Thursday, July 2, 2015

5 Tips Persiapan Menjelang Mudik

5 Tips Persiapan Menjelang MudikJakarta - Tradisi kemacetan lalu lintas yang setiap tahun selalu menyertai perjalanan mudik kaum urban tentu menjadi persoalan tersendiri yang sering membuat pemudik stres dan perjalanan tidak menyenangkan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Asuransi Astra memberikan tips lima persiapan dasar yang harus dilakukan saat Anda menempuh perjalanan mudik.

1. Kondisi fisik. Kesehatan fisik dan pikiran adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik. Pastikan badan Anda fit agar dapat menyetir lebih

2. Kondisi kendaraan. Jangan malas mengecek kondisi kendaraan. Mesin yang terawat sama vitalnya dengan badan yang fit.

3. Rute perjalanan. Agar tidak terjebak kemacetan selama berjam-jam, buatlah alternatif rute perjalanan mudik Anda. Selain dapat memangkas waktu tempuh yang panjang karena kemacetan, hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari stres.

4. Perlindungan diri dan kendaraan. Mudik adalah saat rawan kecelakaan. Meski fisik dan kendaraan sudah prima, Anda masih tetap memerlukan perlindungan sebagai langkah antisipasi. Asuransikanlah kendaraan Anda sehingga dapat melakukan mudik dengan

5. Bantuan dalam genggaman. Banyak hal tak terduga yang terjadi saat mudik. Kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi membuat Anda harus ekstra hati-hati. Kemacetan puluhan kilometer membuat Anda was-was kehabisan bensin. Yang Anda perlukan saat itu adalah bantuan yang bisa memberitahukan di mana letak SPBU. Bantuan tersebut kini bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa harus membahayakan diri Anda dengan meninggalkan mobil untuk mencari informasi. Cukup ambil ponsel Anda dan dapatkan berbagai manfaat dan perlindungan mudik dalam aplikasi Garda Mobile Otocare dari Garda Oto.





(ddn/ddn)

Maserati Edisi 100 Tahun Cocok untuk Trek Balap dan Jalan Umum

Maserati Edisi 100 Tahun Cocok untuk Trek Balap dan Jalan Umum Jakarta - PT Auto Trisula Indonesia (ATI) sebagai agen pemegang merek Maserati di Indonesia memboyong Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition yang menjadi model edisi khusus untuk memperingati hari jadi Maserati ke-100 tahun. Diklaim, mobil ini cocok untuk dua kondisi yaitu trek balap dan jalanan umum.

"Selain limited, ini enak di dua kondisi. Di jalan biasa enak, di trek juga tidak kalah dengan supercar lain," ucap Sales Manager PT ATI-Maserati Indonesia, Hamdani di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition ini hanya dibuat sebanyak 100 unit yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia sendiri hanya mendapat jatah dua unit.

Hamdani mengatakan, mobil ini memiliki raungan knalpot yang khas. Suara itu sudah terkenal dan menjadi citra dari merek Maserati.

"Suara yang customer kita beli. Kalau yang lain mungkin brand-nya. Kalau maserati suaranya juga yang dicari orang," kata dia.

Mari kita simak profil lengkap Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition:

Garansindo Berhasrat Memboyong Mobil Super

Garansindo Berhasrat Memboyong Mobil SuperJakarta - Garansindo memayungi beberapa mobil-mobil premium di Indonesia seperti, Jeep, Dodge, Mopar, SRT, Alfa Romeo, Fiat, dan ada juga roda dua yakni motor listrik Zero Motorcycle, dan sepeda listrik Italjet. Tetapi rupanya Garansindo berhasrat mendatangkan mobil super.

Hal tersebut disampaikan CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta.

"Apakah Garansindo ada hasrat untuk menjual supercar? Jawabannya iya ada," jawab Memet.

Brand apa yang bakal dibawa Garansindo? "Jangan tanya brandnya dulu, pokoknya Garansindo berhasrat. Nah kalau sudah berhasrat seperti ini bagaimana menyalurkannya nih?" tambah Memet sambil tersenyum.

Galeri Foto: Si Seksi Alfa Romeo 4C Spider


(lth/ddn)

Ferrari Enzo Super Seksi dengan Bodi Full Carbon

Ferrari Enzo Super Seksi dengan Bodi Full CarbonMilan - Banyak orang yang menyebut Ferrari Enzo adalah supercar dengan tampilan seksi. Namun, di tangan spesialis bodywork custom Ferrari, Carrozzeria Zanasi, mobil itu semakin bertambah seksi meski hanya mengganti bodi dengan body kit serat karbon.

Seperti dilansir Carbuzz, Carrozzeria Zanasi melapisi seluruh eksterior mobil itu dengan serat karbon.

Dia membutuhkan waktu empat bulan untuk mengerjakannya. Maklum proses final menggarap detail bagian demi bagian membutuhkan waktu yang tak singkat.



Selain terlihat lebih seksi, bobot mobil itu lebih ringan. Maklum, bahan serat karbon memiliki berat yang lebih ringan ketimbang bahan yang digunakan sebelumnya.

Tetapi menurut Autoblog, Ferrari Enzo dengan nomor seri 136088 itu bukanlah Ferrari pertama yang diberi serat karbon oleh Zanasi. Sebelumnya, Ferrari 430 Scuderia juga pernah mendapat sentuhannya, dan hasilnya juga mencengangkan siapa saja yang melihatnya.




(arf/ddn)

Di Asia Tenggara, Maserati Edisi 100 Tahun Tidak Sampai 10 Unit

Di Asia Tenggara, Maserati Edisi 100 Tahun Tidak Sampai 10 UnitJakarta - Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition yang dibuat untuk memperingati hari jadi Maserati ke-100 menjadi edisi terbatas. Ke-100 unit itu tersebar di seluruh dunia.

Dari 100 unit itu, tidak sampai 10 unit berada di Asia Tenggara dan dua unit ada di Indonesia. Dengan begitu, nilai ekslusivitas dari mobil ini makin tinggi karena tidak banyak yang memilikinya.

"Di Asia Tenggara tidak sampai 10 unit dan di Indonesia cuma dua unit. Paling banyak memang Amerika, tapi saya tidak bisa sebutkan berapa banyak yang ada di Amerika," ujar PR Manager PT Auto Trisula Indonesia-Maserati Indonesi Ismail Ashlan di Jakarta.

Menurutnya, Indonesia memberikan kesempatan yang baik bagi Maserati. Makanya, pabrikan asal Italia itu percaya untuk memasukkan dua unit Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition yang dibuat terbatas ke Indonesia.

"Karena size market. Maserati sendiri kan udah ada di Indonesia. Melihat demand-nya ada jadi enggak ada salahnya masukin mobil ini," jelas Ismail.

Dua unit yang datang ke Indonesia memiliki warna eksterior yang berbeda yakni Blu Inchostro dan Grigio Pietra. Menurut Ismail, kedua warna itu dipilih berdasarkan kesukaan orang-orang Indonesia.

"Dua-duanya kita pilih. Karena warna itu kita pilih sesuai demand dan daya tarik orang Indonesia. Saya rasa demand warna biru (Blu Inchostro) tinggi. Karena warna itu adalah warna khas Maserati," ucap Ismail.


(rgr/ddn)

Honda Kembangkan Motor Sport Retro CB900R?

Honda Kembangkan Motor Sport Retro CB900R?Tokyo - Honda Motors Company dikabarkan tengah mengembangkan konsep motor anyar di jajaran Honda CB, yakni Honda CB900R. Disebutkan pula, konsep bergaya retro sport itu bakal diboyong ke gelaran Tokyo Show 2017 sebelum diproduksi secara massal.

Mengutip laporan majalah Young Machine, Jumat (3/7/2015), jika benar-benar menjadi kenyataan, bisa dibilang sebagai respons yang terlambat atas konsep Honda CB1100R. Maklum konsep motor itu telah dipajang di gelaran Tokyo Show 2007 lalu.

Saat itu, sebut majalah Young Machine, Honda juga dikabarkan berniat untuk memproduksi konsep tersebut. Motor ini bakal menggunakan basis Honda CB1100F.

Motor ini menggunakan mesin empat silinder dan menggunakan sistem pendinginan dengan udara. Hanya saja, krisis ekonomi tiba-tiba datang menjelang motor akan diproduksi. Walhasil, rencana yang sudah matang pun diurungkan.

Pada edisi itu, Young Machine juga membuat laporan bahwa Honda juga berniat membuat varian mesin yang lebih kecil, yaitu CB400 Four. Model ini menggunakan basis Honda CB1100EX dan hanya akan dijajakan di Jepang.


(arf/ddn)

Di Indonesia, Jeep Renegade Siap Dibanderol Rp 500 Jutaan

Di Indonesia, Jeep Renegade Siap Dibanderol Rp 500 JutaanJakarta - Garansindo Group sudah lama membocorkan akan memperkenalkan Jeep paling kompak, Renegade di Indonesia. Jika nanti sudah diluncurkan, berapa harga jualnya?

CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, pun membocorkan kisaran harga untuk Jeep Renegade yang bakal dipamerkan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang digelar di Kemayoran Jakarta Utara.

"Tahun ini kita masih akan fokus dengan Jeep hingga 2016. Dan Jeep Renegade akan kami launching di IIMS, semuanya bakal bermesin bensin," katanya.

Berapa harga banderolnya Garansindo? "Kisarannya itu sekitar Rp 500 jutaan," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Memet itu menambahkan, Jeep Renegade akan menggendong mesin terbaik. "Tampilan kompak, fitur paling top seperti Wrangler yang atapnya bisa dibuka. Jeep Renegade akan berbekal mesin bensin, berkapasitas 1.4 turbo 9 speed, Limited 4x4," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan alasan utama Jeep menawarkan Renegade di Indonesia. "Pasar premium 4x4 ini segmennya kosong. Dan Jeep Renegade akan termasuk dalam B-segmen dengan kodenya BU (B-segmen)," tutupnya.


(lth/ady)

Upah Tak Sebanding Beban Kerja, Pekerja GM di Korea Akan Mogok

Upah Tak Sebanding Beban Kerja, Pekerja GM di Korea Akan MogokSeoul - Mayoritas anggota serikat pekerja General Motors di Korea Selatan sepakat untuk melakukan mogok kerja. Langkah itu mereka tempuh menyusul tidak adanya kesepakatan soal upah, para buruh menilai upah yang diberikan perusahaan tak sesuai dengan volume produksi yang mereka kerjakan.

Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (3/7/2015), Komisi Hubungan Tenaga Kerja Korea Selatan mengatakan manajemen perusahaan dan perwakilan serikat pekerja akan bertemu pada 6 Juli mendatang. Mereka akan bertemu dalam kerangka arbitrase atau proses penyelesaian perselisihan di luar pengadilan, dengan dasar perjanjian bersama.

Pertemuan antara kedua belah pihak sejatinya bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, keduanya telah 12 kali bertemu untuk melakukan negosiasi, sejak 23 April lalu. Hanya, pembicaraan dengan topic seputar efisiensi yang akan dilakukan GM itu tak membuahkan hasil.

Pemogokan terjadi hampir setiap tahun di industri otomotif Korea Selatan. Pada 2014 lalu, untuk pertama kalinya sejak empat tahun, pemogokan karyawan GM bisa dihindari. Soalnya, telah terjadi kesepkatan antara perudsahaan dengan karyawan dalam hal bonus dan gaji pokok.

Awal tahun ini, GM menyatakan akan mengkahiri produkdsi di Indonesia dan memangkas operasi di Thailand sebagai bagian restrukturisasi bisnis di luar negeri. Kedua rencana ini memantik spekulasi akan terjadinya pengurangan pekerja di Korea Selatan,

Pabrikan asal Amerika Serikat itu telah menegaskan tidak akan menutup pabrik di wilayah yang memberikan kontribusi seperlima dari produk global itu. Meski begitu, efisiensi itu tetap diperlukan.

Saat ini 71 persen lebih dari 13.884 orang pekerja yang tergabung di serikat pekerja GM Korea Selatan sepakat untuk melakukan mogok kerja.


(arf/ady)

Honda Civic Terganas Mulai Diproduksi

Honda Civic Terganas Mulai DiproduksiSwindon, Inggris - Kabar baik bagi Anda pecinta mobil Honda khususnya Civic. Sebab, produsen otomotif dari Jepang itu mulai memproduksi Civic Type R. Civic versi terganas ini pabrik Honda yang berada di Swindon, Inggris.

Dalam keterangan resminya, Jumat (3/7/2015) sebagai bentuk perayaan produksi pertama, ratusan staf produksi dan manajemen Honda di Eropa berkumpul di pabrik Honda yang berada di Swindon, Inggris. Semuanya menyaksikan dan merayakan Civic Type R masuk produksi masal.

Managing Director Honda of the UK Manufacturing (HUM) Soichiro Takizawa menuturkan, dalam kesempatan ini ia mengucapkan terima kasih kepada staf yang memiliki komitmen dan kerja keras. Semua ini bisa terwujud dan merasa bangga karena Civic Type R telah diproduksi di pabrik Honda yang berada di Inggris.

"Civic Type R adalah model yang penting bagi Honda. Ini bisa mewakili semangat balap dan menunjukkan komitmen kami untuk inobasi. Kami sangat bangga menjadi satu-satunya pabrikan yang memproduksi Civic Type R di dunia. Standar tinggi yang kami miliki berhasil dipercayai sehingga kita bisa diberikan hak istimewa untuk memproduksi mobil ini," beber Takizawa.

Dalam memproduksi Civic terganas ini, Honda telah mengucurkan investasi sebesar 200 miliar poundsterling. Investasi sebesar itu sebagai wujud keseriusan Honda dalam memproduksi mobil di Inggris.

Sebagai tahap awal, Civic Type R yang diproduksi ada 3 pilihan warna, diantaranya merah, putih dan biru. Semua model dilengkapi dengan bodi kit yang agresif, knalpot 4 buah dan pelek berukuran 19 inci.

Jantung mekanismenya dibekali mesin 2.0-liter, empat silinder turbocharged yang mampu mengembangkan tenaga 310 PS dan torsi 400 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan sehingga memungkinkan mobil untuk melakukan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,7 detik.

Begitu juga dengan sistem suspensi yang dibuat paling ekstrim dan berkinerja tinggi. Dengan sistem suspensi baru yang canggih, sangat cocok digunakan dengan mesin yang digendong oleh Civic terganas ini.


(ady/ady)

BMW Kembangkan i8 Berbahan Bakar Hidrogen

BMW Kembangkan i8 Berbahan Bakar HidrogenMunich - BMW i8 yang ada di pasaran saat ini mengusung teknologi plug in hybrid. Rupanya, produsen otomotif asal Jerman ini tengah mengembangkan i8 berbahan bakar hidrogen. Saat ini BMW masih melakukan penelitian.

Dalam keterangan resminya, Jumat (3/7/2015) energi yang dihasilkan oleh BMW i8 ini berasal dari Kriogenik yang disimpan dalam tangki silinder yang ditempatkan di tengah platform. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 242 bhp (188 kW).

Selain mendapatkan pengaturan perangkat keras yang berbeda dengan versi plug in hybrid, i8 juga terlihat berbeda dari model biasanya karena memiliki tampilan depan yang lebih tajam dan bagian belakang yang lebih sederhana.

Pada versi prototipe ini, BMW i8 berbahan bakar hidrogen dilapisi dengan cat berbwarna hitam dan pada bagian pintu tertuliskan "Vehicle Hydrogen Fuel Cell".

Dalam mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen ini, BMW memang memiliki kemitraan dengan Toyota. Toyota sendiri sudah lebih dulu mengeluarkan mobil berbahan bakar sel, yakni Toyota Mirai.


(ady/ady)

Cara Merawat Mobil di Musim Kemarau

Cara Merawat Mobil di Musim Kemarau Jakarta - Musim kemarau adalah hal yang menyenangkan bagi para pengemudi. Setelah lama kendaraan Anda tersiram air hujan, di musim kemaraulah Anda bisa sedikit lega karena bisa berkendara dengan cuaca cerah.

Namun, di musim kemarau ini, penglihatan Anda akan lebih baik karena cuaca cerah. Terlebih lagi, Anda tidak akan dikhawatirkan dengan jalanan yang licin atau pun berlubang, tetapi faktor keselamatan tetap menjadi fokus utama Anda dalam berkendara.

Dalam melakukan perjalanan panjang atau pun sekadar ke tempat kerja, Anda harus memerhatikan beberapa aspek penting untuk menghindari kecelakaan atau pun hal lain yang tidak diinginkan. Berikut ini ada beberapa tips dalam merawat mobil di musim kemarau, diantaranya

Cuma 2 Unit, 10 Orang Indonesia Antre Beli Maserati Edisi 100 Tahun

Cuma 2 Unit, 10 Orang Indonesia Antre Beli Maserati Edisi 100 TahunJakarta - Indonesia kebagian jatah Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition yang menjadi model edisi khusus untuk memperingati hari jadi Maserati ke-100 tahun. Model itu dijual oleh PT Auto Trisula Indonesia (ATI) sebagai agen pemegang merek Maserati di Indonesia.

Karena memperingati hari jadi ke-100 tahun, maka mobil ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit. Beruntung, PT Auto Trisula Indonesia-Maserati Indonesia bisa mendapatkan jatah model itu tapi hanya sebanyak dua unit saja.

Meski hanya ada dua unit, orang-orang kaya di Indonesia sudah antre ingin test drive merasakan mobil ini. Namun, sampai saat ini dua unit mobil itu belum ada yang memesannya.

"Sudah open order, tapi belum dipesan. Minat juga udah banyak. Yang mau test drive udah 10 orang. Kalau udah test drive kan kemungkinan untuk belinya besar," ucap PR Manager PT Auto Trisula Indonesia-Maserati Indonesia, Ismail Ashlan di Jakarta.

Sayangnya, Maserati Indonesia tak mau menyebut banderol mobil ini. Alasannya, banyak pertimbangan yang selalu berbeda saat menentukan harganya.

"Karena banyak variable, dari pajak. Pajak masuk, pajak progresif, PPnBM, jadi terlalu banyak variable. Ditambah lagi dolar yang enggak tentu," kata Ismail.


(rgr/ady)

Ford EcoSport Kini Tanpa 'Konde'

Ford EcoSport Kini Tanpa Jakarta -

Ford Motor di Eropa saat ini mulai menerima pesanan Sport Utility Vehicle (SUV) kecil Ford EcoSport tanpa roda cadangan di belakang alias tanpa konde. Selain tanpa ban cadangan mobil ini juga mendapat sejumlah ubahan, tambahan fitur dan revisi mekanik.



Keterangan Foto :
Perubahan di bagian eksterior yang paling mencolok adalah hilangnya ban cadangan di bagian belakang. Ist/Ford Motor Eropa.

Mobil 100 Tahun Maserati

Mobil 100 Tahun Maserati Jakarta -

PT Auto Trisula Indonesia sebagai agen pemegang merek Maserati di Indonesia memboyong Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition. Mobil itu merupakan edisi terbatas memperingati hari jadi Maserati yang ke-100 tahun.



Keterangan Foto :
PT Auto Trisula Indonesia (ATI) memperkenalkan Maserati GranTurismo MC Stradale Centennial Edition di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Gandeng Tata Motors, Fiat Chrysler Mulai Produksi Jeep di India Tahun 2017

Gandeng Tata Motors, Fiat Chrysler Mulai Produksi Jeep di India Tahun 2017New Delhi - Fiat Chrysler Autombiles mengumumkan akan kembali berinvestasi sebesar US$ 280 juta (sekitar Rp 3,7 triliun) di India. Investasi itu akan dilakukan untuk memproduksi Jeep di India pada tahun 2017 yang bekerja sama dengan Tata Motors.

Dilansir laman Reuters, Kamis (2/7/2015) saat ini Chief Executive Fiat Chrysler Sergio Marchione sedang mengejar target pejualan yang cukup ambisius untuk merek Jeep dan merek lainnya.

Pada tahun 2018, Fiat Chrysler bertujuan untuk bisa menjual dua kali lipat dari angka penjualan Jeep di tahun 2014 lalu yang mencapai 1 juta unit. Menurutnya, memproduksi Jeep secara lokal di pasar utama akan menjadi kunci untuk bisa memenuhu tujuan.

"Investasi di India merupakan langkah penting karena kami akan terus memperluas ketersediaan produk Jeep di seluruh dunia," ungkap Marchionne.

Rencana ekspansi Jeep sangat bergantung pada India. Sebab pada tahun 2012 mendatang diposisikan sebagai pasar mobil terbesar ketiga setelah China dan Amerika Serikat (AS) menurut IHS Automotive.

Secara global, kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) adalah salah satu kategori kendaraan yang mengalami pertumbuhan paling cepat secara global dan bisa mencapai seperlima dari 2,6 juta unit penjualannya di India selama 12 bulan terakhir atau tahun fiskal yang berakhir 31 Maret lalu.




(arf/ddn)

Komunitas Ertiga Bagi-bagi 200 Paket Takjil di Jalanan Pasar Minggu

Komunitas Ertiga Bagi-bagi 200 Paket Takjil di Jalanan Pasar MingguJakarta - Ada kalanya pengendara tidak sempat berbuka puasa karena terkena kemacetan di jalanan. Komunitas Suzuki Ertiga Jabodetabek mengadakan kegiatan pembagian tajil kepada pengguna kendaraan mobil dan motor yang melintas di jalan Pasar Minggu, Jakarta selatan.

“Tujuan diadakan kegiatan pembagian tajil ini adalah untuk membantu memberikan makanan dan minuman bagi pengendara mobil dan motor yang tidak sempat berbuka puasa di rumah dan menghabiskan waktu di jalan karena kemacetan kota Jakarta dan menunjukkan kepedulian sosial komunitas mobil keluarga Ertigamania kepada masyarakat dalam menjalankan kegiatan di bulan Ramadan,” ujar Ketua Pelaksana Pembagian Tajil Erman Jabodetabek Misbahudin.

Bagi-bagi takjil ini digelar pada tanggal 27 Juni lalu. Dengan jumlah 200 paket yang sudah termasuk makanan ringan dan minuman, anggota Ertigamania Jabodetabek membagi bagikan paket kepada pengendara mobil dan motor yang melintas di jalan Pasar Minggu, Jakarta selatan.

Tampak keceriaan dari para pengendara mobil dan motor yang menerima paket tersebut.

“Semoga di Bulan yang penuh berkah ini kegiatan yang diadakan ini akan bermanfaat dan menunjukkan kepedulian social komunitas Ertigamania Jabodetabek terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” ujarnya.






(ddn/ddn)

Ford EcoSport Kini Tanpa 'Konde'

Ford EcoSport Kini Tanpa Jakarta - Ford Motor di Eropa saat ini mulai menerima pesanan Sport Utility Vehicle (SUV) kecil Ford EcoSport tanpa roda cadangan di belakang alias tanpa konde. Selain tanpa ban cadangan mobil ini juga mendapat sejumlah ubahan, tambahan fitur dan revisi mekanik.


Keterangan Foto :
Perubahan di bagian eksterior yang paling mencolok adalah hilangnya ban cadangan di bagian belakang. Ist/Ford Motor Eropa.

Yamaha Ajari Korban Gunung Sinabung Jadi Mekanik Motor

Yamaha Ajari Korban Gunung Sinabung Jadi Mekanik MotorJakarta - Warga di sekitar Gunung Sinabung yang rata-rata memiliki mata pencaharian sebagai petani tak bisa lagi produktif. Yamaha pun mengajari para pengungsi cara memperbaiki motor agar mereka bisa mendapat tambahan penghasilan.

Yamaha memberikan pelatihan selama dua bulan di Juni sampai Juli. Rencananya, pelatihan ini akan berkesinambungan dijalankan maksimal untuk 20 orang selama dua bulan.

Pelatihan ini dilakukan oleh main dealer Yamaha Alfa Scorpii Medan bekerja sama dengan Komunitas Peduli Sinabung.

”Pelatihan diberikan untuk mereka yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung. Mata pencaharian mereka petani tapi dengan adanya bencana ini jadi tidak produktif. Lagipula sekarang tinggal di tempat pengungsian jauh dari rumah. Karenanya harus punya alternatif pekerjaan baru dan bisa cari uang sendiri. Salah satu solusi yang diberikan Yamaha dengan memberikan pelatihan teknis mekanik, diajarkan oleh instruktur dari Yamaha serta peralatan dan mesin kami sediakan,” papar Hendry H.P, Direktur PT Alfa Scorpii, main dealer Yamaha.

Untuk pelatihan di bulan Juni dan Juli ini diikuti 16 orang peserta yang rata-rata sudah punya basic teknis mekanik, ada yang lulusan SMA dan SMK. Yamaha pun juga berbagi ilmu mengenai sistem karburator dan injeksi motor matik, motor sport, motor bebek.

Selain bantuan pelatihan mekanik, Yamaha juga membantu warga dengan memberikan sembako. Bantuan sembako diberikan kepada para korban pada Sabtu 27 Juni 2015 di 4 titik yaitu posko Jambur Tongkoh (Berastagi), posko Peceran (Berastagi), posko Lo Gumba (Berastagi), posko Sekretariat KNPI Jl.Pahlawan (Kabanjahe).


(ddn/ddn)

Skuter Klasik Peugeot Django Pakai Mesin 50cc

Skuter Klasik Peugeot Django Pakai Mesin 50ccParis - Peugeot di Eropa mulai memperkenalkan skuter Django dengan mesin yang lebih ramping. Jika di Indonesia rencananya mau menggunakan mesin 150 cc, maka Peugeot baru saja melengkapi varian model itu dengan mesin yang lebih ramping 50cc.

Seperti dilansir Autoevolution, Kamis (2/7/2015) Peugeot Django 50 cc menyajikan empat pilihan trim yang berbeda. Keempatnya adalah Heritage, Evasion, Sport, dan Allure. Dengan demikian ada 3 pilihan mesin Django di Eropa yakni 50 cc, 125 cc dan 150 cc.

Ketika Peugeot membawa Django pertama kali ke kelas skuter klasik, pabrikan asal Prancis itu tampak memiliki langkah nyata untuk bersaing dengan Vespa. Kini, Peugeot kembali mengeluarkan terobosan baru dengan merilis Django bermesin 50cc.

Django 50 cc tetap mempertahankan nilai klasik nan modernnya. Skuter ini memiliki lampu LED di semua pencahayaannya.

Pelek alumunium yang tampil stylish dilengkapi dengan sistem pengereman gabungan yang disebut sebagai Synchro Braking Concept (SBC). Sistem itu bisa mendistribusikan kekuatan pengereman antara kedua as roda.

Dashboard bergaya retro menggabungkan speedometer analog dengan LCD yang menawarkan beberapa informasi, termasuk suhu dan tingkat bahan bakar.

Sayangnya, sampai saat ini Peugeot masih bungkam soal teknologi mesinnya. Namun, kisaran harga skuter ini sudah dirilis. Skuter ini dibanderol dengan kisaran harga 2.249 euro untuk Django Heritage 4 tak dan 2.749 untuk salah satu versi dari Django Allure.


(rgr/ddn)

Bakti Sosial ala Komunitas Peugeot Bogor

Bakti Sosial ala Komunitas Peugeot BogorJakarta - Pada 30 Mei 2015 keluarga anggota Bogor Peugeot Family (BPF) berkumpul di Belanova Mall Sentul City untuk mengadakan kegiatan BPF in Action (BIA) yang ke-8. Berbeda dengan BIA sebelumnya, BIA tahun ini sekaligus dilakukan kegiatan Bakti Sosial kepada masyarakat di sekitar tujuan turing, yaitu di wilayah Ciputih Sumur, Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang.

BIA kali ini diikuti sebanyak 15 kendaraan yang terdiri dari 5 Peugeot 505, 3 Peugeot 405, 1 Peugeot 206, 2 Peugeot 306, 1 Peugeot 607, 1 Peugeot 307 SW dan 2 kendaraan non Peugeot.

Tepat pukul 01.00 WIB, semua peserta telah siap memacu kendaraannya dengan tujuan Ciputih Beach Resort â€Â" Ujung Kulon dengan jarak sekitar 240 Km. Rute keberangkatan via Toll Jagorawi â€Â" Exit Tomang â€Â" Toll Jakarta Merak â€Â" Rest Area Karang Tengah â€Â" Exit Serang Timur â€Â" Pandeglang â€Â" Labuan â€Â" Tanjung Lesung â€Â" Ciputih.

Selama perjalanan menuju checkpoint pertama Rest Area Karang Tengah, konvoy berjalan dengan rapih dan terpantau dalam keadaan selalu line up. Komunikasi via HT yang ada di setiap kendaraan selalu dilakukan selama perjalanan untuk berkoordinasi, sehingga rangkaian konvoy dapat terpantau dan tidak menggangu pengguna jalan raya lainnya.

Canda dan gurau khas BPF via HT selalu membuat setiap perjalanan turing bersama keluarga membuat kesan tersendiri. Kecepatan rata-rata yang terpantau selama di perjalanan menuju Rest Area Karang Tengah adalah 60 kpj-120 kpj.

Sekitar pukul 05.30 WIB, kami menuju check point kedua yaitu di masjid Agung Pandeglang untuk melaksanakan sholat shubuh bersama.
Lokasi melewati jalur dengan medan yang sangat menantang dan membuat nuansa turing begitu terasa.

Sekitar pukul 09.00 WIB semua rombongan telah sampai di lokasi dengan selamat. Setelah beristirahat sejenak, dilakukan kegiatan Bakti Sosial kepada masyarakat sekitar Ciputih. Dilanjutkan dengan acara bebas. Tampak semua peserta menikmati suasana di pantai Ciputih ini.
Dengan gaya khas keluarga BPF, semua menikmati kebersamaan dan persaudaraan yang telah terjalin.

Duduk Sama Rendah, Berdiri Sama Tinggi. Semuanya didasarkan pada rasa toleransi yang kuat, kesetaraaan dan manfaat. Minggu, 31 Mei 2015 jam 10.30 WIB saatnya check out dan sesuai musyawarah beberapa agenda sudah dibuat untuk perjalanan pulang. Rute via Selatan (Sumur â€Â" Rangkasbitung â€Â" Jasinga). Saatnya memacu kembali kendaraan untuk pulang ke Bogor.

Saat rombongan konvoy di daerah Ujung Kulon kita berfoto bersama di depan ikon ujung kulon yaitu patung badak. Selesai berfoto foto peserta konvoy kembali melanjutkan perjalanan. Komunikasi via HT tetap aktif dilakukan untuk menjaga keselamatan peserta dan pengguna jalan lain.

Sweeper dengan setia menyisir dan mendorong beberapa kendaraan peserta yang terpisah akibat padatnya lalin untuk masuk ke dalam rombongan konvoy.

(ady/ddn)

Ini Alasan Kia Absen di GIIAS dan IIMS

Ini Alasan Kia Absen di GIIAS dan IIMSJakarta - PT Kia Mobil Indonesia (KMI) memutuskan absen di dua pameran otomotif akbar di Indonesia yang bakal bergulir Agustus mendatang. Salah satu alasannya adalah karena PT KMI sulit menentukan harus mengikuti pameran mana.

"Ya kami itu kan susah untuk menentukan. Karena hubungan kami ke keduanya sama-sama baik. Kami anggota Gaikindo (Gabungan Industrsi Kendaraan Bermotor Indonesia). Secara bisnis, kami dengan Dyandra (penyelenggara IIMS) juga sangat dekat. Jadi sulit untuk menentukan," ujar Direktur Pemasaran PT KMI Hartanto Sukmono di Jakarta.

Seperti diketahui, bulan Agustus nanti bakal ada dua pameran otomotif yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diadakan Gaikindo dan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diadakan Dyandra.

Memang, KMI bisa saja mengikuti dua pameran itu sekaligus. Namun Hartanto mengatakan, dalam kondisi ekonomi yang melemah seperti saat ini pihaknya tidak mau mengikuti dua pameran itu sekaligus.

"Kalau dalam kondisi sangat di luar harapan begini, untuk ikut dua-duanya sangat sulit. Untuk ikut dua-duanya itu sesuatu yang mewah banget. Kalau ikut dua-duanya itu pengeluarannya berapa?" katanya.

Padahal, kedua pameran otomotif ini adalah kesempatan emas untuk membangkitkan penjualan dan mengejar target penjualan di tahun ini. Namun, KMI tidak hanya mempertimbangkan soal penjualan.

"Ya kita tidak hanya berpikir mengenai penjualan. Hubungan bisnis itu penting. Penjualan bisa kita pilih dari cara lain," ujar Hartanto.


(rgr/ddn)

Produksi Kendaraan Listrik, Garansindo Tidak Minta Bantuan yang Aneh-aneh

Produksi Kendaraan Listrik, Garansindo Tidak Minta Bantuan yang Aneh-aneh Jakarta - PT Garansindo Inter Global sudah bertekad menjadi pabrikan pertama yang memproduksi dan menjual kendaraan listrik di Indonesia. Meski demikian, Garansindo memastikan tidak meminta kebijakan aneh-aneh dari pemerintah Indonesia.

"Peran pemerintah? Sebenarnya pemerintah sudah tahu keuntungan dari kendaraan listrik. Saya kasih contoh, seperti Zero (motor listrik) sudah dibebaskan dari PPnBM, tapi kita tidak berharap dianakemaskan oleh pemerintah. Kita juga mesti bisa berkembang tanpa ada kebijakan yang aneh-aneh," ujar CEO Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta.

Meski demikian, Muhammad Al Abdullah berharap pemerintah bisa mendukung laju kendaraan listrik di Indonesia.

"Tapi yang kita minta dukungan pemerintahnya saja. Contohnya seperti BUMN-BUMN atau lembaga pemerintah lainnya menggunakan sepeda motor. Karena begini, untuk motor harganya sama, kalau soal efisiensi jelas listrik lebih efisien dari kendaraan konvensional. Kenapa harus beli kendaraan konvensional (bensin atau diesel)?" ujarnya.

"Kalau bisa kita kasih motor listrik, dengan purna jual yang baik, harga sama dengan motor konvensional. Apa alasannya tidak menggunakan kendaraan listrik?" tambahnya.

Garansindo dalam beberapa tahun terakhir ini sudah berkembang dari importir mobil-mobil mewah menjadi agen pemegang resmi merek premium.

Merek yang mereka jual adalah mobil keluaran Fiat Chrysler Automobiles, ditambah line up motor listrik Zero, sepeda listrik Italjet. Kemudian untuk mengembangkan kendaraan listrik, Garansindo menggaet Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.


(lth/ddn)

Bulan Juni, Penjualan Kia Naik 80 Persen

Bulan Juni, Penjualan Kia Naik 80 PersenJakarta - Bulan keenam di tahun 2015 ini sedikit memberikan titik cerah bagi industri otomotif. Hal itu dirasakan oleh PT Kia Mobil Indonesia (KMI) sebagai agen pemegang merek Kia di Indonesia.

Bahkan, PT KMI merasakan peningkatan penjualan yang signifikan. Kenaikannya cukup signifikan.

"Bulan Juni 509 unit. Mei itu sekitar 200-an, hampir 300, naik sekitar 80 persen," kata Direktur Pemasaran PT KMI, Hartanto Sukmono di Jakarta. Mengutip data Gaikindo, penjualan Kia pada bulan Mei lalu mencapai 279 unit. Jika bulan Juni mencapai 509 unit, maka penjualan Kia sudah naik 82,4 persen.

Dengan begitu, menurut Hartanto, sepanjang Januari sampai Juni 2015 PT KMI sudah melepas 2.000-an unit mobil. Model terlaris masih dipegang oleh Kia Rio dan Picanto.

Kenaikan penjualan ini dipicu oleh faktor ekonomi Indonesia yang sudah mulai bangkit.

"Kami meihat, kesulitan masyarakat sudah mulai bangkit. Sebenarnya masyarakat bukan tidak mau beli. Pada saat mereka mengambil SPK (Surat Pesanan Kendaraan), untuk uang muka susahnya bukan main," jelas Hartanto.

Selain itu, faktor menjelang hari raya Idul Fitri juga berpengaruh. Apalagi, kata dia, KMI telah memberikan program penjualan menjelang lebaran ini.

"Kebetulan menjelang lebaran juga. Yang paling utama adalah program lebaran dari Kia," katanya.

Untuk pembelian mobil menjelang Idul Fitri, Kia memberikan penawaran seperti cashback 8 persen, Trade in, Tenor angsuran sampai dengan 7 tahun, cicilan kendaraan Kia mulai dari 2 jutaan hingga gratis Roofbox Hapro (khusus untuk pembelian Kia Picanto dan Kia Morning).

“Program ini hanya berlaku di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Penawaran di luar area Jabodetabek yang berlangsung selama bulan Ramadan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing daerah,” tulis Kia dalam pernyataannya.

(rgr/ddn)

Seperti Ini Jika Hypercar Termahal dan Terganas Ferrari Berkumpul

Seperti Ini Jika Hypercar Termahal dan Terganas Ferrari BerkumpulMaranello - LaFerrari adalah hypercar termahal, terganas dan berteknologi mutakhir terkini dari pabrikan Ferrari. Di Indonesia, jangan harap bisa melihat hypercar ini, sebab Ferrari hanya memproduksi sebanyak 499 unit di dunia dan hanya orang tertentu yang bisa memilikinya.

Tapi, pada acara Ferrari Cavalacade 2015 yang digelar 25-30 Juni 2015 di Italia. Ada 15 pemilik LaFerrari yang berasal dari seluruh dunia. Mereka berkumpul menjadi satu di salah satu sirkuit.

Acara ini satu-satunya cara mempersatukan para pemilik Ferrari khususnya LaFerrari. Mereka saling bertukar pikiran dan mencoba hypercar-nya di lintasan sirkuit secara bersama-sama.

Cacalcade itu sendiri sudah digelar keempat kalinya. Setiap tahun acara spesial ini memang diadakan untuk pemilik Ferrari di seluruh dunia. Tujuannya selain bisa berkendara di sirkuit juga bisa merasakan jalan dimana asal Ferrari berasal.

Tahun ini lebih dari 100 pemilik Ferrari dari berbagai penjuru dunia datang dan ada 15 unit LaFerrari yang ikut meramaikan acara tahunan ini. Untuk mengikuti parade Cavalcade ini, persyaratannya 'mudah' kok, minimal punya 5 mobil Ferrari di garasinya. Glek





(ady/ddn)

Garansindo Produksi Motor Listrik Nasional Tahun 2017

Garansindo Produksi Motor Listrik Nasional Tahun 2017Jakarta - PT Garansindo Inter Global tidak main-main untuk bisa melahirkan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan menggaet Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Garansindo menargetkan bisa memproduksi motor listriknya pada 2017.

"Paling lama 2017 sudah jalan (produksi dan pemasaran kendaraan listrik-Red), semuanya sedang kita persiapkan," ujar CEO Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta.

Lalu daerah mana yang terlebih dahulu, yang menjadi target Garansindo untuk bisa memasarkan kendaraan listrik mereka?

"Apakah Jabodetabek dulu? Seluruh tim berjalan termasuk tim survei. Jadi saya tidak bisa katakan apakah Jabodetabek lebih dahulu atau tidak? Bisa saja nanti akan meluas ke daerah lain. Bisa saja sampai Bali atau yang lain-lainnya," tambahnya.

Lalu bagaimana dengan kesiapan dilernya Garansindo? "Sabar satu-satu terlebih dahulu. Tapi kita akan buat semudah mungkin, karena pesan dari bisnis ini adalah kita membuat mudah pemilik kendaraan listrik itu semudah atau lebih mudah daripada memiliki kendaraan konvensionnal," kata Memet.

"Karena sesuatu yang baru itu kan tidak haram, seperti dulu matik kan tidak ada, sekarang banyak yang menggunakan matik. Semuanya ini kan hanya transisi dari budaya. Dan sekarang sudah waktunya kendaraan listrik," tambahnya.

Garansindo berjanji akan memperlihatkan konsep motor listriknya di arena Indonesia International Motor Show bulan Agustus mendatang. Ada dua model yakni skuter dan klasik (Cafe Racer).


(lth/ddn)

Bos Suzuki: Kalau Saya Tidak Kerja Nanti Bisa Kena Demensia

Bos Suzuki: Kalau Saya Tidak Kerja Nanti Bisa Kena DemensiaJakarta - Awal pekan ini, dunia otomotif mendapatkan pengumuman yang cukup mengagetkan dari Suzuki. Bos besar Suzuki yakni Osamu Suzuki mulai mengurangi kewenangannya.

Osamu yang sudah berumur 85 tahun melepas jabatan presiden Suzuki Motor Corp, dan menyerahkan jabatan itu pada sang anak Toshihiro Suzuki. Sementara jabatan chairman dan CEO tetap dipegang oleh Osamu Suzuki. Sedangkan sang anak, Toshihiro selain menjabat presiden Suzuki, juga mengurusi soal operasional perusahaan.

Ada beberapa alasan yang membuat pria itu tidak melepas begitu saja semua pekerjaannya pada si anak. Apa saja?

“Kalau saya tidak berbicara banyak dan berhenti bekerja, saya akan menderita demensia. Jadi saya akan tetap bekerja semampu saya,” ujarnya seperti detikOto kutip dari Reuters.

Demensia seperti detikOto kutip dari detikHealth, merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia biasanya terjadi pada orang-orang yang menderita stroke dan alzheimer.

Kembali ke profil Osamu Suzuki, Osamu sebenarnya lahir dengan nama Osamu Matsuda. Hidupnya mulai berubah setelah menikah dengan istrinya Shoko Suzuki yang merupakan cucu dari pendiri Suzuki Motor Corp Michio Suzuki.

Osamu kemudian mengganti namanya menjadi Suzuki dan bergabung dengan Suzuki pada 1958.
Halaman 1 2 »

(ddn/ddn)

Apa Kabar Rio Sedan, Kia?

Apa Kabar Rio Sedan, Kia?Jakarta - PT Kia Mobil Indonesia (KMI) memiliki dua tipe mobil Kia Rio yakni Rio hatchback dan sedan. Namun, sepertinya Rio jenis sedan sudah jarang terdengar.

Menanggapi hal itu, Direktur Pemasaran PT KMI, Hartanto Sukmono mengatakan, segmen sedan memang tak semenarik segmen lainnya. Tapi, sampai saat ini pihaknya masih menerima permintaan Kia Rio Sedan.

"Kia Rio Sedan, sampai saat ini kami masih menerima permintaan," ujar Hartanto di Jakarta.

Hartanto menegaskan, pihaknya masih menjual Rio Sedan. Penjualan pun dilakukan berdasarkan pemesanan dari konsumen.

"Untuk sedan masih menjual tapi berdasarkan pesanan," ucapnya.

Dia mengakui, penjualan Kia Rio Sedan tidak semenarik Rio hatchback. Sebab, mobil sedan di Indonesia memiliki perpajakan yang lebih tinggi ketimbang hatchback.

"Kita tahu jenis sedan PPnBM-nya berbeda dengan hatchback. Jadinya harga sedan jauh lebih mahal. Akibatnya tidak banyak yang mau beli sedan. Untuk produk yang sama (Kia Rio) lebih baik orang beli hatchback karena harganya," jelas Hartanto.
Halaman 1 2 »

(rgr/ddn)

Finalis Nissan GT Academy Juga Jago Ngebut

Finalis Nissan GT Academy Juga Jago Ngebut Jakarta - Para finalis Nissan GT Academy National asal Indoneisa dituntut tidak hanya lihai ngebut dalam sebuah permainan alias games. Kini para peserta pun diuji dalam mengendarai mobil di panasnya aspal Sentul kecil Jawa Barat.


Keterangan Foto :
Sebelumnya melakukan aksi di aspal Sentul, finalis Nissan GT Academy dibekali dengan ilmu safety riding dari Ananda Mikola Driving School.

Resmi! Sekali Full Tank, Mobil Hidrogen Toyota Bisa Tempuh 502 Km

Resmi! Sekali Full Tank, Mobil Hidrogen Toyota Bisa Tempuh 502 KmCalifornia - Toyota Motor telah mengumumkan data kemampuan jelajah sedan berbahan bakar hidrogen buatannya, Toyota Mirai. Mobil yang namanya berarti 'Masa Depan' ini bisa menempuh jarak 502,1 kilometer (km) dalam sekali isi tangki bahan bakar hingga penuh.

Fakta itu merupakan hasil pengujian yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat. Angka ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan klaim yang disampaikan oleh Toyota.

Presiden dan CEO Toyota Motor Corp saat memperkenalkan mobil ini tahun lalu menyebut, mobil bisa melaju sampai lebih dari 300 mil atau 482 km. Pengisian tangki hidrogen pun berlangsung sangat cepat yakni sekitar 3 menit saja.

Sementara itu Toyota Motor Sales Amerika menyebut mobil ini mulai dijual di Amerika Serikat pada musim gugur mendatang. Toyota bakal memberikan sejumlah fasilitas khusus bagi para pembeli atau penyewa mobil tersebut.

Fasilitas itu antara lain, selama tiga tahun akan mendapatkan bahan bakar gratis yang setara dengan senilai US$ 15.000 atau sekitar Rp 195 juta. Para pembeli juga akan mendapatkan fasilitas gratis tiga tahun fitur keselamatan Connect dan aplikasi fitur komunikasi Entune.

Mereka juga akan mendapatkan dukungan layanan servis atau bantuan lainnya selama 24 jam dalam sepekan penuh. Fasilitas bebas biaya perawatan selama tiga tahun juga akan diberikan selain bantuan keadaan darurat di jalan. Bahkan, garansi komponen utama kendaraan diberikan selama 8 tahun atau 160.000 kilometer.