Tuesday, February 23, 2016

Tiap Satu Menit, Sebuah Mobil Selesai Dibuat di Pabrik Wuling

Tiap Satu Menit, Sebuah Mobil Selesai Dibuat di Pabrik WulingLiuzhou - Pabrik SAIC General Motors Wuling Automobile (SGMW) atau Wuling yang terletak di Baojun Auto City, Liuzhou, China, adalah pabrik mobil modern dengan proses produksi yang sebagian besar menggunakan robot alias otomatis. Pabrik ini berkapasitas produksi 60 unit mobil per jam, alias sebuah mobil keluar dari  jalur produksi pabrik setiap satu menitnya.

"Di pabrik ini, kami menggunakan tiga mesin produksi dari Jerman, Italia, serta Korea. Hampir semua proses produksi di line dikerjakan oleh robot. Dengan demikian setiap ada kesalahan bisa dengan cepat diketahui. Prosesnya pun berjalan cermat namun cepat," papar seorang pemandu dari SGMW yang memandu rombongan awak media dari Indonesia saat berkeliling pabrik, di Liuzhou, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Marketing and Brand Director SGMW (Wuling) Indonesia, Jason Ding, mengatakan, proses dan sistem produksi serupa juga bakal diterapkan di Indonesia. Pengawasan ketat terhadap kualitas baik teknologi, desain, hingga fitur tambahan menjadi perhatian utama pihaknya.

"Karena kami tahu, bagaimana kualitas, desain, dan semua itu menjadi perhatian serius konsumen Indonesia," kata dia.

Hanya dia tak bersedia memerinci soal pabrik di Indonesia. Jason hanya menyebut, pabrik yang dibangun di Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat itu memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun. Produknya, selain dipasarkan di dalam negeri Indonesia, nantinya juga diekspor ke negara-negara di wilayah ASEAN.

Model pertama yang dibuat dan dipasarkan adalah jenis multi purpose vehicle (MPV) yakni berbasis MPV yang telah dipasarkan di China, Wuling Hongguang S1. Mobil bermesin 1.500 cc tiga silinder itu tercatat sebagai MPV paling laris di Negeri Tirai Bambu dengan penjualan sebanyak 70.000 unit tiap bulannya.

Hongguang S1


Setelah Hongguang S1 yang mulai dipasarkan pada kuartal keempat 2017 itu, Wuling Indonesia rencananya menggelontorkan varian MPV segmen medium yang berbasis Baojun 730. Mobil ini bermesin 1.800 cc.



Di China saban bulannya terjual 30.000 unit. Jika dibuat di Indonesia, kata seorang sumber di SGMW, dia bakal bertarung dengan Toyota Kijang Innova.

SGMW membanderolnya 70.000 - 90.000 yuan atau sekitar Rp 140-180 juta di China. Di pabrik Baojun Auto City, Lizhou itulah, mobil ini dibuat.

Selain memproduksi mobil, pabrik tersebut juga memproduksi mesin bagi MPV-MPV tersebut. Rombongan media asal Indonesia juga berkesempatan melongok dan melihat proses produksi, hanya pihak manajemen pabrik tak mengizinkan awak media memotretnya.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment