Saturday, October 17, 2015

Atasi Skandal Emisi, VW Perluas Teknologi Mobil Listrik

Atasi Skandal Emisi, VW Perluas Teknologi Mobil ListrikWolfsburg - Skandal emisi Volkswagen (VW) membuat sebagian orang kecewa. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen dan masyarakat terhadap merek VW, pabrikan asal Jerman itu berniat memperluas pengembangan teknologi mobil listrik.

Seperti detikOto kutip dari Reuters, Minggu (18/10/2015), VW mengatakan akan mengekspansi platform modular MQB untuk kendaraan plug in hybrid dan kendaraan listrik dengan daya jangkau yang lebih jauh. Untuk diketahui, platform MQB merupakan basis dari kendaraan berpenggerak roda depan berukuran kecil dan menengah pada mobil VW Group.

Pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman itu menyebut, kendaraan dengan platform MQB akan diperbanyak hingga 7 juta mobil pada 2018. Tahun lalu, platform MQB direncanakan sebanyak 2 juta mobil.

Platform MQB bisa digunakan untuk semua tipe powertrain. Mesin diesel, bensin hingga kendaraan listrik sepenuhnya bisa menggunakan platform MQB.

Meski begitu, VW menegaskan bakal mengembangkan platform terbaru yang dijuluki MEB dengan sumber tenaga listrik. Platform MEB digunakan untuk mobil penumpang berukuran kompak dan kendaraan komersial ringan.

Diklaim, VW akan mengembangkan mobil bersumber tenaga listrik sepenuhnya dengan jangkauan jarak 250 sampai 500 km.

Sebelumnya di Frankfurt Auto Show bulan lalu, VW Group menyebut akan meluncurkan 20 mobil listrik dan plug-in hybrid hingga akhir dekade ini. Ke-20 kendaraan itu termasuk Porsche Mission E dan konsep Audi e-tron Quattro.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment