Wednesday, February 24, 2016

Meski Moncer, Wuling Belum Berminat Masuk Pasar LCGC

Meski Moncer, Wuling Belum Berminat Masuk Pasar LCGCLiuzhou - Pertumbuhan kinerja penjualan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) sejak beberapa tahun terakhir cukup moncer. Meski begitu, PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) atau Wuling Indonesia yang akan masuk ke pasar Indonesia mulai 2017 mendatang mengaku belum berminat. Apa alasannya?

Presiden SGMW atau Wuling Indonesia, Xu Feiyun, mengatakan pihaknya harus mempelajari secara cermat tentang apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dan apa pula ketentuan yang ditetapkan oleh masyarakat.

"Mencermati hal itu, SGMW Indonesia masih belum memiliki rencana  masuk ke segmen pasar itu," paparnya di Liuzhou, China, akhir pekan lalu, tanpa merinci tentang aturan yang d imaksud.

Xu hanya mengatakan, bahwa selama ini dalam memproduksi mobil pihaknya berpegang pada filosofi mendengar dan melihat apa kebutuhan masyarakat. Pabrikannya akan mendengarkan masukan dari konsumen sebelum memproduksinya, baik hal desain, performa, fitur, termasuk soal layanan purna jual yang mereka inginkan.

Begitu pula, lanjut Xu, dalam hal harga. Meski tak menyebut besarannya, Xu mengatakan mobil buatan SGMW Indonesia bakal berbanderol bersaing dibanding para pesaing.

Dengan melihat fakta atas kebutuhan dan keinginan masyarakat itulah, pabrikan ini memprioritaskan mobil jenis MPV yang akan dijagokan untuk bersaing di pasar Indonesia. "Jadi untuk LCGC, belum ada rencana," ucapnya.

SGMW Indonesia telah membangun pabriknya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun. Pabrik itu mulai beroperasi tahun depan.

Kabarnya, MPV pertama yang akan digelontorkan ke pasar adalah Wuling Hongguang S1 . Setelah itu, akan meluncurkan varian yang lebih tinggi  yakni berbasis Baojun 730. Varian pertama di China dibanderol mulai 60.000 yuan atau sekitar Rp 120 juta.

Sedangkan varian kedua, yakni Baojun 730 dibanderol 70.000 - 90.000 yuan atau sekitar Rp 140 - 180 juta.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment