Sunday, March 24, 2013

Yamaha TT-R50, Mini Trail Bandel

Yamaha TT-R50, Mini Trail Bandel Sukabumi - Kecil-kecil cabe rawit. Ya, mungkin anggapan ini pantas untuk disematkan ke motor mungil ini. Ini adalah sebuah Yamaha TT-R50, sebuah mini trail yang cukup bandel.

Motor ini memang tidak masuk secara resmi ke Indonesia, namun beruntung, detikOto berkesempatan mengajaknya bermain di Lido, Jawa Barat.

Bila dilihat dari tampangnya, motor ini memang terlihat bukanlah motor untuk orang dewasa, melainkan motor untuk anak-anak sekolah dasar.

detikOto pun merasa ragu ketika pertama kali menaikinya, takut motor ini tidak kuat menahan bobot orang dewasa. Namun ternyata, motor ini masih cukup kuat.

Maklum, dimensi motor ini cukup imut. Panjangnya 51,4 inchi dengan lebar 23,4 inchi dan tinggi 31,3 inchi. Tinggi tempat duduknya hanya 21,9 inchi dengan wheelbase 36,4 inchi.

Alhasil, meski sedikit tidak nyaman karena ukuran motor yang terlalu kecil, mesin Yamaha TT-R50 detikOto nyalakan dan deru dapur pacu berkapasitas 49 cc dengan air-cooled SOHC 4-stroke 2 valve terdengar lembut.

Tidak perlu menunggu lama, gigi pun dimasukkan. Perpindahan gigi motor ini bukan ke depan-belakang atau depan-depan, melainkan semuanya ke belakang.

Ternyata, meski kecil, kemampuan motor ini lumayan handal. Dengan bobot detikOto yang 'hanya' 55 kg, Yamaha TT-R50 mampu melaju dengan cukup agresif baik di tanah berkerikil, ataupun di rerumputan.

Ground clearance motor ini yang hanya 5,3 inchi juga tidak 'ambles' ketika dinaiki sehingga mampu melewati gundukan tanah dengan lihai.

Susupensi Inverted telescopic fork; 3.8-in travel di depan dan Single shock; 2.8-in travel di belakang juga cukup nyaman meredam guncangan ketika di ajak beroff-road ringan.

Transmisi motor yang ukurannya lebih kecil dari KSR milik Kawasaki ini hanya 3-speed dengan automatic clutch layaknya motor bebek tidak menyulitkan dan halus ketika dipindahkan.

Tenaganya juga terisi di semua gigi namun tidak terlalu menghentak sehingga tanjakan bukanlah masalah yang berarti bagi si mungil ini.

Dan akhirnya, bagi mereka yang suka pada motor trail sepertinya motor ini bisa menjadi pilihan meski anda sepertinya harus memesannya ke Importir Umum alias IU.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment