Saturday, December 12, 2015

Saingi Google, Baidu Mulai Uji Mobil Otonom

Saingi Google, Baidu Mulai Uji Mobil OtonomBeijing - Akhir-akhir ini, Google sedang serius meneliti dan mengembangkan mobil otonom. Perusahaan teknologi asal China pesain Google pun berniat mengembangkan teknologi mobil otonom.

Pernyataan resmi Baidu yang dilansir Gizmag, Minggu (13/12/2015), setelah mengikuti Google dalam pengembangan kacamata pintar, Baidu kini juga tertarik dengan mobil otonom. Perusahaan asal China itu telah berhasil menguji mobil otonom pada kondisi jalan yang beragam. Mereka mengklaim bahwa pengujian ini adalah pertama kalinya di China.

"Kendaraan otonom sepenuhnya dalam kondisi jalan campuran adalah tantangan universal, dengan kompleksitas lebih tinggi oleh kondisi jalan Beijing dan perilaku pengemudi tak terduga," kata Wakil Presiden Senior Baidu dan General Manager Unit Bisnis Kendaraan Otonom Baidu, Wang Jing.

Baidu menggunakan BMW Seri 3 yang telah dimodifikasi untuk pengujian. Mobil itu menggunakan teknologi mengemudi otonom "AutoBrain". Hal itu termasuk pemetaan HAD (highly automated driving) untuk merekam data jalan 3 dimensi dalam beberapa sentimeter akurasi posisi kendaraan.

Baidu mengatakan, teknologi ini diharapkan bisa memetakan sebagian besar jalan China dalam waktu lima sampai sepuluh tahun.

Selain itu, kendaraan Baidu memiliki teknologi positioning, pendeteksi pengambil keputusan serta kontrol yang cerdas. Pengenalan obyek dan lingkungan memungkinkan mobil untuk mendeteksi, mengenali dan mengikuti kendaraan lain, mengenal jalur jalan serta mengukur jarak dan kecepatan.

Sejauh ini, pengujian telah dilakukan pada jalanan sejauh 30 km, mulai dari markas Baidu di Beijing melalui jalan raya G7, Fifth Ring Road, Olympic Park hingga kembali lagi ke Baidu.

Tes ini untuk pengujian kemampuan kendaraan untuk menjalankan serangkaian tindakan dan respons terhadap lingkungan sekitar. Pengujian ini termasuk belok ke kanan-kiri, U-turn, pengereman ketika terdeteksi ada kendaraan di depan, perpindahan jalur, menyalip kendaraan lain serta bergaung dengan lalu lintas di China. Mobil ini bahkan mencapai kecepatan hingga 100 km/jam saat tes.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment