Friday, January 8, 2016

Kini Mobil pun Bisa 'Ngomong'

Kini Mobil pun Bisa Las Vegas - Dulu ada petikan lirik lagu terkenal yaitu 'kalau bulan bisa ngomong', nah saat ini bukan bulan yang bisa 'ngomong' melainkan mobil. Dengan menggunakan software Delphi, mobil pun bisa melakukan komunikasi dan memberitahu pengemudinya.

Teknologi software buatan Delphi memungkinkan mobil dapat berkomunikasi dengan mobil lainnya, lampu lalu lintas, maupun menginformasikan ketika ada pejalan kaki di dekat mobil. Terdapat sensor dan kamera pada mobil yang menerima dan mengirimkan informasi melalui sistem software tersebut.

Kepala tim software Delphi, Ryan Middleton mengatakan bahwa teknologi yang dikembangkan timnya mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan pengemudi serta dapat berkomunikasi dengan mobil lainnya.

Melalui teknologi tersebut, diharapkan dapat menghindari terjadinya kecelakaan maupun mengurangi angka kecelakaan yang terjadi.

"Anda dapat berkomunikasi dengan mobil dan mendapatkan informasi melalui layar yang terdapat di mobil," kata Ryan, dikutip CNBC, Sabtu (9/1/2016).

Terdapat tiga bentuk komunikasi yang dapat dilakukan oleh Delphi yaitu kendaraan dengan kendaraan (vehicle to vehicle), kendaraan dengan infrastruktur (vehicle to infrastructure), dan sinyal pejalan kaki (pedestrian alerts).

Komunikasi antara kendaraan dengan kendaraan dapat menentukan di mana posisi kendaraan lain berada, apakah ada di jalan yang sama atau jalan sekitar kendaraan yang dikemudikan. Sedangkan komunikasi antara kendaraan dengan infrastruktur yaitu penyediaan data berupa tanda jalanan dan lampu lalu lintas. Sehingga mobil dapat melakukan navigasi lalu lintas secara efisien.

Bentuk komunikasi terakhir yang dapat dilakukan Delphi yaitu sinyal pejalan kaki. Sistem pada software Delphi akan memberikan sinyal jika ada pejalan kaki maupun pengguna sepeda di sekitar mobil yang tengah dikendarai. Sinyal tersebut akan memberitahukan kepada pengemudi untuk menurunkan kecepatan mobil dapat sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan.


(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment