Saturday, August 17, 2013

Tesla Ingin Bikin Kereta Listrik Tercepat di Dunia

Tesla Ingin Bikin Kereta Listrik Tercepat di Dunia California - Pabrikan mobil AS Tesla Motors ternyata tidak hanya 'gapek' membuat mobil listrik. Tesla menawarkan kereta api listrik tercepat di dunia yang dijuluki Hyperloop.

CEO Tesla Elon Musk memaparkan, kereta api listrik Hyperloop sangat cepat. Untuk jarak San Francisco ke Los Angeles sejauh 613 km bisa ditempuh selama 30 menit.

Hyperloop adalah penemuan terbaru perusahaan Tesla Motors yang ditaksir menghabiskan dana sebesar US$ 6,1 miliar atau sekitar Rp 62 triliun seperti dilansir autoweek, Minggu (18/8/2013).

Kereta listrik Hyperloop yang berupa kapsul besar ini dapat menampung lebih dari 28 orang di dalamnya. Disebutkan Elon Musk, Hyperloop berlari hingga kecepatan maksimal 1.223 km/jam.

Kemampuan tersebut karena Hyperloop menggunakan magnetik di bagian bawahnya, sehingga ketika diberikan daya listrik, maka kereta tersebut akan mengambang dan melaju dengan sangat cepat.

Konsep tersebut sama dengan kereta api listrik yang ada saat ini hanja saja pada Hyperloop sudah banyak pengembangan hingga hasilnya lebih maksimal.

Elon Musk menambahkan biaya kerata api ini relatif murah yakni hanya US$ 20 sekali angkut. Murah bukan.

Nah, sayang belum jelas kapan kereta listrik buatan Tesla Motors mulai diproduksi dan diterapkan di Amerika Serikat.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment