Friday, March 4, 2016

Setelah Honda, Skuter Yamaha Akan Pakai Sistem Stop/Start?

Setelah Honda, Skuter Yamaha Akan Pakai Sistem Stop/Start?London - Sistem start/stop--teknologi yang bisa mematikan mesin ketika berhenti dan menyalakan mesin secara otomatis ketika tuas gas diputar--tampaknya bakal umum digunakan di sepeda motor. Sebelumnya, sistem itu sudah banyak dipakai di mobil-mobil modern.

Honda sudah menerapkan sistem itu yang disebut teknologi Idling Stop System (ISS). Beberapa skuter matik Honda di Indonesia seperti Honda Vario dan Honda BeAT menggunakan sistem itu.

Kini dikabarkan, skuter Yamaha juga bakal menerapkan sistem auto start/stop itu. Seperti dilansir Morebikes, Jumat (4/3/2016), kabar tersebut mencuat setelah adanya sebuah paten yang menggambarkan sistem auto start/stop pada skuter Yam aha.

Sistem auto start/stop bakal bekerja seperti sistem yang sama pada mobil. Ketika kendaraan sedang berhenti, maka mesin otomatis bakal mati. Namun, ketika tuas gas mulai diputar, mesin otomatis kembali menyala.

Di beberapa kendaraan, sistem tersebut bisa membuat mobil/motor lebih irit bahan bakar. Karena saat kendaraan berhenti, tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia mengingat mesin dalam keadaan mati.

Paten sistem start/stop dari Yamaha ini mengindikasikan bahwa dalam waktu dekat Yamaha bakal menerapkan teknologi tersebut pada skuter matiknya. Bahkan, laman Morebikes memperkirakan, teknologi ini akan hadir di skuter Yamaha model tahun 2017.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment