Friday, February 5, 2016

Ketika Kelistrikan Mobil Tekor

Ketika Kelistrikan Mobil TekorJakarta - Hallo detikOto, apa yang menyebabkan kelistrikan mobil Toyota Vios tahun 2007 tekor? Hal ini berakibat setir mobil tidak dapat digerakkan seolah mesin dalam keadaan mati.

Kelistrikan yang tekor juga turut berimbas pada pencahaan lampu pada malam hari yang tidak maksimal. Sound system juga turut mati ketika setir tidak dapt digerakkan.

Pembaca

Jawaban

Hallo juga, apakah kelistrikan tekor ini membuat mobil susah di-start? Saat mobil hidup, beban kelistrikan seharusnya ditanggung penuh oleh alternator (dinamo amper/generator listrik).

Jadi, kalo saat jalan kelistrikan dirasa bermasalah. Coba cek sistem pengisian, apa kah lampu pengisian menyala di meter kombinasi?

Sepertinya, arus hasil alternator ada yang bocor di tengah jalan. Coba cek apa ada sekering yang putus (box sekering di ruang mesin dan di bawah setir).

Kalau lampu dan setir melemah, hal ini bisa dipastikan karena tegangan baterai mobil drop di bawah seharusnya (12 volt). Ada tegangan yang terbagi ke area lain. Kemungkinan area drop di sekitar kelistrikan bodi dan bukan area mesin. Karena kalau area mesin kena, harusnya hidupnya juga gak normal, itu artinya kinerja busi terganggu.

Untuk memastikan penyebab tekornya kelistrikan ini, silakan bawa mobil ke bengkel resmi.

Terima kasih
Iwan Abdurrahman
Technical Service Division PT Toyota Astra Motor
(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment