Tuesday, May 27, 2014

6 Juta Mobil Bekas di Tiongkok Ditarik dari Peredaran

6 Juta Mobil Bekas di Tiongkok Ditarik dari PeredaranBeijing - Tiongkok mengambil langkah radikal untuk mengatasi polusi udara yang sangat parah di berbagai kotanya. Setelah pembatasan mobil baru, mereka juga akan menarik 6 juta mobil bekas dari jalanan.

Mengutip dari BBC, Rabu (28/5/2014) penarikan 6 juta mobil bekas di Tiongkok akan dilakukan tahun ini. Kota-kota besar seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou dan kota besar lain menjadi sasaran utama pemerintah setempat. Di ibukota Tiongkok sendiri yakni Beijing sendiri total ada 300.000 kendaraan yang akan dipensiunkan.

Seperti diberitakan sebelumnya Tiongkok memutar otak untuk bisa menekan polusi kendaraan bermotor termasuk menekan volume penjualan kendaraan pribadi setiap tahunnya. Namun rencana tersebut dinilai kurang efektif, karena itu 'recall' mobil-mobil bekas diberlakukan untuk mempercepat pengurangan polusi kendaraan bermotor.

Penarikan mobil bekas ini akan menjadi rencana pemerintah dalam 2 tahun ke depan.

Disebutkan jika pemerintah Tiongkok gagal mencapai tujuan mengurangi polusi kendaraan pada 2011-2013. Target mobil sebelum produksi 2005 harus memenuhi standar emisi gas buang dinilai gagal.

Menurut Departemen Keamanan Publik Tiongkok, sebanyak 240 juta mobil beredar di Tiongkok, dan setengahnya adalah kendaraan pribadi. Pengurangan kendaraan baru dan penarikan mobil-mobil bekas dinilai cukup efektif mengurangi gas buang kendaraan dan kemacetan lalu lintas di Tiongkok.

Tiongkok menjadi negara dengan pertumbuuhan kendaraan terbesar di dunia. Penjualan kendaraan naik 15,7 persen pada tahun lalu menjadi 17,9 juta kendaraaan. Tahun ini diprediksi naik 8 sampai 10 persen.


0 comments:

Post a Comment