Friday, July 15, 2016

Fiat Chrysler Rela Bayar Peretas yang Temukan Kelemahan Keamanan

Fiat Chrysler Rela Bayar Peretas yang Temukan Kelemahan KeamananDetroit - Fiat Chrysler Automobile (FCA) menawarkan hadiah besar untuk peretas yang membantu mengidentifikasi kerentanan keamanan pada perangkat lunak kendaraan.

Seperti diberitakan Automotive News, Jumat (15/7/2016), FCA menyiapkan hadiah senilai US$ 150 sampai US$ 1.500 (Rp 1,9 jutaan-Rp 19 jutaan) dalam program bernama bugcrowd. Hadiah akan diberikan kepada peretas yang memberitahukan kepada FCA tentang kerentanan keamanan pada perangkat lunak kendaraan.

Pada Juli 2015 lalu, peret as profesional Charlie Miller dan Chris Valasek mengungkapkan kerentanan keamanan Jeep Cherokee model tahun 2014. Kedua peretas itu membuktikan bahwa Jeep Cherokee mudah diretas dari jarak jaug melalui sistem hiburan Uconnect.

Duo hacker itu meretas software yang ada pada Jeep Cherokee dan memanipulasi sejumlah hal seperti AC, pemutar musik dan juga mengontrol kecepatan mobil dengan mematikan sistem transmisinya.

Senior Manager Arsitektur Keamanan FCA, Titus Melnyk mengatakan, program pemberian hadiah kepada peretas yang membantu ini akan fokus pada sistem yang berinteraksi dengan kendaraan FCA, seperti sistem Uconnect. Upaya terorganisir ini dimaksudkan untuk mendorong peretas berbakat untuk membantu FCA menemukan kerentanan keamanan.

Namun, upaya dari FCA sendiri saat ini masih berlangsung.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment