengan bahan bakar minyak (BBM) beroktan lebih tinggi secara bertahap mulai bulan depan. Penggantian premium dengan BBM baru berharga lebih mahal dikhawatirkan semakin menekan penjualan motor yang saat ini sudah melorot.

"Bisa jadi seperti itu (semakin menurun). Karena sekarang saja, dalam tiga bulan pertama pasar sudah melemah 19 persen. Mungkin (dengan adanya penggantian dengan BBM lebih mahal) akan lebih besar (penurunan) menjadi 20â€Â"25 persen," papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala dalam pesan singkatnya kepada detikOto, Kamis (16/4/2015) malam.

Menurut Sigit, salah satu faktor penyebab penurunan penjualan selama ini adalah daya beli masyarakat yang melemah. "Yang perlu diperhatikan (jika harga BBM pengganti premium mahal) adalah, dampaknya terhadap daya beli konsumen terhadap kebutuhan pokok, bukan terhadap sepeda motor (pembelian)," ucap Sigit.

BBM yang bakal menggantikan premium bisa dipastikan akan berharga lebih mahal ketimbang harga premium yang saat ini di Jakarta dan sekitarnya dibanderol Rp 7.300 â€Â" 7.400 per liter. Maklum tingkat oktan yang dikandungnya juga lebih tinggi.

Padahal, selama ini, dengan harga BBM yang naik turun, tak sedikit masyarakat yang terkena dampak. Daya beli mereka menurun. “Jadi, sekarang tinggal berapa harga yang akan dipatok untuk BBM baru nanti,” kata Sigit.

Dengan bertambah mahalnya harga BBM dan daya beli menurun, maka fokus calon konsumen adalah ke barang-barang kebutuhan pokok. Maklum, harga BBM memiliki dampak ikutan yang cukup besar, yakni kenaikan harga kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya akibat ongkos angkutan penumpang dan barang juga ikut merambat naik.

Akibatnya, hasrat masyarakat untuk membeli kebutuhan primer ataupun tersier harus diurungkan. “Ya itu tadi, masyarakat akan lebih fokus ke barang-barang kebutuhan primer,” ujarnya.

Pendapat senada juga diungkapkan General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya. Menurutnya, dengan dampak berganda dari harga BBM yang lebih mahal itu, anggaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok juga membengkak.

Namun, Thomas belum berani memperkirakan seberapa besar dampak dari kondisi seperti itu terhadap penjualan motor di Tanah Air. “Belum bisa diprediksi, kita lihat dulu berapa selisih harga BBM baru itu dengan premium. Jika lebih mahal Rp 1.000 lebih maka bisa berdampak signifikan. Karena daya beli menurun,” ucapnya.


(arf/ady)

ADM, Produsen Pertama yang Sanggup Produksi 4 Juta Mobil di Indonesia

ADM, Produsen Pertama yang Sanggup Produksi 4 Juta Mobil di IndonesiaDenpasar - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan mencetak angka produksi 4 juta mobil pada 7 Mei mendatang. ADM menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang sanggup melakukannya.

"Kita sudah dapat konfirmasi dari Gaikindo kita jadi APM pertama yang tembus 4 juta," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra kepada wartawan di Menjangan Resort, Jalan Raya Gilimanuk, Singaraja, Buleleng, Bali, Kamis (16/4/2015) malam.

Namun mobil apa yang akan menjadi mobil 4 juta Daihatsu masih dirahasiakan Amelia. "Nanti saja, kalau dikasih info sekarang, nanti enggak ramai beritanya," ujarnya sambil tertawa.

Untuk merayakannya, Presiden Direktur ADM Sudirman M. Rusdi yang juga Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sudah mendatangi Menteri Perindustrian Saleh Husin di Kementerian Perindustrian.

Ia mengundang sang menteri untuk perayaan produksi mobil yang ke 4 juta unit di Indonesia.

"Astra pada 7 Mei akan ada perayaan ADM produksi pencapaian yang ke 4 juta unit sejak berdiri tahun 1980an. Waktu itu kan kita mencapai 1 juta unit di tahun 2006," kata Sudirman di kantor Kemenperin, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (13/4/2015) lalu.

Sudirman mengatakan capaian produksi mobil Daihatsu makin cepat bahkan mencapai 2 juta unit dalam waktu singkat. "Bahkan dari 3 juta ke 4 juta unit dicapai hanya 2 tahun kurang. Makanya kami minta kesediaan beliau (Menperin) meresmikan," katanya.

Pada 2013 Daihatsu menyelesaikan pembangunan pabrik keempat telah selesai dan diresmikan pada bulan April. Dengan tambahan pabrik baru ini kapasitas produksi ADM naik dari 360.000 unit menjadi 480.000 unit per tahun, merupakan yang terbesar di Indonesia.

Pabrik perakitan baru yang berlokasi di Karawang tidak hanya menggunakan proses otomatisasi yang canggih namun juga dilengkapi dengan Pusat Rancang Bangun yang dibangun diatas lahan seluas 25 hektar, termasuk studio desain beserta test course untuk uji coba kendaraan pada lebih dari 20 jenis simulasi kondisi jalan ekstrim yang terdapat di tanah air.

"Produksi kami tahun lalu 515.000 unit, itu sudah meningkat ekspornya 15%. Sebelumnya kan cuma 14%," kata Sudirman.

(ddn/ady)

6 Pesohor Dunia dengan Mobil yang Sederhana

6 Pesohor Dunia dengan Mobil yang Sederhana Jakarta - Pasti Anda sudah tahu kalau pesohor dunia memiliki mobil yang mewah serta berharga mahal. Jangan salah, dari para pesohor dunia itu pun ada yang menggunakan mobil biasa atau sederhana untuk aktivitas sehari-harinya.

Tunggangannya sehari-hari para pesohor itu ada yang menggunakan mobil biasa atau yang tidak akan terpikirkan oleh Anda. Berikut ini daftar-daftar mobil yang menjadi kendaraan sehari-hari para pesohor dunia tersebut:

Ini Kelebihan BBM Oktan Tinggi Versi Yamaha

Ini Kelebihan BBM Oktan Tinggi Versi YamahaJakarta - Pemerintah berencana menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) premium yang beroktan 88 dan menggantinya dengan BBM baru bernama Pertalite yang beroktan lebih tinggi mulai Mei mendatang secara bertahap. BBM beroktan tinggi dinilai memeliki banyak kelebihan jika dibanding premium, meski harganya lebih mahal.

"Sekarang ini seluruh motor keluaran terbaru sudah cenderung berspesifikasi high compression. Artinya mengkonsumsi dengan oktan tinggi yang kompresinya besar," tutur General Manager After Sales & Motor Sport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Muhamad Abidin saat dihubungi detikOto di Jakarta, Kamis (16/4/2015) malam.

Menurutnya ada sejumlah kelebihan jika menggunakan BBM beroktan tinggi. Selain lebih irit juga menjadikan mesin lebih bersih. “Karena BBM beroktan tinggi lebih lambat meledak (seperti yang terjadi pada BBM oktan rendah). Sehingga pengapian lebih sempurna, ini yang menjadikan lebih irit,” kata Abidin.

Hanya berapa tingkat keiritan tersebut tergantung jenis motor yang digunakan. Bahkan, lanjut Abidin, penghapusan premium yang beroktan 88 dan diganti dengan BBM oktan lebih tinggi juga sejalan dengan ketentuan tentang emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah. “Di tahun 2015 ini, sudah mulai diwajibkan standar Euro 3, ini tentunya sangat pas,” ujarnya.

Selain itu, karena BBM beroktan tinggi umumnya disertai campuran yang bersifat deterjensi, maka akan menjadikan mesin lebih bersih. Soalnya, zat yang bersifat dterjensi itu membersihkan kerak karbon di mesin yang merupakan residu hasil pembakaran. Walhasil, biaya perawatan mesin pun lebih murah.

Semua kondisi itu, sebut Abidin, tak hanya terjadi pada motor sport yang mesinnya dirancang memiliki tingkat kompresi tinggi. Tetapi, juga terjadi di motor bebek maupun skutik. “ Jadi (penghapusan premium dan diganti BBM baru oktan tinggi) secara teknis sih oke. Tapi, dari sudut pandang ekonomi dan politik, saya tidak mengerti. Tidak paham. Tapi harusnya dilihat dari helicopter overview,” paparnya.


(arf/ady)

Kejar Peluncuran 2016, MINI Rajin Tes Countryman Teranyar

Kejar Peluncuran 2016, MINI Rajin Tes Countryman TeranyarNurburgring - Pabrikan mobil asal Inggris, MINI telah menetapkan rencana untuk meluncurkan generasi terbaru MINI Countryman pada 2016 mendatang. Meski terbilang masih cukup waktu, namun pabrikan ini intensif menguji mobil tersebut untuk memastikan produk itu benar-benar siap dijajakan.

Laporan yang dilansir Autocar, Jumat (17/4/2015) menyebut, tes yang dilakukan di sirkuit Nurburgring, Jerman, beberapa waktu lalu itu merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, MINI kepergok jurufoto, tengah melakukan uji Countryman generasi kedua itu di jalanan sejumlah kota dalam sesi tes musim dingin.

Dari sejumlah foto hasil jepretan jurufoto terlihat, seperti halnya MINI Clubman Estate, versi terbaru Countryman itu menggunakan platform yang lebih besar. Bahkan lebih besar ketimbang hatchback tiga atau lima pintu.

Diperkirakan mobil itu menggunakan platform UKL milik BMW. Seperti diketahui, platform ini telah digunakan oleh BMW Seri 2 Active Tourer.

Namun, Countryman anyar itu sedikit lebih lebar dan panjang dibanding model yang ada saat ini. Setidaknya itu terlihat dari overhang belakang yang pendek.

Untuk jantung mekanisnya, MINI masih mempercayai mesin generasi lawas, yakni mesin bensin dan diesel . Keduanya menggunakan tiga dan empat silinder.

Keduanya berpenggerak empat roda seperti yang digunakan oleh BMW Seri 2 Active Tourer dan kabarnya juga akan digunakan oleh BMW X1 terbaru, sesuai dengan platform UKL.

Sejumlah sumber menyebut, Countryman baru itu akan dibangun di pabrik BMW di Oxford, Inggris bukan di NedCar, Belanda, seperti yang diperkirakan semula. Pabrik NedCar di Belanda, sebelumnya telah memproduksi Volvo, Mitsubishi dan Smart Forfour, dan sejak musim panas 2014 lalu memproduksi model MINI.


(arf/ady)

Kencan Instan Bersama Ferrari California T

Kencan Instan Bersama Ferrari California T Jakarta - Sebuah cara pengenalan dan aktivasi merek Ferrari dilakukan oleh distributor Ferrari di Indonesia, Prestige Motocars, akhir pekan lalu. Sekitar 40 orang yang terdiri dari pemilik dan calon pembeli potensial Ferrari serta kalangan media diajak menjajal performa dan kenyamanan mobil asal Maranello, Italia, itu.

Di gelaran yang bertajuk Prestigeous Personal Test Drive, itu ada tiga model yang disuguhkan untuk dicoba. Ketiganya adalah, California T, F12 Berlinetta, dan Ferrari 458 Spider.

Kendati tak sedikit diantara mereka yang telah merasakan kenyamanan dan kedahsyatan performa mesin supercar itu, tapi toh tetap antusias mencoba. Dan detikOto pun sempat mencipipi Ferrari California T, meski hanya dua putaran yang sejauh sekitar 4 kilometer di Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara.

Hanya memang, tes dilakukan di tengah kondisi lalu lintas yang cukup padat dan waktunya pun relative singkat. Meski hanya sekejap, namun kesan mendalam telah tertancap di benak. Lantas bagaimana sejatinya performa mobil itu?

Bagaimana pula kelincahannya di tengah lalu lintas padat? Berikut ulasannya.

Ganti Tampang, Pemesanan Terios Naik 40 Persen

Ganti Tampang, Pemesanan Terios Naik 40 PersenJakarta - Taktik Daihatsu menyegarkan tampang Terios terbayar lunas. Setelah bulan Maret lalu Terios berganti tampang, angka pemesanan mulai naik, bahkan sampai 40 persen pada bulan April ini.

"Kita sekarang masih run off yang lama, bulan lalu kita masih gak besar untuk penjualan Terios, sekitar 1.000-an, enggak banyak. Tetapi bulan ini SPK naik 40 persen, jadi 1.400-an," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra kepada wartawan di Menjangan Resort, Jalan Raya Gilimanuk, Singaraja, Buleleng, Bali, Kamis (16/4/2015) malam.

Sudah puas di angka 1.400 Daihatsu? Pastinya belum, soalnya Daihatsu menargetkan bisa menjual 2.000 unit Terios per bulan.

"Kita genjot, kita inginnya seiring pertumbuhan ekonomi yang baik targetnya 2.000. Ujungnya kita harapkan bisa 2.000 per bulan," imbuh wanita yang hobi diving ini.

Terios yang hadir perdana lebih 8 tahun yang lalumengalami perubahan yang cukup di bagian eksterior dan interiornya.

New Terios tersedia dalam varian automatic dan manual dengan lima pilihan warna yaitu hitam, putih, silver, abu-abu, dan merah


(ddn/arf)

Ini Rendering Toyota Fortuner Model Terbaru

Ini Rendering Toyota Fortuner Model TerbaruNew Delhi - Toyota saat ini memang tengah menyiapkan Fortuner model terbaru. Kabar ini tercium setelah Fortuner teranyar banyak kejepret kamera saat sedang diuji di jalanan umum India dan Thailand.

Dilansir laman Indianautosblog, Jumat (17/4/2015) kali ini desainer Shoeb R Kalania membuat rendering Toyota Fortuner model terbaru. Rendering itu dibuat berdasarkan spyshot terbaru Fortuner yang ditemukan di Thailand.

Dari rendering itu, Fortuner model tahun 2016 itu dibuat lebih ramping dan memiliki tampilan yang lebih mewah. Lampu depan dibuat lebih kecil dan juga bemper yang dinamis serta lampu kabut yang dilapisi krom.

Desain peleknya menggunakan palang 12 sehingga terlihat lebih sporty dibandingkan model sebelumnya.

Nantinya, Fortuner itu akan menggunakan platform IMV yang juga menjadi basis dari Hilux dan Innova terbaru yang dijadwalkan meluncur semester kedua tahun ini.

Meski Toyota belum merilisnya, tapi banyak spekulasi menyebutkan Toyota akan menggunakan mesin diesel dan bensin baru. Soal efisiensi Bahan Bakar Minyak (BBM) juga akan lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.


(ady/ady)

'Hilangnya Bensin Premium Tidak Akan Berpengaruh'

Jakarta - Bensin Premium (RON 88) bulan depan akan berangsur hilang dan akan digantikan bensin RON 91-92 Pertalite. Meski demikian, PT Suzuki Indomobil Sales memprediksi, hal ini tidak akan berdampak kepada industri otomotif.

Hal itu disampaikan 4W Deputy Managing Director PT SIS, Davy J Tuilan, saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

"Ini (hilangnya Premium) tidak akan berefek apa-apa terhadap industri otomotif. Tapi ini akan bagus buat masa depannya (industri otomotif)," kata Davy.

Bahkan Davy percaya kebijakan pemerintah ini bisa membuat maju industri otomotif. "Ini (hilangnya bensin Premium) bisa memajukan industri otomotif," katanya.

"Ini bisa membuat mobil dalam kondisi yang baik, mesin akan lebih terawat, umur mesin akan lebih jauh," kata Davy mencotohkan.

Hmm, kira-kira berapa harga jual Pertalite ya, Otolovers? Tetap pantau detikOto ya.


(lth/rgr)

Aturan Baru Soal Perakitan, Ini Jawaban Ducati

Aturan Baru Soal Perakitan, Ini Jawaban DucatiJakarta - Pemerintah coba mengatur kembali soal perakitan mobil dan motor di Indonesia, melalui Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor: 34/M-IND/PER3/2015, Tentang Industri Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih dan Industri Sepeda Motor. Lalu bagaimana jawab Ducati Indonesia melihat peraturan terbaru ini ya?

Karena seperti diketahui bersama Ducati Indonesia sudah mencoba merakit beberapa model mereka di Indonesia. Sebut saja Ducati Ducati Monster 795, Monster 821, Monster 1200, dan Panigale 899.

"Kami belum bisa menjawab mengenai peraturan ini, karena peraturan ini masih baru (tengah dipelajari-Red)," ujar CEO Ducati Indonesia Iwan Gogo Panjaitan, kepada detikOto, Kamis (16/4/2015).

Meski demikian, Ducati masih menutup rapat informasi berapa banyak komponen yang didatangkan Ducati Indonesia untuk menjadikan 1 unit motor. "Mengenai peraturan ini, Kami masih 'Wait and See'," tambahnya.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, Ducati sudah melakukan perakitan motor-motor gedenya. Seperti Monster 795, Monster 1200 dan Panigale 899.

Bahkan Ducati Indonesia juga berencana untuk ikut merakit motor paling cantik di dunia saat ini Scrambler di Indonesia. Semoga dengan kebijakan terbaru dari pemerintah Indonesia ini, tidak mengganggu rencana besar Ducati di Indonesia ya.


(lth/ddn)

MV Agusta Kembangkan Motor Empat Silinder

MV Agusta Kembangkan Motor Empat SilinderJakarta - MV Agusta dikabarkan serius menggarap platform motor yang lebih besar. Diberitakan, pabrikan motor asal Italia itu sedang mengembangkan platform empat silinder terbaru yang akan menambah tenaga pada motor masa depan mereka.

Dilansir laman Bike Wale, Kamis (16/4/2015), produsen sepeda motor ikonik ini merasa telah kehabisan pasar untuk platform tiga silinder. MV Agusta Turismo Veloce 800 adalah motor sport terakhir dengan konfigurasi mesin tiga silinder dan yang terbarunya tertanam mesin empat silinder.

Sampai saat ini, MV Agusta masih menutup mulut soal model masa depannya. Tapi dikatakan, empat sepeda motor terbaru sedang disiapkan untuk tahun 2016.

Belum jelas apakah keempat model terbaru itu akan mendapatkan platform mesin empat silinder atau tidak. Tapi, di ajang EICMA 2015 nanti, kejelasan dari empat model terbaru MV Agusta akan terjawab.

Kemungkinan, MV Agusta akan menerapkan platform empat silinder di model seperti F3 kemudian diikuti model seperti Brutale 675. Tahap pengembangan terakhir bisa diterapkan di model touring yang akan dijual di paruh kedua tahun 2016.


(rgr/lth)

'Meski Berdampak Pada Penjualan, Premium Itu Sudah Waktunya Dihapus'

Jakarta - Bensin premium akan dihapus oleh Pertamina mulai bulan depan secara bertahap. Penggantinya adalah Pertalite yang memiliki RON 90-91. Menurut produsen mobil Honda, premium itu sudah seharusnya dihapuskan dari Indonesia.

"Memang sudah waktunya premium itu dihapus," tegas Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

Menurut Jonfis, meski ketika premium dihapus akan berdampak kepada penjualan mobil, tapi kedepannya masyarakat sudah terbiasa. Ketika peraturan itu dikeluarkan, masyarakat hanya perlu beradaptasi dan itu yang mempengaruhi terhadap penjualan mobil Honda.

"Awalnya mungkin akan terpengaruh, tapi akan ada penyesuaian kedepannya," lugasnya.

Jonfis yakin, kedepannya daya beli masyarakat akan kembali bergairah lagi. Karena,

"Ya mudah-mudahan semester kedua dengan perkiraan bangkitnya daya beli masyarakat penjualan akan normal lagi," pungkasnya.


(ady/lth)

Yamaha Harap Pengganti Premium Cocok untuk Motornya

Yamaha Harap Pengganti Premium Cocok untuk MotornyaJakarta - Mulai Mei 2015, PT Pertamina (Persero) akan menghapus Premium dengan kanrungan oktan (RON) 88 di SPBU secara bertahap. Badan usaha pertambangan minyak dan gas itu akan mengganti Premium dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan RON di atas Premium tapi di bawah Pertamax 92.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun berharap agar BBM pengganti Premium cocok untuk produk motornya. Asisten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur mengharapkan agar BBM pengganti Premium memiliki kualitas yang lebih baik.

"Harapannya dari segi teknikal mudah-mudahan kualitas pengganti Premium lebih baik," ucap Masykur saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

Masykur melanjutkan, pihaknya butuh mengetahui spesifikasi kandungan BBM baru pengganti Premium. Jangan sampai, kata Masykur, BBM baru itu tidak cocok untuk motor Yamaha yang sudah diproduksi.

"Kami harus tahu dulu spesifikasi BBM baru itu gimana. Jangan sampai spesifikasi BBM baru enggak bisa diaplikasikan di motor kami," ujarnya.

Menurutnya, bukan hanya kandungan oktan yang berpengaruh terhadap pembakaran di mesin sepeda motor. Tapi kualitas lainnya seperti penguapan, titik bakar dan sebagainya juga bisa berpengaruh terhadap kecocokan ke motor.

"Bukan hanya oktan yang berpengaruh. Kan ada kandungan lainnya. Penguapannya, titik bakarnya gimana dan sebagainya itu berpengaruh. Apakah cocok atau tidak di motor kami," katanya.


(rgr/lth)

Sepanjang Maret, BMW Merajai Penjualan Mobil Mewah Dunia

Sepanjang Maret, BMW Merajai Penjualan Mobil Mewah DuniaMunich - Laporan penjualan dari ketiga merek mobil mewah Jerman seperti BMW, Mercedes-Benz dan Audi sepanjang Maret 2015 telah rampung ditotalkan. Hasilnya bisa disimpulkan bahwa merek BMW lah yang menjadi raja penjualan mobil mewah di dunia, kemudian diikuti Audi dan Mercy.

Seperti dilansir Inautonews, Kamis (16/4/2015), BMW Group dengan didukung merek MINI dan Rolls-Royce tampaknya mampu untuk menjaga mahkotanya sebagai raja mobil mewah dunia. Padahal, Volkswagen Audi dan Daimler Mercedes-Benz telah bertekad untuk menyalip BMW akhir dekade atau bahkan lebih cepat.

Sepanjang Maret, BMW telah menjual 195.593 unit. Angka itu naik 5,1 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pengiriman di kuartal satu tahun ini juga memberikan kesan manis bagi BMW. Tiga bulan pertama tahun 2015, BMW telah menjual 451.576 mobil.

Di sisi lain, Mercedes-Benz tercatat telah mengirim 183.467 unit. Angka tersebut naik 16 persen dari periode yang sama tahun 2014. Jika ditotalkan dalam satu kuartal tahun 2015, Mercy telah menjual 429.602 unit.

Di posisi ketiga, Audi membuntuti BMW dan Mercy dengan angka penjualan 177.950 unit, naik 4,4 persen. Namun, total penjualan pada kuartal pertama tahun ini (Januari hingga Maret), Audi sukses membukukan penjualan 438.250 unit, lebih unggul dibandingkan Mercy.

Pertarungan ketiga merek mewah ini diprediksi terus berlanjut bahkan semakin sengit. Ketiga pabrikan mobil itu butuh keseimbangan untuk meningkatkan penjualan dan menjaga margin laba yang sama tinggi.


(rgr/ady)

Daya Beli Masyarakat Berkurang, Apa Tindakan Yamaha?

Daya Beli Masyarakat Berkurang, Apa Tindakan Yamaha?Jakarta - Penggantian bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dengan kandungan oktan (RON) 88 ke BBM yang memiliki RON lebih tinggi bisa berdampak ke daya beli masyarakat terhadap produk otomotif. Sebab, harga BBM pengganti akan lebih mahal dibandingkan Premium yang berpengaruh terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat.

"Daya beli masyarakat bisa turun lagi (akibat penghapusan Premium-Red). Sekarang udah turun malah makin turun lagi," ucap Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur kepada detikOto melalui sambungan telepon, Kamis (16/4/2015).

Dampak itu pun dianggap sebagai hukum alam. Makanya, pabrikan otomotif seperti Yamaha tidak punya pilihan untuk menerima kenyataan itu.

"Kita enggak bisa bertindak. Itu kan sudah hukum alamnya begitu. Kalau pemerintah naikin harga BBM, orang akan lebih milih penuhin kebutuhan hidupnya," kata Masykur.

Meski begitu, Yamaha tetap berusaha menggaet konsumennya akibat daya beli masyarakat yang kian berkurang. Tapi sampai saat ini, kata Masykur, pihaknya masih belum mendiskusikan strategi apa yang akan dilakukan untuk menarik konsumen.

"Kita pasti akan lakukan gimana caranya biar narik konsumen. Tapi sampai saat ini kita belum diskusikan strategi kita seperti apa, karena kan beritanya juga baru keluar hari ini," tutur Masykur.

Meski belum didiskusikan terkait strateginya, kemungkinan besar strategi Yamaha untuk menarik konsumen adalah memberikan diskon. "Ya, mungkin salah satunya itu (memberi diskon-Red)," ucap Masykur.


(rgr/ady)

Secara Teknologi Tak Ada Masalah, Cuma Bagaimana Daya Beli ?

Secara Teknologi Tak Ada Masalah, Cuma Bagaimana Daya Beli ?Jakarta - Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) bakal menghapus premium dan diganti dengan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan yang lebih tinggi dari premium tetapi di bawah pertamax. Namun, bagi PT Astra Honda Motor (PT AHM), pergantian dari BBM oktan rendah ke oktan tinggi atau sebaliknya, secara teknologi tak bermasalah bagi motor produksi Honda.

“Sejak awal, motor-motor Honda itu dirancang untuk bisa mengkonsumsi BBM dengan oktan atau RON 88 dan oktan yang lebih tinggi. Jadi, secara teknologi tidak ada masalah baik menggunakan premium atau yang lebih tinggi,” papar General Manager Sales Division PT AHM, Thomas Wijaya, saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Bahkan, lanjut, Thomas, semakin tinggi kandungan oktan di dalam BBM yang digunakan maka akan semakin bagus bagus mesin motor Honda. Soalnya, proses pembakaran yang berlangsung di mesin akan berlangsung lebih sempurna.

“Patokannnya hanya satu, kalau teknologi motor Honda, jangan banyak timbale di BBM. Itu saja,” ucapnya.

Meski tidak berpengaruh secara teknologi, namun penghapusan premium dan diganti dengan BBM beroktan lebih tinggi, akan berdampak pada harga. Maklum, semakin tingginya oktan harga pun juga bisa dipastikan ikut terkerek.

“Nah sekarang berapa dulu harga yang akan dipatok oleh pemerintah. Jika Rp 1.000 atau lebih selisihnya dari harga premium sekarang, itu sudah di ambang batas psikilogis konsumen,. Artinya secara teknologi tak masalah, tapi bagaimana dengan daya beli,” ucap Thomas.

Jika seperti itu, maka konsumen akan memilih menunda atau membatlkan hasratnya untuk membeli motor. Soalnya, dengan semakin mahalnya harga BBM maka ongkos angkutan penumpang, barang, juga akan ikut naik. Walhasil, harga kebutuhan pokok pun ikut merambat naik.

“Jadi multiplier effect-nya di situ. Harga naik, inflasi naik, dan harga barang kebutuhan juga semakin mahal. Orang akan memilih mengutamakan kebutuhan pokok,” imbuh Thomas.



(arf/ady)

Suzuki: Hilangnya Premium Itu Bagus untuk Kedepannya

Suzuki: Hilangnya Premium Itu Bagus untuk KedepannyaJakarta - Pertamina berencana menghilangkan bahan bakar Premium RON 88 bulan depan, dan akan menggantinya dengan RON 90 atau 91 yang disapa Pertalite. Suzuki pun mobil menyambut positif langkah yang dilakukan oleh Pertamina ini.

Seperti yang disampaikan 4W Deputy Managing Director PT SIS, Davy J Tuilan, saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

"Hilangnya Premium (RON 88)? Itu Bagus buat kedepannya (untuk masa mendatang-Red). Dengan program ini, income Pertamina ini bisa lebih besar, sehingga bisa menabung lebih besar, dan ini bisa menggerakkan perekonomian. Seperti langkah BBM yang kemarin, bisa di saving untuk pembangunan," kata Davy.

Davy juga menjelaskan, akan banyak dampak positif dengan digantinya Premium (RON 88) dengan Pertalite (RON 9O/91).

"Berarti orang sudah mulai belajar dengan kebijakan Pertamax kemarin. Terlebih harga yang ditawarkan lebih murah (dibandingkan Pertamax-Red)," tambahnya.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya pengusaha SPBU yang diwakili Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi. Sudah mengetahui rencana PT Pertamina (Persero) menghapus bensin premium secara bertahap, dan menggantinya dengan bensin baru yang Pertalite.

Dirinya juga mengatakan bahan bakar ini bisa menjadi solusi baru yang membuat tarikan mesin ringan. Sesuai dengan namanya lite-kan ringan, dan menurutDireksi Pertamina, Pertalite ini kualitasnya lebih bagus, tarikan mesin lebih ringan, lebih bersih, dan lebih murah daripada Pertamax RON 92.Suzuki: Hilangnya Premium Itu Bagus Buat Kedepannya
Halaman 1 2 »

(lth/ady)

Yamaha: Masyarakat Lebih Pikirkan Perut Ketimbang Beli Motor

Yamaha: Masyarakat Lebih Pikirkan Perut Ketimbang Beli MotorJakarta - PT Pertamina (Persero) mengeluarkan kebijakan baru soal penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium yang memiliki kandungan oktan (RON) 88. Sebagai gantinya, Pertamina telah menyiapkan bensin khusus dengan RON di atas Premium dan di bawah Pertamax 92. Kebijakan itu akan berdampak pada harga BBM termurah yang ada di Indonesia.

Saat ini, harga BBM termurah ada pada Premium yang dibanderol Rp 7.300 di Jakarta dan sekitarnya. Dikatakan Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, harga pengganti Premium akan sedikit lebih mahal. Tapi, harga itu tetap di bawah harga Pertamax 92.

Perbedaan harga pengganti Premium itu secara tidak langsung bisa berdampak pada konsumen sepeda motor. Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur menjelaskan, kondisi ini sama seperti kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM beberapa waktu lalu.

Menurut Masykur, harga BBM ini akan berdampak ke kebutuhan hidup masyarakatnya. Jadi, masyarakat yang ingin membeli motor kemungkinan lebih memikirkan kebutuhan hidupnya dulu. Jika sudah tercukupi, mereka baru memutuskan untuk membeli motor.

"Kembali lagi, harga BBM tidak berdampak langsung orang enggak beli motor. Tapi kan kalau harga BBM naik, barang-barang pokok juga ikut naik. Makanya, konsumen lebih memilih penuhin dulu kebutuhan hidupnya, baru beli motor," kata Masykur saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

Masykur menyimpulkan, dengan penggantian BBM jenis Premium ke BBM baru ini bisa berdampak ke daya beli masyarakat. Sebab, masyarakat Indonesia lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pokoknya ketimbang membeli motor yang menjadi kebutuhan sekunder.

"Daya beli masyarakat bisa turun lagi. Sekarang udah turun malah makin turun lagi," ucap Masykur.


(rgr/ady)

Premium Dihapus, Ini Dia Nama Bensin Baru Penggantinya

Premium Dihapus, Ini Dia Nama Bensin Baru PenggantinyaJakarta - Pengusaha SPBU sudah mengetahui rencana PT Pertamina (Persero) menghapus bensin premium secara bertahap, dan menggantinya dengan bensin baru yang kualitasnya lebih baik. Apa nama bensin baru itu?

"Pertamina Pusat sudah bicara ke kita, dan pada prinsipnya kita dukung penuh jenis bensin baru pengganti premium," kata Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi kepada detikFinance, Kamis (16/4/2015).

Eri mengungkapkan, nama baru bensin pengganti premium adalah Pertalite.

"Namanya Pertalite. Mungkin maksudnya bahan bakar yang membuat tarikan mesin ringan, lite-kan ringan. Karena kata Direksi Pertamina, Pertalite ini kualitasnya lebih bagus, tarikan mesin lebih ringan, lebih bersih, dan lebih murah daripada Pertamax RON 92," ungkap Eri.

"Warna logonya gold alias emas, tapi saya nggak tahu apa nanti berubah lagi apa tidak, soalnya kan belum diluncurkan Pertamina," tambahnya.

Namun kata Eri, dirinya belum tahu apakah nantinya fee atau komisi bagi pengusaha SPBU naik tidak ketika penjualan Pertalite dimulai.

"Nah itu kita belum ngomong lagi sama Pertamina, fee-nya beda atau tidak, premium dan pertamax kan fee-nya beda, nah kalau Pertalite ini kita belum bicara berapa fee-nya," tutup Eri.


(rrd/ady)

Toyota: Masyarakat Sudah Biasa Harga BBM Naik-Turun

Toyota: Masyarakat Sudah Biasa Harga BBM Naik-TurunJakarta - Bulan depan Pertamina akan menghapus bensin jenis premium dan menggantikannya dengan RON yang lebih tinggi tapi tetap di bawah pertamax. Meski harga jenis BBM baru belum diketahui, tapi dipastikan akan lebih mahal ketimbang premium, sebab RON-nya akan lebih tinggi.

Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, jika kebijakan itu sudah berlangsung bulan depan maka dampak terhadap penjualan mobil Toyota dirasa akan kecil. Karena, sekarang ini masyarakat sudah terbiasa dengan naik-turunnya harga BBM.

"kalau bicara harga bahan bakar selama ini sudah naik turun. Saya melihat untuk saat ini selama itu tidak fluktuasinya terlalu besar, mungkin pengaruh ke jualan mobil relatif kecil," kata Samulo saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

Menurut Samulo, belakangan ini masyarakat sudah mengerti harga bahan bakar itu bisa naik turun karena terpengaruh dari harga minyak dunia. Selama ini, naik-turunnya BBM juga dirasa pengaruhnya tidak terlalu signifikan.

"Saya melihat ini terlepas dari kebijakan Pertamina, kalau jualan mobil dikaitkan dengan harga bakan bakar selama fluktuasinya tidak besar, pengaruhnya itu sangat kecil," tuntasnya.



(ady/ady)

Mei, Permintaan Mobkas Diperkirakan Naik 30 Sampai 40 Persen

Mei, Permintaan Mobkas Diperkirakan Naik 30 Sampai 40 PersenJakarta - Meski tak sebesar penurunan di pasar mobil baru, permintaan mobil bekas di Jakarta dan sekitarnya juga mengalami penurunan karena berbagai penyebab. Namun, permintaan mobil seken itu diyakini bakal kembali naik 30-40 persen mulai Mei nanti dikarenakan adanya persiapan lebaran.

"Lebaran memang baru pertengahan Juli, namun dari pengalaman beberapa tahun sebelumnya, permintaan mobil bekas mulai meningkat itu tiga hingga dua bulan sebelumnya. Artinya, kalau sekarang ya Mei nanti,” tutur Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Menurutnya, kenaikan permintaan yang diperkirakan mulai melonjak pada Mei nanti itu, dipicu oleh permintaan pedagang mobil bekas dari daerah. Selama ini, kata Herjanto, mobil-mobil bekas yang dijajakan oleh pedagang di WTC Mangga Dua, 20 â€Â" 30 persennya dibeli oleh para pedagang dari daerah.

"Mereka umumnya berasal dari daerah di Jawa dan sebagian dari Sumatera," ucapnya.

Dia menyebut, para pedagang dari luar Jakarta banyak yang mengincar mobil bekas asal Jakarta dan sekitarnya, karena sebagian besar tergolong masih berusia muda. "Umumnya berusia 3- 6 tahun. Memang ada yang lebih dari itu, tapi di WTC jarang," kata dia.

Banyaknya mobil yang masih terbilang baru di pasar mobkas di Jakarta dan sekitarnya, karena banyak pemilik mobil di wilayah ini yang cepat berganti model. "Lima tahun mereka ganti, atau bahkan kurang dari itu. Ini selain karena bunga yang kecil, yakni 4 persen, juga selera yang tinggi. Apalagi sekarang, banyak diskon,” jelas Herjanto.

Sepanjang kuartal pertama, atau Januari hingga Maret lalu penjualan mobil bekas di Jakarta dan sekitarnya menurun dibanding tahun sebelumnya. Namun penurunan itu tak sebesar penurunan di pasar mobil baru. “Di WTC penurunan penjualan mencapai 400 unit,” kata Herjanto.

Penurunan juga dialami oleh pedagang dengan showroom di luar WTC alias milik pribadi. Di showroom Edwin Mobilindo, Tambun Bekasi, milik Edi Winarno misalnya. “Penurunan rata-rata sejak akhir tahun mencapai 20 â€Â" 30 persen, karena daya beli masyarakat melemah,” kata Winarno saat dihubungi.


(arf/ady)

Bensin Premium Dihapus, Honda Tunggu Besaran Harga BBM Penggantinya

Bensin Premium Dihapus, Honda Tunggu Besaran Harga BBM PenggantinyaJakarta - Pemerintah bakal menghapus premium dan digantikan bahan bakar dengan kandungan oktan yang lebih dari oktan premium yakni 88 tetapi dibawah pertamax yang berkadar oktan 92. PT Astra Honda Motor selaku agen pemegang mereka sepeda motor Honda akan mencermati besaran harga BBM baru itu untuk memperkirakan dampak terhadap penjualan motor.

"Hal pertama yang akan kami lakukan adalah mengetahui berapa besar harga yang akan dipatok oleh pemerintah untuk BBM baru itu," tutur General Manager Sales Division PT AHM, Thomas Wijaya saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Menurut Thomas jika harga BBM baru itu ternyata lebih mahal Rp 1.000 lebih dibanding harga premium yang ada saat ini, maka akan menimbulkan dampak yang sangat signifikan terhadap penjualan motor. Kenaikan harga sebesar itu dinilainya sudah berada di ambang batas psikologis dari konsumen sepeda motor.

“Kalau selisih harganya Rp 1.000 atau lebih, maka multiplier effect-nya juga besar, karena ongkos angkutan umum naik, angkutan barang naik. Sehingga harga-harga akan mengalami kenaikan. Orang pun akan berpikir ulang beli motor baru,” papar Thomas.

Selama ini, lanjutnya, masyarakat memang telah merasakan harga BBM yang fluktuatif, tergantung harga pasar. Namun, kenaikan yang berkisar antara Rp 300 â€Â" 500 per liter masih dnilai belum berdampak serius, kendati menyebabkan harga bahan pangan pokok dan lainnya ikut naik.

“Tapi kalau sudah Rp 1.000 lebih, dampaknya bisa serius ke penjualan motor. Karena orang akan menunda pembelian, sebab anggaran rumah tangga mereka membengkak karena harga kebutuhan naik,” ucap Thomas.

Seperti I diwartakan detikfinance, pemerintah berniat akan menghapus premium pada bulan depan. "Kita mulai Mei ini, nama dan logo pengganti premium sedang dalam proses pembuatan. Harganya akan lebih mahal sedikit dibanding premium, tapi pasti di bawah Pertamax 92," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang.



(arf/ady)

Bensin Premium Dihapus, Biaya Produksi Mobil Bisa Naik?

Bensin Premium Dihapus, Biaya Produksi Mobil Bisa Naik?Jakarta - PT Pertamina (Persero) mulai Mei tahun ini, secara bertahap akan menghapus bensin premium di SPBU. Nantinya, Pertamina akan mengganti bensin premium dengan kualitas RON yang lebih baik, tapi tetap di bawah RON 92.

Jika harga bensin pengganti premium itu memiliki harga lebih tinggi dibandingkan bensin premium, bisakah biaya produksi mobil ikut naik?

"Saya belum bisa bicara apa-apa karena harus dipelajari dulu," kata Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN I Made Dana Tangkas saat dihubungi detikOto, Kamis (16/4/2015).

Menurut Made, pihaknya harus mempelajari dulu lebih detail terkait rencana Pertamina menghapus bensin jenis Premium itu. Sebab, ia tidak bisa berkomentar lebih banyak jika belum mempelajari hal tersebut.

"Nantinya apakah akan mempengaruhi ekspor dan lain sebagainya akan kita pelajari dulu seperti apa kebijakannya," katanya lagi.

(ady/ady)

Toyota Pindahkan Produksi Corolla ke Meksiko

Toyota Pindahkan Produksi Corolla ke MeksikoMexico City - Produsen otomotif terbesar di dunia, Toyota berencana untuk memindahkan produksi mobil kompak Corolla ke pabrik barunya yang berada di Meksiko yang sebelumnya di Kanada. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan lebih dari biaya produksi yang lebih murah.

Dilansir laman Reuters, Kamis (16/4/2015) kabarnya, biaya perakitan di pabrik Toyota yang berada di Cambridge dan Woodstock di Ontario lebih tinggi dibandingkan pabrik Toyota lainnya yang berada di Amerika Serikat (AS).

Nantinya, perakitan Corolla akan dilakukan di pabrik baru Toyota di Meksiko. Produsen otomotif asal Jepang itu sudah menginvestasikan dana sebesar US$ 1 miliar untuk membangun pabrik tersebut.

Rencananya, pabrik itu akan mulai berfungsi di musim panas tahun 2019 mendatang.

Tak hanya itu, Toyota pun mengumumkan akan membangun pabrik baru lagi di Guangzhou, Tiongkok pada pekan ini.


(ady/ady)