Thursday, November 20, 2014

Tampang Anyar Sedan Mazda2

Tampang Anyar Sedan Mazda2 Jakarta - Mazda akhirnya memunculkan tampang mobil sedan Mazda2. Setelah kemunculan versi hatchback beberapa bulan lalu, sedan Mazda2 siap menggoda pecinta otomotif dengan desain cantiknya.


Keterangan Foto :
Mobil ini untuk pertama kali akan dirilis di Thailand, tepatnya di event Thailand International Motor Expo 2014 pada 28 November 2014.

Penjualan Mobil Indonesia Bisa Samai Thailand

Penjualan Mobil Indonesia Bisa Samai ThailandJakarta - Thailand saat ini menjadi negara dengan angka penjualan mobil tertinggi di kawasan ASEAN. Namun bukan hal yang mustahil, Indonesia bisa menyaingi Thailand.

"Thailand memang lebih tinggi, namun saat ini turun penjualan Thailand sedang turun, sedangkan untuk Indonesia terus naik dan masih akan terus berkembang. Jadi kami melihat otomotif Indonesia akan sama seperti Thailand," kata Vice President and General Manager J.D Power Singapore, Asia Pasific Operations, Gerrit Kuyntjes di Jakarta.

Dirinya menilai, pasar Indonesia akan memiliki segmen-segmen baru.

"Market Indonesia sangat signifikan, memang di Thailand lebih dahulu melahirkan LCGC dibandingkan dengan Indonesia. Dan di Thailand dan Indonesia mungkin kondisinya sama (industri otomotif), kemungkinan akan ada generasi baru yang lebih muda dan baru, dengan segmen baru," tambahnya.

Meski begitu, faktor kenaikan harga BBM, kenaikan pajak akan menghambat angka penjualan mobil di tahun depan. "Kami melihat penjualan mobil di Indonesia tidak akan naik di tahun depan, tapi akan tetap sama seperti tahun ini," tambahnya.

Namun urusan jaringan after sales, Indonesia telah melampaui Thailand, itu berdasarkan hasil riset dari JD Powers.

"Kami melakukan survei berdasarkan 2 kategori, pertama berdasarkan volume (jumlah kendaraan) dan Service (memberikan pelayanan kepada konsumen). Dan saat ini kami melihat untuk volume Indonesia sudah mendekati Thailand," katanya.

Namun lanjut Gerrit, Indonesia memiliki jaringan after sales yang lebih bagus dibandingkan Thailand

"Untuk jaringan after sales, Indonesia lebih baik dibandingkan Thailand. Karena kalau di Thailand setiap jaringan itu memiliki konsep owner, berbeda dengan Indonesia, yang konsepnya main diler berada di bawah group perusahaan seperti Astra atau indomobil,"

"Kalau di Thailand mereka akan larinya mengarah ke bisnis, dimana setiap pemilik ingin mengambil untung sebesar-besarnya. Sedangkan di Indonesia, itu harus seuai dengan keputusan perusahaan," katanya.

(ddn/ddn)

Astra Otoparts Bangun Pabrik Rantai Motor di Tiongkok

Astra Otoparts Bangun Pabrik Rantai Motor di TiongkokJakarta - Tidak hanya Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk coba merambah ke mancanegara. Produsen komponen itu akan membangun pabrik di negeri Tiongkok.

"Awalnya kami sudah mulai memproduksi rantai sepeda motor di China (Tiongkok) sejak 2012 lalu. Tapi tanahnya masih kami sewa dan baru bisa memproduksi hingga 2 juta unit," kata Director PT Astra Otoparts Tbk, Djangkep Budhi Santoso.

Hal itu diutarakannya dalam workshop Astra di Bogor, beberapa waktu lalu. Dan kini, lanjut Djangkep, PT Astra Otoparts Tbk, sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal Tiongkok untuk bisa memproduksi lebih banyak lagi.

"Dan di 2014 kami sudah mulai mendapatkan tanah dan tengah dibangun. Dan rencananya di 2015 kami akan mulai memproduksi rantai motor. Dengan kapasitas produksi mencapai 6 juta unit per tahun," katanya.

Kenapa memilih Tiongkok? Dia menuturkan sebenarnya Astra Otoparts sudah punya pabrik rantai di Indonesia yang memasok rantai ke produsen motor.

"Karena kita harus memproduksi untuk after market, dan harganya lebih murah di China, berkat material yang lebih murah di China, dibandingkan harus mengimpor di Indonesia jadi kami lebih memilih memproses (produksi) di sana" tambahnya.

Dirinya juga mengatakan, PT Astra Otopart Tbk, juga telah memiliki pabrik di Vietnam. "Kami juga telah memiliki pabrik rem di Vietnam, dan disana kami baru menyediakan rem untuk Yamaha," tutupnya.


(lth/ddn)

Honda Kurangi Tenaga CB125F untuk Pasar Eropa

Honda Kurangi Tenaga CB125F untuk Pasar EropaBirmingham - Honda Motor akan meluncurkan motor sport besutannya, Honda CB125F, untuk wilayah Eropa di ajang Motorcycle Live Show NEC Birmingham, Inggris, Sabtu (22/11/2014) besok.

Motor yang ditujukan untuk pasar entrylevel di Eropa itu disebut-sebut memiliki tenaga yang lebih rendah 1,5 hp dibanding generasi sebelumnya.

Pernyataan Honda seperti dilansir laman Visordwon, Jumat (21/11/2014) menyebutkan, mesin 124,7 cc itu yang diusung Honda CB itu mampu menyemburkan tenaga hingga 10,5 hp dan torsi 7,5 lb-ft. Sementara, model yang ada saat ini bertenaga 11,1 hp dan torsi 8,3 lb-ft.

"Fokus dari tim engineering memang pada aspek kenyamanan berkendara dan keramahan terhadap lingkungan. Dengan putaran mesin rendah tenaga telah terasa," begitu alasan Honda Inggris.

Konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 51,3 kilometer per liter. Sehingga bila tangki bahan bakar terisi penuh, yakni 13 liter, motor mampu menempuh jarak 600 kilometer.

Honda CB125 F merupakan salah satu motor terlaris di Inggris sepanjang empat tahun terakhir. Namun, kegemilangan itu mulai meredup. "Kini Honda telah memperbaiki kualitas dan tampilan," kata Honda.

Pabrikan itu menawarkan tiga pilihan warna yakni kuning, biru, dan merah. Rencananya, Honda mulai mengirim ke diler di seluruh Inggris pada awal 2015.


(arf/ddn)

Kenalkan, Si Cantik Mazda2 Sedan

Kenalkan, Si Cantik Mazda2 SedanThailand - Memenuhi janjinya, Mazda akhirnya memunculkan tampang mobil sedan Mazda2. Setelah kemunculan versi hatchback beberapa bulan lalu, sedan Mazda2 siap menggoda pecinta otomotif dengan desain cantiknya.

Mobil ini untuk pertama kali akan dirilis di Thailand, tepatnya di event Thailand International Motor Expo 2014 pada 28 November 2014.

Mazda menyebut mobil ini memiliki proporsi dan gaya yang keren seperti halnya versi hatchbacknya. Interiornya pun memiliki gaya yang sporty.

Seperti halnya versi hatchback, mobil ini akan diperkuat dengan mesin SKYACTIV diesel berkapasitas 1.500 cc.

Mazda2 merupakan line up keempat yang menggunakan teknologi SKYACTIV Mazda.

Mobil akan mulai dijual di Thailand pada awal tahun 2015.

Di Thailand mobil ini merupakan mobil Mazda yang terlaris. Dengan angka penjualan mencapai hampir 120.000 unit sejak diperkenalkan pertama kali di 2010 lalu. Mazda pun diuntungkan dengan pemberian subsidi dari pemerintah Thailand.


(ddn/ddn)

BBM Naik, Harga Motor Yamaha Tetap Sampai Akhir Tahun

BBM Naik, Harga Motor Yamaha Tetap Sampai Akhir TahunJakarta - Menyusul kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Yamaha masih belum akan menaikkan harga produknya hingga akhir tahun. Sebab untuk produksinya, Yamaha tidak menggunakan BBM subsidi. Jadi, ongkos produksi masih tetap sama dengan sebelum kenaikan BBM subsidi.

Menurut Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, dengan begitu penggunaan BBM non subsidi saat proses produksinya, pengaruh terhadap harga sepeda motor Yamaha tidak terlalu besar. Tapi, ongkos pengiriman sepeda motor pastinya akan mempengaruhi harga.

"Pabrik Yamaha tidak boleh (menggunakan) BBM subsidi untuk operasi genset dan sebagainya. Jadi kita enggak pengaruh ke produksinya. Pengaruhnya ke ongkos pengiriman," kata Masykur.

"Pengaruhnya adalah pengirimman dari supplier ke Yamaha, dari Yamaha ke diler," lanjut Masykur.

Tapi, Masykur mengatakan, sampai akhir tahun harga motor Yamaha secara langsung tidak naik. Menurutnya, pihaknya masih menunggu keputusan Organda dalam penetapan kenaikan ongkos pengiriman. Sayangnya, ia belum bisa memastikan sampai kapan harga motor Yamaha akan bertahan.

"Kita enggak bisa pastikan kapan (harga naik). Kita masih nunggu Organda," ujar Masykur.

Menurut Masykur, jika harga motor Yamaha akan naik nantinya, kenaikan itu tidak sampai 10 persen dari harga sekarang.


(rgr/ddn)

Seperti Apa Strategi Isuzu di 2015?

Seperti Apa Strategi Isuzu di 2015?Jakarta - Tahun 2015 sudah di depan mata, berbagai pabrikan pun sibuk mempersiapkan strategi baru selain menghadirkan produk terbaru yang harus berkualitas. Lalu apa langkah Isuzu ya Otolovers, menyambut tahun 2015?

"Tidak muluk-muluk kalau kita lihat karakteristik dari Isuzu dan truk, itu berbeda dengan konsumen mobil mewah. Kalau untuk mobil mewah saat ada permasalahan dan tidak ada spare part pasti akan tenang saja karena mobilnya banyak. Sedangkan truk itu tidak bisa," ujar Marketing Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Supranoto, di Bogor Jawa Barat.

"Karena ini untuk usaha, kalau tidak ada spare part berapa ruginya para pengusaha di Indonesia. Dan oleh sebab itu kita menilai After Sales itu menjadi yang paling penting,"tambahnya.

Dan dirinya pun menyampaikan, memperkuat After Sales menjadi poin utama untuk Isuzu di tahun mendatang.

"Dan kami berani klaim spare part 1x24 jam, kalau tidak ada (tidak memenuhi 1x24 jam) akan kami berikan gratis. Dengan itu kami akan memperkuat After Sales Service. Sehingga konsumen isuzu akan semakin loyal dan sulit berpindah hati. Terlebih semua produk Isuzu itu paling irit dikelasnya," tambahnya.


(lth/ddn)

Otopet Listrik Buatan MINI

Otopet Listrik Buatan MINI Jakarta - Pabrikan mobil sering kali membuat produk yang bukan merupakan produk intinya. Mereka sering memproduksi aksesoris lainnya.


Keterangan Foto :
Di setang otopet bisa disimpan smartphone. Menariknya, lagi jika arus listrik di baterai telah habis, maka pengguna tetap bisa menggunakannya dengan cara mengayuhnya dengan kaki seperti otopet biasa. (istimewa/MINI).

Ini Komentar Yamaha Soal Pelarangan Motor Masuk Jalan Protokol

Ini Komentar Yamaha Soal Pelarangan Motor Masuk Jalan ProtokolJakarta - Wacana pelarangan sepeda motor masuk ke jalan utama di Jakarta tampaknya akan menjadi masalah baru bagi pabrikan sepeda motor Indonesia. Sebab, kemungkinan penjualan sepeda motor akan menurun akibat adanya regulasi baru itu. Tapi, Yamaha memastikan, regulasi itu tidak mempengaruhi penjualannya.

Menurut Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, masyarakat akan tetap membutuhkan sepeda motor untuk mobilitasnya. Meski ada regulasi baru itu, masyarakat tetap butuh motor untuk menjangkau transportasi umum.

"Kalau naik angkot dengan BBM naik kan ongkosnya naik. Kalau kosong, ngetem," kata Masykur di Jakarta.

Masykur mengatakan, argumen pemerintah terkait sepeda motor sebagai penyebab kecelakaan harusnya dipelajari terlebih dahulu. "Apakah motor benar-benar sebagai penyebab kecelakaan di jalan protokol itu," katanya.

Tapi di sisi lain, Masykur tidak mempermasalahkan dengan adanya aturan itu. "Ya kita tunggu saja diaplikasikan atau enggak. Kalaupun diaplikasikan, silakan saja. Tapi siapkan transportasi umum dan ruang parkir. Parkir tersedia atau tidak, bisa jadi harga parkirnya malah tinggi," ujarnya.

Terkait parkir ini, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan berbagai alternatif parkir.

"Kita sedang inventarisir lokasi-lokasi parkir yang ada. Untuk sementara yang sudah bisa digunakanan seperti lapangan parkir IRTI Monas, Gedung Sarinah dan Gedung Carrefour di Jl Gadjah Mada," kata Kadishub DKI M Akbar kepada detikcom, Jumat (14/11/2014).
Halaman 1 2 »

(rgr/ddn)

Selesaikan Etape ke-4, Finalis Road Warriors Tiba di Mukomuko

Selesaikan Etape ke-4, Finalis Road Warriors Tiba di MukomukoMukomuko - Para finalis Road Warriors 2014 dengan mulus berhasil menyelesaikan etape ke-4 dengan rute Bengkulu. Dengan demikian, tinggal satu langkah lagi mereka menggapai garis finish, Padang, Sumatera Barat.

Tepat pukul 21.00 WIB semalem, seluruh peserta sudah menginjak aspal Mukomuko dan beristirahat di hotel. Selama diperjalanan, mereka melakukan beberapa kali istirahat seperti makan siang, dan ibadah shalat.

"Perjalanan ini kalau diibaratkan paket full, ada hujannya, panasnya ada, jalan bagusnya ada, jalan ancurnya ada juga. Tapi tetap seru dan menantang," ujar Road Captain Road Warriors 2014 Deny Asmara Jaya.

Memang, rute yang dilalui tidak mudah, banyak jalanan yang kurang bersahabat seperti jalan rusak yang berlubang, turun naik dan berkelok-kelok. Bahkan seperti beberapa etape sebelumnya, hujan selalu menemani perjalann mereka.

Meski begitu, mereka sama sekali tidak gentar untuk mencapai tujuan. Rute etape ke empat ini benar-benar menantang, baik kondisi jalan maupun cuacanya sepanjang jalur Bengkulu - Mukomuko yang berjarak sekitar 261 km.

Pertama berangkat cuaca masih panas, dan selepas makan siang. Awan hitam mulai menyelimuti wilayah Lais. Dari Lais, Getahun, Ipuh dan hingga sampai di Mukomuko hujan masih terus mengguyur dengan intensitas sedang dan lebat.

Sementara kondisi jalan beragam, selain jalan yang berada di pesisir pantai, peserta juga melewati jalanan yang penuh jpohon kelapa sawit.
Halaman 1 2 »

(ady/arf)

Citysurfer. Skuter Listrik Praktis dan Ergonomis dari MINI

Citysurfer. Skuter Listrik Praktis dan Ergonomis dari MINIJakarta - Pabrikan mobil mungil mewah, MINI, tergiur menggarap segmen pasar kendaraan roda dua dengan karakter yang ramah lingkungan dan praktis. Pabrikan asal Inggris itu memperkenalkan skuter listrik yang praktis dan ergonomis, Citysurfer.

Seperti yang dilansir dalam rilis Newspress, Jumat (21/11/2014), pernyataan MINI menyebut, skuter dengan bobot 18 kilogram itu dengan mudah dapat dilipat. “Bahkan dengan mudah dimasukkan ke dalam bagasi hatchback (MINI) tiga pintu kami,” bunyi pernyataan tersebut.

Skuter ini menggunakan baterai ion lithium sebagai penyimpan arus listrik yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Bila baterai terisi penuh dalam sekali isi, skuter ini bisa menempuh jarak 15 â€Â" 20 kilometer dan mampu melesat hingga 25 km/jam.

Menariknya, jika arus listrik di baterai telah habis, maka pengguna tetap bisa menggunakannya dengan cara mengayuhnya dengan kaki seperti layaknya menaiki otoped. Soalnya, MINI merancang bagian dek skutik ini seperti dek otoped dan memungkinkan pengguna mengendarai layaknya kendaraan tersebut.







(arf/arf)

BBM Naik, Chevrolet Belum Putuskan kenaikan Harga

BBM Naik, Chevrolet Belum Putuskan kenaikan HargaJakarta - Pemerintah Indonesia mulai mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang membuat BBM bersubsidi naik Rp 2.000. Hal itu tentunya berdampak ke harga di semua sektor ekonomi. Tapi, dapat dipastikan, mobil-mobil Chevrolet belum ikut naik.

"Saat ini kami masih menetepkan harga yang sama dengan bulan sebelumnya," ujar Public Relation Director PT General Motors Indonesia Manufacturing (GMIM) Maria Sidabutar di Jakarta.

Menurut Maria, terkait kenaikan harga BBM subsidi, sampai saat ini belum ada informasi tentang pengaruh terhadap penjualan. Alhasil, pihaknya masih menerapkan harga yang telah ada.

Tapi, bukan berarti strategi pemasaran ditinggalkan begitu saja. GM akan tetap melakukan upaya untuk mendongkrak penjualannya.

Untuk tetap mendongkrak penjualan, hal yang dilakukan pihak GMIM adalah tetap memberikan pengalaman terbaik untuk konsumennya. Dengan begitu, loyalitas konsumen akan semakn kuat.

"Hal yang paling sederhana adalah memberikan pengalaman konsumen yang sudah ada. Supaya mereka lebih kuat lagi loyalitas. Tapi yang utama mereka bisa menceritakan kepada kerabatnya, keluarganya yang nantinya bisa membawa mereka untuk beli mobil," kata Maria.





(rgr/ddn)

Motor LPG ala TNI

Motor LPG ala TNI Jakarta - Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menjadi Rp 8.500/liter, pasukan TNI di Aceh punya cara khusus untuk berhemat. Mereka merakit motor sehingga menggunakan gas elpiji tiga kilogram sebagai pengganti premium.


Keterangan Foto :
Penampilan motor yang diparkir di halaman Kodam IM itu memang masih seperti biasa. Hanya saja dibagiannya terdapat tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram. Motor tersebut hari ini dipamerkan untuk menyambut kedatangan Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu ke Kodam. Agus Setyadi/detikOto.

Isuzu Panther Bakal Terus 'Dipoles'

Isuzu Panther Bakal Terus Bogor - PT Isuzu Astra Motor Indonesia memastikan, meski saat ini masih memfokuskan pada kendaraan komersial, Isuzu tidak akan melupakan kendaraan penumpang mereka yang tangguh, si Panther. Bahkan Isuzu juga mengatakan hingga saat ini masih banyak konsumen yang menginginkannya.

"Panther, kita berkali-kali mengadakan survei. Dan semuanya mau (kehadiran Isuzu Panther). Karena Panther banyak pakai oleh industri kecil karena ketangguhannya, mau banjir tidak masalah, irit dan terlebih murah," ucap Marketing Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Supranoto, di Bogor Jawa Barat.

"Kalau pebisnis pasti pilih Panther saja, konsumsi bahan bakarnya mudah dan ini untuk pekerja. Kalau mau mobil yang lebih mewah dan tangguh bisa memilih MU-X," tambahnya.

Dan dirinya menambahkan di tahun depan, Panther masih akan terus diperhatikan dan disayang.

"Isuzu Panther tahun depan kita akan terus perhatikan, karena banyak penggemarnya. Penyegaran penting, tapi buat konsumen pengguna Panther itu bukan tampilan tapi ketangguhannya, tapi kalau ada yang mau bagusan ya pengguna akan beralih ke Isuzu MU-X," tambahnya.


(lth/ddn)

TNI di Aceh Modif Motor Agar Bisa Pakai Gas Elpiji 3 Kg

TNI di Aceh Modif Motor Agar Bisa Pakai Gas Elpiji 3 KgJakarta - Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menjadi Rp 8.500/liter, pasukan TNI di Aceh punya cara khusus untuk berhemat. Mereka merakit motor sehingga menggunakan gas elpiji tiga kilogram sebagai pengganti premium.

Penampilan motor yang diparkir di halaman Kodam Iskandar Muda itu memang masih seperti biasa. Hanya saja dibagiannya terdapat tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram. Motor tersebut hari ini dipamerkan untuk menyambut kedatangan Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu ke Kodam.

Sejumlah prajurit TNI menjelaskan kelebihan motor yang sudah dirakit sehingga bahan bakar dapat dikonversi ke gas. Selain motor, juga ada becak mesin yang sudah dirakit menggunakan gas.

"Ini buat sendiri?" tanya Ryamizard, Kamis (20/11/2014).

"Siap," jawab seorang prajurit.

Perwira Pembantu Madya (Pabandya) Kodam IM, Letkol Joko, mengatakan, kelebihan motor pakai gas yaitu tidak bakal banjir beda dengan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar premium. Selain itu, juga tidak butuh biaya besar untuk merakit motor dikonversi ke gas.

"Jadi jarak tempuh satu tabung gas ukuran 3 kg ini adalah 500 hingga 600 kilometer," kata Joko kepada detikcom.
Halaman 1 2 »

(ddn/ddn)

Mobil Chevy Paling Banyak Terjual di Jabodetabek

Mobil Chevy Paling Banyak Terjual di JabodetabekJakarta - PT General Motors Indonesia Manufacturing selaku agen pemegang merek (APM) Chevrolet di Indonesia masih menitikberatkan penjualan di Jabodetabek. Dari 40 diler yang tersebar di seluruh Indonesia, sebanyak 11 diler berada di Jabodetabek.

Menurut Public Relation Director PT General Motors Indonesia Manufacturing Meria Sidabutar, pasar di Jabodetabek masih menjanjikan. Di wilayah ini, penjualan Chevrolet menguasai 40 sampai 60 persen penjualan darai seluruh Indonesia.

"Pasar Jabodetabek sejauh ini oke. Kontribusi 40-60% nasional," kata Maria.

Di PT Luminary Armada Nusantara salah satu diler resmi Chevrolet di kawasan barat Jakarta, varian terbanyak yang dipesan konsumen masih dikuasai Chevrolet Spin. Sisanya, diikuti Captiva dan Aveo.

"Sampai saat ini Spin 70 persen, Captiva 15-20, sisanya Aveo," kata Komisaris PT Luminary Armada Nusantara, Leonel Gozali.

Lebih lanjut Leonel menyatakan, varian mesin disel dan mesin bensin masih saling berbagi. Pihaknya telah menjual 50 persen varian mesin disel dan 50 persen varian mesin bensin.


(rgr/ddn)

Ini Rahasia Toyota Jadi Nomor 1 di Indonesia

Ini Rahasia Toyota Jadi Nomor 1 di IndonesiaJakarta - Selama berpuluh-puluh tahun, Toyota menjadi rajanya produsen mobil di Indonesia. Meski beberapa produknya dianggap kurang 'cantik' oleh beberapa kalangan termasuk oleh bos Toyota sendiri, mobil-mobil Toyota tetap menjadi favorit.

"Market Indonesia akan semakin besar, melayani konsumen dengan baik adalah kunci suksus untuk bisa memenangkan kompetisi. Dan ini merupakan masukan untuk setiap pabrikan otomotif," ujar Vice President and General Manager J.D Power Singapore, Asia Pasific Operations, Gerrit Kuyntjes, di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Toyota pun didapuk menerima penghargaan J.D. Power Customer Service Index (CSI) Study 2014. Ini merupakan survei kepada pemilik kendaraan yang dilaksanakan periode Agustus 2013 hingga Mei 2014 terhadap 3.486 pemilik kendaraan.

Berdasarkan study tersebut Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan poin sebesar 770 poin. Nilai tersebut diatas rata-rata indeks 12 perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam study tersebut sebesar 767 poin.

"Toyota dan Mitsubishi memiliki poin yang sama, namun Toyota lebih unggul di Pengerjaan Servis,‎ fasilitas servis, dan kualitas servis," ujarnya.

Penghargaan yang diraih Toyota kali ini diklaim berkat 3 faktor andalan Toyotan Yakni Service Advisor, Service Facility, dan Service Quality terbaik.

"Terima kasih kami ucapkan kepada semua team Toyota yang telah bekerja keras sehingga Toyoa dapat meraih penghargaan ini," ujar Vice President Director, PT Toyota Astra Motor (TAM), Suparno Djasmin.

Penghargaan ini, lanjut Suparno, akan diberikan kepada seluruh konsumen setia Toyota. Oleh karena itu Toyota berjanji akan selalu menghadirkan produk, teknologi yang sesuai dengan kebutuhan, serta layanan dan purna jual terbaik yang melebihi harapan pelanggan.

"Gelar ini tidak dapat diraih tanpa team work yang kuat dan improvement yang terus-menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan. Tidak lupa apresiasi tertinggi kami sampaikan kepada para pelanggan Toyota, yang telah mempercayai Toyota," ujar Suparno.

"Kami juga selalu berupaya untuk tetap menjaga kepercayaan dan selalu berusaha meningkatkan level kepuasan pelanggan dalam setiap tahapannya. Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit yang tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan," tambahnya.

(ddn/ddn)

Kangen Sama Ibunya, Lady Bikers Pinky Ini Nangis

Kangen Sama Ibunya, Lady Bikers Pinky Ini NangisBengkulu - Road Captain Road Warriors 2014, Deny Asmara Jaya merupakan pria asli Bengkulu. Saat tiba di Bengkulu, Deny menyempatkan untuk bertemu sang ibunda. Ternyata saat rombongan tiba di Bengkulu, ibu Deny sudah sabar menunggu di pinggir jalan untuk menyapa semua para finalis.

Melihat Deny bertemu sang ibu, Siti Muzainah (23) langsung teringat ibundanya yang ada di Malang. Ia tiba-tiba meneteskan air mata dan menangis terseguk-seguk sambil menempelkan kepalanya di bahu Mohamad Aryo Dasantyo (39).

"Aku kangen sama ibu, dari hari Rabu aku ke Jakarta pas mau pamit belum ketemu sama ibu. Aku jadi inget sama ibu, kangen banget liat mas Deny tadi ketemu sama ibu," ujarnya sambil meneteskan air mata dan menutup mukanya.

Aryo pun coba menghibur lady bikers pengendara Yamaha Byson itu. Aryo mengatakan, dirinya juga kangen sama ibu, tapi jangan sampai nangis.

"Gue yang udah ditinggal puluhan tahun sama ibu gak nangis," ujar Aryo coba menghibur Mouzza.

"Lah mas kan cowok, nah ini aku cewek. Aku kangen banget sama ibu," kata Mouzza menjawab pertanyaan Aryo.

Tak hanya Mouzza, finalis lainnya seperti Sistini juga mengaku sangat kangen sama ibu. Parahnya lagi ia belum bertemu dengan ibunya selama 2 tahun.

"Ibu aku juga lagi ada di Jawa, jadi aku juga kangen dan belum bertemu," kata Sistini sambil bercerita kepada Mouzza.