Saturday, August 20, 2016

5 Prinsip Berkendara Bagi Wanita Agar Terhindar dari Aksi Kejahatan

5 Prinsip Berkendara Bagi Wanita Agar Terhindar dari Aksi KejahatanTangerang - Pengemudi wanita saat ini seringkali menjadi korban kejahatan di jalan raya, seperti perampokan dan penodongan.

Untuk menghindari hal tersebut ada 5 prinsip yang harus selalu diterapkan khususnya pengemudi wanita karena dianggap lebih lemah agar bisa mengemudi dengan aman dan nyaman.

Pertama sebaiknya sebelum mengemudi lebih baik waspada dan curiga dengan memperhatikan hal yang tidak wajar di sekitar kita karena bisa saja kita menjadi korban.

Yang kedua sebaiknya menghindari rutinitas jalan yang dilalui, artinya tidak melalui jalan yang sama saat setiap harinya saat pulang malam terlebih bagi wanita.

"Kalau kita ada yang mengikuti dan tahu rutinitas kita itu berbahaya, jadi hindari melalui jalan yang sama setiap harinya untuk hindari itu," ujar David instructor dari Kapap Indonesia, di arena GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Sabtu (20/8/2016).

Selanjutnya kata David, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya kita memiliki rencana terlebih dahulu seperti akan kemana, berapa lama tujuannya dan akan parkir dimana.

"Sebisa mungkin kita punya prosedur maksudnya ngebiasain, misal masuk mobil ditodong karena keluar malam, harusnya sebelumnya kita hindarin jangan parkir tempat gelap udah hindarin dulu cari tempat yang paling kelihatan dekat satpam jadi sebenarnya nggak harus bawa apa-apa di mobil kita ketahuin lingkungan sendiri jalan mana yang banyak kapak merah cari jalan lain," kata David.

Kemudian, biasakan melakukan komunikasi dengan rekan atau pasangan sebelum mengemudi jangan hanya sekedar info sedang dalam perjalanan namun jelas lokasinya akan kemana jam berapa berangkat sebelum melakukan perjalanan.

"Membiasakan kita inform ke orang misal sebelum nyetir pada saat di mobil mau keluar tujuan lengkap pasangan atau rekan kita jadi tau, share location itu juga dibiasain jangan hanya bilang 'OTW' bentar lagi sampai," tutur David.

Yang terakhir sebaiknya kita menaati aturan yang ada di jalan tidak melanggar.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment