Wednesday, April 2, 2014

Di Masa Depan Mobil Baru Wajib Punya Kamera Parkir

Di Masa Depan Mobil Baru Wajib Punya Kamera ParkirNew York - Banyaknya kecelakaan membuat Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), membuat peraturan yang mewajibkan setiap pabrikan memiliki kamera parkir belakang.

Dikutip CNN, Kamis (3/4/2014), NTHSA rencananya akan mengumumkan peraturan ini dalam waktu dekat. Dan peraturan untuk memiliki kamera belakang disetiap mobil akan berlaku di Mei 2018 mendatang.

Memang fitur ini sudah banyak diadopsi oleh beberapa pabrikan, meski NTHSA belum mewajibkannya. Namun banyaknya angka kematian anak-anak akibat tertabrak di belakang mobil, membuat NTHSA bakal mewajibkan untuk menggunakan fitur kamera parkir.

"Bahkan ada 210 kematian setiap tahunnya. Dan kendaraan yang sudah mengadopsi fitur ini bisa mengurangi hingga 59-69 kematian," ucap Menteri Transportasi AS Anthony Foxx.

"Keselamatan adalah prioritas tertinggi kami, dan kami berkomitmen untuk melindungi korban yang paling rentan kecelakaan backover (parkir belakang) untuk usia muda dan anak-anak kita," tambahnya.

Dan untuk mobil yang belum memiliki fitur kamera belakang, NHTSA memperkirakan konsumen bisa menambahkan fitur kamera belakang dengan biaya sekitar US$ 140.



Siapa Hiroyuki Fukui, Bos Baru Toyota Indonesia?

Siapa Hiroyuki Fukui, Bos Baru Toyota Indonesia?Jakarta - Tidak banyak yang menyangka kalau Toyota akan memilih Hiroyuki Fukui sebagai presiden direktur PT Toyota-Astra Motor. Nama Fukui pun baru masuk di bursa menjelang pemilihan bos Toyota. Siapa sebenarnya Fukui?

Pria Jepang kelahiran 11 Maret tahun 1960 ini sebenarnya sudah setahun berkecimpung di Indonesia. Tetapi sepak terjang Fukui di Toyota selama ini lebih banyak di negara Amerika.

Per April 2013 lalu Fukui yang mengenyam pendidikan di New York University Stern School ini menjabat sebagai Chairman PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Namun dalam beberapa event yang digelar Toyota, Fukui hanya berada di balik layar.

Padahal posisinya di Toyota Motor Co tinggi. Pria ini menjabat sebagai Managing Officer. Karena itulah, Toyota sengaja memasang salah satu managing officernya di Indonesia karena melihat Indonesia memegang peranan penting di pasar otomotif global.

Apalagi melihat fakta kalau penjualan mobil Toyota di Indonesia berada di urutan kelima terbesar penjualan Toyota di seluruh dunia.

Berikut rekam jejak Fukui di Toyota:

April 1982: bergabung dengan Toyota Motor Corporation
April 1982-Maret 1991: staf di Toyota Amerika Utara
April 1992-Desemer 1996 koordinator eksekutif Toyota Motor Sales
Januari 1997-Desember 1999 manajer hubungan industri dan pemerintah Toyota Amerika
Januari 2000-Desember 2004 wakil presiden Toyota Amerika Utara
Januari 2005-Desember 2009 deputy general manager Amerika
Januari 2010-Desember 2010 wakil presiden grup Toyota Motor Sales Amerika
Januari 2011-April 2013 wakil presiden senior Toyota Motor Sales Amerika
sekarang: Managing Officer TMC, Preskom PT Toyota Motor Manufacturing, Presdir PT Toyota-Astra Motor


Tragis, Cacat Akibat Mau Berhemat 57 Sen

Tragis, Cacat Akibat Mau Berhemat 57 SenWashington - Produsen mobil terbesar di Amerika Serikat, General Motor tengah disorot ketika melakukan penarikan kembali (recall) jutaan mobil mereka akibat masalah di stop kontak. Ternyata, masalah ini timbul hanya karena GM tidak mau mengeluarkan US$ 1 lebih banyak untuk mengantisipasi masalah.

GM terhitung sudah menarik 2,6 juta kendaraan karena masalah ini. Penarikan itu terpaksa dilakukan karena adanya masalah di stop-kontak pada mobil produksi GM yang membuat mesin tiba-tiba mati hingga kantung udara yang tidak berfungsi, masalah powersteering hingga rem.

Penarikan kendaraan termasuk Chevrolet Cobalt, Chevrolet HHR, Saturnus Ion, Saturn Sky dan Pontiac Solstice serta Pontiac G5 yang dibuat antara 2003-2011. Sedikitnya ada 12-13 kematian terjadi karena masalah ini.

Masalah terjadi ketika model-model yang ditarik mengusung desain baru 1 dekade lalu namun tidak mengubah beberapa bagian yang menyebabkan terjadinya masalah.

Dilansir Reuters, GM pada tahun 2005 memutuskan untuk tidak mengubah saklar pengapian karena akan menambah sekitar 1 dolar tiap mobil. Kenyataan tragis ini tertulis di sebuah dokumen internal yang diberikan GM kepada penyidik Kongres AS. Pada tahun 2006, GM juga tidak mengubah saklar tersebut untuk model tahun 2007 yang baru.

Anggota kongres Diana DeGette mengatakan kalau dalam dokumen GM itu tertulis biaya tambahan sekitar 57 sen untuk melakukan penyesuaian. Sementara pencarian Reuters menampilkan angka 90 sen.

Namun, Chief Executive General Motors Co Mary Barra mengatakan kalau itu bukanlah budaya mereka di 'New GM' --sebutan bagi GM baru selepas krisis 2009--. Dia juga mengatakan kalau dia baru memegang tampuk kekuasaan di tahun ini. Di New GM, menurut Barra, konsumen lebih dipentingkan dibanding urusan biaya tadi.

Dalam email, salah satu insinyur, John Hendler, mengatakan kalau timnya siap untuk terus menggunakan saklar yang dibuat oleh Delphi Automotive dan telah disetujui oleh GM, meskipun Delphi mengatakan pada awal tahun 2002 bahwa saklar mereka tidak memenuhi spesifikasi kinerja GM.

Kembali ke awal 2000, GM seperti halnya produsen mobil lain di AS --Chrysler dan Ford-- memang tengah berada di bawah tekanan untuk menghadapi persaingan dari merek luar AS.


Honda Tiger Super Dirt Bike

Honda Tiger Super Dirt Bike Jakarta - Meski baru saja diumumkan Honda discontinue, Honda Tiger tetap menjadi motor langganan pecinta modifikasi. Nih, lihat saja motor ini. Tampang si macan sudah tidak tampak lagi berganti dengan 'Super Dirt Bike.'


Keterangan Foto :
Honda Tiger yang dimodifikasi di Tauco Custom ini memiliki kaki gambot untuk mendukung mesin 200 cc. (Istimewa/Topo Goedel Atmodjo).

Orang Kaya Sampai Anggota DPR Pesan Jok Kulit Mewah Ini

Orang Kaya Sampai Anggota DPR Pesan Jok Kulit Mewah IniJakarta - Jok yang terbuat dari kulit sudah menjadi kebutuhan utama sebagian pengguna mobil. Mereka merasa dengan jok kulit mobil jadi terlihat lebih mewah dan elegan.

Belum faktor kenyamanan. Alhasil, selain anak muda, anggota DPR juga ternyata hobi memodifikasi jok mobil.

Kocek yang dikeluarkan anggota DPR ini untuk mengubah tampilan interiornya tergolong besar hingga puluhan juta rupiah.

"Mulai Rp 15 juta sampai puluhan juta. Kebanyakan mobil-mobil premium class. Segmennya di atas Rp 15 juta," kata Presiden Direktur Vertue Corp selaku pemegang merek Wollsdorf Leather, Edy di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara.

Menurutnya anggota DPR yang tidak ingin disebutkan namanya ini tidak segan-segan mengeluarkan dana demi mempercantik bagian interior. Bahkan lanjut Edy ada beberapa anggota DPR ini takut jok kulit mobilnya rusak oleh sopir pribadinya. Karena itu, kebanyakan mereka menggunakan lapisan jok kulit dengan metode yang bisa dilepas pasang.

"Mobil-mobil bagus enggak mau rusak sama supir. Makanya di-cover yang bisa dilepas," ucap Edy.

Menurut Edy tingginya permintaan jok kulit di Jakarta selama satu tahun terakhir membuat perusahaannya meraup keuntungan. Wollsdorf Leather pun banyak menerima konsumen pengguna mobil VW, Audi, Aston Martin, Ferarri dan Lamborghini.

Dia menjelaskan, dari sekian merek mobil terdapat perbedaan permintaan dari masing-masing konsumen.

"Tingkat kesulitan yang berbeda dalam pemasangan karena masing-masing konsumen meminta tidak ketipisan dan ketebalan," ucapnya.


Di masa Depan Mobil Baru Wajib Miliki Kamera Parkir

Di masa Depan Mobil Baru Wajib Miliki Kamera ParkirNew York - Banyaknya kecelakaan membuat badan keamanan berkendara Amerika The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), membuat peraturan untuk setiap pabrikan wajib menggunakan kamera parkir belakang.

Dikutip CNN, Kamis (3/4/2014), NTHSA rencananya akan mengumumkan peraturan ini dalam waktu dekat. Dan peraturan untuk memiliki kamera belakang disetiap mobil akan berlaku di Mei 2018 mendatang.

Memang fitur ini sudah banyak diadopsi oleh beberapa pabrikan, meski NTHSA belum mewajibkannya. Namun banyaknya kematian dengan korban anak-anak tertabrak karena tidak bisa melihat sisi belakang, membuat NTHSA bakal mewajibkan untuk menggunakan fitur kamera belakang.

"Bahkan ada 210 kematian (tidak terlihatnya sisi belakang disaat parkir) setiap tahunnya. Dan kendaraan yang sudah mengadopsi fitur ini bisa menghemat hingga 59-69 kematian," ucap Anthony Foxx , sekretaris transportasi..

"Keselamatan adalah prioritas tertinggi kami, dan kami berkomitmen untuk melindungi korban yang paling rentan kecelakaan backover (parkir belakang) untuk usia muda dan anak-anak kita," tambahnya.

Dan untuk mobil yang belum memiliki fitur kamera belakang, NHTSA memperkirakan konsumen bisa menambahkan fitur kamera belakang dengan menelan biaya sekitar US$ 140.


Hiroyuki Fukui Pimpin Toyota Indonesia

Hiroyuki Fukui Pimpin Toyota IndonesiaJakarta - Toyota pagi ini mengumumkan bos baru mereka di Indonesia. Pria Jepang, Hiroyuki Fukui menjadi Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor menggantikan Johnny Darmawan pensiun.

"Saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua stakeholder dan kepada Indonesia atas kepercayaannya kepada Toyota selama ini. Semoga apa yang positif selama ini bisa diteruskan bahkan ditingkatkan untuk masa depan industri otomotif Indonesia yang lebih baik," ujar Johnny Darmawan dalam siaran pers, Kamis (3/4/2014).

Toyota sudah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 1 April lalu. RUPS PT TAM dengan komposisi kepemilikan saham 51% PT Astra Internasional Tbk, dan 49% Toyota Motor Corporation, Japan (TMC) memutuskan perubahan jajaran manajemen PT Toyota Astra Motor dengan perubahan sebagai berikut:

President Director Hiroyuki Fukui
Vice President Suparno Djasmin
Marketing Director Rahmat Samulo
Marketing Director Mamoru Akiyama

Fukui selama ini menjabat sebagai Managing Officer di Toyota Motor Co/TMC. Toyota sengaja memasang salah satu managing officernya di Indonesia karena melihat Indonesia memegang peranan penting di pasar otomotif global.

Fukui pertama kali bergabung ke Toyota pada 1982. Dia kemudian melanglang buana ke Amerika dan kemudian di bulan April 2013 lalu terpilih sebagai Chairman PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Kini setahun kemudian, Fukui diberikan tanggung jawab di PT Toyota-Astra Motor.

Diharapkan perubahan ini bukan saja memperkuat posisi Toyota di pasar domestik, tetapi juga menjadi pemain penting otomotif di pasar global.

"Saya ucapkan terima kasih untuk fondasi industri otomotif yang telah dicanangkan oleh pendahulu saya. Dan saya siap dan optimis untuk memperkuat industri otomotif nasional guna menghadapi persaingan pasar global," tambah Suparno Djasmin, Vice President PT Toyota Astra Motor.




3 Aksi Gila Johnny Darmawan Saat Memimpin Toyota

3 Aksi Gila Johnny Darmawan Saat Memimpin Toyota Jakarta - Toyota di bawah pimpinan Johnny Darmawan menjadi produsen yang begitu berkuasa di dunia otomotif tanah air. Pangsa pasar mencapai 35 persen dengan rekor penjualan mobil per tahunnya hingga 430.000 tahun 2013 lalu memperlihatkan kelihaian Johnny dalam mempertahankan Toyota di singgasana pasar otomotif nasional.

Untuk membuat Toyota sebesar sekarang, tentunya perlu sebuah langkah yang revolusioner dari seorang CEO. Johnny pun tak peduli jika disebut sebagai CEO 'gila'.

Berikut beberapa aksi 'gila' Johnny yang detikOto rangkum dari buku 'Kiprah Toyota Melayani Indonesia 2002-2014' terbitan Kompas Gramedia.

Ini Pemotong Rumput Tercepat di Dunia

Ini Pemotong Rumput Tercepat di DuniaLondon, - Pemotong rumput sering dianggap benda lambat. Namun Honda merombak anggapan itu dengan Honda Mean Mower. Mesin pemotong rumput Honda ini baru saja mendaulat diri sebagai mesin pemotong rumput tercepat di dunia.

Jangan salah sangka. Honda Mean Mower memang bukan pemotong rumput sembarangan. Mesinnya saja berkapasitas 1.000 cc dengan kekuatan 109 hp. Rekor Guinness World Records pun terpecahkan.

Rekor tersebut pecah setelah Mean Mower mampu mencatatkan kecepatan rata-rata 187,6 km/jam ketika di tes di Tarragona di selatan Barcelona, Spanyol bulan lalu. Di belakang kemudi ada Piers Ward dari BBC TopGear.

"Niat asli untuk Mean Mower adalah untuk menciptakan mesin pemotong rumput tercepat di dunia dan sekarang sudah resmi dicapai," kata manager komunikasi Honda Eropa Kate Saxton.

Pembuatan pemotong rumput ini juga tidak main-main karena menggandeng tim British Touring Car Championship (BTCC). Mesinnya menggunakan jantung milik Honda VTR Firestrom dengan suspensi ala ATV.


Bengkel Umum dan Resmi? Seperti Memilih Jodoh

Bengkel Umum dan Resmi? Seperti Memilih JodohJakarta - Bengkel mana yang bagus untuk mobil kita? Pertanyaan ini seperti pertanyaan memilih jodoh. Harus pintar-pintar memilih agar kendaraan jadi tidak malah tambah parah penyakitnya.

Terus bagaimana pendapat pemilik kendaraan di Indonesia? Bagaimana mereka memilih, apakah bengkel umum atau resmi?

"Ya bengkel umum-lah, baru-baru ini saya servis mobil ke bengkel umum ternyata teknisinya jebolan dari bengkel resmi yang sudah bekerja 20 tahun. Hasilnya sangat puas, enggak selamanya yang murah itu tidak berkualitas," ujar Noerdin, dalam surat elektronik pada detikOto.

Pengalaman kurang menyenangkan dengan bengkel resmi dialami juga oleh Ridho Ridwan, saat menyervis mobil ke bengkel resmi, dia merasa mekaniknya kurang jago. Mobilnya selalu goyang saat berada di kecepatan 85 km per jam, namun mekanik di bengkel resmi memintanya untuk mengganti semua ban.

"Saat saya akan ganti ban di bengkel umum saya suruh cek ban yang mana harus diganti, tapi montir bilang bannya masih bagus semua, kemudian dilakukan spooring and balancing tapi enggak ketemu, setelah dicek bagian dalam ternyata pernah diisi cairan silikon atas usulan dr bengkel resmi. Setelah cairan tersebut dibuang semua kemudian di-spooring lagi dan akhirnya ketemu masalahnya, sekarang saya jalan di atas 100 km/jam tetap stabil," ujar Ridho.

Iswan menambahkan sebenarnya dari sisi kualitas tidak ada perbedaan antara bengkel resmi dan umum. "Kalau gue sih males banget nyervis di bengkel resmi cuma mahal doang hasilnya sama-sama aja. Lagian mekaniknya lulusan STM juga jagoan mekanik umum kali pokoknya semua item di bengkel resmi di mark up buat balikin biaya investasi tuh bangkel," ujar Iswan.

Namun pengalaman berbeda dialami Gusdid. Gusdid yang pernah memiliki berbagai jenis mobil ini selalu mendapatkan pengalaman yang tidak baik di bengkel umum, makanya dia sekarang memilih menggunakan jasa bengkel resmi meski lebih mahal.

"Biarpun lebih mahal tetapi faktor keaslian sparepart, standar kerja dan hasil sangat profesional, bahkan bilamana ada komplain langsung dikerjakan tanpa ada biaya tambahan apapun," ujarnya.


Kupas MAX-R, Mobil Terpanjang di Indonesia

Kupas MAX-R, Mobil Terpanjang di Indonesia Jakarta - Rumah modifikasi Signal Kustom Built bangga ketika sedan limosinnya layak mendapat predikat prestisius dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

MAX-R dengan dimensi 10 meter menyabet sedan limosin terkeren yang pernah dibuat rumah modifikasi di Indonesia. Menariknya mobil limosin cuma Opel Blazer yang digarap hanya dalam waktu 1 tahun.

Modifikator Signal Kustom Built, Andre Mulyadi mengatakan sangat menikmati dalam membangun MAX-R.

"Mobil-mobil modifikasi Indonesia bisa dibandingkan dengan mobil modifikasi luar negeri. Saya cukup bangga dengan mobil konsep MAX-R," kata Andre.

Ingin RI Jadi Basis Produksi, Johnny Darmawan Sempat Ditertawakan Kolega

Ingin RI Jadi Basis Produksi, Johnny Darmawan Sempat Ditertawakan KolegaJakarta - Salah satu sosok penting di dunia otomotif, Johnny Darmawan memutuskan pensiun dari Toyota setelah memimpin sejak 2002. Melalui Johnny, dunia otomotif nasional mengalami perubahan drastis.

Johnny mengubah lanskap otomotif tidak hanya dari aspek penjualan mobil saja namun juga industri, bagaimana membuat Indonesia menjadi basis produksi kendaraan.

"Saya pikirin bagaimana Indonesia bisa jadi basis produksi, saya sama temen-temen di Gaikindo pernah diketawain, dan kebetulan saya waktu itu diangkat sebagai ketua IIMS, saya masih inget. Jadi otomotif itu harus dari sisi industri, berapa pajak, paling gede APBD-nya, berapa tenaga kerja, ya kan? Berapa ekspor, berapa investasi," ujar Johnny di Hotel Indonesia-Kempinski, Rabu (2/4/2014) malam.

Johnny menuturkan jika terlalu berat ke soal penjualan, maka pelaku otomotif akan selalu disalahkan karena menyebabkan kemacetan dan pemborosan BBM.

"Saya pada waktu itu bilang kita akan dibantai selalu, kalau ngomong otomotif, ngomongnya jualan. Kenapa, kalau ngomong jualan konotasinya selalu pemborosan, hanya orang kaya, pokoknya semua negatif, bikin macet jalanan, nah pada waktu itu bagaimana supaya saya melihat paradigma, ini suatu saat Indonesia bisa menjadi basis produksi," ujarnya.

Dalam perjalanannya, Indonesia menurutnya pernah mengambil jalan yang salah dengan mencoba mengembangkan mobil nasional sampai akhirnya diprotes oleh Badan Perdagangan Dunia atau WTO pada tahun 1990an.

"Tapi dulu salah kaprah saja, karena waktu Thailand mengambil basis produks, Meksiko mengambil komponen basis akhirnya dia motorisasinya lebih cepat daripada Indonesia. Indonesia waktu itu mengambil. Indonesia waktu itu ngambil nasional car ngikutin nasional car Malaysia. Ya gak salah karena mereka punya prinsip tapi kita salah jalan waktu itu, kena semprit WTO," ujarnya.

Sekarang, Johnny pun merasa bangga, soalnya industri otomotif menjadi salah satu industri unggulan Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community.

"Jadi basic-nya itu Pak Hidayat (Menperin MS Hidayat) bilang ada dua wood base dan otomotif. Ide gila, Pak Johnny ngigo atau gimana, tapi terjadi, ide yang yang tidak realistis jadi realistis," ujarnya.



Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Resmi dan Bengkel Umum Jakarta - Otolovers, saat ini tersedia bengkel resmi dan tidak resmi yang memiliki fasilitas berbeda. Namun bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi seharusnya tahu mana bengkel yang yang harus dipilih.

Sebab, tidak selamanya kedua bengkel ini memuaskan, ada kelebihan dan ada juga kekurangannya.

Menurut montir bengkel Shark, Parto ada beberapa hal yang dimiliki bengkel umum tapi tidak dimiliki bengkel resmi, begitu juga sebaliknya.

"Kedua jenis bengkel ini ada kelebihan dan kekurangan. Semau kita serahkan ke konsumen. Mereka yang menentukan," tegas Parto.

Nah, ingin tahu lebih jelas kelebihan dan kekurangan kedua bengkel ini. Yuk kita bandingkan.

Limusin 'Made In' Bandung Siap Ikuti Ajang Modifikasi Internasional

Limusin Jakarta - Rumah modifikasi asal Bandung Signal Kustom Built sudah meninggalkan kancah modifikasi nasional. Signal pun berencana bakal mengikuti ajang modifikasi internasional tahun depan.

Untuk keluar sebagai pemenang, Signal Kustom Built besar kemungkinan menerjunkan MAX-R atau mobil modifikasi terbaru.

"Mungkin tahun depan. Masih melihat peluang. Bisa MAX-R atau yang lain. Mobil modifikasi kita punya tidak kalah bagus," kata punggawa Signal Kustom Built, Andre Mulyadi di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, kemarin.

Andre sangat berkeyakinan, mobil-mobil besutannya menyabet gelar juara ketika terjun ke ajang modifikasi internasional. Sebab, antara tema modifikasi Indonesia jika diadu dengan tema modifikasi dari negara lain memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

"Modifikasi di kita tidak spesifik. Lebih menyeluruh, kalau di luar hanya spesifik seperti tema JDM, Hot Rod. Kalau kita lebih maju lagi dan lebih ke show car," yakin Andre yang belum menentukan kontes modifikasi internasional mana yang akan diikuti Signal Kustom Built.

Sementara ini, Andre tengah mempersiapkan diri. Ketika disunggung tidak lagi tertarik kontes modifikasi nasional, Andre beralasan akan menghadirkan mobil modifikasi berbeda dengan tahapan di atas mobil modifikasi di Indonesia saat ini yang selama ini terbentur regulasi.

Tahap awal, Andre akan menyiapkan mobil modifikasi untuk perusahaan lokal. Konsep ini dianggap Andre bisa mempertahankan citra rumah modifikasi yang digawanginya tetap hidup dan berjaya.

"Enggak keluar tapi kerja lebih lanjut. Bukan kita tidak buat mobil modifikasi tapi kita buat mobil modifikasi di level berbeda. Seperti kerjasama dengan premium industri dan lainnya," imbuh Andre.

"Kalau dari Signal, pokoknya mau bikin level berbeda. Kita salami ini dibatasi regulasi. Nantinya kita lebih ke arah seni, lebih besar," tutup Andre menyakini.



Limosin Buatan Bandung Pecahkan Rekor

Limosin Buatan Bandung Pecahkan Rekor Jakarta - MAX-R concept asal Bandung mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sedan limosin terpanjang di Indonesia. MAX-R didaulat sebagai mahakarya sempurna yang lahir dari ide-ide liar anak muda asal rumah modifikasi Signal Kustom Built yang berlokasi di Jalan Jakarta, Bandung, Jawa Barat.


Keterangan Foto :
Mobil ini didesain dengan trendi dan futuristik untuk mengejar kata prestisius.

Apa Mobil Teririt di Jepang?

Apa Mobil Teririt di Jepang?Tokyo -
Tidak bisa dipungkiri kalau faktor yang selalu dijual oleh merek-merek mobil Jepang selain teknologi adalah faktor irit bahan bakar. Nah kalau sudah begitu, kira-kira mobil apa yang teririt di Jepang?
Efisiensi bahan bakar kini memang menjadi salah satu faktor penentu yang dipertimbangkan oleh konsumen ketika membeli sebuah kendaraan.

Lembaga IID pun menggelar 'e-Nenpi Award 2013-2014' untuk mencari tahu konsumsi tiap kendaraan secara faktual. Dan hasilnya, Toyota Aqua menjadi yang teririt dengan tingkat efisiensi 22,4 km/liter. Mobil ini merebut dua kategori yakni New Car Model dan Hybrid.

Meski begitu, Suzuki Alto Eco yang secara keseluruhan menjadi mobil teririt dengan tingkat efisiensi 22,6 km/liter.

Total ada 6 kategori yang diperebutkan mulai dari "New Car Model Category", "Gasoline Car Category", "Hybrid Car Category", "Light Car Category", "Imported Car Category" dan "Gas Mileage Achievement Rate Category" yang diambil dari data lebih dari 600.000 pengguna.

Hasilnya, New Car Model Category Top 1 direbut Toyota Aqua (2013 model) dengan 22,4 km/liter. Sementara Gasoline Car Category Top 1 direbut Mazda Demio (Mazda2) Skyactiv dengan tingkat efisiensi 17,5 km/liter dan Hybrid Car Category Top 1 diambil Toyota Aqua (2013 model) dengan 22,4 km/liter.

Di sisi lain ada Light Car Category Top 1 yang disabet oleh Suzuki Alto Eco dengan tingkat efisiensi 22,6 km/liter. Imported Car Category Top 1 direbut Volkswagen Up! dengan 17,9 km/liter dan Gas Mileage Achievement Rate Category Top 1 diambil Subaru Legacy Outback dengan persentase 90 (11,2 km/L).

Bila menggudakan metode JC08 Toyota Aqua paling unggul dengan tingkat efisiensi antara 35,4 km/liter sampai 37 km/liter.

Sedangkan Honda Fit Hybrid ada di tempat kedua dengan tingkat efisiensi 21,0 km/liter. Volkswagen Golf TSI Comfortline mampu meramaikan pasar mobil irit di Jepang dengan tingkat efisiensi 14,5 km/liter.

Di kategori mobil bensin, Demio Skyactiv milik Mazda mampu memperlihatkan tingkat efisiensi 17,5 km/liter.

Sebenarnya, segmen Light Car category yang membuat kaget ketika Suzuki Alto Eco membukukan tingkat efisiensi sampai 22,6 km/liter.  Dengan mesin konvensional mobil ini mampu mengalahkan mobil hybrid.


Nakhoda Baru Toyota Indonesia

Nakhoda Baru Toyota IndonesiaJakarta - Per bulan April ini, Toyota Indonesia memiliki pimpinan baru untuk menggantikan Johnny Darmawan yang memutuskan untuk pensiun.

"Saya ingin pensiun, sudah capek, mau buka usaha sendiri," ujar Johnny beberapa waktu lalu.

Siapa pengganti Johnny?

Toyota rupanya sudah melakukan pemilihan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di 1 April 2014 lalu di kantor pusat PT Toyota-Astra Motor.

Ada beberapa nama yang berseliweran, namun terpusat pada dua nama yakni CEO Auto2000 Suparno Djasmin dan pesaing beratnya seorang Managing Officer dari Toyota Motor Co yang bernama Hiroyuki Fukui.

Namun nama yang terakhir dikabarkan sudah terpilih sebagai pimpinan baru TAM. Toyota sendiri baru akan menggelar serah terima jabatan Kamis (3/4/2014) besok.

Fukui pertama kali bergabung ke Toyota pada tahun 1982. Saat ini Fukui juga menjabat sebagai Chairman PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.


Toyota Camry Terbaru Mau Mejeng di New York

Toyota Camry Terbaru Mau Mejeng di New YorkJakarta - Produsen mobil Toyota siap menyegarkan wajah Camry. Menurut rencana, pertengahan April ini, facelift dari Toyota Camry akan diperlihatkan. Bukan di Jepang, tapi di New York.

Toyota menurut rencana akan memperlihatkan facelift dari Camry pada ajang New York Auto Show yang akan digelar pada 16 April mendatang. Ini adalah pertama kalinya facelift dari Camry diperlihatkan ke muka publik.

Raksasa otomotif Jepang ini mengklaim kalau Camry terbaru selalu mampu menantang harapan pemikiran konvensional dan akan membuat desainnya lebih emosional.

Toyota sendiri diketahui membuat dua versi untuk Camry. Satu untuk pasar AS dan satu untuk pasar global. Kedua versi model tersebut berbagi sebagian besar bagian mekanis, tetapi memiliki perbedaan style yang lumayan banyak. Demikian dilansir Indian Auto Blog.

Di Indonesia sendiri Toyota memasarkan Camry dengan mesin 2.5 liter. Mesin berkode 2 AR-FE ini sudah mengusung IL4, 16- Valve, DOHC, Dual VVT-i yang mampu memperlihatkan kekuatan sampai 181 tenaga kuda dan torsi maksimum di angka 23,2 kgm.

Ada pula Camry Hybrid yang memadukan mesin 2 AR-FXE berkapasitas 2.5 liter dengan motor listrik untuk menghasilkan total kekuatan 205 tenaga kuda.

Untuk harga, di Indonesia model ini dilepas pada rentang harga antara Rp 535,6 jutaan sampai Rp 691,8 jutaan.


Mobil Super Berkekuatan 2.000 Tenaga Kuda

Mobil Super Berkekuatan 2.000 Tenaga KudaJakarta - Untuk urusan supercar, para pecinta otomotif mungkin sudah akrab dengan nama Ferrari, Lamborghini hingga Bugatti. Namun untuk nama Trion Supercars (TSC), nama ini pasti masih asing. Padahal, Trion siap melahirkan mobil super berkekuatan 2.000 tenaga kuda.

Bila dihitung umurnya, Trion Supercars memang masih muda. Perusahaan yang berbasis di California ini baru didirikan pada tahun 2012. Tujuan Trion cukup sederhana yakni menantang dominasi Eropa di kategori supercar. Sebuah tujuan sederhana yang sangat sulit diwujudkan.

Hasilnya, sebuah mobil bernama Nemesis lahir dengan tampang agresif dan sangar. Garis desainnya tajam dan cukup menohok mata yang memandang. Tapi Trion mengatakan tidak bernita untuk merancang sebuah mobil yang hanya bisa dikagumi ketika di pandang saja, tapi juga membuat kagum ketika digunakan.

Di kabinnya, nuansa futuristik diperlihatkan. Berbagai hal juga disesuaikan untuk membuat kabin mobil ini jadi lapang. Layar di dashboard bisa digunakan untuk berselancar ke dunia maya tapi juga memiliki fungsi inti untuk memantau kondisi kendaraan.

Di jantungnya ada mesin berkonfigurasi V8 yang sudah dipasangi twin turbo. Trion mengklaim kalau mesin ini mampu melahirkan 2.000 tenaga kuda meski mereka tidak menjelaskan berapa kapasitas sebenarnya mesin tersebut.





Ini Limusin Super Panjang 'Made in' Bandung

Ini Limusin Super Panjang Jakarta - MAX-R concept asal Bandung mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sedan limosin terpanjang di Indonesia.

MAX-R didaulat sebagai mahakarya sempurna yang lahir dari ide-ide liar anak muda asal rumah modifikasi Signal Kustom Built yang berlokasi di jalan Jakarta, Bandung, Jawa Barat.

Limosin MAX-R memiliki dimensi 10 meter yang didesain dengan trendi dan futuristik untuk mengejar kata prestisius. Mobil ini menggabungkan sebuah karya seni tinggi dengan teknologi tinggi dalam sebuah super sport car dengan tampilan sedan limosin.

Cukup banyak yang terlibat dalam mengembangkan MAX-R agar menjadi mobil kebanggaan masyarakat Bandung yaitu Autovision, Wollsdrof leather, Pioneer, Top 1 dan V-Kool.

Masing-masing sponsor menuangkan ide briliannya untuk menciptakan mobil limosin paling memukau se-Indonesia.

Punggawa Signal Kustom Built, Andre Mulyadi mengutarakan MAX-R berbasis Opel Blazer.

"Kerja keras selama ini membuahkan hasil. MAX-R menjelma menjadi mobil memukau. Pengerjaan selama 1 tahun. Yang paling susah menggabung konsep seni dan banyak brand karena ide jadi banyak. Kesulitan lainnya, kita buat trek axle jadi 3 step dan jadi panjang. Biaya tidak bisa dihiitung karena banyak brand dan tidak bisa diakumulasi," kata Andre di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Rabu (2/4/2014).

Sementara itu, pemilik yang merupakan dua bersaudara, Weidy dan Tody mengaku sangat puas dengan hasil akhir dari modifikasi MAX-R ini.

"Saya tidak menyangka MAX-R jadinya akan sekeren ini. Detailing-nya sangat rapih dan berbagai sentuhan dan produk dari sponsor menambah MAX-R menjadi terlihat canggih, futuristik dan fantastis," tutup Weidy.


'Merek Premium Itu Tidak Selalu Harus Merek Eropa'

Jakarta - Mazda sudah menuturkan kalau mereka tidak mengincar angka penjualan yang terlalu banyak. Yang diinginkan Mazda adalah merek mereka menjadi merek yang lebih premium dan dicintai penggunanya. Setara dengan merek-merek Eropa.

Itulah yang menjadikan merek Jepang ini berbeda dan unik dibandingkan dengan pabrika Jepang lainnya.

Hal tersebut disampaikan Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana dalam media visit Mazda ke Trans Media di Gedung Trans, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

"Premium bukan berarti merek Eropa, bagi kami brand premium tidak hanya di level itu, justru untuk mendatangkan kepercayaan dari konsumen dan memberikan perasaan berkendara yang menyenangkan yang menjadi esensi pertama orang beli mobil," tuturnya.

Dia menambahkan menjadi merek premium tentunya menjadi merek yang tak tergantikan oleh merek lainnya. "Jadi bukan hanya untuk dijual, di Mazda bagaimana caranya membuat konsumen puas," ujarnya.

Sebelumnya Mazda hanya menargetkan penjualan sebanyak 12.000 unit atau dengan pangsa pasar sebesar 1 persen dari total penjualan mobil yang diperkirakan mencapai 1,2 juta unit.

"Tujuan kami bukan hanya volume tapi juga brand presence," ujarnya.

Brand presence yang dimaksud pastinya membuat merek Mazda lebih dikenal di Indonesia, apalagi setelah melihat fakta kalau brand Mazda baru aktif lagi di pasar otomotif nasional tahun 2006 lalu, relatif lebih muda dibanding merek Jepang lainnya yang sudah puluhan tahun di Indonesia.

Di tahun lalu, Mazda menjual 11.052 unit dengan pangsa pasar 0,9 persen. Posisi Mazda dalam rangking produsen otomotif tahun lalu berada di posisi 11.

"Tiga kendaraan yang menjadi bintang adalah Mazda6 yang naik 65 persen, Biante 57 persen dan CX-5 sebanyak 49 persen," ujarnya.

10.592 Mobilio Terjual Bulan Lalu

10.592 Mobilio Terjual Bulan LaluJakarta - Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) milik Honda, Mobilio, mulai mengacak-acak pasar. Bulan lalu saja ada 10.592 Mobilio yang terdistribusi di Indonesia.

Dengan hasil tersebut, Honda Mobilio kembali menjadi produk Honda dengan penjualan tertinggi di bulan Maret 2014. Penjualan model ini meningkat sebesar 69% dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 6.241 unit.

Hingga saat ini, Honda Mobilio telah mencatat total penjualan sebesar 18.341 unit di seluruh Indonesia. Angka penjualan Honda Mobilio turut mendorong peningkatan penjualan Honda di bulan Maret sebanyak 21% dibanding bulan sebelumnya, yaitu dari 11.915 unit menjadi 14.529 unit mobil di seluruh Indonesia.

Foto: Menjajal Kemampuan Honda Mobilio

“Dalam waktu relatif singkat, Honda Mobilio telah memantapkan posisinya sebagai mobil keluarga yang diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia. Hal ini terlihat dari sisi penjualan yang terus meningkat serta berbagai penghargaan yang diterimanya, termasuk Car of The Year dari ajang Otomotif Award 2014,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Selain Honda Mobilio, produk-produk Honda lainnya juga mencatat penjualan yang cukup baik di bulan Maret 2014 lalu. Dari segmen hatchback, Honda Jazz menjadi penyumbang penjualan tertinggi kedua untuk Honda di bulan Maret, meningkat menjadi 1.632 unit di bulan Maret dari 1.122 unit di bulan Februari. Angka tersebut menambah total penjualan Honda Jazz di tahun 2014 ini menjadi sebanyak 4.647 unit.

Honda Freed juga mengalami peningkatan penjualan dari 44 unit di bulan Februari menjadi 518 unit di bulan Maret 2014 dan mencatat total penjualan sebesar 1.423 unit sepanjang tahun 2014.
Halaman 1 2 »

Ketika Macan Keluar Hutan

Ketika Macan Keluar HutanJakarta - Meski baru saja diumumkan Honda discontinue, Honda Tiger tetap menjadi motor langganan pecinta modifikasi. Nih, lihat saja motor ini. Tampang si macan sudah tidak tampak lagi berganti dengan 'Super Dirt Bike.'

Menurut sang modifikator, Topo Goedel Atmodjo, juragan Tauco Custom motor ini memiliki kaki gambot untuk mendukung mesin 200 cc. Ditopang dengan shock depan versi kompetisi yang dicopot dari Yamaha YZ 250 menurut Topo motor ini sudah sangat pantas disebut motor super dirt bike dan layak bakal hidup didunia yang kotor dan penuh lumpur.

Uniknya, motor ini ternyata berasal dari Bali. Si pemilik sampai rela mengirim motor ini ke markas besar Tauco Custom yang berada di bilangan Kebagusan Raya No 99, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Pemesannya bukan main-main, ingin bikin motor yang layak dan menarik dan bisa hidup di pantai,“ kata sang builder nyentrik yang selalu melahirkan ide ide segar di dunia sulap motor.

Menurut Topo, panorama Bali yang indah memang bikin sensasi tersendiri, untuk itu motor pun tidak boleh kalah keren. Terlebih karena Bali dipenuhi banyak bule, si pemilik, lanjut Topo, ingin motornya dibuat sesuai dengan postur bule agar si pemilik tetap bisa gaya di depan bule ketika berada di pantai.

"Makanya gayanya juga selera bule, tinggi dan gede," kata Topo.

Meski begitu, urusan kenyamanan tidak boleh disepelekan. Faktor ini digarap Topo dengan cermat.
Halaman 1 2 3 »

'Pilih Bengkel Umum, Awas Spare Part Palsu'

Jakarta - Bengkel umum menjadi alternatif masyarakat untuk tune up mesin atau memperbaiki kerusakan kendaraan. Meski harganya relatif terjangkau, masyarakat tetap harus waspada pada peredaran spare part palsu.

Hal ini ditegaskan oleh Service Advisor Astrido Toyota Fatmawati, Sahril kepada detikOto.

"Spare part di bengkel resmi jelas-jelas asli. Kita jamin itu," kata Sahril menyakini.

Menurutnya berbagai macam merek spare part yang dijual di toko-toko onderdil, namun keaslian (genuine) komponen aftermarket ini masih dipertanyakan.

Seperti yang dijelaskan Sahril, spare part palsu yang biasanya beredar merupakan fast moving seperti kampas rem, saringan udara, saringin oli dan busi. Bentuk-bentuknya sangat menyakinkan konsumen namun efeknya menipu.

Konsumen seperti yang dijelaskan Sahril sulit membedakan antara asli dan palsu, sebab packaging-nya sangat menyakinkan. Bahkan bisa saja kemasan spare part fast moving palsu lebih baik daripada yang asli.

"Banyak macam spare part palsu, kampas rem, saringan oli dan lain-lain. Makanya kalau di kita, kita jamin asli," ucap Sahril.


GM Menolak Disebut Tidak Responsif

GM Menolak Disebut Tidak ResponsifJakarta - Bos cantik General Motors Co Mary Barra harus berhadapan dengan DPR Amerika Serikat karena masalah recall jutaan mobil. Meski mengaku menyesal atas kejadian tersebut, Barra menolak disebut lambat merespon masalah ini.

Chief Executive General Motors Co Mary Barra dihadapan panel DPR meminta maaf karena harus ada recall besar-besaran. Terlebih, telah ada 12 kematian akibat cacat yang diderita mobil produksi perusahaannya.

Sejauh ini, GM telah menarik 2,6 juta kendaraan akibat masalah di stop-kontak pada mobil produksi GM yang membuat mesin tiba-tiba mati hingga kantung udara yang tidak berfungsi.

"Saya sangat menyesal," ujar Barra seperti dikutip Reuters.

Namun meski menolak disebut lambat dalam merespon masalah di mobil yang tragisnya sudah diproduksi mulai 1 dekade lalu itu, Barra tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan anggota DPR yang menjadi apa sebenarnya yang salah di sistem di tubuh GM terkait urusan produk.

Barra yang bersaksi selama 3 jam itu mengklaim kalau GM telah mengambil langkah-langkah agar masalah serupa tidak terjadi di masa depan. Dia mengatakan kalau GM sekarang beda dengan GM dahulu, terlebih selepas krisis menghantam perusahaan di 2009 lalu.

Dia menjelaskan kalau masalah ini merupakan warisan dari 'Old GM' ke 'New GM' --sebutan GM setelah lepas dari krisis kebangkrutan--. Barra juga mengumumkan kalau perusahaannya telah menyewa seorang konsultan terkenal, Kenneth Feinberg, untuk memeriksa langkah-langkah apa yang diperlukan GM untuk keluarga korban kecelakaan. Banyak yang berpikir bahwa langkah ini menunjukkan kalau GM tengah menyiapkan dana kompensasi untuk korban.
Halaman 1 2 »

Bengkel Umum Tak Kejar Target

Bengkel Umum Tak Kejar TargetJakarta - Proses kerja bengkel umum lebih santai ketimbang bengkel resmi yang dikejar target. Bengkel resmi harus mengejar target perbaikan mobil dalam 1 hari.

Bengkel resmi yang menerapkan sistem kerja target ini terkadang tak memuaskan konsumen. Bahkan konsumen yang hendak bertanya pun kesulitan karena kerja mekanik terburu-buru.

"Enaknya di kita tidak ada kerja target. Kalau ada mobil masuk, dalam satu pekerjaan aja bisa berjam-jam. Padahal sedikit, karena konsumen merasa kurang puas," kata montir Shark, Parto yang ditemui detikOto di jalan H. Nawi Raya No. 42 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Beda sama bengkel resmi, kan mereka ada target dalam sehari," lanjutnya.

Menurut Parto, sistem kerja bengkel umum ini yang paling diutamakan, di mana antara mekanik dan konsumen bisa berinteraksi lebih banyak di hari itu juga.

Dengan demikian konsumen pun merasa puas. Di sisi lain, meski proses perbaikan memakan waktu lama, namun harganya tetap kompetitif.

"Dan harganya sama saja, tetap murah. Tidak ditambah-tambahin karena waktunya lebih lama," tutup Parto.


Isak tangis Keluarga Korban GM

Isak tangis Keluarga Korban GM Jakarta - Keluarga korban kecelakaan akibat cacat produk dari General Motors (GM) mendatangi gedung Capitol Hill, Washington. Sambil meneteskan air matanya, mereka menuntut pertanggungjawaban GM.


Keterangan Foto :
Rosie Cortinas memeluk foto almarhum anaknya yang kecelakaan saat mengendarai mobil GM. Jonathan Ernst/Reuters/detikFoto.

Mazda Targetkan Penjualan Mobil 12.000 Unit Tahun Ini

Mazda Targetkan Penjualan Mobil 12.000 Unit Tahun IniJakarta - Soal ukuran penjualan, Mazda memang mungkin tidak terlalu agresif dibanding merek Jepang lainnya.

Tahun ini mereka hanya menargetkan penjualan sebanyak 12.000 unit atau dengan pangsa pasar sebesar 1 persen dari total penjualan mobil yang diperkirakan mencapai 1,2 juta unit.

Hal tersebut disampaikan Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana dalam media visit Mazda ke Trans Media di Gedung Trans, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

"Tujuan kami bukan hanya volume tapi juga brand presence," ujarnya.

Brand presence yang dimaksud pastinya membuat merek Mazda lebih dikenal di Indonesia, apalagi setelah melihat fakta kalau brand Mazda baru aktif lagi di pasar otomotif nasional tahun 2006 lalu, relatif lebih muda dibanding merek Jepang lainnya yang sudah puluhan tahun di Indonesia.

Di tahun lalu, Mazda menjual 11.052 unit dengan pangsa pasar 0,9 persen. Posisi Mazda dalam rangking produsen otomotif tahun lalu berada di posisi 11.

"Tiga kendaraan yang menjadi bintang adalah Mazda6 yang naik 65 persen, Biante 57 persen dan CX-5 sebanyak 49 persen," ujarnya.


Ketika Tak Puas dengan Ferrari 458 Italia

Ketika Tak Puas dengan Ferrari 458 ItaliaLondon - Sebuah mobil Ferrari sejak dahulu selalu desain yang eksotis. Namun terkadang hal itu dianggap masih kurang pas. Nah, perusahaan desain asal Belanda pun merombak tampilan salah satu mobil Ferrari terindah saat ini, Ferrari 458 Italia. Bagaimana menurut Anda?

Perusahaan desain asal Belanda baru saja mengumumkan kalau mereka memiliki rencana untuk membangun ulang sebuah Ferrari 458 Italia untuk dijadikan 'edisi terbatas.' Gambar di atas adalah rencana hasilnya.

Ini adalah karya desain dari Ugur Sahin, sebuah perusahaan desain yang berbasis di Belanda. Meski baru sebatas rencana, Ugur Sahin mengklaim kalau mereka telah dihubungi beberapa klien yang tertarik untuk mendapatkan mobil yang mereka beri kode 'Project F' ini.

Mobil ini nantinya akan dibangun dari Sasis Ferrari 458 Italia. Namun banyak bagian tubuhnya akan direka ulang mulai dari dasar mobil hingga struktur pintu dan atap. Berbagai perubahan itu nantinya akan membuat mobil ini berbeda dibanding 458 Italia standar.

Namun untuk urusan mesin, Ugur Sahin masih mempercayakan mesin V8 berkapasitas 4.5 liter. Terlebih mesin ini saja sudah mampu mengirimkan tenaga hingga 570 bhp ke roda belakang.

Ugur Sahin menurut Top Gear tidak menjelaskan berapa harga mobil ini kelak. Tapi mengingat mobil ini hanya akan dibangun 1 unit saja untuk menjaga tingkat eksklusifitasnya, maka kemungkinan harganya akan berada di sekitar 7 digit alias jutaan dolar.


Bengkel Resmi Tak Disarankan Reparasi Komponen, Kenapa?

Bengkel Resmi Tak Disarankan Reparasi Komponen, Kenapa?Jakarta - Tidak dipungkiri service kendaraan roda empat di bengkel resmi cukup nyaman ketimbang service mobil di bengkel umum.

Service yang dilakukan untuk menjaga kondisi mobil tetap fit. Karena pemilik mobil harus rutin service kendaraan.

Tapi tahukah Anda kalau bengkel resmi tidak selamanya memuaskan. Bengkel resmi ada juga kekurangannya. Salah satu contoh ketika menemukan komponen lampu rusak atau konsleting listrik.

Dalam hal ini, bengkel resmi enggan mencari pokok masalah. Bengkel resmi lebih baik mengganti keseluruhan, apalagi mendapatkan mobil masih dalam masa garansi.

"Ya kita tidak ada reparasi karena memang di kita tidak ada reparasi, termasuk mobil yang terkait garansi. Di bengkel resmi tidak disarankan buat repair," kata Service Advisor Astrido Toyota Fatmawati, Sahril kepada detikOto.

Menurutnya langkah tersebut diambil untuk menghindari komplain dari konsumen, karena ini lebih baik mengganti bagian yang rusak. Seperti kelistrikan sebaiknya ganti seluruhnya daripada mengurut ulang.

Dijelaskan Sahril, biasanya bengkel resmi yang menerapkan sistem ini hanya pada beberapa komponen yang riskan terhadap komplain konsumen.
Halaman 1 2 »

Tesla Terapkan Pelindung Kebakaran Mobil

Tesla Terapkan Pelindung Kebakaran MobilWashington, - Produsen mobil listrik memastikan perisai titanium akan berperan penting untuk mengurangi risiko kebakaran. Dan bisa dipastikan perisai yang terbuat dari bahan titanium akan dipasang di Tesla Model S.

Langkah terbaru Tesla kali ini diambil setelah terjadi kebakaran pada 3 unit Tesla Model S. Ungkapan ini langsung disampaikan CEO Elon Musk dalam akun sebuah blog yang menyatakan Tesla kini bakal memiliki bahan titanium yang diselipkan dibawah body Tesla S.

"Tesla telah memasang perisai dibagian bawah bodi mobil baru Model S per 6 Maret 2014 kemarin," kata Elon Musk, yang dikutip CNN Rabu (2/4/2014).

Pembaharuan dengan menempelkan perisai titanium pada tubuh Tesla (TSLA) dilakukan, setelah mereka menerima banyak komentar akibat terbakarnya 3 Tesla Model S.

"Kekhawatiran tentang masalah api (kebakaran pada mobil listrik Model S)ini terlihat berlebihan," katanya.

"Penting untuk dicatat, bahwa tidak ada luka api (kebakaran mobil lsitrik atau luka serius, atau permanen apapun) dalam Tesla sama sekali ," tulisnya.

Dan dirinya juga mengakui jika adanya kesalahan teknis dari Tesla Model S, yang terbakar itu hanya 1 dari 8.000 Tesla Model S yang dilahirkan.


Service Mesin di Bengkel Umum Bisa Ditawar

Service Mesin di Bengkel Umum Bisa DitawarJakarta - Pilihan konsumen terkadang jatuh pada bengkel umum ketimbang bengkel resmi yang dikelola APM. Apalagi kalau bukan harga miring untuk sekali perawatan atau perbaikan mesin dan kaki-kaki.

Contohnya tune up Toyota Avanza tahun 2010 (di luar garansi). Soal biaya atau tarif, tak dipungkiri lebih murah di bengkel tak resmi. Untuk bagian ini menghabiskan dana sekitar Rp 250.000 belum termasuk ganti busi.

"Kalau service mesin di bengkel umum sekitar Rp 250 ribu. Dan kalau kita tergantung, ada juga konsumen yang nawar," kata montir Shark, Parto ketika ditemui di tempat kerjanya di jalan H. Nawi Raya No. 42 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurutnya, harga tersebut bukan patokan, tidak seperti di bengkel resmi. Ini yang membuat harga service di bengkel umum lebih kompetitif dan relatif murah ketimbang di bengkel resmi.

"Service mesin tune up. Harga tidak bisa dipatok kalau di bengkel umum. Kalau di bengkel resmi ada harga patokannya," ucapnya.

Nah mau tahu, ongkos service di bengkel resmi?

Bengkel resmi terbilang cukup tinggi. Untuk tune up Toyota Avanza tahun 2010, konsumen dikenakan biaya Rp 1,5 juta plus jasa. Dan ini belum termasuk biaya ganti kampas rem.

"Service Avanza 2010 30.000 km, tune up Rp 1,5 juta dengan jasa. Ini belum kampas rem," kata Service Advisor Astrido Toyota Fatmawati, Sahril.

Jenis service dari masing-masing bengkel meliputi pembersihan sistem bahan bakar, pembersihan filter udara, pengecekan busi, baterai aki.

Jadi jelas bukan mana yang tidak menguras isi kantung lebih banyak.