Friday, January 23, 2015

Triumph Tiger Explorer Terbaru Muncul di Jalanan

Triumph Tiger Explorer Terbaru Muncul di JalananBarcelona - Model Triumph Tiger Explorer yang memiliki pembaruan di berbagai lini terlihat tengah menjalani uji jalan di Barcelona, Spanyol pekan ini. Hal itu meyakini bahwa motor terbaru Triumph ini akan meluncur dalam waktu dekat.

Seperti dilansir Visordown, Sabtu (24/1/2015), foto Triumph Tiger Explorer yang diambil secara diam-diam ini menampilkan penampilan baru. Hal itu ditambah dengan garpu, roda dan rem terbaru.

Garpu baru itu menghadirkan kaliper rem radial mounted Brembo. Fitur itu sama dengan fitur yang ditemukan pada BMW R1200GS.

Seorang fotografer yang mengambil gambar ini mengatakan, motor ini juga terlihat sedang diuji respon throttle-nya. Hal itu bisa menunjukkan perubahan spesifikasi mesin.

"Mereka (penguji) membandingkan Tiger Explorer dan R1200GS di jalanan yang biasa digunakan untuk tes suspensi. Aku tahu akan ada beberapa perubahan pada mesin karena aku melihat mereka menguji respon throttle di jalan," kata fotografer itu.

Perubahan tampilan terlihat dari bagian depannya. Hal itu membuat model Triumph Tiger Explorer terbaru terlihat memiliki garis yang tegas.

Selain itu, radiator cowls dan bodywork yang terdapat di kedua sisi tangki muncul untuk memperpanjang garis tegas pada model ini. Indikator yang lebih kecil dan ditempatkan pada posisi yang berbeda juga terlihat jelas.

Diperkirakan, Tiger Explorer terbaru ini akan menjadi model 2016.


(rgr/ady)

Ujian Terakhir Honda Civic Terganas di Kutub Utara

Ujian Terakhir Honda Civic Terganas di Kutub UtaraNordland - Sebelum masuk produksi masal, mobil prototipe harus mengikuti serangkaian uji coba. Hal ini juga dilakukan oleh produsen mobil Honda dalam menguji Civic terganasnya.

Dilansir laman Worldcarfans, Sabtu (24/1/2015) saat ini Honda Civic Type R sedang dalam tahap pengujian terakhir sebelum masuk ke produksi masal. Pengujian Civic terganas ini dilakukan di Artic Circle, Kutub Utara.

Dalam pengujian terakhir ini, Civic Type R ini masih tetap menggunakan desain terakhir sebelum pengujian di musim dingi. Lihat saja sayap pelakang yang tetap mempertahankan desain lampu yang menyatu pada sayap belakang.

Knalpotnya juga didesain memiliki 4 lubang yang 2 diantarnya berada di kiri dan kanan.

Pada bagian depan tidak terlihat adanya lampu LED daytime running. Tapi versi produksinya mungkin saja bakal disematkan lampu LED.

Untuk jantung pacunya, Honda Civic terganas ini akan menggendong mesin 2.0-liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 280 hp (206 kW).

Rencananya, versi produksi dari Honda Civic Type R ini akan diperkenalkan dalam waktu yang tidak lama lagi, Kemungkinan besar, produsen mobil ketiga terbesar di Jepang itu akan memamerkannya di ajang Geneva Motor Show yang akan digelar Maret 2015 mendatang.


(ady/ddn)

Ini Edisi Khusus Ford EcoSport

Ini Edisi Khusus Ford EcoSport Jakarta - Masyarakat Jepang sangat beruntung. Karena, Ford telah meluncurkan edisi khusus untuk masyarakat Jepang yang hanya diproduksi sebanyak 70 unit saja.


Keterangan Foto :
EcoSport edisi khusus itu memiliki cat berwarna kuning menyala dan dibanderol dengan harga 2.530.000 atau setara dengan Rp 269 jutaan. Istimewa/Ford.

7 Hal Yang Merusak Cat Mobil Tanpa Anda Sadari

7 Hal Yang Merusak Cat Mobil Tanpa Anda Sadari Jakarta - Menjaga penampilan mobil Anda tetap menarik tentu merupakan suatu kewajiban. Selain mobil Anda jadi enak dipandang, mobil dengan tampilan yang menarik tentu akan membuat nilai jualnya tetap tinggi. Hal pertama yang otomatis dilihat dari sebuah mobil tentu eksteriornya, lebih tepatnya adalah cat mobilnya.

Anda tentu sudah mengetahui bahwa menyerempet tembok, mobil dijemur di panas matahari, maupun disenggol motor dapat membuat cat mobil Anda menjadi rusak. Namun, selain hal-hal tersebut, ada juga hal lain tanpa Anda sadari dapat membuat cat mobil Anda menjadi rusak.

Sebaiknya Anda selalu membawa kain microfiber dan cairan pembersih mobil di bagasi mobil, sebab hal-hal berikut ini harus segera dibersihkan agar cat mobil Anda tetap bagus. Inilah ketujuh hal yang dapat merusak cat mobil Anda tanpa disadari.

Ford EcoSport Edisi Khusus Cuma 70 Unit

Ford EcoSport Edisi Khusus Cuma 70 UnitTokyo - Masyarakat Jepang sangat beruntung. Karena, Ford telah meluncurkan edisi khusus untuk masyarakat Jepang yang hanya diproduksi sebanyak 70 unit saja.

Dilansir laman Indianautosblog, Sabtu (24/1/2015) EcoSport edisi khusus itu memiliki cat berwarna kuning menyala dan dibanderol dengan harga 2.530.000 atau setara dengan Rp 269 jutaan.

Dalam edisi khusus ini, pabrikan mobil asal Amerika tidak membedakan sentor jantung pacu. Ford EcoSport yang hanya dibuat 70 unit di Jepang ini tetap menggendong m esin bensin 1.5-liter yang mampu menghasilkan tenaga 110 hp pada 6.300 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.400 rpm.

Hanya saja, EcoSport edisi khusus ini dilengkapi dengan dual-clutch dan gearbox otomatis 6 percepatan.

Ford EcoSport edisi khusus yang dijual hanya di Jepang ini memiliki dimensi panjang 4.195 mm atau lebih panjang sedikit dari EcoSport yang dijual di India, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.655 mm.

Mobil ini juga tak luput disematkan fitur keamanan dual airbag, EBS, ABS, ESP dan traksi kontrol. Fitur hiburannya juga mendukung seperti menggunakan 6 speaker yang sudah dilengkapi dengan Ford SYNC.



(ady/ddn)

Honda: HR-V Bakal Jadi Mobil Favorit

Honda: HR-V Bakal Jadi Mobil FavoritJakarta - Honda optimistis mobil SUV terbaru HR-V bakal menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Animo masyarakat terhadap mobil ini cukup tinggi.

Sejak dibuka pemesanannya pada Indonesia International Motor Show tahun 2014 lalu, HR-V sudah terpesan sebanyak 7.000 lebih. Honda pun menargetkan bisa menjual 25.000 unit pada 2015.

"Kami percaya bahwa Honda HR-V akan menjadi favorit baru di Indonesia, melihat trend pemesanan yang sangat positif sekarang," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (24/1/2015).

Honda hari ini mengirim 100 unit HR-V kepada pemesan pertama mobil. Acara ini bakal berlangsung meriah soalnya akan dihadiri JKT48, Daniel Mananta dan Maria Selena.

Masyarakat pemesan mobil dalam pantauan detikOto pukul 10.15 WIB ini sudah mulai berdatangan dan duduk manis di tempat acara menanti kunci mobil idaman mereka diserahkan.



(ddn/ady)

BMW dan Toyota Bikin MINI Versi Harga Terjangkau?

BMW dan Toyota Bikin MINI Versi Harga Terjangkau?Tokyo - Bayerische Motoren Werke (BMW) dan Toyota Motor telah menjalin kerjasama untuk mengembangkan produk bersama. Sejumlah sumber menyebut, kongsi dua pabrikan itu bakal mengahsilkan sebuah hatchback entry level yakni MINI Minor.

Seperti dilaporkan Automobile Magazine dan Worldcarfans, Sasbtu (24/1/2015), sumber di pabrikan itu mengatakan, harga MINI Minor itu sangat terjangkau.

Wujud dari hatchback tersebut merupakan paduan antara MINI Paceman dan Concept Rocketman, namun diracik ulang sehingga menghasilkan desain yang unik dan menarik.

Bahkan banderol dari mobil itu sudah disebut-sebut yakni berkisar US$14,500 dan $16,000 atau sekitar Rp 178,35 juta dan 196,8 juta. Namun, hingga kini belum ada rincian resmi soal spefisikasi. Begitu pun tanggapan dari Toyota maupun BMW.



(arf/ady)

Honda Akhiri Penantian Konsumen Mobil HR-V

Honda Akhiri Penantian Konsumen Mobil HR-VJakarta - Honda Prospect Motor (HPM) mulai menyerahkan unit mobil Sport Utility Vehicle (SUV) HR-V kepada 100 konsumennya di Jakarta. Pengiriman 100 unit mobil secara serentak dilakukan di Waterbom, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (24/1/2015).

"Acara hari ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada seluruh konsumen yang telah memesan dan bersabar menunggu kehadiran mobil HR-V sampai saat ini," ujar Presdir PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida dalam pernyataannya.

Terus bagaimana dengan ribuan konsumen lain yang sudah memesan HR-V? Uchida berjanji untuk terus memaksimalkan produksi sehingga pengiriman unit mobil ke konsumen bisa dipercepat.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menuturkan, mobil sudah bisa dilihat di ruang pamer Honda di seluruh Indonesia.

Mobil berkapasitas mesin 1.500 cc dan 1.800 cc ini memiliki 5 varian dan dijual mulai seharga Rp 243 juta sampai Rp 355 juta di Jakarta.

Untuk harga mobil berwarna metallic dan pearl ada tambahan biaya khusus Rp 1.500.000, sedangkan warna orchid pearl two tone dikenakan biaya tambahan Rp 3.000.000.


(ddn/ady)

Si Cantik di Pameran Mobil Eropa Barat

Si Cantik di Pameran Mobil Eropa Barat Jakarta - Pameran otomotif Brussel atau Brussel Motor Show 2015 digelar sejak 16 hingga 25 Januari nanti. Seperti lazimnya pameran mobil di sejumlah negara, kehadiran gadis-gadis cantik, juga menjadi pemikat pengunjung pameran itu.


Keterangan Foto :
Empat model berpose dengan Suzuki Vitara. Istimewa/Carbuzz.

3 Keuntungan Motor Pakai Ban Radial

3 Keuntungan Motor Pakai Ban RadialJakarta - Tipe struktur ban bias dan ban radial tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Masing-masing tipe ban tersebut menawarkan keunggulan untuk tipe motor yang berbeda. Ban bias kerap kali digunakan pada motor-motor bebek dan skuter matik (skutik). Sebab, kedua motor itu tidak terlalu membutuhkan ban yang memiliki kontur yang kuat.

Namun, motor sport dianjurkan untuk menggunakan ban radial yang memiliki kontur yang lebih kuat. Soalnya, performa motor sport akan lebih maksimal dengan menggunakan ban radial.

Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia Bayu Surya Pamugar Sugeng menuturkan, perbedaan kedua tipe ban itu hanya satu yaitu pada konstruksinya. Ban bias menggunakan serat nilon sementara ban radial menggunakan serat baja.

Ban radial

Michelin Konstruksi ban Radial

Ban bias

Konstruksi ban Bias
Halaman 1 2 »

(rgr/ddn)

Skutik Yamaha 150 cc Buatan Indonesia akan Dijual ke Berbagai Negara

Skutik Yamaha 150 cc Buatan Indonesia akan Dijual ke Berbagai NegaraJakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing segera memproduksi skuter matik bermesin 150 cc berteknologi Blue Core. Skutik yang bakal bertarung dengan Honda PCX itu, merupakan produk untuk pasar global.

"Skutik ini merupakan model global yang proses produksinya dilakukan di Indonesia. Bukan hanya diekspor ke negara-negara ASEAN saja, tetapi juga negara-negara lain," ujar Asisten General Manager Marketing Yamaha Indonesia, Mohammad Masykur, saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Indonesia, kata Masykur, telah dipilih menjadi basis produksi untuk model ekspor oleh Yamaha pusat di Jepang dengan target produksi 100.000 unit dalam waktu tiga tahun. Artinya dalam kurun waktu itu, jumlah model yang diekspor ke pasar global telah produksinya telah sebanyak itu per tahunnya.

"Tapi kami belum tahu persis, berapa volume produksi untuk skutik 150 cc Blue Core tersebut, karena jumlah itu kan terdiri dari beberapa model. Sedangkan yang sudah diproduksi (di Indonesia) baru Yamaha R25," papar Masykur.

Dia menambahkan, setelah memproduksi New Mio M3 125 Blue Core yang saat ini tengah dipasarkan, Yamaha Indonesia dinilai sukses oleh Yamaha pusat di Jepang. Sambutan konsumen yang positif terhadap skutik berteknologi anyar itu membuat Yamaha di Negeri Sakura semakin percaya terhadap Yamaha Indonesia.

Hanya Masykur, belum bersedia menyebutkan kisaran harga dari skutik 150 cc Blue Core tersebut, dengan dalih masalah itu masih dalam proses pembahasan. "Rapat saat ini masih berlangsung," ucapnya saat dihubungi detikOto sore tadi.


(arf/ddn)

9 Cara Membuat Mobil Lebih Irit BBM

9 Cara Membuat Mobil Lebih Irit BBM Jakarta - Tidak peduli apakah Anda mengendarai mobil tua atau mobil baru, besar atau kecil, ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh para pemilik kendaraan untuk membuat mobilnya menjadi ramah lingkungan.

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, Anda turut menjaga lingkungan menjadi lebih bersih. Di sisi lain, konsumsi bahan bakar mobil Anda juga menjadi lebih irit, dan dengan begitu pengeluaran Anda pun menjadi lebih hemat.

BMW Dapuk Mantan Eksekutif Audi Pimpin Merek MINI

BMW Dapuk Mantan Eksekutif Audi Pimpin Merek MINIMunich - Produsen mobil mewah BMW mengangkat mantan eksekutif Audi, Sebastian Mackensen, sebagai kepala merek MINI. Tahun ini BMW memang berupaya keras untuk mendongkrak penjualan MINI setelah tahun lalu hanya naik tipis.

Seperti dilansir Automotivenews, Jumat (23/1/2015) penjualan MINI di pasar global sepanjang 2014 lalu hanya sebanyak 302.183 unit. Jumlah itu naik tak lebih dari 1 persen.

BMW memang tengah mati-matian untuk mengatrol keuntungan jangka panjang MINI. Manajemen merek mobil kecil mewah yang dibuat di Inggris itu akan menghentikan penjualan tiga varian MINI yang dianggap lambat.

Ketiganya adalah MINI coupe, roadster, serta Paceman. Selanjutnya MINI akan berkonsentrasi kepada penjualan model hatchback tiga dan lima pintu.

Adapun Mackensen akan menggantikan John Goller, yang mengepalai merek MINI sejak 2013 lalu. Sementara Goller akan dioper ke Tiongkok untuk mengepapalai penjualan dan pemasaran BMW Brilliance, perusahaan patungan BMW dan perusahaan lokal.

Sebelumnya, Goller sempat berkiprah di bidang itu di Negeri Tirai Bambu tersebut. Itu dilakoninya sebelum ditarik ke Eropa untuk mengepalai MINI.


(arf/ddn)

Mengenal Cara Kerja Matik CVT di Mitsubishi Mirage

Mengenal Cara Kerja Matik CVT di Mitsubishi MirageBandung - Mitsubishi Mirage tersedia 2 pilihan transmisi. Pertama manual yang hanya ada di tipe GLX, dan kedua transmisi otomatis atau matik CVT (Continuously Variable Transmission) yang tersedia di semua tipe kecuali GLX. Lalu bagaimana cara kerja matik CVT di Mirage ini?

SUV and MPV Support Section Service Departement PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Firdian Nurhidayat menjelaskan, pada tuas transmisi di Mirage matik ini ketika mobil berjalan berada di posisi D (Drive) dan ada posisi B (Brake).

Menurutnya, cara kerja dari posisi D ke B itu untuk engine break atau bisa digunakan pada saat jalanan yang menanjak atau menurun. Kenapa? Karena istirahnya turun 1 level dari posisi D.

"Ketika diposisi D pindahkan langsung saja ke B, itu otomatis levelnya akan turun 1. Selama di posisi B akan seperti itu. Setelah jalanan normal lagi baru bisa langsung dipindahkan ke D lagi," beber Firdian di Rest Area Km 97 Tol Cipularang, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015).

Ia juga menjelaskan mekanisme engine break dari posisi D ke B itu seperti apa. Menurutnya, ketika dipindahkan dari D ke B, ECU (Electronic Control Unit/otaknya mobil) akan memberikan perintah, sehingga terjadi seperti engine brake.

"Kalau di CVT itu namanya ada liquid di dalamnya, mekanismenya itu ada valve (katup) yang bekerja. Misalnya ada perintah dari ECU, katup akan menutup sehingga RPM-nya tidak bisa menyentuh limit sekian sehingga adanya tekanan seperti engine brake," bebernya.





(ady/ddn)

Toyota Diramalkan Kehilangan Mahkota Tahun Ini

Toyota Diramalkan Kehilangan Mahkota Tahun IniShanghai - Toyota Motor Corporation yang tahun lalu masih menjadi raja penjualan mobil sejagat, tahun ini bisa kehilangan mahkota juara penjualan.

Itu terjadi jika pabrikan asal Jepang tersebut tak menerapkan strategi jitu dan Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia.

Seperti dilansir Automotivenews Europe, Jumat (23/1/2015), penjualan Toyota sepanjang 2015 ini diperkirakan hanya 10,15 juta unit atau merosot 1 persen dibanding tahun lalu. Jika dibanding dengan penjualan Volkswagen (VW) yang tahun lalu berada di urutan kedua, penjualan Toyota lebih banyak 10.000 unit saja.

Sementara di Tiongkok, Toyota berada di urutan keenam dalam hal penjualan. Berbeda dengan pesaing kuatnya, VW yang terus menggelontorkan produk anyar di Negeri Tirai Bambu, posisi penjualan Toyota masih melemah.

"Sehingga, hampir mustahil untuk berada di nomor satu penjualan di dunia, jika tak memimpin (penjualan) di Tiongkok," papar Managing Director Gao Feng Advisory Co, lembaga konsultan pemasaran yang berbasis di Shanghai, Bill Russo.

VW baru saja membangun pabrik baru di Changsha, Tiongkok. Kehadiran pabrik baru itu akan menambah kapasitas produksi VW di negeri ini sebanyak 300.000 unit.

Langkah serupa juga ditempuh General Motors, yang tahun lalu berada di urutan ketiga terbnesar di dunia dalam hal penjualan. Pabrikan asal Amerika Serikat itu juga terus memborbardir pasar Tiongkok dengan model anyar besutannya.

Penjualan Toyota--termasuk Hino Motors dan Daihatsu Motor Company--sepanjang 2014 lalu naik 3 persen dibanding tahun sebelumnya. Total mobil dan truk yang dilego pabrikan ini mencapai 10,23 juta unit.

Sementara, pada saat yang sama, penjualan VW mencapai 10,14 juta atau meningkat 4 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan General Motors membukukan penjualan 9,92 juta unit atau naik 2 persen.


(arf/ddn)

Ssst! Ini Skutik Bongsor Anyar Yamaha Indonesia

Ssst! Ini Skutik Bongsor Anyar Yamaha IndonesiaJakarta - Dalam meeting internal diler-diler Yamaha di Jakarta, Yamaha membocorkan satu motor baru di Indonesia. Motor itu adalah sebuah skutik berbodi bongsor yang menggunakan teknologi Blue Core.

Yamaha Motor Company (YMC) memilih Indonesia sebagai tempat perdana memperkenalkan produk global tersebut. Karena motor itu akan diproduksi di Indonesia.

Produk itu diperlihatkan perdana pada Jumat 23 Januari 2015 di event 3S Meeting PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) atau meeting internal main dealer dan dealer YIMM se-Indonesia yang rutin dilaksanakan sekali setahun di Jakarta.

President dan CEO YMC Hiroyuki Yanagi mengumumkan mengenai produk tersebut kepada perwakilan main dealer dan dealer YIMM, dan juga dari Yamaha negara-negara ASEAN.

Motor itu menjadi motor ke-4 Yamaha yang menggunakan teknologi Blue Core setelah Nozza Grande (Vietnam), Grand Filano (Thailand) dan New Mio M3 125 (Indonesia).

Bedanya, itu merupakan motor pertama berteknologi Blue Core yang jadi global model. YMC mempercayakan kepada Yamaha Indonesia memproduksinya sehingga ini motor global model kedua setelah YZF-R25 yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia.

"Teknologi Blue Core menjadikan motor sangat hemat bahan bakar, sudah diperkenalkan di 2014 dan di 2015 ini lahir produk baru lagi yang mengusung teknologi tersebut. Di tahun ini pun Yamaha ready to fight back, mari kita berjuang bersama sebagai keluarga Yamaha," ujar President & CEO YMC Hiroyuki Yanagi di Jakarta.





(ddn/ddn)