Thursday, January 28, 2016

Ford Cabut dari Indonesia, Gaikindo Sambut Pendatang Baru

Ford Cabut dari Indonesia, Gaikindo Sambut Pendatang BaruJakarta - Anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan berkurang satu setelah Ford Motor Indonesia (FMI) keluar. Pendatang baru pun siap disambut oleh Gaikindo. Siapa dia?

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto mengungkapkan, keluarnya Ford dari Indonesia merupakan kejutan bagi Gaikindo. Namun hal tersebut dikatakan Jongkie tidak memengaruhi industri otomotif di Indonesia.

Pendatang baru pun siap disambut oleh Gaikindo dengan tangan terbuka. "Ada 39 anggota Gaikindo, sekarang jadi 38 anggota. Kurang satu karena kemarin kan ada kejutan (keluarnya Ford). Semester kedua (Ford) benar-benar full out dari Indonesia, tapi ada yang masuk. Kalian tahu lah siapa," ujar Jongkie sambil berkelakar.

Satu slot yang akan menggantikan Ford Motor Indonesia disebut-sebut yakni produsen mobil China, SAIC-GM-Wuling. Bahkan Wuling menyiapkan dana investasi 700 juta dolar untuk membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia.

"Kita sih setiap merek yang masuk ke Indonesia kita sambut dengan baik. Misal GM Wuling masuk ya kita happy. Kita senang merek apapun masuk ke Indonesia," ungkap Jongkie.

Pabrik Wuling bakal berlokasi di Bekasi, Jawa barat dengan nilai investasi mencapai Rp 11 triliun. Direncanakan pabrik akan beroperasi pada Juli 2017 dengan memproduksi 150 ribu unit mobil per tahun.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment