Monday, May 9, 2016

Mitsubishi Akan Tutupi Kerugian Pelanggan Akibat Skandal Efisiensi BBM

Mitsubishi Akan Tutupi Kerugian Pelanggan Akibat Skandal Efisiensi BBMTokyo - Mitsubishi Motors dan Nissan Motor menguatkan rencana untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan terkait skandal efisiensi bahan bakar minyak di beberapa mobil yang dijual di Jepang. Pemberian kompensasi ini untuk menutupi pajak yang lebih tinggi dan termasuk biaya bahan bakar.

Seperti diberitakan Nikkei, Selasa (10/5/2016), surat yang ditandatangani oleh Presiden Mitsubishi Motors dan Presiden Nissan Motor akan dikirim ke konsumen melalui diler dalam waktu dekat. Dalam surat itu, kedua merek otomotif asal Jepang tersebut meminta maaf atas skandal data efisiensi bahan bakar dan menyebutkan kebijakan kompensasi.

Mitsubishi Motors juga akan menang gung kompensasi pada pelanggan Nissan terkena dampak skandal efisiensi BBM ini.

Sebagai pengingat, di Jepang, empat mobil kecil yang diproduksi Mitsubishi melanggar aturan dalam pengujian efisiensi bahan bakar. Dua dari empat model yang diuji yaitu eK Wagon dan eK Space yang diproduksi sejak 2013. Model lainnya yang masuk dalam ujicoba tersebut yakni Dayz dan Dayz Roox yang diproduksi untuk Nissan Motors. Mitsubishi pernah menyebut konsumsi BBM eK Wagon mencapai 30 km/liter dengan mesin 657 cc.

Kementerian Transportasi Jepang kini meminta pengujian efisiensi BBM ulang pada mobil Mitsubishi dan Nissan. Pengujian dimulai pada 2 Mei lalu, tapi kemungkinan besar tidak akan selesai sampai Juni mendatang.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment