Tuesday, November 3, 2015

Ini Dia Konsep Roadster Empat Kursi Besutan Kia

Ini Dia Konsep Roadster Empat Kursi Besutan KiaLas Vegas - Kia Motors Company memboyong enam mobil konsep ke ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) 2015 yang berlangsung 3-6 November di Las Vegas, Amerika Serikat. Salah satu konsep yang membetot perhatian adalah konsep roadster empat tempat duduk Kia Optima A1A.

Seperti dilaporkan Car Advice, Rabu (4/11/2015), konsep ini menggunakan basis sedan Kia Optima generasi terbaru. Pabrikan asal Korea Selatan itu disebut tak hanya memangkas atap sedan itu untuk disulap menjadi roadster, namun juga melakukan serangkaian perubahan.

Kaca depan misalnya, dibuat lebih pendek. Sedangkan bagian bodinya ditambahi tabung baja sehingga lebih kuat. Sedangkan konsol tengah juga diubah tampilanya.

Begitu pun dengan posisi kursi bagian belakang. Bahkan sandaran tangan di kursi juga diperpanjang untuk memberikan kenyamanan orang yang duduk di kursi tersebut.

Hanya, untuk mesin, masih belum ada kepastian dari Kia apakah menggunakan mesin yang sama dengan sedan Kia Optima atau tidak. Namun, beberapa sumber menyebut mesin yang diusung adalah mesin empat silinder yang diimbuhi turbocharger, sehingga bertenaga hingga 183 kW.

Ubahan lainnya yang membedakannya dengan versi sedan adalah, pelek yang digunakannya. Konsep ini menggunakan pelek ukuran 20 inci, yang mendukung sistem suspensi yang telah disempurnakan.

Ihwal nama yang digunakan, yakni A1A, diambil dari nama jalan raya di Florida, Amerika Serikat. Jalan ini merupakan salah satu jalan paling indah di Amerika Serikat karena di sisinya membentang pantai yang indah di antara St Augustine dan Daytona.


(arf/rgr)

Indonesia Jadi Negara Ke-2 yang Pasarkan X-Trail Hybrid

Indonesia Jadi Negara Ke-2 yang Pasarkan X-Trail HybridPurwakarta - Setelah di Jepang booming, akhirnya Nissan memutuskan untuk memperkenalkan Nissan X-Trail hybrid di Indonesia. Nissan memastikan, Indonesia menjadi negara ke-2 yang merasakan Nissan X-Trail hybrid setelah Jepang.

Hal itu disampaikan General Manager Product Planning and Marketing Strategy NMI Budi Nur Mukmin, di Purwakarta, Jabar, Rabu (11/4/2015).

"Di dunia Indonesia menjadi negara kedua yang merasakan Nissan X-Trail Hybrid setelah Jepang," ujar Budi.

Alasan dipilihnya Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang yang merasakan X-Trail hybrid adalah karena Indonesia menjadi pasar yang bagus untuk Nissan.

"Indonesia pasar besar, di Asean Indonesia menjadi pasar yang paling sukses untuk Nissan," ujar Budi.

"Saya sangat yakin X-Trail hybrid akan sukses Indonesia. Karena berbagai kelebihan akan menjadi jawaban, buat semua kebutuhan pelanggan, baik dari desain, teknologi, serta menjadi satu-satunya mobil hybrid SUV kompak dengan 3 baris," tambahnya.


(lth/rgr)

Tekan Angka Kecelakaan, Yamaha Buat Kurikulum Safety Riding

Tekan Angka Kecelakaan, Yamaha Buat Kurikulum Safety RidingBandung - Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia kondisinya memprihatinkan. Terutama kecelakaan yang disebabkan oleh sepeda motor. Untuk menekan jumlah kecelakaan, Yamaha bekerja sama dengan pihak sekolah dan kepolisian untuk membuat kurikulum tentang safety riding.

Berdasarkan data dari Korlantas Polri, angka kecelakaan yang terjadi untuk wilayah Jawa Barat pada triwulan terakhir 2015 tercatat 3.710 kecelakaan. Mayoritas kecelakaan disebabkan oleh sepeda motor.

Melihat kondisi demikian, Yamaha yang diwakili tim Yamaha Riding Academy terus menggaungkan prinsip safety riding lewat edukasi dan kurikulum. Kerjasama dengan pihak sekolah pun tengah dirancang agar program edukasi safety riding terus berkelanjutan.

"Saat ini kami sedang melakukan proses komunikasi dengan sekolah dan kepolisian untuk kurikulum safety riding," kata Instruktur dari divisi Yamaha Riding Academy, Setyo Suryako saat ditemui detikOto di Polda Jawa Barat, Bandung, Rabu (4/11/2015).

"Nantinya akan ada ekstrakurikuler safety riding tiap sekolah. Kemarin sudah ada sambutan pihak guru dan mereka tertarik. Tapi hal ini perlu didiskusikan dengan kepala sekolah," lanjutnya.

Sebagai langkah awal memberikan edukasi safety riding, Yamaha bekerjasama dengan Polda Jawa Barat, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan SMA serta SMK di Bandung menggelar acara yang bertempat di pelataran Polda Jabar, Rabu (4/11/2015). Materi diberikan baik berupa teori maupun praktik tentang safety riding.


(rgr/ddn)

Renault Duster Dakar Edition Khusus Pasar Brasil

Renault Duster Dakar Edition Khusus Pasar BrasilBrasilia - Renault siap meluncurkan Duster dengan tampilan sport utility vehicle (SUV) reli yakni Dakar Edition. Mobil itu khusus untuk pasar Brasil.

Seperti dilansir Rushlane, Rabu (4/11/2015) mobil ini hadir dengan beberapa pembaruan eksterior. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.6 liter dan mesin 2.0 liter.

Untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, digunakan transmisi manual atau otomatis yang menggerakkan roda depan. Varian mesin 2.0 liter juga ditawarkan dengan sistem 4WD.

Duster Dakar Edition mendapatkan logo 'Dakar Rally' di pintu depan. Sementara bagian bawah pintu terdapat decal yang menggambarkan peta reli Dakar.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek diamond cut alloy 16 inci dengan finishing berwarna hitam glossy. Mobil ini akan ditawarkan dengan pilihan warna eksterior White Neige, Silver Etoile, Nacre Black dan Brown Safari.

Renault Duster edisi khusus ini ditawarkan dengan sensor parkir, sistem infotainment MEDIANAV layar sentuh 7 inci dengan GPS, cover kursi Dakar Rally, audio system 4 speaker dengan AUX, USB dan Bluetooth.

Renault Duster Dakar Edition dilengkapi dengan Eco Coaching and Eco Scoring. Sistem itu akan membuat pengemudinya menanamkan kebiasaan mengemudi irit bahan bakar.


(rgr/arf)

10 Nissan X-Trail Hybrid Sudah Terpesan

10 Nissan X-Trail Hybrid Sudah TerpesanPurwakarta - Nissan sudah merilis harga resmi X-Trail per hari ini. Mobil itu rupanya sudah ada peminatnya. Total 10 unit All New Nissan X-Trail hybrid sudah terpesan, dan siap dikirim ke tangan konsumen.

"Sejak diperkenalkan Agustus 2015 kemarin di GIIAS, masyarakat antusias dengan kedatangan All New Nissan X-Trail Hybrid. Padahal waktu itu kami belum menentukan berapa harga jualnya, tapi sudah banyak masyarakat yang memesannya," ujar General Manager Product Planning and Marketing Strategy NMI Budi Nur Mukmin, di Purwakarta, Jabar, Rabu (11/4/2015).

"Sudah ada 10 unit yang dipesan konsumen, dan kami akan kirim bulan ini (November 2015-Red)," katanya.

Dia menambahkan kebanyakan yang memilih X-trail hybrid baru memiliki mobil hybrid.

"Memang kita coba konfirmasi ke diler apa alasan mereka memilih All New X-Traril hybrid. Mereka bilang, mereka sudah membandingkan dengan mobil hybrid yang lainnya," ujarnya.

"Akhirnya mereka memutuskan untuk memiliki All New Hybrid, karena ini SUV. Sedangkan hybrid yang ada saat ini kan berbasis sedan. Dan kebanyakan dari mereka belum melakukan test drive X-Trail hybrid, tapi mereka sudah mencoba All New X-Trail, karena perbedaannya hanya pada baterai saja," tambahnya.

Mobil dijual seharga Rp 625 juta on the road Jakarta.


(lth/ddn)

30 Siswa SMA Bandung Belajar Nyetir Motor yang Aman

30 Siswa SMA Bandung Belajar Nyetir Motor yang AmanBandung -

Sejumlah pelajar dari SMA di Kota Bandung, Jawa Barat mengikuti Safety Riding yang diselenggarakan oleh Yamaha Indonesia serta Polda Jawa Barat. Acara ini bertujuan sebagai edukasi bagi para siswa untuk keselamatan berkendara.

Bertempat di Polda Jawa Barat, Soekarno Hatta, Bandung, tercatat 30 siswa yang mengikuti acara Safety Riding dari 6 sekolah di Bandung. Mereka mendapat sejumlah latihan yang diberikan oleh tim divisi Yamaha Riding Academy pada Rabu (4/11/2015).

Sebelum melakukan praktek yang digelar hari ini, para siswa mendapat pembekalan materi yang diberikan dari Yamaha, Polda, dan BNN. Materi yang diberikan berupa safety riding, perilaku berkendara di jalan raya, dan sosialisasi bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang.

Beberapa latihan yang diberikan antara lain bridge balance, bumpy course, slippy course, speed breaker, chidori balance, dan Slalom. Latihan Safety Riding menggunakan motor produksi Yamaha seperti V-Ixion, NMAX, dan Mio.

"Ini adalah bentuk edukasi safety riding dari Yamaha. Rencananya juga bakal ada kurikulum safety riding kerjasama antara pihak sekolah, polda, dan Yamaha," ujar Instruktur dari divisi Yamaha Riding Academy, Setyo Suryako.

"Praktek yang diberikan hari ini merupakan basic riding mulai dari cara pengereman, handling motor, dan keseimbangan dengan kondisi low speed. Sebelum praktek kami berikan teori safety riding terlebih dahulu," lanjutnya.

Siswa yang mengikuti kegiatan Safety Riding kerjasama Yamaha dengan Polda Jawa Barat merupakan siswa pilihan dari sekolah masing-masing. Nantinya mereka akan menjadi duta Safety Riding bagi sekolah.

Program edukasi Safety Riding yang dilakukan pada hari ini akan dievaluasi pada enam bulan kemudian. "Nanti akan kita evaluasi kembali 6 bulan kemudian. Kita ajarkan lagi agar mereka siap untuk berkendara dijalan dengan selamat," ujar Setyo.


(ddn/ddn)

Neowing, Motor 3 Roda Sporty Honda

Neowing, Motor 3 Roda Sporty Honda Jakarta - Honda merambah segmen motor roda tiga dengan menghadirkan Neowing. Motor bertampang agresif ini dihadirkan di ajang Tokyo Motor Show ke-44.


Keterangan Foto :
Neowing hadir di booth megah Honda di ajang Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight, Jepang. Motor ini dibalut warna putih, hitam dan merah serta memakai pelek palang delapan dilapis chrome.

Mobil Ini Bisa Jadi Sumber Listrik Perumahan

Mobil Ini Bisa Jadi Sumber Listrik Perumahan Jakarta - Di Tokyo Motor Show, Toyota memamerkan mobil hidrogen Toyota FCV Plus. Mobil diciptakan Toyota agar bisa menjadi generator listrik, jadi selain menghasilkan listrik untuk memutar roda, tenaga listrik dari mobil juga bisa digunakan untuk menyalakan lampu-lampu di rumah atau untuk perlengkapan listrik lainnya.


Keterangan Foto :
Di Tokyo Motor Show, Toyota memamerkan mobil hidrogen Toyota FCV Plus. Mobil masih berupa konsep, dan dari pengamatan detikOto mirip dengan mobil-mobil di film atau mobil mainan dengan kaca transparan berwarna biru tosca-nya.

Kawasaki Luncurkan Versys 250 Bulan Depan?

Kawasaki Luncurkan Versys 250 Bulan Depan?Jakarta -

Kawasaki dikabarkan bakal meluncurkan motor baru di Spanyol pada Desember mendatang. Dikatakan, motor itu akan menggendong mesin kecil.

Seperti dilansir Indianautosblog, Rabu (4/11/2015), motor yang akan diluncurkan di Spanyol ini disebut model 'all new'. Dilaporkan, model all new ini bukanlah Ninja 300 karena motor itu tidak bisa disebut all new.

Sementara ini, rumor yang beredar adalah Kawasaki Versys 250. Sebab, dikabarkan Kawasaki sedang mengembangkan motor itu.

Kemungkinan kelahiran Kawasaki Z125/Z125 Pro untuk pasar Eropa telah dikesampingkan. Sebab sebelumnya, laman Visordown melansir informasi dari juru bicara Kawasaki Inggris yang menyebut bahwa Z125 belum dihomologasi untuk Eropa.

Kawasaki memang tidak mengisyaratkan tentang motor sport adventure bermesin kecil. Namun, kemungkinan motor itu adalah Versys 250 yang akan menggunakan basis dari Z250. Begitu pun dengan sasisnya yang berupa sasis diamond dan juga mesinnya.

Mesin 249 cc, twin silinderm 8-katup, berteknologi injeksi, dan berpendingin cairan itu yang mampu menyemburkan tenaga hingga 32 PS dan torsi 21 Nm itu diperkirakan akan menyuplai tenaga pada motor ini. Transfer tenaga ke roda menggunakan gearbox 6 tingkat percepatan.


(rgr/ddn)

Nissan Mulai Jual X-Trail Hybrid, Harganya Rp 625 Juta On The Road Jakarta

Nissan Mulai Jual X-Trail Hybrid, Harganya Rp 625 Juta On The Road JakartaPurwakarta - Setelah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 Agustus 2015 lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi menjual Nissan X-Trail Hybrid di Indonesia. Harga mobil dibanderol Rp 625 juta (On The Road).

"Setelah Nissan X-Traill meraih sukses dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Akhirnya mulai hari ini kami akan mulai menjual Nissan X-Trail Hybrid dengan harga Rp 625 juta (On The Road)," kata GM Perencanaan Produk dan Strategi Pemasaran Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin, di Purwakarta, Jabar, Rabu (11/4/2015).

Tidak sampai disitu, dirinya juga yakin Nissan X-Trail hybrid akan menuai sukses di Indonesia.

"Setelah kami memperkenalkan All New X-Trail generasi ketiga 2014 kemarin, X-Trail begitu baik diterima masyarakat. Terbukti kami berhasil merebut market share 30 persen, dengan kondisi kompetisi yang luar biasa. Ini sangat memuaskan. Begitu juga dengan Nissan All New X-Trail hybrid," katanya.

Sebagai catatan Nissan All New X-Trail hybrid dilengkapi dengan mesin Hybrid 2.0-liter MR20DD, yang memungkinkan kombinasi kemampuan berkemudi yang baik dan ramah lingkungan secara bersamaan, X-Trail Hybrid dengan kemampuan akselerasinya yang kuat memberikan kenyamanan berkemudi dan kesenyapan kabin yang luar biasa.

Selain itu zistem Intelligent Dual Clutch Control merupakan teknologi hybrid orisinal Nissan yang super efisien juga diselipkan. Sistem Hybrid ini mampu menggerakkan roda dan mengisi ulang listrik mobil secara efisien dengan satu motor.

Dengan salah satu dari dua transmisi beroperasi secara terpisah dari mesin mobil, hal ini memungkinkan pengendara menggunakan EV Mode dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengisian ulang secara efisien.


(lth/ddn)

Ini Dia, Pikap Limosin Buatan Toyota

Ini Dia, Pikap Limosin Buatan ToyotaJakarta - Toyota Motor unjuk kreatifitas di ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) yang berlangsung 3 â€Â" 6 November di Las Vegas, Amerika Serikat. Seolah keluar dari kebiasaan yang dijalani selama ini, oabrikan asal Jepang itu memperkenalkan mobil paduan antara pikap dengan limosin.

Seperti dilaporkan Auto Guide, Rabu (4/11/2015), pikap limosin yang bernama Toyota Tundrasine itu merupakan gabungan antara ketangguhan dan maskulinitas pikap Toyota Tundra dengan kenyamanan sebuah limosin.

Mobil ini menggunakan basis pikap Toyota Tundra 1794 Edition 4x4 CrewMax. Mesin V8 yang diusungnya berkapasitas 5.700 cc. 

Pikap limo dengan panjang 26 kaki dan wheelbase 235,9 inci itu dibaliur cat berwarna Midnight Black Metallic. Untuk memudahkan akses keluar masuk penumpang, Toyota membuat delapan pintu di kendaraan tersebut.

Untuk mencuatkan kesan mewah, Toyota mendesain bagian kabin mobil itu dengan gaya interior pesawat jet pribadi. Baliutan kulit kelas wahid berkelir coklat menguatkan kesan tersebut.

"Peserta SEMA menampilkan kendaraan mereka dengan gaya ekstrem, dan Toyota pun menyuguhkan sesuatu yang ekstrim dengan Tundrasine. Ini menunjukan sesuatu yang di luar kebiasaan dari apa yang ayang dilakukan oleh Toyota,” papar Steve Appelbaum, National Engagement Marketing Manager, Toyota Motor Sales Amerika.


(arf/arf)

6 Bagian Mobil yang Rawan Terserang Jamur dan Karat

6 Bagian Mobil yang Rawan Terserang Jamur dan Karat Jakarta - Merawat mobil bukanlah perkara mudah, sehingga sedari awal membeli mobil, Anda diwajibkan mengetahui yang sebaiknya dilakukan selain berkendara dengan baik dan pastinya jika membeli dengan cicilan harus siap untuk melunasinya, jangan sampai terganggu di kemudian hari.

Kembali pada yang seharusnya dilakukan ketika Anda mempunyai mobil, adalah merawat dengan sebaik-baiknya, sehingga jika mobil tersebut akan dijual harganya tidak akan turun jauh.

Memasuki musim penghujan, yang paling ditakutkan bagi para pemilik kendaraan adalah karat dan hinggapnya jamur yang bisa terjadi pada kendaraan Anda, terutama mobil.

Hal ini karena mobil bisa terguyur hujan dengan intensintas ringan sampai tinggi dengan waktu yang tidak dapat diprediksi. Dengan demikian, tidak jarang jamur dan karat datang menghampiri beberapa bagian mobil Anda.

Seperti bagian-bagian berikut ini yang mungkin perlu perhatian khusus ketika musim penghujan itu benar-benar datang.

Honda Bawa BR-V ke Surabaya dan Medan

Honda Bawa BR-V ke Surabaya dan MedanSurabaya/Medan - Honda terus mengenalkan crossover anyar BR-V ke masyarakat Indonesia. BR-V dikenalkan di Surabaya lewat Pameran Otomotif Surabaya (POS) di Grand City Surabaya. Sementara di Medan, itu merupakan kali pertama BR-V ada di tanah Sumatera.

"Kami menampilkan produk-produk yang berteknologi canggih, sporty, ramah lingkungan dan mengutamakan keamanan yang tinggi, diantaranya Honda BR-V prorotype, yang pertama kali di Surabaya setelah tampil pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Jakarta Agustus lalu," ujar Presdir Honda Surabaya Center Ang Hoey Tiong di dealer HSC, Jalan Basuki Rahmat, di Surabaya.

Ia mengatakan, Honda mulai bisnis di Indonesia sejak 1971. Katanya, posisi Indonesia saat ini semakin penting dari tahun ke tahun.

"Kami akan terus menawarkan produk-produk yang menarik untuk kesenangan berkendara konsumen di Indonesia dengan salah satunya menghadirkan model 7 seater terbaru Honda BR-V," terangnya.

Sementara itu, Director Marketing and Aftersales Service Wendy Miharja menyadari bahwa kondisi pasar otomotif di Indonesia saat ini pangsa pasarnya lebih besar dikuasai kendaraan 7 penumpang.

"Segmen SUV adalah pasar yang sedang berkembang dengan baik di Indonesia, karena karakter model ini didesain tangguh dan cocok untuk berbagai kondisi jalanan di Indonesia," kata Wendy.

Ia mengatakan, sebelum diluncurkan ke konsumen di Indonesia, terlebih dahulu dilakukan ujicoba di berbagai kondisi jalan di Indonesia. Mobil yang kisaran harganya antara Rp 230 juta sampai Rp 265 juta, akan diproduksi di pabrik honda di Kerawang.

"Dengan konsep penggabungan desain yang tangguh, memadukan kenyamanan dari sebuah SUV dengan utilitas dari MPV 7 penumpang. Honda BR-V diposisikan sebagai crossover antara SUV dan MPV," tandasnya sambil menambahkan, mobil tersebut cocok dengan kontur dan kondisi jalan di Indonesia.

Wendy mengatakan, penjualan selama Pameran Otomotif Surabaya (POS) 2015 ditargetkan mencapai 500 unit. Dari jumlah tersebut diantara 125 dari SPK penjualan Honda BR-V.

Sementara itu masyarakat Medan untuk pertama kalinya bisa melihat BR-V pada tanggal 2-8 November 2015. Bertempat di Sun Plaza, Medan, kehadiran Honda BR-V Prototype merupakan bagian dari rangkaian roadshow yang digelar Honda di berbagai kota besar di Indonesia.

Selain Honda BR-V Prototype, pameran Honda di kota Medan juga menampilkan model Honda lainnya seperti Honda Mobilio RS CVT, Honda Jazz RS CVT, Brio Satya E MT dan HR-V 1.5 E CVT.

“Honda berkomitmen untuk membawa produk-produk baru ke lebih banyak konsumen di lebih banyak daerah di seluruh Indonesia. Setelah mendapat sambutan yang baik oleh konsumen di dua pulau yaitu Jawa dan Sulawesi, kini Honda BR-V bergerak ke pulau Sumatera, dimana kota Medan menjadi perhentian pertama mengingat kota Medan merupakan market otomotif terbesar di wilayah Sumatera Utara,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.


(ddn/ddn)

Bosch Bikin Teknologi Pencegah Mobil Tabrak Pejalan Kaki

Bosch Bikin Teknologi Pencegah Mobil Tabrak Pejalan KakiRenningen - Pabrikan komponen asal Jerman, Bosch, berniat membuat perangkat yang membantu pengemudi mobil untuk menghindarkan mobil menabrak penjalan kaki. Teknologi itu mulai diproduksi 2018 mendatang.

Seperti dilaporkan Inautonews, Rabu (4/11/2015), perangkat tersebut kini tengah dikembangkan di pusat penelitian dan pengembangan Bosch di Renningen, di Jerman. Bosch menyebut, teknologi itu menggunakan basis input data dari sensor dan kamera video stereo yang dihubungkan ke sistem komputer.

Kamera dan sensor tersebut akan memantau sistuasi jalanan dan menangkap sinyal setiap ada sosok pejalan yang berada di dekat mobil dan berpotensi tertabrak. Pertama-tama, dengan data yang dikirim oleh sensor dan kamera, komputer akan memberikan peringatan kepada pengemudi tentang potensi tabrakan.

Sehingga, diperlukan kesigapan dan kesiapan pengemudi untuk bertindak menghindari tabrakan. Setelah peringatan diberikan, sistem juga akan membantu pengemudi dengan mengarahkan sistem kemudi agar mobil menuju ke arah yang aman.

Menurut Thomas Gussner dari departemen penelitian dan penfembangan Bosch, dsetidaknya dibutuhkan waktu setengah detik bagi pengemudi untuk berekasi setrelah menerima peringatan dari sistem. Sistem itu, lanjut dia, berpotensi menghindarkan tabrakan hingga 60 persen.

Teknologi ini disebut bakal menjadi dasar bagi pengembangan teknologi berkendara secara otonom alias tanpa campur tangan sopir. Pabrikan ini meyakini tren teknologi otonom itu bakal menjadi tren mulai 2020 mendatang.


(arf/arf)

Mobil Imut Daihatsu, Bagaimana Sensasi Menjajalnya?

Mobil Imut Daihatsu, Bagaimana Sensasi Menjajalnya? Tokyo -

Di Jepang, mobil kecil alias kei car menjadi salah satu mobil terlaris berkat konsumsi BBM mobil yang di atas 20 km per liter. Salah satu jagoan mobil kecil adalah Daihatsu. Bagaimana rasanya menjajal mobil kecil Daihatsu?

Setelah menyaksikan perkenalan empat konsep mobil kecil alias kei car Daihatsu di ajang Tokyo Motor Show 2015 di Tokyo Big Sight, Jepang, sejumlah jurnalis dari Indonesia termasuk detikOto diberi kesempatan untuk merasakan sensasi beberapa mobil kecil yang telah diluncurkan Daihatsu.

Tes dilakukan di perfekture Kanagawa, sebuah wilayah yang beribu kota Yokohama.

Ada beberapa mobil kecil yang disediakan untuk dites yakni Daihatsu Tanto, Wake, Move, Copen, dan yang paling anyar Daihatsu Cast.

Hanya, dengan alasan tertentu, manajemen Daihatsu Motor Company (DMC) hanya mengizinkan para awak media dari Indonesia hanya sebagai penumpang dalam tes tersebut.

Perjalanan yang dimulai dari Kamakura ke pantai Shonan, pulau Enoshima, Fujisawa, di Kanagawa Prefecture terasa begitu nyaman. Salah satu mobil yang mendapat perhatian detikOto adalah Daihatsu Cast .

Soalnya, selain baru saja diluncurkan yakni pada September lalu, mobil ini juga terbilang laris manis di Jepang. Dalam waktu sebulan sejak diluncurkan Cast sudah terjual 20.000 unit, aku manager DMC, Masanori Unagami kepada detikOto.

Lantas bagaimana performa mesinnya? Bagaimana pula kenyamanannya? Berikut apa yang bisa dibagikan detikOto untuk pembaca:

Curhatan Ayunda Saat Jadi Usher di Pameran Mobil

Curhatan Ayunda Saat Jadi Usher di Pameran MobilJakarta - Saat pameran, para usher atau Sales Promotion Girl (SPG) dituntut untuk tampil cantik dan seksi, selain mengetahui soal produk. Namun sayangnya, tidak sedikit para konsumen yang menyalahartikan pekerjaan yang digelutinya.

Seperti yang diakui Ayunda Raisa Putri, seorang usher yang juga mahasiswi London School Jakarta.

"Jadi SPG (Sales Promotion Girl) itu ada enak dan enggaknya," ujarnya pada detikOto.

Tidak enaknya saat menjadi seorang SPG, adalah ketika banyak konsumen nakal yang mencoba ambil kesempatan dalam kesempitan.

"Ada beberapa pengunjung yang meminta foto selfie. Tapi ada pengunjung yang ingin nakal tangannya suka gerayangan. Ketemu situasi seperti itu saya akan langsung menegurnya," kata Ayunda.

Meski demikian, dirinya masih enjoy untuk menjadi usher alias Sales Promotion Girls. "Sejak 2007 aku sudah menjadi usher, asyik-asyik aja kok. Selama tidak ada konsumen atau pengunjung yang suka nakal," tambahnya.

Lalu kalau ditanya mobil apa yang paling Ayunda suka, apa jawabannya ya? "Aku paling suka dengan mobil kecil seperti sedan. Kaya badan aku ini, selain itu mobil kecil itu enak saat ingin menyalip di jalanan," ujarnya


(lth/ddn)

Mobil Kijang Innova Anyar Bisa Test Drive Tanggal 14 November?

Mobil Kijang Innova Anyar Bisa Test Drive Tanggal 14 November?Jakarta - Toyota bakal meluncurkan Kijang Innova terbaru. Mobil itu bahkan sudah bisa dipesan di jaringan diler resmi Toyota. Secara resmi, Toyota juga sudah merilis gambar teaser Toyota Innova itu. Hanya, soal waktu peluncurannya Toyota masih bungkam.

Salah seorang tenaga penjual di jaringan diler resmi Toyota menyebut, konsumen sudah bisa memesan All New Kijang Innova dengan booking fee sebesar Rp 5 juta. Unit mobil itu baru bisa dikirim setelah resmi diluncurkan pada akhir November mendatang.

Bagi Anda yang tertarik dengan Innova terbaru ini, Anda bisa langsung menjajalnya di jaringan diler. Menurut tenaga penjual itu, unit test drive All New Kijang Innova sudah tersedia di jaringan diler mulai 14 November mendatang.

"Unit tes drive ya? Nanti tanggal 14 sudah ada di cabang," ujar tenaga penjual itu. Wah, jadi makin penasaran.


(rgr/ddn)

Agar Bersaing dengan Lexus dan Mercy, Cadillac Turun Harga

Agar Bersaing dengan Lexus dan Mercy, Cadillac Turun HargaWashington - Produsen mobil mewah Amerika, Cadillac mengambil langkah agresif dalam mengantisipasi persaingan dengan merek mewah lainnya seperti Lexus dan Mercy.

Dilansir automobilemag, Selasa (3/11/2015), Cadillac akan menawarkan harga sedan Cadillac CT6 mulai US$ 54.490 atau sekitar Rp 737 jutaan.

Mobil para bos ini dipastikan lebih murah dibandingkan generasi sebelumnya. Harga itu membuat mobil lebih murah dari pesaingnya seperti Lexus LS, Mercedes-Benz S-Class, dan BMW 7 Series, yang mulai menawarkan harga mulai US$ 70.000 ke atas.

Selanjutnya Cadillac CT6 ini dikatakan akan mulai dijual Maret 2016 besok, dengan menawarkan 3 pilihan mesin. Seperti pilihan mesin 2.0 liter turbo 4-slinder yang memiliki tenaga hingga 265 tenaga kuda dibanderol US$ 54.490.

Sedangkan untuk pilihan mesin V6 bensin berkapasitas 3.6 liter, yang mampu menyemburkan 335 tenaga kuda akan dibanderol USD 56.490. Dan untuk pilihan mesin tertinggi V8 3.0 liter Twin-turbo dengan sistem All Wheel Drive yakni pada model CT6-V, akan mencapai US$ 65.390.

Untuk tipe yang paling mewah yakni Platinum, model ini dikatakan akan menawarkan 34 speaker Bose Panaray Audio System, dashboard bernuansa kayu, layar sentuh infotaintment yang akan dibanderol US$ 84.460.

Buat para bos yang lebih peduli terhadap lingkungan. Cadillac CT6 juga akan menawarkan pilihan hybrid, dengan menggendong mesin 2.0 liter turbo-four yang langsung dikawinkan motor listrik. Model ini pun dijanjikan akan memiliki 335 tenaga kuda dan torsi hingga 432 lb-ft.


(lth/ddn)

Kijang Innova Teranyar Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 5 Juta

Kijang Innova Teranyar Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 5 JutaJakarta - Toyota dikabarkan bakal meluncurkan All New Kijang Innova bulan ini. Gambar teaser Kijang Innova teranyar itu pun sudah diperlihatkan Toyota.

Jaringan diler juga sudah menerima pemesanan mobil itu dari sekarang. Namun, pengiriman ke tangan konsumen tetap menunggu waktu peluncuran.

"Innova sudah bisa dipesan. Tapi pesan dari sekarang dikirimnya nanti pas sudah launching. Tanggal 23-an lah," kata salah satu tenaga penjual di jaringan diler resmi Toyota.

Tenaga penjual itu mengatakan, pemesanan dari sekarang bakal menguntungkan konsumen. Sebab, nantinya konsumen tidak akan menunggu inden lebih lama.

"Open booking sudah bisa dari sekarang. Soalnya kan pasti antre. Kalau enggak pesan dari sekarang lama lagi dapetnya. Kalau pesan sekarang kan bisa langsung dikirim," katanya.

Jika tertarik, konsumen cukup membayar tanda jadi sebesar Rp 5 juta. Setelah peluncuran nanti, konsumen tinggal meneruskan sisa pembayaran baik dengan sistem kredit maupun tunai.

"Booking fee Rp 5 juta. Semua diler juga begitu sama, Rp 5 juta," kata tenaga penjual itu.

"Kalau kredit itu (booking fee) motong ke DP. DP-nya kan ada 25 persen dari harga ada 30 persen dari harga, tergantung maunya yang mana," lanjutnya.


(rgr/arf)

Chevy Nova, Muscle Car Bertenaga Dahsyat

Chevy Nova, Muscle Car Bertenaga DahsyatLas Vegas - Meski sudah sangat berumur, jangan pernah meremehkan Muscle Car yang satu ini Bro!. Soalnya bisa dipastikan Chevrolet Nova bakal menyeramkan saat berada di jalanan.

Nova ini aslinya merupakan lahiran tahun 1967. Namun Chevrolet memutuskan untuk melakukan perombakan dari Nova dan memamerkannya di pameran modifikasi SEMA Las Vegas pada 3-6 November 2015 ini.

Mesin mobil akan menggunakan mesin 2.000 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 272 daya kuda. Beda tipis dengan model Nova SS tahun 1967 yang memiliki tenaga sampai 275 daya kuda.

Meski begitu dibanding model standarnya yang dirilis tahun 1960an, mobil Nova 2015 ini jauh memiliki tenaga yang lebih besar, padahal jumlah silindernya lebih sedikit.

Namun untuk angka akselerasinya belum terlalu impresif, yakni butuh waktu waktu 6,2 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km per jam.


(lth/ddn)

Lionel Messi Jualan Mobil India

Lionel Messi Jualan Mobil IndiaNew Delhi - Pabrikan otomotif asal India, Tata Motors, menandatangani kontrak dengan pesepakbola klub Barcelona, Lione Messi, sebagai duta mereknya. Dengan kerjasama itu, Tata bakal membuat iklan promosi mobil Tata, #madeofgreat yang dibintangi Messi.

Tata Motors menyebut cara itu bakal menggembirakan para oecinta sepakbola, tak hanya di India tetapi juga di negara lain. Program ini merupakan pertama kalinya bagi Tata Motors melakukan kampanye asosiasi mereknya bersama pesepakbola yang namanya moncer di seantero dunia itu. Tata Motors pun menjadi merek mobil pertama yang menggandeng Messi.

Walhasil, dengan mendapuk Messi sebagai duta merek, diharapkan penjualan Tata Motors juga ikut moncer. Maklum, Messi merupakan pesepakbola yang telah dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia selama empat tahun berturut-turut.

“Namaste India. Saya sangat gembira atas hubungan pertama saya dengan merek dari India ini. Dan saya sangat senang menjadi bagian dari keluarga besar Tata Motors. Saya selalu terpesona oleh India dan telah mendengar beragam hal-hal yang besar tentang negara ini,” papar Messi di situs Tata Motors.

Menurutnya, dia pernah bertandang ke India saat bersama tim nasional Argentina dan dia berharap bisa bertandang lagi ke negeri itu. Dia menilai Tata Motors merupakan representasi sejati dari India dan merek mapan secara global.

“Hal ini penting untuk percaya pada diri sendiri dan terus mendorong untuk mencapai keberhasilan dan itulah yang berdiri kampanye pertama untuk. Saya berharap bersama-sama kita bisa banyak lagi menginspirasi,” paparnya.

Kampanye pertama, #madeofgreat bergantung pada filosofi perusahaan memberikan yang terbaik di segmen kendaraan penumpang dengan kombinasi desain yang menakjubkan, performa tinggi dan teknologi yang baru. Tata Motors telah meluncurkan Tata Zest, Bolt dan GenX Nano.

Bahkan pabrikan ini akan meluncurkan hatchback Kite dan MPV Hexa di ajang New Delhi Auto Expo 2016.




(arf/ddn)

Akhir Tahun Produsen Mobil Banting Harga, Saatnya Beli Mobil

Akhir Tahun Produsen Mobil Banting Harga, Saatnya Beli MobilWashington - Tahun 2015 sebentar lagi akan berakhir dan Otolovers masih mencari mobil dengan penawaran terbaik? Maka dua bulan jelang pergantian tahun ini saat yang tepat. Banyak diler yang memberi penawaran bagus bagi Otolovers yang ingin mengganti atau membeli mobil dengan model terbaru.

Dilansir Time pada Selasa (3/11/2015), akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk membeli mobil. Bulan November dan Desember adalah waktu terbaik jika Anda ingin mobil karena para diler akan memberi penawaran untuk meningkatkan penjualan mereka di akhir tahun.

Salah satu produsen mobil yang banting harga jelang akhir tahun yakni Ford. Wall Street Journal mengabarkan bahwa produsen mobil yang berbasis di Michigan itu meluncurkan promosi harga dengan tema 'Friends & Neighbors' mulai 3 November 2015 hingga 4 Januari 2016 di Amerika Serikat.

Dengan promosi tersebut, harga mobil yang dipatok dengan harga Rp 270 juta mendapat diskon hingga Rp 243 juta. Harga diskon tersebut tentunya sangat dinantikan bagi para konsumen yang ingin membeli mobil.

Produsen mobil lain yang ikut menjual dengan harga diskon yakni Volkswagen. Meski sedang dirundung masalah, VW dengan pede memberikan diskon untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun.

Diskon yang diberikan untuk pembelian VW model Jetta 2015 hingga Rp 98 juta sedangkan Jetta 2016 diberikan diskon hingga Rp 75 juta.

Tak hanya model Jetta yang banting harga. Mobil VW yang bertenaga listrik seperti e-Golf juga ikut kena diskon hingga Rp 148 juta dan model Jetta Hybrid hingga Rp 81 juta.






(ddn/ddn)

Tampang Kijang Innova Terbaru Mulai Terkuak

Tampang Kijang Innova Terbaru Mulai Terkuak Jakarta -

Toyota dikabarkan bakal meluncurkan Toyota Kijang Innova terbaru. Sebuah informasi terbaru dari sumber terpercaya, Kijang Innova versi paling gres itu bakal meluncur bulan ini.

Indikasi itu semakin kuat berkat kemunculan gambar teaser Toyota Kijang Innova di dunia maya. Tampilan Toyota Innova sudah bisa dilihat di akun Instagram Toyotaid, akun resmi Toyota Astra Motor (TAM).

Hanya, akun Instagram yang menampilkan gambar teaser All New Kijiang Innova itu tidak memperlihatkan keseluruhan bodi mobil ini. Namun, baru bagian depannya saja yang diperlihatkan.

Meski begitu, tanda-tanda ubahan sudah terlihat dengan jelas. Lampu depan misalnya, terlihat menyatu dengan grill. Tampilan tersebut sudah cukup memancarkan kesan elegan pada Innova terbaru.

Tak hanya tampilan depan saja yang berubah. Sejumlah ubahan juga terlihat pada bagian eksterior, interior, fitur keamanan. Bahkan, informasi yang berembus, sektor mesin juga telah mendapatkan sentuhan ubahan atau pembaruan.

Dalam gambar teaser ini, Toyota mengusung tagline 'The Legend Reborn'. Sayang, waktu peluncuran mobil ini masih belum jelas.

'The Legend Reborn. Coming Soon," hanya itu informasi yang bisa didapat dari gambar teaser ini.


(rgr/arf)

Toyota FCV Plus, Mobil Hidrogen yang Bisa Menyuplai Listrik untuk Rumah dan Kantor

Toyota FCV Plus, Mobil Hidrogen yang Bisa Menyuplai Listrik untuk Rumah dan KantorTokyo - Bagi produsen mobil, mobil bertenaga hidrogen merupakan salah satu alternatif paling menguntungkan di masa depan. Toyota mulai memperbanyak line up hidrogen setelah tahun lalu merilis mobil Mirai.

Di Tokyo Motor Show, Toyota memamerkan mobil hidrogen Toyota FCV Plus. Mobil masih berupa konsep, dan dari pengamatan detikOto mirip dengan mobil-mobil di film atau mobil mainan dengan kaca transparan berwarna biru tosca-nya.

Dari sisi ukuran, mobil tidak jauh berbeda dengan hatchback Yaris. Mobil memiliki dimensi PxLxTx wheelbase sebesar 3.800 mm, 1.750 mm, 1.540 mm dan 3.000 mm.

Mobil diciptakan Toyota agar bisa menjadi generator listrik, jadi selain menghasilkan listrik untuk memutar roda, tenaga listrik dari mobil juga bisa digunakan untuk menyalakan lampu-lampu di rumah atau untuk perlengkapan listrik lainnya.

Berbeda dengan Mirai, FCV Plus ini menempatkan fuel cell stack di antara roda depan, sementara tangki hidrogen ditempatkan di belakang bangku kedua.

Yang menarik, FCV Plus meletakkan motor di masing-masing empat roda, sehingga secara tidak langsung, FCV Plus ini bisa disebut sebagai 4WD.