Saturday, May 24, 2014

Gonjang-ganjing di Thailand Bikin Honda Khawatir

Gonjang-ganjing di Thailand Bikin Honda KhawatirJakarta - Stabilitas politik di suatu negara berimbas pada stabilitas ekonominya. Lihat saja Thailand. Akibat gonjang-ganjing politik, Honda mengumumkan kalau mereka telah memangkas produksi mobil disana dan menunda investasi mereka.

Honda, seperti dilansir Reuters, mengatakan kalau mereka telah memangkas produksi di pabrik Ayutthaya hingga 60 persen dari kapasitas karena permintaan domestik yang melemah serta gonjang-ganjing yang tengah terjadi di Thailand.

Seperti diketahui pertikaian politik terus terjadi di Thailand yang pada akhirnya membuat kepala militer Jenderal Prayuth Chan-ocha mengambil kendali pemerintahan untuk melakukan stabilisasi melalui sebuah kudeta militer.

Honda yang memiliki 30.000 pekerja subkontrak di Thailand ini juga akan menunja investasi baru antara 6 bulan sampai 1 tahun untuk melihat situasi. Hal ini mereka rasa cukup penting karena rencana investasi mereka disana cukup besar yakni mencapai US$ 530 juta yang direncanakan akan mereka mulai di April 2015.

"Kami telah khawatir tentang kondisi yang tidak menguntungkan sejak awal tahun ini, baik ekonomi dan situasi politik," kata wakil presiden eksekutif di Honda Automobile (Thailand) Co Pitak Pruittisarikorn.

Pabrik Ayutthaya milik Honda saat ini memiliki kapasitas tahunan 300.000 kendaraan, sementara pabrik baru dibangun di Prachinburi akan memiliki kapasitas tahunan 120.000 kendaraan.

Akibat mmasalah ini pula penjuaan mobil di Thailand kemungkinan akan turun. Pitak memperkirakan kalau penjualan domestik Thailand akan berada di bawah 1 juta kendaraan.




0 comments:

Post a Comment