Wednesday, January 13, 2016

Sebagian Besar Konsumen Beli Motor Karena Tertarik Desainnya

Sebagian Besar Konsumen Beli Motor Karena Tertarik DesainnyaJakarta - Konsumen sepeda motor di Indonesia sebagian besar membeli kendaraan karena terpikat oleh gaya desainnya saat pandangan pertama. Setelah itu performa , teknologi, dan fitur pendukung menjadi pertimbangan

Menurut General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Wedijanto Widarso, kecenderungan konsumen itu diketahui berdasarkan hasil survei yang dilakukan Honda. Hasilnya, desain merupakan penilaian pertama konsumen.

"Misalnya begini, Anda beli handphone, banyak sekali fitur-fitur yang ada di handphone. Tapi belum tentu Anda tahu semua fitur-fiturnya. Sama kayak di motor. Orag enggak peduli, jadi orang begitu liat desainnya dia suka pasti dia bel i," kata Wedi saat ditemui detikOto di Kemang, Jakarta.

Hal itu dibenarkan oleh Head Product Planning AHM, Ferry Firman. Berdasarkan hasil survey, biasanya orang melihat tampilan motor terlebih dahulu.

"Biasanya kayak orang lihat lawan jenis. Biasanya orang lihat kan fisiknya dulu. Tampilan itu selalu nomor satu. Apalagi produk yang baru-baru. Pasti hal pertama tampilan," kata Firman ditemui di kesempatan yang sama.

Namun, lanjutnya, jika suatu kendaraan tidak banyak mengalami perubahan, maka penilaian konsumen bisa bergeser. Bisa bergeser dari segi harga atau brand.

"Tergantung produk apa yang diminati. Tapi kalau produk yang fashionable biasanya desain. Kalau udah lama ga diubah-ubah, dia bergeser. Misalnya karena mereknya yang populer, karena harganya paling murah," sebut Ferry.

Dari sekian banyak penilaian konsumen sebelum membeli, faktor desain memegang lebih dari 50 persen. Sisanya bisa dari performa, teknologi, atau fitur- fitur.

"Banyak faktor, tapi biaanya kalau penilaian pertama itu yang kasat mata. Tapi kalau motor-motor sport beda. Pertama desain, baru performance. Kalau skuter yang fashionable lebih ke penampilan," kata Ferry.

Itulah mengapa setiap pabrikan selalu memberikan pembaruan secara rutin. Minimal, yang diperbarui adalah segi penampilannya.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment