Thursday, January 28, 2016

Ini Tempat Wisata Belajar Keselamatan Berkendara di Yogyakarta

Ini Tempat Wisata Belajar Keselamatan Berkendara di YogyakartaYogyakarta - Banyak orang mulai menyadari pentingnya keselamatan berkendara di jalan umum. Astra Motor Safety Riding Center di Yogyakarta yang merupakan tempat belajar berkendara dengan aman dan benar pun banyak didatangi pengguna motor.

Tidak hanya masyarakat Yogyakarta saja namun warga dari luar kota seperti dari Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yang datang untuk belajar. Mereka sebagian besar adalah wisatawan yamg berkunjung di Yogyakarta saat musim liburan.

"Ini jadi pilihan baru bagi wisatawan terutama pelajar yang berkunjung di Yogyakarta," ungkap Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal kepada wartawan di Safety Riding Center (SRC), Jalan Je nderal Sudirman, No 99 Yogyakarta, kemarin.

Menurut Iqbal selama liburan sekolah pada akhir tahun 2015 lalu, hampir setiap hari tempat ini dikunjungi wisatawan dari luar Yogyakarta. Lebih dari 10 kelompok wisatawan atau sekitar 1.500 orang yang datang.

"Kebanyakan adalah rombongan pelajar atau sekolah. Mereka datang ke SRC untuk belajar safety riding, selain berwisata," kata Iqbal.

Menurut Iqbal semakin banyak pelajar yang datang itu merupakan sebuah tren wisata edukasi yang positif. Dia mengharapkan semakin hari semakin meningkat. Selain itu, ada beberapa biro pariwisata dari daerah di luar Yogyakarta yang menawarkan pelatihan aman berkendara di tempat ini.

"Ini bisa jadi pilihan wisata edukatif," katanya.
Bila ada rombongan yang datang untuk belajar lanjut dia, akan mendapatkan beberapa materi pelatihan terkait safety riding dalam mengendarai sepeda motor.

 Pelatihan singkat itu dimulai dari penjelasan di dalam kelas mengenai teori-teori dasar berkendara yang baik dan benar, sebelum menjajal simulator canggih Honda Riding Trainer (HRT).

Menurutnya simulator HRT ini akan menagajarkan bagaimana cara berkendara yang baik di jalan raya dengan berbagai pilihan situasi dan tingkat kesulitan yang disetting sebagaimana keadaan yang sebenarnya.

 Selanjutnya, para peserta diberikan pelatihan beberapa teknik aman berkendara menggunakan sepeda motor Honda di fasilitas yang telah disediakan.

"Pertama, peserta diajarkan beberapa hal dasar seperti bagaimana melakukan mounting-dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, memeriksa kendaraan dan postur tubuh saat berkendara," katanya.

Setelah itu lanjut Iqbal, peserta akan praktek lang sung tentang beberapa teknik berkendara secara safety seperti teknik pengereman (breaking), teknik keseimbangan (narrow plank) di atas papan keseimbangan, teknik melewati jalanan bergelombang dan slalom course atau teknik kombinasi melakukan akselerasi, deselerasi, serta handling kemudi dengan benar.

Dia menambahkan sepanjang tahun 2015, Tim Safety Riding Astra Motor Yogyakarta telah memberikan pelatihan safety riding kepada 6.928 peserta dengan rincian sebanyak 2.018 peserta.

"Kami akan terus mengundang masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin belajar mengenai Safety Riding baik pelajar, mahasiswa, komunitas, instansi pemerintah maupun swasta," pungkas Iqbal.




























(bgs/arf)

0 comments:

Post a Comment