Saturday, March 19, 2016

Pole Lorenzo Sekaligus Torehkan Rekor Baru

Pole Lorenzo Sekaligus Torehkan Rekor BaruDoha - Jorge Lorenzo senang benar bisa membuka MotoGP 2016 dengan pole. Apalagi itu membuatnya menorehkan rekor.

Juara bertahan MotoGP yang berkiprah untuk Movistar Yamaha itu berhasil mencatatkan waktu putaran terbaik dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar, Minggu (20/3/2016) dinihari WIB.

"Saya amat senang memulai kejuaraan dunia dengan cara ini lewat posisi pole. Tak berarti besok akan sama, tapi setidaknya kami ada di posisi terdepan," ucap Lorenzo seperti dikutip CyleNews.com.

Hasil tersebut membuat Lorenzo kini sudah mengoleksi 62 pole dalam keikutsertaannya dalam kejuaraan dunia balap motor grand prix; 3 di 125cc, 23 di 250cc , dan 36 di MotoGP. Menurut catatan statistik MotoGP.com jumlah tersebut membuat Lorenzo memuncaki daftar pebalap dengan jumlah pole terbanyak, melampaui Valentino Rossi. Rekan setim Lorenzo di Movistar Yamaha itu punya 61 pole.

10 besar peraih pole terbanyak

 Pole   Rider  Negara
 62  Jorge Lorenzo  Spanyol
 61  Valentino Rossi  Italia
 58  Marc Marquez  Spanyol 
 58  Mick Doohan  Australia
 56  Max Biaggi  Italia
 46  Dani Pedrosa  Spanyol
 43  Casey Stoner  Australia
 42  Jorge Martinez  Spanyol
 41  Loris Capirossi  Italia
 35  Eugenio Lazzarini  Italia
[MotoGP.com]

"Sudah pasti saya senang berada menjadi pebalap dengan posisi pole terbanyak dalam sejarah. Ini mudah untuk dikatakan tapi sangat sulit untuk didapat setelah sekian lama bertarung. Sulit," kata Lorenzo.

"Saya sempat mendapat masalah dengan ban kedua. Sepertinya ban itu belum cukup panas sehingga tidak memberi saya keyakinan dan daya cengkeram yang sama. Jadi saya berusaha masuk tikungan terlalu cepat dan kehilangan kendali di bagian belakang. Untungnya dengan ban pertama saya mampu menjaga posisi pole. Itu posisi start bagus dan kami akan merayakan pencapaian ini," tuturnya.



(krs/ddn)

0 comments:

Post a Comment