Saturday, June 7, 2014

Mengintip Proses Produksi Truk Isuzu Langsung di Jepang

Mengintip Proses Produksi Truk Isuzu Langsung di JepangFujisawa, Jepang - Berkunjung ke pabrik perakitan suatu merek kendaraan tidak bisa dirasakan oleh semua orang. Beruntung detikOto diberikan kesempatan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk melihat langsung bagaimana proses produksi truk Isuzu di tanah kelahirannya, di Fujisawa, Jepang.

Bersama dengan 4 awak media otomotif nasional lainnya serta puluhan konsumen Isuzu asal Indonesia, reporter detikOto, Aditya Maulana mulai melihat proses perakitan truk Isuzu.

Kesan pertama ketika tiba di Fujisawa Plant adalah pabrik Isuzu ini sangat modern, tidak ada kesan seperti pabrik karena semuanya tertata rapi, teratur dan modern.

Pertama diberikan pengarahan oleh petugas yang berwajib di pabrik itu. Setelah itu rombongan mulai berjalan ke pabrik perakitan menggunakan bus.

Di sana dijelaskan satu-persatu mulai dari proses material cutting, press, cabin wlding, painting, trim fitting, parts fitting, axle fitting, engine mounting, cabin mounting, tire fitting hingga ke final inspection.

General Manager Vehicle Plant Operation Planning Dept, Eisuke Oota, mengatakan hampir semuanya dikerjakan oleh tenaga robot. Untuk tenaga manusianya hanya dilakukan diberbagai proses. Hal ini agar kualitas dari kendaraan tetap terjaga dengan baik.

Pabrik yang bisa memproduksi 300.000 unit truk dalam 1 tahun ini setiap harinya bisa melahirkan 700 unit truk dari berbagai varian. Dengan memiliki sistem kerja 1 shift proses produksi dari nol hingga menjadi utuh 1 unit truk membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang.


0 comments:

Post a Comment