Monday, December 24, 2012

Trik 'Mengobati' Mobil yang Terendam Banjir

Trik Jakarta - Belakangan ini intensitas turunnya air hujan dari langit terus meningkat. Bahkan sudah sempat mengakibatkan banjir di beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya.

Wah jika terus-terusan seperti ini cukup membahayakan bagi semua orang terutama yang memiliki kendaraaan baik roda 2 maupun roda 4. Pastinya Anda semua akan merasakan kesulitan jika kendaraan terutama mobil terendam oleh genangan air atau banjir.

Jangan panik Otolovers, kali ini detikOto mencoba memberikan solusi bagi Anda semua tentang bagaimana trik untuk mengatasi mobil yang terendam banjir.

Adi Kurniawan, kepala mekanik bengkel Dua Barokah dikawasan Jakarta Barat, mencoba memberikan trik kepada Otolovers semua. Menurutnya ada beberapa trik untuk mengatasi mobil yang terendam banjir.

1. Penanganan darurat

Ada baiknya jika mobil terendam air putuskan semua sumber kelistrikan yang ada. Seperti melepas kabel aki pada terminal plus. Hal ini dilakukan untuk menjegas terjadinya korsleting karena adanya arus pendek.

"Mesin mobil baik tidak nyala akan tetap memiliki aliran listrik. Meski sedikit tapi kalau sudah terendam air bisa terjadi korsleting," kata pria yang akrab disapa Adi saat berbincang dengan detikOto.

2. Jika sudah terjebak genangan air yang melebihi knalpot. Usahakan jangan menyalakan mesin ketika akan dipindahkan ketempat yang lebih tinggi. MInta bantuan teman atau orang disekeliling Anda untuk mendorongnya.

"Dampaknya akan sangat fatal jika mobil sudah terendam lebih dari mulut knalpot. Beberapa komponen pasti akan rusak terutama sistem kelistrikan yang akan menyebabkan arus pendek dan korsleting," timpalnya.

3. Setelah mobil Anda dipindashkan ketempat yang sekiranya aman dan tidak akan terendam air lagi maka jangan langsung menyalakan mesin. Pastikan beberapa komponen terutama kelistrikan harus dikeringkan terlebih dahulu.

Beberapa komponen yang harus dikeringkan dan dibersihkan seperti saluran anginm saringan angin, karburator, busi, coil, dinamo starter dan beberapa komponen kelistrikan.

Untuk kelistrikan caranya cabut semua kabel kelistrikan lalu semprot dengan angin yang berasal dari kompresor angin atau bisa juga dilakukan dengan hair dryer.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gatot Hira Wilasa Technical Head bengkel Beauty Power Jalan Hang Jebat IX No.12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurutnya trik untuk mengatasi mobil yang terendam banjir usahakan si pengemudi tetap berada dalam keadaan tenang.

Menurutnya untuk mobil bertransmisi manual saat jalan digenangaan air usahakan tetap konstan di RPM 2.000-2.500. Kurangi beban mesin seperti matikan AC untuk sementara waktu karena AC sendiri dapat mempengaruhi efektivitas mobil saat melewati genangan air.

"Bila kita ada didalam genangan air yang ukurannya 1 roda penuh juga tetap gunakan trik tersebut," beber pria ramah ini kepada detikOto.

Sementara untuk mobil bertransmisi matik usahakan konstan bermain di RPM 2.500 hingga 3.000 dan diimbangi dengan percepatan tuas transmisi.

"Misalnya dari posisi "D" kita langsung gunakan posisi "L" dan kurangi beban mobil seperti matikan AC. Begitu juga untuk mobil manual pakai ratio perpindahan gigi 1 saja," tambahnya.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Training Instructor di Indonesia Driving Center (IDDC), trik tersebut cukup ampuh untuk mengatasi mobil saat tergenang air atau banjir.

"Usahakan menghindar sebisa mungkin dengan yang namanya banjir. Karena mobil saya kemarin juga terendam banjir se-kap mobil dan saya lakukan trik tersebut. sampai sekarang mobil tetap aman dan bisa lolos dari genangan air," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment