Saturday, February 2, 2013

Tuntut Kenaikan Gaji, Ratusan Karyawan Pabrik VW Demo

Tuntut Kenaikan Gaji, Ratusan Karyawan Pabrik VW Demo Jerman - Sekitar 100.000 pekerja di 6 perusahaan pabrik Volkswagen AG yang berlokasi di bagian barat Jerman berdemo untuk menuntut kenaikan gaji. Para pekerja di yang tergabung dalam IG Metall tersebut menuntut 6,5 % kenaikan gaji pada pihak manajemen VW Group.

Dilansir inautonews, Minggu (3/2/2013) para karyawan menuntut agar kenaikan gaji antara 5% dan 6,5% untuk 100.000 pekerja di pabrik VW itu.

Akibat aksi tersebut kegiatan produsi pabrik lumpuh. Para karyawan dan serikat pekerja melakukan aksi mogok kerja di lingkungan pabrik. Para karyawan meminta kenaikan dengan dihiasi spanduk bertuliskan 6,5 persen.

Tahun lalu, tuntutan kenaikan gaji sebesar 4,3 persen tahun lalu sudah disetujui oleh pihak manajemen VW Group. Tahun ini, para karyawan pun berharap manajemen VW Group menyetujui kenaikan gaji tersebut.

Bernd Osterloh, anggota dewan eksekutif IG Metall mengatakan para karyawan menuntut kenaikan pada hampir 3,7 juta karyawan di logam dan teknik Jerman tersebut.

Tahun lalu VW melaporkan mengalami peningkatan penjualan sebesar naik 11 persen atau menjadi 9.070.000 unit. Sementara itu kegiatan ekspor mobil juga meningkat 44 persen jika dibandingkan tahun 2009 silam akrena meningkatnya permintaan mobil VW di AS dan China.

Chief Executive Officer VW, Martin Winterkorn mengatakan bahwa 2012 menjadi penjualan terbaik selama beberapa tahun belakangan ini. Dan ini sebagai langkah strategis VW untuk mengembangkan pasar hingga 2018 mendatang.


0 comments:

Post a Comment