Monday, May 5, 2014

Baju Baru Honda BeAT

Baju Baru Honda BeAT Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda BeAT FI dengan tampilan terbaru yang lebih atraktif dan stylish untuk memberikan pilihan yang beragam bagi konsumen sehingga dapat memperkuat kepemimpinan Honda di segmen skutik entry level.


Keterangan Foto :
Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor Honda BeAT FI di pabrik perakitan AHM, Cibitung. Pool/Honda/detikFoto.

Force India Bidik Peringkat Tiga Klasemen Konstruktor

Force India Bidik Peringkat Tiga Klasemen KonstruktorJakarta - Penampilan oke yang ditunjukkan Force India di awal musim F1 2014 ini membuat Nico Hulkenberg optimistis. Menurutnya, finis di peringkat tiga klasemen konstruktor bisa jadi target realistis unruk timnya.

Hulkenberg menjadi salah satu pebalap yang tampil oke di awal musim ini. Dia selalu mendapat poin di empat seri balapan yang sudah digelar dengan finis di posisi lima dan enam masing-masing sebanyak dua kali.

Hulkenberg --yang kini menduduki peringkat empat di klasemen pebalap-- bersama Sergio Perez terus menyumbang angka untuk Force India. Tim yang berbasis di Silverstone itu pun kini menempati posisi tiga klasemen konstruktor dengan 54 poin, di bawah Mercedes dan Red Bull.

Melihat penampilan oke yang ditunjukkan timnya di awal musim, Hulkenberg pun puas. Pebalap asal Jerman itu pun menyerukan tekad timnya untuk terus menjaga posisi di klasemen hingga musim usai.

"Ini mungkin berjalan lebih baik daripada yang kami harapkan setelah tes musim dingin dan bagus bisa terus mendapat poin. Kami ada di posisi tiga dan kami ingin tetap ada di sana," sahut Hulkenberg seperti dikutip Sky Sports.

"Kerja keras selama musim dingin terbayar, tapi kami tahu bahwa Formula One adalah balapan yang selalu berkembang dan hal-hal bisa berubah dari satu pekan ke pekan lainnya. Jadi kami harus terus bekerja keras untuk menjaga posisi kami," katanya.


Amerika Sudah Tarik 13 Juta Mobil

Amerika Sudah Tarik 13 Juta MobilWashington - Dalam empat bulan pertama tahun ini di Amerika Serikat sudah ada 13 juta kendaraan yang ditarik (recall). Bila laju recall terus seperti ini, rekor 30 juta kendaraan yang kena recall dalam setahun sangat mungkin terlewati.

Bila di Indonesia kata recall masih dianggap tabu oleh sebagian produsen kendaraan di Indonesia. Namun di Amerika Serikat, recall adalah bentuk tanggung jawab perusahaan para barang yang dijualnya. Bila telat melakukan recall, perusahaan malah akan dikenai denda tinggi oleh pemerintah Amerika.

Mengutip data-data dari LA Times, dan USA Today, sepanjang tahun 2014 yang baru berjalan 4 bulan ini sudah ada 13 juta kendaraan yang ditarik di negeri Paman Sam. Recall terbaru dilakukan oleh Mercedes-Benz ketika melakukan penarikan terhadap 284.000 unit C300, C300 4Matic, C350 dan C63 AMG yang dibangun antara tahun 2007 dan 2011.

Penarikan itu dilakukan karena Mercy khawatir pada sambungan listrik yang lemah bisa mengakibatkan kegagalan atau peredupan lampu belakang dan lampu rem yang pada akhirnya meningkatkan risiko tabrakan belakang. Mobil yang terkena recall ini dijual di Amerika Serikat dan Kanada.

Sebelumnya, General Motors telah merecall sekitar 6 juta kendaraan termasuk recall bulan lalu yang melibatkan 2,2 juta Chevrolet Cobalts dan kendaraan lain karena saklar pengapian rusak dan diduga menyebabkan 13 kematian. Atas masalah ini, GM sekarang harus menghadapi penyelidikan federal dan terancam denda besar.

Mazda di awal bulan ini juga merecall 109.000 Tribute karena masalah di kemudi. BMW tiga pekan lalu mengumumkan penarikan kembali 156.000 sedan sport dan SUV di AS karena masalah dengan mesin enam silinder di kendaraannya.

Recall besar lainnya tahun ini termasuk 650.000 Jeep Grand Cherokee dan Dodge Durangos, 1 juta mobil dari Nissan, 900.000 Honda Odyssey dan sekitar 700.000 mobil hybrid Toyota Prius.

Awal bulan ini Ford juga menarik lebih dari 400.000 mobil untuk diperbaiki bagian-bagian frame.

Bila laju recall tahun ini terus secepat sekarang, maka di akhir tahun nanti bisa jadi rekor recall terbanyak yang terjadi pada 2004 ketika 30,8 juta kendaraan kena recall akan terlewati.


Toyota Ekspor 33.327 Unit Mobil di Triwulan Pertama 2014

Toyota Ekspor 33.327 Unit Mobil di Triwulan Pertama 2014Jakarta - PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan pencapaian volume ekspor terbaik pada kuartal pertama di 2014 yang mengalami peningkatan hingga 6 persen. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 33.327 unit kendaraan telah dikirim ke 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika dan kepulauan Karibia.

Padahal di 2013 Toyota hanya mampu mengekspor kendaraan mencapai 31.501 unit.

"Toyota Indonesia sudah mengekspor lebih dari 33.000 unit kendaraan berbagai tipe pada kuartal pertama tahun 2014. Berdasakan data Gaikindo total volume ekspor kendaraan Indonesia kuartal pertama tahun 2013 seebesar 44.645 unit," kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, di Ancol, Selasa (6/5/2014).

"Ini artinya sekitar lebih dari 70 persen dari total volume ekspor kendaraan roda empat Indonesia disumbangkan oleh Toyota Indonesia," tambahnya.

Pencapaian hingga 33.327 unit kendaraan Toyota yang di ekspor secara utuh (CBU), tersebar masih dipegang oleh Toyota Fortuner mencapai 11,996 unit, disusul Kijang Inova mencapai 3,843 unit membuat pengiriman Toyota.

Tidak berhenti sampai disitu, Sedan Vios yang baru diperkenalkan pada Maret 2014, telah di ekspor mencapai 2.861 unit. Selanjutnya untuk Toyota Avanza, Yaris, Rush, dan Town Ace membukukan angka mencapai 14.627 unit.
Toyota Ikut Ekspor Komponen

Produsen Toyota di Indonesia rupanya tidak hanya lihai dalam memasarkan setiap model yang ada. Terbukti, selain dipercaya untuk mengekspor kendaraan secara utuh (CBU), Toyota juga ikut mengekspor kendaraan setengah jadi alias Complete Knock Down (CKD), komponen kendaraan, mesin bensin utuh tipe TR untuk seri kendaraan IMV, dan komponen mesin berupa silinder head ke mancanegara.

Dimana sepanjang kuartal pertama tahun 2014, Toyota telah mengekspor 9.580 unit CKD ke-6 negara. Lebih dari 15 juta komponen telah diekspor Toyota ke 16 negara.

Selain itu Toyota juga berhasil mengekspor hingga mesin utuh ke 12 negara sepanjang Januari-Maret 2014 mencapai 16.326 unit mesin. Terakhir Toyota juga berhasil mengekspor komponen silinder head ke Thailand sebesar 39.757 unit di kuartal pertama 2014.

Ini Mobil Konsep Honda yang Siap Diproduksi

 Ini Mobil Konsep Honda yang Siap DiproduksiTokyo - Kabar gembira kembali diumumkan oleh produsen mobil asal Jepang, Honda. Tak lama lagi, Honda akan memproduksi mobil konsepnya yang diberinama Honda S660.

Seperti dilansir, leftlanenews, worldcarfans, dan motortrend, Selasa (6/5/2014) kabar ini membuat pecinta Honda tersenyum. Bagaimana tidak mobil konsep ini baru saja diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2013 lalu.

Rencananya, model roadster ini akan diproduksi di Yachigo Industry Company, dimana dipabrik Honda ini sangat dipercaya untuk memproduksi varian Kei Cars atau mobil kecil. Rencannaya S660 akan diproduksi pada akhir tahun 2014 dan siap dijual pada awal tahun 2015 di Jepang.

Seperti kita ketahui bersama, S660 merupakan mobil Evolusi dari EV-Ster dengan menggunakan tenaga listik, yang telah diperkenalkan pada 2011 lalu. Dengan menggendong mesin 660 cc 3 silinder turbocharged, yang mampu berlari hingga 64 tenaga kuda yang langsung dikawinkan dengan sistem transmisi CVT.

Lalu bagaimana dengan tampilan yang disajikan? Secara visual, S660 memiliki bentuk overall mirip dengan Beat sebuah convertible mungil yang telah diperkenalkan pada 1990. Namun perbedaan pada bagian belakang yang ikut menyelipkan styling milik Acura NSX Supercars yang saat ini sedang dikembangkan di pusat penelitian dan pengembangan Honda di Ohio.

Rencananya S660 meski di Jepang akan diperkenalkan dengan menggunakan mesin 3 silinder, tidak menutup kemungkinan akan ikut diperkenalkan di luar Jepang dengan mengusung mesin 4 silinder.


GM Sediakan Rumah dari Kontainer Bekas

GM Sediakan Rumah dari Kontainer BekasDetroit - Usaha yang dilakukan oleh produsen mobil General Motors (GM) patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, GM berencana untuk membuat desa kecil di dekat pabrik Hamtramck Assembly di Detroit yang rumahnya dibangun menggunakan kontainer bekas perusahaannya.

Dilansir laman Inautonews, Selasa (6/5/2014) dalam melancarkan rencananya ini, produsen mobil terbesar di Amerika ini menggandeng perusahaan nirlaba, Michigan Urban Farming Initiative (MUFI). Hal ini juga dilakukan agar dapat memberikan alternatif perumahan yang murah.

Nantinya, 85 persen bahan baku rumah itu menggunakan barang bekas yang diberikan oleh GM terutama bahan kontainer yang sudah tidak layak pakai tapi masih bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah.

"Proyek inovatif ini memungkinkan fasilitas kami untuk memberikan kembali nilai lebih kepada masyarakat. Rencana ini juga secara tidak langsung membantu kebangkitan Detroit," ujar Detroit-Hamtramck Plant Manager, Doneen McDowell dalam kutipannya di gmauthority.com.

Selain itu, GM juga akan memberikan dana sebesar 1,7 juta US$ pada pendanaan melalui program tahunan kepada 209 organisasi di 45 kota yang berbeda dimana semua karyawan GM tinggal.

"Rumah ini dimulai dengan sebuah visi jangka panjang. Kami berharap proyek ini berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi perumahan sejenis lainnya di seluruh kota," kata MUFI co-founder and vice president, Darin McLeskey.


Daftar Merek yang Mempersiapkan Mobil Autopilot

Daftar Merek yang Mempersiapkan Mobil Autopilot Jakarta - Dunia bakal seperti film fiksi ilmiah. Di masa depan mobil yang mampu berjalan sendiri tanpa dikemudikan manusia akan menyebar di jalanan. Merek-merek apa saja yang kini tengah mengembangkannya?

Era mobil autopilot memang di prediksi sudah di depan mata. Kurang dari dua dekade, mobil ini sudah akan ada di jalanan. Negara bagian California dan Nevada di Amerika Serikat malah sudah lebih dahulu mengizinkan mobil-mobil yang bisa berjalan sendiri untuk berkeliaran di jalanan mereka.

Untuk penjualan, mobil dengan teknologi autopilot di tahun 2025 diprediksi akan menginjak angka 230.000 unit atau kurang dari 1 persen dari 115 juta mobil yang terjual secara global di tahun itu.

Analis IHS Automotive Egil Juliussen mengatakan kalau pada 2035 angka itu diproyeksi akan membengkak berkali-kali lipat. Sebab pada tahun 2035, mobil berteknologi autopilot diprediksi akan terjual sebanyak 11,8 juta unit. "Atau 9 persen dari 129 juta mobil yang terjual secara global yang diharapkan pada tahun itu," kata Juliussen di Reuters.

Teknologi terkait autopilot ini sendiri dipandang banyak pengamat merupakan solusi praktis untuk menekan angka kecelakaan di jalan. Sebab, tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar kecelakaan disebabkan karena kesalahan manusia alias human error.

Nah setelah melirik bagian pertama yang membicarakan persiapan Volvo, Ford, Mercedes-Benz dan Audi, mari kita lirik produsen mobil mana lagi yang mengembangkan teknologi ini.

Duh Mazda6 Kembali Ditarik

Duh Mazda6 Kembali DitarikCalifornia - Ada apa dengan sedan mewah Mazda, Mazda6? Setelah sempat direcall akibat fitur i-ELOOP, kini produsen mobil asal Jepang itu terpaksa harus menarik kembali Mazda6 karena mengalami masalah pada tangki bahan bakarnya.

Kali ini terjadi di Amerika Serikat (AS) dan melibatkan sedikitnya 19.000 unit Mazda6 model tahun 2014 di-recall. Mobil tersebut memiliki masalah pada tangki bahan bakar jika diisi BBM Terlalu banyak. Demikian dilansir Autoblog, Senin (5/5/2014).

Jika mengisi BBM terlalu banyak maka tumpahan BBM itu bisa tercecer dan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

Menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dengan kejadian itu risiko kebakaran sangatlah besar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka NHTSA memerintahkan Mazda untuk segera menarik mobilnya.

"Pada kendaraan yang terkeda dampaknya diharapkan tidak mengisi BBM diluar kapasitasnya. Jika melebihi batas tangki maka ada indikasi BBM itu tercecer melalui tabung eksternal dan risiko kebakaran sangatlah besar," tulis NHTSA dalam siaran persnya yang dikutip Inautonews.


Rolls-Royce Rayakan Ultah 110 Tahun

Rolls-Royce Rayakan Ultah 110 TahunLondon - Pabrikan mobil Rolls-Royce Motor Car merayakan ulang tahun ke-110 pada Minggu (4/5). Selama 110 tahun berkiprah di dunia otomotif, Rolls-Royce mengalami pasang surut.

Mengutip newspress, perayaan 110 tahun Rolls-Royce Motor Car berlangsung serentak di 2 tempat yaitu di Goodwood Motor Circuit (West Sussex) dan Hotel Midland (Manchester).

Sejarah Rolls-Royce Motor Car berawal ketika Charles Rolls dan Henry Royce bertemu pertama kalinya di Hotel Midland, Inggris pada tanggal 4 Mei 1904. Mereka sepakat mendirikan sebuah perusahaan otomotif dengan nama Rolls-Royce.

Dan kini Rolls-Royce Motor Car yang berbasis di Inggris ini mencapai puncak kesuksesan dengan melahirkan banyak mobil kelas atas yang disertai teknologi mutakhir.

"Perusahaan yang diciptakan oleh Charles Rolls dan Henry Royce memiliki filosofi sederhana, mengejar keunggulan dan kesempurnaan. Inilah yang dilakukan tim Rolls-Royce Motor Cars setiap hari," kata Chief Executive, Rolls-Royce Motor Cars Torsten Müller Otvos.

"Saya tidak ragu bahwa nenek moyang perusahaan akan bangga untuk melihat mobil-mobil yang luar biasa yang dibuat di Home of Rolls-Royce di Goodwood," lanjutnya.

Rolls-Royce Motor Cars kemudian dimiliki oleh BMW sejak 1998. Sejak dimilik BMW Rolls-Royce mengalami peningkatan terbaik dalam sejarah perusahaan. Penjualan mobil mewah Rolls-Royce menembus rekor sebanyak 3.603 unit pada 2013.

Rolls-Royce telah dipasarkan lebih dari 40 negara dengan posisi sebagai mobil premium.


Porsche Siap Lahirkan Rival BMW X6

Porsche Siap Lahirkan Rival BMW X6Stuttgart - Seakan tidak puas menjadi pabrikan yang menyajikan sedan coupe terbaik, kini Porsche siap memperkenalkan Cayyene Coupe terbaru yang bakal diperkenalkan di 2018 mendatang.

Mengutip Worldcarfans, Senin (5/5/2014), dikatakan tidak hanya fokus pada 911 yang menjadi varian terfavorit mereka atau macan SUV yang ditunggu-tunggu. Porsche juga siap melahirkan Cayenne Coupe.

Dan ini sekaligus akan menjadi jawaban Porsche terhadap BMW X6, range Rover sport dan Mercedes-Benz MLC.

Tidak sampai disitu, bicara soal desain, Porsche Cayenne Coupe bakal mengusung platform milik VW group MLB platform yang telah digunakan Audi terlebih dahulu. Wah bakal memiliki tampilan terbaik nih?

Bicara soal mesin yang bakal digendong, dilansir Autocar dikatakan Porsche Cayenne Coupe bakal memberikan pilihan 2 mesin yakni mesin bensin dan diesel. Dimana kedua mesin ini langsung dikawinkan dengan sistem hybrid.

"Kami harus memperkenalkan generasi terbaru Cayenne yang lebih baik, dalam waktu dekat," juru bicara Porsche.

Rencananya Porsche Cayenne Coupe ini akan mulai diperkenalkan pada 2017 besok dan akan mulai di jual pada 2018. Dan dikatakan harga jual Cayenne Coupe ini akan lebih mahal 15-20 persen dari harga yang ditawarkan saat ini.


Daihatsu Siap Dukung Kebijakan LCGC Tanpa Premium

Daihatsu Siap Dukung Kebijakan LCGC Tanpa PremiumJakarta - Membengkaknya subsidi bahan bakar yang tiap tahun dikeluarkan pemerintah mendorong diberlakukannya pembatasan BBM pada mobil murah. Salah satu caranya adalah dengan membedakan ukuran diameter nozzle di tangki mobil LCGC. Daihatsu pun mendukung langkah ini.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini tengah menggodok penggunaan diameter nozzle BBM untuk RON 92 lebih besar atau lebih kecil dari nozzle BBM RON 92 ke bawah, khusus untuk mobil-mobil yang tergabung dalam program Low Cost and Green Car (LCGC).

Produsen mobil pun mengaku setuju dengan langkah yang hendak disiapkan pemerintah ini. Sebab, mereka menyadari kalah sejak semula mobil LCGC memang dibuat bukan untuk meminum bensin sekelas premium.

"Sejak awal pemerintah sudah mengharuskan bensin RON 92. Kita juga sudah pasangi label harus RON 92 dan di buku panduan juga sudah tertulis hal itu," kata Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau.

Karena itu, Daihatsu pun menurut Rio siap mendukung upaya pemerintah agar subsidi BBM tidak membengkak. "Kalau berbicara tentang ukuran nozzle, ukuran nozzle di Ayla sejak awal memang sudah kita bedakan dengan model lain. Ini untuk mendukung upaya pemerintah itu," lugasnya.


Aston Martin Vanquish Edisi Bintang NBA

Aston Martin Vanquish Edisi Bintang NBALondon - Otolovers, bagi Anda penggila olahraga basket NBA sekaligus penggila mobil sport Aston Martin sepertinya cocok memiliki mobil Aston Martin Vanquish satu ini.

Sebab dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50, Aston Martin menyediakan edisi Aston Martin Vanquish dengan tanda tangan 50 bintang basket NBA. Saat ini mobil edisi khusus ini dilelang ke publik di London.

Adapun bintang legendaris NBA seperti Michael Jordan, David Robinson, Charles Barkley, John Stockton, Moses Malone, Sam Jones, Rick Barry, Bob Lanier, Bailey Howell dan John Havlicek turut serta membubuhkan tanda tangan di bodi Vanquish tersebut. Hasilnya sangat spesial.

Aston Martin sendiri mengkustom Vanqish produksi tahun 2002 dengan lapisan vinyl yang membalut seluruh bagian bodi sebelum ditanda tangani oleh para bintang NBA tersebut. Pada bagian kap mesin tersemat logo Children Safety Network dan 50th Anniversary Hall of Fame.

Pada odometernya, Aston Martin Vanquish ini baru menempuh 5.000 mil (8.047 km), artinya sangat beruntung siapapun pemilik selanjutnya. Bagian interiornya juga masih sangat terawat. Berapa harganya?

Oleh tim penilai dari rumah gadai Classic Auto California, mobil ini sempat ditaksir dengan harga US$ 1,25 juta atau sekitar Rp 14,4 miliar. Sementara itu sang pemilik, Geoff Abadee mengaku membeli Vanquish dengan harga US$ 200 ribu atau sekitar Rp 2,3 miliar.

Nantinya hasil lelang mobil ini akan disumbangkan pada yayasan Children Safety Network.

Vanquish diperkuat dengan mesin V12 berkapasitas 5.935 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga sampai 573 daya kuda pada 6.750 rpm dan torsi maksimum 620 Nm pada 5.500 rpm.

Dari 0-100 km per jam mobil bisa berlari dalam 4,1 detik saja dan kecepatan maksimumnya mencapai 295km/jam yang memang masih kurang cepat dari DBS.


Mobil Hidrogen Toyota Takkan Dijual Tahun Depan

Mobil Hidrogen Toyota Takkan Dijual Tahun DepanJakarta - Produsen ternama Toyota memastikan belum akan menjual kendaraan hidrogen Toyota FCV tahun depan. Toyota masih menunggu kepastian teknologi hidrogen ini sampai tahun depan.

Seperti diketahui bersama Toyota FCV konsep diperkenalkan sebagai varian hidrogen yang bakal menghiasi jalanan masa depan.

Dan seperti dilansir Autoexpress, Strategy Programme manager Mark Yamamuchi mengatakan, masih harus menunggu tahun depan untuk menguji varian hidrogen FCV konsep mereka.

"Kami telah perkenalkannya pada ajang Tokyo Motor Show tahun lalu. Tapi hal ini tidak memberhentikan produksi pabrik kami di Jepang untuk melahirkan teknologi ini," tegas Mark Yamamuchi.

Tidak hanya teknologi yang terus dikembangkan, Toyota juga mempersiapkan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang bakal mendukung laju setiap kendaraan ramah lingkungan dari Toyota.

Mengutip Japantimes, Toyota ikut mengucurkan dana hingga US$ 7,2 juta kepada FirstElement Fuel di California. Untuk bisa membangun SPBU hidrogen disana. Tidak tanggung-tanggung 19 SPBU hidrogen di California.

Hal ini juga kerap dilakukan pabrikan lainnya seperti Honda Motor Co, Hyundai Motor Co, yang juga ikut menginvestasikan uang mereka demi membangun SPBU Hidrogen di setiap negara bagian Amerika.


Toyota Indonesia Punya Pengalaman Ekspor Mobil Puluhan Tahun

Toyota Indonesia Punya Pengalaman Ekspor Mobil Puluhan TahunJakarta - Toyota Indonesia memiliki pengalaman ekspor mobil sejak puluhan tahun lalu. Ekspor perdana Toyota Indonesia dilakukan tahun 1987.

Sejak aktivitas ekspor perdananya di tahun 1987 hingga tahun 2013, Toyota telah mengirimkan lebih dari 560.000 unit kendaraan utuh ke mancanegara dengan total nilai sebesar lebih dari US$ 11 miliar.

"Ekspor ini juga akan meningkatkan tantangan serta kesempatan bagi Toyota Indonesia untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk yang prima demi mencapai senyum pelanggan baik di Indonesia maupun di dunia," kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami dalam keterangan resminya, Senin (5/5/2014).

Mobil pertama yang diekspor adalah Kijang Generasi ke-3 (Kijang Super) ke Papua Nugini dan beberapa negara di kepulauan Pasifik seperti Fiji dengan volume sekitar 50 unit per bulan.

Di tahun 2004, Toyota Indonesia memulai ekspor dengan jumlah yang besar model Avanza di bulan Mei dilanjutkan dengan model Kijang Innova di bulan November dengan volume awal masing-masing sebesar 8.400 unit dan 7.000 unit per tahun.

Seiring dengan berjalannya waktu, aktvitas ekspor Toyota semakin berkembang baik untuk volume dan negara tujuannya. Di tahun 2013, Kijang Innova, Fortuner, Avanza, Rush, Lite Ace telah diekspor ke lebih dari 70 negara di kawasan Asia, Pasifik, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Volume ekspor tahunan meningkat tajam dari sebanyak 580 unit menjadi lebih dari 118.000 unit per tahun. Hal ini sekaligus menjadikan merek Toyota sebagai penyumbang volume ekspor terbesar di Indonesia dengan persentase 70 persen dari total ekspor kendaraan.

Kini TMMIN berhasil menjadi perusahaan net-exportir yang memiliki jaringan di lebih dari 74 negara di berbagai belahan dunia. Selain kendaraan utuh completely bulit-up (CBU), TMMIN juga mengekpsor kendaraan dalam bentuk completely knocked down (CKD) dan mesin yang jumlahnya meningkat sepanjang tahun.


Ayla Berhasil Selamatkan Daihatsu

Ayla Berhasil Selamatkan DaihatsuJakarta - Meski Xenia mengalami penurunan penjualan akibat persaingan yang sengit di segmen Low Multi Purpose Vehicle, kehadiran si anak emas Ayla nampaknya membantu mengerek penjualan Daihatsu tahun ini. Dari Januari sampai April sudah ada 67.142 unit mobil Daihatsu yang terjual di Indonesia.

Total penjualan Daihatsu di kuartal pertama 2014 menurut Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau, sudah mencapai 67.142 unit atau naik 17 persen dari 57.623 unit mobil yang terjual tahun lalu di rentang waktu yang sama.

Bila dilihat, angka ini banyak dibantu dari penjualan Ayla yang tiap bulannya terjual sekitar 4.000an unit. Seperti diketahui, model ini baru diluncurkan Daihatsu di akhir tahun lalu.

Dari angka itu, Gran Max masih menjadi penyumbang penjualan terbesar Daihatsu dengan angka 17.781 unit, naik dari 15.094 unit di tahun lalu.

Sementara Xenia penjualannya hanya 16.956 unit saja, turun dari angka penjualan tahun lalu yang berada di angka 24.989 unit. Di sisi lain, Ayla di periode yang sama telah mampu terjual hingga 16.729 unit.

"Sejak awal tahun penjualan Ayla sudah bisa mengimbangi Xenia," katanya.


Daihatsu: Sudah 450.000 Xenia Terjual di Indonesia

Daihatsu: Sudah 450.000 Xenia Terjual di IndonesiaJakarta - Mobil fenomenal Daihatsu Xenia kini sudah berumur 1 dekade, alias 10 tahun. Selama 10 tahun ini penjualan Xenia telah mencapai hampir setengah juta.

Di tengah peperangan di segmen Low Multi Purpose Vehicle yang sedang panas, Daihatsu Xenia mampu bertahan sebagai salah satu model terlaris di Indonesia. "Selama 10 tahun, sudah 450 ribu Xenia terjual di Indonesia," kata Head Corporate Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman.

Angka penjualan itu terhitung sejak pertama kali Xenia diluncurkan pada 2004 lalu hingga Maret 2014. Di April sendiri ada 3.543 Xenia yang terjual di Indonesia. Puncak penjualan Xenia terjadi ketika lebih dari 7 ribuan Xenia terjual di 2012-2013an.

Tahun ini Xenia diperkirakan akan mampu terjual sebanyak 45 ribu unit hingga akhir tahun nanti. Angka tersebut turun dari 64 ribu unit di 2013.

Saat ini Daihatsu menjual Xenia dengan beberapa tipe bermesin 1.0 liter dan 1.3 liter dengan harga antara Rp 144,85 jutaan sampai Rp 198,55 jutaan.


Daftar Merek yang Mempersiapkan Mobil Autopilot

Daftar Merek yang Mempersiapkan Mobil Autopilot Jakarta - Dunia bakal seperti film fiksi ilmiah. Di masa depan mobil yang mampu berjalan sendiri tanpa dikemudikan manusia akan menyebar di jalanan. Merek-merek apa saja yang kini tengah mengembangkannya?

Era mobil autopilot memang di prediksi sudah di depan mata. Kurang dari dua dekade, mobil ini sudah akan ada di jalanan. Negara bagian California dan Nevada di Amerika Serikat malah sudah lebih dahulu mengizinkan mobil-mobil yang bisa berjalan sendiri untuk berkeliaran di jalanan mereka.

Untuk penjualan, mobil dengan teknologi autopilot di tahun 2025 diprediksi akan menginjak angka 230.000 unit atau kurang dari 1 persen dari 115 juta mobil yang terjual secara global di tahun itu.

Analis IHS Automotive Egil Juliussen mengatakan kalau pada 2035 angka itu diproyeksi akan membengkak berkali-kali lipat. Sebab pada tahun 2035, mobil berteknologi autopilot diprediksi akan terjual sebanyak 11,8 juta unit. "Atau 9 persen dari 129 juta mobil yang terjual secara global yang diharapkan pada tahun itu," kata Juliussen di Reuters.

Teknologi terkait autopilot ini sendiri dipandang banyak pengamat merupakan solusi praktis untuk menekan angka kecelakaan di jalan. Sebab, tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar kecelakaan disebabkan karena kesalahan manusia alias human error.

Nah kalau sudah begitu, mari kita lihat bagaimana langkah para produsen mobil untuk menyambutnya.


Aturan Wajib Produksi Mobil Dual Fuel Keluar Tahun Ini

Aturan Wajib Produksi Mobil Dual Fuel Keluar Tahun IniJakarta - Pemerintah tengah menyusun aturan pewajiban (mandatory) bagi produsen mobil untuk membuat dan menjual mobil dengan dua bahan bakar yakni bisa menggunakan menggunakan gas dan bahan bakar minyak (BBM).

"Saat ini penyusunan SKB (Surat Keputusan Bersama) sedang disusun, target kami tahun ini sudah keluar," kata Ketua Tim Percepatan Konversi BBM ke Bahan Bakar Gas Kementerian ESDM, Wiratmaja Puja ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Senin (5/5/2014).

Wiratmaja mengatakan, pihak-pihak yang terkait dalam SKB tersebut terdiri dari Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Keuangan.

"Dengan 4 kementerian tersebut mengeluarkan SKB, maka akan memberikan kepastian kepada produsen mobil dalam memproduksi mobil dual fuel. Saat ini kan produsen hanya butuh kepastian," ucapnya.

Dengan SKB tersebut, nantinya produsen mobil diwajibkan untuk memproduksi 10% dual fuel. "Jadi misalnya tahun depan produksi mobil ditargetkan total 1,2 juta unit, maka mobil dual fuel diproduksi 120.000 unit," ucapnya.

Ia menambahkan, penyusunan SKB sendiri masih memerlukan waktu yang cukup panjang karena melibatkan 4 kementerian.

"SKB-nya nggak bisa bulan depan atau dua bulan lagi, karena ini 4 kementerian. Perlu koordinasi dan ketelitian dalam penyusunannya. Tapi targetnya tahun ini sudah keluar," katanya.

Jika aturan sudah dirilis, maka butuh waktu 1-2 tahun untuk bisa produksi massal dan dijual kepada konsumen. "Tahun ini SKB keluar, kemudian butuh waktu 12-14 bulan untuk mempersiapkan dan produksi massal," ujarnya.


Komunitas Vespa Gelar Acara Moods Mayday

Komunitas Vespa Gelar Acara Moods MaydayYogyakarta - Pada 1 Mei 2014 yang bertepatan dengan hari buruh sedunia, komunitas Vespa Orijingan dan Move Yogya untuk pertama kalinya menggelar acara Djogjakarta Mods Mayday 2014 dengan mengusung tema “ Underneath we’re all the same”.

Kedua komunitas vespa yang masing masing mempunya ciri khas tersendiri itu mencoba menyampaikan bahwa vespa dulu, kemarin, sekarang dan esok akan tetap sama.

Event yang bertempat taman kuliner Condong catur diikuti kurang lebih 550 peserta yang registrasi dan partisipan dari sekitar kota Yogyakarta ,Solo Pemalang, Pekalongan ,Jakarta dan Bandung.

Acara diawali dengan registrasi peserta pukul 1 siang ,dilanjutkan dengan Rolling thunder menyusuri kota Yogya di jalan jalan utama seperti Jl Gejayan â€Â"Bunderan UGM- Kridosono- Jl Malioboro dan berakhir di Liquid cafe; di Jl Magelang.

Serangkaian acara telah dipersiapkan oleh para panitia untuk menghibur para peserta diantaranya kompetisi kostum terbaik dengan kreteria dandanan ala mods tahun 60-an. Penampilan group band local dan band dari ibukota Innocenti serta DJ yang juga ikut meramaikan acara tersebut.

"Pesan yang ingin disampaikan dari Djogjakarta Mods mayday 2014 adalah semua vespa sama ,tidak tua tidak yang muda ,tidak yang classic atau modern , satu vespa sama “satu vespa sejuta saudara “ ucap Tosan dan Vano selaku coordinator acara tersebut.



Wow, Koleksi Mobil Paul Walker Bakal Dijual

Wow, Koleksi Mobil Paul Walker Bakal DijualCalifornia - Meninggalnya Paul Walker akibat kecelakaan di California, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu menorehkan luka dalam bagi banyak pihak. Dibalik sosoknya sebagai aktor, ternyata Walker memiliki hobi di dunia otomotif.

Buktinya, semasa hidupnya ada puluhan mobil yang menjadi koleksi pribadinya. Mobil itu tidak sembarangan, karena banyak mobil super dan juga mobil-mobil super legendaris.

Nah, kabar terbarunya seperti dilansir situs berita selebriti, TMS, Senin (5/5/2014), koleksi mobil Walker akan dijual untuk umum. Jadi siapa saja yang tertarik, bisa membelinya dan yang pasti akan dijual dengan banderol selangit.

Sementara itu diberitakan Worldcarfans, sedikitnya ada 30 mobil koleksi Walker yang akan dijual secara pribadi. Saat ini semua perizinannya sedang diurus oleh pihak yang berwenang.

Koleksi mobil Walker yang akan dijual seperti mobil-mobil dari pabrikan BMW, Audi, Ford Mustang, Porsche dan masih banyak lagi merek lainnya yang tak kalah menariknya.


Kenapa Perang Diskon Mobil Terjadi?

Kenapa Perang Diskon Mobil Terjadi?Jakarta - PT Astra Internasional beberapa waktu lalu mengatakan laba bersih mereka tergerus karena adanya perang diskon di pasar mobil Indonesia. Ternyata, stok mobil yang ada di seluruh diler dari seluruh merek di Indonesia memang cukup besar, yakni mencapai 40 ribuan unit.

Seperti detikOto beritakan sebelumnya, PT Astra International Tbk mengakui kalau laba bersih Divisi Otomotif mereka turun sebesar 5% menjadi Rp 2 triliun pada kuartal pertama 2014 ini.

Astra menjelaskan walaupun permintaan otomotif masih baik sepanjang kuartal pertama tahun 2014, terjadinya perang diskon pada pasar mobil masih memberikan pengaruh pada laba bersih Astra.

Pada kuartal pertama 2014 ini total penjualan mobil nasional meningkat 11% menjadi 329.000 unit. Dari angka tersebut, penjualan mobil Grup Astra yang disokong Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks dan Peugeot mengalami kenaikan 12% menjadi 173.000 unit.

Pangsa pasar juga meningkat dari 52% pada tahun 2013 menjadi 53%. Terlebih sepanjang kuartal pertama tahun 2014, Astra meluncurkan empat model baru dan lima model facelift.

"Itu sebenarnya mekanisme pasar. Karena saat ini stok di pasar menurut Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sampai April sudah mencapai 40 ribu unit. Ini dari semua merek ya. Nah, kebijakan tiap merek kan berbeda-beda, ada yang memilih untuk mendiskon mobil mereka. Karena stok 40 ribu ini kan tetap harus mereka jual," jelas Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau.

"Angka 40 ribu ini terhitung cukup besar. Karena tahun lalu di waktu yang sama kalau tidak salah stok pasar hanya sekitar 20 ribuan saja. Stok Daihatsu sendiri masih sehat. Stok kita di pasar hanya sekitar satu sampai dua ribuan unit saja," kata Rio.

"Kita belum tahu sampai kapan stok akan sebesar ini karena produksi di tiap merek yang ada di Indonesia kan tidak mungkin dihentikan," ujarnya.

Apakah bisa sampai lebaran perang diskon terjadi? "Bisa jadi, bisa tidak. Kita harus lihat kondisi pasar nanti. Tapi saya tidak bisa jawab itu karena Daihatsu sendiri saat ini stoknya masih sehat. Itu tergantung merek-merek lain," lugasnya.


Optimistis Toyota Indonesia di Pasar Global

Optimistis Toyota Indonesia di Pasar GlobalJakarta - Peningkatan aktivitas ekspor Toyota ke pasar otomotif global semakin memantapkan Toyota Indonesia. Kondisi ini makin mengukuhkan posisi Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan suplai kendaraan MPV, SUV dan sedan secara global.

Beberapa tahun belakangan, Toyota menempatkan Indonesia sebagai negara yang penting untuk basis produksi dan suplai mobil-mobil ke pasar otomotif global.

"Toyota Indonesia telah terbukti kualitas dan kredibilitasnya sebagai basis produksi dan suplai kendaraan multiguna seperti Kijang Innova dan Fortuner," kata Managing Officer Toyota Motor Corporation Hiroyuki Fukui.

Pada akhir tahun 2013 lalu, Toyota Indonesia memulai produksi Vios di Pabrik Karawang II. Proyek lokalisasi ini merupakan salah satu realisasi investasi yang diumumkan Presiden Toyota Motor Corporation Jepang, Akio Toyoda bersama dengan lima perusahaan Toyota Grup lainnya pada tahun 2012.

Pabrik tersebut menelan investasi sebesar Rp 3,3 triliun dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun dengan line up Etios Valco, Limo dan akan memulai produksi Yaris di awal bulan April mendatang.

Fasilitas produksi Toyota lainnya yaitu Pabrik Karawang I memproduksi Kijang Innova dan Fortuner dengan kapasitas produksi sebesar 130,000 unit per tahun. Secara total, pabrik-pabrik Toyota Indonesia memiliki kapasitas produksi sebesar 250,000 unit per tahun.

"Perkembangan operasi bisnis Toyota Indonesia bukan hanya hasil dari kerja keras seluruh karyawannya. Situasi sosial dan ekonomi yang stabil juga sangat mendukung ekspansi ini. Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada pemerintah lokal maupun pusat yang terus mendukung pengembangan industri otomotif di Indonesia," jelas Managing Officer Toyota Motor Corporation Hiroyuki Fukui.



Lamborghini Urus Bakal Gendong Mesin Turbo

Lamborghini Urus Bakal Gendong Mesin TurboBologna - Setelah sempat terdengar kabar Lamborghini bakal menunda kelahiran SUV mereka Urus hingga 2018. Rupanya tertundanya kelahiran SUV Lamborghini ini rupanya bukan tanpa alasan, karena pabrikan Italia ini tengah mempersiapkan turbo yang bisa menambah ketangguhan di jalanan.

CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann, memberikan tanda bahwa tidak menutup kemungkinan dirinya untuk menyematkan turbocharged pada mesin V8 yang akan dibawa Lamborghini Urus.

"SUV mengusung mesin Turbo akan menjadi sesuatu yang baru bagi kami," kata Winkelmann yang dilansir auto express, Senin (5/5/2014).

Winkelmann juga menambahkan langkah ini menjadi strategi baru untuk membantu Lamborghini dalam memenuhi peraturan emisi internasional.

Sementara itu, seperti dilansir leftlanenews, diharapkan Lamborghini Urus akan mengusung platform MLB milik Volkswagen (Toureg) yang telah dipakai oleh generasi terbaru Audi Q7 dan Porsche Cayenne.

Lamborghini Chief Designer, Felipo Perini menambahkan desain yang bakal disajikan nanti tidak menutup kemungkinan akan berbeda dengan desain yang telah ditampilkan.

"Meskipun rencana saat ini masih bisa dikatakan tidak ada perubahan yang telah diperkenalkan pada konsep Urus sebelumnya. Tapi bisa dipastikan Urus akan menjadi SUV yang luar biasa," ujar Felipo Perini.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, mobil Lamborghini akan mulai meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Urus pada tahun 2018, mundur 1 tahun setelah sebelumnya dinyatakan akan dijual pada 2017.


Banyak Pesaing, Penjualan Xenia Turun

Banyak Pesaing, Penjualan Xenia TurunJakarta - Medan perang di pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) saat ini sedang panas. Avanza, Xenia, Spin, VX-1, Ertiga dan Mobilio berebut menarik perhatian konsumen roda empat Indonesia. Persaingan yang ketat ini pula yang ternyata membuat penjualan Daihatsu Xenia turun.

Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau menuturkan, pada Januari sampai April 2014 ini penjualan Xenia hanya 16.956 unit saja, turun dari angka penjualan tahun lalu yang berada di angka 24.989 unit.

"Turun sekitar 32 persen," katanya di sela-sela acara Konferensi Pers Xenia 10 Tahun di Q Billiard, eX Plaza Indonesia, Senin (5/5/2014).

Penurunan ini menurutnya akan membuat total penjualan Xenia di 2014 ini juga akan turun menjadi 45 ribu, turun dari 64 ribuan di 2013. Itu akibat penjualan bulanan tahun ini turun dari sekitar 5.300 unit per bulan menjadi 3.500-4.000 unit per bulan.

"Ini banyak disebabkan karena persaingan di LMPV makin ketat. Pesaing Xenia banyak," katanya.

Untuk itu, Daihatsu, menurut Rio akan membenahi beberapa hal mulai dari memperkuat jaringan serta menambah kekuatan di man power seperti sales dan bagian pelayanan. Promosi terkait mobil fenomenal ini juga akan kembali digencarkan. Namun untuk Xenia terbaru atau Xenia facelift, Daihatsu belum mempersiapkannya.

"Persentase di LMPV tahun lalu kan sekitar 33 persen dari total pasar yang ada, lalu turun ke 31 persen karena ada LCGC. Tapi sekarang sudah kembali ke 33 persen. Total penjualan segmen ini kan tidak bisa begitu saja bisa naik, jadi ketika ada pesaing baru dia akan mengambil dari segmen bawahnya, segmen atasnya atau segmen setara dari merek berbeda. Ini sudah mekanisme pasar, tapi kita yakin Xenia akan kembali membaik," lugasnya.


Honda: CBR250R Anyar Meluncur Dalam Waktu Dekat

Honda: CBR250R Anyar Meluncur Dalam Waktu DekatJakarta - Pasar motor sport mesin 250cc dalam waktu dekat akan kembali memanas setelah PT Honda Astra Motor (AHM) memastikan akan meluncurkan Honda CBR250R terbaru dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat. Tunggu saja tanggal mainnya," ungkap Deputy Head of Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin di Jakarta.

Pria akrab disapa Muhib ini belum mau bicara kepastian waktu peluncuran sebelum waktu peluncuran motor pesaing Yamaha R25 tersebut tiba.

Tapi yang jelas, dikatakan Muhib jika AHM tengah berbenah mempersiapkan waktu peluncuran model baru dari Honda CBR250R di Indonesia.

Kabarnya akan ada penyesuaian harga Honda CBR250R teranyar begitu sampai ke Indonesia. Kira-kira berapa selisih harga terbarunya dengan model Honda CBR250R lawas.

Di laman resmi AHM, saat ini Honda CBR250R ABS dibanderol Rp 56,7 juta, CBR 250R ABS Repsol Edition Rp 57,950 juta dan CBR 250R STD Rp 48,950 juta.

Motor ini disokong mesin CS250RE, 4 Langkah, DOHC, 1 silinder disandingkan dengan 6 speed. Motor ini memiliki PXLXT (2.035 x 720 x 1.125 mm) dan jarak sumbu roda 1.370 mm.