Tuesday, May 31, 2016

Volkswagen Raja Mobil Dunia

Volkswagen Raja Mobil DuniaTokyo/Wolfsburg/Detroit - Setelah menguasai dunia selama 4 tahun berturut-turut, Toyota menyerah pada Volkswagen. Pabrikan Jerman itu memimpin penjualan mobil di seluruh dunia.

Sepanjang 4 bulan pertama di 2016, angka penjualan Volkswagen sudah melampaui Toyota. Volkswagen berhasil menjual 3,34 juta kendaraan, Toyota 3,365 juta kendaraan. Selisihnya memang tipis.

Seperti dilansir Forbes, Rabu (1/6/2016), penjualan Toyota turun 2,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, sedangkan Volkswagen masih bisa mengalami kenaikan sebesar 0,6 persen.

Di urutan ketiga ada General Motors yang diperkirakan akan menjual 3,198 juta kendaraan sampai April 2016 ini.

Kedua pabrikan di urutan atas selama ini memiliki masalah sendiri. Volkswagen didera dengan skandal manipulasi emisi, yang menyeret penjualan mobilnya. Di sisi lain, gempa di Kumamoto, Jepang beberapa waktu lalu sangat melukai Toyota. Toyota harus menghentikan produksi mobil di seluruh Jepang dan mulai kembali normal di akhir Mei ini.

Mengenai penjualan mobil sampai akhir tahun, Forbes memperkirakan Volkswagen akan berada di puncak dengan angka 10,085 juta unit, Toyota 9,816 juta, dan GM 9,44 juta.
(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment