Saturday, July 12, 2014

Full Tank, Hyundai Tucson Bisa Berjalan Sampai 3 Negara

Full Tank, Hyundai Tucson Bisa Berjalan Sampai 3 NegaraOffenbach - Pembuktian efisiensi bahan bakar pada kendaraan kembali dilakukan. Kali ini dilakukan oleh Independent Norwegian non-profi-pioneers, Marius Bornstein dan Arnt G Hartvig yang menguji kendaraan dari pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai.

Mobil Hyundai yang diuji adalah model ix35 atau di Indonesia dikenal dengan nama Tucson. Bedanya adalah, Tucson yang diuji menggunakan bahan bakar hidrogen.

Dalam keterangan resminya, dengan tangki bahan bakar yang diisi penuh, Hyundai Tucson ini bisa berjalan sejauh 700 km atau sampai ke-3 negara sekaligus.

Ketiga negara itu dimulai dari Oslo (Norwegia), Malmo (Swedia) via Gothenburg (Swedia) hingga ke Copenhagen (Denmark). Perjalan itu memakan waktu 10 jam dengan kecepatan rata-rata 76 km/jam baik di jalanan perkotaan maupun di jalan raya.

"Kami telah merencanakan untuk finis di Copenhagen, tapi ketika dilihat di tangki masih ada dan kita lanjutkan lagi hingga akhirnya berhenti di Malmo," kata 2 orang yang mengendarai mobil tersebut.

"Untuk mencapai jarak ini dengan mengandalkan 1 tangki bahan bakar yang diisi penuh merupakan pencapaian yang luar biasa. Saya percaya ini adalah rekor dunia," ujarnya.

Head of Fuel Cell Electric Vehicle at Hyundai Motor Europe, Frank Meijer berkomentar dengan hasil pencapaian ini. Menurutnya jarak yang ditempuh oleh mobil ini menunjukan kelangsungan hidup yang baik. Ini adalah kendaraan listrik dengan jarak tempuh terjauh.

"Hyundai merupakan produsen mobil pertama yang memproduksi massal kendaraan yang menggunakan bahan bakar hydrogen dan kami akan terus mendorong pertumbuhan jaringan pengisian bahan bakar hidrigen di Eropa," beber Meijer.


0 comments:

Post a Comment